Langsung ke konten utama

Kepopuleran Gereja Ayam Mendunia Berkat Sosmed

Nama Gereja Ayam kini telah mendunia, tak hanya disorot oleh traveller lokal tapi juga traveller mancanegara.  Berkat unggahan foto - foto yang tersebar di sosmed  atau sosial media, Gereja Ayam yang sebenarnya memiliki nama awal Gereja Merpati dan memiliki bentuk bangunan unik ini tersohor sebagai tujuan lokasi wisata turis lokal dan asing.  Sempat memilki beberapa nama sebutan dari masyarakat dan pengunjung, seperti : Gereja Bird, Gereja Chicken, Pigeon Hill dan masih banyak nama lainnya ..., bangunan rumah ibadah yang kini dibuka sebagai lokasi wisata ini sebenarnya bukanlah bangunan berbentuk seekor ayam, tetapi seekor merpati.  Namanya terlanjur dikenal sebagai Gereja Ayam, karena bentuk gedungnya sekilas jika diperhatikan menyerupai bentuk seekor ayam.  Gereja Ayam terletak berada di atas bukit di Dusun Karangrejo Gombong, Desa Kembanglimus, Kecamatan Borobudur, Kabupaten Magelang, Jawa Tengah.  Lokasi keberadaan gedung Gereja Ayam, tak begitu jauh ditempuh dari lokasi candi Budd

Kampung Ulam Ngrajek - Tempat Makan Bernuansa Etnik Jawa

Kalian bingung memilih tempat makan selepas jalan - jalan mengelilingi kawasan wisata candi Borobudur, atau juga bingung menentukan tempat makan berkonsep tematik buat dijadikan lokasi ngumpul asyik bareng teman - teman, dan juga tentu saja lokasinya keren untuk fefotoan ?. 

Kampung Ulam Ngrajek tempat makan dengan suasana tradional Jawa Tengah yang unik dan artsy yang kudatangi ini mungkin nantinya bisa juga jadi rekomendasi tujuan liburan untuk kalian. 


"kampung ulam ngrajek - tempat makan bernuansa etnik jawa"


Mengusung tema tradisional dan artistik, Kampung Ulam Ngrajek dengan luas areanya terdiri dari tiga bangunan Limasan berukuran besar berhiaskan beberapa lampu gantung antik terlihat mewah, dan terdapat tiga bangunan Joglo rumah tradional Jawa tempo dulu yang mengingatkanku tentang suasana pedesaan tempat rumah nenek buyutku dulu tinggal. 


"kampung ulam ngrajek - tempat makan bernuansa etnik jawa"


Terletak berada di tepi jalan dan dikitari oleh hamparan lahan persawahan, udara disana tetap terasa sejuk meskipun keseluruhan ruang Limasan dan Joglo di Kampung Ulam Ngrajek tidak ber-AC karena sekeliling restoran yang bertempatkan di dekat pusat eks budidaya ikan air tawar terbesar di Jawa Tengah, Ngrajek ini penuh dengan tanaman hijau, saluran air buatan yang mengelilingi area dan bangunan yang sebagian besar terbuat dari kayu jati dengan bukaan lebar ventilasi yang membuat sirkulasi udara tetap terasa sejuk dan nyaman.


Disini juga terdapat kolam di sudut taman dengan ikan mas berwarna - warni dilengkapi titian jalan setapak ke tengah kolam yang dapat dipergunakan untuk lokasi berfoto dan jadi pemandangan cantik sembari menikmati hidangan yang dipesan.  


"kampung ulam ngrajek - tempat makan bernuansa etnik jawa"


Dan areanya dikitari saluran air buatan berair jernih yang juga dipenuhi ikan - ikan berukuran kecil yang asyiknya dapat digunakan untuk terapi ikan. 


Dari kedua pelataran tengah halaman restoran yang dibuat berbeda ketinggian area dapat terlihat dengan jelas indahnya barisan perbukitan Menoreh dan megahnya Gunung Sumbing berada di sebelah barat. 


"kampung ulam ngrajek - tempat makan bernuansa etnik jawa"


Tak begitu jauh jaraknya ditempuh dari lokasi candi Mendut sekitar 9 menit [4,8 Km] dan sekitar 15 menit [8, 5 Km] dari lokasi candi Borobudur, rumah makan dan tempat wisata Kampung Ulam Ngrajek menawarkan suasana santai dengan kisaran harga makanan dan minuman yang tidak terlalu mahal, namun memiliki citarasa dan variasi menu yang cukup berselera dan pengalaman berkesan akan di dapat. 


"kampung ulam ngrajek - tempat makan bernuansa etnik jawa"


Jenis pilihan menu hidangan di Kampung Ulam Ngrajek dibuat jam berbeda dua jenis hidangan penyajian.


Jam 08. 00 pagi sampai jam 16. 00 sore menyajikan hidangan beraneka rasa menu dari olahan ikan. 


Dimulai dari jam 16. 00 sore sampai jam 23. 00 malam hidangan berganti menjadi makanan dan minuman khas angkringan.  


Pilihan menu makanan khas angkringan, kebetulan saat itu aku dan ketigapuluh teman datang kesana sore menjelang malam hari, diantaranya : nasi putih atau dapat memilih nasi uduk bila suka, aneka jenis masakan khas Jawa Tengah, aneka sate dan beberapa pilihan jajanan pasar. 


Penyajian hidangannya bergaya prasmanan pun unik, khas ndeso Jawa banget. 


Hidangan yang dipilih ditempatkan di sebuah tampah [terbuat dari anyaman bambu berbentuk bulat seperti piring] berukuran cukup besar. Nasi juga dibungkus dengan daun pisang oleh petugas diambil dari ceting [wadah nasi terbuat dari anyaman bambu] oleh pramusaji. 


Selebihnya aku dipersilahkan untuk memilih jenis masakan yang disukai yang tersaji berderet di meja kayu jati panjang hingga ke arah meja kasir.


