Skip to main content

Situs Warungboto: Lokasi Foto Prewedding Artistik di Tempat Plesiran Raja

Terselip ada perasaan senang setelah adikku Kristina dan Albert, calon suaminya saat itu memberikan kabar melalui notif whatsapp saat mereka berdua sedang berada dalam perjalanan pulang dari kota Yogyakarta setelah mereka selesai berdiskusi dengan Singgih si fotographer di studio foto Imperial Pictura yang beralamatkan di kota Yogyakarta untuk menentukan jadwal dan lokasi pemotretan prewedding. 

Adikku menceritakan dari beberapa lokasi pemotretan foto prewedding yang diajukan oleh photograper di beberapa pilihan lokasi yang terdapat di Yogyakarta, salah satu dari kedua lokasi yang telah mereka pilih adalah Pesanggrahan Rejawinangun, atau yang lebih dikenal dengan nama Warungboto

Beberapa hari sebelum mereka berdua berdiskusi dengan fotografer, mereka sempat bertukar pikiran denganku kira - kira lokasi wisata mana sajakah di Yogyakarta yang menurutku unik, menarik dan eksotik untuk lokasi foto prewedding. 

Psst, adikku hafal betul gimana aku mengenalnya lokasi - lokasi menarik di Yogyakarta ..., secara mereka tau kalau aku itu adalah tukang keluyuran hahaha 😆.

Dari nama beberapa lokasi candi, lokasi alam eksotis sampai nama lokasi bangunan bersejarah yang hampir memiliki kemiripan bentuk dengan situs cagar budaya Warungboto dan sama - sama merupakan bangunan artistik peninggalan Kasultanan Ngayogyakarta Hadiningrat, situs The Fragrant Garden atau Taman Sari juga ikut kuusulkan saat itu.

Baca juga https://himawansant.blogspot.com/2020/05/magnet-pikat-the-fragrant-garden-taman-sari.html



Akhirnya nama situs Warungboto yang dahulu kala merupakan tempat pesanggrahan atau tempat peristirahatan sekaligus tempat plesiran yang dipergunakan khusus oleh raja Sri Sultan Hamengkubuwana beserta keluarganya, beralamatkan di Jalan Veteran No. 77, Kecamatan Umbulharjo ini telah dipilih oleh mereka berdua sebagai lokasi sesi pemotretan foto prewedding. 


"situs sarungboto: lokasi foto prewedding artistik di tempat plesiran raja"


Aku merasa ikut senang lokasi situs Warungboto yang memiliki kolam pemandian berbentuk unik dan khas bulat sempurna ini dipilih oleh mereka berdua sebagai lokasi pertama pemotretan foto prewedding, itu karena juga jadi nostalgia buatku pernah kesana beberapa bulan sebelumnya.  


Ikut juga aku ke lokasi foto prewedding ?. 
Iya, dong.
Masa ngga 😛. 
Tapi jangan berharap foto diriku terlihat nongol disini ya, hehehe .... 
Sementara waktu aku 'tobat' dulu bernarsis ria, wwwkkk 😅. 
Khusus di artikel ini yang kusertakan adalah foto prewedding adikku, Kristina dan Albert.



Awalnya, sebelum lokasi situs Warungboto dipilih, nama Taman Sari yang hampir serupa bentuk bangunan antar keduanya terdapat lengkungan, jendela, tangga dan adanya terowongan yang tampak artistik dipergunakan untuk berfoto, akan ditentukan sebagai pilihan pertama sebagai lokasi pemotretan foto prewedding.
Tetapi karena alasan kemungkinan terdapatnya keramaian kunjungan wisatawan yang cukup padat di Taman Sari, maka lokasi situs pesanggrahan yang terletak berada di dekat Keraton Ngayogyakarta Hadiningrat itu diurungkan. 

Kedua lokasi bangunan cagar budaya eksotik ini, situs cagar budaya Taman Sari dan Warungboto memang nyaris tak pernah sepi dari kunjungan wisatawan. 


"situs warungboto: lokasi foto prewedding artistik di tempat plesiran raja"


Banyak kaum generasi milenial yang datang untuk berfoto di kedua bangunan yang dirancang dan dibangun oleh Sri Sultan Hamengkubuwana I. 


"situs warungboto: lokasi foto prewedding artistik di tempat plesiran raja"


Situs pesanggrahan Rejawinangun atau kemudian dikenal dengan nama situs Warungboto, perubahan nama mengikuti nama kelurahan lokasi, ini dibangun pada tahun 1711 oleh Sri Sultan Hamengkubuwana I kemudian kisah sejarah pembangunannya juga memiliki kesamaan dengan kisah pembangunan pesanggrahan Taman Sari, pembangunannya dilanjutkan oleh Pangeran Harya Notokusuma Pakualaman yang kelak menjadi Sri Sultan Hamengkubuwana II, menggantikan ayahandanya, Sri Sultan Hamengkubuwana I yang telah wafat. 

Maka tak mengherankan jika kedua lokasi bangunan ini memiliki kemiripan bentuk, demikian juga fungsinya selain sebagai tempat plesiran juga sebagai tempat benteng pertahanan perlindungan diri.


"situs warungboto: lokasi foto prewedding artistik di tempat plesiran raja"


Di situs Warungboto dahulu kala juga terdapat segaran atau danau buatan, taman dan memiliki kolam pemandian, dilengkapi pula dengan lorong - lorong. 

Sama seperti keadaan yang ditemui di Taman Sari, sekitaran situs telah berubah kondisi berganti dengan padatnya perkampungan rumah penduduk. 

Saat ini bangunan yang tersisa adalah bangunan tengah, terdiri dari : dinding pagar berukuran tebal dan menjulang tinggi, bangunan sayap di sisi selatan, bangunan bertingkat di sisi selatan dan kolam yang memiliki desain yang cantik itu.



