Skip to main content

Pantai Ngrumput, Keeksotisannya Serasa Private Beach

Hitungan hari menjelang tutup akhir tahun berganti ke tahun baru yang hanya tinggal masuk dalam hitungan hari, sekian menit, sekian detik ini, aku akan menposting menceritakan liburan lokasi liburanku ke pantai tercantik menurut versiku, pantai Ngrumput ..., satu lokasi pantai dari beberapa lokasi pantai lainnya yang pernah kudatangi di sepanjang tahun 2020. 


"pantai ngrumput, keeksotisannya serasa private beach"


Pantai Ngrumput Kosakora berada di Gunung Kidul, merupakan salah satu pantai dari 102 deretan pantai eksotik lainnya yang berada di kawasan Gunungkidul, Daerah Istimewa Yogyakarta. 


Awalnya aku mengenal keberadaan lokasi pantai Ngrumput dengan bentangan hamparan pasir putih biru lautnya dan alunan ombak yang mengalun lantang sangat indah dinikmati dari setiap bibir pantainya ini bisa dikatakan tanpa sengaja, tepatnya tidak dimasukkan sebelumnya ke dalam daftar rencana lokasi beberapa pantai yang akan kudatangi sekaligus.


Awalnya, saat itu kami akan menuju ke deretan pantai lainnya di kawasan Gunungkidul dan ketika melewati jalan beraspal di depan papan kayu petunjuk arah panah menuju ke Bukit Kosakara, mata kami melihat adanya spanduk berukuran kecil terpasang di tepi jalan bergambar pemandangan pantai nan cantik bertuliskan Pantai Ngrumput. 


Jika mata tak jeli melihat, spanduk Pantai Ngrumput disertai tanda panah penunjuk arah di bagian bawahnya tersebut tak akan terbaca oleh kami karena ukuran spanduknya yang mungil.

Dan keberadaan lokasi pantai Ngrumput pun tak tampak dari tepi jalan, terhalang oleh pemandangan bukit padas dengan tingginya pepohonan rimbun dari jalan.


Untuk menuju ke Pantai Ngrumput dari area parkir, kami harus berjalan kaki melewati jalan setapak diantara pepohonan khas tropis dan dikepung bongkahan - bongkahan bebatuan kapur beragam ukuran sejauh sekitar 500 meter menuju ke bentangan pasir putih. 


"pantai ngrumput, keeksotisannya serasa private beach"


Berulangkali kami berhenti di jalan setapak mengamati beragam bentuk batuan kapur yang menyerupai batu karang dengan permukaannya yang tak rata, berlubang membentuk formasi yang unik. 


Pantai Ngrumput ini keberadaannya tepat berada di bawah bukit Kosakora.

 

"pantai ngrumput, keeksotisannya serasa private beach"


Nama Bukit Kosakora memang telah popular terlebih dahulu sebagai spot berkemah dengan nuansa pedesaan. Lokasi bukitnya yang cukup luas, ideal untuk berkemah. 


Jika pengunjung yang ingin bermalam di atas bukit Kosakora , atau memilih berkemah di hamparan pasir putih Pantai Ngrumput tetapi tak membawa kemah pribadi, pengelola wisata menyediakan jasa penyewaan tenda dengan beaya 70K permalamnya. 


"pantai ngrumput, keeksotisannya serasa private beach"


Seperti saat itu yang kulihat, ada beberapa tenda berwarna kontras didirikan berada di dekat bibir garis pantai dan saat kami tiba disana juga terlihat sekumpulan pemuda sedang melakukan aktifitas olahraga volley pantai di hamparan lembutnya pasir putih yang sangat bersih.


"pantai ngrumput, keeksotisannya serasa private beach"


Menurut penjelasan yang kuperoleh dari penjaga warung yang kuajak berbincang setelah kami bersenang - senang mengitari area, bermain berlarian kejar - kejaran di hamparan pasir putih layaknya anak kecil kegirangan tak terkira memperoleh hadiah idaman he he he ..., dan tentu saja juga tak ketinggalan melakukan beberapakali pengambilan gambar untuk hasil foto terbaik di beberapa lokasi sudut pantai Ngrumput yang memikat ..., awal mula nama bukit yang berada tepat di atas pantai Ngrumput tersebut bukanlah bernama Bukit Kosakora. 


Dahulu kala sebelum bukit tersebut belum dikenal banyak orang, hanyalah bukit sebagai lokasi merumput yang dilakukan warga sekitar untuk mencari bahan pakan ternak mereka. Atas dasar dari kata kegiatan merumput itulah, pantai yang berada dibawahnya kemudian dinamakan dengan Pantai Ngrumput. 


Asal mula penamaan bukit diatas pantai Ngrumput pun memiliki lain cerita. 


Bermula dari kegiatan beberapa pecinta alam yang berkemah dan mendirikan tenda di atas bukit tersebut, namun hanya beralaskan dengan lembaran koran yang mereka bawa dari tas perbekalan. 

Dari akronim berdasarkan pengalaman tidur berkemah beralaskan koran tersebut tercetus nama Kosakora dari bahasa Jawa yang memiliki arti 'Koran Sak lembar, Kopi Ora Ana' [Bahasa Jawa huruf A dibaca O], yang artinya dalam bahasa Indonesia 'Koran Satu Lembar, Kopi Tak Ada'.  


Karena nama Bukit Kosakora telah tenar terlebih dahulu dikenal oleh banyak orang, terutama di kalangan pecinta alam, kemudian nama Pantai Ngrumput menyusul terkenal belakangan, maka banyak orang sering menyebut lokasi tanjung  pesisir ini dengan penggabungan nama keduanya, pantai dan bukit dalam satu nama, Pantai Ngrumput Bukit Kosakora.  


Lansekap alam Pantai Ngrumput memang begitu memikat, dengan bentangan luas hamparan pasir putih dikepung perbukitan di kanan kiri, pantai yang terdapat aturan tegas dari pengelola untuk  pengunjung tidak diperkenankan untuk berenang di deburan ombaknya yang bergulung - gulung besar ini terkesan seolah private beach. 


Cenderung sepi tak banyak pengunjung, tak ada resort dan losmen di sekitaran pantai Ngrumput dan letak beberapa warung makanan minuman yang berada disana untuk melayani kebutuhan wisatawan letaknya diposisikan jauh beberapa meter dari bentangan pasir putih dan garis pantai, alasan inilah yang kusebut Pantai Ngrumput keeskotisannya makin terasa dan terkesan seolah pantai milik pribadi atau private beach ..., masih alami tanpa ada sentuhan investor. 


