Skip to main content

Pemandian Nuansa Alam Tropis Ekowisata Taman Sungai Mudal

Berada di sebelah barat Yogyakarta, tepatnya di Dusun Banyunganti, Desa Jatimulyo, Kecamatan Girimulyo, Kabupaten Kulon Progo terdapat ekowisata Sungai Mudal, destinasi wisata taman alam air terjun memesona dan bisa dikatakan merupakan satu bagian dari kepingan cantik surga dunia. 

Destinasi ekowisata Taman Sungai Mudal ini berjarak tempuh sekitar 38 kilometer dari kota Yogyakarta dengan estimasi waktu lama perjalanan kurang lebih 1 jam ditempuh dengan kendaraan pribadi, atau menyewa kendaraan. Tak ada sarana angkutan umum untuk menuju dan sepulang dari lokasi.

Menawarkan suasana sejuk dataran tinggi pegunungan Menoreh, dengan rata - rata ketinggian mencapai 2000 mdpl, Taman Sungai mudal adalah ekowisata alam berupa air terjun dan kolam pemandian alami bernuansa tropis. 


"pemandian nuansa alam tropis ekowisata taman sungai mudal"

Keindahan ekowisata Sungai Mudal semakin lengkap karena terletak berada di Desa Jatimulyo, satu lokasi desa di daerah Kulon Progo yang memiliki cukup lengkap populasi fauna, khususnya habitat burung. Tercatat terdapat sekitar 102 populasi jenis burung disana, diantaranya burung hantu.  

Tak hanya air terjun berundak - undak dan kolam pemandian alami berair jernih berwarna hijau toska yang jadi andalan obyek menarik di ekowisata Sungai Mudal, tetapi keindahannya juga dilengkapi dengan jeram - jeram alami dengan bentuk batuan kapur yang terlihat eksotis. 


"pemandian nuansa alam tropis ekowisata taman sungai mudal"

Memang bukanlah hal yang cukup mudah rute yang ditempuh untuk menuju dan sepulang dari lokasi Taman Sungai Mudal Kulon Progo ini, terutama bagi yang belum pernah atau terbiasa melewati karena jalurnya penuh tikungan berkelok, menanjak dan menurun cukup tajam. 

Di sepanjang perjalanan rute akan mudah ditemui adanya rambu - rambu lalu lintas di tepi jalan untuk pengemudi meningkatkan kewaspadaan dan menggunakan kendaraan dengan rem optimal. 

Tapi rintangan rute di perjalanan tersebut seakan tiada artinya setelah tiba berada di area ekowisata Sungai Mudal binaan dari PT. PLN  ini, pemandangan alamnya terlihat sungguh memikat. 

Gemuruh derasnya suara air terjun jatuh ke kolam pemandian mulai terdengar dari area parkir dan ketika melewati jalan setapak menuju ke loket pembelian tiket. Beberapa meter kemudian, tersaji di depan mata aliran air terjun dan kolam pemandian. 

Itulah aliran air terjun pertama dan kolam pemandian pertama Ekowisata Taman Sungai Mudal dari arah kedatangan. 


"pemandian nuansa alam tropis ekowisata taman sungai mudal"

Di kolam pertama inilah tampilan warna air terlihat sangat memesona, berwarna toska !. 

Di tepi kolam pemandian pertama berwarna toska ini, aku dan juga beberapa pengunjung terlihat beberapakali mengambil keindahannya gambarnya dari jarak cukup dekat. Kemudian gambarnya kujadikan penghias layar ponselku.


"pemandian nuansa alam tropis ekowisata taman sungai mudal"

Untuk tiba sampai di area tertinggi tempat kolam pemandian kedua dan melihat dari dekat letak sumber mata air Taman Sungai Mudal berasal berada, jalur dibuat dengan melewati titian jembatan bambu penghubung dari satu area dengan sisi area berikutnya dan selanjutnya melewati undakan anak tangga tepat di sebelah aliran jeram berundak. 


"pemandian nuansa alam tropis ekowisata taman sungai mudal"

Sesekali tampias dan percikan air terbawa angin dari aliran jeram terasa segar mengenai pakaian dan wajahku. 

Undakan anak tangga ini hanya memuat satu orang, ketika berpapasan dengan pengunjung lain salah satu diantaranya harus menepikan tubuh sedikit terlebih dahulu. 

Beruntung sekarang ini sepanjang tepi jeram telah dilengkapi dengan pagar besi pengaman, dan kulihat ada beberapa bagian tepi jeram yang tidak dibatasi dengan pagar besi pengaman. Kegunaannya memang untuk memberikan kesempatan kepada pengunjung untuk mengambil gambar aliran air terjun. 

Di kolam pemandian kedua atau area teratas inilah aku berenang dan bersenang - senang bermain air merasakan segarnya air Taman Sungai Mudal yang berbeda warna tampilan air dengan kolam pemandian pertama. 

Tampilan air di kolam pemandian kedua terlihat jernih seperti kristal sehingga bebatuan dasar kolam terlihat sangat jelas dengan kedalaman sekitar 1 meter.

Karena aku memiliki kemampuan cukup pandai berenang, aku tak menyewa rompi pelampung seharga 10K. Tapi aku tertarik untuk menyewa ban dengan harga sewa 5K untuk merasakan sensasi terayun - ayun di arus air cukup deras di aliran dekat sumber mata air Mudal. 

Sumber mata air alami Taman Sungai Mudal tak pernah surut tersebut berasal dari sungai bawah tanah di dalam gua yang terletak berada di dekat kolam pemandian teratas. 

Cukup banyak kulihat adanya penambahan fasilitas dan perluasan area di Ekowisata Sungai Mudal setelah kedatanganku ketigakalinya disana kali ini. 

Area outbound sekarang ini dilengkapi dengan kolam ikan mas koi, melengkapi beberapa gazebo dan sarana permainan flying fox yang telah ada sebelumnya. 


"pemandian nuansa alam tropis ekowisata taman sungai mudal"

Bersebelahan dengan area outbound saat ini dilengkapi dengan kolam anak bersusun dengan memiliki kedalaman berbeda. 


"pemandian nuansa alam tropis ekowisata taman sungai mudal"

Dan terdapat kolam terapi ikan yang sempat kucoba juga beberapa menit sambil berselancar wi-fian gratis yang disediakan oleh pengelola.  


