Skip to main content

Cantiknya Eks Kepundan Vulkanik Telaga Menjer yang Bikin Kagum

Plang nama berwarna hijau tua penunjuk jalan arah tujuan ke lokasi Telaga Menjer yang dipasang tinggi berada di atas tepi jalan utama jalur Wonosobo - Dieng di dekat lokasi pasar Garung, sebenarnya sempat sekelebatan terbaca oleh mataku saat perjalanan keberangkatan dan kepulanganku berlibur di Telaga Warna yang berada di dataran tinggi yang kerap disebut - sebut orang sebagai Negeri di Atas Awannya Jawa - Tengah, Dieng.

Tetapi, anyway how the way busway, eh apaan sih ini kok ngomongin busway segala ..., ha ha ha ...,saat itu di hari yang sama setelah liburan asik cihuy plus deg - degan seorang diri mengendarai motor matic melewati jalur Dieng yang berkelok - kelok dan curam, aku tak langsung sekalian menyempatkan liburan ke Telaga Menjer karena ngga bakalan cukup waktu jarak waktu tempuh pulang perginya ke kotaku kalau sekalian mampir kesana, cuy

Nah, lantas berselang waktu beberapa hari kemudian setelahnya keluyuranku dari Telaga Warna [ Baca juga https://himawansant.blogspot.com/2020/05/telaga-warna-telaga-yang-tak-pernah-surut-pamor.html ], daaan ..., sebelum hari keberangkatan seringkali sempat terjadi pakai acara drama kebawa mimpi gaje segala berada di danau di beberapa kali malam dan terkadang di tengah aktivitas harianku tetiba kebayang - bayang gimana bentuk panorama alam asli sebenarnya seperti apa Telaga Menjer yang terletak berada sekitar jarak tempuh 2 kilometer dari pasar Garung Wonosobo itu ... .
Oh, benar - benar halu yang sungguh ..., terlalu ya!,wwwkkk ... , akhirnya kuputuskan berangkat plesiran, lagi - lagi berangkat seorang diri, ke Wonosobo. 


"cantiknya eks kepundan vulkanik telaga menjer yang bikin kagum"


Di sepanjang perjalanan dari kotaku menuju ke kota Wonosobo aku tak menemui kendala berarti, meski juga tetap harus berhati - hati berkendara karena sepanjang jalur yang ditempuh cukup banyak tikungan jalan yang tak begitu mudah untuk dilewati dan juga jalur naik turunnya badan pegunungan cukup padat lalu lintas. 

Demikian juga setelah memasuki kota Wonosobo kemudian berlanjut ke arah pasar Garung, jalur yang kulalui cukup aman - aman saja ditempuh. 
Tapiii ..., kondisi jalan selanjutnya setelah berbelok arah dari plang nama Telaga Menjer di pinggir jalan dekat pasar Garung itu mulai berbeda kondisi. Berubah.
Lebih agak sulit rute tempuhnya, meskipun jalanan telah beraspal mulus. 
Berkelok - kelok, naik turun cukup tajam dan perlu kehati - hatian ekstra saat melewatinya.

Rangkaian panjang pipa PLTA berukuran diameter sangat besar sekitar 3 meter dan dicat berwarna biru terang yang tampak nongol terlihat berada di beberapa titik jalur jalan yang kulewati memudahkan rute penunjuk arah untuk tiba di lokasi Telaga Menjer

Dari halaman pelataran parkir kendaraan roda dua dan roda empat yang juga sebagai letak sekumpulan beberapa pedagang warung kuliner, diantaranya menjajakan hidangan khas Wonosobo, mie ongklok, keberadaan telaga atau danau ini belumlah terlihat. 
Yang terlihat berupa pemandangan gunung gemunung Dieng dan Sindoro menjulang menawan diselimuti gumpalan awan putih. 


"cantiknya eks kepundan vulkanim telaga menjer yang bikin kagum"


Terlebih jarak lokasi halaman pelataran parkir ke area loket masuk Telaga Menjer terpisahkan jarak agak jauh oleh jalan menuju ke Bukit Seroja, bukit yang dijadikan sebagai spot memandang keindahan telaga dari kejauhan. 

Sebelum aku melanjutkan langkah menyeberangi jalan menuju ke area loket tiket, kuputuskan mampir sejenak di salah satu warung makan. 
Ya, buat makan siang, meregangkan otot setelah cukup pegel linu menempuh jarak tempuh waktu dalam hitungan jam dari rumah ke lokasi juga ..., psssst mengorek informasi seputaran lokasi xi xi xi 🤭. 
Aku tuh, biasa 'kelakuan' kayak gitu di lokasi ..., selalu sok sibuk tanya ini itu udah berasa kayak profesi tukang pemburu berita alias wartawan betulan saja, padahal wartawan ala - ala ..., ha ha ha 😅!. 

Ya ngga ada salahnya juga kan, yaa ..., tanya menanya begitu kan tujuannya nambah wawasan juga nambah temen gebetan #😜lol.

Selangkah maju setelah dari lokasi tiket masuk, barulah penampakan keindahan telaga terluas di pegunungan Dieng ini terlihat jelas secara keseluruhan. 
Sangat luas dan dikelilingi oleh bebatuan tebing kokoh. 
Panorama alamnya tampak mengagumkan.


"cantiknya eks kelundan vulkanik telaga menjer yang bikin kagum"


Lokasinya cukup jauh berada dibawah dari area loket dan dari dataran sekitarnya. Membentuk bukaan lubang berukuran sangat luas.  
Untuk menuruni dan mendekati tepi telaga dilalui melalui jalan setapak yang berada di bawah area loket tiket.

Dahulu kala, lokasi Telaga Menjer yang berada di gunung Pakuwaja, gunung vulkanik yang pernah aktif di desa Maron, kecamatan Garung ini hanyalah merupakan lokasi mata air kecil biasa, kemudian terbentuk luas setelah terjadinya letusan gunung berapi tersebut sejak ribuan tahun silam. 

Telaga yang terletak di ketinggian 1300 mdpl dan berudara sejuk cenderung dingin ini semakin luas dan dalam setelah pemerintah kolonial Belanda membangun bendungan di bekas kepundan vulkanik untuk kepentingan membangun pembangkit listrik tenaga air. 

Bangunan bendungan peninggalan kolonial Belanda itu hingga sekarang masih aktif berfungsi baik digunakan dan sekarang ini keberadaannya dikelola oleh PLTA atau Perusahaan Listrik Tenaga Air yang dibawahi oleh PT. PLN atau Perusahaan Listrik Negara.