"kampung ulam ngrajek - tempat makan bernuansa etnik jawa"


Ada begitu banyak jenis pilihan menu angkringan di Kampung Ulam Ngrajek diantaranya : garang asem [makanan traditional khas Jawa Tengah berupa olahan daging ayam bercita rasa pedas dan asam yang dimasak menggunakan daun pisang], oseng pare dan tumis kacang panjang.


"kampung ulam ngrajek - tempat makan bernuansa etnik jawa"


Dari kesemua pilihan jenis makanan angkringan dan jenis minuman yang tersedia, aku mengeluarkan total beaya 38K untuk pembelian : 1 nasi bungkus nasi, 2 sate ayam, 2 sate bakso, 1 jajanan pasar kue ku, 1 jajanan pasar tape singkong dibungkus klobot [kulit jagung], 1 gorengan tempe dan 1 gelas teh lemon kencur. 


"kampung ulam ngrajek - tempat makan bernuansa etnik jawa"


Eh, cukup sedikit kaget juga sih rasanya ketika disodori oleh kasir nomor antrian berbentuk ikan dari kayu sebagai penanda untuk pramusaji mengantarkan minuman yang kupesan ke meja yang kupilih ..., Lah kok dapatnya nomor antrian 13. Krungu - krungu alias dengar - dengar sih angka 13 itu adalah ..., oh katanya angka kurang baik 😱. Akh, kayaknya itu mah cuma mitos doang deh, ya heumm 😊.


"kampung ulam ngrajek - tempat makan bernuansa etnik jawa"


Terdapat pula beberapa jenis pilihan minuman wedang tradisional yang juga dapat dipesan, seperti wedang ronde, bajigur, secang dan uwuh. 


Sebagai tambahan berlama waktu hingga malam hari tiba sembari menikmati pemandangan dekorasi etnik Jawa yang sangat kental dengan arsitektur Joglo yang begitu unik di tepi hamparan sawah dan melihat ke setiap ruang dalam Joglonya yang dihiasi dengan foto - foto jadul nuansa Jawa tempoe doloe, aku memesan minuman secangkir kopi tubruk tradional bernama unik, kopi tubruk Arjuno. Bukan tubruk mantan kamu, loh yaa ..., hahayy 😆.  


"kampung ulam ngrajek - tempat makan bernuansa etnik jawa"


Ya, selain terdapat jenis minuman kopi dengan citarasa kekinian cold brew coffee, rumah makan dan tempat wisata Kampung Ulam Ngrajek menamai minuman - minuman kopi tubruk traditional mereka dengan nama - nama gunung, seperti : Sindoro, Sumbing, Dampit, Ijen dan Raung.



Lokasi:

Kampung Ulam Ngrajek 

Danggan, Ngrajek, Mungkid, Kabupaten Magelang, Jawa Tengah


Komentar

  1. Indonesia memang banyak sangat tempat menarik. Budayanya juga pelbagai, termasuk makanannya. Sepanjang kami telusuri Jakarta, Bandung dan Jogjakarta, makanannya pun turut berbeza. Bila disebut minuman bajigur, teringat saya ketika menikmati hidangan di Kampung Daun. Di Jogjakarta pula kami sempat makan malam di lesehan menikmati nasi gudeg. Membaca tulisan tentang Kampung Ulam Ngrajek ini pula, aduhai... bilalah lagi akan berkunjung ke sana. Ingin sekali berkenalan dengan hidangan masyarakat Jawa yang enak-enak!

    BalasHapus
    Balasan
    1. Halo kak Amie.
      Ikut senang mengetahui kak Ami & keluarga ternyata pernah melancong ke beberapa kota di Indonesia dan icip-icip makanan khas daerah berbeda2.
      Silahkan di noted lokasi resto ini buat bekal informasi jika kak Amie kembali datang ke Indonesia, khususnya provinsi Jawa Tengah.

      Hapus
  2. Very interesting photos - food, buildings and photos at night.
    Have a wonderful time :)

    BalasHapus
    Balasan
    1. Thanks a lot for all, Hanna.
      Have a wonderful time also :)

      Hapus
  3. Balasan
    1. That's right :). One time you are on vacation to Borobudur temple, stop by to this restaurant.

      Hapus
  4. Balasan
    1. Oh thanks a lot, friend.
      Right your assessment.

      Hapus
  5. Un lugar maravillosa y la comida tiene una estupenda pinta así que estará riquísima.Gracias por tu comentario en mi blog, lo que escribí es porque lo estoy viviendo.Saludos

    BalasHapus
    Balasan
    1. É verdade que foi escrito por você, Charo. Estou feliz e agradeço a sua apreciação. Saludos.

      Hapus
  6. terliur tengok makanan2 semua itu :)

    BalasHapus
  7. WOW, such stunning photo...and the food looks absolutely delicious!
    Oh how I wish I could have been there too...it looks so amazing!!😊😊

    Stay safe and happy, my friend.

    Greetings from England 👍🙏

    BalasHapus
    Balasan
    1. Thank you very much for your kind appreciation, my dear friend YGraine 🙏.
      I'm glad you have the desire to taste Javanese specialties. Take good care of yourself and your health too. Keep in touch, friend. Greetings.

      Hapus
  8. Wah menarik ya tempatnya. Harganya pun jg cukup ramah ya mas..
    Aku penasaran, klo llga lg pandemi gini tempatnya lebih rame ga sih? Soalny di foto2 mas himawan keliatan lumayan sepi ya

    BalasHapus
    Balasan
    1. Yups, kak Thessa. Udah gitu lokasinya tjakep buat foto-foto pula 😊.
      Sebetulnya disana saat itu juga ramai pengunjung, kak. Akunya saja yang memang sukanya memotret lokasi pas situasinya kelihatan sepi ..,jadinya lamaaa nunggu waktu buat motret2nya 😁

      Hapus
    2. Berarti mas Hino orangnya sabar ya, datang sore lalu untuk motret nunggu sepi jam 12 malam.😱

      Hapus
    3. Serem amat mas agus sampe jam 12 malem 🤣🤣 ntr jd berakhir kaya cerita horor yg ada di cerpen2 mas agus lg. Hehehe..

      Hapus
  9. Rumah makan seperti ini yang kadang pengin aku makan disana mas, konsepnya rumah tradisional jadinya ingat dengan rumah kakekku waktu kecil.