Sebagai penunjang program ekowisata, pengelola Taman Sungai Mudal mencanangkan program Trees Of Hope yang bertujuan mengajak pengunjung ikut kesadaran pelestarian lingkungan dan untuk pengunjung yang tertarik ikut menyumbangkan tanaman, baik pepohonan atau tanaman hias dapat menyerahkan ke pengelola dan selanjutnya akan ditanam di lokasi area. 


"pemandian nuansa alam tropis ekowisata taman sungai mudal"

Maka tak heran, area ekowisata Taman Sungai Mudal tampak semakin cantik dipenuhi oleh bermacam jenis tanaman bunga dan hijau asrinya beraneka jenis pepohonan seperti pohon Pakis.



Lokasi: 

Ekowisata Sungai Mudal 

Banyunganti, Jatimulyo, Girimulyo, Kabupaten Kulon Progo, Daerah Istinewa Yogyakarta

Tiket: 

10K wisatawan lokal dan wisatawan mancanegara

Jam Operasional:

08.00 - 16.00

Comments

  1. "Sumber mata air alami Taman Sungai Mudal tak pernah surut tersebut berasal dari sungai bawah tanah di dalam gua yang terletak berada di dekat kolam pemandian teratas." ==>> terbayang betapa sejuknya air yang berasal dari sungai tanah. Selamat malam, Mas. Terima kasih telah berbagi informasi.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Betulan sejuk banget airnya disana, kak ...terasa ceeeezz seger di kulit & bikin betah berlama-lama bermain air.
      Sama-sama, aku juga berterimakasih untuk kunjungan kak Nur.
      Salam.

      Delete
  2. Halo Teman!
    posting bagus lainnya :) foto-foto indah. Tempat ini sangat indah. Menyenangkan. Bepergian dengan Anda sangat menyenangkan :)
    Salam dari Polandia!

    ReplyDelete
    Replies
    1. Halo juga Ayuna di Polandia!.
      Bardzo dziękujemy za odwiedzenie komentarzy fanów.
      Miejmy nadzieję, że ten wodospad Mudal River i kąpiel ekoturystyczna mogą być dla Ciebie zabawne i pouczające.
      Salam dari Indonesia!.

      Delete
  3. Hello,
    What a nice post.
    Great with the waterfall and the streaming water.

    Greetings, Marco

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hello, Marco.
      Big thanks for your appreciation.

      Vriendelijke groeten en een fijne dag verder.

      Delete
  4. Hola buenas tardes , un saludo y abrazos .

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hola, buenos días de tu paso por Indonesia, Campirela. Con suerte, esta publicación en cascada puede aumentar tu entusiasmo.
      Un abrazo

      Delete
  5. Betapa indahnya tempat yang Anda persembahkan untuk kami hari ini, kawan Himawan, keindahan alam tanah Anda tidak ada habisnya. Membuat Anda ingin berada di sana sekarang ... tetapi tidak ada yang dapat saya katakan melebihi definisi puitis Anda, begitu baik ditulis juga: "tujuan wisata alam dengan air terjun yang menawan dan Anda dapat mengatakan bahwa itu adalah bagian dari sepotong surga yang indah di tanah. " Bagus, sobat. Ekspresi yang luar biasa.

    Pelukan erat.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Saya sangat sangat berterimakasih atas apresiasi besar dari anda sobat Carlos 🙏!.
      Saya merasa tersanjung karena ungkapan kekaguman saya tentang keindahan lokasi air terjun ini mendapat pujian dari anda.
      Terimakasih banyak sobat!.

      Pelukan erat.

      Delete
  6. Huwaaa lihat warna airnya cantik banget, bikin pengin segera nyeburin kaki deh, Kak 🤣. Kolam yang warna airnya toska itu dalamnya 1 meter?
    Enak ya ke sana pas lagi sepi gitu, jadi bisa puas main air dan foto-fotonya 😍

    ReplyDelete
    Replies
    1. Uwoolw mbak Lia, hobinya begadang nih yee jam 1 komen haahahaaa

      Delete
    2. @ Lia :

      Di noted lokasinya yuk, Lia.
      Ntar kalau kesana dipuas2in main2 air di ekowisata Sungai Mudal yang viewnya super ketjeh ini 😍.

      @ Dodo :

      Haha .. Dodo ngliatiiin aja jam Lia berkomentar ... ,
      Kayaknya waktu jam 1 itu Lia masih ikutan ronda, masih melek dan punya waktu buat ngomenin, wwwkk 😂

      Delete
    3. wkwkw iyaa ya, kayaknya mbak Lia ikutan nge ronda di komplek perumahannya 😂😍

      Delete
  7. Hai himawan
    Air terjun yang sangat mempesona, menyegarkan dan indah!
    Luar biasa, tenang apa lagi yang bisa Anda minta. Saya berharap suatu hari bisa mengenal tempat-tempat indah ini!
    Sebuah pelukan

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hai juga Yessy.
      Jadi benar apa yang saya katakan jika keindahan air terjun ini memesona seperti surga dunia 😊.
      Tentu saya mendiakan untukmu kelak anda akan berkesempatan melihatnya langsung.
      Sebuah pelukan.

      Delete
  8. I love water, The pools are beautiful. What colours! And the fish, so bright! Wonderful place. :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. It sounds fun you also love activities in the water.
      I agree your opinion this location is so wonderful 😊

      Delete
  9. Un lugar que merece ser conservado por su belleza y ser disfrutado como tú lo hiciste.
    Esas aguas son de las que te están diciendo disfruta de un baño.

    Saludos.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Sí, es cierto que este hermoso lugar debe ser preservado en la naturaleza, no contaminado. Y es cierto porque la claridad del agua me hace sentir como en casa jugando y bañándome allí.

      Saludos.

      Delete
  10. Heaven must be out there somewhere. The nature is wonderful, the vegetation, the fish, the ponds ... You are very lucky. Big greetings from Turkey.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Yes, I really agree that the nature of the Mudal River is extraordinarily beautiful .., wonderful!.
      Hopefully one day you can take a vacation there someday.
      Greetings of friendship to you in Turkey from me in Indonesia.

      Delete
  11. Farei volentieri un bagno anche io in quel fantastico posto.
    Buona serata.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Sì, e sentirai la straordinaria freschezza dell'acqua che è fresca e fredda perché proviene direttamente da una vicina sorgente.
      Buona serata.

