Skip to main content

Air Terjun Sekar Langit - Tempat Jaka Tarub Bertemu Bidadari Cantik Nawangwulan

Kalian penasaran dengan keberadaan lokasi air terjun Sekar Langit tempat asal mula legenda tanah Jawa turun temurun, Jaka Tarub dan 7 bidadari kahyangan yang kisah legendanya diabadikan di dalam naskah populer Babad Tanah Jawi ?.


Atau juga, kalian penasaran dengan kisah legenda tersebut yang kemudian mengilhami pelukis maestro legendaris Indonesia, Fransiskus Xaverius Basoeki Abdullah, atau lebih dikenal dengan nama Basuki Abdullah untuk melukis keindahan air terjun dan kisah legendanya yang divisualisasikan secara artistik dalam sebuah kanvas dan kemudian lukisan atas pesanan dari presiden RI pertama Soekarno tersebut menjadi terkenal hingga ke mancanegara ... ?. 


Nah, disinilah keberadaan lokasi air terjun Sekar Langit yang terdapat di dalam lukisan karya Basuki Abdullah tersebut.


"air terjun sekar langit - tempat jaka tarub bertemu bidadari cantik nawangwulan"


Dan sekarang lukisan yang mengisahkan legenda turun temurun saat adegan Jaka Tarub mengambil selendang milik salah satu bidadari dari ke 7 bidadari cantik jelita dari kahyangan yang sedang mandi ini tersimpan di dalam istana kepresidenan Bogor. 


Wisata alam air terjun Sekar Langit yang telah kudatangi keduakalinya ini terletak berada di lereng gunung Telomoyo dan sumber mata airnya yang tak pernah surut berasal dari gunung Merbabu. 


"air terjun sekar langit - tempat jaka tarub bertemu bidadari cantik nawangwulan"


Lokasi air terjun Sekar Langit yang memiliki arti Bunga Langit [Sekar : Bunga, bahasa Jawa] ini berada di sebelah utara dari pusat kota Magelang, tepatnya berada di desa Telogorejo, Kecamatan Grabag, Kabupaten Magelang. 


Untuk tiba ke lokasi wisata alam air terjun Sekar Langit keberangkatan dari pusat kota Magelang kutempuh dengan jarak sekitar 29 kilometer dan lama perkiraan waktu tempuh 45 menit melalui depan pasar Grabag dan melewati jalan pedesaan berpemandangan menawan gunung gemunung, puncak gunung Telomoyo dan puncak gunung Merbabu tampak terlihat dari kejauhan. 


Untuk menuju dan sepulang dari lokasi air terjun Sekar Langit, setelah dari lahan halaman parkir yang luas dan melewati gapura tiket tak perlu perjuangan ekstra untuk mencapainya karena jalurnya relatif datar dan mudah ditempuh karena telah dilengkapi satu jalan setapak berlapis semen. Adanya undakan anak tangga pun ke lokasi yang lebih tinggi dari dataran sebelumnya, hanyalah beberapa meter ketinggiannya. Jadi, cukuplah mudah dilalui.


Namun tetap perlu kewaspadaan saat berjalan di jalan setapak karena posisinya bersebelahan persis dengan tepi jurang dan aliran air terjun yang penuh dengan bongkahan bebatuan beragam ukuran. Ada beberapa titik lokasi tepi jurang yang kulihat ketinggiannya terlihat sangat dalam.


Melewati jalan setapak banyak sekali vegetasi subur yang bisa kulihat, terutama rerimbunan pohon bambu berlingkar ukuran besar. Di Jawa Tengah bambu berwarna hitam dan memiliki ukuran lebih besar beberapakali lipat dari ukuran bambu biasa itu dinamakan bambu petung. 


"air terjun sekar langit - tempat jaka tarub bertemu bidadari cantik nawangwulan"
Jalan setapak satu sisi menuju ke dan dari air terjun Sekar Langit berbatasan langsung dengan jurang.


Setelah berjalan santai sejauh sekitar 600 meter, kuanggap sebagai jalan - jalan ala 'petualang sejati' karena di dalam kawasan hutan wisata saat itu hanyalah aku seorang diri berada disana, tak terlihat adanya satu pengunjung pun he he he ... , dan melewati jembatan beton gantung peninggalan kolonial Belanda yang di cat berwarna - warni, aku tiba di depan lokasi air terjun Sekar Langit


"air terjun sekar langit - tempat jaka tarub bertemu bidadari cantik nawangwulan"


Air terjun cantik dengan ketinggian air ke permukaan telaga mencapai 25 meter ini telah dikenal juga sejak jaman kolonial Belanda. 


Dahulu sering dipergunakan oleh pejabat Belanda untuk bersenang - senang bermain air dan mandi di airnya yang jernih dan sejuk. 


Beberapa meter di depan telaganya yang berwarna hijau kebiruan terdapat sekumpulan bebatuan alam berukuran besar yang jadi tempat menyenangkan untuk duduk - duduk bersantai dan jadi spot menarik untuk obyek berfoto. 


"air terjun sekar langit - tempat jaka tarub bertemu bidadari cantik nawangwulan"


Di area sekitar air terjun masih mudah ditemui kicauan burung terdengar bersahutan menandakan banyaknya habitat bermacam jenis burung berada disana.  


Rasanya menyenangkan duduk santai menyeruput kopi diselimuti udara sejuk sambil mendengarkan suara gemuruh jatuhnya aliran air terjun di satu - satunya warung makanan yang berada di dalam area.


"air terjun sekar langit - tempat jaka tarub bertemu bidadari cantik nawangwulan"



Satu dataran yang lebih tinggi dari sekitar depan lokasi air terjun, terdapat lahan bergapura kayu bertuliskan 'Petilasan Jaka Tarub' yang hingga saat ini masih seringkali dipergunakan orang untuk melakukan ritual doa dan semedi untuk memohon kepentingan tertentu. Banyak sekali terlihat sisa bakaran kemenyan dan sesajen kembang disini.  


Mitos kegunaan aiir di air terjun Sekar Langit dipercaya oleh banyak orang mampu mendatangkan jodoh untuk seseorang yang masih lajang atau jomblo sepertiku, *eh ..., juga airnya dipercayai memiliki khasiat pengobatan bermacam jenis penyakit, seperti : gatal - gatal dan penyakit kronis. 


Menurut keterangan yang kuperoleh dari seorang pria warga setempat yang bertugas sebagai petugas parkir yang kuajak berbincang di depan lokasi parkir, setelah sekembaliku dari area hutan wisata alam air terjun Sekar Langit ..., lokasi ini seringkali didatangi peziarah dari luar kota dan luar pulau untuk melakukan ritual doa dan memohon kesembuhan penyakit. 


