Panguman Kali Serayu Kolam Rendam Belerang Layaknya Onsen

Halo, para pembaca budiman yang baik, ngga kenal istilah kata sombong dan mungkin juga pandai menabung , eh🤭# di blogku yang sederhana ini dibacain, yuk , apa kabar nih kalian semuanya ? ..., mana suaranyaaaaaa ..., coba angkat jari telunjuk tinggi-tinggi, yuk ...., cuuung !, he he he 😁.

Ngga apa- apa ya, guys kalau di pos kali ini gaya tulisan dibuat berbeda dari biasanya ..., kubuat kesannya lebih bebas, rame dan gokilnya membuncah keluaaar ... [Ceileeeh membuncah segala ..., keluar kemana, sih ? ..., ke hatimu gitu maksudku ..., hahaha #lol], pokoke ngga kayak di postingan-postingan sebelumnya yang kesan tulisanku rada resmi banget begitu tuh, juga kelihatan aku hati-hati bangets nulis nyusun kalimat per kalimat ..., itu semua karena ..  , hahaha ...,hadeuuh ..., gegara lagi belajar tehnik seo-an, guyyyys ..., Wwkkkk. Berusaha biar setiap publish postingan bisa nangkring di pej wan gitu ceritanya 😂. 

Wis pokoke pos kali ini gaya tulisanku tentang liburanku ke pemandian air hangat di Wonosobo Panguman Kali Serayu kubuat berbeda saja, sementara ini abaikan dulu saja, akh tehnik seo-seoan  yang jujur terkadang malah bikin mumets kepala barbie dan tata bahasanya jadi kaku. Ya ngga sih 🤭?. 


"panguman kali serayu kolam rendam belerang layaknya onsen"


Ada sih beberapa artikelku yang berhasil bisa nangkring di pej wan ..., tentunya itu ngga bisa dipungkiri bikin hatiku jadi seneng, bikin happy gitu ..., tapi ada juga loh, banyak malah postinganku lainnya bernasib 'hulala so sad' nyungsep entah bertengger ada di halaman pencarian ke berapa, wwkkkk. 

Wooiii ..., ini lagi ngebahas tehnik seo atau lagi cerita tentang liburan, seeeh .., kok malah story curhat postingan nangkring syantik di halaman kampung, eh# salah halaman pertama segalaa begitu, ya *toyor pala*  ヾ(˙❥˙)ノ .


Pos kali ini lokasinya hampir mirip di pos sebelumnya ..., sama-sama aku liburan berada di lokasi kolam pemandian air panas alami, guys ..., dan pssstt ..., tau ngga kalau air di Panguman Kali Serayu pemandian air hangat di Wonosobo ini airnya kerasa lebih hoooot ..., loh ..., dan tentu saja lokasinya berbeda sama yang lokasi kudatengin kemarin di Magelang, say  ... . 


Baca juga: Candi Umbul Pemandian Air Hangat


Dan tentu juga di pos ini [lagi-lagi] ada fotoku beradegan 'buka-bukaan' lagi  ..., ya dong kalau ngga 'buka-bukaan' ya kan ngga asik aaakh .., ngga rame, ngga matching sama lokasi postingannya. Egh*, 'buka-bukaan' nya ya tapi ngga full vulgar- vulgar amat, sih 🤭 ... ,ntar kalo diriku berfoto vulgar abis ..., waduh wadidaw bakalan kena sensor abis sama raksasa gugel, deeeh ..., hahaha 🤣. 

Jadi ceritanya, aku tuh ngga sengaja menemukan lokasi keberadaan pemandian air panas belerang alami Panguman Kali Serayu pemandian air hangat di Wonosobo ini, guys. 


"panguman kali serayu kolam rendam belerang layaknya onsen"


Bermula dari suatu kebetulan saat aku ada keperluan berada di kota Wonosobo, tetiba saja muncul di pikiran dan keinginan dalam hati seandainya aku bisa berendam di air panas belerang di lokasi yang sama sekali baru buatku, atau belum pernah kudatengin sebelumnya selain di beberapa lokasi pemandian air panas lainnya yang terdapat di Wonosobo  ..., wah nyaman juga nih rasanya buat ngilangin pegel-pegel juga ngangetin tubuh dari terpaan udara sejuk cenderung dingin kota Wonosobo ... . 

Eh, benar apa kata orang, jika lagi mujur maka kesempatan baik datang dengan sendirinya, he he he ..., tau-tau saja pertanyaan isengku ke salah satu penjaja kios kuliner di tepi jalan tentang lokasi keberadaan pemandian air panas  di Wonosobo yang tak berbayar alias gratisan itu ada dimana  [huuuuu ..., tepuk tangan sorak penuh bully-an seketika membahana, hahaha ... maunya gratisan mulu !, #lol] bersambut, cuy ..., ketemulah keberadaan lokasi Panguman Kali Serayu ini 😍. 

Awalnya aku sempat keheranan, loh mendengar kata Panguman dari si penjaja kios .., kirain aku tuh kupingku sudah salah denger, soalnya kok rada-rada mirip dengan kata Pengumuman, ha ha ha ..., setelah aku bertanya ulang Panguman atau Pengumuman, barulah aku yakin kalau kupingku ngga mengalami gangguan pendengaran 🙉. 

Ya namanya juga beda daerah, istilah dari satu arti kata suatu hal bisa berbeda penyebutan, tull ngga ...., so, ternyata  arti kata Panguman itu merupakan dari kata amum yang artinya berendam, istilah dari warga Desa Kalibeber di Kabupaten Wonosobo ini, guys 😊. 


"panguman kali serayu kolam rendam belerang layaknya onsen"


Lokasi Panguman Kali Serayu yang punya view ketjeh dan menarik seperti layaknya kolam onsen di Jepang ini kutempuh dari pusat kota Wonosobo menuju ke arah Jalan Dieng - Jawar kemudian kulanjutkan mengambil jalan arah ke Kalibeber.

Keberadaan lokasi pemandian air panas alami belerang Panguman Kali Serayu ini yang benar- benar dapat digunakan khusus secara gratis .., tis ..., tis tanpa dikenai beaya oleh para lelaki ini berada di pelosok desa di Kabupaten Wonosobo dan lokasinya tepat ada di ..., tepi aliran besar Kali Serayu, guys. Seru, kan ..., sambil berendam bisa sekalian mandangin aliran kali yang dipenuhi oleh banyaknya bebatuan berukuran cukup besar dan hijaunya pepohohan disekitarannya.