"situs warungboto: lokasi foto prewedding artistik di tempat plesiran raja"


Memang lokasi situs Warungboto tidaklah seramai kunjungan wisatawan seperti di lokasi situs Taman Sari dikarenakan lokasinya cukup jauh ditempuh dari pusat kota Yogyakarta. 
Tetapi kondisi ini jadi lebih memudahkan ruang gerak lebih leluasa untuk proses pemotretan prewedding. 

Dan penggunaan lokasi untuk kepentingan komersialisasi dan juga untuk kepentingan pemotretan foto prewedding memerlukan perijinan dan beaya khusus. 


"situs warungboto: lokasi foto prewedding artistik di tempat plesiran raja"


Sampai saat ini wisatawan diperkenankan bebas berlibur di Warungboto untuk menikmati sisa kemegahan dan mengagumi keindahan artistiknya tanpa dikenai beaya tiket masuk karena situs cagar budaya yang masuk dalam daftar BPCB DIY atau Balai Pelestarian Cagar Budaya Daerah Istimewa Yogyakarta ini masih dikelola oleh warga sekitar. 

Saat rombongan kami tiba di situs Warungboto benar saja perkiraan kami sebelumnya jika di lokasi telah banyak wisatawan berlibur berada disana. 


"situs warubgboto: lokasi foto prewedding artistik di tempat plesiran raja"


Kristina Eva yang tampak sangat cantik mengenakan gaun hijau tosqa dengan tata rias dan rambut dari team Lina Gunawan bridal house Magelang, dan Albert Gozali dengan tampilan jas warna krem kunyit terlihat tampan ..., keduanya jadi tontonan gratis pengunjung saat pemotretan berlangsung dengan pengarahan dari fotographer dan 4 crewnya. 

Dan aku ? ..., sesekali ikut 'ceriwis' memberikan semangat agar mereka berdua tampil berfoto lebih ekspresif dan sesekali ikut mengusulkan ide gaya berfoto dan juga sesekali ikut menentukan sudut pengambilan gambar ke photographer agar hasil foto tampak terlihat lebih artistik. 
Hahaha ... 😆!.

Maklum kalau soal gaya bergaya di depan kamera, aku tuh paling rempong.  
Wwwkkk, Oops 🤭.



"situs warungboto: lokasi foyo prewedding artistik di tempat plesiran raja"


Sesi pemotretan foto prewedding di situs Warungboto yang diadakan di bulan Juli tahun 2019 silam ini berlangsung dari siang hari hingga menjelang malam, kemudian rombongan kami melanjutkan perjalanan menempuh rute jarak jauh menuju ke lokasi pemotretan kedua yang berada di dekat pantai.



Lokasi :
Situs Warungboto
Jl. Veteran No. 77 
Kelurahan Warungboto, Kecamatan Umbulharjo, Kota Yogyakarta.
Daerah Istimewa Yogyakarta

Comments

  1. Warungboto ini memang arsitekturnya keren abis mas, aku malah blm pernah langsung kesitu. liat2 dari artikel aja termasuk artikel dari mas Himawan ini hehe
    Nnti sekali2 bakal mampir kesini aku :D

    ReplyDelete
    Replies
    1. Oh, belum pernah kesana tow. Kan sebenarnya udah lumayan deket sama domisili mas Aldhie :)

      Delete
  2. gw pernah lihat juga tempat ini di jadikan foto wisuda gitu dulu hahaha, . tempatnya memang atiik banget sih ya, dan mistis kayaknya :D

    ReplyDelete
    Replies
    1. Aslinya ngga kerasa mistis kok, mas.
      Kalo Taman Sari , iya :)

      Delete
    2. oh iya sertinya gw salah tempat, waktu itu gw pernah nonton video di chanel youtube, membahas tempat, satu di warungboto dan satunya lago di goa siluman, nah yang mistis ini yang di goa siluman... tak kirain goa siluman dan warungboto satu tempat yang sama mas hehehe :D

      Delete
    3. Oh, yang dimaksud gua siluman :).
      Dari lokasi ini terpisah jauh jaraknya masih sekitaran 5km, mas.
      Aku pernah punya niatan kesana, penasaran pengin lihat kayak gimana aslinya , tapi rumor mistisnya kuat jadi ngga berani kesana sendirian wwkk :D

      Delete
    4. Ajak mas khanif aja kesana mas, jadinya kan ngga takut soalnya ada temannya.😄

      Delete
    5. 5km ya masih lumyan deket dong haha :D, gw pernah nonton video reviewnya tempat itu memang rada mistis mas, katanya ada siluman putri duyungnya yg di kolamnya

      Delete
    6. boleh juga mas agus, soalnya gw suka tempat yg mistis2 :D, sekalian sama mas agus juga ikut haha

      Delete
  3. Aku ke Taman Sari saja belum, apalagi ke Warungboto. Ilmu per-Yogya-an saya sepertinya memang harus diperdalam. Saya kalau ke Yogya mainnya ke tempat yang itu itu saja. Bolehlah nanti tanya tanya mas Himawan untuk rekomendasi tempat tempat keren di Yogya, kalau saya ada tugas ke sini

    ReplyDelete
    Replies
    1. Ahziyaap aku jadi konsultan ala-ala buat mas Cipu .., hahaha.

      Delete
  4. Ga kebayang kalau danau, taman dan kolam pemandiannya masih ada. Dulu pasti ini tempatnya cantik banget pas saat masih berfungsi ya 😍😍 Sekarang aja masih kerasa banget artistiknya..

