Pengalaman Mistis di Mata Air Tuk Umbul Windusari

Boleh percaya atau tidak, ada pengalaman mistis aku temui saat berada di lokasi mata air Tuk Umbul Windusari, tapi ini aku kembalikan ke pembaca untuk mempercayainya atau tidak ceritaku. 

Dan yang pasti tujuanku menceritakan pengalaman gaib yang kutemui di Tuk Umbul Windusari bukan bertujuan untuk mencari sensasi, sama sekali tidak ada maksud dan tujuan demikian. 

Tujuanku untuk sekedar mengingatkan ke pembaca, dimanapun lokasi yang kita kunjungi sewajibnya memberikan salam dan permisi terlebih dahulu kepada penghuni dari dimensi lain sebelum memasuki lokasi. Demikian juga seperti yang telah kulakukan saat aku tiba di Tuk Umbul. Kata salam dan permisi cukup kuucapkan di dalam hati. 

Nama Tuk Umbul dari bahasa Jawa, Tuk : mata air dan Umbul : dari kata mumbul, menyembul atau memancar keluar.

Cerita bermula saat aku melangkah mendekat ke letak mata air Tuk Umbul  tiba-tiba kepekaan bawaan indra keenamku memberikan signal jika lokasi ini ada 'penunggunya'. 


"pengalaman mistis di mata air tuk umbul windusari"


Aroma wangi semerbak tercium kuat di sekitaran lokasi Tuk Umbul, berasal dari dekat pohon besar di seberang lokasi mata air, aroma wanginya misterius ..., sesekali menghilang aromanya, kemudian terasa berada disekitarku lagi ..,  aromanya sama sekali belum pernah kukenali sebelumnya. Aku sempat keheranan dan sengaja memberanikan diri mencari sumber aroma tersebut berasal dari mana berasal dengan mencoba menyusuri bebatuan di tepi kali. 

Pikirku aroma wangi tersebut mungkin berasal dari dupa atau sesajen yang diletakkan oleh seseorang tersembunyi disekitaran lokasi area, tapi setelah kucoba sekian waktu kucari seorang diri, saat pagi itu tanpa belum ada seorang pengunjung pun berada disana ..., letak asal sumber aroma wangi itu berasal tetap tak kutemukan.

Tapi aroma wangi misterius tersebut sama sekali tak menciptakan kesan menakutkan yang membuat bulu kudukku meremang dan juga tak membuatku merasa merinding.

Justru kebalikannya ...,  aku merasa adem, tenang dan membuatku betah berlama-lama berada disana. Aura Tuk Umbul terasa positif.

Keherananku mencium aroma wangi itu kuceritakan, tepatnya kutanyakan ke pengunjung seorang pria yang kebetulan datang ke Tuk Umbul tak berselang lama waktu dengan kedatanganku.  

Beliau sedikit keheranan karena ia tak mencium aroma wangi seperti yang kutemui dan selanjutnya menganalisa memberikan jawaban mungkin lokasi Tuk Umbul ini ada sakralnya dan dijaga khusus oleh yang mbaurekso [Bahasa Jawa: penunggu lokasi tak kasat mata] agar lokasi terhindar dari hal yang negatif, khasiat air Tuk Umbul dapat bermanfaat untuk kebaikan dan kesehatan banyak orang. 

Sebenarnya kejadian misterius tersebut ingin kucoba tanyakan ke beberapa petani yang tampak berada di persawahan di dekat mata air Tuk Umbul, tapi niat tersebut kubatalkan karena takut mengganggu waktu, mereka terlihat sedang sibuk menggarap sawahnya.

Sampai beberapa hari selanjutnya aku masih diliputi penasaran dan mencoba browsing di google mencoba mencari informasi berita sejarah Tuk Umbul Windusari yang akurat.

Akhirnya ketemulah kisah sejarah tuk umbul di blog Dusun Ngaropoh tersebut yang membuatku berhasil menemukan jawaban pengalaman gaib yang kutemui saat berada di Tuk Umbul. 

Seperti dilansir di blog tersebut, sejarah mata air Tuk Umbul di Dusun Ngaropoh membuatku sempat tercengang selanjutnya manggut-manggut [Bahasa Jawa: mengangguk-angguk] mengerti saat membacanya jika lokasi mata air alami ajaib dipercaya memiliki banyak khasiat kesehatan ini ternyata memang memiliki cerita kejadian mistis tapi nyata. 

Diceritakan sejarah Tuk Umbul Windusari dahulu kala terdapat 7 lokasi mata air alami berada disana, namun setiap kali Dusun Ngaropoh melaksanakan hajatan dengan menyelenggarakan pementasan wayang kulit, dipastikan keesokan harinya ada satu lokasi sumber mata air yang berhenti memancarkan airnya. Hingga warga menetapkan larangan pementasan wayang kulit di dusunnya dan sekarang ini tersisa 1 sumber mata yang tak pernah berhenti mengalir.


"pengalaman mistis di mata air tuk umbul windusari"


Khasiat air Tuk Umbul dipercaya warga setempat dan dipercaya oleh orang-orang yang berdatangan kesana dari berbagai kota memiliki khasiat menyembuhkan berbagai penyakit. 

Airnya juga dipercaya tak hanya menyembuhkan penyakit, tetapi juga bermanfaat untuk kesehatan kulit. 

Penasaran dengan manfaat air Tuk Umbul yang jernih, segar dan dapat diminum langsung tanpa direbus ..., aku menampung air dalam botol yang kubawa untuk kucoba kuminum dan mengulang mengisi air ke dalam botol kembali untuk kubawa pulang.


"pengalaman mistis di mata air tuk umbul windusari"


Dan ternyata air Tuk Umbul memang terasa segar diminum, juga terasa segar di kulit saat wajahku kubasuh langsung dari pancuran bambu tempat mata air dialirkan. 

Bahkan aku merasa wajahku terlihat bugar kinclong saat kulihat wajahku di foto. Betul ngga, sih 😊?. 


"pengalaman mistis di mata air tuk umbul windusari"


Kalau lihat hasilnya bagus begini , pengin deh jadinya sering-sering datang ke Tuk Umbul buat basuh wajah ..., biar wajah tetap terus kelihatan seger, tanpa perlu operasi plastik begitu. Operasi plastik tuh ..., mihiiils, ha ha ha !.


Uniknya, lokasi mata air Tuk Umbul ini berada di tepi aliran kali dan mengalir dari celah batu dengan debit konsisten berada dari dasar lempengan batu besar alami. Aliran airnya mampu memancar deras naik keluar ke bambu yang diberi lubang tanpa adanya tenaga bantuan disel. 

  

"pengalaman mistis di mata air tuk umbul windusari"


Masih menurut penjelasan dari blog tersebut, air Tuk Umbul pernah diteliti oleh beberapa laboratorium dengan hasil pemeriksaan derajat keasaman atau PH 7 yang menandakan layak diminum langsung tanpa direbus terlebih dahulu dan mengandung banyak mineral yang bagus untuk kesehatan. 

