Skip to main content

Hijau Tosca-nya Bantaran Sungai Ledok Blotan

Tiba - tiba aku jadi teringat, di suatu ketika beberapa bulan lalu saat aku berkendara melintas di satu wilayah Yogyakarta, sekelebatan mataku pernah melihat adanya satu tiang papan nama penunjuk arah berdiri di tepi jalan kampung menuju ke tempat lokasi wisata yang memiliki nama kedengaran cukup unik.  

Tetapi karena di hari itu aku harus berkejaran dengan waktu untuk menyelesaikan kepentingan suatu pekerjaan, menyebabkan aku tak memilki cukup punya banyak waktu untuk langsung sekalian mencoba mampir liburan menuju ke lokasi wisata sungai yang nama uniknya terekam cukup lama di ingatanku.

 

Ledok Blotan, demikian nama wisata satu ini. 


Ledok sendiri berasal dari kata bahasa Jawa yang artinya daratan tanah yang lebih rendah, berbentuk bulat dan cukup dalam. Sedangkan Blotan diambil dari nama dusun setempat.


"hijau tosca-nya bantaran sungai ledok blotan"


Wisata Ledok Blotan tepatnya merupakan wisata bantaran sungai yang terletak berada di tepi perkampungan warga RT 01 RW 40 Dusun Blotan, Desa Wedomartani, Kecamatan Ngemplak, Kabupaten Sleman, Daerah Istimewa Yogyakarta. 


Beberapa bulan kemudian setelahnya, setelah engkau pergi meninggalkanku tanpa alasan yang tak jelas ..., howalaah apaan sih ini, ha ha ha ..., di saat aku punya waktu luang untuk pergi liburan, segera di malam hari sebelum keberangkatanku ke Ledok Blotan kucatat terlebih dahulu di selembar kertas perbekalan apa saja yang perlu kubawa nantinya, agar keesokan harinya keingetan dan tak sampai ada printilan yang kelupaan masuk ke dalam tas ransel warna hitam berbalut warna merah kesayanganku. 


Masker wajah, hand sanitizer, tisu, lotion tabir surya dan sebatang cokelat hazelnut berukuran jumbo salah satu, *eh salah lima diantaranya perbekalan yang kubawa. 

Ough, memang ada istilah salah lima ?, ha ha ha ..., Kalau disamakan dengan rapor sekolah, udah 'kebakaran' nilai niih namanya ..., Laaah, salah lima semua ..., WadidaaWšŸ˜…


Nah, karena aku berdomisili di kota sebelah utara kota Yogyakarta, untuk menuju ke lokasi wisata Ledok Blotan ini kulalui melewati Jl. Gito - Gati, jalan yang berada di samping mal Sleman City Hall. 

Jarak yang kutempuh dari nama jalan yang diabadikan dari nama dua pria kembar pelawak dan dalang, Gito Gati seniman asal Yogyakarta ini menuju ke Ledok Blotan berjarak tempuh sekitar 6, 6 kilometer dengan estimasi waktu sekitar 18 menitan. 


Arahnya rutenya pun mudah dicari dan ditempuh. Cukup fokus arahkan perjalanan menuju ke arah stadion Maguwoharjo dan waterboom Jogja Bay. 


Dan lama waktu tempuh lokasi antara Ledok Blotan dan stadion Maguwoharjo tak lebih waktu dari 5 menit. 


Sesampai di Ledok Blotan, aku sengaja memilih melemaskan otot kaki setelah beberapa jam mengemudi dengan cara berjalan mengitari keseluruhan area dan naik turun melewati jalur jogging track yang dikitari banyak jenis vegetasi yang membuat udara sekitarnya jadi terasa lebih sejuk.  


"hijau tosca-nya bantaran sungai ledok blotan"


Melihat bantaran sungai dengan batu - batu kali berukuran cukup besar di tepiannya, juga melihat warna airnya yang kelihatan jernih dan dasar sungainya berwarna kehijauan tosca ..., sekilas aku jadi teringat satu lokasi wisata sungai Blue Lagoon yang juga berada di Jogja dan pernah kudatangi. Hanya saja keduanya memiliki kedalaman dasar sungai yang berbeda. 


"hijau tosca-nya bantaran sungai ledok blotan"


Ada niatan dalam hati juga, sih mencoba bermain - main kecipak air atau berenang - renang di bantaran sungai Ledok Blotan, terlebih melihat warna air hijau tosca-nya ..., tapi lah kok ..., setelah aku membuka tas ransel untuk mengeluarkan satu persatu perbekalan yang kubawa, aku baru keingetan kalau aku tak membawa pakaian renang atau swimwear. 

Betulan, loh aku tak membawa perbekalan busana pengganti, apalagi swimwear , say šŸ˜Š. Jadi. tak bakalan ada foto - fotoku ala - ala pemeran film baywatch berseksi ria disini ..., ha ha ha šŸ˜…. 


Sudah begitu, di lokasi wisata Ledok Blotan tak ada sarana kios penjualan busana renang dan perlengkapannya. Fasilitas kios penjualan busana harian yang biasanya dijadikan souvenir dengan nama lokasi wisata seperti kaos dan celana pendek juga tak ada disana. 


So, jadilah di satu hari itu sepanjang waktu aku cuma duduk - duduk asik memandangi bantaran sungai ditemani suara cuitan burung bersahutan dari balik rindangnya pepohonan. 


"hijau tosca-nya bantaran sungai ledok blotan"


Tanpa kecehan air, takut pakaian yang kukenakan jadi basah karenanya. 

Lah, kan ngga lucu juga, yaa ..., sekeluar dari lokasi wisata Ledok Blotan pakaianku kelihatan basah kuyup. Bisa - bisa malah dikira aku habis ngompol di celana. Ha ha ha.

Halah alasaaan ..., bilang aja kenapaaa ..., kalau malu pakai swim wear karena punya body ngga sekseh ..., wwkkk, waddaaaauw šŸ˜‚. 