Eiiiits, tunggu ..., itu kusebutkan diatas kolam pemandian air panas Kali Serayu hanya dipergunakan khusus untuk para lelaki saja ? ..., jawabannya yes sodara-sodara ...., hanya untuk digunakan oleh kaum pria 😁. Kaum wanita cukup 'mengintip' gambar lokasinya dari pos ku ini, ya 😄. Alasannya karena Panguman Kali Serayu terletak berada di ruang terbuka dan letak posisinya yang berada di dataran yang lebih rendah dari sekitarnya dapat terlihat cukup jelas dari atas dari jembatan besar penghubung desa.

Namanya juga Panguman Kali Serayu bukanlah salah satu lokasi pemandian air hangat yang ada di Wonosobo yang memang sengaja atau telah dipersiapkan sebagai tujuan untuk lokasi wisata, fasilitas yang ada disana pun minim, malah bisa dibilang nyaris tak ada fasilitas umum apapun. Misalnya saja nih buat para lelaki berganti celana setelah digunakan buat berendam, ya tinggal celana dilepas dipelorotin begitu saja di pinggir bebatuan besar tanpa adanya ruang penghalang ..., , jadi kalau soal kelihatan 'itu' nya ngintip nongol dikit ya ..., wajar-wajar sajalah, he he he 😁 .

Sebenarnya ada begitu banyak titik lokasi mata air panas yang tersebar di aliran Kali Serayu, diantaranya berada di sela-sela bongkahan batu besar yang mengelilnginya, ini dibuktikan dengan terlihat jelasnya letupan gelembung-gelembung air dari dasar sungai ke permukaan, tapi sumber-sumber mata air panas alami mengandung belerang itu akan tertutup oleh aliran sungai yang dipastikan oleh warga setempat akan meluap saat di musim penghujan dan membahayakan digunakan karena derasnya aliran sungai.

 

"panguman kali serayu kolam rendam belerang layaknya onsen"


Sebelum aku tau sumber mata air panas Panguman kali Serayu tak hanya ada di kolam pemandian, tapi ternyata juga ada di aliran kali yang dilengkapi dengan dam bendungan peninggalan kolonial Belanda yang masih terawat dengan baik digunakan hingga sekarang ini  ..., aku tuh sempat keheranan, loh ketika beberapakali melihat selalu terlihat ada dua lelaki datang berpasangan dengan waktu kedatangan berbeda,kok mereka selaluuuu ..., beriringan berjalan berduaan menuju ke ..., aliran sungai, ya. Sementara aku datang di lokasi sendirian, ngga ada teman, hiiiks *sad* .... , ngapain coba mereka berduaan ke aliran kali dan kulirik sejurus kemudian [Kepo !, hahaha 😂] mereka terlihat duduk anteng berendam sambil sesekali bercengkerama di kubangan air berduaan di sela-sela bebatuan. 

Tak tahan lama kelamaan menahan rasa penasaran keingintahuanku pengin lihat dari dekat apa yang setiap beberapa pasangan lakukan berduaan di kubangan di aliran kali ,wwwkkk .. , aku bergegas melangkah berjalan [ngga pakai jurus mengendap-endap layaknya aksi ninja juga, sih] sambil sesekali melompat kecil dari bongkahan batu satu ke bongkahan batu berikutnya. 

Daaaan ..., dari rasa kekepoanakutku itulah, akhirnya aku baru tau kalau mereka berduaan ternyata lagi berendam asik di sumber air panas yang ada di aliran kali Serayu 😀.

Begitulah cerita perjalanan liburanku kali ini tentang perburuan mencari lokasi pemandian air hangat di Wonosobo Panguman Kali Serayu yang gretongan alias gratisan, wwwkkk 😂.

Post a comment

183 Comments

  1. Hahaha .... Si Abang ini kepo aja deeeh, mau apa lagi ke tempat rendaman berdua klo gak buat berendam? Kan biar ada kawan. Coba klo sendirian kan gak gak asyik. Gak ada kawan ngobrol juga. Woooi. Jangan ngeres doong imajinasinya. Hihihihi ... BTW ini postingan baru banget, ya? Kok rasanya aku mampir duluan inii.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hahaha ....abisnya gimana ya, kaak ... kebanyakan mereka datangnya pada barengan sama temen, sementara aku datangnya sendirian .., jadilah lihat gituan timbul kekepoan tingkat dewaaah 😂.

      Tumbyeeen ...., nih kak Tina jadi pertamaX.
      Biasanya pertalite ⛽, hahaha 😆, oops🤭

      Delete
    2. Cie-cie yang bicara rendam-rendaman,..aduh ngomong apa aku ini, kabur ah,...😂

      Delete
    3. Sepertinya koh kuanyu pengin ikut berendam bareng mas Hino nih.😄

      Kaboorrr 🚶 🏃💨

      Delete
  2. ih ya ampun aku hampir suudzon lho, mas.. wkwkwkwk.. eh tapi memangnya di sana gak ada toilet untuk ganti pakaian, mas?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Wwkwk ...maafkeun udah bikin jadi kepo, egh* kepo 😅.
      Sama sekali disana ngga ada fasilitas kamar ganti, so ...ya semiliiir gitu 😄

      Delete
    2. Untuk para wanita harus waspada tingkat tinggi nih kalau mau berendam di situ,..takut di intipin kucing garong 😂😂

      Delete
  3. Google translate did not work so well for your first few paragraphs, but settled down as you described the springs. Nice photo of you.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Oh, please forgive and be tolerated for the instability of Google, the language translator doesn't work effectively, Andrew.
      Thank you for liking my photo posing style 😁🙏

      Delete
  4. Hola amigo, no puedo traducirlo al Español no encuentro el traductor por ningún lado ,AYYYYYYY...bueno al menos las imágenes las entiendo ajajja. Un fuerte abrazo ya veo que lo pasas en grande.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hola, mi querida amiga Campirela, lamento las molestias porque el traductor vuelve a ser ineficaz, espero que Google mejore de inmediato su función. Gracias por visitarme y su agradecimiento por mi foto 😁🙏.