Karena manfaat airnya yang dipercaya bagus untuk kesehatan, banyak orang datang berduyun-duyun rela mengantri menunggu giliran bergantian membawa dirijen, ada juga yang membawa galon untuk diisi air Tuk Umbul dan selanjutnya dikonsumsi di rumah. 


"pengalaman mistis di mata air tuk umbul windusari"


Untuk mengisi 1 galon air Tuk Umbul ditetapkan oleh warga Dusun Ngaropoh, pengunjung cukup memasukkan uang kas pembangunan desa sebesar Rp. 2000,_ [Catat, ya itu luar biasa murah dibandingkan dengan manfaat besar airnya] dan jam pengambilan air dibatasi dari jam 06.00 sampai dengan jam 18.00.

Setelah kuceritakan kisah mistis yang kualami, sejarah Tuk Umbul Windusari dan khasiat air Tuk Umbul ..., selanjutnya giliran kalian ingin datang kesana untuk mencoba mengambil air beberapa galon untuk dikonsumsi di rumah ?.

Kucatatkan alamatnya Tuk Umbul Windusari nih.

Tuk Umbul lokasinya berada di Dusun Ngaropoh, Desa Umbulsari, Kecamatan Windusari, Kabupaten Magelang. 

Patokan termudah menuju ke lokasi Dusun Ngaropoh tempat keberadaan mata air alami ajaib ini adalah lokasi pasar Windusari. Masuk  ke jalan desa tepat disamping pasar, ikuti jalan sampai bertemu di pertigaan jalan. Tak begitu jauh setelahnya, di sebelah kanan jalan terlihat gapura Dusun Ngaropoh.


"pengalaman mistis di mata air tuk umbul windusari"


Tapi ingat, ya saat kalian berada di Tuk Umbul untuk tetap menjaga sikap dan tutur kata yang baik, tentunya juga ikut menjaga kebersihan lingkungan 😊. 

Oh, iya ..., saranku datang liburan dan mengambil air di Tuk Umbul Windusari sebaiknya datanglah di pagi hari, seperti yang kulakukan di hari itu, selain belum begitu banyak antrian pengunjung mengisi galon juga di pagi hari saat langit terlihat jernih masih minim gumpalan awan sepanjang perjalanan kalian dapat melihat pemandangan alam sangat memesona ..., lima gunung terlihat begitu jelas mengelilingi Magelang dan pemandangan aktivitas petani di persawahan merupakan hiburan tersendiri, terutama yang berdomisili di perkotaan.

Post a comment

201 Comments

  1. Mas Himawan, keren juga ya klo airnya bisa bikin kinclong. Hheehe.. Tp itu kinclong beneran krna airnya, atau karena kualitas kamera hp nya? 😁😁

    Klo untuk penunggu, aku memang percaya sih bbrapa tempat memang ada penunggunya kaya gini. Apalagi six sense mas hima ikut merasakan. Walaupun ga dalam wujudnya, hanya lewat bau nya yaa..

    ReplyDelete
    Replies
    1. Kak Thessa, manfaat airnya seriusan bagus buat kesehatan juga bikin kulit jadi kinclong, hehe.
      Air yang langsung kuminum juga bikin jadi bugar.

      Yup, aku juga percaya ada 'penunggu' di suatu lokasi, jadi sebaiknya kita tetap bilang numpang2 dulu..
      Di lokasi ini setelah aku ngucap dalam hati permisi memotret buat kuperkenalkan di blog, mendadak tercium aroma wangi itu ..

      Delete
    2. Aku juga percaya akan hal itu, that's why kalau ke tempat baru apalagi kramat atau bersejarah, harus banget jaga perilaku. Berarti penunggunya mengizinkan Kak Hima untuk berada di sana ya 😁 soalnya tercium bau wangi. Kak Hima beruntung sekali 😁

      Besok-besok kalau ke sana, ikutan bawa galon juga Kak Him, lumayan buat stock 1 minggu minum dan cuci muka 🤭

      Delete
    3. @ Lia :

      Betul, terutamanya ucapkan salam terlebih dahulu sebelum melakukan aktivitas di areanya.
      Pengalaman kejadian mistis seperti ini sebetulnya kejadian kesekian kalinya buatku, Lia.
      Kejadian 'terparah' saat aku sepulang liburan dari satu Pura di Bali .., mendadak kata teman2ku dalam mobil ngeliat aku setengah sadar ngigau kata2 aneh sambil kesakitan, aku akhirmya dilarikan ke rumah sakit Sanglah.

      Iya, Lia ntar kalo aku ke Tuk Umbul lagi aku mau bawa 1 atau 2 galon buat stok minum sama oles2 di wajah 😊

      Delete
    4. 😱😱 kok seram Kak Him 😱😱 terus gimana cara membersihkannya? Dan tahu nggak kenapa bisa demikian? 😱

      Delete
    5. @ Lia :

      Sesampainya di ruang igd rs. Sanglah, dokter yang menanganiku melakukan hal yang menurutku jugapengalaman ganjil buatku karena ... dokter mengoleskan ke dahiku dari minyak di dalam wadah yang ada lilin menyala.
      Wadah terbuat dari kaca itu letaknya ada di dinding diatas kepala pasien.
      Begitu dioles minyak mendadak aku tersadar dan berkurang sakitku.

      Tapi kejadian mistis itu belum seluruhnya selesai setelah aku keluar dari ruang igd.
      Kejadian mistis masih berlanjut saat aku kembali di kostku, Lia.
      Teman2 kostku juga melihat ada penampakan di dalam kamar kostku.

      Di Bali aku job trainning 3 bulan.

      Delete
  2. Olá, amigo!
    Gostei de sua postagem, gostei de ver a explicação sobre a água e fotos muito bonitas!
    Felizes dias para você!
    Saudações!!

    ReplyDelete
    Replies
    1. Olá meu amiga também!.
      Muito obrigado por terem gostado deste artigo de primavera e das fotos que incluí.
      Feliz Domingo, muita felicidade. Saudações de amizade!

      Delete
  3. Percaya gak percaya sih kalo soal beginian, mau bilang gak percaya tapi ada orang lain yang ngerasain, mau bilang percaya tapi belom pernah merasakan sendiri.

    Tapi memang lebih ke secara logika aja kali ya, setiap pergi ke mana pun ya memang kita harus berprilaku lurus, apalagi daerah baru yang kita gak tahu kebiasaannya di sana gimana.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Betul, sikap dan kata-kata kita harus sopan di suatu lokasi, terutama di tempat yang terlihat masih alami.

      Delete
  4. Memang terkadang ada sih magic di tempat seperti itu. Percaya gak percaya...

    Mas Him, bagus juga iya, bisa minum air langsung tanpa dimasak lebih dulu. Brati kalo lagi main ke situ, gak usah khawatir akan kehausan. Air minum habis bisa langsung isi.

    Yang penting terjamin. Airnya bersih, dan kata mas Him pernah diteliti kadar asamnya 7. Airnya udah sehat, para pengunjung harus menjaga kebersihan. Jangan sampai airnya tercemar...