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya ya seandainya saja sekarang ini areanya direvitalisasi seperti area dulu lagi, pasti makin keren 🙂

      Delete
  5. Good photos and nice couple.
    Greetings.


    NEW POST IN MY FASHION BLOG: http://www.adrianosle.com/2020/06/simplemente-minimalismo.html

    ReplyDelete
  6. Beautiful temple. And the photos were very romantic.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Thank you so much for your appreciation, Oksana. Greetings from sister & her husband :)

      Delete
  7. Boa tarde meu querido amigo. Obrigado por nos presentear com essa bela imagem.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Olá, boa tarde, querido amigo, Luiz. Obrigado por seus comentários também.

      Delete
  8. A very original place for a wedding photo session. :)

    ReplyDelete
  9. preciosas imagenes , el texto no puedo cambiarlo de idioma , ..Un abarzo

    ReplyDelete
    Replies
    1. Gracias por su apreciación de estas fotos. Lo sentimos, el traductor de Google no cambia el idioma al máximo.

      Delete
  10. Replies
    1. My sister would like to thank you for your opinion of the dress she is wearing 🙏

      Delete
  11. What a gorgeous setting and I do ever so love her dress!

    ReplyDelete
    Replies
    1. Thank you for your opinion, Jax. My sister sends her regards to you.

      Delete
  12. Wah .. apik bagus foto-foto prewedding adiknya.. Kristina dan Albert..👍

    Ini lokasinya di pesanggrahan Rejawinangun atau warungboto yang ternyata adalah tempat peristirahatan dan peninggalan Kasultanan Ngayogyakarta Hadiningrat
    Situs peninggalan warungboto ini unik sekali dan artistik ya dibuat fefotoan prewedding..? 👌

    Tahu aja nich adiknya kalau sang kakak sering kelayapan travelling di lokasi -lokasi bersejarah jadi pasti mau diajak .. dan diminta untuk ikut bantuin acara pemotretan dan menata gaya untuk foto prewdding... hehehe.. 😅

    Makan waktu lama juga ya pemotretan mulai dari pagi sampai tengah malam..

    Tapi hasilnya memuaskan dan sesuai dengan yang diinginkan 👌 🙂

    ReplyDelete
    Replies
    1. Terimakasih apresiasinya, sista Fidy..
      Hahaha begitulah aku .. kalo soal gaya berfoto mendadak aku bisa rempong smangat 45 😄.

      Delete
    2. Sama-sama..
      Iya soal berpose jangan ditanyakan lagi brad Hino ahlinya.. Tapi di sini...di artikel ini jangan harap ada foto penulisnya...
      Karena katanya sich yang punya blog ini sementara waktu lagi " tobat" bernarsis ria dulu. Wkwkwkwk...😂
      Bikin ngakak karena pakai istilah tobat..🤣
      Terus boleh tahu nggak kira-kira "tobat " narsis nya lama nggak ? wkwkwkwk😅


      Delete
    3. Wwkk belum tau nih sampai kapan 'tobat'nya foto diri nongol di blog😅. Mungkin kalo dah kliatan tuwir kali ya, eh 🤭

      Delete
    4. Wkwkwk.... maksudnya di atas itu tobat sementara nggak nongol berfoto begitu? 😅
      Istilah "tobat" bikin ngakak aja... harusnya bukan toba tapi vakum cleaner... eh vakum sementara kali.. .wkwkwk..
      Sampai usia tuwir kapanpun pun boleh kok berfoto ria... nggak dilarang.. yang penting foto-fotonya bagus 👌instagrammable pasti banyak yang ngasih apresiasi positif😀

      Oh ya di lokasi warung boto ini kalau untuk kepentingan syutung iklan atau foto prewdding dikenakan biaya khusus ya?

      Kolam renang nya unik ya berukuran kecil berbentuk bulat.😀

      Delete
    5. Tidak masalah bukan kugunakan istilah tobat, tidak menggunakan kata vakum ?.
      Kugunakan istilah itu tentu saja tujuannya untuk selingan agar pembaca lebih rileks membacanya 🙂.

      Betul, ada perijinan & beaya khusus seperti yang sudah kujelaskan diatas jika dipergunakan bukan untuk berfoto biasa.

      Delete
    6. Ooh nggak ada masalah sama sekali kok... nggak menggunakan kata vakum tapi gunain kata tobat.. santai saja.. nggak perlu tersinggung.. aku kan hanya becanda aja..
      gaya komenku memang begitu
      hehehe

      Delete
    7. Ahziyaap .., lebih baik tuh tersungging senyuman daripada tersinggung 😁.
      Repot kalo dikit-dikit bawaannya kesinggungan ntar malah menghambat kemajuan.
      Benuk, eh# betul kan 😄 ?

      Delete
    8. Betul....kalau ada komen becandaan jangan dianggap terlalu serius..
      Dibawa becanda balik aja...
      Ketawa ketiwi
      Biar nggak ada beban lebih nyantai lebih berwarna 😀

      Delete
    9. Lagipula tidak ada yang menganggap serius dan aku tidak merasa tersinggung tuh.
      Malah sedikit heran ya kok tiba-tiba disebut ngga perlu tersinggung.
      Pertanyaan yang kuajukan penggunaan antara kata tobat dan vakum itu tujuannya sebenarnya sama saja, hanya sebagai ramuan selingan bacaan.

      Delete
    10. Om Hino rada jutek .. wkwkwkwk... kabur..🏃‍♀️🏃‍♀️🏃‍♀️

      Delete
    11. Rob..saya mencium arrohmah : " Perang Dingin " Disini.haha.

      Udah.Damai ajah.hahaha.....

      # maaf bercanda

      Delete
  13. Hi:
    It´s a beatyfull place and couple^^
    Besos desde España- País Vasco

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hola, gracias por tu comentario, amigo. Saludos a ustedes en España de parte mía en Indonesia.