"pantai ngrumput, keeksotisannya serasa private beach"


Benar - benar pemandangan Pantai Ngrumput terlihat memesona!. 


Berkat ketinggian letak bukitnya yang juga strategis, menjadikan Bukit Kosakora sebagai spot indah untuk melihat momen mentari perlahan kembali ke peraduan, atau disebut momen sunset

Lingkaran bulat sang surya yang secara perlahan tenggelam di batas cakrawala birunya laut selatan menampilkan pesona sore hari yang memukau. 


Ketika malam hari tiba, pesona Bukit Kosakora dan Pantai Ngrumput disebut banyak orang kembali menghadirkan pesona fenomena alam, terutama di saat musim kemarau saat langit malam cerah, gugusan galaksi Bima Sakti dapat dilihat secara jelas dengan mata telanjang tanpa bantuan alat apapun. 

Gugusan bintang gemintang dengan pesonanya menghiasi langit malam pantai laut selatan Pantai Ngrumput nan eksotis.  


Di penghujung cerita liburanku berada di Pantai Ngrumput Bukit Kosakora yang secara khusus kugunakan pelengkap kain etnik tradisional khas Lombok bercorak warna hitam dan merah untuk sarana membuat dokumentasi foto, aku mengucapkan Selamat Hari Natal untuk semua pembaca yang merayakannya dan Selamat Tahun Baru untuk kesemua pembaca blogku dibacain, yuk. 

Sampai jumpa tahun depan, ya!.


Lokasi: 

Pantai Ngrumput - Bukit Kosakora 

Kabupaten Gunungkidul, Daerah Istimewa Yogyakarta


Tiket :

10K wisatawan lokal & wisatawan mancanegara.

Comments

  1. Semoga suatu saat bisa ke daerah jogja dan sekitarnya..

    Salam sejahtera buat kita semua..

    ReplyDelete
    Replies
    1. Amin kelak akan terlaksana nge-trip ke Jogja dan sekitarannya.
      Salam sejahtera juga buat semua pembaca 😊

      Delete
  2. bisa aja dibelakangnya itu ada goa..Pantai Ngrumput Bukit Kosakora tampak alami (alam semula jadi) jadinya

    ReplyDelete
    Replies
    1. Cuma celah kecil berlubang kok, mas.
      Keren ya tampilan pantai kalau masih terlihat alami seperti ini ...

      Delete
    2. Keren banget mas hima, apalagi ada batu yang di tumbuhi semak dan pohon kecil, nilai estetikanya tinggi banget tuh

      Delete
  3. Un abrazo muy fuerte amigo , deseo que estos dias sean agradables a para ti y tu familia . Felices Fiestas y una excelente Navidad!!

    ReplyDelete
    Replies
    1. Gracias por tus oraciones, Campirela.
      También les envío saludos navideños y Feliz Feliz Navidad a usted y su familia.
      Fuerte abrazo.

      Delete
  4. Bardzo ładna ta plaża 😊 pozdrawiam 😊

    ReplyDelete
    Replies
    1. To prawda, tak jak Twoja ocena, czy ta plaża jest rzeczywiście piękna 🏖️. Pozdrowienia, Martyna 😊

      Delete
  5. Oh c'est très joli et il doit faire bon, ici il fait froid et on va avoir -10°C la semaine prochaine et de la neige.
    La nouvelle année se rapproche!
    Bonne journée

    ReplyDelete
    Replies
    1. Merci, mon ami.
      Wow, il fait 10 ° C ?! ..., il doit faire très froid que vous ressentez.
      Prenez soin d'une bonne santé, oui.

      Delete

  6. Makanya diri namakan ngrumput asal katanya dari merumput. Pantainya bagus dan bersih dan sepertinya pantai ngrumput ini masih sepi dengan pengunjung ya mas?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya, mas karena letaknya tersembunyi dibalik perbukitan pantai ini relatif sepi pengunjung ..., jadi asik buat mantai 🏖️😁

      Delete
    2. Mantai lhoo mas Hermansyah, Bukannya mangkal....Kalau mau mangkal ente tanya sama sih Agus. Yang biasa mangkal dilamer 🚦🚦

      Delete
  7. Przepiękne miejsca tylko odpoczywać :D

    ReplyDelete
  8. indah sekali private beach ini!!! pantainyaaaaa bersih

    ReplyDelete
    Replies
    1. Berarti kak Atie juga sepertiku memfavoritkan pantai Ngrumput ini, ya ?

      Delete


  9. Baru tahu aku ada Pantai Ngrumput digunung kidul Yogyakarta....Pemandangannya menarik seperti pada pantai umumnya namun disini uniknya kita masih dapat menikmati alam pemandangan hijau, Dalam artian ada pantai ada hutan juga.😊😊

    Enaknya lagi pantainya juga bersih dan tidak ramai seperti pantai2 lainnya..😊😊

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya, mas Satria.
      Semoga saja lingkungan pantainya tetap dapat dibiarkan begitu adanya.
      Sudah sangat bagus karena kealamiannya.

      Delete
  10. Hai himawan
    Pantai yang indah!
    Luar biasa indah, bersih dan tenang, kuno dan nyaman. Saya senang Anda menikmati perjalanan itu. Betapa iri (pada yang baik) di sini sangat dingin!
    Semoga keinginan Anda terpenuhi, baik dalam kehidupan profesional maupun pribadi. Aku mengirimimu pelukan erat dan ciuman penuh kasih!🌟

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hai juga Yessy.
      Saya bahagia anda menyukai pantai berpasir putih yang saya tampilkan kali ini dan semoga kelak menginspirasi anda berlibur di pantai 🏖️😊.
      Jaga kesehatan anda di musim dingin yang sedang terjadi di negara anda, Yessy.

      Saya juga mendoakan untukmu agar di tahun depan anda sukses dalam banyak hal.
      Pelukan erat kasih persahabatan 🤗

      Delete
  11. sepertinya masih asri ya mas, semoga tetap bisa dipertahankan kebersihannya, sayang banget kalo pantai bagus pasir putih gitu kurang dirawat

    ReplyDelete
    Replies
    1. Banget, mas.
      Benar-benar asri dan masih perawan, tanpa ada tabvahan polesan bangunan kekinian yang biasanya dari investor.
      Rekomended banget pokoknya 😉

      Delete
    2. setelah sampean menginjakkan kaki di pasir putih itu, secara tidak langsung sampean sudah memperawaninya mas, kamu harus tanggung jawabbb hikss

      Delete


    3. Waahh berrati mas Intan pernah jadi korbannya mas Agus.🤣🤣🤣 Korban mangkal dilamer.🚦🚦

      Delete
    4. hubungannya apa coba sama saya sama mas agus wewws

      Delete
  12. je vous souhaite de tout cœur de belles fêtes !