"cantiknya eks kepundan vulkanik telaga menjer yang bikin kagum"


Aku pun berkesempatan melihat bendungan dari jarak cukup dekat dengan menaiki perahu bermesin sewaan. 

Tiket perahu cukup terjangkau, Rp. 15. 000,_ perorangnya, dengan durasi sekitar 1 jam penumpang diajak mengelilingi danau melihat pemandangan alam, deretan keramba pengembangbiakan ikan dan juga mendekati bentukan rangkaian bambu membentuk rakit terapung cukup lebar yang dipergunakan sebagai spot selfie

Memang, sih ada sensasi tersendiri gegayaan fefotoan selfie di rakit terapung ..., tubuh terasa membal - membal menahan keseimbangan gelombang air he he he.



"cantiknya eks kepundan vulkanik telaga menjer yang bikin kagum"


Satu kejadian lucu terjadi, tepatnya kekonyolan tanpa disengaja pernah kuperbuat, ceritanya aku kepengin punya dokumentasi berfoto di Telaga Menjer  berdiri diantara dua pijakan perahu. 
Kedua kakiku kuatur kupijak disana, tak lama kemudian tanpa aku sadari letak kedua perahu saling menjauh terbawa gerakan air dan kakiku terbentang agak lebar. 
Refleks aku kaget setelah diteriaki untuk hati - hati oleh salah satu pengemudi perahu disana. 
Beruntung, aku sigap meloncat ke salah satu pijakan perahu. 
Kalau ngga ..., keceburlah aku ke danau yang diperkirakan memilki kedalaman rata - rata sekitar 45 meter ini ..., wwkkkk. 

Bisa - bisa yang semula berniat bersenang - senang menikmati liburan, malah ..., pakaian, tas dan kesemuanya jadi basah kuyub gegara kecebur. 
Beruntung itu ngga terjadi!. 

Sungguh terasa amat memalukan jika seandainya benar saja keluar dari area Telaga Menjer dalam keadaan basah kuyub 🤭.  

Sebelum mengakhiri liburan di telaga cantik ini, aku sempat ikut menonton sesaat beberapa pemancing yang duduk anteng di tepian danau menunggu kail umpannya jadi santapan ikan yang konon cukup banyak jumlahnya berada di kedalaman air sana ... .



Lokasi :
Telaga Menjer
Desa Marun, Kecamatan Garung, Kabupaten Wonosobo 

Tiket :
◽5K wisatawan lokal
◽10K wisatawan mancanegara

Comments

  1. Ihhhhh kangen banget telaga menjer,, dulu pas zaman kuliah pas ada pelatihan aku ke pabrik pembuatan gondorukem. Nah kita main ke telaga menjer, tapi sayang pas itu lagi hujan deres n asmaku kmbuh di pinggir danau itu.. wkwkwk

    ReplyDelete
    Replies
    1. OMG, kenapa asma bisa kambuh begitu, kedinginan ya disana, mas ?.

      Delete
    2. Iyah mas.. kedinginan soalnya hujan deres..

      Delete
    3. Waduuh, beruntung ngga terjadi sampai parah disana.
      Lainkali bawa obat yang dirasa perlu buat bekal , mas.

      Delete
  2. nuansanya masih asri banget di daerah pegunungan ya mas, pemandanganya ijo-ijo bikin adem di mata, dan di hati hehehe :D

    ReplyDelete
    Replies
    1. kirain gw yang dapet komen pertama :D

      Delete
    2. Wwwkk ini pasti kaget!. Lagi ngetik dikirain jadi pengomentar pertama, ngga taunya berbarengan dengan mas Bayu yang lagi ngetik juga :D.
      Betul, alam disana masih asri. Alami apa adanya.

      Delete
    3. iyap, kemaren pas kesini belom ada yang komentar, eh tau-tau udah ada bayu13 nongol di posisi 1, kurang cepet gw ya ngetiknya :D

      Delete
    4. Tuh kan betuuul dugaanku ... wwkk :D.
      Mungkin biar jari kita cepet ngetiknya kita perlu ambil kursus singkat jadi sekretaris hohoho..

      Delete
    5. Makanya kalau mau pertamak harus ngebut mas komentarnya.😂

      Delete
    6. hahaha.. mau ngebut gimana kalo jaringanya juga lelet, yang ada loadung mulu :D

      Delete
    7. ide bagus itu mas him, siapa tau juga bisa dapet kerja jadi sekretaris :D.. tapi sepertinya tidak mungkin :D

      Delete
    8. Banting hapenya kalo gitu mas.😂

      Delete
    9. udah gw banting ke kasur wkwkwk

      Delete
  3. Setelah sebelumnya mengulas tentang beberapa candi, kini beralih mengulas telaga...
    Dieng, kapan bisa mampir sana lagi ya

    ReplyDelete
    Replies
    1. Wwwkk .., besok-besok mengulas empang ajalah #😜 lol.
      Yuk ayuk ke Dieng lagi, mas.
      Di bulan Juli - Agustus bakalan turun salju bun upas lagi loh disana ...

      Delete
  4. Jadi sudah berapa orang yang ditanya dan akhirnya menambah jumlah gebetan, mas? Hahahahaa *wajib dibahas* :)))) by the way nggak kebayang jauhnya, untung pemandangan yang didapat setara dengan tenaga yang sudah dikeluarkan ya, mas :D

    Terus saya jadi ketawa membayangkan kejadian lucu yang mas ceritakan, kalau sampai terjadi betulan, mungkin bukan cuma tercebur mas, bisa jadi celananya robek juga macam di kartun-kartun saja hahahahahaha ~ eniho telaganya dalam juga ya sampai 45 meter, ngeriiii kalau tenggelam :O

    ReplyDelete
    Replies
    1. Bhahaha ..., jumlahnya berapa gebetan?. Ratusaaan ..., wwkkkk 😅, kayak slogan iklan 🤭.

      Aduuuh aku ngakak kenceng kebayang apa yang digambarin kak Eno ..., celanaku robek-robek kayak di film kartun gegara kecemplung danau 😂

      Delete
  5. Great and atmospheric locations. I am glad that you managed to get there safely despite the difficult route.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Yes, friend. Finally I reached the destination and returned by going through a route that was quite difficult. Thank you for your appreciation.

      Delete
  6. Sudah cantik airnya beningb
    Ketika melipat susahsberpaling berpaling

    ReplyDelete
  7. The air must be lovely there!

    ReplyDelete
    Replies
    1. That's right the air forecast there, Dezmond.

      Delete
  8. agak mirip dengan destinasi di danau toba sih.. keren om

    ReplyDelete
    Replies
    1. Dilihat sekilas panoramanya beul agak ada kemiripan, om Post.
      Eh#😄 kok om Post .., nama sebenarnya siapa sih 😁 ?