    Biar bagaimanapun kan, air utk diminum langsung ke tubuh ini, hrs terbebas dari bakteri de el el 😇

    ReplyDelete
    Replies
    1. Betul, kak liburan ke lokasi ini bisa ambil air minum ulang steril sepuasnya 😊.
      Airnya kerasa seger khas air pegunungan, karena pada dasarnya letak lokasi ini berada di lembah kaki gunung Sumbing.

      Delete
  5. Que buena experiencia esa agua es milagrosa, y se te ve rejuvenecido...... y que misterio sentir ese aroma que seguro quedo grabado en tu memoria.
    Que interesante lugar para visitar.... tal vez algun dia 😊.
    Besos Himawan.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Sí, el incidente de oler una fragancia misteriosa en este lugar será una experiencia memorable. sentarse olvidado.
      Gracias por tu agradecimiento, Gra 🙏.
      Besos, Gra.

      Delete
  6. Estimado amigo, sin duda hay lugares en Gia que muestran su naturaleza mágica y son venerados desde tiempos remotos por sus cualidades terapéuticas. Esos lugares telúricos existen, y la energía que desprenden es notable. Nuestra sociedad moderna dejó hace tiempo de creer y sentir estas energías, y sólo ciertos privilegiados la notan. Creo que tú fuiste uno de ellos, posiblemente porque acudes a los lugares con la mente abierta y el alma limpia.
    Un placer viajar contigo por estos magníficos lugares.
    Un abrazo.


    ReplyDelete
    Replies
    1. Hola amigo Jorge.
      Es muy interesante que la ubicación de Gia, de la que me hablaste, también tiene un elemento místico y el agua tiene grandes beneficios para las instalaciones de salud como el agua en el lugar que visité.
      Gracias y estoy feliz de leer sus comentarios sobre 'ellos' disfrutaron de mi visita dándome una marca de olor.
      También les agradezco su gusto por amar mi historia de viajes.
      Un abrazo.

      Delete
  7. Jangan-jangan aroma wangi ini adalah penunggu yang senang sama samba mas Himawan nih, buktinya hanya masnya saja yang merasakan kehadiran aroma wangi ini..
    Wah bagus kandungannya airnya itu mas kalau memiliki pH 7, tentunya sangat bagus untuk membantu stamina dan menjaga kesehatan

    ReplyDelete
    Replies
    1. Sepertinya ngajak kenalan, mas karena aroma wangi muncul setelah aku mengucap salam dan meminta ijin memotret lokasi.

      Delete
  8. Bel post interessante e soprattutto molto bella la sorgente diTuk Umbul Windusari.
    Belle fotograife ed davvero invitante il posto.
    Un saluto e buon fine settimana in arrivo

    ReplyDelete
    Replies
    1. Oh, grazie per il tuo apprezzamento riguardo alla posizione della sorgente Tuk Umbul Windusari, Arwen. Sono felice di avere l'opportunità di conoscere questa località.
      Saluti presto, buona domenica buona giornata, buona giornata.

      Delete
  9. ada yang mistis langsung aku klik.. ahahah
    Loh, Mas hima tuh punya six sense?? kok keren mas..

    Berarti itu airnya mancur terus-terusan gitu yah?? kok canggih sih.. *jadi mikir asal airnya dari mana?? hhmm

    Berhubung hal mistis bukan kali pertama buatku. Jadi, ya setuju sih Mas Hima. terlepas dari tempat itu angker atau nggak. Tapi jaga sikap dan kebiasaan itu perlu. Apalagi tempat baru..
    Ahh,, jadi pengen kesana. Aku penasaran sama pancuran airnya.. heheh

    ReplyDelete
    Replies
    1. Justru serem, mas ...hahaha..., juga bikin tubuh jadi lemes kalau lihat penampakan yang ganjil.
      Kalau sekedar muncul aroma, atau lihat penampakan yang ngga menyeramkan masih biasa saja bawaannya.
      Mas Bay ngerasainnya pas lihat penampakan gitu juga kan ?, hehe ..

      Delete
    2. Dirumah aku tuh spesial Mas Him.. temen tuh kalau semisal nginep pasti ada aja ceritanya.. wkwkwk 🤣🤣 soalnya emnk kamarku diatas dan begitu keluar langsung dihadapkan rumah kosong di belakang sama samping kanan. Tapi skrang rumah belakang udh dibeli orang... terus lagi dibangun sih...

      Apalagi semenjak kepergian Bapak.. keadaan rumah jadi sepi gtu karena ya emank dirumah jadi sendirian.

      Kadang kalau lagi masak di dapur sering kaya ngerasa nggak sndirian.. hahah😁😆 kayanya ini cuma perasaan doank sih. Tapi ngerasa ini nih sering gtu tuh..

      apalagi kemarin malam mas. Pas lagi nonton tv smbil sahur terus aku gnti channel. Kan kalau ganti channel ada transisi gelap gtu ya? Nah itu aku ngelihat orang lagi duduk ditangga.. aku kaget dong.. pas ditengok ke belakang nggak ada.

      Delete
    3. Auto kebayang gimana dag dig dugnya mas Bay lihat penampakan dari layar monitor tv 😱.
      Berani juga ya mas Bay tinggal sendirian di rumah ..

      Tapi biasanya, 'penunggu' rumah ngga jahil sama pemilik rumah, tapi ngejahilinnya sama tamu yang lagi bermalam dirumah.

      Lebih baik sering nyetel lagu atau apa gitu, biar ngga kerasa sepi juga serem suasana rumah, mas.
      Juga usahakan rumah selalu bersih.

      Eh, tapi ngga jaminan juga ding ..., soalnya dulu waktu keluarga kami masih ngontrak rumah .. , kondisi rumah selalu bersih, banyak cahaya masuk kalau siang.
      Tau2 suatu sore aku dilihatin kuntil anak ..., dan itu pertamakalinya aku bisa melihat makhluk astral.
      Kejadiannya pas aku kelas 1 SD, mas.
      Aku sampai jatuh sakit beberapahari dan berujung jadi ngga naik kelas.

      Delete
  10. Kadang heran juga dengan hal-hal mistis. Kalau terlalu percaya, jatuhnya syirik. tak dipercaya, kadang dampaknya nyata. Selamat malam, ananda Himawan. Selamat menjelajah tempat-tempat unik. Salam berkah Ramadan.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Ya, bunda Nur.
      Mau ngga dipercaya toh dimensi lain nyatanya juga memang ada.
      Kayak kehidupan manusia, 'mereka' ada yang baik tapi ada juga yang jahil suka mengganggu.

      Terinakasih supportnya bunda Nur 🙏

      Delete
  11. ¡Hola! Parece que fue una interesante, misteriosa y mística experiencia. Por lo que veo en las imágenes, debe ser un lugar precioso y relajante. Por cierto, se te quedó muy buena cara en la foto jejeje.
    Un saludo :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. Oh, wow ... Me quedé estupefacto al leer tus comentarios sobre mi cara luciendo bien en cámara, jajaja ..., te agradezco mucho que veas eso de ti.
      Gracias por todo su agradecimiento y gracias por seguir mi blog. Pronto seguiré su blog.
      Saludos de amistad.