    ReplyDelete
    Replies
    1. Merci beaucoup pour l'envoi de vos saris de vacances Félicitations, Jerry. Bonnes vacances aussi pour vous et votre famille.
      Cordialement

      Delete
  13. baru tahu kosakora akronime kui tah mas him...bgaus juga ya kalau masih alami gitu

    nda eneng penginapan atau losmen, ning anane penyewaan tenda permalam sekian puluh ribu, wah jos tenan tuh klo bisa kemah ditemani deburan ombak, walau deg degan juga nek pas ombake gede juga air pasang

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hihihi sampai ngga bisa tidur pulaz kalo deg-degan terus yo, kak Mbul 🤭.
      Sekalinya merem, tau-tau sikile dicokoti kerumunan iwak teri ..., Wadaaauww wwwkkk 😂

      Delete
    2. kena air pasang tenda sama isinya hanyut dong wkwkwk

      Delete
  14. Kak Himawan benar, pantai ini benar-benar mempesona 😍 pantainya datar, lapang dan bersih! Ini poin yang terutama dari sebuah pantai, bersih. Juga sepi pengunjung, jadi nyaman buat berlama-lama di pantai ini 😍

    Selamat Natal dan Tahun Baru untuk Kak Himawan 🤗 selamat berlibur! Jangan lupa foto-foto untuk konten ya 🤭

    ReplyDelete
    Replies
    1. Yeees, Lia sependapat dengan opiniku kalau pantai Ngrumput ini memang bener ... , enchanting 🤩!.

      Terimakasih kiriman ucapannya, Lia 🙏.
      Selamat berlibur juga buat Lia dan teman-teman, juga dengan keluarga 😊

      Delete
    2. kalo sepi begitu seperti pantai pribadi yah wkwkwk, mainnya jadi puas

      Delete
  15. Terima kasih banyak atas ucapan selamat Natal dari tempat surgawi ini, sahabat Himawan. Betapa indahnya laut, pasir putih waktu ... Betapa mengharukannya malam yang penuh bintang pasti ... Semoga teman Selamat Malam Tahun Baru. Senang bertemu dengan Anda tahun ini dan tahun depan saya akan terus menikmati tiket Anda dari negeri Anda yang indah.

    Pelukan erat dan banyak ucapan selamat dengan kedamaian dan kemakmuran.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Kembali kasih sobat Carlos.
      Juga terimakasih banyak saya sampaikan untuk persahabatan indah ini.

      Pelukan erat dan saya juga mendoakan harapan kedamaian dan kemakmuran untuk anda.

      Delete
  16. what nice photos and beautiful beach !!!Is a paradise

    ReplyDelete
    Replies
    1. Thank you so much, Saruski.
      I agree that this beach is very beautiful.

      Delete
  17. Amazing photos, love the hat - you look good with a hat on :-D

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hahaha 😄!
      Really ?.
      I feel honored to read your opinion 😊.
      Thanks, Ananka 🙏

      Delete
  18. Un bonito lugar donde celebrar estos días que en especial en los hogares cristianos los celebramos de forma muy familiar, pero este año no es muy recomendable.
    Que el próximo año sea benévolo.

    Saludos.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Eso es correcto, Thomas. Es solo que actualmente existen restricciones estrictas para ingresar al territorio. Es de esperar que los servicios y celebraciones navideñas del próximo año se puedan llevar a cabo como la situación antes de la pandemia.
      Saludos.

      Delete
  19. What a beautiful and unspoilt beach. I hope your 2021 is a wonderful year.

    ReplyDelete
    Replies
    1. I share your opinion about the beauty of this unspoiled beach.
      Amen, i hope your expectations will be achieved.
      I also pray for you, Andrew.

      Delete
  20. Kirain dinamakan begitu karena tertutup hamparan rumput, ternyata hamparan pasir putihnya masih luas juga.

    Tahun baru mau jalan2 kemana lagi ni Ko? Manggilnya ganti Koko Himawan sajalah ya hehehe

    ReplyDelete
    Replies
    1. Boleh manggilnya ko, atau juga mas .. hehehe.
      Asalkan jangan manggil paman, wwkkk 😆 .., ntar kesannya dah tuwir 🤭

      Delete

  21. Hebat mas Him, ada 201 pantai di gunung kidul wow banget, artinya sangat banyak tempat wisata pantai yg indah di sana...
    Belum yang lainnyaaaa...
    Ini kekayaan alam yg luar biasa yg Indonesia punya.

    Aku paling suka pantai...
    Nikmati deburan ombak, mandang luas pantai rasanya plong.....
    Wisata pantai, gunung bisa menghilangkan stress, sumpek hmhmhmmm....

    Bukit kosakora, kedengarannya antik. Koran sak lembar....

    M'Christmas 25 Desember 2020 to mas Him n fams
    Kasih suka cita n damai sejahtera sll ada dl dlm seluruh kehidupan mas Him n fams...
    H'New Year 2021....
    Semoga apa yg dicita2kan, direncanakan nanti tercapai atas kasih, perlindungan n berkat Tuhan.

    Hv a blessed day, JBU





    ReplyDelete
    Replies
    1. Merry Christmas & Happy New Year juga untuk kak Ike & family.
      Semoga revolusi tahun depan dapat tercapai dengan baik, Amin 🌲🕯️✨🌟😇.

      Tepatnya 102 pantai, kak.
      Tapi dari info terkini yang kuperoleh ada beberapa tambahan lokasi pantai baru lagi ... 🏖️
      Keren banget ya, satu wilayah ada ratusan pantai yang bisa sekalian dieksplore 👏👍

      Delete
  22. Oh kosakora itu dari nama koran sak lembar kopi ora ana, akronim yang unik ya mas. Agak mirip tidak ya dengan pecel lele, penggemar cewek lemu lemu.🤣

    Karena terhalang bukit ngrumput inilah maka pantainya tidak kelihatan ya mas. Coba kalo kelihatan dari jalan raya, mungkin pantai kosakora ramai. Tapi enakan yang agak sepi ya mas, jadinya tidak khawatir saat pandemi seperti ini.

    Tapi kalo terlalu sepi khawatir juga sih, siapa tahu ada...

    Ada culik.😱

    Gimana nanti kalo mas Himawan diculik dan dijadikan model.

    model majalah playboy.🤣🤣🤣

    ReplyDelete
    Replies
    1. @Agus...Iyalah culiknya Ente, Habis ngarumput langsung culik mas Hino untuk jadi teman mangkal dilampu merah.🚦🚦 🤣🤣🤣🤣

      Delete
    2. Oh, nanti kang satria mangkalnya sama Herman dan Bambang ya.🤣

      Delete
    3. @ Agus, Satria, Jaey =

      Psssst 🤫 ....
      Kalau dicikik di pantai sepi ...ya wudaaah, ngga usah mangkal.