      Delete
  14. Selalu menampilkan tempat-tempat yang indah dan membuat saya kagum.. Keren keren....

    ReplyDelete
  15. Ternyata Pesanggrahan Rejawinangun sudah lama sekali ya 300 tahun ,pantesan tempatnya klasik, cocok sekali untuk prewedding yang hobi bangunan klasik.

    Coba kenapa namanya menjadi Warungboto ya, padahal kalo Rejawinangun kesannya bagus, kayak ningrat gitu.

    Ternyata prewedding nya bulan Juli 2019 ya, pantesan rame, kirain sekarang lagi ada covid 19.😂

    ReplyDelete
    Replies
    1. Nah, sepikiran kita mas.
      Sebenarnya aku juga lebih sreg nama bangunanya tetap gunain nama aslinya.
      Kedengeran lebih berwibawa.

      Delete
    2. Terus sejarahnya bagaimana ya kok bisa pakai nama Warungboto, apa mungkin Warungboto itu nama daerahnya kali ya? Kecamatan atau desa gitu

      Delete
    3. Perubahan nama lokasi keterangannya ada di atas, mas Agus :)

      Delete
  16. Grazie dela visita, saluti da Trieste - Italia. Belle immagini ma non comprendo cosa scrivi purtroppo e non trovo il traduttore Google. Se non mi avessi scritto in italiano userei l'inglese. Buona giornata e auguri per tutto - felicità.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Ciao, grazie per i saluti da Trieste Italia. Saluti da me in Indonesia. In realtà il mio blog è già dotato di un traduttore di lingua, amico.

      Delete
  17. beautiful place - perfect for photos, not just wedding photos 😍
    greetings
    Lili

    ReplyDelete
    Replies
    1. That's right, Lili. This location is not only beautiful for wedding photo locations, but also for personal photos 🙂

      Delete
  18. Congrats for your sister and her husband to be :-) This place is very magical and pictures stunning xx

    ReplyDelete
    Replies
    1. Thank you, Carolyna. My sister and her husband say hello to you. Yes, this historic location is unique for taking photos.

      Delete
  19. Fajne miejsce na sesje zdjęciową. Piękną sukienkę ma modelka na tych zdjęciach :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. Dziękuję za uznanie, Martyna. Moja siostra chciałaby również podziękować i przywitać się z tobą.

      Delete
  20. A beautiful story of the place.

    ReplyDelete
  21. A lovely location for wedding photos!

    Indah sangat!

    ReplyDelete
    Replies
    1. Thank you for your appreciation, Veronica Lee. Hopefully one day you will also have the opportunity to visit the location.

      Delete
  22. A bit dreary looking place for a wedding photo session, but I like how the background matches the groom's jacket :) Women over there don't wear white for wedding?

    ReplyDelete
    Replies
    1. This location is widely used for photographs because of the unique shape of the building, Dezmond.
      In Indonesia for photo prewedding women do not use wedding dresses. The wedding dress is only used for the reception process.

      Delete
  23. Halo Mas Himawan! Aku datang. Hehe.

    BTW ini informatif banget mas, aku baru dengen ini situs. Karena kalau ke jogja ya taunya yang mainstream-mainstream. Semoga bahagia selalu buah Kak Kristina dan Kak Albert . Ikut bahagia kalau lihat foto-foto weding seperti ini :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. Halo juga kak Ajeng yang agak lama ngilang, eh# .. hehehe.

      Yuk dinoted alamat lokasi ini, kak. Ntar ke Yogya datang sekalian kesana.
      Terimakasih doanya, kak.
      Adikku & suaminya titip salam untuk kak Ajeng.

      Delete
  24. baru tahu ada situs ini, selama ini tahunya taman sari doang yg model2 begini, ternyata ada juga tempat lain yg tak seramai taman sari .. tapi jangan2 ke depannya situs ini bakal rame bgt juga nih :D

    -traveler paruh waktu

    ReplyDelete
    Replies
    1. Bisa jadi iya nantinya lokasi 'kembarannya' Taman Sari ini ikutan tambah rame dikunjungi wisatawan.
      Apalagi kalau bukan buat ..hunting lokasi foto untuk instagram :)

      Delete
  25. pasti hasil fotonya estetik cantik. biasanya foto di tempat tempat historical kayak gini ini apikkk, apalagi kalo si fotografer pinter ambil angle nya
    kalo di jogya banyak banget tempat tempat peninggalan sejarah kayak gini, bisa pilih konsep foto yang dipingini. di jember wahhh dimana ya, ngga ada kayaknya

    ReplyDelete
    Replies
    1. Ya, kak hasil editing fotonya tampak lokasi jadi lebih apik.
      Kalau di Jember yang membanggakan karnavalnya ya, kak... Nama JFS sudah mendunia.

      Delete
  26. Oh wow, did you take these photos? They are great. I am a photographer but more of a hobby. I shoot street style and sometime front and back of house at FW. Great photos!

    Allie of
    www.allienyc.com

    ReplyDelete
    Replies
    1. It's nice to know you like the art of photography, hopefully your hobbies continue to become a profession. Yes, I took this picture. While the prewedding photo shoot was carried out by the studio photographer. Thank you for your appreciation, Allie

      Delete
  27. Replies
    1. Have a nice day also, Weronika :).
      Thanks a lots for your appreciation.