      Delete
  9. Wow so nice place!!great post dear

    ReplyDelete
    Replies
    1. Thank-you so much your appreciation dear friend Saruski.

      Delete
  10. What a beautiful place! I love water! :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. I'm glad you also like vacation in a water place :)

      Delete
  11. Que bonito todo lo que nos enseñas, me encanta ese verde que reflejan las imágenes..
    Espero que el viaje tuviera éxito y lo pasarás genial .
    Un saludo.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Oh, estoy muy feliz de ser juzgado por haberte enseñado cosas buenas. Que siempre compartamos la bondad con todos. Gracias por tu apreciación, Campirela.
      Un saludo

      Delete
  12. Wonderful post, Himawan, also the link that you recommend, everything you tell and how well it is written. Congratulations. Clear and suggestive review.

    Big hug.

    ReplyDelete
    Replies
    1. How meaningful your opinion is for me, Carlos. I will continue to learn to convey to the reader well.
      I am also impressed with your writing style.

      Big Hug

      Delete
  13. Benar-benar laporan indah yang Anda sampaikan kepada kami, sebuah danau yang sangat menarik dan syukurlah Anda tidak jatuh ke dalam. Terima kasih dan selamat hari minggu.
    sinforosa

    ReplyDelete
    Replies
    1. Terimakasih banyak apresiasi anda, Sinforosa.
      Selamat hari Minggu juga.
      Greetings :)

      Delete
  14. Wah keren view nya...👌👍😀
    Wkwkwkwk.... Sampai kewabawa mimpi terus ya? Akhirnya ke Telaga Menjer juga biar nggak dikejar-kejar mimpi terus.😂

    Saking excited nya fefotoan di atas rakit di tengah danau... sampai nggak sadar kalau perahu nya menjauh.. untung ya diteriakin dan sigap melompat kalau nggak hampir aja kecebur ke danau.. 😯

    Jadi ini telaga Menjer ini termasuk telaga terluas ya di area Dieng ? 🙂

    ReplyDelete
    Replies
    1. Begitulah aku suka kebayang2 bayangin sendiri suatu lokasi kalo belum kesampaian kesana 🤭.
      Gegara konsen penuh berfoto pakai tripod & timer sampai ngga sadar kalo pijakan perahu sudah kebentang hahaha ..., ngeri kalo sampai kecebur beneran.

      Delete
    2. Begitu kah? kalau belum kesampaian pergi travelling ke suatu tempat bisa sampai kebawa mimpi? Hehehe...
      Berarti itu kebawa sampai di bawah alam sadar ya.

      Ooh saking seriusnya foto-fotoan pakai tripod .. pijakan di perahu membuat perahu semakin menjauh ke tengah danau.. untunglah nggak sampai kecebur ke danaunya yang dalamnya 45 meter..
      Tapi brad Him kan bisa berenang ya?
      Ini cuma sekedar usul ya? Bagaimana kalau wisata ke telaga lagi ntar untuk mengantisipasi kan bisa pakai rompi pelampung aja... wkwkwkwk 😀 #becanda

      Aku pernah dengar telaga sunyi itu di mana ya?
      Apa cuma judul lagu ya?😄



      Delete
    3. Wwwkk reflek ngakak kebayang aku bawa bekal rompi pelampung kalo liburan ke lokasi air .., terus kebayangnya aku berfoto2 pake rompi plus pakai swimwear ala-ala film Baywatch 😅.
      Telaga sunyi itu kayaknya cuma judul lagu, sista.
      Semua telaga kalo malam pastilah sunyi .. xixixi 🤭

      Delete
    4. Wkwkwkwk... iya bawa rompi pelampung untuk antisipasi kemungkinan yang terjadi.😅
      Wkwkwkwk.... jadi ngakak aku kalau lihat brad Him pakai rompi plus swimwear warna merah ala film Baywatch....wou keren..👌 tapi ntar topi dicopot nggak? biar ntar kelihatan seperti " Mich " David Hasselhof sang kapten Baywatch..😅
      Tara.... this is a safeguard Hino... He will save everyone from the deepest lake... hehehe😂

      Ooh jadi telaga sunyi itu hanya judul lagu ya? Wkwkwkwk... 😂🤣

      Iya telaga pasti sunyi sepi ya kalau malam... .hening serem.. bikin jadi merindang... merinding.. hehehe..

      Delete
    5. Wah, kalo mau niru suatu hal atau figur ya jangan full sama persis dengan Baywatch, itu namanya jiplak mentah2 alias missqween ide 😄.
      Harus punya ciri pembeda tersendiri, baru ok.
      Tapi halu berat juga sih bawa rompi pelampung saat main ke lokasi air, ntar dikira bamyak orang safeguard nyasar, wwkkkk !.

      Delete
    6. Lho... Om Hino kok jadi sewot begitu? Sabar Om Hino jangan marah ya...
      Eyke ini kan cuma becanda aja? nggak ada maksud nyamain dengan tokoh dalam film Baywatch lho... secara eyke nggak demern kok jiplak-jiplakan begitu ..
      Maksudnya eyke pakai rompi pelampung biar keren ala -ala Baywatch begitu.. hehehe..
      Namanya juga becanda pasti ada halu- halu nya sedikit dong? hehehe...
      Maaf bila komen aku di sini nggak berkenan nggak apa-apa silahkan dihapus aja.

      Delete
    7. Yuhuuu .. siapa sih yang sewot bin marah2 🤔?, Ndak ada loh yaa .., rugi akh mudah manyun, ntar yang ada cepet tuwir muncul garis keriput sana keriput sini hahaaha 😄.
      Eman2 perawatan diri sejak SMP, eh# jadi keingetan kepergok papaku ☺️

      Delete
    8. Bener ya nggak marah.. ? Xixixixi...😅 Kirain marah...wkwkwkwk.
      Iya kalau marah ntar bisa cepat keriput... eman-eman ya

      Jadi ingat kepergok papanya ya? kepergok diteriakin langsung jumbul...wkwkwkwk😂🤣

      Kalau di telaga pas sepi malam hari terus ada yang sosok entah nanusia entah bukam yang muncul tiba-tiba ... pasti juga bakal bikin jumbul sesorang...😂


      Delete
    9. Oh, itu pasti auto jumbul jika di malam hari di tepian danau yang gelap dan berkabut, tetiba nongol seseorang atau nongol tanda kutip di depan kita ..., Apalagi pas sendirian. Bisa jadi malah lari nyasar mengarah ke air bukan ke daratan 😅

      Delete
    10. Suasana telaga sunyi di malam hari pasti bikin merinding...
      Apalagi ada "sosok " yang muncul..😱 auto jumbul.
      Padahal yang muncul itu petugas di situ yang mau ngomong ,," Maaf mas waktu berkunjung wisata sudah habis... silahkan meninggalkan tempat ini," wkwkwk..😂

      Delete
    11. Wwkk .. lain cerita kalo .. si petugas pakai acara nyenterin wajahnya pakai sorot lampu senter kayak di film horor.
      Lah apa ndak jumbul mantul beneran kuy 😅 ?