      Egh,pii tapii ... sekalian saja jadi model foto polosan 'uhuk~uhuk' sekseeh
      Manyaan dapat dollar 🥇!

      Wwwkkk, khayalan ngaco nih namanya 😂

      Delete
    4. Yang jadi model polosnya siapa mas Hino ...Agus dulu apa Jaey..🤣🤣🤣

      Delete
  23. Hermosa playa parece un buen lugar para pensar o escribir. Te mando un gran abrazo y te deseo paz y bienestar junto a ti y tu familia. No se si celebres la navidad pero te deseo una feliz navidad.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Oh, es una gran idea elegir una ubicación en la playa para encontrar inspiración para escribir.

      Gracias amigos por las felicitaciones navideñas de ustedes ... Sí, celebro la Navidad.
      También os mando un saludo de Feliz Navidad y un saludo de abrazos y besos de amistad desde aquí lejos.

      Delete
  24. selamat libur natal dan tahun baru juga mas boz
    lokasi pantai memang tiada duanya, sejuk segar hawanya sebanding dengan penatnya perjalanan.

    Itu ada yang berlarian apa lagi sedang main bola pantai di sana ya
    kok ramai sekali kayaknya

    ReplyDelete
    Replies
    1. Terimakasih mas boz.
      Selamat libur Natura juga ya :).
      Itu yang kefoto para pemuda kagi main volley pantai, mas.

      Delete
  25. Indah sekali permandangan nya.
    Aku rindu sama angin pantai.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Aku juga rindu pantai lagi nih, kak ... ,ayoook kita travelling bareng :)

      Delete
  26. Felices fiestas amigo. Saludos desde Monterrey Nuevo León México. Cuídate

    ReplyDelete
    Replies
    1. Gracias, Sandra.
      Felices fiestas para ti también. Esté siempre alerta también.
      Saludos de regreso de Indonesia para ti en México.

      Delete
  27. Ngelihat pantai apa aja aku langsung suka... karena aku adalah pecinta pantai🏝🏖😊
    Namanya unik ya pantai ngrumput. .
    Wah ada bukitnya juga... bukit kosakora.. koran sak lembar, kopi ora ono...hehehe... mantul banget yang ngasih nama..👌
    Jarang banget ada pantai yang dekat dengan perbukitann.. jadi tambah indah ...
    Pasti enak ya bikin kemah dan duduk di atas bukit sambil mandang lautan... aku pernah sich tapi bukan duduk diatas bukit melainkan duduk di atas batu karang besar di tepi pantai. Terus sambil dengar deburan ombak... adaa senssasi tersendiri yang menenangkan..👌
    Tapi dilarang renang ya?
    karena ombak laut selatan besar dan membahayakan...
    Untunglah pantai ini nggak ada resort atau losmen nya... karena kalau ada pasti nggak akan sebersih dan orisinil ini lagi...
    Pantai ngrumput juga enak dibuat main volley.. wah asyik banget.. 👌😊



    ReplyDelete
    Replies

    1. Betul banget mbak Fidy karena jarang ada losmen mungkin pantainya dinamakan pantai ngarumput...😊😊

      Sesuatu yang berbeda mungkin dari pantai2 lainnya. Karena selain bisa menikmati pantai kita juga bisa kok menikmati pemandangan alam hijau yang berada tidak jauh dari Pantai ngarumput.😊😊

      Delete
    2. @Satria Mwb =
      Iya mungkin karena nggak ada resort atau losmen nya ya...jadi pantai ngrumput bisa terjaga kebersihannya dan kealamiannya. Bukit kosakora juga yang membuat tampak beda dari pantai lainnya.


      Delete
    3. @Himawan Sant =
      Merry Christmast and Happy New Year 2021.. happy holiday..

      Delete
    4. @ Fidy :

      Wuih, asik tuh punya pengalaman duduk di atas bebatuan karang sambil mandangin & dengerin alunan ombak 🌊.
      Eits, tapi selalu waspada juga loh, ya ...takutnya tau-tau datang gulungan ombak besar.

      Terimakasih untuk ucapan Natalnya, ya 🙏.
      Selamat Tahun Baru juga buat sista Fidy & family 🌷.

      @ Satria :

      Vetull 😄

      Delete
    5. Iya sama-sama .
      Makasih juga ucapan selamat tahun baru nya.🙏
      Moga tahun 2021 lebih baik keadaannya bagi semua orang. Amin.

      Iya pengalaman duduk di batu karang itu di pantai di Banyuwangi bareng teman-teman saat ngerayain kelulusan sekolah dulu.. itu duduk di batu karang karena untuk foto-fotoan juga. sich... wkwkwk😅
      Foto-fotonya udah hilang..
      Iya benar kalau keasyikan pose-pose di batu karang harus tetap hati-hati dan waspada terhadap datangnya ombak besar..
      I really like beach.🤩.

      Pantai Ngrumput ini bisa dibuat tahun barua n kali ya dengn berkemah di atas bukit Kosakora.. tapi ntar malah jadi kotor lagi pantainya .hehehe


      Delete
    6. Acara apa nich malam Tahun Baru nya ? apakah berkumpul dan membuat game dengan keluarga? bermain kartu paling mengasyikkan dan seru bareng ponakan dan keluarga. Siapa yang kalah ntar akan diolesi tepung di wajahnya… wkwkwk😅

      Delete
  28. Gorgeous! Love the beach more than anything and I can't wait for summer.
    Happy Holidays my friend!

    ReplyDelete
    Replies
    1. Thanks a lot, Radi.
      Hopefully in the summer your plans for a vacation to the beach can be realized. Happy year-end holidays to you too!.

      Delete
  29. This beach is stunning. You bring me little bit of summer sharing this all beach pictures here.

    I want to wish you calm and merry Christmas xx

    ReplyDelete
    Replies

    1. Merry Christmas to you too, Carolina 🌲🕯️✨🌟
      Hopefully this beach will inspire your next summer vacation to your favorite beach 🏖️ 😊

      Delete
  30. Amazing places. Beautiful photos. ;)
    Przesyłam najlepsze życzenia i pozdrawiam serdecznie. ;)

    ReplyDelete
    Replies
    1. Bardzo dziękuję za uznanie, przyjacielu 🙏.
      Stąd też przesyłam wam życzenia.
      Ppozdrowienia z przyjaźni

      Delete
  31. Bom dia meu querido amigo, que praia linda e maravilhosa. Desejo um Feliz Natal para você e sua família.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Olá meu querido amigo Luiz, obrigado os cumprimentos de Natal para nossa família.
      Feliz Natal também para você e sua família.