Biasanya yang terjadi, dan hanya orang 'tertentu' yang memiliki indra keenam kuat akan melihat kemunculan pelangi di sekitar air terjun yang menandakan pertanda bagus bahwa permohonan dikabulkan. 


Dan kemunculan pelangi di lokasi air terjun Sekar Langit dipercaya oleh warga setempat secara turun temurun dari dahulu kala hingga kini merupakan pertanda para dewi kahyangan sedang turun ke bumi untuk mandi dan bersenang - senang bermain air.


Tak heran, selain suguhan pemandangan alamnya yang indah, air terjun Sekar Langit dipercaya memiliki sisi spiritual kuat. 


Masih menurut penuturan petugas parkir, di musim kemarau air terjun yang tak pernah surut airnya ini aman digunakan oleh pengunjung untuk beraktifitas di telaganya. Di saat musim penghujan, setiap pengunjung diinstuksikan untuk tidak berada di telaga dan di alirannya.


Legenda air terjun Sekar Langit 


Dikisahkan seorang pemuda bujangan tampan bernama Jaka Tarub, asal desa Tarub memiliki kegemaran berburu burung menjelajah wilayah satu desa ke desa lainnya. 

Suatu hari saat berburu ia tiba di kawasan hutan yang terdapat air terjun Sekar Langit ...namun sayang setelah sekian lama ia belum berhasil memperoleh buruannya. 

Menjelang sore hari, samar - samar dari kejauhan Jaka Tarub mendengar suara para wanita bersendau gurau diantara suara gemuruhnya air terjun. 

Dibarengi dengan rasa keheranan dan penasaran karena sepertinya tidak mungkin terdapat beberapa wanita di dalam kawasan hutan yang lebat dan sepi, ia mendatangi air terjun. 

Alangkah terkejutnya ia melihat apa yang tampak di depan matanya dan seakan tak mempercayai penglihatannya Jaka Tarub dengan hati berdegup kencang melanjutkan aksi jahilnya mengintip dari balik sebuah batu besar mengintip 7 wanita cantik sedang mandi penuh suka cita tanpa busana di air terjun.


 

"air terjun sekar langit - tempat jaka tarub bertemu bidadari cantik nawangwulan"
Lukisan artistik Jaka Tarub dan 7 bidadari karya maestro pelukis kenamaan Indonesia, Basuki Abdullah


Timbul niatan di dalam pikiran Jaka Tarub untuk mengambil salah satu selendang milik dari salah seorang wanita tersebut, setelah ia terpesona melihat kecantikan dan kemolekan tubuh para wanita di depan matanya tersebut.  

Jaka Tarub tetap melanjutkan mengintip setelah ia berhasil mengambil sebuah selendang.

Setelah mandi para wanita cantik jelita ini mengenakan pakaian dan selendang masing - masing dan kemudian terbang ke langit, hal ini membuat Jaka Tarub terkejut bukan kepalang bahwa para wanita tersebut adalah para bidadari kahyangan ... , tinggallah satu wanita ayu rupawan seorang diri yang selendangnya disembunyikan oleh Jaka Tarub. 

Ditengah kebingungan bidadari yang bernama Nawangwulan ini menangisi nasib  dirinya telah kehilangan selendang yang membuatnya tak bisa kembali terbang pulang ke kahyangan menyusul para saudaranya, ia bertemu Jaka Tarub. 

Dengan akal dan niatannya untuk memperistri bidadari, Jaka Tarub menawarkan diri mengajak Nawangwulan pulang kerumahnya. 

Akhirnya Nawangwulan bersedia diajak pulang ke rumah Jaka Tarub karena ia sadar ia tak mungkin kembali pulang ke kahyangan sebelum ia menemukan kembali selendang miliknya. 

Sesampai di rumah, Jaka Tarub menyembunyikan selendang milik Nawangwulan di sebuah rumah lumbung persediaan beras dan menimbunnya di tumpukan beras terbawah. 

Singkat kisah, setelah Jaka Tarub dan Nawangwulan menikah, lahirlah seorang bayi cantik yang mereka namai Nawangsih. 

Suatu ketika di masa paceklik, saat tumpukan persediaan beras mereka mulai menipis, Nawangwulan menemukan selendang miliknya berada disana. 

Murkalah Nawangwulan menyadari bahwa pelaku pencuri selendang dan yang menyembunyikan selendangnya adalah Jaka Tarub. 

Nawangwulan berpamitan kembali pulang ke kahyangan dan menitipkan Nawangsih untuk diasuh oleh Jaka Tarub.  

Nawangwulan turun dari kahyangan ke bumi saat mendengar suara tangisan bayi Nawangsih dan menyusuinya di balik sebuah gubug kecil tertutup rapat seperti permintaannya yang terakhir dan Jaka Tarub tak bisa lagi melihat wujud dirinya. 


"air terjun sekar langit - tempat jaka tarub bertemu bidadari cantik nawangwulan"
Pemandangan alam dari pelataran parkir keren, ya !


Adanya cerita legenda Jaka Tarub dan 7 bidadari ini ikut menaikkan pamor nama air terjun Sekar Langit dan membuat banyak orang berdatangan untuk melihat pesonanya lebih dekat.



Lokasi :

Air terjun Sekar Langit 

Desa Telogorejo, Kecamatan Grabag, Kabupaten Magelang, Jawa Tengah


Tiket : 

5K wisatawan lokal dan wisatawan mancanegara.


Jam operasional :

▫️ 07. 00 - 16. 00

▫️ Untuk penggunaan lokasi di luar jam operasional, pengunjung diminta melapor ke petugas jaga dan akan didampingi oleh satu warga setempat yang ditunjuk oleh petugas jaga untuk berada di dalam kawasan wisata alam air terjun Sekar Langit

Comments

  1. Air terjun yang indah dan tanaman hijau yang indah :) Saya sangat menyukai tempat-tempat seperti itu karena Anda dapat bersantai di sana :)
    Terima kasih sudah berbagi.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Sama-sama, Okiem. Terimakasih anda telah datang berkomentar tentang keindahan air terjun ini. Salam.

      Delete
  2. Replies
    1. Katılıyorum arkadaşım. Uğradığınız için teşekkürler.

      Delete
  3. Seronok baca tentang lagenda Jaka Tarub dengan 7 bidadari. Banyak cerita-cerita tentang orang kayangan 7 beradik turun ke bumi, tetapi versinya agak berlainan namun isi ceritanya hampir sama, iaitu 7 puteri turun ke bumi, mandi, disembunyikan pakaiannya oleh sang hero, tidak dapat terbang kembali ke kayangan, akhirnya mereka berkahwin, punya anak dan suatu hari ditemukan kembali pakaian yang disembunyikan oleh sang suami. Dan seterusnya..... Cerita rakyat ini pernah kami pelajari sewaktu berada di sekolah menengah.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Ya, kak cerita legenda tentang makhluk kayangan selalu menarik dibaca, ya.
      Imajinasi kita jadi ikut bermain :)

      Delete
  4. Such lovely waterfalls, I bet the air is beautiful there near the water!