      Delete
  5. Replies
    1. That's right, Saruski. Soaking in hot sulfur water there makes the body and mind relax

      Delete
  6. C'est une jolie découverte mais que pour les hommes alors snif
    Les paysages sont beaux! Bonne journée

    ReplyDelete
    Replies
    1. Oui, mon ami, l'emplacement est bien vu uniquement pour les hommes.
      Bonne journée à toi aussi.

      Delete
  7. Ternyata mas hima sedang mempelajari seo ya, pantesan tulisannya rapi banget 😀, untuk kolam pemandiannya memang terlihat umum tapi airnya itu loh,..air blerang 😀, manfaatnya banyak tuh mas,..ngomong-ngomong yang mandi hanya kaum laki-laki ya,..yang perempuan adakah,..kabur 😂,..

    ReplyDelete
    Replies
    1. Begitulah, ko.
      Tepatnya penasaran sih cara belajar seo2an, uji coba hasilnya kayak gimana gitu 😁.
      Wwkkk ..kok malah kabur seeeh 🏃😅.
      Dah ikutan mandi saja 😉

      Delete
    2. Nantilah mas hima saya ikut gabung mandi, kalau bidadarinya udah turun,.. 😂

      Delete
    3. Kalo bidadari nya punggungnya bolong gimana ko, mau ikutan juga ngga.😁

      Delete
  8. Hay, salam kenal (sudah angkat tangan tapi admin tidak lihat, hehee), salam kenal mas Admin. Mampir kemari bukan karena hanyut, tetapi tulisan yang mengalir seperti Kali Serayu Wonosoba yang mendaratkan saya di pinggir kali, eh maksudnya di blog.

    Salam sukses mas admin

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hai, juga teman baru disana ...
      [Maaf, adminnya ,maksudnya aku abis tepar, so lama balas komennya, hahaha].
      Terimakasih ya sudah berkenan mampir di blog sederhana ini 😊.

      Salam sukses juga buat blog Sekolah Kasih Karunia 😇

      Delete
  9. Wowww, jadi keruh karena blerang yah
    Berarti banyak manfaatnya ya mas

    ReplyDelete
    Replies
    1. Kata orang sih iya begitu, Aul.
      Makin keruh air belerangnya makin banyak manfaatnya, tapi aku ngga tau juga bener ngganya 😊

      Delete
    2. Kalau di jual untuk air kesehatan laku enggak ya mas 😀

      Delete
  10. Wah2, post ini hampir sama dgn post yg kemaren itu yah.....
    Sekarang mas Him lagi hobi berendam di kolam🤭

    Viewnya bagus mas Him...
    Tapi, koq gak ada kamar gantinya siii...
    Trus, klo mau ganti begimane tuh...
    Ape pulangnya basa???😂

    Jadi, cewek ora bisa adus.. lha wong gak ada tempat gantinyaaaa...
    Moga aja ke depan ada t4 ganti.

    Mba nita belum datang yaaa???

    ReplyDelete
    Replies
    1. Pengin sih nyobain berendam di kolam tambak banyak ikannya gitu, kak .. tapi geli duluan bayangin bakalan diciumin dikerubutin bibir para ikan, wwwkkk 🤣.

      Ntar kak Ike jadi pertama ya yang nyobain berendam, kalau lokasi ini nantinya dibolehin digunain oleh wanita 😁.

      Delete
  11. Que lugar tan bonito, que suerte poder disfrutar de esos baños en un lugar así.
    Gracias por tu comentario en mi blog.
    Saludos

    ReplyDelete
    Replies
    1. Eres bienvenido amiga. También les agradezco por pasar aquí.
      Sí, la sensación es muy agradable sumergirse en una piscina de aguas termales sin que se cobre este costo.
      Saludos.

      Delete
  12. Replies
    1. Sí, y recomiendo a los hombres que prueben a bañarse allí.

      Delete
  13. Hola Himawan. Me alegro ver sue disfrutas tan bien de tus vacaciones.
    Saludos amistosos desde Francia.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hola, Eric también. Gracias por sentirse feliz de ver el lugar de vacaciones que les mostré aquí, ojalá algún día todos oremos para irnos de vacaciones juntos.
      Un cordial saludo para usted en Francia de mi parte en Indonesia.

      Delete
  14. Replies
    1. Bukan cuma kayaknya, tapi ManTul.
      Lah wong gratisan ..., Wwwkkk 😅

      Delete
  15. Waaahhh asiikkk nih mas Hino bisa berendam grentongan di Kali Serayu Wonosobo...Meski tempatnya sederhana tetapi hawa lingkungannya tetap asri yaa mas..😊😊😊

    Cocok nih mas himawan kerja di air dan julukan Aquaman pantas mas Hino dapatkan..🤣🤣🤣🤣

    Awas mas diintip mas Agus lho..🤣🤣🤣

    ReplyDelete
    Replies
    1. Kayaknya cocok juga buat kang satria, soalnya kan julukannya Bathman atau tukang mandi.😁

      Delete
    2. Mandi bareng bidadari,..uhuy.., ngomong apa aku ini, kabur 😂

      Delete
    3. Hahahaha ...
      Ngga ada bidadari, mandi bareng bidadara juga ngga kalah seruu ..., gratisan sih soalnya ...😅

      Delete
    4. Nah itu bidadara nya datang.😁

      Delete
    5. Mana nih bidadarinya,..saya mau ambil fotonya,..😂

      Delete
    6. Bidadara nya ya koh kuanyu ini.😁

      Kaboooorrr 🏃🏃🏃

      Delete
    7. anjir,....enggak sanggup aku mas Agus,...atau mba-mba di sini ada yang mau jadi bidadarinya juga boleh,...mari daftar ke mas hima aja,...hi-hi-hi

      Delete
  16. Waduh gawat juga kalo ngga ada kamar mandi buat ganti pakaian kang, nanti barangnya kelihatan gondal gandul dong.😂

    Namanya juga gratis ya, jadi ada kekurangannya, seperti panguman kali Serayu Wonosobo ini, gratis tapi ngga ada itunya, maksudnya kamar ganti nya.🤣

    ReplyDelete
    Replies
    1. Ra po po gondal gandul, ...., dilihat boleh dipegang kabur ..., manuk emprit kaleeee akh malah mabur ... 🐦, Wwkkkk 😂

      Delete
  17. jadi karena itu anda nulis formal buat seo seo an yah biar pejwan.. hmm saya baru tahu..

    mau tulisannya gimana yg penting postingan mas, mangat

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya, betul apa kata anda.