Sebagai gantinya menebus kekecewaan ngga bisa berenang di lokasi bantaran sungai Ledok Blotan, aku cukup menggulung celana panjangku untuk kemudian selanjutnya menceburkan kaki di kolam terapi puluhan ikan imut - imut yang serbuan gigitannya kok, rasanya ..., hmm bikin geli - geli gimanaaaaa ... aaaa, gitu ya pemirsaah ..., ha ha ha. Keingetan kayak lagi digelitikin kamu. Hadeuh #lol šŸ˜‚. 


"hijau tosca-nya bantaran sungai ledok blotan"


Sebelum dijadikan sebagai tujuan lokasi wisata seperti yang terlihat sekarang ini, menurut keterangan yang kuperoleh dari seorang pria petugas ketika kutemui di pusat informasi wisata Ledok Blotan di gubug tradisional beratapkan rumbia yang merangkap sebagai lokasi warung kuliner dan letaknya berseberangan dengan pendopo yang kerap digunakan untuk acara gathering, dahulu daerah sekitar sungai hanyalah berupa semak belukar dan hutan, serta tak terawat keadaannya. 


"hijau tosca-nya bantaran sungai ledok blotan"


Lucunya, aku punya kenangan cukup menggelikan saat berada di lokasi area wisata Ledok Blotan yang masih kuingat sambil kutulis untuk kuceritakan disini.  


"hijau tosca-nya bantaran sungai ledok blotan"


Begini ceritanya ..., ketika aku berjalan mendekati gapura taman menuju ke bantaran sungai Ledok Blotan yang dinamakan dengan area ciblon, aku sempat sedikit terkejut melihat adanya seekor harimau loreng berada nangkring di atas dinding pagar dengan gaya ancang - ancang siap menerkam disertai mulutnya yang menganga menyeringai memperlihatkan gigi taringnya yang tajam. Sungguh membuatku kaget dan bersiap untuk kabur karena kukira itu adalah seekor harimau sungguhan ..., ternyataa ..., ha ha ha ..., hanyalah sebuah patung!.



Lokasi : 

Ledok Blotan 

Jl. Mawar Blotan, Dusun Blotan, Desa Wedomartani, Kecamatan Ngemplak, Kabupaten Sleman, Daerah Istimewa Yogyakarta.


Tiket : 

5K harga tiket sama untuk anak - anak dan dewasa.



Comments

  1. Ledok tu sama maksud dengan Lembah atau Lubuk. Atau pun dalam English Gorge/Valley.
    Sayang sekali nda dapat swimming next time kena bawa busana pengganti.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Betul, arti ledok versi English artinya demikian. Baiklah, next time bawa swimwear šŸ˜Š

      Delete
  2. aduhhh..harimau patung!!! i was so scared reading aboout it hahaha

    ReplyDelete
  3. Indahnya alam ciptaan-Nya. Berada dalam suasana kehijauan, minda pun turut rasa santai. Apalagi kalau dapat berendam dalam air yang jernih!

    ReplyDelete
    Replies
    1. Betul itu, kak. Asik sebenarnya nih buat berendam bantaran sungainya tapi ... ngga bawa pakaian ganti, haha.

      Delete
  4. Replies
    1. Hopefully someday it will come true, Selvaggia šŸ˜Š

      Delete
  5. Wouw.. green tosca ..airnya . jerniih bening.. sebening kaca airnya...šŸ‘Œsebening yang nulis nggak ya? WkwkwkšŸ˜…
    Lihat air sungai nya jadi ingat kayak agar-agar.. bening
    Nama jalan yang dilewati Gito Gita unik ya ternyata itu nama seniman Yogyakarta..Nice s name treet šŸ‘Œ
    Nah agak nyesel to nggak bawa swimwear ? Mau kecik an air takut basah dan dikira ngompol. šŸ¤­wkwkwk..
    Hope there are some picture as like as baywatch..šŸ˜‚.xixixix..šŸƒ‍♀️šŸ¤¦‍♀️

    ReplyDelete
    Replies
    1. Maaf šŸ™salah nulis harusnya jalan Gito Gati .. Nice Nane Street ..

      Delete
    2. Wadaww kalo aku sebening kaca, transparant kayak casper dong yuaa šŸ‘»,wwkk!. Dimaklumi kok salah salah ketik nama jalan. Ntar ya nunggu mybody jadi sekseh dolo baru berfoto ala2 mas2 di pilem baywatch šŸŒŠšŸ¤­

      Delete
    3. Casper kan hantu.šŸ‘»..??
      Bening maksudnya kinclong nggak ya? WkwkwkšŸ˜‚
      Oke..alright..tapi. nunggu berapa lama ya sampai ada foto ala baywatch ? šŸ¤”
      fotonya nggak akan muncul soalnya disimpan di bawah bantal ya?šŸ˜…
      Ngakak ..bayangin brad Him yang spontan všŸ˜± jumbul kaget setengah mati lihat ada macan šŸÆloreng yang siap menerkam padahal cuma patung šŸ˜‚
      Melamun ya..jadi dikagetin macan..šŸÆ



      Delete
    4. Kacitaundakya šŸ˜†. Ndakajadeh šŸ˜›.
      Nah loh disingkat-singkat balasan komenku šŸ˜.
      Haha ternyata itu tuh cuma macan patung!.

      Delete
    5. Jadi.... yang nggak dikacihtau itu apa ya? šŸ¤”šŸ˜…
      Aku baca tuch bekal yang dibawa salah lima itu di antaranya ada coklat hazelnut ya berukuran jumbo..?? Waah aku kan jadi kepingin coklat..?šŸ˜‹šŸ˜‹
      Sstt.. boleh tahu merk nya? šŸ¤”
      Patung macan loreng itu apa buat dekorasi hiasan lokasi wisata ya biar pengunjung nggak macam-macam.. biar dikira ada satwa juga di sana.