    ReplyDelete
    Replies
    1. That's right, Dezmon. Incidentally the air in this area is cool.

      Delete
  5. Ciao grazie , gradito il tuo commento.
    Incantevoli luoghi immersi nella natura, suggestive emozioni nell'ammirarle.
    Buona settimana
    Rakel

    ReplyDelete
    Replies
    1. Ciao, grazie anche per essere passato. Ti ringrazio per i tuoi bellissimi commenti. Possa la tua giornata essere sempre piena di gioia.

      Delete
  6. Preciosa cascada y paisaje , como nos tienes acostumbrados . Y la leyenda me ha fascinado . Me gusta estas entradas que nos dejas , asi conocemos mucho más tu país. Un abrazo amigo.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Olá, Campirela. Muito obrigado pela sua apreciação. Saudações de minha amizade para você.

      Delete
  7. Bom dia meu querido e grande amigo. Parabéns pelas maravilhosas imagens dessa espetacular cachoeira.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Bom dia também meu caro amigo Luiz. Muito obrigado por tudo.

      Delete
  8. Muy bonito , feliz semana.
    Saludos

    ReplyDelete
    Replies
    1. Saludos de mi parte. Que tu semana también esté llena de felicidad.

      Delete
  9. Lindas a cachoeira e a história; lindas a tela e as fotos! Postagem magnífica, meu amigo; um dos melhores posts que já publicaste, sobre o teu belo país! Meu abraço, boa semana.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Oh, fiquei surpreso ao ler seu grande apreço. Muito obrigado, meu amigo Arabe. Eu realmente gostei disso. Saudações de amizade.

      Delete
  10. Natur pur, genau nach meinem Geschmack und vor allem so schön menschenleer. LG ROmy

    ReplyDelete
    Replies
    1. Wow, ich bin froh zu wissen. Sie mögen auch ruhigen Naturtourismus.

      Delete
  11. What a gorgeous waterfall. Wonderful photos :-D

    ReplyDelete
    Replies
    1. Thanks a lot your appreciation, Ananja.
      Cheers ;)

      Delete
  12. The English translation option has disappeared from your page, so I'm not sure what you're saying.. but the pictures are absolutely gorgeous!! I've never seen a large water fall in person, but it's a bucket list item for me.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Please forgive and understand if language translators are not always stable, Jax. Thank you for the appreciation of the photos here. Hopefully one day your vacation schedule to the waterfall will be implemented.

      Delete
  13. I love waterfalls. This one reminds me of my favourite waterfall in Karkonosze Mountains. :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. I immediately googling the waterfall image in Karkonosze Mountains .. and the view is very beautiful !.

      Delete
  14. Replies
    1. That's right. Nature always brings out the charm of its beauty.

      Delete
  15. Hello,
    Love your waterfall images, what a beautiful place. I am sorry my translator is not working today. Thanks for visiting my blog. Have a great day and a happy week ahead.

    ReplyDelete
    Replies
    1. I understand that sometimes language translators are not optimal. Thanks also for your return visit and appreciation, Eileen.
      Have a great day.

      Delete
  16. How nice landscape and waterfalls. I really like the story. Have a nice day friend

    ReplyDelete
    Replies
    1. I'm glad to know that you love the legend in this waterfall. Thanks, Saruski. Have a nice day also.

      Delete
  17. Tanto el paseo como la cascada preciosos que seguro olvidaste el esfuerzo que realizaste para ver la cascada.

    Saludos.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Tu comentario es muy acertado, Tomas. Cansado de viajar desapareció inmediatamente después de ver la belleza del lugar. Muchas gracias por tu agradecimiento. Saludos.

      Delete
  18. musim liburan, tempat yang indah dan tidak ada turis? - terdengar luar biasa ☺
    Bagus di sana tenang ☺
    salam Hormat

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya, Lili. Mungkin suatu kebetulan saat saya kesana areanya sedang sepi pengunjung, jadi saya merasa seperti petualang sejati 😁.
      Salam hormat kembali.

      Delete
  19. The waterfall and lake look beautiful. I wonder what your version of cold is, haha.

    ReplyDelete
    Replies
    1. oh, hahaha .. I'm sure if it feels cold for me, for you there must be nothing because in your country there is snow 😆

      Delete
  20. air terjun selalu menarik ...adem melihatnya.
    beautiful views

    ReplyDelete
  21. duh adem banget mas Him.. Tinggi juga ya air terjun Sekar Langitnya. Lumayan ya buat refreshing sejenak

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hu'um, kak. Lokasinya asik buat ngadem plus fefotoan :)

      Delete
  22. Me encanto la cascada y la leyenda de los 7 ángeles. Te mando un beso y te deseo una buena semana

    ReplyDelete
    Replies
    1. Gracias por gustarte la cascada con esta leyenda de 7 ángeles, JP. También mando saludos abrazos beso amistad.

      Delete
  23. Air terjun nya namanya bagus keren sekar langit..👌 baru tahu sekar itu artinya bunga . Mungkin ya dikasih nama sekar itu berdasarkan legenda turunnya 7 bidadari dari langit ?
    Nama yang indah panorama alam air terjun pun ketje dan tampak adem segar
    Lukisan oleh sang pelukis maestro Basuki Abdulah ini sekarang tersimpan ya di dalam istana negara, aku pikir lukisan tsb sudah terjual mahal tapi ternyata dimiliki oleh negara. Lukisannya memang indah, artistik dan eksotis .👌🙂
    Btw menuju lokasi air terjun ini pengunjung harus hati-hati ya karena jalan setapak bersebelahan di bawahnya terdapat jurang.
    Oh iya tempat pentilasan untuk semedi Jaka Tarub itu apa dipagari n atau boleh dipijak oleh pengunjung?
    Pingin bisa lihat pelangi di sekitar air terjun, biar bisa tahu keinginannya terkabul atau nggak hehehe😅

    ReplyDelete
    Replies
    1. Betul, nama sekar diibaratkan bunga sedang berjatuhan mendampingi pelangi saat bidadari turun ke bumi.
      Lokasi petilasan Jaka Tarub tidak dibatasi pagar apapun, sista. Berada langsung di sisi telaganya, jadi kudu hati2 biar ngga tergelincir. Aku juga naik ke atasnya kok 😊.