      Delete
  12. Bem como você disse, amigo: um belo pedaço no céu na terra! Adoraria conhecer esse parque! Meu abraço, bom resto de semana.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Estou feliz que você também veja a beleza deste local como o paraíso na terra.
      Eu espero que seu desejo de ver este local em primeira mão se torne realidade, Amém. Saudações de amizade para vocês árabes

      Delete
  13. a beautiful, charming place 😍
    I would like to go there myself to relax - this place is perfect for that
    greetings

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hopefully your hopes will come true by relaxing in this bath and waterfall. I pray for you.
      Greetings.

      Delete
  14. Que lugar lindo, a cascata lembra muito uma cachoeira
    Beijos ♡ Blog | Instagram | Youtube

    ReplyDelete
    Replies
    1. Sim amigo.
      Este local tem a forma de uma cascata e também de uma piscina natural para banhos. Localização idílica!.
      Besos.

      Delete
  15. Replies
    1. I think so 👌.
      A lovely place to have fun playing with water.

      Delete
  16. Haii kang. Pemandangan air terjun yanh indah yaa.. Apalagi yg warna toska itu loh 😍😍

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hai juga , Do.
      Amazing yaaa viewnya.
      Keren buat buat fefotoan juga buat relaksasi 😍

      Delete
  17. bagus banget mas him tempatnya, airnya seger banget sepertinya buat mandi, langsung pengen nyebur :D, airnya warna ijo itu di edit ga sih :D.. soalnya di tempat gw juga ada wisata, di lihat dari fotonya bagus air sungainya warna ijo, tapi kenyataanya tidak, fotonya di edit, dan parahnya udh kesebar di sosial media, jadinya orang-orang jauh yang datang kesitu pada kecewa :D

    ReplyDelete
    Replies
    1. Pooll segernya, mas.
      Karena deket banget sama sumber mata airnya, kerasa ceeeez begiti nyebur 💦.
      Warna ijo toska di kolam pemandian pertama dari arah kedatangan itu asli warnanya, mas. Tanpa editan 😊.

      Laaah, kok bisaan sih jahilnya ya air sungai di daerah mas Khanif diedit warna jadi ijo toska begitu, hahaha ...
      Kasihan yang udah pada datang jauh2 tuh 🤭

      Delete
    2. ya ga taulah, namanya juga orang yang promo tempat wisata baru, jadi se enaknya aja bikin postingan di sosial media :D

      Delete
  18. Wah sungainya jernih ... warnanya tosca lagi... keren euy...👌
    Seger banget mandi di sungai begitu?
    Eh kok nggak dalam ya? Cuma 1 meter? Tapi lihat-lihat arusnya dulu deras atau nggak ya? saat mau renang di sana.
    Fasilitasnya juga banyak ya bisa buat flyng fox dan outbond.
    Aku suka lihat kolam yang ada ikan-ikan 🐡🐠koi cantik itu.😊

    ReplyDelete
    Replies
    1. Ketjeh banget kan warna airnya bisa toska pekat begitu .. amazing rasanya ngelihat aslinya 😍!.
      Kalau ditanya seger ngganya mandi disana .. jawabannya adalah Polll sodara-sodaraaa .. , hahaha 😆.
      Aliran ini kan dekeeet banget letaknya sama gua tempat sumber mata air .., so kerasa ceeez sejuk suegeer 💦
      Ngga perlu khawatir karena aliran ini tidak pernah terjadi banjir.

      Delete
    2. Iyaa.. ngelihat air sungai warna hijau tosca nya bikin terpesona..👌
      Ouw.. jadi kalau secara langsung ngelihat asli nya... benar-benar amazing? That's cool..🤩
      Pastinya super segar mandi dan kecipak kecipuk air di sana.. pasti nggak mau mentas.. nggak mau beranjak dari dalam air..wkwkwk..😅
      Ooh jadi aluran sungai dekat banget sama mata air.. jadi benar-benar asli segernya..yes. I see..
      Itu maksudku... kalau arus airnya lagi deras.. apa kalau mandi berenang kita nggak terbawa arus? Soalnya aku bayangin arus sungai di bawah air terjun itu pasti deras.. hehehe..😅
      Tapi aman kok ya soalnya nggak terlalu dalam juga hanya 1 meter..
      Btw.. Ekowisata taman sungai modal ini apa sudah berdiri lama atau baru beberapa tahun belakangan ini?

      Delete
    3. Kebawa arus manjah sih iyaa, hahaha .. tapi tetap safety karena ujungnya dibuat dam, ngga bakalan keseret sampai di aliran air terjun.
      Pertamakali dijadikan buat lokasi wisata th 2011 silam.

      Delete
    4. Wkwkwkwk... bissaaa aja kebawain arus manjah..😂
      Kalau begitu arusnya pelan dan kayak dibuai-buai gitu sama air ya? 😅
      Pas mandi.. eh renang sendirian ya nggak kelihatan pengunjung lain yang nyebur?. Jadi berasa private river ya? wkwkwk
      Oh udah lama juga dibuka menjadi lokasi wisata i sudah 20 tahun yang lalu. Dulu sudah bagus begini ya?

      Delete
    5. Berhubung aku bukan penduduk sana, haha . diriku tak tau apakah dulu areanya udah seketjeh ini lokasinya atau belum, ntar deh aku pinjam mesin pemutar waktu kepunyaan mister Doraemon dulu buat ngelihatnya 😂

      Delete
    6. Oke dech. kalau begitu pinjam mesin pemutar waktu nya doraemon dulu.. aku nunggu aja jawaban nya lokasi ini dulunya sudah ketje apa belum? setelah itu.. aku juga boleh pinjam ya mesin pemutar waktu nya? Aku mau naik ke mesin waktu terus kembali ke masa lampau.. xixixi😂
      Ooh ya .. btw di Taman Sungai Mudal ini kira-kira ada berapa ya air terjun nya ? kok banyak ada low waterfall dan ada high waterfall. . ? Apa semua nya natural atau ada salah satu waterfall buatan? Tapi ketje semua sich and look fresh

      Delete
    7. Ntar kalau terlanjur masuk ke masa lampau ngga bisa pulang jadi jera loh, .., dikejar2 terus sama kawanan dinosaurus , haha🏃🦖 😆!.
      Ada banyak banget aliran berundak air terjunnya & semuanya alami, no bikin bikin 😁

      Delete
    8. Wkwkwkwk.... 😅iya kembali ke masa lampau terus dikejar hewan-hewan purbakala seperti di film " Jumanji".. keren ya filmnya.. mesin waktunya rusak nggak bisa kembali ke masa kini... waduuuh..😱 tobat.
      Aku pinginnya balik ke masa lalu tahun 90 an aja dech.. sebelum jaman millenia..wkwkwk😂
      Ooh jadi aliran berundak terjunnya semua pure alami bukan buatan..? Wouw mantap banget 👌Gorgepus natural waterfall.. 👍

      Delete
  19. ·
    ˚ .
    . ✩   
    +    
      ✩
        ˚ +
      · ˚ ✩Such a beautiful waterfall!
    Have a good evening, dear friend
    Bisous ·
    ˚ .
    . ✩   
    +    
      ✩
        ˚ +
      · ˚ ✩

    ReplyDelete
    Replies
    1. Thank you for viewing your interesting comments, dear friend Hada 🙏.
      Have a good evening also 😊.