      Delete
    12. Wkwkwk... iy a petugasnya bawa senter terus dalam kegelapan lampu senter diarahkan ke wajahnya sendiri.. wouw... langsung aja brad Him jumbul mantul seketika...😱😱
      Belum sempat petugasnya ngomong ..brad Him lari ngibrit .. kabur pontang -panting.. naik gunung turun gunung.. kayak di film kartun .. wkwwkwk.😂🤣

      Delete
    13. Like Tom & Jerry scene ?, Hahaha ..
      Kurasa sista Fidy kalo bertemu adegan seperti itu juga langsung panik kocar-kacir sambil komat kamit gemeteran xixixi 😁

      Delete
    14. Wkwkwk... Yes... like Tom & Jerry scene..😄
      Oouw.. kalau aku sich bertemu adegan horor begitu malam lagi.. udah pasti... langsung jumbul .😱🥶 panik.. pucat .. nggak bisa ngomong . langsung lemes tapi cepat kabur ..lari yang kenceng.. naik gunung🏔 turun gunung⛰ sambil ngos-ngosan tetap lari..😂
      Ayoo kit lari ala Tom & Jerry.. wkwkwk...😂🤣

      Delete
  15. Oh wow that look amazing :-D I'd love to try a ride on one of the boats :-)

    ReplyDelete
    Replies
    1. Come on when you have time to Indonesia, try to join the boat in this lake, Ananka ;)

      Delete
  16. Salam perkenalan.. saya suka membaca blog travel seperti ini. ia menambah info kepada saya. telah berulang kali saya ke indonesia dalam misi kebajikan dan kemanusiaan. sejujurnya, saya jatuh cinta dengan keindahan tempat dan kebaikan warganya..

    ReplyDelete
    Replies
    1. Salam kenal kembali, mas Abu Ikhwan. Terimakasih anda menyukai ulasan travel dan pendapat anda tentang Indonesia.
      Salam dari kami du Indonesia :)

      Delete
  17. It looks very mystical. Lol about your feet on two boats. You are in a tee shirt, so not really cold.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Ha ha ha, if I remember the incident of my feet without realizing it had opened wide the speed of the boat was carried on the water, I still often laughed and also imagined if I fell into what would happen.
      Actually at that time I felt cold but my jacket was left in my vehicle :)

      Delete
  18. Pemandangan di Telega Menjer memang indah dan tenang, your post juga sangat menarik hati. Harap saya boleh melawat satu hari.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Oh, terimakasih banyak apresiasi anda, Kestrel. Tentu menyenangkan seandainya di suatu hari kita dapat berlibur bersama.

      Delete
  19. Viewnya bagus ya, mirip mirip Jatiluhur di Jawa Barat, cuma mungkin Jatiluhur lebih rame. Mas Himawan nih kuat banget bawa motor ya, sampe tahan melakukan perjalanan dengan sepeda motor. Kalau saya mungkin sudah masuk angin berat mas

    ReplyDelete
    Replies
    1. Oh, iya jadi keingetan waduk Jatiluhur yang dulu waktu aku masih SD pernah kesana :).
      Dicoba yuk naik motor jarak jauh, mas Cipu biar tubuh jadi terbiasa. Awalnya naik motor jarak jauh, aku juga masuk angin kok :)

      Delete
  20. Hola!!
    Sungguh tempat yang indah untuk berlibur, betapa alaminya, aku suka mengetahui tempat-tempat yang indah ini.
    Ciuman.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hola amigo, Gral. Terimakasih ya anda menyukai lokasi alam seperti ini. Semoga harimu selalu menyenangkan.
      Hug from Indonesia :)

      Delete
  21. Belleza total mi amigo, con esas
    imágenes que nos regalas.

    Besitos dulces
    Siby

    ReplyDelete
    Replies
    1. Me alegra que las fotos de este lago diviertan tu corazón.
      Un saludo desde Indonesia, Siby.

      Delete
  22. Suasananya nampak sejuk. Tapi kelihatannya sepi ya, atau memang karena waktu Mas ke situ bukan saat musim ramai orang liburan?

    Kalau di sekitar sana ada fasilitas penginapan dan restoran yang variatif tidak Mas, banyak standar maupun harganya?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Sebenarmya saat itu agak ramai pengunjung, mas Agung.
      Pinter2 nya aku saja ngambil gambar nunggu waktu lokasi kelihatan ngga kayak 'dawet' banyak orang xixixi 😁.

      Sayangnya sekitaran danau ini sama sekali tidak ada penginapan, mas.
      Area sekitarnl danau semuanya hutan.

      Delete
  23. beautiful views 😍
    I'd love to go there, but on a sunny day ☺
    greetings
    Lili

    ReplyDelete
    Replies
    1. Thank you, Lili.
      I pray that your wishes come true can come here.
      Greetings :)

      Delete
  24. What a beautiful place! Great photos. It’s a pity that there’s no way to travel now, but I can enjoy the photos. Thanks.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Oh, thank you very much for your appreciation, Oksana.
      Hopefully the situation will recover quickly and you can take a vacation to many tourist sites.

      Delete
  25. aku pengen ketawa tapi takut dosa, ehh tapi udah senyum senyum deng hehe
    ngebayangin kaki terbentang gitu itu lho, kalo ga cekatan kan yawes kecebur kak, apalagi yang dipijak barang bergerak
    waktu perjalanan ke daerah wonosobo - dieng nggak mampir kesini, mungkin waktu duluuuu kurang menggema telaga ini, jadi nggak masuk list tujuan
    lumayan ya tempat ini adem gitu, buat penyegaran mata okejuga

    ReplyDelete
    Replies
    1. Wwkkk kalo senyum jangan ditahan2 kelamaan tuh, kaak ... , ntar sakit perut loh :D.
      Kurasa waktu dulu kak Ainun ke Dieng waktu itu, memang benar lokasi danau ini belum dipromosikan namanya oleh pemerintah setempat, minim informasi.

      Delete
  26. Looking at the landscape, thank you.