      Delete
    6. Merknya coklatnya apa?.
      Oohh, sudah lupa tuuh... Bungkusnya dah masuk tong sampah, jadi ngga disebutkan disini juga dikomen "lol šŸ˜€.
      Bisa jadi, patung macan tujuannya begitu atau juga sebagai pengingat kita juga harus sayanh sama satwa šŸ˜Š

      Delete
    7. Okay lah kalau begitu.. it's secret chocolate.šŸ¤­
      Because chocolate is special for powerful going travellingšŸ˜…
      Oouw bisa jadi patung macan itu for reminder agar kita harus ikut sayank sama satwa .. tapi kalau satwa buas takut atuhšŸ˜± that's why I never go to Safari park. WkwkwkwšŸ˜…

      Delete
    8. Dirubungi dan digigit ikan-ikan kecil itu seperti apa ya Rasanya?
      Congrat for the adsense...

      Delete
    9. Rasanya, heumm .. kayak digelitikan sama si ayang [ayang2en alias pengin pipis mulu, huahaha] šŸ˜‚.
      Thanks, sista Fidy šŸ™

      Delete
  6. Wah ini dekat jogja bay yaa berarti mas?
    Kalau makin banyak bantaran sungai diberdayakan seperti ini, makin hidup ya sungai sungai di perkampungan. Tidak dicemari dengan sembarang sampah

    ReplyDelete
    Replies
    1. Betul sekali bu guru dewi...Cuma sungai Ledok Blotan yang bebas sampah semoga selalu tetap lestari yaa..šŸ˜ŠšŸ˜Š

      Delete
    2. @ Dewi :
      Tuh dah diwakili jawabannya sama mas Satria, kak šŸ˜.
      Moga aja ini jadi inspirator lokasi sungai yang lainnya ya.

      Delete
  7. Where do you find such lovely places to visit. Crystal clear waters, feel like jumping in!

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hopefully I can continue to introduce you to the next beautiful locations, my friend Kestrel. Let's jump together šŸ˜

      Delete
  8. Pemandangannya adem banget, kayaknya nyaman banget buat nyantai di situ, nyegerin pikiran, merendam kaki sambil dengerin kicauan burung.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Betul tuh, mas. Kapan kalau ada waktu ke Jogja coba didatengin lokasi satu ini.

      Delete
  9. Yaa Arena wisata Ledok Blotan meski sederhana tetapi punya nilai aura yang menarik terlebih suasananya yang syahdu membuat kita ingin selalu berlama2 disana..šŸ˜ŠšŸ˜Š

    Paling enak buat pacaran tuh mas...Serasa dunia milik berdua yang lain ngontrak.šŸ¤£šŸ¤£šŸ¤£

    ReplyDelete
    Replies
    1. Ho'oh kui, mas. Sampe lupa waktu jadinya kalo pacaran disana šŸ˜…

      Delete
    2. mas satria di sana jangan pacaran,...enggak baik, semedi aja, biar dapat ilmu, wkwkckk

      Delete
  10. Un bonito lugar este que nos muestras con esas aguas tan limpias lo que apetecƭa era darse un baƱo, siempre se olvida alguna cosa.
    Lo de parecer que te orinaste me recordĆ³ una ruta por la montaƱa con uno familiares en que se adelanto la lluvia y en la bajada se puso a llover y me mojo esa zona.

    Saludos.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Oh, esta ruta de ubicaciĆ³n le recuerda a usted y a su familia los recuerdos de las vacaciones en la montaƱa. Me alegra saberlo, Thomas. Saludos.

      Delete
  11. You should have a naked swim and shown us cold water photos. You talk to staff all the time and find out interesting things. I think you must be a charmer. Umm, it doesn't really look like a real tiger. I don't think you were too frightened.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Oh, wow .. i have to swim naked and include the photo here ?, hahaha ... That's fantastic, Andrew šŸ˜‚.
      Well, I will train as a handler to tame the beasts šŸ˜Š.

      Delete
  12. SĆ³ faz o comentĆ”rio que vocĆŖ fez quando
    se lĆŖ o texto de cabo a rabo. Meus amigos
    nĆ£o sĆ£o aqueles que fazem o que eu gosto,
    mas os que fazem do jeito que deve ser
    feito, como vocĆŖ, querido amigo.
    Um abraƧo grande e bom feriado.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Obrigado pela visita, Silvio. TambƩm envio calorosas saudaƧƵes e tenho uma boa atividade novamente.

      Delete
  13. Hola, como te lo pasas jajaj me encanta todos los lugares que nos enseƱan. Y bueno lo de mearse en el pantalĆ³n ha sido un puntazo ajajja. no pasa nada todo es lavable jaja. Un beso y feliz mes de Noviembre.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hola Campirela. Me echĆ© a reĆ­r al leer tus comentarios divertidos. No tengo la confianza para hacer pis en mis pantalones šŸ˜‚. Un bezo y felix mes de Noviembre.

      Delete
  14. abis kepanasan tinggal ngadem disini sepertinya enak banget ya mas, sambil minum es duduk-duduk santai ngebayangin mantan wkwkwk :D

    ReplyDelete
    Replies
    1. Yuhuu wwwk šŸ˜†.
      Asal bayanginnya jangan sambil nangis bawang bombay ya ..bisa2 tambah penuh tuh air sungainya šŸ˜…

      Delete
  15. Replies
    1. That's right, many people use water for relaxation purposes.

      Delete
  16. Another great hike along that beautiful river. I love that wooden bridge.

    ReplyDelete
    Replies
    1. I am amazed by your foresight to see the wooden bridge, Giorgio.

      Delete
  17. Bestnya datang tempat2 mcm ni.. mendamaikan jiwa

    ReplyDelete
  18. Una excursiĆ³n maravillosa, una pena que no tengas traje de baƱo en tu equipaje para disfrutar del agua cristalina. Un saludo

    ReplyDelete
    Replies
    1. MƔs tarde, si vuelvo a ir, traerƩ traje de baƱo. Saludos a principios de noviembre, amiga.

      Delete
  19. C'est la jungle, attention au tigre! :D
    Bonne journƩe

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hahaha ... heureusement, c'est un faux tigre šŸÆšŸ˜….
      Bonne journƩe de novembre aussi, mon ami.