    Untuk harga makanannya murah meriah ya, makan nasi dan sate plus segala macam lainnya cuma 38 ribu. Menurutku sangat murah, rasa makanan bintang lima harga kaki lima.😃

    Dekorasi rumah makannya juga bagus ya, banyak ikan di sekitar rumah makan jadinya kalo jenuh didalam bisa keluar untuk melihat ikan ikan yang berkeliaran.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Asik ya mas jadi ter-nostalgia dengan rumah kakek kalau makan di resto tematik Jawa seperti ini 😊.
      Ntar kalau mas Agus datang ke resto Kampung Ulanm Ngrajek jangan dipancing ya ikannya, hahaha 😅

      Hapus
    2. Kenapa ngga boleh dipancing ikannya mas? Apa karena harus bayar? 😆

      Sebenarnya tidak mirip amat sih dengan rumah kakek, cuma sedikit miripnya, mungkin karena rumah zaman dahulu.😃

      Hapus
    3. Bolehnya mancing Rondo mas Agus...Jadi ikan dikolam itu untuk jadi pemandangan bila ada yang sedang pacaran..🤣🤣🤣🤣

      Hapus
    4. Oh begitu ya kang, sepertinya kang Satria ini hobi mancing Rongdo nih makanya tahu.😆

      Hapus
  10. Nice place and food seems delicious!!!

    BalasHapus
    Balasan
    1. Just like your opinion,
      i feel the same way, Saruski :)

      Hapus
  11. thanks a lot for your comment left on my blog ♥ nice pictures, the food looks amazing, wish to try it one day :)

    Melissa Hartford | lifestyle & beauty UK blogger

    BalasHapus
    Balasan
    1. Your welcome, Melissa.
      Thank you also for appreciating and liking the types of food that I display from this Javanese restaurant. Regards.

      Hapus
  12. Que información tan completa y las fotos estupendas. Gracias, se ve que te gusta la buena comida y la variedad. Tomaré nota de algunos nombres para buscar en internet. Me encantó tu pots. Saludos.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Oh, muchas gracias por todos sus amables comentarios. Me alegra que esta información sea su referencia. Envío saludos de amistad.

      Hapus
  13. Komentar ini telah dihapus oleh administrator blog.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Oh, thanks for your opinion, Lon. Once upon a time, you must try Central Javanese specialties besides of course Thai specialties from your wife's country. I will follow your new blog.
      Take good care also!.

      Hapus
  14. Hello, my friend from Indonésia!

    Beautiful photos and a delicious food, too.
    You are so happy!
    Your post is super. Congratulations!
    You coment twice my post. Thanks, but it isn't necessary.

    Hugs and good days! In Portugal, it's raining.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Olá Ceu em Portugal. Muito obrigado por todo o seu apreço. Para comentários que aparecem em dobro, tolere um erro técnico do navegador.
      Hugs and good days also. It's raining too in Indonesia.

      Hapus
  15. Les plats ont l'air très bon, ça fait envie :D
    Le bâtiment est très grand, très joli, tout de bois.
    Bonne soirée

    BalasHapus
    Balasan
    1. Bonjour mon ami de France.
      Votre description de la cuisine et de la décoration de ce restaurant est très appropriée, et que faites-vous, la nourriture délicieuse me donne faim ha ha ha 😄. Merci de votre visite, salutations d'amitié.

      Hapus
  16. Juga seni makanan dan kuliner budaya kuno Anda pasti fantastis, teman Himawan, kesenangan sejati. Saya membayangkan masakan alami dan eksotis Anda pada saat yang sama, sepedas dan enak. Tentu saja saya bahkan tidak pernah mencobanya dan saya tidak tahu siapa pun yang pernah mencobanya. Kami berada di anítopas, teman, keraguan apa yang cocok. Ini adalah masakan yang saya bayangkan pedas seperti Meksiko atau seperti di beberapa daerah di Argentina utara. Terkadang saya akan menghilangkan semua keraguan. Saya suka referensi dan bahan yang Anda berikan. Untuk harga saya tidak meminta Anda. Mereka juga tidak mengkhawatirkan saya karena harganya lebih mahal daripada di negara saya.

    Pelukan erat !!

    BalasHapus
    Balasan
    1. Halo sahabat Carlos.
      Saya cukup terkejut membaca komentar anda mengenai harga makanan di Indonesia lebih mahal daripada di Anitopas atau di negara anda.
      Selama ini saya mengira harga apapun di Indonesia lebih murah dibandingkan dengan harga-harga di negara Eropa.
      Saya mendoakan agar nantinya terdapat resto masakan khas Jawa di Anitopas agar anda dapat mencicipi cita rasanya.
      Pelukan erat sobat!.

      Hapus
  17. Muy buen provecho, tiene una pinta genial, y el lugar es fabulosa. Gracias amigo por ser tan generoso con tus imágenes y tus palabras. Abrazos y muy feliz semana.

    BalasHapus
    Balasan
    1. De nada, mis amigos, JP. Gracias también por su visita y agradecimiento. Buena semana para ti también.
      Un abrazo.

      Hapus
  18. Beautiful place with those wooden building. That Indonesian food looks delicious

    BalasHapus
    Balasan
    1. I hope that one day you will be willing to taste the special taste of Javanese cuisine, Giorgio :)

      Hapus
    2. I also hope to visit Java island, see those places and taste the particular Javanese food

      Hapus
  19. El lugar parece precioso y en tus fotos nos lo muestran perfectamente.
    De la comida no puedo decir nada nunca comí algo oriental aunque lo que es picante no es de mi gusto.

    Sobre lo que comentaste en mi blog sobre el color de las piedras en la catedral de Palencia no están pintadas solo depende del tipo de piedra usada.

    Saludos.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Muito obrigado, amigo, Thomas. Quero que experimente o sabor da cozinha indonésia, especialmente javanesa, de onde venho :).

      Nossa, é realmente único a cor do prédio vem das pedras usadas.
      Saludos.

      Hapus
  20. We don't see any more of these buffet tables; yet another victim of the pandemic.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Hopefully there won't be any additional victims of the epidemic, Giorgio.
      This restaurant also has strict health protocols.