      Delete
  28. Replies
    1. Thank you so much, friend.
      Stay safe also and have a nice days :)

      Delete
  29. Replies
    1. Oh, muito obrigado pela sua apreciação, Erika 🙏

      Delete
  30. Saya pernah dengar Warungboto tapi belum pernah ke sana, mas :D hehehe. Dulu sempat dengarnya karena viral gara-gara siapa gitu prewed di sana. Anak presiden yang cewek deh kalau nggak salah, lupa-lupa ingat ahahahaha :))

    By the way, setiap kali melihat area pemandian jaman baheula, yang ada dibayangan saya itu cerita rakyat 7 bidadari yang salah satu bidadarinya kehilangan selendang saat mandi di sebuah pemandian, terus harus bertahan di bumi sedangkan para saudarinya kembali ke khayangan :)))) duh lupa apa nama cerita rakyatnya, Jaka Tarub apa ya? Hehehe.

    Ps: foto-foto prewed adiknya mas Him bagus-bagus, semoga langgeng ya untuk adik-adiknya mas Him hingga akhir hayat :>

    ReplyDelete
    Replies
    1. Betul lokasinya pernah juga dipakai buat foto prewedding anaknya pak Jokowi.

      Hahaha .. lihat pemandian kuno jadi auto kebayang kisah Jaka Tarub ya, kak :D.
      Kisah legenda itu lokasinya di air terjun di Magelang, bukan di kolam pemandian kok.

      Terimakasih doa dari kak Eno buat adikku & suaminya.

      Delete
  31. Thank you for your appreciation, friend. Actually my blog has been equipped with language translators, sorry if the language translator application does not work optimally.

    ReplyDelete
  32. Muy bonito tu blog, me quedo por aquí, saludos desde España.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Gracias por tu cumplido sobre mi blog, mi nuevo amigo José María en España. Yo también te seguiré. Un saludo desde Indonesia.

      Delete
  33. Hermosas imágenes mi amigo.

    Besitos dulces
    Siby

    ReplyDelete
    Replies
    1. Muchas gracias por tu opinión, mi amiga Siby. Saludos de amistad.

      Delete
  34. Bom dia
    Obrigada pelo comentário no meu blog, gostei muito. Linda postagem. Abraços.

    ReplyDelete
    Replies
    1. De nada amigo Lucinalva. Obrigado pela apreciação que você deu por este artigo. Abraço de saudações

      Delete
  35. WOW, your sister and her husband are such a beautiful couple!!
    And that temple is so picturesque...you live in a really beautiful part of the world. I would love to see it someday!😊😊

    Have a great day, and stay safe my friend 👍

    ReplyDelete
    Replies
    1. Thank you very much for your appreciation ,my good friend Ygraine. My sister and her husband also say many thanks and they send their regards to you. I believe your wish to take a vacation to my country will be granted, amen.

      Have a great day also and stay safe 👍

      Delete
  36. Wahhh ga sabar menantikan pemotretan yang sesi pantai mas..

    Btw aku pikir tadinya ini taman sari loh mas, soale desaine mirip ama postingan dirimu yang ngulas taman sari, ternyata beda lokasi, alias ini warungboto...

    Menarik banget, dan pastinya selalu informatif ngasih info kepada pembaca khususnya buat yang mau prewed di lokasi yang ada nuansa bangunan sejarahnya di area Yogjakarta

    Tapi memang kalau posenya di background dinding kayak di lokasi warungboto ini jatuhnya emang cakep sih mas, maksudnya jadi dapet banget pas nyorot arsitektur bangunannya itu. Terlihat elegant..cocok buat foto couple yang ada konsepnya.

    Paling tinggal ditambahin lagi mas mengenai informasinya budget prewed di sini kira-kira berapa, kan barangkali ada pembaca yang nyari tau tentang biaya pas prewed di sini itu kisarannya berapa, soale teman2ku juga banyak yang tinggal di jogja, kali kan ada yang mau prewed juga di sini hehe

    ReplyDelete
    Replies
    1. Pertama2 kuucapin maturnuwun buat apresiasinya kak Embul.
      Betul, bentuk fisik bangunannya nyaris mirip dengan Taman Sari.
      Yang paling kentara perbedaannya terletak di bentuk kolam pemandiannya.

      Karena terlanjur posting, beaya perijinan penggunaan lokasi untuk pemotretan prewedding kusebutkan di komentar saja ngga apa-apa, ya.
      Beaya perijinannya waktu itu 300K.
      Semoga infonya bermanfaat.

      Delete
  37. Muito lindas as fotos e lugar! Gostei! abraços, chica

    ReplyDelete
    Replies
    1. Obrigado por sua apreciação, Chica. Saudações me abraçam na Indonésia.

      Delete
  38. NIce info. Ini foto prewed sebelum pandemi covid-19 ya atau justru saat pandemi ini? Gedungnya bersejarah, artistik, dan terjaga kebersihannya

    ReplyDelete
    Replies
    1. Terimakasih, mas Vicky.
      Keterangan pelaksanaan foto prewed ada diatas kok, mas.

      Delete
  39. Si amigo, Yonosoy. Estoy de acuerdo con tu opinión.

    ReplyDelete
  40. Qué fotos tan hermosas!!!
    Mis mejores deseos para ellos.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Te dicen muchas gracias y mis mejores deseos, Toro.

      Delete
  41. Grazie per la tua visita, a presto!

    ReplyDelete
  42. Wow! This blue? (or maybe is a green, I am not sure) look amazing!

    ReplyDelete
    Replies
    1. Oh, big thanks Claudia.
      The color of my sister's dress is turquoise.

      Delete
  43. Magical and beautifull! :)

    ReplyDelete
  44. It's unusually pretty out there. 💚🤍💙💛🤎🧡💜💗🖤

    ReplyDelete
  45. Replies
    1. Surprise reading your comments. Thank you, Dollka 🙏

      Delete
  46. Great place for a photo session. The young couple looks great. Very nice Krystina dress.
    Greetings.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Thank you, Mi'raj. They leave greetings for you. We wish you a happy day.