      Delete
    2. Oh begitu jadi lokasi pentilasan Jaka Tarub nggak ada pagar pembatasnya ya? Jadi siapa pun boleh bersemedi di tempat pentilasan tsb.
      Bayangin berjalan di jalan setapak nggak boleh sambil bercanda, harus pelan-pelan dan berhati-hati soalnya jalan setapak tsb berbatas langsung dengan jurang yang cukup dalam. Jarak 600 meter jalan setapak lumayan juga jadi kondisi harus fit supaya lancar sampai ke lokasi air terjun Sekar langit.
      Oh brad Him juga naik di sisi tepi telaga.. pasti licin ya? Susah ya kalau misalnya ngambil foto diri di tepi
      takut tergelincir.. kecuali ada yang bantu motretin.. hehehe..
      Berani ya sendirian di sana? Ntar ceritanya malah diculik bidadari di bawa ke langit kahyangan..wkwkwkwk 😅 #just kidding #becanda

      Delete
    3. Aku kan bidadara, *eh.., jadi ngga mungkin diculik oleh bidadari, wwkk 😆.
      Yup, beberapakali take kamera pakai timer aku hati2 banget mondar mandir di pijakan bebatuan agar ngga tergelincir 😁.
      Sista punya niatan ya bersemedi disana ?, ntar bisa lihat pelangi tuh 🌈 juga siapa tau bisa ketemu bidadari 😊🧚

      Delete
    4. Ooh iyaa... dirimu kan bidadara🧚‍♂️..??😅
      Tapi saatnya itu kapan ya turun dari kahyangan? 🤔😂
      Wuih rumit ya kalau harus take kamera sendirian.. kudu milih tempat yang stabil untuk dudukan tripod dan kamera nya dengan medan berbatu-batu. Aku nebak ngambil gambarnya ini ngga pakai kamera ponsel ya karena akan sulit , jadi ngambil gambarnya gunain kamera khusus plus tripod.
      Ooh untuk melihat pelangi apakah aku harus bersemedi dulu? Lah aku nggak berani bersemedi di sana 😊
      Kalau ada pelangi di dekat air terjun, saat itu para bidadari pada turun ya, kepercayaannya begitu? Kalau para 🧚‍♀️bidadari turun ketemu aku, terus aku diajak ke kahyangan (halu) tapi aku akan menolak halus, karrena aku masih senang di bumi..😅
      Btw.. di lokasi air terjun sekar langit ini ada jembatan gantung beton ya? Tapi jembatannya kokoh ya nggak membal-membal dipijak.. Good👌

      Delete
    5. Biar gampang ngakalin take cameranya pakai remote bluetooth, jadi ngga pakai ngira2 timernya udah berjalan hitungan ke berapa.
      Wwkk aku jadi buka rahasia andalab neeh 🤭.
      Yups, jembatannya dari beton dilengkapi sling baja diatasnya, so ngga membal dipijak 😁

      Delete
    6. Ooh cara mudah kalau take kamera sendirian itu pakai remote bluetooth? dan kamera nya itu bukan gunain kamera ponsel kan? Tapi kamera digital begitu?.
      Maaf ya nanya mulu siapa tahu mau berbagi ilmu..😅
      Aku hanya mikir kalau ponsel naruh di tripod di atas bebatuan resikonya tripod dan ponsel bisa jatuh karena licin.
      Bagaimana mengakalinya?

      Delete
    7. Wwkk kacitaundak yaa 😅. Rahasianya adalah memang harus tiati ngatur & milih tempat yang pas buat naruh tripod.
      Kalau ngga, bakalan terulang lagi tripod+kamera gelinding. Untungnya saat itu kamera ngga sampai rusak 🤭

      Delete
  24. La cascade est belle, la légende et la peinture aussi.
    J'aime bien le pont, c'est une belle balade, pas de monde c'est encore mieux.
    Bonne journée

    ReplyDelete
    Replies
    1. Merci d'aimer toute la beauté qui se trouve à l'emplacement de cette cascade, mon ami. Je vous souhaite également une bonne journée.

      Delete
  25. Segeeer suasananya. Pantesan sampai menginspirasi pelukis legendaris.
    Hanya, seperti nya akan agak rempong ya kalo bawa bocil. Lelah jiwa raga kalo rewel minta gendong.
    Sekarang setelah dari situ pasti tidak jomblo lagi yaa mase?
    :D

    ReplyDelete
    Replies
    1. Masih kak 🤭, haha!.
      Kalau ajak anak kecil pastikan dijaga dengan baik ya, kak. Takutnya nyelonong ke tebing jurang yang ngga berpagar.

      Delete
  26. Tempatnya indah banget
    Legenda yang tak asing bagi saya, dulu sering membaca kisah jaka tarub. entah itu dari buku maupun pertunjukan ketoprak.
    Ada jembatan peninggalan belanda, wow sungguh luar biasa
    Tidak hanya wisata, tapi bisa menapak sejarah

    ReplyDelete
    Replies
    1. Ya, mas. Legenda ini sangat populer ya, bahkan di pelajaran sekolah pun juga diajarkan ya.

      Delete
  27. Menurutku Jaka Tarub nya itu sedang datang ke air terjun Sekar langit lagi yaitu admin blog ini.😁

    Terus, ketemu bidadari lagi ngga mas disana? Barang kali ketemu ya, bukan tujuh tapi banyak karena tempat itukan sudah terkenal. Mas Hino lalu kenalan. Bidadari itu lalu mengajak mas Himawan mampir ke rumahnya. Eh, begitu lihat punggung nya ternyata bolong.😱

    Wah berani juga mas Hino jalan sendirian di dalam hutan itu, biarpun 600 meter itu cukup jauh lho, mana harus melewati jembatan beton peninggalan Belanda. Takutnya di jembatan itu ada penampakan.😂

    Tinggi juga ya air terjunnya, 25 meter.

    Oh tumben tiketnya murah 5k baik untuk warga lokal ataupun wisatawan asing, biasanya bedanya jauh mas.😀

    ReplyDelete
    Replies
    1. WadidaW bukan mas bukaan .. aku bukan si Jaka Tarub, tapiii .. bidadara wwkk 😆.
      Awalnya tiba2 sempat muncul rasa deg-degan juga sebelum masuk kawasan hutan, mas.
      Padahal ini keduakalinya aku kesana. Tapi kuberaniin diri hehehe 😁.
      Iya ya tiketnya kok tumben ngga dibedain, aku juga rada heran sekaligus senang .. kasihan soalnya kalau turis asing dibanderol beda harga tiket.