      Hapus
  21. Saya mendengar tentang sebagian besar hidangan ini untuk pertama kalinya ...
    restoran ini sangat bagus ☺
    Salam pembuka

    BalasHapus
    Balasan
    1. Senang rasanya saya telah mengenalkan hidangan ini kepada anda, Lili 😊.
      Salam persahabatan.

      Hapus
  22. There seems to be lots of interesting food. The laid out food you where you can choose that we call a buffet may never be seen here again, along with blowing out birthday candles.

    BalasHapus
    Balasan
    1. With pleasure I will come to attend your birthday if it is held at this Javanese restaurant, even if I am invited by you he he he 😁

      Hapus
  23. murah tapi lezat dan pemandangannya indah nian ada terapi ikan juga wih

    BalasHapus
    Balasan
    1. Komplit nih namanya ya, mas 😊.
      Makan sambil lihat view apik, terus fefotoan.
      Capek foto-foto terus dilanjut terapi ikan 🐠

      Hapus
  24. Me encantaría comer ahí, la comida se ve deliciosa. nunca he probado esos menús. Y el lugar es muy lindo. Muchas gracias por darlo a conocer. Te mando un beso y esperó que te encuentres bien

    BalasHapus
    Balasan
    1. Fico feliz em saber que você deseja experimentar o sabor da culinária de Java Central. Eu rezo para que você termine. Obrigado por enviar saudações beijo amizade de você, eu também envio para você.

      Hapus
  25. Suasana nya khas Jawa banget ya mas Him, disamping itu jajanan nya murah juga.

    Saya suka sama sajian dan tempat makanan nya yang masih terbuat dari anyaman bambu, dan itu menambah selera makan saya, ☺
    Thanks info kampung Ulam nya mas Him. Kalo ada waktu bisa nanti berkunjung kesana.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Ajak-ajak aku ya kalau mas Andy kesana 😁 [huuuwah ..ngareep 😄].
      Aku belum puas sih soalnya bikin foto2 disana.

      Hapus
    2. Oke siap pak bos, 👍 hehe ☺

      Hapus
  26. waaaaaaaa menarik sekali makanan makanan dia! tempat pun cantik

    BalasHapus
    Balasan
    1. Dinoted addressnya kak Atie, nantinya kalau ke Indonesia, tepatnya Jawa Tengah mampir kesana :)

      Hapus
  27. Rumah makannya punya desain yang sangat menarik dan unik, bahkan papan nomornya juga cakep.

    Menunya juga bikin ngiler, duh... Jadi laper saya Mas.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Sementara sambil makan bayangin lokasinya ya, mas 😊.
      Ntar kalau kesampaian ke Jawa Tengah mampir ke resto ini.

      Hapus
  28. astagaaaaaa ngakak mas him weruh nubruk mantan dicoret hahay...trus angka 13 hahhhahaha..lucu nomor antriannya bentuke ikan

    wah pas banget aku bookmark dulu ah, restorannya sungguh sangat njawani sekali dihiasi pemandangan bukit menoreh dan kaki gunung sumbing, mana terdapat kolam ikan yang seger tenan pula...

    apalagi janganane khas jawa tengah alias masakan rumahan, ada pare, cang panjang, oseng oseng, dedagingan, dll ..minuman wedang uwuh secang kencur kunyit lemon segernyaaaaaaa....juga yang paling favorit pastinya ada jajanan pasarnya 😄

    BalasHapus
    Balasan
    1. Ahahayy ...nulis begitu biar yang baca pada keingetan mantan, *eh salaah .. keingetan nama2 kopi tubruknya 😆.
      Monggo di noted lokasinya buat jujugan pas kak Mbul & family mudik ke Purworejo.

      Hapus
    2. bruakakakakak kopi tubruk mantan tak tarlupakan ya mas him wakakakkk

      iya mas, kebetulan caket saking rumah nek di pwj 😄

      tinggal maknyuk tekan wkwkwkkw

      Hapus
  29. Hermoso lugar por el que paseo por tus letras y esa comida se ve deliciosa. Saludos amigo.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Saludos de vuelta, Sandra, estoy muy contento de que te guste lo que escribo aquí.

      Hapus
  30. wadidaw kalo makan disini pasti betah banget mas him tempatnya enak gak kalah sama makananya hehehe :D.. suasana malamnya itu lho bikin ciamik :D

    BalasHapus
    Balasan
    1. Kok tau sih aku juga betah saat disana, mas. Malah ngarepnya sampai mendekati jam tutup resto hahaha .. tapi sebagian temen2 udah pada ngajak pulang.

      Hapus
    2. haha cuma nebak aja mas, kelihatan dari gambar foto suasananya enak banget :D

      Hapus
    3. astagfirulloh ngakak mas ngenteni arep restoni tutup wkwkwk

      Hapus
  31. Balasan
    1. Thanks a lot your appreciation dear 😊🙏

      Hapus
  32. Food looks tasty and nice photos

    BalasHapus
    Balasan
    1. Thank you for visiting and your kindly comments, Nassah. Cheers

      Hapus
  33. Wow, the food looks delicious! Looks like a beautiful place to visit. Great collection of photos. Take care, enjoy your day!

    BalasHapus
    Balasan
    1. Hi, Eillen.
      I'm glad to know that you have an interest in tasting Javanese specialties. Thank you very much for all of your appreciation..
      Take care also and have a nice week!

      Hapus
  34. Hai Himawan!
    Sungguh tempat yang indah dan damai, bersih dan tajam!
    Anda lupa memberi tahu kami hidangan khas mana yang Anda pesan😃
    Sungguh luar biasa mengunjungi Desa Ngrajek, saya menyukai panorama yang menakjubkan itu. Menunya enak sekali! Apa itu Nasi Uduk?
    Semacam ikan? Oh Boy! Oh Boy! Saya percaya ini membuat saya lapar juga! 🤪
    Saya mengirim Anda pelukan!