      Delete
  47. Lovely place! Perfect for a romantic photo session. Your sister looks so beautiful! The dress is impressive!

    ReplyDelete
    Replies
    1. We say many thanks for your appreciation, Rodzinatestuje 🙏.

      Delete
  48. Replies
    1. Thank you so much, friend.
      My sister sends her regards to you.

      Delete
  49. Ahhh jogja.. I fell in love with this city at the very first glance... kenapa yah? Juni awal lagi terjebak banget di perasaan nostalgia nginget betapa senangnya kuliah di perantauan dlu... ehh blog sampean kok isinya tempat2 yg pernah dijamah sama saya sewaktu di Jogja.. bikin kangen karena dlu masih ketawa ketiwi gila bareng temen2... hahaha

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya ya suasana Jogja itu ngangenin. Aku juga heran suasananya bisa pengin kesana lagi & lagi :D.
      Oh iya tow .., mungkin aku diutus datang ke lokasi yang pernah sampeyan datengin biar mas Bayu kesana lagi wwkkkk :D

      Delete
    2. Harusnya lebaran kemarin bisa dpet kesempatan melipir ke jogja sekalian lebaran sama temen2 kuliah.. Ehhhh corona.. Ya Ampun nasib2. Padahal udh saya rencanain dari bulan september 2019 yg lalu..

      Delete
  50. çok güzel bir yer fotoğraflar da harika :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. Çok teşekkürler arkadaşım Esra Türkiye'de 🙏

      Delete
  51. Yah kenapa lg tobat narsis mas? Kan mumpung lg ke sana. Ahahaa
    Btw kmrin ga sempet mampir ke situs ini karena wktnya mepet bgt sm jdwal kereta pulang. Huhu
    Tenyata bagus bgt buat prewed yaaa. Btw smga adeknya lancar2 segala urusannya yaa. Aammin

    ReplyDelete
    Replies
    1. Wwkk soalnya dulu udah pernah puas fefotoan narsis di situs Warungboto, kak :D.
      Sayang ya kak Ella jauh2 dari Banjarnegara ngga kekejar waktunya buat datang ke lokasi ini sekalian.
      Amin, terimakasih buat doanya kak Ella.

      Delete
  52. Beautiful temple.
    I love romantic photos.
    Kisses!

    galerafashion.com

    ReplyDelete
    Replies
    1. Thank you, Adriana.
      Hopefully inspire :).
      Greetings.

      Delete
  53. How lucky for your sister that you are a wanderer and could suggest the best pre-wedding locations for a photo shoot. She looks lovely in her green dress. I am sure the professional photos turned out really beautiful!

    ReplyDelete
    Replies
    1. Wow, I'm honored, Theresa. I thank you and really appreciate your appreciation. My sister sends her best regards and thanks to you. Have a good day.

      Delete
  54. Lama juga ya penggambaran foto pra-perkahwinan diambil.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Untuk hasil foto terbaik proses pemotretan tidak bisa dilakukan dengan waktu cepat, kak.

      Delete
  55. very beautiful photos, have a nice day
    http://www.mosaictrends.com/

    ReplyDelete
    Replies
    1. Thank you very much for your appreciation, friend.
      Have a nice day also :)

      Delete
  56. Saya sering banget liat foto prawedding dengan latar belakang tempat ini, emang keren-keren sih ya viewnya.
    Arsitekturnya klasik.

    Nggak heran jadi salah satu tempat yang paling disukai orang-orang buat prewed.
    Dan saya jadi pengen ikutan pasca wedding di sono deh hahaha.

    Adiknya juga syantiek amat tuh.
    Makin cucok dengan view yang keren juga :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hahaha .. Aku dukung keinginan pemotretan pascawedding disana, kak Rey.
      Ntar bakalan jadi new trendsetter buat banyak pasangan yang lain :D

      Delete
  57. A wonderful pre-wedding photo shoot outing. Congrats to the lovely couple. Happy weekend.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Happy weekend also, Nancy. Thank you do much for all.

      Delete
  58. Lovely photos. :-)

    Greetings from London.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Thank you friends in London. Greetings back from Indonesia for you.

      Delete
  59. Replies
    1. Thank you so much for your appreciation, Jenovia.

      Delete
  60. Hello, what a lovely couple, beautiful photos. Enjoy your day, have a happy weekend!

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hello also, Eileen. Thanks a lot. Have a nice weekend :)

      Delete
  61. I really like dress on bride ;) This colour is amazing ;)
    Have a nice day ;)

    ReplyDelete
    Replies
    1. Big thanks for your opinion regarding the dress my sister is wearing. They both send greetings to you.
      Have a nice day also, Jagglam :)

      Delete
  62. Beautiful photos, thanks for sharing.
    Have a nice day!

    ReplyDelete
    Replies
    1. Your welcome, Burke.
      I also thank you for visiting here. Have a good day.

      Delete
  63. Great photos and gorgeous bride. :-D

    I had noticed the translator doesn't work anymore :-|

    ReplyDelete
    Replies
    1. Big thanks, Ananka.
      For some reason, I also don't understand why google translator can't function properly and I'm confused about how to handle it. Sorry for the inconvenience this.