      Haiyaaa.... aaahhh ..
      Kenapa penyebutannya jadi anda, seeeeh ... 😱 ?
      Resmi buangets, wwwkkk!

      Betul yang dikatakan oleh anda, eh# kamu

      Delete
    2. Betul sekali kang Dibyo, kalo sering update lama lama nanti jadi pejwan. Kalo ngga pejwan ya pejet.😂

      Delete
    3. kalo ga pejwan pensiun aja mas agus wkwkwk

      Delete
  18. Aquí tenemos también zonas termales junto al río en la ciudad de Orense que me gustaría conocer cuando pueda.

    Saludos.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Espero que algún día vengas a las termas del río Orense y nos lo cuentes. Feliz fin de semana.
      Saludos.

      Delete
  19. ...I worked in my garden today. A hot soak would make my back feel better!

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hopefully, today your back will be healthier, Tom.
      And can visit sulfur hot spring as soon as posible.

      Delete
  20. Natural hot spring sulphur waters are healthy!

    All the best Jan

    ReplyDelete
    Replies
    1. And that's exactly right, Jan.
      Best wishes.

      Delete
  21. Me gustan mucho las aguas calientes para calmar. Se ve un lugar precioso. Gracias siempre por mostrarnos rincones tan bonitos ^.^. Feliz semana.

    ReplyDelete
    Replies
    1. De nada, también le agradezco que le gusten las ubicaciones que le he mostrado.
      Y es bueno que también te guste visitar lugares de aguas termales.
      Que tengas un buen fin de semana, que tengas un buen día.

      Delete
  22. Coba eksperimen biar trending trus jadi pejwan, judulnya yg bombastis gitu Ko , misal : "Inilah jalan ninja Ku dalam mencari titik sumber air panas " atau "Sepasang Muda mudi Bercengkrama di Onsen Ala Indonesia" .🤭🤭

    Awalnya nulis ya nulis aja ko, ga pernah merhatiin SEO. Eh,gara2 ikut lomba SEO malah Jd ngerti pentingnya SEO utk blog itu.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Kucoba ya, kak, eh* kalau lagi ngga muncul malesnya, wwkkk.
      Abisnya kalau diperhatiin pakai tehnik seo bahasanya jadi ngga serame kayak tulisan kali ini.
      Tapi memang bagus juga buat serp.
      Keren tuh ide judulnya, akan kucoba, kak.

      Delete
  23. Apanya yang membuncah dan keluar kemana mana tuh kang... 😂😂

    ReplyDelete
    Replies
    1. Wwkkk .. apa yaaa ..
      Aku malah udah lupa tuh 😂

      Delete
    2. Ih Dodo memancing di air panas😂

      Delete
  24. Halo sobat Himawan. Meskipun saya merasa membaca entri Anda agak sulit hari ini, saya tetap menganggapnya menyenangkan. Dari apa yang bisa saya lihat dan rasakan mata air panas ini seperti yang ada di Las Termas de Río Hondo di Argentina. Sesuatu dalam foto-foto itu membangkitkan pemandangan dan gaya dalam diri saya.

    Pelukan erat, teman !!

    ReplyDelete
    Replies
    1. Halo juga sobat Carlos.
      Mohon dimaafkan keterlambatan saya membalas komentar dari anda karena kondisi saya yang kurang fit.
      Menanggapi teks pos yang kali ini terlihat sulit dibaca atau diterjemahkan ke dalam bahasa asing karena gaya tulisan saya kali ini banyak menggunakan kata-kata bahasa khas anak muda yang membuat penerjemah tidak mampu menterjemahkannya.
      Mohon dimaafkan kekurangnyamanan ini, sobat 🙏.

      Saya ingin sekali melihat gambar mata air panas di Las Termas de Rio Hondo yang lokasinya ada di negara anda.
      Pasti disana pemandangannya juga indah menawan.

      Peluk erat sobatku!

      Delete
  25. wow, tempat pemandian ini kewrennn banget yah. Walau agak sepi, sesepi hati ekeq, eeaaaa....!!! namun tidak mengurangi kenikmatan berendam di sana. Pemandangannya juga bagus, hijau dan sepertinya sejuk udaranya.

    Foto yang paling atas ( no.01 ), itu foto pengunjung atau foto si penyelamat bagi yang kelelap. ? tapi kayaknya saya kenal deh dengan raut wajahnya,hahahah.....#peace. :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. Huwaaaa ..., ini betulan kang Nata-kah yang komeen ?.
      Kucek-kucek mata nih buat mastiin aku ngga salah baca ...., hahahaha.
      Apa kabar, kaaang ?.
      Nah, mbok ya gini .. aktif ngeblog lagi, kaaaang ..
      Biar tambah rame lagi banyak celotehan seru dari kang Nata 😄.

      Hahaha .., wajahku belum oplas, kaaang ..masih gitu-gitu ajaaa ..yo pasti kang Nata udah kenal vetul, eh* betul

      Delete
  26. Siempre he querido conocer las aguas termales. Te mando un beso

    ReplyDelete
    Replies
    1. Yo también soy como tú, siempre queriendo saber la ubicación del agua de oabas y luego sumergirme allí.
      Te envío un beso de amistad de vuelta.

      Delete
  27. I love going to hot springs. They are always found in the most hidden, beautiful spots.
    Looking forward to going to one again soon.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Your opinion is very accurate about the location of the source of the Aur Oanas eye, which is almost all hidden.
      I pray from here in the near future you will find the location of the oanas springs as well and soak there.

      Delete
  28. Bardzo ciekawe zdjęcia;) pozdrawiam;)

    ReplyDelete
    Replies
    1. Dziękuję za uznanie w związku z moim zdjęciem, przyjacielu.
      Pozdrowienia.

      Delete
  29. Me encantan las piscinas de aguas termales!!! Un abrazo

    ReplyDelete
    Replies
    1. ¡Somos iguales 😁!.
      Feliz domingo, amigos.
      Te deseo mucha felicidad.