    BalasHapus
    Balasan
    1. Hai juga Yessy!.
      Hidangan khas Jawa yang saya pesan 😊.
      Oh, nasi uduk adalah nasi yang saat dimasak menggunakan santan, rasanya jadi lebih terasa gurih.
      Ayo kita segera makan lagi, Yessy ... 😆.
      Terimakasih untuk kesemuanya dan saya mengirimkan pelukan juga untuk anda!.

      Hapus
  35. makannya seru di tempeh begitu

    BalasHapus
  36. Kak Himawan, tempat makanannya menarik sekali 😍
    Aku selalu suka dengan nuansa-nuansa seperti rumah joglo dengan dekor bambu/kayu, kelihatannya adem gitu apalagi kalau duduknya lesehan, makin mantap 🙈
    Lalu, piring makannya juga lucu pakai tampah bambu seperti itu. Menarik sekali hahaha

    BalasHapus
    Balasan
    1. Halo, kak Lia. Kalau dilihat tempat makan ini memang diprioritaskan jual suasana. Luas area dan bentuk elemen utamanya cakep buat foto2 dan asik buat kongkow 😊

      Hapus
  37. Nice place and delicious food!
    Regards.

    BalasHapus
  38. Halo! Ini aku lagi! penggemar terbesar Anda dari Polandia! :)
    tempat yang indah, itu benar-benar terlihat menarik. Saya ingin sekali mencoba makanan ini. bagi saya itu sangat oriental, tidak biasa :) Saya suka mengenal rasa baru :)
    Salam dari Polandia!

    BalasHapus
    Balasan
    1. Haloo sobat Ayuna di Polandia 🙌😊.
      Saya senang melihat anda mampir disini dan mengetahui anda baik-baik saja.
      Saya mendoakan untukmu suatu hari nanti dapat berkesempatan mencicipi bagaimana cita rasa masakan kas dari Jawa.
      Salam kembali dari Indonesia untuk Polandia!.

      Hapus
  39. Bardzo ciekawe miejsce i smacznie wyglądające jedzenie ;)

    BalasHapus
  40. Buen lugar, para saborear las comidas típicas de esa zona

    BalasHapus
  41. That looks amazing, I'd love to eat there :-D

    BalasHapus
    Balasan
    1. Amen, one day your wish will come true 😇

      Hapus
  42. ¡Un gusto para la vista y el paladar! me alegra que disfrutaras de todo.
    Saludos

    BalasHapus
    Balasan
    1. Estoy de acuerdo con tus comentarios, Esther. Al cenar en este restaurante, nuestros ojos se deleitan con la belleza de los elementos interiores y el ambiente rústico. Saludos de amistad.

      Hapus
  43. Boa noite meu querido amigo. Imagens lindas e com aquela vontade de conhecer. A culinária vontade de comer de tudo.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Bom dia da Indonésia, meu amigo Luiz. Parece que não há comida javanesa disponível em seu país 😁.
      Também tenho o desejo de que um dia na minha cidade haja um restaurante que sirva especialidades Portuguesas 😊.

      Hapus
  44. Cantik tempat nya. Makanan pun nampak enak

    BalasHapus
  45. It looks like a fascinating post. Sadly the translate button gives me the options of Esperanto and Estonian but not English.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Oh I am surprised why the translator can come up with a choice of both languages ​​..., hopefully on another day it will not happen again and can be maximally effective. By the way, thanks for stopping by, Elephant's child.

      Hapus
  46. All of the dishes sound delicious! And such lovely views to dine by, as well!

    BalasHapus
  47. View kampungnya sangat cantik, tempat makan pun banyak menu ya

    BalasHapus
  48. Sungguh entri yang lezat dengan foto-foto yang indah. Terima kasih telah mengunjungi blog saya, salam hangat dari Polandia :-)

    BalasHapus
    Balasan
    1. Terimakasih banyak apresiasi anda, Annette.
      Salam hangat kembali dari saya di Indonesia untuk anda di Polandia :)

      Hapus
  49. Waaaah muraaaah bangetttttt :D. Tp kalo ksana kayaknya aku prefer pagi deh, biar dpt menu ikan :D. Menu angkringan di solo banyak soalnya :D.

    Sabtu besok aku ke solo mas. Pgn sih ngajakin anak2 ke Borobudur sekalian jalan ke Magelang. Selain resto ini ada rekomendasi lain? Eh yg nasi goreng enak itu , mas pernah rekomendasiin, di mana tempatnya?

    BalasHapus
    Balasan
    1. Hiyaaa .. aku dah nebak kalau kak Fanny ntar bakalan pilih menu ikan disana 😁.
      Di Magelang ada banyak resto2 tematik menarik lainnya, kak.
      Kalau didatengin satu persatu ngga cukup waktu sehari 😊.
      Oh, nasi goreng magelangan itu ada 3 lokasi yang rekomended. Satunya nyempil di dalam gang yang gelap tapi rame didatengin pembeli, lokasinya di gang samping smu negeri 1.

      Hapus
  50. Mantap kuliner Yogyakarta yang penuh dengan kearifan lokal dan harga yang bersahabat.

    BalasHapus
  51. Salam dari Sahabat Seberang,
    menarik ya tempat makan seperti itu..
    aman dan damai sekali :)

    Shida Radzuan,
    www.duniashida.com

    BalasHapus
    Balasan
    1. Salam persahabatan kembali untuk kak Shida di negeri Jiran dari saya di Indonesia 😊.
      Betul lokasinya menarik, kak.
      [Berkomentar begini seolah aku public relationsnya resto ini deeh ...hahaha 😅]

      Hapus
  52. Hola, Himawan.
    La gastronomía y más tan rica como parece por tus imágenes es uno de los grandes alicientes para viajar. Me han encantado también las fotografías nocturnas!!
    Un fuerte abrazo desde España.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Hola amigo Miguel. Es cierto lo que dices, explorar las especialidades de un lugar es un estímulo a la hora de viajar.
      Un gran abrazo de vuelta.