      Delete
  64. Cewek-cewek di keluarganya mas Himawan ini cantik-cantik semua, ya. Jadi kepo, orang tuanya dulu pada makan apa kok bisa bikin anak yang cantik-cantik begitu.😍

    Ngomong-ngomong, kalau ada prawedding gini gak cuma bikin tontonan gratis aja, Mas Him. Bikin baper juga. Aku ingat dulu waktu SMA study tour ke Bali ada yang foto prewedding di salah satu tempat wisata yang kami kunjungi. Dan itu sukses buat aku baper. "Kok enak ya, bisa foto prewedding. Kalaupun aku foto prewedding juga sama siapa. Lha wong pacar aja gak punya." Maklum, dulu aku termasuk dalam golongan jomblo ngenes, mas. Suka sama orang, tapi orang yang aku suka gak suka sama aku.😭

    ReplyDelete
    Replies
    1. Namanya cewek pasti cantik, kak hehehe ..., kak Roem juga cantik 🙂

      Hahaa ...waktu itu Jo-Nes ya, kak ... 😅
      Sekarang dah ngga lagi.
      Statusnya dah ganti jadi Is-Can

      Delete
  65. keren lokasinya…..keren pula foto foto pre-weddingnya.
    Mantap

    ReplyDelete
  66. Saya menemukan ini tempat yang indah untuk membuat laporan pernikahan!
    Pelukan besar dari Spanyol dan selamat berakhir pekan :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. Salam peluk kembali, Gumer.
      Terimakasih banyak apresiasi dari anda.
      Selamat berakhir pekan :)

      Delete
  67. Beautiful pictures. Congratulations! Thank you very much for visiting my blog.

    ReplyDelete
  68. Olá meu amigo, tudo bem? Que lugar maravilhoso, achei as fotos lindas demais, o ensaio deve ter ficado sensacional. Dê os parabéns a sua irmã pelo casamento.
    Um abraço!

    ReplyDelete
    Replies
    1. Olá também meu amigo, Alecio. Estou indo bem, espero que você esteja bem lá também. Minha irmã e seu marido agradecem a você. Eles confiam saudações de volta para você. Tenha um bom fim de semana, amigo

      Delete
  69. Amei as fotos!

    juliamodelodemodelo.blogspot.com
    instagram.com/juliamodelodemodelo

    ReplyDelete
  70. The place that you guys chose looks very rustic and beautiful! I am very sure that the photos will be processed so so beautifully and the bride and groom would enjoy it so much and treasure them as golden memories!

    ReplyDelete
    Replies
    1. That's what you said, Stevenson. After the photo editing process the results are satisfying and happy because it became their golden memories. Thank you very much your appreciation, my friend.

      Delete
  71. Language is definitely a barrier here but I enjoyed the photos . Thanks for stopping by my blog to say hello and leave a comment. Take care.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Please forgive the inconvenience of the language translator not functioning properly. I also thank you for your visiting and commenting. Regards

      Delete
  72. dibandingkan dengan tamansari, warung boto cenderung lebih sepi jadi lebih leluasa buat preeweding

    terus habis itu makan di SS jalan veteran
    hmm maknyus

    (jadi kuliner gimana ini wkww)

    ReplyDelete
    Replies
    1. Wwkkk itu pasti pas nulis komentar, perut udah bunyi ngasi signal :D

      Delete
  73. Beautiful photos very romantic.

    ReplyDelete
  74. Oh, very beautiful! Excellent and original photos
    http://www.recklessdiary.ru

    ReplyDelete
  75. I love the dress. Beautiful :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. My sister would like to thank you for your appreciation. Greetings from us, Karolina.

      Delete
  76. Molto belle e particolari queste fotografie.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Merci beaucoup pour votre avis, mon ami en France. Salutations de notre part en Indonésie.

      Delete
  77. Anjaaaayyyyy keren banget, Jarang2 photo Fraweding ditempat sejarah lho mas. Dan kesannya seperti berada dialam nirwana...wwuuuhheeee!!..🤣🤣


    Dan ternyata situs Warung Broto hampir sama seperti
    Garden Taman Sari yang belum lama mas hino posting.😊😊

    Dan saya juga baru tahu kalau situs Warung Broto dulunya tempat peristirahatan raja Sri Sultan Hamengkubuwono.😊😊

    Dan saya ngebayangin berphoto ria disana dengan memakai kostum pendekar mungkin mantap kali yaaa!...Seolah berada di zaman dunia pendekar atau kerajaan .... 🤣🤣😋🤣

    ReplyDelete
    Replies
    1. Ayok kapan ada waktu bikin foto pakai kostum pendekar disana maas ... wwkkk 😅. ..
      Jangan ketinggalan bawa bawa kuda poninya yaa

      Delete
  78. Thank you for your visit and very kind comment, much appreciated. The wedding photos are beautiful and your sister is very beautiful. Have a good day, Diane

    ReplyDelete
    Replies
    1. Your welcome, Diane. Big thanks for your appreciation. My sister send regard to you. Have a great days.

      Delete
  79. Beautiful photos of the wedding. Is it possible you place a translate gadget on your blog ? Have a nice weekend. Greetings Caroline

    ReplyDelete
  80. Oh so amazing photos darling
    Thanks for share with us
    xx

    ReplyDelete
  81. okey haha saya tidak melihat mas himawan di artikel ini. semoga lancar mas wedding adiknya nanti.

    ReplyDelete
  82. Gracias por compartir tan artísticas y creativas imágenes, en las que ayuda mucho en el resalte de la pareja (imagino que de recién casados) ese original escenario de tonos grises.
    Y siento no haber podido leer el texto de tu entrada, ya que google no ha hecho la traducción.
    Un saludo, desde Sevilla.

    ReplyDelete
  83. Hermoso marco fotografico;: sin dudas un lugar con historia.
    Y la imagenes se ven muy bien!!
    Un abrazo Himawan!! 😊

    ReplyDelete
  84. Deket rumah saya nih :D wgwgw

    sekarang sudah buka bellom ya, mau motret di sana ih :D

    ReplyDelete

  85. Adikmu memiliki selera yang baik, dia memilih tempat yang indah untuk sesi! Mereka terlihat seperti fenomena!

    ReplyDelete
  86. salam saudaraku himawant, moga sentiasa beroleh kesihatan yang baik..
    wah sangat menarik foto-fotonya. . harap saya juga dapat ke sana suatu hari nanti..