      Delete
  12. Można nie wierzyć, ale po co? Mistyka sama puka do naszych drzwi. Trzeba tylko je trochę uchylić. :o

    ReplyDelete
    Replies
    1. Mistyczna rzeczywistość pozostaje do dziś, przyjacielu 😊.

      Delete
  13. Eres un trotamundos.
    Salu2.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Oh, hasta ahora no he explorado el mundo, todavía se limita al ámbito del lugar donde vivo, amigo mío Dyhego.
      Ojalá en el futuro Dios me dé la oportunidad de viajar por el mundo, incluido el país en el que vives. Saludos

      Delete
  14. C'est incroyable cette histoire, très étrange.
    L'eau doit être bonne, oui ton visage semble rajeuni :D
    Bonne soirée

    ReplyDelete
    Replies
    1. Oh, je suis tellement honoré de lire votre opinion sur mon visage semble jeune 😊, merci mon cher ami 🙏.

      Dans mon pays, il y a plusieurs endroits naturels qui sont censés avoir des histoires mystiques et il y a des gardiens invisibles qui sont parfois terrifiants et certains d'entre eux demandent des victimes. Très étrange oui, mais c'est vrai.

      Passez une bonne journée aussi, mon ami.

      Delete
  15. Dostum bende o sudan içmek istiyorum, bana da bir şişe gönderir misin?:-)) Şaka yapıyorum , tabi ki ama cesaretine ve hikaye hayran kaldım..

    ReplyDelete
    Replies
    1. Bir dahaki sefere şehrimize geldiğinizde, sizi istediğiniz kadar su içmek ve getirmek için bu baharın bulunduğu yere davet edeceğim 😊.
      Minnettarlığın için teşekkürler, dost Saezn.

      Delete
  16. Las aguas de los manantiales suelen ser de una gran calidad y nos pueden hacer mejorar la salud.

    Saludos..

    ReplyDelete
    Replies
    1. Así es, y se quedó en silencio después de que lo consumí, Thomas.
      Milagrosamente, guardé el agua unos días antes de beber el agua, todavía no olía, todavía estaba fresca como cuando estaba sentada en una botella.
      Saludos

      Delete
  17. Mi querido amigo, tu cara se ve de lo mejor, así pues ese agua debe ser como bien dices mística y milagrosa , Hay muchos manantiales en las que sus aguas son curativas sobre todo para enfermedades de estómago y hacen bien a la piel. Gracias por este extenso reportaje donde hemos aprendido muchas cosas. Un fuerte abrazo t e deseo un feliz fin de semana .

    ReplyDelete
    Replies
    1. Oh, muchas gracias por tu agradecimiento que me hace sonreír feliz, amiga Campirela 😊🙏.
      Es cierto, como dijiste, hay muchas ubicaciones de manantiales en todo el mundo que se están curando y también son buenas para la salud de la piel.
      También te deseo felicidad. Abrazar fuerte

      Delete
  18. Parece un lugar lleno de paz. Me dio ganas de probar el agua. Te mando un beso y te deseo un buen fin de semana

    ReplyDelete
    Replies
    1. Sí, el agua es refrescante para mi amigo JP.
      Curiosamente, sin agua de cocción, guardado en una botella durante varios días todavía no huele mal y no emite sedimentos.
      Desde lejos de aquí también mando besos de amistad.
      Que tenga un lindo día.

      Delete
  19. Entri luar biasa yang mengejutkan, teman Himawan. Hal pertama yang ingin saya sampaikan kepada Anda adalah bahwa saya percaya setiap kata dari apa yang Anda jelaskan. Seperti yang Anda katakan dengan sangat baik: mistik itu nyata ... Ada pertanyaan yang tak terduga seperti pertanyaan tentang air Tuk Umbul. Di negara saya, Argentina, dan di beberapa negara lain di Amerika Latin, tempat-tempat seperti ini juga dikenal ... Ini karena kita manusia menyimpan misteri dan juga planet yang kita tinggali. "Ada dunia lain, tapi mereka ada di dunia ini," kata penyair Paul Éluard. Saya sangat percaya akan hal itu. Kita tidak berakhir di tubuh fisik kita. Kami tidak memulai pada tanggal lahir kami ... Saya akan pernah tahu tempat mistis dari mata air ...


    Pelukan erat.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Sebelumnya saya mengucapkan banyak terimakasih untuk apresiasi dari anda dan juga berterimakasih anda sependapat dengan saya bahwa memang ada dimensi lain di bumi yang kita tinggali ini, sobat Carlos.

      Misteri memang melekat kuat di bumi, yang terkadang di luar nalar kita, sulit untuk dimengerti dengan akal sehat.
      Tapi memang benar adanya.

      Pelukan erat.

      Delete
  20. No me gustó cómo tradujo google la frase final. Un error. Sí espero conocer ese místico lugar...

    Abrazo!!

    ReplyDelete
    Replies
    1. Oh, lamento el rendimiento de Google Translator, que a veces funciona de manera ineficaz.
      Ojalá en otra ocasión no vuelva a suceder lo que provoca dificultad en la lectura.

      Abrazo!

      Delete
  21. Aku waktu sekolah pernah jg gitu kang. Tiba tiba tercium aroma wangi, yg bikin merinding. Aku jafi langsunh ngacir lari terbirit birit hahahaha

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hahaha ..., Kok malah lari sih, Doooo 😅.

      Ntar kalo nemuin lagi kejadian ada aroma wangi begitu, cobalah tenang lalu coba dicari sumber wanginya berasal dari mana.

      Delete
  22. Wah kok bisa ada aroma terapi eh aroma wangi di tuk umbul ya, apa mungkin penunggu nya tahu mas Himawan punya Indra keenam jadinya menyapa.😱

    Bagus sekali ya air tuk umbul, tanpa direbus juga bisa langsung diminum, tak heran banyak yang antri untuk ngambil air nya. Bayar 2000 mah murah, orang kencing di pasar sebentar doang juga 2000.😂😂😂

    ReplyDelete
    Replies
    1. Mungkin, mas.
      Atau hal lain aku juga ngga paham, tapi tepatnya aroma wangi mendadak muncul setelah aku mengucap permisi dalam hati untuk memotret lokasi ini untuk kuperkenalkan di blogku.

      Ayok kapan mas Agus datang ke lokasi, bawa galon sebanyak mungkin airnya buat persediaan dirumah, ya 😁

      Delete
    2. Bisa jadi memang begitu, apalagi mas Hino kan ngucap permisi, jadi sebagai ganti jawab salam ngasih tahu lewat lewat aroma wangi.