      Sim, essa praia é muito bonita, cara.
      Ainda natural.

      Delete
  32. Oh WOW!!! I would LOVE to visit this stunning beach...it has revived such wonderful memories of glorious summer days!😊😊
    Thank you so much for cheering me up, my dear friend!

    Happy holidays...and stay safe and happy 🙏🙏

    A hug.

    ReplyDelete
    Replies
    1. I am so happy that this beach photo view reminds you of your summer vacation 😊🏖️.
      Hopefully next summer the situation will be safe again and there will be no more viruses, so we can go free without worrying anymore to the beach.

      Happy year-end holidays also my dear friend YGraine.

      A Hug 🤗

      Delete
  33. Apetece ver ahora estas playas amigo.
    Semoga liburanmu menyenangkan.Selamat Natal. Y siempre muy cuidado Himawan.
    Un abrazo.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Gracias, Laura. Feliz Navidad también para ti y tu familia. Felices vacaciones a fin de año y espero que esta playa te inspire a tomarte unas vacaciones en la playa.
      Un abrazo 🤗

      Delete
  34. Halo Himawan, tempat yang indah sekali. Apa plyas!
    Saya pasti suka berjalan-jalan dan melihat galaksi dan gugus bintang seperti yang Anda sebutkan.
    Beberapa hari yang lalu di sini di kota Buenos Aires listrik padam dan saya dapat melihat langit malam yang mirip dengan yang ada di pedesaan. Tapi saya membayangkan di mana Anda berada pasti lebih mengejutkan.

    Selamat! Selamat bersenang-senang
    Dan berhati-hatilah dengan topi itu kamu terlihat seperti Gardel hahaha
    Pelukan erat!

    ReplyDelete
    Replies
    1. Halo juga, Frodo.
      Saya terkesan dan membayangkan cerita anda tentang Bueno Aires padam listrik yang membuat galaksi Bima Sakti dapat terlihat jelas ..., itu pasti sangatlah indah ✨🌟!.

      Hahaha .., saya memakai topi tersebut jadi terlihat mirip wajah dengan Gardel pencipta dan penyanyi tampan dari Argentina 😄 ?.
      Waaaah, saya jadi tersanjung dan ingin memandang cermin terus 😅

      Terimakasih opini juga cerita indahmu, Frodo.
      Selamat Natal dan berlibur akhir tahun 🌲✨.
      Semoga di tahun depan apa yang dicita-citakan dapat terwujud dengan baik, Amin.


      Delete
  35. Wah asik tuh tempat berkemah barang satu dua malam, biar bisa menikmati pemandangannya siang, sore, pagi. Siapa tau pas bangun pagi ada cewek juga yg berkemah disana pke celana pendek plus ting top, tuh kan saya jadi ngayal jadinya 🤣🤣

    Tapi bawa kemah sendiri mgkn ya biar lebih hemat hihi

    ReplyDelete
    Replies
    1. Gimana kalo ceweknya ternyata punggungnya bolong kang Jaey, masih mau juga ngga diajak pacaran? 🤣

      Delete
    2. @ Jay & Agus :

      Hahaha .., Nah itulah masalahnya bagaimana kalau yang nongol bukannya pakai ting-tong, eh* tank-top, tapii .. berpunggung bolong 😂 ?.
      Hopooo horaa pingsaan 🤣

      Delete
    3. Jelas kabur terbirit2, tapi kalau bolongnya di depan gak masalah mgkn 🤣

      Delete
  36. Halo! Saya tidak tahu apakah Anda merayakan Natal. Bagaimanapun, saya berharap Anda Selamat Liburan dan Malam Tahun Baru dan Malam Tahun Baru yang indah dan pintu masuk.
    Sebuah pelukan :))

    ReplyDelete
    Replies
    1. Halo Gumer!.
      Ya, saya & keluarga merayakan Natal.
      Selamat Natal dan Tahun Baru juga untuk anda, ya 🌲🕯️🌟✨.
      Semoga tahun baru nanti lebih baik dari tahun ini.
      Dan saya mendoakan resolusi anda akan tercapai.
      Sebuah pelukan 🤗

      Delete
  37. Você é um afortunado, apesar dos tempos conturbados que vivemos tem tempo para conhecer a beleza desses lugares que menciona.
    Boas Festas e Feliz Natal.
    Juvenal Nunes

    ReplyDelete
    Replies
    1. Sim amigo.
      E eu estava no local me disciplinando com protocolos de saúde rígidos.
      Obrigado, saudações de Natal de você.
      Também desejo sinceramente a você e sua família um Feliz Natal e um Feliz Ano Novo. Saudações de amizade.

      Delete
  38. Just returned to share a seasonal mulled wine with my good friend 🍷...or maybe two 🍷😉
    Not sure if you celebrate at this time there, but ...I thought of you! xxx

    ReplyDelete
    Replies
    1. Oh, thank you dear friend YGraine ... you thought of me. I really appreciate your great care and sympathy. Let us have a toast twice 🥂🍷 ...., Merry Christmas and Happy New Year to all of us 🌲✨🌟📯🎉

      Delete
  39. ¡Hola! Muy lindas fotos de esta hermosa playa. Espero tengas una muy feliz navidad. ¡Un fuerte abrazo!

    ReplyDelete
    Replies
    1. ¡Hola Marita !.
      Muchas gracias por el agradecimiento y espero que envíes.
      También espero que desde aquí tú y tu familia celebren la Navidad con un futuro maravilloso y esperanzador para un año mejor.
      Un abrazo.

      Delete
  40. Hello Himawan,
    What a very nice pictures of that nice beach.
    Good to see this wonderful place is how it is.
    So funny that heart.
    I wish you a wonderful christmas.

    Greetings, Marco

    ReplyDelete
    Replies
    1. Helloo Marco in Netherland!.
      Ik ben blij dat je dit ongerepte strand leuk vindt, zonder enige vorm van investeerdersgebouwen. Het is leuk, er is een foto-eigendom in de vorm van een hart 💚😄 ... helaas ben ik op die plek vergeten een foto te maken.

      Prettige kerstdagen en welkom het nieuwe jaar, mijn beste Marco.

      Delete
  41. Linda, linda, linda praia, meu amigo! E olha que aqui, no Brasil, também as temos lindas! :) Meu abraço, amigo. Não sei se aí vocês comemoram o Natal, mas lhe desejo uma semana muito feliz, com todos que você ama!