    ReplyDelete
  87. kirain sudah ada yang baru…
    # Selamat menikmati sarapan

    ReplyDelete
  88. Wah, saya bolak-balik ke Yogyakarta malahan nggak tahu ada situs Warungboto. Jadi penasaran, nih. Ternyata bangunan cagar budaya juga ya. Apa karena agak keluar kota jadi saya nggak tahu ada tempat ini ...

    ReplyDelete
  89. Busyet! Kok banyak banget tempat yang keren di ekspose oleh situs ini

    Terutama tempat ini membuat saya berfikir mau menikah lagi 😁

    ReplyDelete
  90. Very classical backdrop for wedding shots. I like the black and white contrast with the bridal couple. GOOD shots

    ReplyDelete
  91. keren bgt mas tempat nya hehe 😁 hasio foto nyanjuganoke banget lgi

    ReplyDelete
  92. Belum pernah ke sini sih. Tapi udah sering denger ulasannya. Mungkin karena situs sejarah ini pernah juga dipakai oleh anaknya Pak Jokowi buat foto prewedding juga. Jadi lumayan keangkat pamornya. Makanya jadi ramai juga.

    Kalau dikelola dengan lebih baik lagi, bisa-bisa ramainya macam Taman Sari lho ini. Hehehe 😅

    ReplyDelete
  93. Two beautiful people beautifully photographed in a lovely location.

    ReplyDelete
  94. Beautiful wedding photography. The temple is such a great location. Happy wedding and congrats to your sister and her husband. They both look amazing.

    ReplyDelete

Post a Comment

Popular posts from this blog

Intip Begini Instagenicnya Warung Layar Sentuh 2.0 Magelang

Ketika awal pertamakali dibuka pada 31 Desember 2020 silam, nama Warung Layar Sentuh 2.0 saat itu mendadak hits ramai dibicarakan oleh banyak kalangan dan para milenials kawula muda sebagai pilihan baru lokasi nongki  [nongkrong kekinian] yang ada di Magelang. Bukan saja karena namanya terkesan unik, layar sentuh dan namanya terkesan sedikit berbeda dengan nama-nama kafe lain pada umumnya karena adanya penambahan bilangan angka 2.0 dibelakangnya, tetapi kafe, tepatnya Warung Layar Sentuh ini berkonsep bersantap hidangan berada di tengah hamparan perkebunan ladang tebu dan persawahan bernuansa alam pedesaan dikitari oleh indahnya pemandangan gunung yang mengelilinginya.  Area luasnya terbagi dua pilihan  indoor  dan  outdoor  berdinding kaca tempat makan Warung Layar Sentuh 2.0 yang buka setiap harinya mulai dari jam 07. 00 pagi hingga mendekati tengah malam jam 23. 00 tersebut dilengkapi dengan dekorasi cantik dan penataan ruang bergaya vintage  dan bohemian  yang tampak instagenic ,

Pengalaman Mistis di Mata Air Tuk Umbul Windusari

Boleh percaya atau tidak, ada pengalaman mistis aku temui saat berada di lokasi mata air Tuk Umbul Windusari, tapi ini aku kembalikan ke pembaca untuk mempercayainya atau tidak ceritaku.  Dan yang pasti tujuanku menceritakan pengalaman gaib yang kutemui di Tuk Umbul Windusari bukan bertujuan untuk mencari sensasi, sama sekali tidak ada maksud dan tujuan demikian.  Tujuanku untuk sekedar mengingatkan ke pembaca, dimanapun lokasi yang kita kunjungi sewajibnya memberikan salam dan permisi terlebih dahulu kepada penghuni dari dimensi lain sebelum memasuki lokasi. Demikian juga seperti yang telah kulakukan saat aku tiba di Tuk Umbul. Kata salam dan permisi cukup kuucapkan di dalam hati.  Nama Tuk Umbul dari bahasa Jawa, Tuk : mata air  dan Umbul  : dari kata mumbul, menyembul atau memancar keluar. Cerita bermula saat aku  melangkah mendekat ke letak mata air Tuk Umbul  tiba-tiba kepekaan bawaan indra keenamku memberikan signal  jika lokasi ini ada 'penunggunya'.  Aroma wangi semerb

Kampung Ulam Ngrajek - Tempat Makan Bernuansa Etnik Jawa

Kalian bingung memilih tempat makan selepas jalan - jalan mengelilingi kawasan wisata candi Borobudur, atau juga bingung menentukan tempat makan berkonsep tematik buat dijadikan lokasi ngumpul asyik bareng teman - teman, dan juga tentu saja lokasinya keren untuk fefotoan ?.  Kampung Ulam Ngrajek tempat makan dengan suasana tradional Jawa Tengah yang unik dan artsy  yang kudatangi ini mungkin nantinya bisa juga jadi rekomendasi tujuan liburan untuk kalian.  Mengusung tema tradisional dan artistik, Kampung Ulam Ngrajek dengan luas areanya terdiri dari tiga bangunan Limasan berukuran besar berhiaskan beberapa lampu gantung antik terlihat mewah, dan terdapat tiga bangunan Joglo rumah tradional Jawa tempo dulu yang mengingatkanku tentang suasana pedesaan tempat rumah nenek buyutku dulu tinggal.  Terletak berada di tepi jalan dan dikitari oleh hamparan lahan persawahan, udara disana tetap terasa sejuk meskipun keseluruhan ruang Limasan dan Joglo di Kampung Ulam Ngrajek tidak ber-AC karena se