      Delete
  20. Parece un lugar genial para visitar me ha encantado las imagenes y el rió es tan hermoso. Te mando un beso

    ReplyDelete
    Replies
    1. Este lugar é lindo e eu recomendaria visitar, J.P. Obrigado por mandar um beijo seu.
      Eu te envio beijos também.
      Abraço

      Delete
  21. waduh liat mas himawan lagi mandi saya kok berasa makin dingin brrrr..
    di sini lagi ujan dingin banget soalnya, malah malas mau mandi wkwkwk

    ReplyDelete
    Replies
    1. Haha ... Lalu ..., betulan tadi ngga mandi mas 😄 ?.

      Delete
    2. mandi mas kalo udah agak angetan wkwkwk setidaknya mandi sekali sehari tapi kalo lagi males gapapa dua hari sekali haha

      Delete
  22. Replies
    1. Daaan itu ...betulan, so refreshing in there 💦

      Delete
  23. Es un lugar encantador, las fotos me lo dicen, un gusto leerte amigo, saludos

    ReplyDelete
    Replies
    1. Muchas gracias por disfrutar leyendo mi blog, Sandra.
      Saludos.

      Delete
  24. Wow!!! It's cool! I need this place. I need relax...

    ReplyDelete
    Replies
    1. Yes, this location is really wow.
      Hopefully someday you can visit that location.

      Delete
  25. C'est la meilleure baignoire pour se laver! :D
    C'est génial, les paysages sont magnifiques et cela doit être tellement agréable.
    Bon weekend

    ReplyDelete
    Replies
    1. Ha ha ha .., tu peux y laver ton corps autant que tu veux 😄. Je suis d'accord avec vous si cet endroit est vraiment magnifique, wow ... !.
      Passez un bon week-end à vous aussi, mon ami.

      Delete
  26. Duhh ya ampunn... itu airnya cantik banget.. pengen banget lumpat langsung ke kolamnya.. haha ambyar semua airnya keluar kalau saya yg lompat.. tapi serius ini bagus banget. Kalau suruh milih water boom sama ini, aku lebih milih ini deh... mana masuknya cuma 10 rebuuuuu...

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hahaha ngga apa-apa airnya ambyar setelah mas Bayu loncat ...malah seruu 😆💦!.
      Iyups, samaan kita, mas. Aku juga lebih milih ke lokasi ini kalau diajak ke waterboom, no kaporit pulaak ..

      Delete
  27. Air terjun warna toska gini emang punya daya tarik tersendiri ya mas, seger banget ngliatnya. Tapi di kampungku banyak sih pemandian alam kaya gini mas, cuma aku udah 1.5th ga mudik, hikshiks.

    Aku naksir sama kolam yg buat bocah, krucil2 pasti seneng tuh kolamnya kosong kaya begitu, aku juga lebih milih mainan air disitu sama si bocah hahaha

    ReplyDelete
    Replies
    1. O, yaa ...di kampungnya kak Ursula ada banyak pemandian alam ..hayook kapan diulas ya, aku pengin lihat gambarnya.Siapa tau kesampaian juga liburan kesana 😊.

      Hahaha ..kolam ciblon buat bocah itu apik juga viewnya ya buat fefotoan ...pake pose ala2 mandangin pepohonan.

      Delete
  28. Is that you in the pool? Nice photo and the whole area looks great. You are doing great things to improve the image of your country when viewed from elsewhere.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Yes, the photo taking a shower is a photo of myself.
      A big thank you for your compliment on the photos and my efforts to introduce my country tourist sites.
      So far, I only share my experiences on vacation.

      Delete
  29. This waterfall is beautiful and the surroundings as well. 😍

    ReplyDelete
    Replies
    1. That's very true, the area is alluring 🏞️😍

      Delete
  30. Oh wow this looks like a stunning place :-D Great photos :-D

    ReplyDelete
    Replies
    1. I agree with you that this location is stunning. Perfect for relaxation.
      Big thanks, Ananka 🙏

      Delete
  31. pohon2 pakis itu kan emang gak ditanami pastinya, tapi karena itu kesan eksotisnya kelihatan banget, saya paling sukan pohon pinus dan pakis, kalo pakis gede2 itu seolah nuansa hutan tua purbanya dapet.

    tujuan trees of hopenya udah dapet banget itu, kalau di daerah asal saya di alirannya pasti banyak sampah bungkus pop mie atau air mineral, hadeuh..

    keren mas lokasinya, semoga saya bisa bawa istri dan bocil2 kesana, aamiin

    ReplyDelete
    Replies
    1. Kurasa memang iya pohon2 Pakis itu tumbuh alami disana, mas.
      Karena di sepanjang perjalanan juga ada banyak terlihat pohon Pakis.
      Bikin view jadi lebih Eksotis, ya ...

      Sayang ya sungai di daerah mas Yudi tinggal tercemar begitu.
      Semoga pemda setempat segera mencanangkan program sadar lingkungan.

      Amin, ikut kudoakan mas Yudi & keluarga kelak kesampaian liburan ke lokasi ini.