      Delete
  20. Halo dari belanda buat kamu, aku juga belajar banyak disini lagi terima kasih aku juga tinggalkan komentar buat kamu di siput.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Halo Tine di Belanda. Senang rasanya kamu berkunjung balik disini. Sama-sama, aku juga terimakasih telah belajar siput darimu.

      Delete
  21. Betapa baiknya Himawan bahwa Anda bisa kembali ke tempat yang indah ini, Ledok Blotan; tempat yang sangat bagus untuk berjalan-jalan. Dan aku mengerti kamu, aku juga akan takut jika melihat harimau itu begitu nyata dan berjongkok hendak melompat hahaha. perjalanan yang indah terima kasih telah berbagi. Mencium.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Halo, sobat Gra!. Saya tertawa membaca sikap reflek anda jika bertemu harmau . Ternyata langkah reflek kita sama šŸ˜….
      Terimakasih juga untuk apresiasi anda. Mencium.

      Delete
  22. Beautiful - sad you couldn´t go for a swim, though!

    ReplyDelete
    Replies
    1. Thank you for your sympathy, Iris. Later I came there again with a swimwear.

      Delete
  23. Precioso paseo y bonita excursiĆ³n amigo mĆ­o, una pena haber olvidado el baƱador, el agua se ve extraordinaria para un buen refresco
    Es todo un placer conocer un poquito mƔs tu paƭs.
    Un abrazo y te deseo una bonita semana.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Muchas gracias por las oraciones de esperanza de ti mi amigo. TambiƩn rezo para que tu dƭa siempre sea divertido. Saludos de amistad.

      Delete
  24. Me gustan las fotos, son realmente preciosas, una hermosa excursiĆ³n, gracias por compartirlas.

    Y mil gracias por tu comentario en mi blog.

    Besos.

    ReplyDelete
    Replies
    1. De nada Marƭa, gracias tambiƩn por dejar tu huella aquƭ. TambiƩn gracias por tu agradecimiento. Saludos de amistad.

      Delete
  25. A beautiful place, so nice to see.
    Great photos, thanks for sharing and have a wonderful week.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Thanks a lot, Bill.
      Have a wonderful week also there. See ya

      Delete

  26. Seperti biasanya tanah kamu penuh dengan tempat wisata yang menarik ya sobat Himawan. Anda selalu memiliki mood yang baik untuk mereview apa yang Anda tunjukkan, yang membuat report Anda lebih menyenangkan ... Tentu saja, lain kali jangan lupa untuk membawa pakaian renang Anda untuk berenang di sungai itu, teman!

    Pelukan erat.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Wah, saya jadi tersanjung membaca komentar anda, sibatku yang baik Carlos. Terimakasih besar ya šŸ™.
      Baik, lain waktu jika saya kesana tak lupa saya membawa swimwear šŸ˜‰

      Delete
  27. Hola Himawan! He disfrutado mucho y riendo con tu publicaciĆ³n. Que lĆ”stima que no llevaras un baƱador, pero terminaste empapado de todas maneras jajaja Te confieso que ese tigre tambiĆ©n me hubiese asustado! Que tengas una gran semana amigo, cuĆ­date, un abrazo.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hola amigo tambiĆ©n, perdĆ³n por la demora en responder a los comentarios. Estoy muy feliz de alegrar sus corazones a travĆ©s de mi escritura. Saludos de amistad.

      Delete
  28. Beautiful place. The water has an amazing colour. And your tiger story is very funny. :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hahaha .., i feel happy you are entertained by my story about the tiger statue šŸ˜†

      Delete
  29. Bardzo ciekawe zdjęcia, aż chciałoby się zwiedzić to miejsce ;)

    ReplyDelete
  30. Precioso reportaje, me han gustado mucho todas las fotos. Saludos desde el norte de EspaƱa.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Saludos de mi parte en Indonesia para ustedes en el norte de EspaƱa. Muchas gracias, Ibarra.

      Delete
  31. Betapa indahnya tempat-tempat yang Anda miliki di sana, dan betapa menyenangkannya Anda.
    Pelukan erat dari Spanyol :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. Oh, saya tersanjung membacanya. Terimakasih besar sobat Gumer.
      Pelukan erat dari Indonesia.

      Delete
  32. It's very interesting here, I'll be visiting. Best wishes :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. Thanks, Dorota. Hopefully your wishes will come true. Greetings.

      Delete
  33. I like the way you describe the place. Thanks for sharing friend!

    ReplyDelete
  34. kota yogyakarta memang tiada duanya, kotanya terlihat sederhana tapi liatnya bikin adem gimana gitu, asiklah pokoknya

    dan semoga corona segera mereda dan saya bisa pergi ke jogja lagi

    ngomong-ngomong itu kolam kalau di letkkan ikan bagus tuh mas, andaikan ikan koi atau ikan mujair, pasti lebih cantik

    ReplyDelete
    Replies
    1. Dilepas ikan duyung kayak usul mas Jaey aja ya, kooo ...
      Wwwkk šŸ˜†
      Ntar bisa dijodihin sama ko Kuan Yu šŸ˜‰

      Delete
  35. Que lindos lugares nos muestras siempre. Gracias. Saludos.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Gracias tambiƩn por tu visita, Laura. Saludos de mi parte.