    ReplyDelete
  27. Holaaa !!! aunque no entiendo tu blog tus fotos son estupendas, feliz semana.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hola Mamilu.
      Gracias por estas fotos que representan lo que ves.
      Saludos desde indonesia :)

      Delete
  28. Very nice photos; beautiful mountains :)
    Have a nice week :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. Have a nice days, Hana.
      Thanks a lot for all :)

      Delete
  29. Salut banget ama Mas Hino sebagai Blogger sejati yang "bertopi"... bener deh, saya angkat topi buat Mas.
    Sebagai blogger, ya nanya-nanya itu penting banget, makanya blog Mas Hino sangat special, karena udah ngalahin wartawan aja di lapangan, selain itu foto-foto yang di ambil juga lengkap dari segala sudut dan sisi.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Wah, saya hihihi jadi malu dapat pujian gitu, kak.
      Blog saya mah masih anak bawang dibandingin blog2 senior kok, kak.
      (Nulis gini sambil ngumpetin wajah di bawah bantal) ☺️

      Delete
  30. Seger dan adem ya, Bang. Apalagi itu naik perahunya durasi sekitar satu jam. Tentunya menyenangkan.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hayok kapan ada waktu liburan, nyobain naik perahu disana mas.
      Keliling danau naik perahu kerasa adem udaranya, semribit eh# berhembus maksudku :)

      Delete


  31. Penasaran pingin ketelaga Menjer cuma yaa...🤣🤣 Butuh waktu yang tepat.


    Sebuah telaga yang tak jauh berbeda dengan telaga-telaga yang pernah ada.. Akan tetapi Telaga Menjer punya kesan sendiri bagi saya. Seperti ada sesuatu yang harus saya jemput disana .... Ciiieeee..🤣🤣🤣

    Tapi benar menarik tempatnya mas. Syahdu dan menarik hati, Termasuk dompet juga.🤣🤣

    ReplyDelete
    Replies
    1. Siapa tuuh yang bakalan dijemput di telaga Menjer ...,
      Bukan mbak kunti beibeh kan ya, maas Satriaaaa 😂 ?.

      Delete
    2. Kasiihhhh tahu nggak yaa...😋🤣🤣

      Mungkin sekarang ramai kali yaa mas Telaga Menjer. Terlebih masih suasana lebaran begini...Banyak turis lokal yang datang untuk sekedar menghilangkan jenuh, sejak adanya covid 19 yang menyebabkan harus terus dirumah.😊😊😊

      Delete
    3. Hahahaa ..
      Kak Reyne yang dijemput di telaga Menjer yaaa .. ?
      Hayoo ngakuuu 😅.

      Nih buktinya kak Reyne dah lama ngga kliatan nongol disini.
      Berarti bener, dia lagi nunggu di tepian telaga ... , kedingian tuch.
      Lama-lama kulitnya jadi kisut keriput dah 🤣

      Delete
  32. INDAH PEMANDAGANNYA...ISHK MUJUR XTERJATUH KE DALAM TELAGA TU..BAHAYA TU HATI2

    ReplyDelete
    Replies
    1. Ya, next lebih hati-hati kak.
      Cerita pengalamanku ini juga dapat dijadikan contoh buat siapapun untuk jangan ceroboh.

      Delete
  33. Hello too, Linda.
    I am glad you have visited my blog. Greetings to your beautiful doll also greetings from me to you.
    May your day be filled with happiness.
    Big hug :)

    ReplyDelete
  34. Himawan Sant, gracias por tu bello comentario en mi blog.
    Realmente estoy admirada de los paisajes que nos regalas y tu capacidad para la aventura. A veces, el mundo es un pañuelo y todos estamos conectados como una gran bandada de pájaros en el cielo.
    Espero que allí en Indonesia no tengáis problema con el coronavirus. En España lo superamos poco a poco.
    Mi abrazo y mi ánimo.

    ReplyDelete
  35. Rectifico: Espero que allí en Indonesia no tengáis problemas con el coronavirus

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hola también a mi nuevo amigo Jesús Muñoz, muchas gracias por regresar y recordarme que tenga más cuidado de protegerme de la exposición al virus covid-19. Estaba en este viaje de vacaciones antes del brote de virus en Indonesia.

      También digo muchas gracias por su apreciación con respecto a mis fotos de vacaciones. Me uno a rezar para que su país sea España y en mi país, Corona terminará pronto.

      Saludos amistad de mi parte a ti.

      Delete
  36. Hai.
    Saya akan senang melihatnya di beberapa titik dalam hidup saya, bagiku sebuah danau yang indah dan telah berdampak pada saya, juga liburan Anda tentu luar biasa, saya pikir saya tidak bisa memikirkan tempat yang lebih baik.
    Salam.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hai juga, Rubies.
      Senang saya mengetahui jika anda juga menyukai liburan ke sebuah danau.
      Semoga suatu hari nanti anda dapat terlaksana liburan kembali ke danau.
      Salam dari Indonesia untuk anda, Rubies.

      Delete
  37. ni kutipan lucu, kadang memang kita rada rada konyol saking fokusnya pada sesuatu:

    "Satu kejadian lucu terjadi, tepatnya kekonyolan tanpa disengaja pernah kuperbuat, ceritanya aku kepengin punya dokumentasi berfoto di Telaga Menjer berdiri diantara dua pijakan perahu.
    Kedua kakiku kuatur kupijak disana, tak lama kemudian tanpa aku sadari letak kedua perahu saling menjauh terbawa gerakan air dan kakiku terbentang agak lebar.
    Refleks aku kaget setelah diteriaki untuk hati - hati oleh salah satu pengemudi perahu disana.
    Beruntung, aku sigap meloncat ke salah satu pijakan perahu.
    Kalau ngga ..., keceburlah aku ke danau yang diperkirakan memilki kedalaman rata - rata sekitar 45 meter ini ..., wwkkkk.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Wwkkk .., buat pelajaran sangat penting untuk kita semua, mas.
      Beneran, ternyata permukaan air yang tampak tenang mudah menghanyutkan tekanan yang ada diatasnya 😱!

      Delete
  38. What a very peaceful place my friend Himawan. I would love to spend a day in such a quiet and cool place, reminds me of Ulan Danu in Bali where the clouds go near the ground too! I hope you are well my friend and have a great week ahead!

    ReplyDelete
    Replies
    1. Thank you for your appreciation, my friend Stevenson in the Philippines. It's amazing to see a lake covered with clouds that are almost near the surface of the water ..., it feels like an atmosphere full of mystery.
      I also hope that you are always healthy and well, my friend. Greetings :)

      Delete
  39. Oh WOW...such a stunning lake in the mountains!!
    I would like to visit here one day. How fortunate you are to live in such a beautiful country! :))

    Have a good day...and stay safe, my friend!