      Delete
  32. Kereenn tempatnya mas Him...😊😊

    Namanya sungai Mudal...Tapi bukan sembarang sungai yee karena ada tarifnya....Tapi tetap murah meriah.😊😊


    Dan pemandangannya wow banget yaa seolah kita sedang berada diera kerajaan jika sedang mandi disungai Mudal.😊😊

    Andai saja ada bidadari ikut menemani mandi wah makin asik tuh mas Him..🤣🤣🤣🤣🤣

    ReplyDelete
    Replies
    1. bidadari dari kayangan yang menemani :D

      Delete
    2. @ Satria ,:

      Hahaha ... komennya mas Satria bikin auto kebayang mas Satria dan konco-konco pada pakai busana ala-ala Kerajaan Jowo terus pada nyebur mandi2 suka cita bahagia ..... dikelilingi para bidadari tanpa swiwi [sayap] 😂😂

      Delete
    3. Aku ora percaya mas...Soalnya Bidadarinya tampangnya mirip Khanif dan Agus aku mooh mas him..🤣🤣🤣🤣


      Jadi nggak jadi nyebur ke sungai Mudal.😁😁🤪


      Komen2 mas Hino di Forum Kafe MM....Diruang Gaul yee saya tunggu..😂😂

      Delete
    4. anjirrrr ngakak owe baca komen kang sat pake bahasa jawi hohoooo

      Delete
    5. Kang satria maunya bidadari nya tampangnya mirip mas Himawan ya.😁

      Delete
  33. Cudowny wodospad! Świetne zdjęcia! Opisy też ciekawe, przetłumaczyłam sobie w translator google.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Och, bardzo dziękuję za komentarze i wysiłki, aby przetłumaczyć język tego postu, przyjaciele. Pozdrowienia z przyjaźni.

      Delete
  34. Bardzo ciekawie wygląda ten basen, piękne wodospady;)

    ReplyDelete
    Replies
    1. Dziękuję Martyna..
      Moje wrażenia z zobaczenia tego miejsca też są piękne.

      Delete
  35. ¡Hola, Himawan!

    Como bien dices nos hallamos ante un pedacito del cielo en la tierra. Un paraíso. Me alegro además de poder haber visto las preciosas fotografías de que hoy haya funcionado a la perfección el traductor de Google y haya podido leer el bonito texto que has escrito.
    Un destino muy apetecible que algún día me gustaría conocer.

    Te mando un fuerte abrazo amigo desde España.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hola también mi querido amigo Miguel. Me alegra que el traductor haya funcionado perfectamente para que puedas leer mi historia completa.
      Gracias Vesar por tu gran agradecimiento.
      Desde lejos les mando un saludo de abrazo.

      Delete
  36. Doğa harikası! İnanılmaz bir güzelliğe sahip bence. Özellikle manzaralar çok güzel.
    Türkiye'den çokça selamlar 🌸

    ReplyDelete
    Replies
    1. Minnettarlığın için teşekkürler dostum.
      Bu yerin yeryüzündeki cennet gibi çok güzel olduğuna katılıyorum. Endonezya'daki benden, Türkiye'deki size selamlar 🌼

      Delete
  37. Красивые места!!!! Я восхищаюсь цветом воды! Голубая и глубокая!!! Сказочное путешествие! Привет из России!!!!

    ReplyDelete
    Replies
    1. Я рада, что вам также понравился вид на бассейн с бирюзовой водой.
      Я вижу, что это место действительно очаровательно красиво. Приветствую вас в России от меня в Индонезии.

      Delete
  38. Sayenizde blog yazarlığının uluslararası bir konumda olduğunu gördüm. Bu, benim için çok heyecan verici. Sizi takip etmek istiyorum.

    Türkiye'den Selamlar.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Merhaba Türkiye'deki Mostopha arkadaşım. Lütfen sizden gelen mesajları yanıtladığım zaman gecikmeyi affedin. Minnettarlığınız ve blogumu takip etme dilekleriniz için teşekkür ederim.
      Memnuniyetle blogunuzu da takip edeceğim.

      Endonezya'dan selamlar.

      Delete
  39. Ya ampuuuuun aku pengeeen nyebuuuur hahahahah. Ini ga dalam ya mas? Itu warna toskanya baguuuus byangeeeetttt.

    Udh kebayang yaaa airnya sejuuuuuk pasti ;).

    Hrs aku datengin kalo kesana. Kliatannya sepi yaa, malah bgs juga sih. Aku seneng yg begitu, jd ga terlalu crowded.

    Pengen banget ngisengin anakku di kolam terapi ikan mas :p. Mereka pasti kaget kalo kakinya geli2 hahahahaha.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Yoiii ..., ketjeh abis lokasi ini, kak. Dan ... rekomended 😉.
      Aslinya lebih keren karena dibarengi sama suara gemuruh kucuran air terjun 💦.
      Monggo kapan ada waktu melipir kesana buat ngisengin anak, eh * 🤭, hahaha ..

      Delete
  40. Boa noite meu querido e grande amigo, que vontade de se banhar nessas águas maravilhosas. saudades de ti.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Olá meu querido amigo Luiz Gomes.
      Vamos nos divertir brincando com a água he he he ... 😁💦.
      Coincidentemente, as paisagens naturais do seu país e do meu são semelhantes ..., há muitos locais de turismo aquático.
      Saudações de amizade.

      Delete
  41. kok iso nemu tempat wisata sek keren dan kece badayyy sih mas him, jajal nek aku lewat yogya mbok iso nyeblung n ciblon ciblon manja seperti iwak duyung #hellaaaw gw iwak duyung hahhahahahhaha


    e tapi serius apik sangat pemandangane loh, aire ketok jernih, ijo tosca dan di atas ketinggian pula...nggunung tah iki mas di atas ketinggian 2000 mdpl wuih terbayang langsung pengen merasakan sensasi munggah gunung dan nyilem nyilem cantik diantara gerujukannya...terlebih ada pemandangan ikan hias dan lainnya. Mantab soul 😃

    ReplyDelete
    Replies
    1. Whuahahaha .. seko omah ojo lali sampeyan sangu kostum sirip sikil ala-ala putri duyung yo, kak Mbuuuul 🧜😅

      Terus, fotone nangkring di batu dekat grojogan 📸💦

      Delete
    2. ho oh mas him, nek seko umah blom ganti kostum, takut yang liat pada shocked wkkwkwkw

      Delete
  42. daerah di pegunungan menoreh ancen kipa eh bagus banget mas
    bisa toska gitu warna airnya
    aku jadi ingat kedung pedut
    sayang memang jalannya ya lumayan hehe
    cuma sebanding sama pemandangannya

    duh aku pengen ke daerah sini lagi
    sayang tak ada motor huhu
    ayo mas ajak aku kapan kapan haha
    pengen juga terapi kaki di kolam ikan
    aku sudah lama tak melakukannya

    ReplyDelete
    Replies
    1. Kipa kuwi bahasa dari daerah mana ya mas 🤔?

      Hayook mas .. kapan kita meluncur bareng ke Kedung pedut.

      Dulu sih aku juga pernah ke Kedung Pedut tapi mbonceng temen yang pinter nyetir motor ..., kemarin pas sendirian aku gagal ke Kedung Pedut ... ngga berani soalnya , ,hahahaa ..
      Jalurnya itu loh .. aduhaaaiii ...,syerem😅!.