      Delete
  30. Uhuk ehem, anggota tim gratisan merasa terpanggil nih Kak Him (nunjuk diri sendiri) 🙈
    Sayangnya ini hanya untuk laki-laki aja, yang perempuan mungkin bisa foto-foto cantik aja di sekitarnya ya sambil menikmati pemandangan yang buagus! Berasa kayak di Bali Kak soalnya mandi dekat sawah 🤣

    ReplyDelete
    Replies
    1. Aseek ...dapat konco tim penyuka gretongan niiih, wwkk 😅!.
      Wuaah, next kalau kesampaian sesama penyuka gratisan pergi bareng2 seru banget yaa, Lia 😆.

      Atau .., Lia mau nyoba ke lokasi ini nyamar pakai kumis palsu ?, Eh* wwkkkk ...., becanda, loh 🤣

      Delete
  31. Bom dia, meu querido amigo, que vontade de conhecer esse maravilhoso lugar.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Bom dia querido Luiz, espero que um dia você tenha a oportunidade de vir a este local termal. Bom fim de semana.

      Delete
  32. Aqui em Portugal, também temos algumas fontes termais! Adorei apreciar a que nos dá a conhecer, e que se apresenta de uma forma bem natural, muito bem integrada na paisagem circundante!
    Confesso ter tido alguma dificuldade no entendimento deste post, pois o tradutor automático, não traduz tudo à risca, numa linguagem mais informal... muitos termos, escapam-se...
    Nestes anos de blogs, a experiência diz-me que frases curtas, no conteúdo dos posts, e que façam também sentido em inglês... funcionam muito bem para qualquer ponto do mundo... e as traduções são sempre bem menos problemáticas... estamos todos os dias a aprender! É uma questão de experimentar em futuros posts e ver o feed-back dos seus leitores!
    Um grande abraço! Continuação de uma feliz semana! Tudo de bom!
    Ana

    ReplyDelete
    Replies
    1. Olá amiga Ana, fico feliz em ler sua história sobre as diversas fontes termais que você possui em seu país.
      Espero que algum dia você nos apresente esse local. Em relação aos tradutores de idiomas que nem todos têm sucesso na tradução, eu entendo porque nesta postagem uso uma linguagem informal.
      Por favor, me desculpem, amigos .... neste post procuro escrever na gíria típica dos jovens. Esperançosamente, no futuro, os tradutores da língua goole permanecerão eficazes, embora usemos uma linguagem informal.
      Tudo de bom e um bom fim de semana, Ana

      Delete
  33. Sometimes google translator doesn't deal so well with translating your texts... today was THAT day. But - the pictures are nice, and I understood enough to know that you had a good time. :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. Friend, i'm sorry because this post I use informal language, so the language translator's goole machine is not effective or is not able to fully translate the entire text.
      Thank you for your appreciation regarding my photo.
      Regards.

      Delete
  34. Well, and hot springs and baths again. I want like that too :)
    Regards

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hopefully in the near future you will also have the opportunity to visit and soak in a hot spring in your country too :)
      Regards

      Delete
  35. spots that you discover unexpectedly are the coolest ☺
    this is the first time I've heard of a male-only pool
    Regards

    ReplyDelete
    Replies
    1. Your opinion has a lot of truth, we will find a lot of interesting rights from the place previously predicted.
      It's also a pity that women actually can't feel the benefits of the hot water at the location, huh 🤨.
      Greetings.

      Delete
  36. Harus saya akui bahwa saya belum pernah mandi di pemandian air panas, tapi menurut saya pasti sangat menyenangkan. Dan pemandangan yang sangat indah. Tidak ada apa-apa selain santai.
    Salam pembuka!

    ReplyDelete
    Replies
    1. Oh, semoga dalam waktu dekat ini anda memilii waktu berkesempatan mengunjungi kolam pemandian air panas alami dan berendam disana, Okiem.
      Saya mendoakan untuk keinginanmu agar terlaksana.
      Salam pembuka.

      Delete
  37. waduh mas jiwa pageantku meronta ronta liat spot pemandian ini
    auto pengen catwalk manjah ala ala peserta Miss Grand International
    kalo engga ada tempat ganti baju auto siap siap pakai swimwear dari rumah hehe

    tapi asri aku lihatnya suka banget
    kumkum sambil photoshoot sepertinya asyik haha

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hahaha ..., Mantuuuul tenan iki komennya mas Ikrom ..., bikin aku auto kebayang apa yang diceritakan.
      Tapi hati2 ya melangkah manjahnya, jangan sampai tergelincir dari bebatuan kali, eh 🤭

      Delete
  38. Thank you for visiting, have a nice day

    ReplyDelete
  39. Pangumannya menarik
    ternyata mas Hima tingkat kekepoannya tinggi juga, wkwkwk

    ReplyDelete
    Replies
    1. Wwwkkk ..., soalnya aku datangnya sendirian sih .., jadilah timbul kepo rasa akut 😅

      Delete
  40. Kolam onsennya unik sekali. Gayak Onsen Jepang pun boleh :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. Ya, kak.
      Letak kolamnya yang di tepi sungai besar jadi nilai plus :)

      Delete
  41. Badanya mas Him kekar mas, sexy lagi hehe, memang gak heran sih Wonosobo mantap wisata nya. Saya belum pernah cobaan berendam di air belerang mas, ajak aku dong mas.
    Oh iya ada juga kalo gak salah wisata di Wonosobo yang gak kalah keren nya yaitu wisata Baru Ratapan Angin mas kalo gak salah saya juga dapat info dari teman yang sudah berkunjung kesana.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Weeeh ...masa seeeh , hahaha ...
      Seksi-an juga bodynya mas Eko akh [ngomong gini kayak aku pernah lihat langsung saja 🤭].

      O, iya aku juga pernah denger lokasi Batu Ratapan Angin, mas.
      Itu lokasinya di ketinggian bukit buat lihat view Telaga Warna.
      Hayook, kapan kita ngetrip barengan kesana, yuk mas ...

      Delete
  42. Looks fun! Pictures are beautiful! Amazing! Have a wonderful Friday to you.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Yes friend.
      I agree with you the view of this location is amazing. Thank you for stopping by, sorry I was late in replying to comments.
      Have a super week.