      Bayar galonnya sih murah, ongkos kesananya yang mahal mas dari Banten.😂

      Delete
    3. Wwkkk .., iya juga yaach .. mahal di ongkos datang dan pergi balik jauh dari Banten buat bawa bergalon-galon air 😆

      Delete
    4. mas aguuuuua selalu deh bikin ku ngguyu...beaya banten ke sono sik luih mahal...retjehku hahahhaha

      mas hima ternyata duwe indera keenam wooowww

      Delete
  23. Very interested article, thanks for the information! Have a nice weekend ! 🌸🌸🌸

    ReplyDelete
    Replies
    1. Thank you so much, Carolin 🙏.
      Have a super week!

      Delete
  24. que fuente mas curiosa e interesante, me ha encantado verla

    ReplyDelete
    Replies
    1. Me alegra que estés feliz de ver este lugar mágico de agua para la salud.

      Delete
  25. Parece um lugar místico de grande beleza e serenidade. Acredito que as águas possam ter imensas propriedades de efeitos benéficos!
    Mais um local fascinante, que apetece conhecer! Grata pela excelente reportagem fotográfica do local! Gostei imenso desta publicação!
    Um grande abraço!
    Ana

    ReplyDelete
    Replies
    1. Muito obrigado por ter gostado deste post sobre a localização desta benéfica nascente de saúde, Ana.
      Eu realmente gostei disso.
      Um grande Abraço!.

      Delete
  26. Kalo untuk hal mistis, saya juga lumayan sering ngalamin sih Mas, apalagi kalo lagi ngunjungi bangunan tua dan bersejarah gitu.
    Kerasa banget ada sesuatu yang tak kasat mata sedang mengawasi.

    Tapi asal kita jaga tingkah laku dan kata-kata, insya Allah baik-baik aja.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Kita samaan, mas Rudi.
      Benar, di suatu lokasi tertentu [biasanya feeling kita yang berbicara ada 'penunggu' tidaknya], kita lebih baik menjaga sikap dan tutur kata kita daripada timbul masalah yang ngga diharapkan.

      Delete
  27. What an interesting spot to visit! I've never seen a water fountain like that before!

    Hope that you are having a nice weekend! It's a long weekend here :)

    Away From The Blue

    ReplyDelete
    Replies
    1. Have a long weekend, Mica.
      Glad I know you have a long time off.

      Yes, this is a simple spring fountain made of bamboo and the water has many uses 😊

      Delete
  28. Keep such natural places clean.

    ReplyDelete
    Replies
    1. I also support the environmental cleanliness movement.

      Delete
  29. keren lokasinya.... great shots.

    sayangnya, misteri belum terjawab....

    Have a wonderful weekend

    ReplyDelete
    Replies
    1. Thanks, mr. Tanza.
      Have a wonderful day also.

      Delete
  30. Una història ben misteriosa, la de la font !. I m'agrada que l'aigua tingui propietats tant bones... com rejovenir-te ! hehehe
    Espero però, que no hi hagi una massificació de gent ,,, els bons tresors s'han de guardar !.
    Bon cap de setmana !.

    ReplyDelete
    Replies
    1. És cert, Artur.
      La ubicació d’aquestes fonts és molt valuosa i s’ha de conservar. Vaja, somric perquè la meva cara sembli fresca 😊.
      Gràcies per la vostra opinió 🙏. Salutacions d’amistat.

      Delete
  31. Replies
    1. Yes, its simple and unspoiled location is a nice location to visit.

      Delete
  32. El agua,es fuente de vida.Yo, todas las mañana bebo un vaso de este preciado líquido, en ayunas. Ayuda a que el organismo funcione mucho mejor. Estimado amigo, gracias por mostrarnos lugares tan bellos y con bonitas historias.
    Un abrazo.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hola querida amiga Carmen.
      Su hábito de beber agua por la mañana con el estómago vacío es excelente para eliminar las toxinas del cuerpo.
      También lo hago todas las mañanas cuando me despierto. También agradezco a aquellos a quienes les ha gustado la historia de mi viaje.
      Saludos de amistad.

      Delete
  33. Muy interesante experiencia. Ese agua es medicinal y tiene enormes propiedades y la has sabido aprovechar.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Gracias por tu apreciación.
      Espero que en su país pueda encontrar lugares de manantiales naturales como el lugar que visité.
      Saludos de amistad

      Delete
  34. Hola amigo Himawan.
    Muy interesante e impresionante. Me alegro mucho por ti de haber podido vivir tal experiencia.
    Saludos y cálidos abrazos desde Francia.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hola mi querido amigo Eric.
      Me alegro que les haya gustado la historia de mi viaje al lugar de esta primavera. Estoy muy agradecido por eso.
      Un gran abrazo de mi parte en Indonesia para ti en Francia

      Delete
  35. Ciekawy post, świetne miejsce. Nigdy bym nie pomyślała, że woda może mieć takie ciekawe znaczenie w owym miejscu :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. Dziękuję za uznanie, przyjacielu. W Indonezji jest kilka miejsc, które mają element mistyczny i uważa się, że są niewidzialni strażnicy. Mam nadzieję, że ta historia pomoże nam wszystkim zrozumieć mój kraj 😊.
      Pozdrowienia z przyjaźni.

      Delete
  36. Hai Mr Himawan. Oh, tempat ini rasanya popular ya sebagai tempat bercuti. Mr Himawan ada sixth sense. Hebat itu.:)

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hi also mr. Admin Galaksi Viral.
      Lokasi ini ramai dikunjungi untuk sarana mengambil air alami.
      Area sekitar viewnya memang bagus untuk tujuan liburan.


      Delete
  37. Kiitos mielenkiintoisesta postauksesta.
    Toivottavasti parantava vesi auttaa apua tarvitsevia.
    Hyvää kevättä!

    ReplyDelete
    Replies
    1. Olet tervetullut, kiitän myös arvostuksestasi.
      Toivottavasti tästä paikasta tuleva vesi on hyödyllistä monille ihmisille.
      Hauskaa päivän jatkoa.

      Delete

  38. Una buena experiencia amigo. Hay lugares que nos producen buenas sensaciones y eso lo notamos. Gracias por compartirlo
    Te deseo un buen domingo Himawan. Cuídate.
    Un abrazo.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Gracias por el agradecimiento y las oraciones de tu amiga Laura. Que tus días estén siempre llenos de felicidad.
      Un abrazo.

      Delete
  39. Interesante experiencia mística. UN abrazo. Carlos

    ReplyDelete
    Replies
    1. Sí, amigo Carlos.
      Un abrazo, que la felicidad acompañe siempre tu día.

      Delete
  40. Amazing experience! Have a good day! ;)

    ReplyDelete
    Replies
    1. Thanks for your appreciation, Sys.
      Have a super week!

      Delete
  41. Semoga tetap selalu terjaga mata airnya :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. Semoga, mas.
      Pengunjung yang datang kesana semoga sadar ikut menjaga lingkungan.