      Delete
  43. Tampak segeeeer... Sepertinya Cocok juga ini kalau untuk outbond anak - anak kalau nanti covid dah pergi.
    Program trees of hopenya kereen sekaligus bisa mengedukasi. Tempatnya oke

    ReplyDelete
    Replies
    1. Yups, keren juga buat wisata anak-anak, tapi tetap harus diawasi maksimal.
      Terutama di jalur undakan anak tangga di tepi aliran air terjun karena licin dan sempit.

      Delete
  44. nyaman dan selesa kelihatannya tempat ini... musim-musim panas begini, cari tempat-tempat sejuk sahaja ya mas ;-)

    ReplyDelete
    Replies
    1. Tapi, di musim penghujan lokasi ini justru terlihat lebih keren karena air warna toska-nya semakin pekat, kak :)

      Delete
    2. ooo ya ke? kalau begitu, bawa pancing sahajalah. cari ikan. hahahaha

      Delete
  45. Mas Hino bisa nemu tempat wisata yang agak tersembunyi begitu ya, soalnya kan tidak ada angkutan umum yang kesana jadinya menurutku cukup tersembunyi.

    Karena itu tempatnya jadi tidak terlalu ramai ya mas, cocok dengan keadaan sekarang yang harus jaga jarak.

    Lihat airnya seger banget, jadi pengin ikutan mandi dan renang di taman sungai mudal.😃

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iyups, lokasi ini berada terpencil di pegunungan meski beberapa kilometer ada juga perkampungan warga, mas.

      Ayok, mas Agus sebagai cerpenis handal lokasi ini selanjutnya dibikin cerita juga ..., seolah mas Agus dan teman bloggers liburan mandi2 berenang disana 😄

      Delete
    2. Waduh kenapa aku terus, coba chat kang satria suruh bikin cerita kang, apalagi dia sudah lama vakum.😄

      Kalo lokasinya terpencil enak ya mas, seperti taman pribadi.😃

      Delete
  46. ampun mas bisa tinggal aku ditempat ini kalau lihat segini segarnya aku suka banget mandi apalagi kalau udaranya segar

    ReplyDelete
    Replies
    1. Yakin ntar kalau mas Rusdi kesana bakalan betah mandi2 di pemandian Sungai Mudal berair sejuk dingin ini, hehe ..

      Delete
  47. A very nice place. I loved. You can nearly hear the sound of water.
    Regards ;)

    ReplyDelete
    Replies
    1. I'm glad to hear that you love natural locations like this.
      Greetings.

      Delete
  48. What a wonderful place to relax and recharge. Beautiful waterfalls and streaming water. Your photos show the beauty well. Enjoy your day!

    ReplyDelete
    Replies
    1. I think with you if this location is right for relaxing and recharging. Big thanks from your appreciation, Bill.
      Have a nice day!.

      Delete
  49. Nothing Like The Relaxing Sounds Of Water Rushing Over The Falls - So Lush - Very Desirable Location - All The Best Brother

    Cheers

    ReplyDelete
    Replies
    1. All the Best also, brother Padre.
      The sound of water flowing and its coolness can be a neat mediation for the senses.

      Delete
  50. onde mandee.. ni pasti aslinya jauh lebih cakep daripada yang dipotoooo!

    ReplyDelete
    Replies
    1. Onde Mandeee ..., dan itu benar adanya uda Andie 👌

      Delete
  51. The pools are so pretty there! It's nice that they give you the option to rent pool floats and life vests too!

    ReplyDelete
    Replies
    1. Yes, Theresa. Park managers pay close attention to the wishes of visitors for the rental facility for life tires and vests

      Delete
  52. Seger bener ya.. Air dan alamnya...

    ReplyDelete
  53. Replies
    1. And it is true.
      The location is great for splashing around in the water.

      Delete
  54. Sungai Mudal itu indah. Semua perjalanannya. Foto yang sangat bagus !!
    Peluk Himawan :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. Terimakasih besar, sobat Gumer.
      Peluk Gumer 🤗

      Delete
  55. Harika bir yer ve fotoğraflarla birlikte güzel bir anlatım olmuş. Ülkenizi gerçekten çok merak ediyorum, bir gün gelirsem size mutlaka haber vereceğim:-) Belki bana rehberlik yaparsınız.

    Türkiye'den saygılar ve selamlar.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Bu gönderi için teşekkür ederim arkadaşım. Endonezya'ya, özellikle de yaşadığım eyalete bir gün gelirseniz size eşlik etmekten ve rehberlik etmekten mutluluk duyacağım.

      Endonezya'daki benden Türkiye'deki dostluğunuzdan en iyi dileklerimle ve selamlar.

      Delete
  56. Beautiful photos! It looks like a lovely spot! I hope I will get to visit one day!
    Julia x
    https://www.thevelvetrunway.com/

    ReplyDelete
    Replies
    1. I will pray for you so that one day you will have the opportunity to visit this exotic location, Julia.

      Delete
  57. Sekarang daerah Kulon Progo punya banyak tempat wisata, ya? Btw, itu kayaknya enak banget mandi di sungai. Bisa lupa waktu tuh, tahu-tahu jari kaki tangan keriput semua.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iyups, wilayah Kulon Progo yang ada di perbatasan antara Yogyakarta & Magelang ada banyak banget lokasi wisata ketjeh2, kak.
      Yuk kapan2 cobain berendam di lokasi ini :)

      Delete
  58. Airnya jernih begitu. Pasti seru jika buat mancing
    Ikannya pasti segar

    ReplyDelete
  59. Jernih airnya. Sudah lama saya tidak mandi air terjun.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Pilah pilih lokasi air terjun yang tepat buat lokasi mandi ya, kawan.
      Pastikan lokasi air terjunnya yang tidak membahayakan atau sering banjir.
      Kalau lokasi ini safety.

      Delete
  60. Reportase yang bagus dari tempat yang cantik, terimakasih infonya, Mas Himawan

    ReplyDelete
  61. A lovely post.
    The pools and waterfalls look so nice.

    All the best Jan

    ReplyDelete
  62. These falls look beautiful and refreshing! I can see why you made them your phone screen. Also, the Trees of Hope program sounds lovely. Every little leaf helps!