      Delete
  43. que aguas termales mas interesantes, me encantan, aunque con azufre NO me metia yo dentro. Que miedo. El seo es complicado.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Jajaja ..., de verdad dices que el SEO es complicado, el procesamiento del artículo debe ser muy cuidadoso.
      Amiga, el contenido de azufre es bueno para la salud de los huesos y la piel, así como para los músculos.
      Entonces, tienes que probarlo 😊

      Delete
  44. Que interesante, si se nota has cambiado el lenguaje, pero lo mas importante, disfruta de tus vacaciones en esos idílicos lugares que nos acercas cada post, cada entrada.
    Saludos

    ReplyDelete
    Replies
    1. Gracias por tu comprensión Esta vez cambié mi escritura a un lenguaje informal, José. También gracias por su apoyo hasta ahora. Saludos desde un abrazo de amistad.

      Delete
  45. wkwkwk intronya bikin ku ngikik ngukuk

    ku ora termasuk syombonk kan mas him hahahhahahaha...
    selain itu aku pintar menabung #neng menabunge neng bakul wkwkwkkw

    alias blonjo

    eh

    sek mas...kok lawakan kabeh kih

    tadi aku baca pusing pala barbie? kok barbie mas...haruse diganti barbine mas wkkwkwkw...

    o pantes wingi wingi kok agak formil rupanya biar masuk pejwan...memang ga dipungkiri seneng juga klo nangkring pejwan...sekali kali mode tulisan sante gini jga oke mas ben go hiburan pembaca xixixi

    ternyata istilah pemandian di wonosobo unik juga..aku baru denger nih...dan lebih uniknya lg khusus buat pria ya ini :D

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hehehe ..., lega rasanya gaya tulisanku santai cukup bisa diterima buat banyak orang, termasuk kak Mbul.
      Tapi, hiikz ...ternyata ada beberapa pembaca yang curhat tulisan pakai bahasa informil gini ngga bisa kebaca penerjemah bahasa negara mereka dengan komplit.

      Delete
  46. What a marvelous place! I would like to have a bath there.
    Have a nice weekend!

    ReplyDelete
    Replies
    1. Let's go have a hot bath over there, Giorgio ;).
      Have a super week!.

      Delete
  47. mas hima pasti lagi ngetik artikel nih sepertinya,.....hi-hi

    ReplyDelete
  48. Wonosobo, udah beberapa kali ada niat mau ke Wonosobo tepatnya ke dataran tinggi Dieng tapi sama saat ini belum..hiks
    Saya jadi berpikir yang ngga-ngga pas baca beberapa paragraf akhir..hihihi.. hasil keponya ternyata diluar yang diperkirakan..hihihi

    ReplyDelete
    Replies
    1. Wwkkk, penasaran ya dengan akhir paragrafnya!.
      Ayok mas Kal ntar musim kemarau nanti buktikan kesana ..., seru loh rendaman di kubangan di aliran kalinya 😄

      Delete
  49. Very beautiful places! It is a pity that only men can swim in that place overlooking the river.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Yes friend.
      Unfortunately this pool is only for men, women can only see the location from the photo here.

      Delete
  50. kak himaaa, biasanya wonosobo kan terkenal sama daerah yang duingin pol, tadi malah aku kira disana nggak ada pemandian air panasnya lho. ga pernah denger soalnya
    teruss kan biasanya kalau bahasa daerah jawa hampir hampir mirip, nah amum ini aku baru denger juga istilahnya

    ReplyDelete
    Replies
    1. Halo, kak Ainun ...
      Senang rasanya bisa ngenalin istilah amum disini, eh* sekilasan mirip bunyi dengan kata Ainun ya ...xixixi.

      Sebenarnya buanyak banget lokasi pemandian air panas belerang di Wonosobo, kak.
      Tapi cuma sedikit lokasinya yang gratisan, wwkkk.

      Delete
  51. Passing, menerjemahkan dan sangat menikmati membaca. Saya memuji inspirasi dan kreativitas yang dimasukkan ke dalam teks ini. Saya berharap Anda merayakan Paskah yang sangat bahagia, dengan banyak kacang almond, kelinci, dan telur cokelat, dan banyak Kesehatan, Cinta, dan Kedamaian, yang diberikan kepada keluarga dan teman Anda.
    .
    Pikiran dan Lamunan Puisi
    .

    ReplyDelete
    Replies
    1. Oh, saya terkejut membaca komentar daru anda ...ternyata gaya bahasa yang saya gunakan di pos kali ini ...mampu diterjemahkan oleh google penerjemah bahasa dengan maksimal!.
      Wow, itu suatu surprise buat saya mengetahuinua.
      Terimakasih besar atas laporan dan apresiasi dari anda, Rykardo.

      Selamat merayakan hari Paskah juga untuk anda dan keluarga anda.
      Kebahagian, kedamaian juga kesehatan selalu menyertai.

      Delete
  52. Hola Himawan , de lo poco que he podido leer ya que el traductor no lo tradujo entero
    veo que cuentas que te pasaste un lindo y hermoso día de calor en unas termas de baño las
    fotos son preciosas , me alegro de que estés bien , ¿ Cómo lleváis en tu país esto de coronavirus?
    Te deseo una feliz semana santa , besos de flor.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hola mi amiga Flor ahí ... Felices Pascuas también para ti y tu familia.
      Lo sentimos, el traductor de idiomas no funciona de manera óptima esta vez. El manejo de la epidemia de corona en el país todavía se está vacunando de forma paulatina, ojalá ocurra lo mismo en su país.
      Muchas gracias por tu atención y aprecio de tu parte, amiga.
      Saludos de amistad.

      Delete
  53. Beautiful photos! Hot Springs are so relaxing!
    Julia x
    https://www.thevelvetrunway.com/

    ReplyDelete
    Replies
    1. Thanks a lot, Julia.

      That's right, soaking in natural hot water is very relaxing.

      Delete
  54. Uwaaah sayang amat cuma bisa utk cowo mas :D. Tapi berabe memang kalo dicampur utk cewe juga :p.

    Tp kalo liat bentuknya, aku LBH suka yg pemandian sebelumnya. LBH bagus aja, mungkin Krn sekomplek ma candi sih yaa.

    Cocooook ini lokasinya di Wonosobo yg duingiiiin. Berarti lagi2 aliran airnya karena banyak gunung api di daerah sana ya. Kangeen aku ke Wonosobo. Trakhir kesana cm bentar jd ga sempet ke pemandian air panas

    ReplyDelete
    Replies
    1. Yups, kak kalau dilihat dati bentuk dan sejarahnya pemandian kolam pertama yang kudatangi Candi Umbul jauh lebih ternilai.
      Kalau kolam ini buatan jaman now 😁.

