Skip to main content

Umbul Senjoyo - Pemandian Eksotis di Lereng Gunung Merbabu

Terpaan sinar cahaya matahari pagi yang melimpah menjelang siang tengah hari saat itu, terasa cukup menyilaukan pandangan mata namun udara tetap terasa semilir sejuk menerpa permukaan kulit, mengiringi perjalananku memasuki kota Salatiga dan selanjutnya mengarah ke arah kota Boyolali untuk menuju lokasi liburan yang berada di lereng gunung Merbabu, Umbul Senjoyo

Wisata Umbul Senjoyo terletak berada di desa Jubug, kecamatan Tengaran, kelurahan Tegalwaton, kota Salatiga, kabupaten Semarang.

"umbul senjoyo - pemandian eksotis di lereng gunung merbabu"


Untuk mencari dan menemukan keberadaan letak lokasi pemandian umum Umbul Senjoyo yang dua dari lima bentuk kolam besarnya memiliki bentuk lebih menyerupai sendang alami dan berair sangat jernih ini, tidaklah menemukan kesulitan berarti dalam mencarinya. 

Lokasinya cukuplah mudah untuk diketemukan. 

Rute ke arah lokasi patokan termudahnya adalah terminal bus Tingkir kota Salatiga. 

Tak begitu jauh jaraknya dari Terminal Tingkir, di lampu traffic light belokan pertama perjalanan dilanjutkan berbelok arah ke Jalan Umbul Senjaya dan mengikuti arah penunjuk jalan. 

Adanya beberapa papan nama petunjuk arah yang mudah terbaca menuju ke lokasi wisata Umbul Senjoyo terpasang di tepi jalan memudahkanku untuk tiba berada di tujuan.

Tak kurang waktu jarak tempuh sekitar 6 menit dengan kendaraan pribadi dari depan lokasi terminal bus Tingkir menuju ke lokasi wisata  Umbul Senjoyo.  

Dekat kan ya jarak tempuh lokasinya ..., itupun kutempuh ngga pake acara ngebut menyetir kemudi kendaraanku, loh. 
Cukup alon- alon asal kelakon wae he he he. 

Melewati jalan pedesaan beraspal yang padat dengan rumah penduduk, diantaranya terdapat kedai kopi kekinian dan beberapa warung kelontong, tak lama kemudian perjalanan dilanjutkan melewati rimbunnya pepohonan yang terdapat di kanan kiri jalan setelah mendekati area lokasi wisata Umbul Senjoyo yang dipercaya sebagai lokasi tapa kungkum atau bertapa merendam diri tokoh legendaris di tanah Jawa, Joko Tingkir. 


"umbul senjoyo - pemandian eksotis di lereng gunung merbabu"


Lokasi wisata Umbul Senjoyo berada di lahan daratan cekungan besar dan berada di depan dua persimpangan Jalan Raden Sanjaya yang kedua kondisi jalannya menurun lumayan tajam. 

Dari ketinggian jalan yang pemandangannya tertutup oleh rerimbunan pohon - pohon tua berukuran besar inilah aku sempat bingung menentukan ke arah mana menuju ke tempat area parkir lokasi wisata Umbul Senjoyo, ambil jalan lurus saja atau berbelok ke arah kanan. 

Kutentukan memilih menuruni jalur jalan ke arah kanan, dan memang betul sampai juga di tepi lokasi mata air berukuran terbesar di Umbul Senjoyo yang fasilitasnya dilengkapi sarana perahu dan kapal kayuh untuk pengunjung mengelilingi area mata air.
Tetapi lokasi area parkir bukanlah berada disana. 

Meski tak salah - salah amat telah menentukan jalur jalan ke area parkir, tak pelak membuatku tersenyum jika teringat kejadian itu. Beruntungnya rasa maluku, *eh maksudku malunya aku terhibur dengan indahnya pemandangan area Umbul Senjoyo dilihat dari sisi ini. 

Kulajukan kembali berputar arah balik ke persimpangan jalan semula dan kemudian menuruni jalan menuju ke arah area parkir, melewati jembatan kecil dan dibawahnya tampak aliran air dari mata air Umbul Senjoyo mengalir cukup deras airnya. 

Di atas jembatan kecil inilah setiap pengunjung dikenai restribusi parkir oleh petugas untuk memasuki area wisata Umbul Senjoyo. 
Hanya berupa restribusi parkir, tanpa dikenai adanya beaya tambahan untuk masuk berada di dalam area.