      Delete
  42. Halo himawan
    Sungguh kisah yang menarik dan ajaib.
    Itulah hal terpenting tentang tempat-tempat ini, tanpa polusi, yang tertutup oleh area alami dan udara yang bersih dan segar. Tanpa diragukan lagi wajah Anda terlihat berseri-seri, dan saya tidak mengatakannya hanya untuk mengatakannya. Suatu hari nanti saya akan mengunjungi tempat itu dan meminum air itu, dan tentu saja saya akan mendapatkan rasa hormat yang pantas didapatkan dari surga tersembunyi di atas segalanya. Terima kasih untuk tur virtual yang luar biasa.
    Pelukan yang indah

    ReplyDelete
    Replies
    1. Halo sobat Yessy.
      Betul yang dikatakan oleh anda lokasi ini minim polusi karena terletak berada di pelosok pedesaan dan di tepi sebuah desa yang asri.
      Wah, saya mendadak tersenyum bahagia ketika wajah saya dibilang terlihat berseri-seri berkat membasuh muka dengan air ini 😊.
      Terimakasih opini anda, sobat.
      Dari sini saya mendoakan untukmu agar kelak keinginan anda datang ke lokasi ini akan terwujud.

      Pelukan erat.

      Delete
  43. Dearest friend, how are you!
    I can´t be able to read the text, the translate doesn´t work
    but now i´m sending you lots of love and great week ahead!

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hello my dear friend Rose Fairy there.
      Please forgive the translator is ineffective, hopefully on another occasion it will not happen again. Thank you for stopping by and i also send you friendly love greetings.
      Have a nice week!

      Delete
  44. wah mas him, ni cocok banget buat cwe-cwe yang pengen wajahnya kinclong dan seger, gak usah beli bedak ini itu, langsung aja basuh cuci muka di tuk umbul winduasari, murah meriah yabmas wkwkwk :D..

    ReplyDelete
    Replies
    1. Wwkkk .., ayok ajak gebetan mas Khanif datang ke lokasi ini 😆!.
      Bisa ngirit buat belanja bedak kaan 😁

      Delete
  45. Un lugar precioso y mágico con un gran magnetismo.
    Gracias por compartir su historia y tu experiencia, me ha gustado mucho conocerla.
    Un saludo.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hola, muchas gracias por tu agradecimiento.
      También estoy feliz de conocerte, te seguiré. Saludos míos y les mando un cordial saludo.

      Delete
  46. aku suka nih yang mistis-mistis wkwkwk

    ReplyDelete
    Replies
    1. Ayook dieksplore juga lokasi mistis yang ada di daerahmu, mas 😁

      Delete
  47. Ahhh.. what a curious pengelaman. Saya dah experience aroma manis dan aroma yang berbau busuk, Saya rasa takut. Keep SAFE!

    ReplyDelete
    Replies
    1. Later when you come to this location, try to drink the water and feel the benefits.

      Delete
  48. Heeemmm jadi kepingin ke Tuk Umbul sambil bawa Galon Aqua untuk menikmati segarnya air dari mata air Tuk Umbul.😊😊😊

    Setiap tempat yang mengandung mata air atau ada air terjunnya pastinya ada penunggunya mas. Baik penunggu Wanita dan Laki2...Konon katanya kedua penunggu tersebut saling bersebrangan. Dalam artian punya misi dan jalan masing2..😊😊😊


    Aroma wangi yang mas Him rasakan mungkin penunggu disitu pemegang tampuk kekuasaannya berati sang ratu atau nyai. Berarti kemungkinan penunggu Tuk Umbul seorang Ratu atau nyai.😊😊😊


    Waahh kalau bisa bertemu dengan sang ratu cantik penghuni Tuk Umbul asik tuh mas apa lagi cantik sang ratunya.☺☺


    Justru aku penasaran sama airnya dan ingin meminumnya...Mudah2han suatu hari nanti aku bisa bersua ke Tuk Umbul.😊😊

    ReplyDelete
    Replies
    1. O,yaa ..., Mas Satria kok tau banyak tentang penunggu suatu lokasi, ada wanita dan ada pria nya juga yang punya misi berbeda 😱 ?.

      Jangan-jangan ..., mas Satria profesinya merangkap sebagai cenayang, ya ? ..., aseeek.
      Ramalin kita-kita dong, mas 😉

      Delete
    2. 🙄🙄🙄🙄🙄🙄🙄😳😳😳🤦‍♀️🤦‍♀️🤦‍♀️☝🏾☝🏾☝🏾☝🏾

      Delete
  49. Wah keren ya airnya bisa langsung diminum. Semoga tetap mengalir dan menjadi berkat buat masyarakat sekitarnya.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Ya, kak.
      Kapan kalau kak Yustrini main ke lokasi ini, cobalah minum airnya dan simpan airnya beberapa hari untuk di tes ada endapan tidaknya atau berubah rasanya ngga ..., dijamin ngga 😁.
      Aku udah buktiin soalnya.

      Delete
  50. Hallo, ik begrijp natuurlijk deze taal niet. Maar toch bedankt voor uw leuke reactie bij mij. Ik ben blij met deze waardering. Ik zie hier ook mooie foto's en jij hebt een mooie glimlach. Groetjes ♥

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hallo, Kay daar. Ik heb je eerste opmerking gelezen en daarna is je tweede opmerking ... Ik glimlachte onmiddellijk nadat je de vertaalknop had gevonden.
      Heel erg bedankt voor je waardering en bedankt voor je opmerkingen over mijn glimlach 😊🙏

      Delete
  51. ps. ondertussen heb ik wel de handige vertaling gevonden, Prachtige reis dus ;-)

    ReplyDelete
    Replies
    1. Ik ben blij dat je de vertaalknop hebt gevonden en het hele bericht kunt lezen.
      Bedankt, Kay. Ik stuur vriendschapsgroeten.

      Delete
  52. You have a beautiful smile and I am happy to have a friend as you and so far. One smile for you from Italy. Ciao.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Grazie per la tua opinione sul mio sorriso, Vivi. Sono anche felice di conoscerti attraverso il blog.
      Saluti di amicizia tra paesi e vi mando sorrisi dall'Indonesia in Italy.

      Delete
  53. What an interesting place. Great images, thanks for sharing and have a wonderful week.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Your welcome, Bill.
      Thanks a lot for your appreciation.
      Have a nice week.

      Delete
  54. How fascinating. Thank you for sharing your experience.

    ReplyDelete
    Replies
    1. You are welcome, friend.
      I'm also grateful for your comments.

      Delete
  55. Ohja ich freue mich auch sehr =) Doppeltes Sushi is toll <3
    Danke, werde es mir einfach nur bestellen, geht schneller.

    Great post, looks like a nice day =)
    I like the nature a lot.
    Liebe Grüße

    ReplyDelete
    Replies
    1. Vielen Dank für Ihre Meinung, Yasmina.
      Ich bin froh, dass Sie auch die Natur lieben.

      Delete
  56. Verdade, meu amigo: existem lugares que têm, sim, essa aura positiva; e felizes aqueles, dentre nós, que são capazes de sentí-la. Vivi algumas experiências semelhantes... e como nos sentimos bem, quando isto acontece! Repito: místico e belo é o teu pais! Meu abraço, boa semana.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Olá meu amigo árabe.
      É interessante conhecer algumas das experiências místicas que você encontrou.
      Eu adoraria ler na próxima vez que você escrever.
      Obrigado pelo apreço de você, meu amigo.
      Abraço apertado.