    ReplyDelete
    Replies
    1. Thank you friend. I'm glad you read my waterfall photo on my phone screen.
      I also agree with Threes Of Hope's good program. Regards

      Delete
  63. Добрый день! В Вашей стране чудесная природа. Спасибо, что поделились! Одно наслаждение и отдых для души.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Спасибо за вашу признательность, друг. Я рад, что у меня появилась возможность поделиться информацией об интересных и экзотических местах, подобных этому месту. Привет дружбы.

      Delete
  64. seperti biasa, selalu menarik ..... beautiful photos.
    ikan koinya cantik banget....

    Thank you for sharing

    ReplyDelete
  65. Hello,
    What a pretty place. I love the waterfalls. Great photos! Take care, enjoy your day! Wishing you a happy new week!

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hello also, Eileen.
      It's nice to know someone loves waterfalls too. Thank you for your attention and concern.
      Wishing you a happy week also!

      Delete
  66. Saya ke YOgyakarta sering banget tapi gak pernah lama bermukim disana, entah kenapa ya seperti itu dari dulu. Padahal ingin sekali berlama-lama dan menikmati setiap keindahan alam nya. Apalagi wisata seperti yang mas Himawan ulas..

    Ke pantai sudah, tapi gak lama. Ke merbabu sumeru sudah tapi gak lama, kebun salak di sleman sudah tapi gak lama, malioboro sering tapi gak lama, ingin sekali mengahbiskan waktu berjalan-jalan di semua destenasi wisata Yogyakarta tapi harus nabung dulu biar sekalian keluarga ya, ah mantap

    ReplyDelete
    Replies
    1. Mungkin karena faktor keterbatasan waktu ya, mas.
      Aku juga sering ngalamin begitu kok. Penginnya bisa berlama2 waktu, atau juga beberapahari tapi apa boleh buat harus waktunya kerja lagi 😁.

      Delete
  67. ¡Hola!
    Preciosas fotos. Invitan a visitar el lugar y disfrutar de esa bella naturaleza.
    Un abrazo.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Este lugar es realmente bonito y recomiendo que valga la pena visitarlo. Muchas gracias por tu agradecimiento, Mamen.
      Un abrazo.

      Delete
  68. Tempat menakjubkan lainnya! Senang berwisata bersamamu :) Air terjun dan warna air ini sangat mengesankan!

    ReplyDelete
    Replies
    1. Sependapat dengan anda, tempat ini memang menakjubkan untuk dilihat dan sebagai tempat untuk relaksasai.
      Terimakasih apresiasi dari anda Rodzina.

      Delete
  69. That marvelous place seems a nature reserve! Love those rapids and those wooden bridges. Great post Himawan! Thanks for sharing such an interesting report.
    Have a nice week!

    ReplyDelete
    Replies
    1. Yes, Giorgio the location of this waterfall is a nature reserve and the cool thing is that there is an awareness call for visitors to pay more attention to the environmental ecosystem. Thank you very much from your appreciation, Giorgio.
      Have a super week!

      Delete
  70. Mas Him, aku sampe gak kedip2 mata liat air sungai berwarna toska...
    Jadi kepengen nyebur segera jika berada di situ😊

    Tapi, gak ada buaya kan mas?? Sapa tau ada buaya darat yang nyumput di sungai😊

    Air sungainya dingin iya mas...
    Bisaan, mas Him ngudek tempat wisata yg tersembunyi nan indah dan mempesonaaa...

    Aku pernah liat foto tempat wisata di kupang juga, kolam airnya ada beberapa warna. Luar biasa takjub alam ciptahan Tuhan....

    Moga suatu saat bisa berkunjung ke sana..
    Maksih mas infonya...


    ReplyDelete
    Replies
    1. Tjakep banget warna toskanya ya, kak ..., Uniknya di musim penghujan warna toskanya makin pekat.

      Haha ...., ngga ada buaya disana, kak.
      Yang ada buaya karet pelampung, itu pun kalau pengunjung bawa sendiri 😂.

      O, iya jadi teringat ada satu lokasi air di Kupang yang yang punya 3 warna.
      Cantiik sekaligus misterius kesannya, ya !

      Amiiin, ikut kudoakan dari sini kelak kak Ike & fam kesampaian nyebur ke lokasi tjakep satu ini.

      Delete
  71. By the way, I couldn't find the "follow" button for your blog 🙈 I don't want to miss your articles 🙏

    ReplyDelete
    Replies
    1. Merhaba Türkiye'deki arkadaşım.
      Şimdi Takip Etme düğmesini yeniden etkinleştirdim.
      Yeni makalelerimize her zaman ayak uydurabilmemiz için blogumu takip etmenizi beklemekten mutluluk duyuyorum.
      Daha önce söylemem gereken çok teşekkürler dostum 🙏

      Delete
  72. cantik sekali air terjun nya..

    ReplyDelete
  73. Bello y encantador lugar amigo, gracias por mostrarlo, buen baño de refresco.
    No llego a entender porque el traductor no me funciona y no me traduce el post en español, hubo un tiempo que pasaba y ahora vuelve a pasar de nuevo.
    Un abrazo y buena semana.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Oh, una vez más ruego por las molestias de un traductor ineficaz. También me sorprende que los traductores no siempre sean eficaces. Muchas gracias por tu agradecimiento por las fotos aquí, amigo Juan. Saludos de amistad.

      Delete
  74. Se ve un lugar hermoso y transparente donde poder disfrutar de un lindo baño.
    Un abrazo.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Eso es, Jorge.
      El agua en el lugar donde me duché se veía clara, transparente y muy refrescante.
      Un abrazo.

      Delete
  75. Whuah, langsung disambut dengan penampakan Koko kah yang lagi asyik berendam itu?? Emang berbeda sensasinya mandi di sungai langsung, apalagi ada air terjunnya. Dan mungkin karena sudah dibina PLN, infrastrukturnya sudah lumayan mumpuni ya.. ada wifi segala. Semoga makin banyak yang berkunjung

    ReplyDelete
    Replies
    1. Siapa lagi kalo bukan aku yang nyemplung air berpose ala-ala putra duyung itu, kaaak .. hahhaha 😅!.
      Rela aku relaaa sampai gemelutuk kedinginan ...., difoto berulangkali sampai didapat pose yang kuinginkan 😊

      Delete
  76. Aguardo o próximo post, amigo. Como já disse, encanta-me o teu lindo pais! Meu abraço, boa semana.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Obrigado por aguardarem a última postagem minha, amigos árabes.
      Não tive tempo de terminar a postagem mais recente :).
      Obrigado também por se cativar pela beleza do meu país. Também estou impressionado com o seu país.
      Saudações de volta do meu abraço de amizade.