      Delete
  36. Kang... melihat aliran sungai yang berwarna toska, jadi teringat empang alias blumbang tetangga. settingnya ya sama di ledok itu Kang. pokoknya ijo semua dah. adeeem

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hayoook ku'todong' niih ajakin aku ngelihat kesana ya pak dokteer ..
      Aku kan jadi pinisirin nih šŸ˜€

      Delete
  37. Me encanto Ledok Blotan es un lugar muy hermoso . Te mando un beso

    ReplyDelete
    Replies
    1. OlƔ, JP. Obrigado por sua visita e saudaƧƵes por beijƔ-lo de volta da IndonƩsia

      Delete
  38. ¡Hola, Himawan Sant!
    Wooow me encantĆ³ lo maravilloso del significado de rĆ­o Ledok Blotan y todas las anĆ©cdotas que nos barras. Me gustarĆ­a poder visitarlo algĆŗn dĆ­a y admirar en vivo lo maravilloso del rĆ­o. Gracias por compartir tan lindas fotos. ImaginĆ© cada recorrido mientras leĆ­a.
    Un fuerte abrazo y saludos desde PerĆŗ. šŸ‡µšŸ‡ŖšŸ˜‰

    ReplyDelete
    Replies
    1. OlĆ”, Nuria, saudaƧƵes de volta para vocĆŖ no Peru da minha parte na IndonĆ©sia šŸ‡®šŸ‡©šŸ˜Š.
      Muito obrigado pela sua apreciaĆ§Ć£o šŸ™

      Delete
  39. Wah bagus mas tempatnya, biarpun hanya bantaran sungai tapi kalo di renovasi bisa jadi tempat wisata favorit, jadinya bisa menambah penghasilan Pemda dan juga warga sekitar yang berjualan ya.

    Mungkin karena tempatnya masih baru atau sepi makanya kiosnya belum menyediakan baju renang mas, begitu juga dengan kaos belum di sablon.

    Semoga saja setelah di promosikan mas Hino, tempat wisata Ledok Blotan jadi ramai.šŸ˜ƒšŸ˜ƒšŸ˜ƒ

    ReplyDelete
    Replies
    1. Kalau berenang ga pakai baju, dilarangkah šŸ˜†

      Delete
    2. Amin, moga aja betul tuh jadi rame nantinya mas šŸ˜Š.
      Kalau ngga pake baju boleh2 aja, mas Jaey.
      Yang ngga boleh, ngga pakai .. nana halem , wwkkk šŸ˜‚

      Delete
  40. Muy bonito este paseo por tus letras y fotos a tan maravilloso lugar. Saludos amigo.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Saludos de nuevo para ti Sandra. Muchas gracias por ti.

      Delete
  41. Tengok air nya terus rasa mau swimming

    ReplyDelete
    Replies
    1. Seriusan berani swimming, kak ?. Hayook kapan2 kesini yaaa .. ;)

      Delete
  42. Hahahahha, itu harimaunya lagian ngapain sih ya nangkring disitu mas, heran. Daratan tanah yang lebih rendah kalau di Purwokerto disebutnya LEGOK atau LEGOKAN mas, beda tipis ya sama LEDOK.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hahaha, harimaunya mejeng bergaya ala potomodel, kaak šŸ˜….
      Eh iya ya hampir sama namanya antara Ledok & Legok šŸ˜Š

      Delete
  43. Gracias por tu comentario


    Bonitas fotos
    buena semana

    ReplyDelete
    Replies
    1. Eres bienvenido amigo. Muchas gracias por tu agradecimiento. Saludos.

      Delete
  44. Que maravilloso lugar :o

    Un saludo desde Plegarias en la Noche.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Obrigado pela sua opiniĆ£o, amigo. SaudaƧƵes de volta de mim para vocĆŖ.

      Delete
  45. A nice place to unwind and relax with a good book to read. I can laze under the trees all day.

    ReplyDelete
    Replies
    1. I'm so happy you like a location like this, friend.

      Delete
  46. Gracias por tu presencia amiga en estos pots de mi rincĆ³n, que no sĆ© bien si entiendes o tienes que traducir. Para mĆ­ es una alegrĆ­a tu lectura desde tan lejos, apreciado Himawan.
    Esto me permite gozar de tus esplƩndidas fotografƭas, aunque no entienda tu escrito.
    Un abrazo.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hola mi amigo Teo. Por favor, perdone, los traductores a menudo son ineficaces en mi blog y en el suyo. Muchas gracias por comentar mis fotos. Saludos de amistad.

      Delete
  47. Es un lugar hermoso, un rĆ­o fascinante, con ver las fotos llena de tranquilidad la belleza de la naturaleza del lugar.
    Saludos amigo Himawan

    ReplyDelete
    Replies
    1. Estoy de acuerdo con tu opiniĆ³n. Saludos a ti amigo Jorge. Que tengas una buena semana.

      Delete
  48. Nice photoes from your place.ilike to see the green green places

    Wish you all good and take more shoots from you place.Excellent work you do.Greetings from -Norway

    ReplyDelete
    Replies
    1. Oh, really big thanks for all, Anita. I really appreciate it. Greetings from Indonesia for you in Norway.

      Delete
  49. Bantaran sungai disulap jadi tempat wisata yang sangat menarik satu terobosan yang mengagumkan andai bantaran sungai di Jakarta dibuat seperti itu pastinya akan banyak pengunjungnya eh Jakarta kan ngga ada sungai adanya kali..hihihi

    ReplyDelete
    Replies
    1. Kali berapa mas, kali lima apa kali sepuluh? šŸ˜

      Karena belum ada, coba mas Herman usul pada pak lurah. Siapa tahu nanti jadi tempat wisata baru.

      Tumben mas Hino sudah tiga hari tidak dibalas. Sehat kan mas, semoga sehat dan baik baik saja.šŸ˜ƒ

      Delete
    2. Apa bedanya sungai dengan kali, mas, mas, bedua šŸ˜†

      Delete
    3. Nanti tunggu mas Hino saja yang jawab ya kang Ajaey. soalnya saya juga ngga paham.šŸ˜

      Delete
    4. Sungai itu besar kali itu kecil, iya ga siiiiyy

      Delete
    5. @ Kal El, Jaey, Agus, dan Gustyanita :

      Vetu, *oh betul tuh penjelasannya dari kak Mbul imut-imut šŸ˜‰

      Delete
  50. Genial, meu amigo! Mais uma vez, me admiro: quantos belos recantos tem o teu paƭs! Meu abraƧo, boa semana.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Oh, obrigado pela sua opiniĆ£o, meu amigo Ć”rabe. No meu paĆ­s existem milhares de locais turĆ­sticos, apenas muito longe de um local para outro. SaudaƧƵes de amizade.