      Hapus
  53. This place looks so great and the food looks delicious :)

    BalasHapus
  54. Wow it's a amazing place for eat! I like the photos n.n

    BalasHapus
    Balasan
    1. Oh, thank you so much for your kindly opinion, Nancy. Cheers

      Hapus
  55. Betapa orisinal hidangan ini! Dan betapa menariknya disajikan! Saya ingin mencobanya :)

    BalasHapus
    Balasan
    1. Ya, Rodzina setidaknya sekali dalam hidup mencoba hidangan yang disajikan dengan cara seperti itu :)

      Hapus
  56. ¡Hola querido amigo!
    Muchas gracias por visitarme en mis espacios y por tan bellos comentarios ¿Veo que en esta entrada has elegido muy bien los lugares en donde se puede llegar a comer algo bien rico y saludable quizás? Un viaje maravilloso por lo que se puede apreciar en estas fotos ¡ Un lugar increíble que detallas ¡
    Se ve hermosa la decoración que mencionas en los edificios con sus lámparas y candelabros y todo parece muy rustico, cosa que me encanta, mucha madera que es tan cálida y acogedora.
    Qué bueno lo que describes en relación a la ventilación del lugar y que no es necesario el aire acondicionado, porque imagino que hay altas temperaturas.
    Una belleza el estanque!! Realmente un verdadero paraíso
    Muy bueno saber que los menús son accesibles en cuanto al costo para los turistas y variados, también me imagino ese pollo cocinado con hojas de plátano…todo muy raro para nuestra cultura americana.. Muchísimas gracias por toda esta informacion y por esta entrada ESTUPENDA .. Saludos y un abrazo¡!!

    BalasHapus
    Balasan
    1. Olá meu bom amigo Eli também.
      Sinceramente, também agradeço sua disponibilidade para parar por aqui e fazer comentários que me deixam feliz por ter introduzido pratos ornamentais e pratos servindo as características rurais típicas de Java Central. Rezo por vocês para que um dia possam sentir a sensação de jantar em um ambiente como em um restaurante étnico como este.
      Eu te envio um abraço amigável.

      Hapus
  57. The food looks amazing. A lot of it looks like things I've never tried before.
    Hope you're doing well!

    BalasHapus
    Balasan
    1. Thank you for your prayers for me, Radi. I also wish you well. Hopefully one day you will have the opportunity to enjoy traditional Javanese style dishes like this.

      Hapus
  58. Hello my friend. I sincerely thank you for visiting my blog, it is a pleasure to meet you. These photos are beautiful. Hugs from Brazil.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Hello also mykindly friend Elias. Very your welcome and thanks also for stopping by.
      Nice pleasure to meet you.
      Thanks for all your appreciation.
      Hugs from me in Indonesia for you in Brazil.

      Hapus
  59. Mas, blogmu itu sumber inspirasi banget deh. Nanti kalo udah punya suami mau jalan-jalan juga ah, kalo dianya mau, haha. Traveling terus. Kerjanya yg bisa direct dari komputer jadi gak terikat dengan tempat. Digital nomad, haha. Jadi kan agak bebas. Sedikit demi sedikit juga disisihkan utk investasi ina-inu. My life goal 🙂

    BalasHapus
    Balasan
    1. Thank-you, kak Rani 😊.
      Kalau ntar udah punya suami dan suaminya ngga mau diajak, dipaksa aja ya kak hahaha .., #lol 😅.
      Moga impian kak Rani jadi full travel blogger wiil be come true 😇

      Hapus
  60. Wahhh ini sih bikin mupeng banget mas, lokasinya masih strategis lah ya, interior & desain tempatnya sumpah keren banget, jawa banget itu, aku suka banget, apalagi suamiku yg suka antik2, ahh harus ngajak pak suami makan disitu pokoknya.
    Harganya bikin melongo sih, terjangkau banget itu mah, kenyang, banyak pula.
    Dikampungku Purwokerto, itu namanya tampah & ceting juga mas, hahaha, tradisional banget ya makan pakai begituan, ah kangen suasana kampung.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Wuaah asik nih kak Ursula dan keluarga bakalan plesiran ke Magelang dan mampir icip-icip di resto ala pedesaan Jawa ini ...,datengnya pagi atau sore, kak ... apik buat lokasi foto2 😊

      Hapus
  61. Unas fotos preciosas que reflejan un viaje fantástico.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Oh, muchas gracias por tus amables comentarios, amigo. Envío saludos de amistad.

      Hapus
  62. Tempatnya klasik, sukaaaaa lihatnya :D hehehe.

    Dan makanannya tipe menu ala ala angkringan yah, mas. Even ada sate-satean which is kesukaan saya :9 -- dan ternyata harganya lumayan affordable untuk makanan plus view yang didapat :>

    BalasHapus
    Balasan
    1. When is there a vacation time to Magelang, cobalah kak Eno visiting disana buat ngerasain menu juga suasana njawani 😉.

      Hapus
  63. Wooowww kuliner tradisional yang menggugah selera nih mas, Dengan nuansa khas hidangan jawa.😊

    Ditambah tempatnya makannya juga Berlatar belakang tradisional plus wadah yang digunakannya juga demikian..😊😊

    Mantaplah mas terlebih ada Rongdo cantik yang menemani makin waah deh makannya..🤣🤣

    BalasHapus
    Balasan
    1. Bhuwaa..haha... selalu ya ngga ketinggalan ngarep ada rongdo ada disana 😂 ...
      Et daah siapa tau juga pas mas Satria kesana, eh ada rongdo lagi renang2 syantek bareng para ikan mas di kolam 🤣

      Hapus
  64. Resto yang sangat menarik sekali pakej permandangan yang cantik. Hidangannya sangat unik sekali. Banyak pilihan makanan seperti satay tu. Nice place to eat lah .

    BalasHapus
    Balasan
    1. Begitulah, kak.
      Bisa dikatakan juga resto ini memikat tamu dengan jual suasana dan view yang indah.

      Hapus
  65. What a lovely post to share the relaxing place with adundance of mouthwatering food and delicious delicay cakes. I love to visit Indonesia very much and have explored Belitung, Lombok, Bali, Yogyakarta and Jakarta. Where should I go next??.....

    BalasHapus
    Balasan
    1. Oh, wow ... it turns out that you have visited several regions and cities in Indonesia. I am amazed by your traveling hobby. I am a native Indonesian citizen, but I haven't had the opportunity to come to Bangka Belitung, hahaha ...
      Have you ever been to Magelang to see Borobudur temple and the tourist locations there ?.