    ReplyDelete
    Replies
    1. Ah, muito obrigado por dedicar seu tempo para ver as belezas dessa praia, meu amigo árabe.
      Minha família e eu celebramos o Natal. Obrigado também pela esperança que você dá.

      Eu daqui também oro por você e sua família para celebrar o Natal e o Ano Novo com seus entes queridos ao seu redor!. Um abraço.

      Delete
  42. Great picture on the beach do enjoy yourself and have a great Christmas holiday.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Thank you so much, Steve.
      Merry Christmas & Happy New Year also for you and family.

      Delete
  43. Vengo a d esa earte una bonita y feliz Navidad!! Beso

    ReplyDelete
    Replies
    1. Obrigado por ter vindo, Hanna.
      Feliz Natal e Feliz Ano Novo para você e sua família.
      Beso

      Delete
  44. Amiga, meus votos de um Feliz Natal e um Ano Novo com muita saúde e alegria a você .
    Grande abraço daqui do Sul Brasil!

    ReplyDelete
    Replies
    1. Obrigado pela visita e saudações de Natal dos seus amigos, Pedro. Desejo também um Feliz Natal e um Ano Novo para você e sua família. A alegria do Natal acompanha nossos passos.

      Saudações minhas de volta à Indonésia para vocês no Sul Brasil!

      Delete
  45. Mi amigo querido, que tengas unas
    hermosas fiestas Navideñas y un
    venturoso año 2021 rodeado de tu
    linda familia.

    Besitos dulces

    Siby

    ReplyDelete
    Replies
    1. Gracias por las oraciones y los buenos deseos de su parte, mi querida amiga Siby.

      Feliz Navidad y próspero año nuevo para ti también. Ojalá en 2021 las cosas sean mucho más.
      Un abrazo.

      Delete
  46. Replies
    1. Feliz Navidad también.
      Te envío un gran abrazo de vuelta.

      Delete
  47. Felices Fiestas, amigo Himawan. Toda la felicidad y prosperidad para vos!!

    Abrazo de corazón!!

    ReplyDelete
    Replies
    1. Gracias, amigo Carlos.
      Te deseo felicidad y prosperidad para siempre. Feliz año nuevo.

      Un abrazo apretado

      Delete
  48. Cakep banget pantainya Mas, ini sih juara cantiknya. 👍

    ReplyDelete
  49. Replies
    1. Such is the state of the coastal environment that is still natural, Fili 😊

      Delete
  50. Waaaah aku msh di Jogja sbnrnya. Tp pantai gunung kidul yg baru aku datangin kemarin cm pantai timang mas. Baguus juga si pantai ngrumput ini yaaa. Itu desanya bener2 terletak di bawah bukit ya mas hahahaha. Literally banget :D.

    Aku suka nih pantai yg masih sepi. Ga terlalu crowded dan biasanya masih bersiiih.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hayuuk mumpung masih di Jogja cuuuz saja sekalian ke pantai Ngrumput, kak ..
      Ntar kalau udah sampai di Jakarta, jauh lagi loh 😊.
      Dari pusat kota Jogja untuk ke pantai ini saja perlu waktu sekitar 3 jam.

      Delete
  51. Merry Christmas and a Happy New Year to you and your family! :-)

    Greetings from London.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Thanks a lot, friend.
      Our family also wishes you and your family a Merry Christmas and Happy New Year.

      Greeting from Indonesia.

      Delete
  52. Bonitas imágenes, Himawan. Las puestas de sol en la playa son espectaculares, los he visto a menudo en la ciudad donde nací, Cádiz.

    Te deseo una Feliz Navidad y un venturoso Año Nuevo. Saludos desde Madrid.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Gracias, Carmen.
      Feliz Navidad y próspero año nuevo para ti y tu familia.
      Me alegra imaginar la historia de tu experiencia viendo el atardecer en Cádiz.

      Un abrazo mío en Indonesia para ti en Madrid.

      Delete
  53. Kalo ke Jogja aku pernah ke pantai sepanjang, mas. Jauh atau tidak kah itu dari sana?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Jarak kedua pantai tersebut masih cukup jauh, Do.
      Wuih, keren nih .... udah pernah jauh-jauh dari luar pulau datang ke pantai Sepanjang di Gunungkidul 👌

      Delete
  54. Replies
    1. Thank you, Sunika.
      Merry Christmas also for you and family!!

      Delete
  55. Nice photos! I love going to the beach.
    Merry Christmas!

    ReplyDelete
    Replies
    1. Thank you so much, Marianela.
      I'm glad to know you love the beach too.
      Merry Christmas & Happy New Year 🌲✨🌟!

      Delete
  56. Perfect Beach for relax!!
    Greetings and Merry Christmas.

    NEW POST IN MY FASHION BLOG!!: http://www.adrianosle.com/2020/12/feliz-navidad-2020.html

    ReplyDelete
    Replies
    1. That's right, Adrian.
      Greetings and Mery Christmas also for you and your family 🌲✨🌟📯

      Delete
  57. Feliz Ano Novo.

    Que em 2021 possamos olhar a vida com olhos de criança, que vê beleza e sinceridade em tudo que observa, que você tenha inúmeros motivos para sorrir e que o amor, a paz, a tranquilidade, a felicidade e a saúde possam fazer parte do seu novo ano.

    Não poderia deixar de agradecer por todas as vezes que carinhosamente esteve em meu blog neste ano, espero que possamos continuar juntos nesse mundo de poesia e amizade no próximo ano também.

    Beijos

    Ani

    ReplyDelete
    Replies
    1. Amén, espero que nuestra amistad dure para siempre, se apoyen y se preocupen por los demás. Y es muy cierto lo que dices en el próximo año, ojalá nos den salud, tranquilidad y mucha felicidad.

      Estoy lejos de aquí para desearles una Feliz Navidad y un Próspero Año Nuevo.

      Beijos, Himawan Sant.

      Delete
  58. Happy Holidays! Hope your Christmas was great! Cold and Windy here! Thank you for your comments!

    ReplyDelete
    Replies
    1. Thank you, Ellie.
      Merry Christmas also for you and your family.
      Take care and stay health in winter.

      Delete
  59. in ritardo ... ti auguro buone feste!! :-)

    ReplyDelete
    Replies
    1. Non importa, amico.
      Sono anche in ritardo nel rispondere ai tuoi commenti, scusa 🙏.
      Spero che anche le tue vacanze di fine anno siano divertenti 😊!.

      Delete
  60. Que disfrutes de unos felices y bellos días.
    Que el próximo año nos traiga cosas buenas y mucha esperanza.
    Un abrazo. Muchas gracias.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Amén, que tus oraciones se hagan realidad, Amalia. Muchas Gracias.