      Delete
  51. WOW, how do you find so many wonderful places to introduce us to? Here is yet another one I long to see for myself! It looks SO beautiful, and I just want to dive into that water and swim for hours...and then laze under the trees with a long cool drink!!šŸ˜‰
    Oh thank you so much for this, my good friend...I really enjoyed!šŸ˜ŠšŸ˜Š

    Have a great day šŸ‘

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hello dear YGraine. How glad I am to know that you have great enthusiasm to come to a location like this šŸ˜ŠšŸ‘Œ.
      Usually I know a location information from a friend and then I go to there. Have a Good week šŸ¤©

      Delete
  52. Perfect place for relax.
    Greetings.


    NEW POST IN MY FASHION BLOG!!: http://www.adrianosle.com/2020/10/mi-esencia.html

    ReplyDelete
  53. amazing photos:) I adore all of those;)

    ReplyDelete
  54. Looks like a fun place to visit :-D

    ReplyDelete
  55. Looks like a very peaceful retreat, but oh that tiger!

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hahaha ..only a statue šŸ˜„.
      Thanks for stopping by, Kenneth.

      Delete
  56. Hello Himawan,
    What a great story about your tour.
    Very mnice to read and so nice with all these impressive pictures. Nice!!

    Greetings, Marco

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hello also Marco. Big thanks for all kindly comments. Greetings for you from me, Himawan.

      Delete
  57. Muy bonito tu paseo por rƭo, las anƩcdotas que cuentas y como siempre las fotos que son muy buenas. Un beso.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Le agradezco mucho su agradecimiento, Hanna. Saludos.

      Delete
  58. Boa noite meu querido. Que vontade de estar aĆ­ tambĆ©m com vocĆŖ. ParabĆ©ns pelas belas imagens.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Muito obrigado, meu caro amigo do Brasil. Tenha um feliz domingo.

      Delete
  59. Kak Himawan ini suka sekali mampir ke tempat-tempat unik ya šŸ¤©
    Tempatnya asri dan sejuk sekali pasti. Plus sepi pula, eh tapi apa Kakak nggak takut sendirian di sana? šŸ˜‚
    Cerita soal patung harimaunya kocak banget wkwkw. Kayaknya aku juga akan kaget sih soalnya patung itu cukup terlihat nyata dan posisinya itu kenapa harus sedang siap menerkam, kan jadi mengagetkan šŸ¤£

    ReplyDelete
    Replies
    1. Betul, kak. Suka banget pergi ke tempat2 yang unik dan kalau ada waktu, dapat pergi ke lokasi yang masih belum banyak dikenal orang šŸ˜Š.
      Takut sih ngga, tapi deg2 ser iyaah .. wwwkk, itu mah sama aja yaah šŸ˜‚

      Delete
  60. Gagal wisata adus kali, mas.. Gak papa diganti wisata sobo kali wae kwi... :D

    ReplyDelete
    Replies
    1. Ya ayok barengan kita sobo ning kali, mas ... Hahahah...
      Di kotaku banyak banget loh lokasi kolam mata air šŸ˜‰

      Delete
  61. thank you for taking along friend!
    sounds like a wonderful place to visit

    as blogging friend i want to suggest you one thing if you don't mind ,you visit amazing areas ,i advise you take photos with more powerful frame and better lenses ,it will increase the beauty of your posting i bet
    blessings!

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hello, Baili. Thank you very much for your attention for a better photo display. I will work on that. Greetings of friendship. Blessings!

      Delete

  62. great post, I love your photos, nature is beautiful,
    have a nice day
    http://www.mosaictrends.com/

    ReplyDelete
  63. Looks an interesting place to visit, the river also looks rather lovely.

    ReplyDelete
  64. Todas las imĆ”genes son una invitaciĆ³n a internarse en ese bello lugar.

    Que tengas un maravillos dĆ­a.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Que tengas un buen dƭa allƭ tambiƩn, amigo. Muchas gracias por tu visita.

      Delete
  65. Oalah, baru ngeh "ledok" itu kalau bahasa Sundanya "legok" mungkin ya? Artinya sama soalnya. Lupa bawa celana renang, pakai celana kolor aja padahal, hahaha. Aku cewek tapi kadang suka gitu, cuek aja pakai celana daleman sama tank top saking pengen nyemplungnya xD
    Btw, lucu banget harimaunya dikira beneran, hahaha. Jadi inget adikku pernah liat gajah di jalan dan dia panik. Eh, taunya kerbau :')

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hahaha lucu banget adiknya kak Indi ngertinya saat itu kerbau dikira gajah šŸ˜‚.
      Sepertinya memang sama arti legok dalam bahasa daerah Jawa & Sunda, kak šŸ˜Š

      Delete
  66. Si no et vols mullar els peus i vols travessar el riu, tens un pont petitĆ³ , perĆ² si fa calor, millor banyar-te!!!
    Petons.

    ReplyDelete
    Replies
    1. BĆ©, un dia aplicarĆ© les vostres idees :). Salutacions d’amistat per part meva.

      Delete
  67. bhuahkakakakakka...ampun bengi bengi ku kayak otang setress moco post iki loh mas him, ampun wadidiawww

    seperti saat ditinggalin tanpa kejelasan coret, gagal foto kayak aktor baywatch karena ga bawa gantix ketemu patung harimauuu auuum hahhaha, salah lima trimaan rapor, duh ngakak mulu ampe perutku kram nih


    btw coklat hazelnute kayake kok enak ya wkwkwk

    apalagi disantap sambil kecehan ikan yang nggelitikin samparan hahahahha

    ReplyDelete
    Replies
    1. Wwwkkk ...,mangap ,*eh maap sampun bikin dirimu ketawa cekakaan bacanya, kak šŸ˜†šŸ¤­.
      Maklum lagi keabisan obat pereda panas, huahaha šŸ˜…

      Delete
  68. Wahhh tempatnya keren banget mas, sangat asri dan sejuk banget pasti.. Dan baru tau kalau ini ada di jogja, astga ak kemana aja hiks gatau kek giniann, mana deket rumah lagi.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Seriusan lokasi ini cukup dekat sama rumah mas Andrie ?.
      Tau gitu, aku mampir mas buat nanya2 seo .., kan sampeyan jago tuh šŸ˜‰

      Delete
  69. ada joging tracknya asiknya pagi-pagi nih dateng kesininya, sambil bawa keluarga abis itu istirahat ciblon deh mantap ....