      Ntar pas kapan kak Fan& fam ke Wonosobo jangan kelupaan cobain berendam ke salah satu pemandian air panas.

      Delete
  55. Well, shoot. Only for men? That's disappointing. But the spring does sound like a great place for a nice soak.
    Have a great weekend, friend!

    ReplyDelete
    Replies
    1. Yes, this pool is only used for men, women only need to see the picture 😊.
      It is true what you say, because it is open, it is more suitable for use in spring as well as in summer.
      Have a nice day, Theresa.

      Delete
  56. Szkoda, że tylko mężczyźni tam bywają. Uwielbiam pływać w naszym morzu bałtyckim, ale i w jeziorach. W Bałtyku woda chłodna, ale można latem miec wiele przyjemności. Moja fotka jest zrobiona nad morzem w Rewalu, gdzie jest piękny urwisty brzeg, Morze zagarnia coraz wiecej plaży.
    Pozdrawiam ślicznie daleki Pryjacielu 🌻

    ReplyDelete
    Replies
    1. Wow, ciekawie jest wiedzieć, że Morze Bałtyckie można wykorzystać do pływania! Nazwa Bałtyku jest bardzo dobrze znana. Jesteś taka fajna, że ​​odważysz się też popływać w jeziorze ... a Twoje zdjęcia przy plaży w Rewalu też są przepiękne. Dziękuję za uznanie, przyjacielu w Polsce. Pozdrowienia z przyjaźni.

      Delete
  57. Hi Himawan! I like the new look of your blog. Have a nice sunday and Happy Easter.
    Love from Buenos Aires, Argentina ♥

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hi also Hada.
      Thanks a lot you like the new look of my blog.
      Happy Easter.
      Love from Indonesia for Bueno Aires Argentina 🤗

      Delete
  58. Hola amigo Himawan, en esta ocasión con las imágenes me tengo que conformar, ya que no puedo leerte dado la irritación de ojos que tengo. Después de tantos años trabajando en despachos y entre cuatro paredes la vida pasa factura.
    Deduzco un bello lugar para bañarse y purificar el cuerpo.
    Como siempre un placer pasar por tu blog y ver todo lo bello que nos muestras de tu país.
    Un abrazo amigo desde la distancia.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hola amigo Juan también. Estoy muy preocupado por la salud de sus ojos, espero que vaya inmediatamente al médico y reciba el tratamiento adecuado.
      Sí, amigo, esta ubicación es una fuente termal natural. Su ubicación única me hace sentir obligado a revisarlo. Deseo que su salud mejore rápidamente. Abrazos de lejos.

      Delete
  59. Wah minat mandi di kolam ya. Hehe.

    ReplyDelete
  60. Natural hot sulfur springs must be a very cool thing.
    Have a nice day :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. And it's true, a really cool experience, Hanna.
      Have a super week.

      Delete
  61. Himalayan, my friend, just visiting your amazing blog has really lifted my spirits. Thank you so much!
    A really great post! Those hit springs look SO inviting, how I would like to be there now!! I haven't sampled hot springs since a holiday in Canada when I was 12, so this revived some pleasant memories.😊😊
    Stay safe and happy, my dear friend!
    A hug.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hello dear friend Ygraine, it's been a long time since visiting each other, how are you there? Hopefully everything is fine.
      I blush when my name is called Himalaya by you ..., I am so happy you respond to this post like reminiscing about 12 years ago when you visited a natural hot spring pool.
      Hopefully in the near future you will have the opportunity to come back to the hot spring. Greetings from a distance of friendship.
      A hug

      Delete
  62. Khusus pria ya? Padahal tambah asyik dan ramai kalau ada wanitanya.. Biasa-bisa anunya nganu.. eh ngomong apaan saya ya??

    ReplyDelete
    Replies
    1. Ho'oh, bang
      Ntar anunya ngangguk-ngangguk kayak ayam lagi cari makan, hahaha ...

      Delete

  63. Cuando escucho vacaciones, me da envidia amigo. Llevamos un año sin poder salir por el covid y lo hacíamos mucho. Esperemos poder volver pronto a volver a viajar.
    Me han gustado tus fotos .
    Muy cerca aquí en béjar tenemos los baños termales en Baños de Montemayor. Los visitan mucha gente son medicinales.
    Buen domingo Himawan. Cuídate.
    Un abrazo.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hola Laura, de hecho en mi país en este momento todavía no puedo viajar libremente de vacaciones, tengo que tener mucho cuidado de cuidar mi salud personal en el lugar y hay ciertas circunstancias que implementan llevar un certificado médico que pase un examen de antígeno. . Estoy muy feliz y entusiasmado con la ubicación de las aguas termales en su país, precisamente en Baños de Montemayor. Espero que algún día tengas la oportunidad de venir y contarnos sobre la emoción de estar allí. Cuídate siempre bien, Laura.
      Un abrazo.

      Delete
  64. Olá vim agradecer a visita!
    Que ótimo existe google tradutor rsrsrs
    Adorei ler seu post, amo águas termais. Aqui no Brasil, visitamos um parque no estado de Goiás.
    Deus te abençoe sempre!!!
    Abraços da Bia!!!

    ReplyDelete
    Replies
    1. Olá meu novo amiga Beatriz também, obrigado por sua visita de retorno. Fico feliz que tradutores eficazes sejam vistos em seu blog 😁.
      Também estou feliz por poder ler seus escritos na íntegra. Daqui imagine a beleza da localização do parque no estado de Goiás.
      Esperançosamente algum dia você revisará o local. Saudações de amizade.

      Delete
  65. Have a newbrand week to you my friend!

    ReplyDelete
    Replies
    1. Thanks a lot, friend.
      Have a nice start to the day of the week

      Delete
  66. I definitely would love to spend my vacation there! What a lovely place to relax and enjoy life!

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hopefully, your wishes to come on vacation to several locations that I have shown here will be fulfilled, Angie.
      I pray for you.

      Delete
  67. I'm having trouble translating your posts! But nice to meet a new blog friend from beautiful Indonesia!
    Greetings

    ReplyDelete
    Replies
    1. Oh, please forgive and understand that sometimes google language translator is not always effective. Thank you very much for your opinion on my country. Regards.