      Hapus
  66. Nyam nyam.. jadi laper hehe, menikmati makanan sekaligus pemandangan sekaligus nuansa2 kedaerahan sekaligus kenyang sekaligus jalan2, hihi.. banyak hal yg yg didapatkan sekaligus disana, mantaaap 👍👍😆

    BalasHapus
    Balasan
    1. Yoyoyy ヾ( ͝° ͜ʖ͡°)ノ♪ .., mas Jaey.
      Udah gitu bisa buat nambah ulasan pulaak, hahaha

      Hapus
  67. They have got different delicacies over there looks sumptuous regards!

    BalasHapus
    Balasan
    1. That's right, Steve. This restaurant provides Javanese specialties, quite different from other restaurants. Greetings of friendship.

      Hapus
  68. Afiyet olsun evet mekan değişik ve güzelmiş ayrıca gölde ayrı bir güzellik katmış iyi seyahatler.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Türkiye'den arkadaş teşekkür ederim. Umarım sık sık benzersiz yerlerde yemek yemeye gidersiniz.

      Hapus
  69. Nada mejor que visitar un buen lugar con amigos y comer bien para relajarse . Estupendas fotos Himawan. Y buen viernes. Cuídate.
    Un abrazo.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Es cierto lo que dices, es muy agradable salir a comer con amigos. Muchas gracias por tu agradecimiento, Laura. Un abrazo.

      Hapus
  70. Me da mucha curiosidad esa comida, de hecho.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Un día debes probar el sabor de las especialidades javanesas :)

      Hapus
  71. What a lovely and inviting place that is. Lots to see and of course eat. The food looks delicious. Beautiful photos and thanks for sharing. Take care and stay safe!

    BalasHapus
    Balasan
    1. Un lloc preciós per trobar-se amb els amics i aquest menjar té molt bon aspecte...Em convides a sopar???
      Petons.

      Hapus
    2. @ Bill Burke :
      Your welcome, Bill.
      Glad I participated in introducing the traditional Javanese house building form and the food. Take care and stay safe of yourself also.

      @ M. Roser :
      Vine a Indonèsia, amic ... Et convidaré a venir a menjar a aquest restaurant javanès. Estic esperant que vinguis.

      Hapus
  72. Tu blog es espectacular. Las fotos maravillosas.
    Gracias por dejarme tu comentario en Mi Sala Amarilla , sos muy amable.
    Saludos desde Argentina

    BalasHapus
    Balasan
    1. Oh, es un honor para mí leer sus comentarios. Muchas gracias por tu agradecimiento, Sandra. Me encanta tu cordial bienvenida.
      Saludos de nuevo para ti en Argentina de mi parte en Indonesia.

      Hapus
  73. I want to be there!!such a lovely place , thank you for share it!, your blog is very intereting, blessings!

    BalasHapus
    Balasan
    1. Thanks a lot your appreciation, Ady.
      You are nice person.
      I pray for you to come on vacation to Indonesia, to be precise in the province of Central Java.

      Hapus
  74. Asik banget tempatnya. Keknya adem juga ya.
    Apalagi pemandangan malamnya, eksotik.
    Kalo ikan bakar adanya siang ya?

    BalasHapus
    Balasan
    1. Kebetulan udara di Magelang sejuk, kak.
      Iya betul, menu ikan bakar adanya pagi sampai sore :)

      Hapus
  75. Cara penyusunan meja kerusi nya amat sesuai untuk bawa keluarga ramai2 makan sini atau boleh dijadikan port buat Hari Keluarga. Banyak juga pilihan sate nya. Seronok style guna upih bahan natural bukan pinggan.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Betul sekali jika luas areanya dapat juga digunakan untuk kumpul keluarga atau juga gathering.
      Haduuh aku ngomong gini jadi kayak PR nya resto sana yaa .. hahaha 😅

      Hapus
  76. Hola Himawan hoy no me anduvo el traductor. El lugar que visitaste es muy lindo se ve reconfortante. Seguro la pasate genial.
    Besos.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Hola Gra.
      Es una lástima que la tecnología de traducción aún no sea estable hasta ahora, pero muchas gracias por apreciar mi foto. Saludos beso amistad.

      Hapus
  77. waaaa saya bisa betah mas
    cantik banget dan tempat makannya banyak
    suka juga penataan di tempehnya
    lengkap ada makanan ringannya juga
    harganya engga mahal juga
    fix pingin banget ke sini akutu

    BalasHapus
    Balasan
    1. Di fix-in kesana ya maaas .. terus jangan lupa ajak aku jugaa .. hahaha

      Hapus
  78. That place is very beautiful and food looks very delicious. Thank you for sharing.

    New Post - https://www.exclusivebeautydiary.com/2020/10/madison-look-up-makeup-mirror.html

    BalasHapus
    Balasan
    1. Your welcome, friend.
      Hopefully it will become a reference for you one day when you come to the tourist area around Borobudur temple.

      Hapus
  79. I really hope to see this place in the future ... I can't wait for the Covid emergency to end to get back to traveling!
    Greetings from Italy!

    BalasHapus
    Balasan
    1. Glad to know that you have an interest in travelling to Indonesia, especially province of Central Java. Hopefully it will come true, mr. Loto.
      Greetings from Indonesia!

      Hapus
  80. Se me ha hecho la boca agua viendo tantas delicias. Me ha encantado tu post y me ha parecido súper completo. :D

    BalasHapus
    Balasan
    1. Gracias por agradecer la reseña y mis esfuerzos por tomar fotografías de la comida tanto como sea posible para que se vea lo mejor posible, Margarita.
      Saludos de amistad.