      También les deseo éxito y felicidad el próximo año.
      Un abrazo.

      Delete
  61. Great to hear that you and your family celebrate Christmas in Indonesia.
    At the moment churches in my country are not available, because of social distancing rules.
    May you have a nice Christmas holiday, Himawan!

    ReplyDelete
    Replies
    1. Thanks a lot, Giorgio.
      We as a family say thank you for sending greetings from you.
      Merry Christmas also to you and your family. Churches in Indonesia also impose restrictions on the number of congregants attending Christmas mass, so we celebrate Christmas only at home.

      May you have a nice Christmas & Happy New Year akso, Giorgio !.

      Delete
  62. Asal namanya sangat unik, apalagi bukit Kosakora. 😆
    Semoga objek wisata ini tetap awet meskipun nantinya banyak investor yang berminat

    ReplyDelete
    Replies
    1. Semoga juga mas Ian kelak kesampaian datang liburan ke pantai Ngrumput Bukit Kosakora ini.
      Ikut kudoakan!.

      Delete
  63. Hello!
    I love photos. The sea and the mountains look beautiful.
    Read us soon, greetings from Mexico n.n

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hello Nancy in Mexico!.
      I am glad you love the beach and its pristine environment.
      I immediately drove to your house to read. Regards.

      Delete
  64. Baru tau ada pantai ini mas 😍 Pengetahuan saya soal pantai di Gunung Kidul memang sedikit, hanya tau pantai yang banyak karangnya ituuuu, lupa tapi namanya apa 🤣 hahahahahaha.

    By the way, foto pertama keren amat, mengingatkan saya akan Superman. Wk. Itu kain sarung kah, mas Him? 😆✌️

    ReplyDelete
    Replies
    1. Superman bersayap sarung 😆😆

      Delete
    2. Wwkkkk ...malah bikin ngakak duluan nih gegara baca komentarnya mas Jahe, eh* salah mas Jaey 😂.

      Yang kukenakan itu bukan sarung, kakak Eno yang baeeek ...., tapi kain tenun etnik 😊

      Aku nebaknya pantai yang kak Eno datangi adalah pantai .. Krakal 😁.
      Kalau ngga salah tebakanku, sih 🤭

      Delete
  65. Dengar kata "Tanpa ada sentuhan investor", jadi pingin kesana nih..

    ReplyDelete
    Replies
    1. Itu dia!.
      Pantai yang full masih alami benar-benar bikin orang jadi lebih seru jelajahinnya.

      Delete
    2. Iya mas, ada tantangan tersendiri..

      Delete
  66. What a beautiful and lovely place. I wish I could be there for this moment :)
    Here, it is freezing, needed a warm breeze .

    ReplyDelete
  67. Seperti biasa, pantai yang di kunjungi mas hima pasti selalu wow and now, pantainya mirip pantai yang ada di bali ya mas, sekilas terlihat bagaimana gitu, ada cerita mistisnya tidak mas, he-he, biasanyakan pantai yang masih baru ada cerita gimana gitu

    ReplyDelete

  68. I really love your journey and also all of the pics are so pretty. Love to reae more from yaaa~ Tetap semangat hehe. :3

    ReplyDelete
  69. Keren semuaaa tempat-tempat yang dikunjungi... Thanks bro..

    ReplyDelete
    Replies
    1. Btw, setelah baca di blognya Mas Agus, baru paham kalau ceritanya Mas Agus itu cerita nyata...

      Delete
  70. Espectacular playa, bonita y apetecible.
    Mis mejores deseos para ti y tus seres queridos en estas fechas y para el nuevo año 2021.
    Saludos.

    ReplyDelete
  71. Pantai yang indah! Itu membuat kesan yang luar biasa! Saya ingin beristirahat di atas pasir putih ini :) Tidak ada yang membuat Anda rileks seperti suara ombak :)

    ReplyDelete
  72. Olá amigo querido! Que praias lindas e cheia de atrações para se divertir. Gostei muito das suas dicas e como você contou a origem dos nomes das praias também. Espero que seu Natal tenha sido lindo e que venha um ano novo cheio de luz e boas realizações.
    Beijos,
    Paloma Viricio

    ReplyDelete
  73. Himawan! Hai apa kabar? Saya harap Anda baik-baik saja, meskipun tahun yang sulit ini untuk semua orang. Melalui foto-foto Anda, saya dapat melihat betapa indahnya tempat ini, saya suka pantai, bahkan saya tinggal di kota dengan pantai-pantai indah di Brasil selatan. Semoga harimu menyenangkan, aku mengirimimu pelukan dari Brasil.

    ReplyDelete
  74. gak perlu dimana-mana sih, buat gw kalo wisata pantai pasti keren banget, kebetulan tempat tinggal gw juga dikelilingi dengan pantai mas, 1, 2, 3, gak ke itung berapa hohoh, tapi ya itu, dari banyaknya pantai yang ada di tempat gw, malahan belum pernah kesanana satu2, gak sempet :D

    ReplyDelete

  75. great post and what beautiful photos, I really want the sea, the ocean is better
    http://www.mosaictrends.com/

    ReplyDelete
  76. Feliz Año Nuevo.
    Un abrazo para ti.

    Que este año sea mejor que el anterior y lo disfrutemos con salud e ilusión.

    Besos.

    ReplyDelete
  77. Kedamaian dan kebahagiaan untuk tahun yang akan datang.
    Salam dari Spanyol.
    Happy New Year!!!

    ReplyDelete
  78. Indah sekali pantai nya.
    Semoga satu hari nanti aku bisa terbang ke sana juga.

    ReplyDelete
  79. Pantai Ngrumput Bukit Kosakora ternyata asal muasal namanya dr situ ya, krna tmpt biasa ternak merumput, dan koran 😁 Kreatif memang orang2 ngasi nama ya..

    Liat foto2nya memang serasa privat beach ya. Bersih lagi kayanya pasir2ny ga banyak sampah.. semoga nanti klo semakin rame bakal ttp bersih seperti ini yaaa..

    ReplyDelete
    Replies
    1. Kayaknya kalo makin ramai tapi tetap bersih agak susah juga mbak, soalnya masih banyak yang suka buang sampah sembarangan.😂

      Delete
    2. Yang mangkal sembarangan juga suka ada mbak Thessa di pantai Ngerumput.....Seperti atas Saya.🙄🙄

      Delete
  80. What a beautifu beach. Enjoy the holidays and hope you had a wonderful Christmas

    ReplyDelete
  81. Feliz Ano Novo, amigo! Meu abraço, boa semana.