      Delete
  68. Akupun senang kalau tulisannku ada di pej wan mas hihihi, ga bisa dipungkiri ya, wkwkwk.

    Di Baturraden kaki gunung Slamet juga ada pemandia belerang gini mas, airnya hangat, keruh & berbau tentunya, tp disana pemandian umum bgt, buat kaum adam & hawa campur, kaya kolam renang gitu wkwkwk,

    Tapi aku belum pernah mandi sih, cuma berendam kaki aja wkwkwkwk

    ReplyDelete
    Replies
    1. Wwwwkk, begitulah kenyatannya, kak ...soalnya kemungkinan dilihat or dibaca banyak orang kansnya jadi lebih gede.

      Nah itu kak Baturraden pengin banget kudatengin lokasinya, tapi sampai sekarang belum juga kesampaian.
      Dulu sih pernah ke Baturraden tapiiii ...udah lama banget saat aku masih perjaka, eh" salah wwwkkk ...masih brondong remaja kinyis-kinyis 14 tahunan gituuu .
      😄.

      Sesekali cobai ikutan berendam di air belerang, kak .
      Badan jadi ilang loh pegelnya 😉

      Delete
  69. Glad that you enjoyed the hot spring. I haven't been to one for a long, long time. No changing room can be challenging to the women folks.

    ReplyDelete
    Replies
    1. This pool is only for men only, Nancy. It's good that women are forbidden to come near, ha ha ha ... 😆.

      I would like to know how many natural hot spring locations there are in your country, if you please tell us about it and later this information can be useful for tourists to come there.

      Delete
  70. It is weird but I still cannot translate your blog. The language selection goes from Dutch to Esperanto. I am very sorry that I cannot read it.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Ouch, somehow it happens that way ..., I don't understand why sometimes language translators fail to translate certain languages.
      Hopefully Google will quickly improve its function.
      Thank you for stopping by and telling this, friend.

      Delete
  71. Laporan bagus lainnya, Imawan! Dengan cara penulisan yang berbeda, seperti yang Anda katakan. Saya juga memberi tahu Anda bahwa saya perlu sedikit memahami Anda. Tapi saya sudah berhasil memahaminya :)
    Saya sangat menyukai fotonya. Ini seperti kolam alami, bukan?
    Pelukan hangat dan minggu bahagia dari Spanyol

    ReplyDelete
    Replies
    1. Terimakasih banyak anda memahami cara penulisan saya pos kali ini, sobat Gumer.
      Saya senang anda berhasil memahaminya.

      Perkiraan anda mengenai lokasi ini berupa kolam pemandian alami, itu betul, Gumer.
      Tetapi kolam ini bukanlah kolam situs kuno cagar budaya.

      Pelukan hangat kembali saya kirimkan dari negara jauh Indonesia untuk anda di Spanyol.

      Delete
  72. Mantap ini kolam renang hangat Wonosobo. Cocok untuk terapi kesehatan juga. Bagus juga untuk terapi penyakit persendian

    ReplyDelete
    Replies
    1. Tepat betul kegunaan air panas alami bekerang yang mas Vicky sebutkan.

      Duh, seandainya Wonosobo dekat sama kotaku ... udah kudatengin lokasinya tiap hari nih, wwkkk!

      Delete
  73. Tempat yang bagu, kamar mandi yano bagus. Sayang itn hanya untuk pria.
    Salam

    ReplyDelete
    Replies
    1. Ya, teman.
      Terpaksanya kaum wanita hanya dapat menyaksikan gambarnya dari pis ini, tanpa bisa merasakan manfaat baik airnya.

      Delete
  74. Gracias por tu visita.

    Un beso curioso.

    ReplyDelete
    Replies
    1. De nada, Eva.
      Gracias también por su visita de regreso.
      Desde Indonesia les mando un saludo de amistad.

      Delete
  75. No he podido traducirlo pero las imágenes me parecen preciosas.
    Siempre compartes cosas muy lindas.
    Un abrazo.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Perdóname por la actuación del traductor de google que a veces es ineficaz, por suerte te gusta la imagen que he incluido.
      Realmente aprecio tu amable agradecimiento, Amalia.
      Saludos desde un abrazo de amistad.

      Delete
  76. Hola!! Que bue nos tus paseos , las aguas termales son buenas para la salud. Una brazo y disfruta.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hola Hanna también. Te agradezco el apoyo y el apoyo que me diste. Desde aquí trato de mostrarte la ubicación de un paseo único, quizás más adelante sea la ubicación de tu destino vacacional.
      Un abrazo.

      Delete
  77. Pessoalmente, amigo, eu gosto do seu estilo de escrever. E também destas fotos e destes lugares maravilhosos que você nos mostra! Meu abraço, obrigado; boa semana!

    ReplyDelete
    Replies
    1. Olá, meu caro amigo árabe, realmente fico feliz em permitir que você goste dos diferentes estilos de escrita com os quais estou trabalhando neste post.
      Muito obrigado por seu grande apreço.
      Um grande abraço da Indonésia para você em Português.

      Delete
  78. Halo kakakkkk

    Ya Allah lama banget gak main di blog inih. Begitu buka blog lah, ada adegan mandi. Ngokkk

    Tolong ya bapak kalo lagi foto perutnya jangan dikempes-kempesin, wkwkwkwk

    Baru tau di Wonosobo ada pemandian air panas. Biasanya mah gw kalo mau mandi air panas di Baturaden. Nyamar jadi orang lokal, taraaaa, gak bayar tiket apapaun, wkwkwkwk.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Halo juga mas Rizaa ...

      Iya ya lama beud kita ngga saling kunjung .., eh sekalinya kunjungan , wwwkkk .. mas Riza kusuguhin adegan buka-bukaan 😆.

      Lah, kok .. ide cerdas kui, maas .. ngaku warga setempat biar bisa masuk gratis. ..., kuikutin caranya akh, hahaha 😅!

      Delete
  79. Adoro gente bem humorada e quando
    se trata de amigo meu então...
    Obrigado pelas palavras que me fizeram
    rir e quando fazem isso comigo eu ganho
    o dia.
    Um abraço e parabéns por esta sua postagem.

    ReplyDelete
  80. I always understand very little, as the google translation is poor, but I like the pictures.

    ReplyDelete
  81. Wow such a great another place. I am looking forward for times where again we will be able to travel

    ReplyDelete