      Delete
  57. wow, akhirnya mas hima mengeluarkan cerita traveler horornya, asik, enak nih bacanya dari atas sampai bawah, cuma yang mmbuat saya penasaran, aroma wangi itu dari mana ya, ternyata dari mata air Tok Umbul ya, kepo banget dah aku,...tapi cerita mistisnya seru mas hima

    ReplyDelete
    Replies
    1. Kayak suatu kebetulan ya, ko .. ngga gitu lama waktu ko Kuan Yu minta aku kapan2 nulis tentang mistis, tau2 aku datang ke lokasi ini ketemu pengalaman gaib.

      Jangan-jangan ..., 'penunggu' disana tau kalau aku dapat pesanan dari ko Kuan Yu nih ..., lalu nebarin aroma wangi misterius.

      Delete
  58. Quite fascinating.
    Thank you for sharing your experience.

    My good wishes.

    All the best Jan

    ReplyDelete
    Replies
    1. You're welcome, Ana.
      I'm also glad you liked this entry. Have a super week.

      All the best.

      Delete
  59. wahhh..ternyata air nya juga adaa manfaatnya yaa mas buat warga sampe berbondong2 ngantri...pancuran air nya juga unikk nihh mass pake bambu

    seru nih kayaanya tempatnyaa mas buat petualangan yg mstis....hhehhe

    ReplyDelete
    Replies
    1. Ayook ...kapan mas Yuli mau main ke lokasi ini ..., aku siap jadi guide gratisan wis.
      Jangan ketinggalan bawa beberapa galon dari rumah ya 😊

      Delete
  60. Hwah jadi pengen ke tuk umbul nih mas

    ReplyDelete
    Replies
    1. Monggo, eh* silahkan diagendakan datang ke lokasi mata air ini mas ...

      Delete
  61. iya mas, murah ya 1 galon hanya 2 ribu... oalah mas.. jadi sepertinya hanya orang tertentu deh yang bisa mencium aroma wangi misterius itu

    dulu juga saya pernah mas, di ruangan kelas kok mencium aroma seperti halnya aroma di rumah sakit, memang ketika itu saya datang lebih awal, belum ada orang lain yang datang, aneh juga..tapi saya pikir ah sudahlah jangan terlalu dianggap he he he

    nah wajah mas Himawan apa benar lebih kinclong tuh ya..ha ha ha..

    ReplyDelete
    Replies
    1. Untuuung ...., waktu kak Monica nyium aroma kayak aroma di rumah sakit ...ngga ditunjukin wujudnya, tuh ...
      Biasanya bau2 begitu identiknya kan hantu rumah sakit kayak suster ngesot, wwwkkkk 😅!.

      Hahahaha, bilang jujur aja napaa, kaak .. wajahku kinclong ngganyaaaa ..., asal jangan bilang wajahku berminyak kayak gorengan tempe abis ditiriskan, huahahahahayyyy 😂!!

      Delete
  62. Finally, aku kepo.
    Apakah mata air itu tidak bisa ada lagi Kak kalau udah hilang? Hiks... Sedih.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Entah, kak.
      Sebaiknya jangan diuji coba, daripada betulan ntar jadi beneran ngga mau ngalir.

      Delete
  63. Som aigua i venim de l'aigua.
    Cal obrir tots els sentits.

    M'ha sorprès que per l'olor trobessis la font, això vol dir que tens els sentits ben oberts. Felicitacions!

    Aferradetes des de Mallorca.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Sincerament, en realitat tinc aversió a tenir un sisè sentit, sobretot si veig una figura aterridora que drena la meva energia física i després he experimentat dolor.
      Gràcies pels vostres comentaris i m'alegro que hagueu passat per aquí.
      Envio salutacions d’amistat

      Delete
  64. ternyata kandungan phnya di angka 7 ya, pantas bisa diminum tanpa direbus dulu. Lumayan bawa sebotol tupperware bisa menuntaskan dahaga dan alasan kesehatan. Yang bawa galon cuma dikenai 2 ribu mirip mirip pas aku sering isi galon isi ulang jaman ngekos biyen wkwkkw

    desane asrep tenan, udarane kelihatan sejuk dan kalau tetiba terendus wewangian yang khas bukane wedi tapi bikin rileks ya...jadi penasaran aromane kayaak gimana ya...kayak sedap malem apa gimana tuh nas, apa pandan, apa kantil?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Aroma wanginya bukan seperti pandan, kantil atau mawar, kak. Aromanya sulit kujelaskan pakai kata-kata ..,

      Coba kapan pas kak Nita mudik ke Jawa Tengah, mampirlah ambil air ke lokasi ini.
      Barangkali giliran kak Nita yang akan diberi pertanda kehadiran si 'penunggu'.

      Delete
  65. Não acredito nesse tipo de coisas, no misticismo, mas a nossa mente engendra muita coisa.
    Continue a beber água e a ficar 20 anos mais novo.

    Happy days!

    ReplyDelete
    Replies
    1. Obrigado pelos seus comentários, Ceu. Devolvo tudo ao leitor. acredite ou não, há algo sobrenatural.

      Vamos beber muito para sermos saudáveis ​​e jovens.
      Feliz dia esteja com todos nós!

      Delete
  66. Może kiedyś pozwiedzam 😊 pozdrawiam

    ReplyDelete
    Replies
    1. Cieszę się, że to słyszę, mam nadzieję, że się spełni 😊. Pozdrowienia

      Delete
  67. Mooie plek daar...heerlijk helder water ;)

    ReplyDelete
  68. wah saya jadi pengen kesana
    Ingin mengambil airnya
    Biar merasakan khaisat dari air tuk umbul windusari

    ReplyDelete
    Replies
    1. Ayok, diagendakan kesana, mas.
      Bisa sekalian recording untuk konten yutubnya sampeyan.

      Delete
  69. umbul itu bukannya artinya Air ya Ko?
    dua ribu untuk mengisi galon murah banget lho.. kalau jadi warga sekitar saya pastikan juga ambil air kesini terus. eh tapi serem juga kalau wangi2annya ngikut sampai rumah

    ReplyDelete
    Replies
    1. Asalkan di lokasi kita ngga neko-neko atau berucap yang ngga ngga, pasti sampai dirumah ngga bakal terjadi kenapa kenapa, kak Nissa.

      Delete
  70. Boa tarde meu querido amigo. A matéria ficou maravilhosa, que vontade de conhecer esse maravilhoso lugar e beber dessa água também.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Olá também meu querido amigo Luiz.
      Que bom que você gostou deste simples, mas tem uma entrada de localização mágica.
      Espero que um dia você possa ver em primeira mão e beber a água também.
      Que o seu dia seja sempre repleto de alegria.

      Delete
  71. Bardzo ciekawy post, fajne zdjęcia;) pozdrawiam;)

    ReplyDelete
    Replies
    1. Bardzo dziękuję za uznanie, przyjacielu 🙏.
      Pozdrowienia.