      Delete
    2. Mungkinkah pengelola taman air terjun Sekar langit ini lagi khilaf kali makanya tidak dibedakan antara turis lokal sama turis asing dan Aseng.😂

      Delete
    3. Wwkk 😅, pssst 🤫 moga aja pengelolanya ngga ikut baca komentar mas Agus, biar tetep sama harga tiketnya 😜

      Delete
  28. Basuki Abdullah itu pelukis favoritku. Suka bangetttt Ama lukisan2nya trutama yg bergambar pemandangan itu bagus semuaaa sih. Udh kayak real aja yaaa :D. Kadang aku ngayal seandainya diksh bakat melukis seperti itu :D.

    Wisata air terjun aku slalu suka mas. Krn biasa lokasinya di ketinggian dan sejuk. Cm kdg medannya aja yg suka berat. Tp asal air terjunnya cakep, aku msh mau sih ttp datangin :). Kapan2 ah , DTG ke air terjun Sekar langit ini

    ReplyDelete
    Replies
    1. Bet..uuul, lukisan karya beliau bagus banget dan tampak real.
      Sayangnya kita berdua ngga punya bakat melukis, kak wwwkk 😆.
      Sip kak, air terjun Sekar Langit ini jadi jujugan next holiday kak Fany sekeluarga 👌

      Delete
  29. ...I enjoy waterfalls and this one is beautiful. The legend is an interesting story.

    ReplyDelete
    Replies
    1. I am glad to know that you love the vacation to the waterfall. Hopefully one day you come to this location. I pray for you.

      Delete
  30. Pemandangannya keren, mas. Eh, lukisannya juga.. :D

    ReplyDelete
  31. Beautiful landscape and environment

    ReplyDelete
  32. Replies
    1. Wow, I'm surprised to read your opinion. Thanks Kinga 🙏

      Delete
  33. Jadi ini lokasinya masih ikut Grabag ya. Asyik banget jalan ke sini. Makasih banyak share perjalanan dan foto-fotonya ya, Mas. Semoga suatu saat bisa jalan-jalan ke Air Terjun Sekar Langit.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Betul, lokasinya masuk area Grabag, mas.
      Mudah dicari kok rutenya. Patokan rutenya di dekat pasar Grabag ada jembatan, beloklah ke kanan.
      Sami2, mas Azzet 🙏.
      Amin kudoain sampeyan kelak kesampaian ketemu bidadari di sana 😊

      Delete
  34. Mengejutkan, teman Himawan. Saya tahu legenda Jaka Tarub dan tujuh malaikat, saya hampir akan memberi tahu Anda bahwa dari sedikit saya tahu tentang budaya Anda, karena itu sudah menjadi tengara universal, dan sekarang saya merasa bahwa saya lebih memahami cerita yang datang kepada saya dari ensiklopedia selama masa kecil saya . Anda memiliki budaya yang kaya dan pemuja sejati untuk melestarikannya pada pelukis hebat itu, Basuki Abdullah, yang saat ini saya akan belajar lebih banyak dengan mencari semua informasi yang dapat saya temukan di internet. Mudah-mudahan saya bisa mengenal tempat mitos itu, air terjun tempat para bidadari pernah mandi.


    Peluklah teman terkasih HImawan untuk momen indah ini yang Anda izinkan saya untuk berpartisipasi.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Sungguh suatu surprise buat saya sejak lama anda telah mengetahui legenda Jaka Tarub dan 7 bidadari ini.
      Saya juga terkejut dan menaruh hormat besar sejak lama telah anda memiliki ketertarikan tentang budaya Indonesia.
      Saya mewakili nama negara saya mengucapkan banyak terimakasih kepada anda, Carlos.

      Salam peluk kembali dari saya untuk anda, Carlos.
      Saya mendoakan agar kelak anda terlaksana datang ke Indonesia.
      Salam hormat.

      Delete
  35. Lovely place! Wonderful nature!
    Magical! <3

    ReplyDelete
    Replies
    1. Thank you for your opinion about the beauty of this location, Kasia. Greetings

      Delete
  36. Magnífica postagem com lindas cascatas. 👏👏
    Votos de excelente semana
    Saudações de Portugal

    ReplyDelete
    Replies
    1. Muito obrigado, Maria. Desejo a você uma boa semana também. Saudações de amizade.

      Delete
  37. Hola, Himawan.
    Un lugar maravilloso para disfrutar de la Naturaleza y del arte de tus composiciones fotográficas. Hoy el traductor de Google no ha funcionadp pero aún así he podiso disfrutar de la esencia de tan bella entrada.
    Un abrazo hasta Indonesia.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hola amigo Miguel. Muchas gracias por tu opinión sobre mi foto. Disculpe, la traducción de Google sigue siendo a menudo ineficaz. Saludos al país de España.

      Delete
  38. Un lugar fantástico, extraordinario reportaje. Saludos desde el norte de España.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Muchas gracias por tu agradecimiento. Saludos de amistad de mi parte en Indonesia para ustedes en el norte de España.

      Delete
  39. Piękny wodospad i ogólnie bardzo ładne krajobrazy:)

    ReplyDelete
    Replies
    1. Dzięki, Martyna. Dziękuję za zatrzymanie się i polubienie tego wodospadu.

      Delete
  40. Preciosa paisaje, preciosa cascada y un bello relato . Todo ese lugar me parece fascinante y maravilloso.
    Un abrazo amigo desde España.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Gracias por todas tus opiniones sobre la ubicación de esta cascada, amigo. Te mando un abrazo tambien.

      Delete
  41. O wow, I didn't know this legend about the waterfall

    ReplyDelete
  42. Pemandangan luar biasa dan foto-foto bagus. Sayangnya, penerjemah tidak berfungsi lagi, tetapi saya tetap menyukai blog Anda :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. Terimakasih banyak apresiasi anda, Mamelkowo.
      Mohon dimaafkan dan dimaklumi terkadang penerjemah tidak berfungsi.

      Delete

  43. Halo,
    Oh wow tur yang indah hari ini.
    Dan tentunya saya penasaran ingin mengetahui lebih jauh darimana legenda tanah jawa itu berasal. Saya ingin tahu lebih banyak tentang Jaka Tarub dan 7 bidadari, kelihatannya sangat menarik! Benar-benar tempat yang indah, pemandangan dan air terjunnya. Menariknya, keajaiban air terjun bisa mendapatkan jodoh Anda? Apakah Anda membuat permintaan? Apakah Anda berhasil melihat pelangi? Yay! cerita menarik dari Jaka Tarub dan semua gadis cantik itu. Kasihan Nawangwulan, betapa penipu Jaka Tarub, syukurlah dia tahu, dan memberinya hukuman karena tidak pernah melihatnya lagi. Legenda menawan.
    Sebuah pelukan

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hi also Yessy.
      Dari kesemua komentar panjang mengesankan dari anda, saya menghargai anda telah membaca detil keseluruhan cerita.
      Itu sangat keren, Yessy!.
      Saya mengirimakan pelukan persahabatan untukmu.