    ReplyDelete
  82. Anda tinggal di surga! Aku akan teleportasi hahahaha
    Saya menggunakan kesempatan ini untuk mengucapkan selamat jalan-jalan dan awal tahun yang menyenangkan bersama semua orang yang Anda cintai.
    Pelukan dan bersulang untukmu.

    ReplyDelete
  83. What a lovely quiet beach, such a nice spot to visit! I really like your long scarf too :)

    Hope that you had a wonderful Christmas and you are enjoying this relaxing time between Christmas and new year :)

    Away From Blue

    ReplyDelete
  84. Bagus banget mas.. sumpah..
    Pantainya biru banget.. pasirnya mantep... tak pikir namanya ngrumput karena pantainya banyak rumputnya... hahah ada2 saja.

    ReplyDelete
  85. Bergejolak hati ku mas melihat pantai dimasa pandemi seperti ini, sudah gak sabar mau liburan..
    Menarik juga ya mas jadi gak repot-repot bawa tenda kalo mau camping kemah disitu ya mas karna ada jasa pinjam tenda.

    ReplyDelete
  86. udah mau tahun baru, belum update juga tah mas kang pak bro

    balik lagi ah

    ReplyDelete
  87. Ciao...un mondo di auguri di cuore per il nuovo anno dall'Italia.

    ReplyDelete
  88. Such a wonderful place. I wish you a Merry Christmas and Happy New Years, my friend.
    Regards.

    ReplyDelete
  89. gunung kidul pantainya emang engga kaleng kaleng bagusnya mas
    bisa bersih gitu pasirnya
    dan asyik juga ya kalau serasa private beach

    ah sayang mau ke pantai tapi masih tutup sampe tahun depan
    padahal pengen lagi liat deburan ombak
    sama kayak bermalam di tenda gitu

    ReplyDelete
  90. karang, pantai, pasir putih, pemandangan...wow...luar biasa indah....

    ReplyDelete
  91. That beach look amazing. I hope so that you have amazing time there. Happy New Year.

    New Post - https://www.exclusivebeautydiary.com/2020/12/beauty-of-organization.html

    ReplyDelete
  92. Preciosa foto y playa Himawan. ¡Feliz año 2021!.

    Saluditos.

    ReplyDelete
  93. Wszystkiego najlepszego i dużo zdrowia w nowym 2021 roku.

    ReplyDelete
  94. Wspaniała podróż! Dużo zdrowia! Ah ta plaża... i skały.

    ReplyDelete
  95. Estimado amigo gracias por tu comentario.
    Te deseo todo lo mejor para este Nuevo Año 2021 y que puedas seguir enseñándonos todas esas maravillas de tu país.
    Un afectuoso abrazo desde Alicante-España.
    ¡Feliz Año Nuevo!

    ReplyDelete
  96. Hermoso viaje, en estos tiempos que no se puede viajar tanto como otros años es un placer ver estas maravillosas fotos. Gracias por compartirlas. Feliz año nuevo. Muchos saludos.

    ReplyDelete

Post a Comment

Popular posts from this blog

Intip Begini Instagenicnya Warung Layar Sentuh 2.0 Magelang

Ketika awal pertamakali dibuka pada 31 Desember 2020 silam, nama Warung Layar Sentuh 2.0 saat itu mendadak hits ramai dibicarakan oleh banyak kalangan dan para milenials kawula muda sebagai pilihan baru lokasi nongki  [nongkrong kekinian] yang ada di Magelang. Bukan saja karena namanya terkesan unik, layar sentuh dan namanya terkesan sedikit berbeda dengan nama-nama kafe lain pada umumnya karena adanya penambahan bilangan angka 2.0 dibelakangnya, tetapi kafe, tepatnya Warung Layar Sentuh ini berkonsep bersantap hidangan berada di tengah hamparan perkebunan ladang tebu dan persawahan bernuansa alam pedesaan dikitari oleh indahnya pemandangan gunung yang mengelilinginya.  Area luasnya terbagi dua pilihan  indoor  dan  outdoor  berdinding kaca tempat makan Warung Layar Sentuh 2.0 yang buka setiap harinya mulai dari jam 07. 00 pagi hingga mendekati tengah malam jam 23. 00 tersebut dilengkapi dengan dekorasi cantik dan penataan ruang bergaya vintage  dan bohemian  yang tampak instagenic ,

Pengalaman Mistis di Mata Air Tuk Umbul Windusari

Boleh percaya atau tidak, ada pengalaman mistis aku temui saat berada di lokasi mata air Tuk Umbul Windusari, tapi ini aku kembalikan ke pembaca untuk mempercayainya atau tidak ceritaku.  Dan yang pasti tujuanku menceritakan pengalaman gaib yang kutemui di Tuk Umbul Windusari bukan bertujuan untuk mencari sensasi, sama sekali tidak ada maksud dan tujuan demikian.  Tujuanku untuk sekedar mengingatkan ke pembaca, dimanapun lokasi yang kita kunjungi sewajibnya memberikan salam dan permisi terlebih dahulu kepada penghuni dari dimensi lain sebelum memasuki lokasi. Demikian juga seperti yang telah kulakukan saat aku tiba di Tuk Umbul. Kata salam dan permisi cukup kuucapkan di dalam hati.  Nama Tuk Umbul dari bahasa Jawa, Tuk : mata air  dan Umbul  : dari kata mumbul, menyembul atau memancar keluar. Cerita bermula saat aku  melangkah mendekat ke letak mata air Tuk Umbul  tiba-tiba kepekaan bawaan indra keenamku memberikan signal  jika lokasi ini ada 'penunggunya'.  Aroma wangi semerb

Perkenalanku

Halo. Teman dan para pembaca semua, apa kabar ?. Perkenalkan kembali, namaku Himawan Sant. Perkenalkan kembali ?. Loh, kok ..., hmm ..., memang sebelumnya pernah aktif jadi seorang penulis blog atau blogger ?. Yups, benar. Mungkin diantara kalian pembaca masih teringat namaku dan nama blog lamaku tema travelling yang sekarang keberadaanya sudah tak lagi aktif. Sekarang aku aktif ngeblog lagi, dengan niche berbeda dari blog sebelumnya. Lebih variatif kontennya, tak hanya satu niche. Dan punya blog niche variatif yang kata orang disebutnya 'blog gado - gado', sekaligus juga kujadikan sebagai wadah penyaluran kreativitasku dalam hal tulis menulis. Masih tetap dengan gaya kepenulisanku, ringan dan mudah dibaca, aku berharap artikel - artikel yang berada di dalam blog ini punya banyak manfaat baik dan dapat menginspirasi para pembaca semuanya. Salam, Himawan Sant