      Delete
  72. sama seperti Lia, kalau aku pergi ke tempat tempat asing apalagi yang kayak begini dan "dipercaya" warganya, usahakan untuk salam dan nggak banyak tingkah. pokoknya dinikmati aja sekitarnya
    kak hima termasuk berani lho datang pagi pagi pas orang belum banyak yang datang, apalagi sampe ke tempat yang bisa dibilang sepi begini

    ReplyDelete
    Replies
    1. Sangat betul, kak ..., utamakan jangan banyak tingkah kalau datang ke lokasi seperti ini juga jumawa, bisa-bisa malah berujung jadi kurang baik.

      Hehehe .., soalnya disana aku ngga merasa serem sih, kak.
      Kalau mendadak kok kerasa ganjil, aku milih ... cepat-cepat kabur, haha!.

      Delete
  73. Wah hebat mas Hima punya indra keenam, bisa tolong ramalkan nasib saya cocok kerja di air apa ngga..hihihi

    Kalau hal-hal gaib saya percaya itu ada dan saya percaya satu kawasan itu ada penghuninya.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Aku ngga bisa jawab, mas .. hihihi.
      Kepekaan bawaanku cuma sebatas bisa 'ngerasain ada' dan sewaktu-waktu bisa melihat makhluk astral

      Kita idem, percaya dunia gaib itu memang ada dan lokasi tertentu ada penghuninya.

      Delete
  74. A mystical and very interesting place. It's great when you feel calm in such a place. I would also like to go there.

    ReplyDelete
    Replies
    1. That's right, friend.
      This location is beautiful in nature as well as mystical, so you have to say greetings in your heart first.
      I will pray for you so that one day it will come to this location.

      Delete
  75. A very interesting story. I am interested in this place. It's a pity we don't have the option to travel now

    ReplyDelete
    Replies
    1. Right, friend.
      Nowadays, due to the pandemic traveling between countries has become more difficult the procedure.
      Hopefully later you can see this location directly.

      Delete
  76. ¡Hola, querido Himawan!

    Esa experiencia mística que relatas es fantástica. En España también existen numerosos manantiales y balnearios con aguas medicinales que son visitados por millones de personas al año. Esperemos que con la vacunación anti-Covid pronto se puedan visitar estos lugares de nuevo.

    Un fuerte abrazo hasta Indonesia.

    ReplyDelete
    Replies
    1. ¡Hola querido Miguel también !.

      Anteriormente, me gustaría agradecerles mucho su aprecio por lo que les estoy contando 🙏.
      En segundo lugar, me alegra que me digas que en España hay muchas localizaciones de manantiales que también tienen propiedades curativas ..., indica que tu país es fértil y tiene una riqueza natural extraordinaria.
      Con suerte, más tarde podemos encontrarnos y visitar lugares de manantiales como este.

      Un gran abrazo para ti en España.

      Delete
  77. Sangat mistis. Wahh boleh diminum terus ya. Malah airnya berkhasiat. Patutlah ramai orang berkunjung datang untuk ambil air percuma.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Segera airnya dan boleh diminum sepuasnya langsung tanpa perlu direbus dulu, kak.
      Ayo datang kesana, kak 😁

      Delete
  78. Dirijen itu bukannya pemimpin orchestra iya om? 😅

    ReplyDelete
  79. Terus bau aromanya dari mana bang???
    Saya penasaran

    ReplyDelete
    Replies
    1. Entah, aku juga ngga oaham sumbernya dari mana.
      Yang jelas di atas sekitar pohon besar disamping pancuran bambu mata air, kak.

      Delete
  80. Dari foto pertama sudah kelihatan kok, Mas.. Hehehe.. aku merasakan ada beberapa di situ.. Wallahu'alam..

    Boleh nih airnya ku jadikan infuse water buat semprot2 wajah.. siapa tau jadi kinclong juga.. wkwkwk

    ReplyDelete
    Replies
    1. Whoaa ..., kelihatan ada di foto pertama ya, kak 😱 ?.
      Keren nih kak Naia bisa ngelihat dari foto.

      Ide bagus dijadiin infuse water itu, kak 🤩.
      Ntar kalau kak Naia datang kesana jangan ketinggalan bawa beberapa galon.

      Delete
  81. Tuk Umbul it´s populated by beautiful and kind fairies.
    they perfume the place & they are my friends ;)
    Greetings dear friend

    ReplyDelete
    Replies
    1. Wow, it could be that this location is inhabited by fairies.
      Looks like you like the fairy world, friend😊.
      Greetings.

      Delete
  82. It sounds like an incredible and magical place, indeed. Be thankful the delicious and healthy water is located there and not in the United States, where I am sure only the rich would be able to benefit from obtaining buckets of it.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Is it rare in the United States to find a location for a spring like this, Teresa?, really i'm both surprised and curious to find out.

      Incidentally, in Magelang Regency, Central Java, there are many locations of springs that can be visited and some are even used for rural-style bathing pools.

      Delete
  83. Interesting composition besides the smell. Interesting place

    ReplyDelete
    Replies
    1. Thank you for your comments on this location, friend.

      Delete
  84. Bagi saya ini adalah ujung dunia yang lain ... Sangat disayangkan bahwa saya berada sangat jauh karena saya ingin mengunjungi tempat ini. Mungkin air ini akan bekerja d

    ReplyDelete
    Replies
    1. Itu benar, jarak antar negara kita sangatlah jauh letaknya dan memerlukan biaya yang tak sedikit untuk datang berlibur.
      Jadi, kita hanya bisa saling melihat melalui blog, Rodzina.

      Delete
  85. Bagi airnya mas Hima, biar ketularan glowing aku :)))

    ReplyDelete
    Replies
    1. Ayoook ...datang kesini, lalu puas-puasin basih wajah dan minum airnya, kak Pipit 😄

      Delete
  86. Berarti orang kampung sana pada awet muda ya mas

    ReplyDelete
    Replies
    1. Bisa jadi iya, mas.
      Asalkan ngga sering stres, sering stres bikin cepet jadi tuwir, wwkkkk 😆

      Delete
  87. Great Post with beautiful pictures,. Water is life but you mentioned in the post water is SUPERP.

    ReplyDelete
    Replies
    1. A big thank you to all your kind comments, friend.

      Delete
  88. Semacam uji nyali juga ke tempat wisata ini. Tapi bagus juga untuk terapi penyakit. Mantap desain blognya

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hehehe , ngga kok, mas.
      Asalkan kita jaga sikap dan tutur kata kita selama disana.
      Terimakasih buat apresiasi tema blog anyar garapan mas Satria Mwb ini 😊🙏

      Delete
  89. Ładne zdjęcia 👌😉
    Pozdrawiam serdecznie

    ReplyDelete
  90. Great blog. Really infomrativ and with great pictures

    ReplyDelete
Emoji
(y)
:)
:(
hihi
:-)
:D
=D
:-d
;(
;-(
@-)
:P
:o
:>)
(o)
:p
(p)
:-s
(m)
8-)
:-t
:-b
b-(
:-#
=p~
x-)
(k)