    ReplyDelete
    Replies
    1. Amen, I pray that my friend Ygraine will come to a vacation in Indonesia.
      Thank you for your appreciation, my friend.

      Have a good day and stay safe also, Ygraine.

      Delete
  40. Bagus juga tempatnyaa, aku jadi inget perjalanan ke wonosobo/ dieng beberapa tahun yang lalu. Karena pas lebaran, jalannya rame, jadi macet. Mobil yang dipake hampir gak kuat naik karena nge-rem nanjak gitu huhu deg2an dan takut rasanya. Tapi worth it setelah liat pemandangannya sih ehehe

    ReplyDelete
    Replies
    1. Wow, kita punya pengalaman yang sama.., pernah mengalami kejadian kejebak macet di rute Dieng. Bedanya aku pas di turunan, kak Mutiara di tanjakan 😁.
      Iya ya Dieng dan sekitarannya memang apik viewnya.

      Delete
  41. Hola, un bonito reportaje , al no conocer este país siempre se agradece tener una buena información. Gracias.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hola, Mjsalla.
      Gracias por tu apreciación, mi amigo. Me alegra presentarles cosas nuevas en Indonesia a usted y a todos ustedes.
      Saludos

      Delete
  42. wspaniałą podróż nam zaserwowałeś, wielkie dzięki!!!

    kocham wodę i w perspektywie 2-3 lat widzę siebie z mym
    mężem w nadmorskiej miescowości - mam nadzieję, że już
    niebawem pokażę swoje lalki na plaży lub pod morską
    latarnią - w Kołobrzegu, gdzie można pięknie żyć...

    ReplyDelete
    Replies
    1. Cześć, Inka w Polsce. Cieszę się, że tu odwiedziłeś, bardzo dziękuję za uznanie, tak. Nie mogę się doczekać, aby zobaczyć Twoje zdjęcie lalki na plaży ...

      Pozdrowienia dla ciebie i twojego męża ode mnie w Indonezji :)

      Delete
  43. Oh this looks like such a peaceful and beautiful place. A great place to go to unwind and relax. I miss the mountains when I lived in Seattle.

    Allie of
    www.allienyc.com

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hi, Allie.
      I am curious about your city of Seattle because my ex-closest person lives in Seattle too.

      Hopefully your wish to vacation in the mountains can soon be realized.

      Delete
  44. Hola Himawan!!! un placer estar contigo. Te saludo desde España, concretamente desde la ciudad de Granada. Agradezco tus comentarios. Es todo un detalle bonito. El lugar donde estás es una verdadera maravilla. Eres afortunado. Un saludo amigable.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hola, mi nuevo amigo Alicia en Granada, España.
      Me alegra recibir una cálida bienvenida de su parte, así como un agradecimiento de su parte.
      Saludos de amistad de Indonesia para ti en Granada.

      Delete
  45. indah, tenang dan mengasikkan lokasinya….
    Biaya naik perahu Rp15 ribu, cukup terjangkau….
    mantap.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Benar, lokasinya adem juga asik buat naik kapal atau juga mancing, mr. Tanza.

      Delete
  46. Wow, indahnyaaa...
    Kenapa tempat indah seringnya harus menempuh medan berat dan berliku? Seperti cintaku dan cintanya yang harus mendaki jalan terjal untuk bersatu. Tsaaah.....!
    Wkwkwk...

    ReplyDelete
    Replies
    1. Bhwuahaaha .. bisa aja nih kak Lasmicika bikin lelucon.
      Ala-ala cerita di film drama ya .. perjalanaan cinta sungguh berliku dan berkelok2 .. sungguh .. t e r l a luuu .. hahaaa 😅

      Delete
  47. Se ve increíblemente bello ese lugar

    Paz

    Isaac

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hola, Isaac .
      Gracias por su visita y agradecimiento. Saludos

      Delete
  48. Beautiful photos 😊. Thank you for visiting my blog. Hugs from Poland. 🙂🙂🙂

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hello, Aya.
      I am also grateful for your return visit to my blog. Thank you for your appreciation.
      Greetings of my friendship in Indonesia for you in Poland 🙂

      Delete
  49. Blogger juga harus mengorek cerita dari lokal ala-ala reporter..

    Melalui jalan berliku...rasa sungguh tenang bila melihat Telaga Menjer..

    ReplyDelete
    Replies
    1. Begitulah faktanya, hehehe :)
      Betul, kak pemandangan yang didapat tertebus setelah melewati rute jalan yang tak begitu mudah ditempuh.

      Delete
  50. Kayaknya sy paling buncit komennya yaak 😁,maklum 2 hari lewat sibuk ngumpul brg kluarga walopun ga mudik, jadi ga sempet bw dan update tulisan... Ini sepintas dr jauh seperti liat danau toba aja, ternyata dieng juga punya telaga menjer yg sangat indah yaa, dan sepertinya masih terlihat alami banget ,blom terkontaminasi, terlihat sekilas dr foto" diatas, udah itu tiketnya murah meriah banget yaa... Btw hati"loh mas Hima, danau yg tenang itu biasanya menghanyutkan... Seperti cowok pendiem... Yg bikin ciwi" penasaran... Wk wk

    ReplyDelete
    Replies
    1. Halo, kak. Ngga, eh belum terlambat datangnya kok hehehe ..
      Hampir semua teman blogger Indo lagi pada sibuk acara kumpul2 keluarga, jadi blogging sepi bak langit tanpa bintang ..Tsaah, apaan sich ini yaak .. wwkk !.

      Hahaahaiii ..
      Bisaaa aja permukaan air danau yang tenang dikaitkan dengan cowok pendiem .. xiixiii ... , kayak mas Khanif kali gitu, yaa ...

      Delete
  51. Superb pictures, but i am not able to read the content, as it in not in English.
    Take care,
    New post on My Blog | Instagram | Bloglovin

    ReplyDelete
    Replies
    1. Oh, please forgive the language translator's maximum work. I'm confused, sometimes the Google translator works well, but it doesn't work optimally either.

      Thanks a lot for your opinion about myphotos, Shwet.
      Greetings.

      Delete
  52. Saya maen-maen ke blognya kak himawan gak pernah nongol di first comment yah, dateng ke sini udah rame aja yang bersilaturahminya hehe

    Mantap tuh kak telaganya, adem sejuk huh nikmat. Saya kayaknya belum pernah ke telaga, kalo danau udah pernah. Eh tapi apa bedanya ya telaga sama danau😂

    ReplyDelete
    Replies
    1. Selanjutnya gimana kalok ukirim nomor antrian ke 1 , kak ... biar jadi pengomentar pertama 😄 #lol

      Danau dan telaga itu sepupuan, kak .. hahaha ..., jadi mirip gitu 🤭

      Delete
  53. Hermoso reportaje y amena y divertida explicación. Me encantan los botes y el embarcadero.
    Saludos desde Andalucía, España

    ReplyDelete
    Replies
    1. Wow, me sorprende leer tus comentarios. Muchas gracias a mis nuevos amigos Fernando en Andalucía, España.
      Saludos de amistad de mi parte en Indonesia.