      Delete
  44. dekat dengan CANDI UMBUL ya mas ? pernah ke candi umbul saya tp klo curug ini belum, hanya pas ada acara di grabag eh di ampirke candi umbul

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hampiiir dekat.
      Tapi kalau jalan kaki ya jauuuh, kak .. wwkk 😆.
      Sekarang tampilan halaman depan candi Umbul udah dipermak keren loh desainnya, kak ..
      Cuma sayangnya masih tutup karena pandemi.

      Delete
  45. Just looking at the water falls makes me feel refreshed. It s so hot here now, I wish I was at Sekar Langit. The area with all the bamboo and greenery, I hope you enjoyed this trip

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hello friend. I pray for you that the wish to visit the Sekar Langit waterfall to see first hand will come true, amen. I am glad you have an interest in seeing what is there. Regards

      Delete
  46. Hermosa cascada que invita a soñar, todo muy lindo y la leyenda me encanto, saludos desde Monterrey, Nuevo León, México, cuídate y gracias por compartir estas bellezas

    ReplyDelete
    Replies
    1. Gracias por sus saludos desde Monterrey, Nuevo León, México. Saludos de mi parte en Indonesia. Muchas gracias por tu agradecimiento.

      Delete
  47. Kak Himawan, ternyata kalau jalan-jalan sendirian ya. Lalu, yang fotoin siapa dong? Atau pakai Tripod? Hahaha #salfok

    Ini kali pertama aku lihat air terjun Sekar Langit, walaupun lewat foto aja tapi keindahannya sungguh nampak. Bentuknya itu nggak biasa karena ada undakannya jadi air nggak langsung terjun ke kolam. Unik sekali. Terima kasih udah ajak aku jalan-jalan virtual ke air terjun legenda Jaka Tarub ini hahaha. Legenda yang sering aku dengar dan nggak nyangka bahwa air terjunnya beneran ada.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Yang ngefotoin tripod dan om tongsis, kak haha 😄.
      Aku ikut senang akhirnya bisa ngenalin lokasi air terjun tempat asal legenda Jaka Tarub ini ke kak Lia & teman2 semua 😊.
      Terimakasih ya kak Lia.

      Delete
  48. Interesante historia y precioso lugar!

    ReplyDelete
    Replies
    1. Gracias por tu agradecimiento, Piruli. Saludos de amistad

      Delete
  49. air terjun ini memang melegenda
    dan seger banget liatnya
    pantas para bidadari turun ke sana
    cukup tinggi juga ya mas 25 meter

    ReplyDelete
    Replies
    1. Ho'o, mas. Airnya memang kerasa adem seger saat disentuh. Udara sekitarnya juga sejuk.

      Delete
  50. Que bonita cascada y sobre todo me ha gustado que la acompañes de la leyenda. Conocer otros lugares es un placer. Un abrazo Himawan

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hola amiga Maria. Muchas gracias, sí, te gusta la cascada de la que te hablo. Envío saludos de amistad.

      Delete
  51. Hi, beautiful photo. Greetings Caroline

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hi also Caroline. Thanks a lot for your appreciation. Greetings.

      Delete
  52. keren banget ya mas lukisanya, bikin salfok :D.. tapi bidadarinya warnanya ijo ya, apa masih sodaraan sama buto ijo nih hehehe :D

    ReplyDelete
    Replies
    1. Kalo mas khanif punya lukisan itu sepertinya dipelototi tiap hari.😂😂😂

      Delete
    2. gw pajang di depan rumah wkwkwk :D

      Delete
    3. @ Khanif :
      Mungkin critanya agak ijo karena kena pantulan warna dedaunan mas hehe😊

      Delete
  53. never seen a waterfall, very beautiful
    http://www.mosaictrends.com/

    ReplyDelete
    Replies
    1. Oh, I hope you will see a waterfall in the near future. Spirit up, friend.

      Delete
  54. wonderfulpost!I think i have to look closer to it!Many nice stories you share:)

    ReplyDelete
    Replies
    1. Thank you very much for your appreciation, I really appreciate it. Thank you also for stopping by. Regards

      Delete
  55. Una ruta que me gustaría hacer. Naturaleza pura. Preciosa la cascada
    Buen otoño amigo. Cuídate.
    Un abrazo.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Ojalá se cumpla tu deseo de venir a este lugar, también te mando un abrazo de amistad.

      Delete
  56. Guauuuuuu, impresionante lugar, me ha encantado, un besazo.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Muchas gracias por tu agradecimiento con respecto a esta ubicación, amigo. Te mando un abrazo de amistad

      Delete
  57. oh waterfalls! so very beautiful. always so peaceful and attractive to me

    ReplyDelete
  58. The waterfall is so beautiful! You are incredibly lucky that you got to experience it in serenity without any other tourists around!

    ReplyDelete
    Replies
    1. Yes, I feel lucky to be able to see its beauty without many people but I am also a little worried 😊

      Delete
  59. This waterfall is amazing - thank you for showing us another amazing created by nature place:)

    ReplyDelete
    Replies
    1. Your wekcome, Carolyna. Thank you very much for your willingness to stop by at this waterfall post :)

      Delete
  60. Saya sangat penasaran dengan letak air terjun Sekar Langit. Saya tidak tahu tentang legenda tanah Jawa Jaka Tarub dan 7 bidadari dari Babad Tanah Jawi.
    Dan saya suka posting ini menampilkan lukisan karya Basuki Abdullah. Saya sebenarnya suka bahwa entri tentang geografi, sejarah, mitologi, agama, dan seni seperti lukisan bersinggungan.
    Saya menyukai posting ini, saya belajar banyak.
    Peluk temanku

    ReplyDelete
    Replies
    1. Di blog saya, saya membuat lelucon tentang Anda, saya menjawab Anda dalam bahasa Jepang. Memanfaatkan fakta bahwa Anda telah mengomentari saya dalam bahasa Portugis dan saya berbicara bahasa Spanyol hahahaha
      Saya harap Anda mengerti, itu hanya lelucon, teman saya hahaha

      Delete
    2. Halo Frodo.
      Sayang senang anda punya minat yang sama dengan saya untuk banyak belajar mengenal sejarah & budaya dari berbagai negara.