      Hapus
  81. Purtroppo il mio computer non mi traduce il tuo post . Posso solo ammirare le tue splendide foto e lasciarti un saluto. Ciaoo

    BalasHapus
    Balasan
    1. Grazie per la tua foto apprezzamento e saluti. Mando un saluto anche a te. Si prega di tollerare l'instabilità del traduttore.
      Ciaoo

      Hapus
  82. waah tumben nih mas ga bahas candi hhehe
    btw, rumah makannya keren banget yaa, suasananya begitu meneduhkan, dan lagi-lagi, wooow harga makanannya murah banget. kalo ada kesempatan suatu saat, mungkin aku pengen ke sana nih hehee

    BalasHapus
    Balasan
    1. Hahaha .. sekali waktu ngga bahas candi akh, ntar aku dikiranya blogger spesialis candi 😅.
      Beneran ya kalau mas Dodo ada kesempatan kesana, ajak2 aku juga ya .., ojo lali.

      Hapus
  83. Hola amigo, como siempre, nos dejas maravillosas fotografías y hermosos y bellos lugares con muy buenas explicaciones de tu gran y bello país, pero hoy lo has bordado con la gastronomía que siempre es una delicia conocer las exquisiteces del país que se visita.
    Gracias por tan buena información.
    Recibe como no, un abrazo de amistad, deseándote tengas un maravilloso fin de semana.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Hola también mi querido amigo en España.
      Muchas gracias por todo su agradecimiento. Intentaré presentar otro lugar único. Un abrazo de amistad te mando.

      Hapus
  84. ¡Hola, Himawan!
    He disfrutado de tu post. Las fotografías son preciosas e ilustran maravillosamente el texto.
    La comida tiene un aspecto fantástico.
    Gracias por tan buena información, amigo.
    ¡Saludos!

    BalasHapus
    Balasan
    1. Hola mi amiga Carmen también. Muchas gracias por todo su agradecimiento. Realmente aprecio su amabilidad. Saludos éxito para ti. Saludos de amistad.

      Hapus
  85. Yemekler bizim kültürümüzden biraz farklı gibi ama değişik şeyleri hep merak etmişimdir teşekkürler paylaşımlar için 😊

    BalasHapus
    Balasan
    1. Merhaba türkiyedeki arkadaşım Ayrıca, yiyecek türleri gibi bir bölgedeki veya ülkedeki farklı şeylerin çıkarlarını da seviyorum. Biz aynıyız arkadaşlar 😊

      Hapus
  86. Halo Himawan
    Tempat makan yang indah. Saya berharap suatu hari saya bisa berlibur di sana.
    Saya tidak tahu bahwa di sana mereka juga memiliki mitos nasib buruk angka 13. Meskipun saya mengerti bahwa jika agama Kristen membuat pijakan yang kokoh di sana, dibutuhkan banyak mitologi, adat istiadat, dan pemikiran magis juga.
    Saya suka meja itu, mereka punya makanan enak
    Pelukan erat

    BalasHapus
    Balasan
    1. Halo sobat Frodo.
      Dengan senang hati saya mendoakan untu keinginannmu kelak datang ke Indonesia.
      Oh, hahaha ... ternyata mitos angka 13 ada di negara kita 😄, saya kira hanya ada di negara saya 😁.
      Akh tapi angka itu hanyalah mitos belaka, Frodo 😊.
      Saya mengirimkan pelukan erat juga untukmu.

      Hapus
  87. rumah makannya udah lama tapi kok masih bagus ya, boleh di cari tahu nih rahasainya dan yang paling bikin salut harganya itu loh, kok murah banget ya

    BalasHapus
  88. Kampung ulam.. pasti beragam aneka lauknya..
    Apalagi kalau siang itu menu nya olahan ikan... ikan mas kesukaanku..👌
    Di saat malam resto ini panorama nya cantik banget bikin betah pengunjung..
    Nice place to be visited.. 🙂

    BalasHapus

Posting Komentar

Postingan populer dari blog ini

Umbul Senjoyo - Pemandian Eksotis di Lereng Gunung Merbabu

Terpaan sinar cahaya matahari pagi yang melimpah menjelang siang tengah hari saat itu, terasa cukup menyilaukan pandangan mata namun udara tetap terasa semilir sejuk menerpa permukaan kulit, mengiringi perjalananku memasuki kota Salatiga dan selanjutnya mengarah ke arah kota Boyolali untuk menuju lokasi liburan yang berada di lereng gunung Merbabu, Umbul Senjoyo .  Wisata Umbul Senjoyo terletak berada di desa Jubug, kecamatan Tengaran, kelurahan Tegalwaton, kota Salatiga, kabupaten Semarang. Untuk mencari dan menemukan keberadaan letak lokasi pemandian umum Umbul Senjoyo yang dua dari lima bentuk kolam besarnya memiliki bentuk lebih menyerupai sendang alami dan berair sangat jernih ini, tidaklah menemukan kesulitan berarti dalam mencarinya.  Lokasinya cukuplah mudah untuk diketemukan.  Rute ke arah lokasi patokan termudahnya adalah terminal bus Tingkir kota Salatiga.  Tak begitu jauh jaraknya dari Terminal Tingkir, di lampu traffic light belokan pertama perjalanan dilanjutkan berbelok

Mengenal Peradaban Jawa di Museum Sonobudoyo

Disodori selembar kertas tebal berwarna hitam dan sebagian berwarna cokelat muda oleh salah satu petugas saat aku memasuki pintu sensor otomatis ruangan pertama Museum Sonobudoyo, dan kulihat dalam sekejapan mata kertas tersebut bergambar blencong , lampu penerangan dalam pertunjukan wayang berbahan bakar minyak tanah, refleks aku menanyakan ke petugas. "Apa ini, mbak ?", tanyaku. "Pembatas buku, mas", jawab petugas ramah sambil menebarkan senyumnya.  Sejurus kemudian kulihat lagi kertas mengilap tersebut, tercantum tulisan harga Rp. 3. 000,_. berada dbawah sebelah kiri. "Baik, mbak", jawabku sembari mengeluarkan selembar uang dari tas pinggangku. "Oh, ini gratis, mas. Silahkan dibawa", kata si petugas dengan senyum yang masih tetap menghiasi wajah khas Jawanya.  Sambil jalan melangkah meninggalkan meja resepsionis yang letaknya berhadapan dengan seperangkat alat musik traditional gamelan Slendro - Pelog Kyai - Ny a i R