      Delete
  54. mashaAllah keren banget ini mas... pemandangan indah nya, dan biaya masuk cuma 5k untuk oprasional pengurus. semoga tetep bersih nih tempatnya. keren.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Keren ya view & tiketnya, mas. Ngga nguras isi kantong. Yang begini nih yang semestinya ditiru lokasi wisata lain.
      Semoga semua pengunjung ikut sadar lingkungan.

      Delete
    2. bener sekali mas, sisi lain bisa buat daerah itu terkenal juga benefit lain nya.

      Delete
  55. Olá . bom dia! Adorei viajar com você , em suas belíssimas fotos. Gostaria de conhecer esses lugares um dia. Tenho fascinação pela indonésia !Grande abraço , daqui ,de Santa Luzia, Minas Gerais, Brasil.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Olá meu novo amigo, Betonicou . Foi ótimo apresentar a Indonésia a você. Oro para que seus desejos para a Indonésia sejam cumpridos.
      Saudações grande abraço de volta para você em de Santa Luzia, Brasil.

      Delete
  56. Qué maravilloso!!!
    Gracias por compartirlo.

    Envidia tengo ahora.

    Saludos.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Estoy seguro de que también puedes irte de vacaciones pronto. Mantén el espíritu de mi amigo, Toro.
      Gracias por la apreciación. Saludos

      Delete
  57. Wow that look amazing. Beautiful photo.
    Kisses

    ReplyDelete
    Replies
    1. Thanks a lot for your appreciation.
      Kiss back from me, Espe.

      Delete
  58. Hi, I came here from your comment but I cant understand your language sory

    ReplyDelete
    Replies
    1. Oh, sorry about the google translator that doesn't work optimally.
      Thanks your visiting, Uzmanamator.

      Delete
  59. Those who want nature and peace have an ideal place.

    ReplyDelete
  60. As much as I don't like to be in the water, it certainly is beautiful to look at, isn't it?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Very true, Jax. It's enough to see it if we don't have the courage to dive.

      Delete
  61. Are some of those floating homes or just the boats with covered decks? - Margy

    ReplyDelete
    Replies
    1. In this lake there are only roof-covered boats. Margy .
      The boat is not used as a home.

      Delete
  62. Hello, what a beautiful peaceful place. I love the views of the water! Lovely images.
    Enjoy your day, have a great week ahead.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hello also, Eileen. Thank you so much for your appreciation.
      Have a nice days also and stay safe.

      Delete
  63. Amazing post. Thanks for your visit to my blog.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Your welcome, Mersad.
      Thank you for your visit and opinions.

      Delete
  64. Thanks for the detail information about this amazing place, I had never visit but through your experience sharing here I feel I did. Great images.

    ReplyDelete
    Replies
    1. I also say many thanks and are happy to invite you through the picture that I have included here. Hopefully one day we can travel together. greetings from Indonesia, Jackie Harrison.

      Delete
  65. You konw really turkhis?? Türkiyeden Selamlarrr :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. Türkçe'yi sadece bir dil çevirmeninden anlıyorum, ancak Türkçe dahil olmak üzere ülkenin tüm dillerini öğrenmeyi seviyorum.

      Türkiye'de Indonedia'da benden size selamlar

      Delete
  66. Replies
    1. Hi also, Esperanza.
      Thank you for your prayers and support. You are also good and healthy always.

      Delete
  67. Thanks fro visiting my blog and leaving a comment. Menjer lake looks like a scenic place to visit. I am glad you did not fall into the water!

    ReplyDelete
    Replies
    1. Your welcome, Pat . Also thanks for your attention to me. I feel fortunate not to fall into the water :)

      Delete
  68. Murah juga naik perahu di telaga menjer ya mas, cuma 15 ribu bisa keliling danau sepuasnya.

    Btw, kalau tercebur siapa tahu nanti ditolong sana putri duyung penghuni danau mas. Lalu setelah itu mas Himawan dan putri duyung itu berjodoh.😅

    ReplyDelete
    Replies
    1. Wwkkk .. terus setelah berjodoh dengan putri duyung, berubahlah kaki saya jadi berbentuk sirip 😂

      Hayok ajak bini mas Agus naik perahu disana, tapi duduk anteng yaa .. ntar kalo perahu oleng gazwat looh 🤭

      Delete
    2. Betul nanti kakinya jadi sirip, tapi nanti ada anak yang keluar dari putri duyung itu. Ia lahir normal seperti mas Himawan, punya kekuatan super dan juga bisa hidup di darat maupun laut.

      Ia adalah Aquaman.😁

      Kerjanya ngangkutin air galon di pabrik.🤣

      Delete
  69. Very great post.

    www.paginasempreto.blogspot.com.br

    ReplyDelete
    Replies
    1. Big thanks for your appreciation, Rafa Oliveira :)

      Delete
  70. Lindo lugar, me alegra que lo dieras a conocer. Te mando un beso

    ReplyDelete
    Replies
    1. Gracias también te digo que visites este post. Saludos beso de mi parte a ti, J.P Alexander

      Delete
  71. Replies
    1. Iyups, kapan ada waktu cobalah melipir kesana :)

      Delete
  72. This place is looking beautiful with the lovely shots. . . You Have a Safe and Nice Day. . . :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. Thanks a lot for your appreciation, Manav.
      Have a nice days also :)

      Delete
  73. It looks so peaceful and inviting there. You always have the best locations featured here and are so fortunate to have such amazing landscapes to explore. I love the colorful boat docks!

    ReplyDelete
    Replies
    1. Oh, I really appreciate your opinion about the choice of tourist sites that I show on this blog , Theresa.
      I pray that your wishes will come here later.

      Delete
  74. Replies
    1. Terimakasih.
      Selamat hari raya untuk kak Nay 🙏

      Delete
  75. Telaga Menjer ini kayaknya ada ceritanya gitu. Pernah denger tapi lupa. Tentang sejarah apa legenda urban setempat. Pas ke Wonosobo gak sempat main ke sini. Dah kesorean 😁🙏

    ReplyDelete
    Replies
    1. Betul apa kata mas Adie ada legenda di danau ini, tapi ngga kutuliskan agar pembaca ngga merasa takut kesana.
      Yah, sayang ya dulu ngga kekejar waktunya ...,,, sama kayak pengalamanku 😁

      Delete
  76. ...thanks so much for sharing these images of your countryside!