      Saya telah membaca balasan komentar dari anda di blog anda.
      Sayangnya penerjemah bahasa Jepang sedang tidak efektif.
      Saya mengirimkan dalam peluk kembali, Frodo :)

      Delete
  61. saya rasa di malaysia pun ada kaitan mitos dengan air terjun. tapi lebih kepada kisah2 seram dan mistik hahaha...btw terasa nyaman dan mendamaikan kalau dapat berada di sini... tapi sekarang musim hujan agak bahaya kalau bermandi-manda di air terjun ;-)

    ReplyDelete
    Replies
    1. Oh wow, serem juga ya kalau legendanya menakutkan haha 😄.
      Betul, kalau musim penghujan alangkah baiknya tidak bermain air di aliran air terjun. Cukup lihat keindahannya saja 😊

      Delete
  62. Ketemu 7 bidadari waktu kesana kak? 😁😁😁😁

    ReplyDelete
    Replies
    1. Nggaaaa, bli 😄.
      Sepertinya saat itu para bidadari lagi ngga mau nemuin bidadara berkaos biru alias aku ini, hahaha 🤭

      Delete
  63. Such rich history & great storytelling with your wonderful pictures. Definitely an epic place to go. Thanks for your wonderful comment too.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Thank you very much to all of your appreciation, Ellie.
      You're welcome, i also thank you for stopping by. I send friendship greetings.

      Delete
  64. Indah pemandangannya. Apa nggak horor tuh mas jalan-jalan sendirian dan di sana ternyata nggak ramai juga? hihi

    ReplyDelete
    Replies
    1. Awalnya sih sempat kerasa takut juga , kak tapi lama lama ngga kok hehehe .. malah asik ngamatin sekitaran ngga ada yang ganggu 😁

      Delete
  65. Wah.. baru tau kalo kisah Jaka Tarub itu ada air terjun aslinya. Air terjunnya pun cantik.

    Kira-kira saat Mas ke sana, ketemu bidadari juga nggak?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Aseek, sekarang mas Rudi jadi tau lokasi air terjun tempat legenda Jaka Tarub berasal.
      Moga mas Rudi kelak bisa lihat langsung kesana.
      Aku ngga ketemu bidadari, mas 😊. Bidadarinya lagi males nemuin bidadara satu ini, wwkkk 🤭

      Delete
  66. Ada satu kesamaan kisah rakyat di Malaysia saya perasan. Jika kisah bidadari turun dari langgit singgah mandi di mana-mana lokasi air, kenapa biasanya 7 beradik ya. Mesti angka nya 7.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Entahlah, aku kurang paham dengan penggunaan angka 7 di legenda, mas.

      Delete
  67. Looks really exciting! Amazing place.

    Melody
    atelierbymel.blogspot.com

    ReplyDelete
  68. Great post :))
    „Zapraszam także do siebie na nowy post - KLIK

    ReplyDelete
  69. SAYA JAWAB DI SINI YANG SAMA DENGAN DI BLOG SAYA:
    ahaha sama sekali, teman Himawan. Wajah saya terlihat seperti orang Jepang dibandingkan wajah beberapa berambut cokelat Brasil.

    Saya akan menerjemahkannya kembali ke bahasa Spanyol untuk Anda. Dan kemudian saya akan menyebarkannya ke blog Anda dalam bahasa Indonesia:

    "Teman Himawan. Di entri Anda memiliki banyak tautan untuk mendengarkan program. Satu-satunya masalah adalah mereka semua dalam bahasa Spanyol (Argentina), saya tidak tahu apakah Anda akan memahaminya. Pelukan besar"

    ReplyDelete
    Replies
    1. Suatu keunikan wajah anda berbeda dengan rata - rata wajah dari Brasil. Apakah karena anda memiliki garis keturunan berasal dari Jepang, Frodo ?.

      Meskipun saya tidak mengerti siaran suara dari bahasa Spanyol (Argentina) tapi saya penasaran ingin mendengarnya .
      Pelukan besar juga saya kirimkan untuk anda 😊.

      Delete
  70. Just As Beautiful As Can Be - Way Cool There

    Cheers

    ReplyDelete
    Replies
    1. I'm also impressed to read your comments about this location. Cheers

      Delete
  71. Un lugar precioso y una historia muy bonita. Que tengas un buen día

    ReplyDelete
    Replies
    1. También te deseo un buen día. Gracias por pasar, Sunika.

      Delete
  72. Great post, very informative and beautiful photos. Well done, stay safe and have a wonderful day.

    ReplyDelete
    Replies
    1. A big thank you all for your appreciation, Bill. Take care of your health too. Have a nice day.

      Delete
  73. Boa tarde, meu nobre e querido amigo.
    Amo as fotografias do seu lindo blog, principalmente da natureza. Deixo aqui o meu abraço forte.

    Dan
    https://gagopoetico.blogspot.com/

    ReplyDelete
    Replies
    1. Boa tarde também querido amigo Dan. Agradeço muito seu grande apreço. Eu também te envio um abraço.

      Delete
  74. Ohh que lindo blog, que viagem maravilhosa!!
    Lugares belíssimos e fotos encantadoras!!
    Agradeço a visita que fez em meu blog, fiquei encantada!!!
    Tenha um lindo restante de semana!! :))))

    ReplyDelete
    Replies
    1. Estou realmente impressionado com o que você tem a dizer sobre o meu blog. Muito obrigado. Obrigado também por sua visita de retorno. Atenciosamente e amizade😊🙏

      Delete
  75. Great post and pictures.

    www.paginasempreto.blogspot.com.br

    ReplyDelete
  76. Que lindo viajar, acompanhado de doces olhares!
    E com uma história fascinante!
    Um abracinho de luz!🌼🌻🌼
    Megy Maia🌈

    ReplyDelete
    Replies
    1. Obrigado a todos, Megy. Saudações de amizade e lindos dias com você 🌈🌺😊

      Delete
  77. Que imagens maravilhosas...adorando te seguir e conhcer tudo por aqui. abraços meus d eboa noite.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Olá, meu novo amiga Lia Noronha. Agradeço muito por toda a sua apreciação. Envio saudações de amizade.

      Delete
  78. Muy bellas fotos, la cascada fenomenal, me encanto, gracias por tu paso por mi blog, un saludo

    ReplyDelete
    Replies
    1. De nada, Jorge. También me alegro que te haya gustado la cascada y gracias por tu visita. Saludos.

      Delete
  79. Você me mostrou um lugar lindo e ainda narrou sua história. Gostei muito das fotos, mas me assustei com os perigos que a caminhada oferece.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Muito obrigado, você gostou da minha história de viagem e das minhas fotos. Sim, temos que ter cuidado ao caminhar ao longo do lado do caminho. Saudações

      Delete
  80. cantik air terjun dan persekitarannya... cuma gambar lukisan itu kalau di malaysia di kira terlalu censored... hehehhehe

    ReplyDelete
    Replies
    1. Oh, begitu ya kak hehe ..
      , padahal artistik loh lukisannya. Menurutku pribadi ngga mengandung pornografi.