    ReplyDelete
    Replies
    1. Ho'oh, kak. Dateng sore juga asik lo. Tapi kalau pagi nyaman juga ding buat jogging.

      Delete
  70. Sederhana tapi punya daya tarik yang indah yaa Mas...Ledok Blotan ini.šŸ˜ŠšŸ˜Š

    Bahkan bisa juga untuk Arena Syuting Film... Apapun filmnya pasti menarik syuting di Ledok Blotan.šŸ˜ŠšŸ˜Š

    ReplyDelete
    Replies
    1. Moga mas Satria nanti kelakon jadi aktor sebuah film yang lokasi shootingnya disini šŸ˜Š.
      Jangan ketinggalan swimwear kayaknaku tuuh ..., Hahaha šŸ˜†

      Delete
  71. Hi! Thank's for your visit!
    Nice pic!
    have a nice day!

    https://sosweetgirlythings.blogspot.com/

    ReplyDelete
  72. Eres un aventurero que nos hace partĆ­cipes de tus aventuras. AdemĆ”s lo vives y trasmites con verdadera pasiĆ³n. Es un placer viajar de tu mano por esos parajes lejanos. Saludos.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Oh, muchas gracias por tu agradecimiento, amigo Maripaz.
      Me conmueve leer tus comentarios. Saludos de amistad.

      Delete
  73. Wow, really you travel a lot! And for good, since in these times while we cannot go anywhere, you brig us with you!^^
    That place sounds so interesting and beautiful, just perfect for an hiking day!
    Beautiful photos!
    XO
    S
    https://s-fashion-avenue.blogspot.com

    ReplyDelete
    Replies
    1. Very very thank you for all, Silvia. Have a nice weeks!.

      Delete
  74. Un placer para la vista poder recorre un lugar tan bonito mediante tus fotografĆ­as.
    Saludos.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Estoy tan feliz de haberte hecho feliz. Gracias por tu visita. Saludos.

      Delete
  75. Beautiful photos Himawan. Greetings Caroline

    ReplyDelete
  76. Pasear al lado del agua es un gran disfrute amigo. Pero hay veces que nos encontramos sorpresas inesperadas :)) Precioso lugar.
    Buen jueves . CuĆ­date.
    Un abrazo.

    ReplyDelete
    Replies
    1. AsĆ­ es. Esa sorpresa inesperada es el principal atractivo ja ja ja .... Saludos de mi parte. Un abrazo.

      Delete
  77. Suasananya asik terlihat tenang, tapi itu ada harimau ya, menggigit ga itu šŸ˜†

    ReplyDelete
    Replies
    1. Udah kulatih jadi jinak kayak pus meong kok, mas hahaha šŸ˜…

      Delete
  78. Hi n.n
    Ledok Blotan sounds a good tour and the pictures are very good n.n
    Hugs from Mexico

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hi also Nancy. Big thanks for your appreciation. Hugs for you in Mexico from me in Indonesia.

      Delete
  79. Halo mas Him,maaf telat koment šŸ¤£
    Pasti lebih banyak koment kalo mas Him bawa swimwear trus berenang ala baywatch,bisa jadi sang mantan ikutan koment jugašŸ¤£šŸ¤£karena lebih seekseeh dan kulit lebih glowing tentunya, kan udah bawa body lotion tabir surya + masker wajah šŸ¤£šŸ¤£šŸ¤£

    Btw, Keren juga ada tempat gatheringnya, gathering sekalian liburan dengan suasana sekitar.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Halo juga mas Andy.
      Seriusan nih akunoakai swimwear bakalan banyak yang komen ?, atau jangan-jangan ... malah pada hoeeek, huahhaha šŸ˜‚.

      Delete
  80. Great location looks green and the waters very fresh

    ReplyDelete
  81. sangat asri dan alami y airnya bening .
    klu berenang agak lama bisa menggigil kedinginan tp asik. karwna fresh, airnya jg keliatan pure dan belum terkena polusi

    ReplyDelete
    Replies
    1. Betul :). Kebetulan pula cuaca di Jogja ngga adem, jadi ngga kerasa menggigil.

      Delete
  82. Belle le foto che ci mostri, bel lago e posto molto ma molto invitante. Buon venerdƬ e sereno fine settimana in arrivo.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Obrigado pela sua opiniĆ£o e visita, Arwen. SaudaƧƵes

      Delete
  83. Pase a visitarte y desearte un buen fin de semana que disfrutes plenamente Saludos CuĆ­date

    ReplyDelete
    Replies
    1. Gracias amigo. Que tu domingo tambiƩn estƩ lleno de felicidad. Saludos.

      Delete
  84. Ty to masz życie. Takie piękne zwiedzanie... Tylko uważaj na Covi19!

    ReplyDelete
    Replies
    1. Bardzo dziękuję za uwagę, przyjacielu. Zapamiętam twoją wiadomość. Uważasz rĆ³wnież na covid-19. Pozdrowienia.

      Delete
  85. karena aku berdomisili di kota sebelah utara kota Yogyakarta, Hallo mas Him? sudah pindah rumah? dulu tinggal di Semarang kan?

    Lihat gambarnya kok seperti kampung saya ya, maksudnya pemandangan alamnya mas...

    Lihat foto - foto yang mas Himawan hadirkan dalam artikel ini rasanya tempat ini sangat cocok untuk bersemedi atau sekedar melepaskan penat ibu kota, duh Desember cepatlah, tak sabar dengan suasana pedesan yang asri dan alamnya yang indah,...sukses selalu mas Him...