    ReplyDelete
    Replies
    1. Very your welcome, Tom.
      I'm glad you like this post. Greetings hug to you from Indonesia.

      Delete
  77. Hola!
    Bonitos paisajes, son una maravilla.
    Gracias por visitar mi blog, me quedo por aquí.

    ❀ Fantasy Violet ❀
    Besotes! 💋💋

    ReplyDelete
    Replies
    1. Sinceramente, también agradezco su visita de regreso a mi blog, Violeta. Gracias por tu apreciación.

      Delete
  78. Nasib baik kaki dapat diangkat cepat-cepat. Pengajaran, jangan asyik tengok pemandangan.

    ReplyDelete
  79. What a beautiful place, the landscapes are fantastic.
    I especially loved the last photo, it's amazing.
    Have a nice day

    ReplyDelete
    Replies
    1. Have a nice day also, Maria.
      Thanks a lot for your appreciation.

      Delete
  80. Mas himawan nemu aja tempat - tempat yang keren dan asri kaya gini hehehe,
    adem banget kayanya kalo ngeliat secara langsung, apalagi muterin danau sambil naik perahu kaya gitu, hehehe.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hehehe iya mas hasil keluyuran jadi nemu banyak tempat begini :).
      Kapan-kapan silahkan dicobain naik perahu disana, mas..

      Delete
  81. Nice place!!
    Greetings.


    NEW POST IN MY FASHION BLOG!!: http://www.adrianosle.com/2020/05/rosalia-x-elle-usa.html

    ReplyDelete
  82. Una aventura poder llegar a tu pueblo. Excelente reportaje, Himawan Sant.
    Un abrazo.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Oh, muchas gracias por tu apreciación, mi amigo Jordi. Te mando un abrazo de espalda.

      Delete
  83. Thanks to your photos I can see beautiful places at home! Amazing views! For me it's exotic :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. I also like your opinion about this location which is exotic. Thank you very much for your visit and appreciation, Rodzina. Greetings :)

      Delete
  84. Tempatnya masih asri kerasa banget sejuknya. Cobain juga mas ke Situ Bagendit Garut sekilas saya lihat pemandangannya agak mirip juga. Tapi kurang tahu juga sekarang udah selesai atau belum direvitalisasi nya.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Semoga ya mas kelak kesampaian ke lokasi rekomen dari mas Robby.
      Penasaran juga pengin liburan ke Situ Bagendit.

      Delete
  85. Obrigado pela sua opinião, meu amigo Gabriela.
    Saudações abraçam amizade.

    ReplyDelete
  86. Awesome pictures! So beautiful and peaceful views!
    Have a nice day and be safe!

    ReplyDelete

Post a Comment

Popular posts from this blog

Intip Begini Instagenicnya Warung Layar Sentuh 2.0 Magelang

Ketika awal pertamakali dibuka pada 31 Desember 2020 silam, nama Warung Layar Sentuh 2.0 saat itu mendadak hits ramai dibicarakan oleh banyak kalangan dan para milenials kawula muda sebagai pilihan baru lokasi nongki  [nongkrong kekinian] yang ada di Magelang. Bukan saja karena namanya terkesan unik, layar sentuh dan namanya terkesan sedikit berbeda dengan nama-nama kafe lain pada umumnya karena adanya penambahan bilangan angka 2.0 dibelakangnya, tetapi kafe, tepatnya Warung Layar Sentuh ini berkonsep bersantap hidangan berada di tengah hamparan perkebunan ladang tebu dan persawahan bernuansa alam pedesaan dikitari oleh indahnya pemandangan gunung yang mengelilinginya.  Area luasnya terbagi dua pilihan  indoor  dan  outdoor  berdinding kaca tempat makan Warung Layar Sentuh 2.0 yang buka setiap harinya mulai dari jam 07. 00 pagi hingga mendekati tengah malam jam 23. 00 tersebut dilengkapi dengan dekorasi cantik dan penataan ruang bergaya vintage  dan bohemian  yang tampak instagenic ,

Pengalaman Mistis di Mata Air Tuk Umbul Windusari

Boleh percaya atau tidak, ada pengalaman mistis aku temui saat berada di lokasi mata air Tuk Umbul Windusari, tapi ini aku kembalikan ke pembaca untuk mempercayainya atau tidak ceritaku.  Dan yang pasti tujuanku menceritakan pengalaman gaib yang kutemui di Tuk Umbul Windusari bukan bertujuan untuk mencari sensasi, sama sekali tidak ada maksud dan tujuan demikian.  Tujuanku untuk sekedar mengingatkan ke pembaca, dimanapun lokasi yang kita kunjungi sewajibnya memberikan salam dan permisi terlebih dahulu kepada penghuni dari dimensi lain sebelum memasuki lokasi. Demikian juga seperti yang telah kulakukan saat aku tiba di Tuk Umbul. Kata salam dan permisi cukup kuucapkan di dalam hati.  Nama Tuk Umbul dari bahasa Jawa, Tuk : mata air  dan Umbul  : dari kata mumbul, menyembul atau memancar keluar. Cerita bermula saat aku  melangkah mendekat ke letak mata air Tuk Umbul  tiba-tiba kepekaan bawaan indra keenamku memberikan signal  jika lokasi ini ada 'penunggunya'.  Aroma wangi semerb

Kampung Ulam Ngrajek - Tempat Makan Bernuansa Etnik Jawa

Kalian bingung memilih tempat makan selepas jalan - jalan mengelilingi kawasan wisata candi Borobudur, atau juga bingung menentukan tempat makan berkonsep tematik buat dijadikan lokasi ngumpul asyik bareng teman - teman, dan juga tentu saja lokasinya keren untuk fefotoan ?.  Kampung Ulam Ngrajek tempat makan dengan suasana tradional Jawa Tengah yang unik dan artsy  yang kudatangi ini mungkin nantinya bisa juga jadi rekomendasi tujuan liburan untuk kalian.  Mengusung tema tradisional dan artistik, Kampung Ulam Ngrajek dengan luas areanya terdiri dari tiga bangunan Limasan berukuran besar berhiaskan beberapa lampu gantung antik terlihat mewah, dan terdapat tiga bangunan Joglo rumah tradional Jawa tempo dulu yang mengingatkanku tentang suasana pedesaan tempat rumah nenek buyutku dulu tinggal.  Terletak berada di tepi jalan dan dikitari oleh hamparan lahan persawahan, udara disana tetap terasa sejuk meskipun keseluruhan ruang Limasan dan Joglo di Kampung Ulam Ngrajek tidak ber-AC karena se