      Delete

  77. Un paraiso. Bellísimo lugar amigo para disfrutar bien de la naturaleza. y poder admirar las cascadas. Me encantan los puentes.
    Buen martes. Cuídate
    Un abrazo.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Muchas gracias por todos tus comentarios, Laura. Saludos Lunes.
      Cuídate tú también.
      Un Abrazo

      Delete
  78. Güzel bir şelale ve gezinti olmuş ağaçlar ve ormanda çok güzel bu hayatı yaşıyorun diyelim :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. Przeurocze miejsce, a woda kryształowa, chłoń te chwile szczęścia, które daje Ci los :-)

      Delete
    2. @ HurPost :

      Türkiye'deki sevimli HurPost'unuzdan gelen yorumlar için çok teşekkür ederiz. Saygılarımızla

      @ Daglezja :

      Och, bardzo dziękuję za uznanie. Twój kraj to również piękny, wiele atrakcyjnych turystycznie miejsc.
      Pozdrowienia.

      Delete
  79. master traveling from yogyakarta mas hima, ...asik,...hampir setiap tempat wisata di jogja pasti mas hima tahu, keren, ngomong-ngomong mas hima mandi engga pakai kebaya ya, biar kelihatan ayu gimnana gitu,...canda je,..kabur

    ReplyDelete
    Replies
    1. Salaaaah ..., hahaha ... I'm not a person from Yogyakarta 😆, wheeuu 😛!.

      Boleh aku terima tantangannya, whuahaha 😂 tapiii .. asalkan ko Kuan Yu mandinya pakai gaun malam ... Haha ..hahayyy 🤣

      Delete
  80. Replies
    1. Thanks for say hello-nya, mr. Tanza.
      Selamat malam [bales komen soalnya malam 😁]

      Delete
  81. Sangat terjaga kawasan persekitaran air terjun. Penuh kehijauan hutan.

    ReplyDelete
  82. Woooo!!!!! Maravillosa belleza natural... Mi mente se ilusiona con el rumor del agua que llega...
    Gracias. Muy bello! 🌱🙏

    ReplyDelete
  83. aku kira awalnya cuman pemandian tok lho, ternyataaa ada kolam ikane pisan toh
    plus ada wifi. tempatnya adem, bisa betah ngadem buat wifian tok kalau aku hahaha

    aslik aku ga kuat liat warna air nya yang biru tosca begitu, bawaannya pengen nyebur aja. segerrr benerrrr

    ReplyDelete

Post a Comment

Popular posts from this blog

Intip Begini Instagenicnya Warung Layar Sentuh 2.0 Magelang

Ketika awal pertamakali dibuka pada 31 Desember 2020 silam, nama Warung Layar Sentuh 2.0 saat itu mendadak hits ramai dibicarakan oleh banyak kalangan dan para milenials kawula muda sebagai pilihan baru lokasi nongki  [nongkrong kekinian] yang ada di Magelang. Bukan saja karena namanya terkesan unik, layar sentuh dan namanya terkesan sedikit berbeda dengan nama-nama kafe lain pada umumnya karena adanya penambahan bilangan angka 2.0 dibelakangnya, tetapi kafe, tepatnya Warung Layar Sentuh ini berkonsep bersantap hidangan berada di tengah hamparan perkebunan ladang tebu dan persawahan bernuansa alam pedesaan dikitari oleh indahnya pemandangan gunung yang mengelilinginya.  Area luasnya terbagi dua pilihan  indoor  dan  outdoor  berdinding kaca tempat makan Warung Layar Sentuh 2.0 yang buka setiap harinya mulai dari jam 07. 00 pagi hingga mendekati tengah malam jam 23. 00 tersebut dilengkapi dengan dekorasi cantik dan penataan ruang bergaya vintage  dan bohemian  yang tampak instagenic ,

Candi Selogriyo Terpencil Menyendiri di Hutan Windusari

Terletak di lereng kaki Gunung Sumbing dengan panorama alam yang menawan dan udara yang sejuk, tepatnya di Dukuh Campurrejo, Desa Kembang Kuning, Kecamatan Windusari, Kabupaten Magelang terdapat sebuah situs purbakala Candi Selogriyo. Persisnya letak candi kuno bercorak Hindu Candi Selogriyo yang telah berusia ribuan tahun silam terpencil menyendiri jauh dari pemukiman penduduk dan berada di lereng bukit kecil ini terletak di hutan Windusari, diantara kumpulan tiga bukit : Bukit Gili, Bukit Condong dan Bukit Giyanti.  Letak Candi Selogriyo sekitar 13,1 Kilometer aku tempuh dari pusat Kota Magelang dengan estimasi waktu tempuh sekitar 33 menit dengan menggunakan kendaraan pribadi melalui rute Bandongan. Sekarang ini hutan tempat keberadaan Candi Selogriyo telah ditetapkan sebagai hutan wisata alam Windusari sejak tahun 2019 silam, seiring waktu selesainya pemugaran candi terakhir dilakukan.  Sejak hutan Windusari ditetapkan sebagai hutan wisata, area sekitar candi Selogriyo pun dipercan

Kampung Ulam Ngrajek - Tempat Makan Bernuansa Etnik Jawa

Kalian bingung memilih tempat makan selepas jalan - jalan mengelilingi kawasan wisata candi Borobudur, atau juga bingung menentukan tempat makan berkonsep tematik buat dijadikan lokasi ngumpul asyik bareng teman - teman, dan juga tentu saja lokasinya keren untuk fefotoan ?.  Kampung Ulam Ngrajek tempat makan dengan suasana tradional Jawa Tengah yang unik dan artsy  yang kudatangi ini mungkin nantinya bisa juga jadi rekomendasi tujuan liburan untuk kalian.  Mengusung tema tradisional dan artistik, Kampung Ulam Ngrajek dengan luas areanya terdiri dari tiga bangunan Limasan berukuran besar berhiaskan beberapa lampu gantung antik terlihat mewah, dan terdapat tiga bangunan Joglo rumah tradional Jawa tempo dulu yang mengingatkanku tentang suasana pedesaan tempat rumah nenek buyutku dulu tinggal.  Terletak berada di tepi jalan dan dikitari oleh hamparan lahan persawahan, udara disana tetap terasa sejuk meskipun keseluruhan ruang Limasan dan Joglo di Kampung Ulam Ngrajek tidak ber-AC karena se