    ReplyDelete
  86. Ciekawe miejsce i naprawdę fantastyczne zdjęcia!
    Pozdrawiam ;)

    ReplyDelete
  87. blognya dari dulu memang selalu ramai ya mas himawan, dengan penjelasan wisata yg gamblang. tapi yg satu ini entah wisata atau curhat kurang paham saya wkwkwk

    ReplyDelete
  88. Hahahahha kebayang kagetnya dirimu ngeliat itu harimau mas :p.

    Eh ini ingetin aku Ama blue lagoon di Laos. Tapi kalo di sana ruameee, dan diksh fasilitas utk lompat dr atas, ato berayun dari akar pohon yg mengarah ke Laguna nya mas. Seruuu deh. Suami yg jelas ikut berenang. Aku fotoin dia aja, Krn kalo ikutan masuk air, yg ada juga tenggelam hahahahah.

    Ternyata ada jg di Jogja yaaa. Aku dec pertengahan mau balik LG k Jogja. Ntr kalo sempet mau deh cari wisata ini.

    ReplyDelete
    Replies
    1. asik nih pengalamannya udah sampai ke laos, keren

      Delete
  89. tempatnya nyenengin banget dan masih terlihat alami ya mas. Selain dikelola pasti dirawat dengan baik ini keasriannya. Lumayanlah keceh kaki digelitikin ikan kecil-kecil, pasti pada mabok itu. hehe

    ReplyDelete

  90. Hai Himawan!
    Tempat yang indah sekali, mereka terlihat begitu tenang dan tenteram. Anda suka mendaki, jadi jangan lupa baju renang Anda! šŸ¤£ Yay dan aku yang berharap untuk mengagumimu dalam pakaian renang itu.
    Saya mengirim Anda pelukan!

    ReplyDelete
  91. What a lovely place!
    have a great weekend,
    S

    ReplyDelete
  92. Holaaa
    ¡Parece un sitio muy relajante! y muy verde
    Me recuerda a mi casa, aquĆ­ siempre estĆ” lloviendo y hay mucha vegetaciĆ³n☺
    feliz finde! besitos

    ReplyDelete
  93. postingannyaa sampai sebanyak nih, luar biasa, terbiasa di luar ini

    ReplyDelete
  94. Rugi banget nggak bawa pakaian ganti mas, nggak bisa mandi2... Tapi seruu juga ya digelitikin sama ikan-ikan kecil!

    ReplyDelete

Post a Comment

Popular posts from this blog

Intip Begini Instagenicnya Warung Layar Sentuh 2.0 Magelang

Ketika awal pertamakali dibuka pada 31 Desember 2020 silam, nama Warung Layar Sentuh 2.0 saat itu mendadak hits ramai dibicarakan oleh banyak kalangan dan para milenials kawula muda sebagai pilihan baru lokasi nongki  [nongkrong kekinian] yang ada di Magelang. Bukan saja karena namanya terkesan unik, layar sentuh dan namanya terkesan sedikit berbeda dengan nama-nama kafe lain pada umumnya karena adanya penambahan bilangan angka 2.0 dibelakangnya, tetapi kafe, tepatnya Warung Layar Sentuh ini berkonsep bersantap hidangan berada di tengah hamparan perkebunan ladang tebu dan persawahan bernuansa alam pedesaan dikitari oleh indahnya pemandangan gunung yang mengelilinginya.  Area luasnya terbagi dua pilihan  indoor  dan  outdoor  berdinding kaca tempat makan Warung Layar Sentuh 2.0 yang buka setiap harinya mulai dari jam 07. 00 pagi hingga mendekati tengah malam jam 23. 00 tersebut dilengkapi dengan dekorasi cantik dan penataan ruang bergaya vintage  dan bohemian  yang tampak instagenic ,

Pengalaman Mistis di Mata Air Tuk Umbul Windusari

Boleh percaya atau tidak, ada pengalaman mistis aku temui saat berada di lokasi mata air Tuk Umbul Windusari, tapi ini aku kembalikan ke pembaca untuk mempercayainya atau tidak ceritaku.  Dan yang pasti tujuanku menceritakan pengalaman gaib yang kutemui di Tuk Umbul Windusari bukan bertujuan untuk mencari sensasi, sama sekali tidak ada maksud dan tujuan demikian.  Tujuanku untuk sekedar mengingatkan ke pembaca, dimanapun lokasi yang kita kunjungi sewajibnya memberikan salam dan permisi terlebih dahulu kepada penghuni dari dimensi lain sebelum memasuki lokasi. Demikian juga seperti yang telah kulakukan saat aku tiba di Tuk Umbul. Kata salam dan permisi cukup kuucapkan di dalam hati.  Nama Tuk Umbul dari bahasa Jawa, Tuk : mata air  dan Umbul  : dari kata mumbul, menyembul atau memancar keluar. Cerita bermula saat aku  melangkah mendekat ke letak mata air Tuk Umbul  tiba-tiba kepekaan bawaan indra keenamku memberikan signal  jika lokasi ini ada 'penunggunya'.  Aroma wangi semerb

Perkenalanku

Halo. Teman dan para pembaca semua, apa kabar ?. Perkenalkan kembali, namaku Himawan Sant. Perkenalkan kembali ?. Loh, kok ..., hmm ..., memang sebelumnya pernah aktif jadi seorang penulis blog atau blogger ?. Yups, benar. Mungkin diantara kalian pembaca masih teringat namaku dan nama blog lamaku tema travelling yang sekarang keberadaanya sudah tak lagi aktif. Sekarang aku aktif ngeblog lagi, dengan niche berbeda dari blog sebelumnya. Lebih variatif kontennya, tak hanya satu niche. Dan punya blog niche variatif yang kata orang disebutnya 'blog gado - gado', sekaligus juga kujadikan sebagai wadah penyaluran kreativitasku dalam hal tulis menulis. Masih tetap dengan gaya kepenulisanku, ringan dan mudah dibaca, aku berharap artikel - artikel yang berada di dalam blog ini punya banyak manfaat baik dan dapat menginspirasi para pembaca semuanya. Salam, Himawan Sant