      Delete
  81. Luar biasa artikelnya. Bukan hanya sekedar Travelling wisata air terjun biasa, tapi juga mempelajari sejarah dan budaya tempat wisata tersebut. Itu tentu tidak mudah, ibarat belajar sejarah, hapalannya harus kuat

    ReplyDelete
    Replies
    1. Terimakasih banyak apresiasinya mas Vicky.
      Senang rasanya perjuanganku mengorek info selengkap mungkin di lokasi & kemudian menceritakannya disini, diapresiasi baik.

      Delete
  82. baru tahu ternyata cerita Jaka Tarub tu setting tempatnya ada di kehidupan nyata, di air terjun ini.. kirain air terjunnya cuma khayalan ajaa. :D , terkenal bgt itu cerita masa kanak-kanak dulu.. Tapi itu lukisannya syur sekali yaaa,, untung gak ditunjukin di buku2 dongeng anak SD ahaha..

    ReplyDelete
    Replies
    1. Kalau untuk kalangan anak2 ilustrasi bidadarinya cukup pakai kebaya saja hihi 😁

      Delete
  83. Ada juga hikawyat 7 puteri dan orang biasa di Jawa. Saya pernah dengar.

    ReplyDelete
  84. Replies
    1. I am happy that you are impressed by the view of this waterfall.

      Delete
  85. Aku langsung gak fokus baca ada warung; pasti lgsg bakal mager deh (gile yg ada di otak sayah makanan mlulu)

    ReplyDelete
  86. Anda tinggal di surga !! Gambar yang cantik!!!
    Pelukan erat dari Spanyol

    ReplyDelete
  87. Eu tinha me perdido por aí, por isso
    a demora da chegada. Agora aqui
    pra nós. Tem cada escultura aí que
    põe inveja ao Aleijadinho, hein!
    Gostei muito. Quanto a janela do
    quinto andar, esquece. Aqui no Rio
    tem festa a cada hora e em todas as
    esquinas e caso eu não vá, me mandam
    buscar. Coitado do meu tio...
    Um abraço pro amigo e bom dia.

    ReplyDelete
  88. Lho kang Him, ternyata legenda Joko Tarub itu di daerah Magelang ya?. wah seandainya ada sequel ceritanya, judulnya jadi Duda Tarub

    ReplyDelete
  89. Que delicia de paseo Himawan, la leyenda es preciosa. Gracias por compartirlo.

    Saluditos.

    ReplyDelete
  90. Excelente entrada :D

    Un saludo enorme desde Plegarias en la Noche.

    ReplyDelete
  91. Não percebo nada mas as fotos são lindas.o seu país deve ser lindo
    😊

    ReplyDelete

Post a Comment

Popular posts from this blog

Intip Begini Instagenicnya Warung Layar Sentuh 2.0 Magelang

Ketika awal pertamakali dibuka pada 31 Desember 2020 silam, nama Warung Layar Sentuh 2.0 saat itu mendadak hits ramai dibicarakan oleh banyak kalangan dan para milenials kawula muda sebagai pilihan baru lokasi nongki  [nongkrong kekinian] yang ada di Magelang. Bukan saja karena namanya terkesan unik, layar sentuh dan namanya terkesan sedikit berbeda dengan nama-nama kafe lain pada umumnya karena adanya penambahan bilangan angka 2.0 dibelakangnya, tetapi kafe, tepatnya Warung Layar Sentuh ini berkonsep bersantap hidangan berada di tengah hamparan perkebunan ladang tebu dan persawahan bernuansa alam pedesaan dikitari oleh indahnya pemandangan gunung yang mengelilinginya.  Area luasnya terbagi dua pilihan  indoor  dan  outdoor  berdinding kaca tempat makan Warung Layar Sentuh 2.0 yang buka setiap harinya mulai dari jam 07. 00 pagi hingga mendekati tengah malam jam 23. 00 tersebut dilengkapi dengan dekorasi cantik dan penataan ruang bergaya vintage  dan bohemian  yang tampak instagenic ,

Candi Selogriyo Terpencil Menyendiri di Hutan Windusari

Terletak di lereng kaki Gunung Sumbing dengan panorama alam yang menawan dan udara yang sejuk, tepatnya di Dukuh Campurrejo, Desa Kembang Kuning, Kecamatan Windusari, Kabupaten Magelang terdapat sebuah situs purbakala Candi Selogriyo. Persisnya letak candi kuno bercorak Hindu Candi Selogriyo yang telah berusia ribuan tahun silam terpencil menyendiri jauh dari pemukiman penduduk dan berada di lereng bukit kecil ini terletak di hutan Windusari, diantara kumpulan tiga bukit : Bukit Gili, Bukit Condong dan Bukit Giyanti.  Letak Candi Selogriyo sekitar 13,1 Kilometer aku tempuh dari pusat Kota Magelang dengan estimasi waktu tempuh sekitar 33 menit dengan menggunakan kendaraan pribadi melalui rute Bandongan. Sekarang ini hutan tempat keberadaan Candi Selogriyo telah ditetapkan sebagai hutan wisata alam Windusari sejak tahun 2019 silam, seiring waktu selesainya pemugaran candi terakhir dilakukan.  Sejak hutan Windusari ditetapkan sebagai hutan wisata, area sekitar candi Selogriyo pun dipercan

Kampung Ulam Ngrajek - Tempat Makan Bernuansa Etnik Jawa

Kalian bingung memilih tempat makan selepas jalan - jalan mengelilingi kawasan wisata candi Borobudur, atau juga bingung menentukan tempat makan berkonsep tematik buat dijadikan lokasi ngumpul asyik bareng teman - teman, dan juga tentu saja lokasinya keren untuk fefotoan ?.  Kampung Ulam Ngrajek tempat makan dengan suasana tradional Jawa Tengah yang unik dan artsy  yang kudatangi ini mungkin nantinya bisa juga jadi rekomendasi tujuan liburan untuk kalian.  Mengusung tema tradisional dan artistik, Kampung Ulam Ngrajek dengan luas areanya terdiri dari tiga bangunan Limasan berukuran besar berhiaskan beberapa lampu gantung antik terlihat mewah, dan terdapat tiga bangunan Joglo rumah tradional Jawa tempo dulu yang mengingatkanku tentang suasana pedesaan tempat rumah nenek buyutku dulu tinggal.  Terletak berada di tepi jalan dan dikitari oleh hamparan lahan persawahan, udara disana tetap terasa sejuk meskipun keseluruhan ruang Limasan dan Joglo di Kampung Ulam Ngrajek tidak ber-AC karena se