"umbul senjoyo - pemandian eksotis di lereng gunung merbabu"


Tiket parkir tersebut sudah termasuk juga untuk berenang, bermain - main air ataupun sekedar bersantai di dalam areanya yang banyak terdapat warung kuliner berbagai macam jajanan.

Umbul Senjoyo yang kulihat memiliki 5 sendang mata air alami, dua diantaranya berbentuk kolam berukuran sedang, dua lainnya berbentuk sendang berukuran luas dan 1 lokasi mata air yang dipagari tembok dan dipergunakan sebagai pasokan sumber mata air yang dikelola oleh PDAM untuk memenuhi kebutuhan air seluruh rumah warga kota Salatiga. 

Namun dari informasi yang kudapatkan dari salah satu pedagang yang kuajak ngobrol saat aku memesan makanan di warungnya, sumber mata air di Umbul Senjoyo terdapat tujuh mata air berdebit kencang dan tak pernah surut airnya meski di musim kemarau berkepanjangan sekalipun.

"umbul senjoyo - pemandian eksotis di lereng gunung merbabu"


Ketujuh sendang sumber mata air di Umbul Senjoyo masing - masing memiliki nama : Sendang Lanang, Sendang Putri, Sendang Bandung, Sendang Slamet, Sendang Teguh, Sendang Tuk Sewu dan satu sendang yang namanya di gunakan sebagai lokasi wisata ini, Sendang Senjoyo. 


Dari ke 7 sumber mata air ini, hanya 5 lokasi yang kulihat, 2 sumber mata air lainnya tidak kuketahui terletak berada di bagian area sebelah mana. 
Atau mungkin juga ke 2 sumber mata air tersebut letaknya menyatu berada satu area dengan sendang yang lain. 
Entahlah ... . 

Di tengah area terdapat aliran sungai dangkal dipenuhi bebatuan, merupakan aliran dari tiga sendang sumber mata air Umbul Senjoyo. Kedua areanya dihubungkan dengan jembatan panjang. 

"umbul senjoyo - pemandian eksotis di lereng gunung merbabu"




Asiknya, kita dapat bermain - main di sepanjang aliran air sungainya yang sangat jernih dan sejuk dengan aman dan tanpa perlu merasa khawatir akan terjadi banjir mendadak.

Terdapat kisah legenda di Umbul Senjoyo yang eksotis ini, area sendang dahulu kala dipercaya merupakan Petilasan Kasultanan Keraton Pajang dan merupakan pemandian para raja. 

Ini dibuktikan dengan banyaknya diketemukan dan bisa diamati dari dekat adanya potongan batu - batu relief candi yang tersebar di beberapa area. 

Selain itu, sejarah Umbul Senjoyo mengisahkan jika area sendang yang dikitari pepohonan tua berusia ratusan tahun ini merupakan tempat Mas Karebet yang mempunyai nama julukan Joko Tingkir karena bujangan tampan tersebut berasal dari desa Tingkir, dusun Pengging di lereng gunung Merapi, melakukan semedi atau bertapa dengan cara kungkum atau berendam diri. 

Dan di kemudian hari beliau berhasil memiliki kedudukan sebagai pendiri dan sebagai Raja pertama Kesultanan Keraton Pajang di Demak dengan gelar Sultan Hadiwijaya.

Dikisahkan debit sumber mata air Umbul Senjoyo yang kuat dan seringkali tiba - tiba meluap yang dapat menyebabkan terjadinya banjir kala itu, sumber - sumber mata air tersebut disumbat oleh potongan rambut gondrong Joko Tingkir dan hingga sekarang tak pernah terjadi lagi bencana air meluap. 

Legenda, kisah dan asal - usul keterkaitan Umbul Senjoyo dan Joko Tingkir ini melekat kuat di masyarakat hingga sekarang. 

Di satu sudut area terdapat satu pendopo untuk pengunjung melakukan tirakat. 

"umbul senjoyo - pemandian eksotis di lereng gunung merbabu"




Relief candi batuan andesit tempat meletakkan sesaji dan dupa berada di pendopo berpagar kayu dan letak lokasinya berada di sebelah sendang berbentuk kolam yang dahulu kala dipercaya pernah dipergunakan oleh Joko Tingkir untuk bersemedi. 
Untuk memasuki pendopo, pengunjung haruslah seijin juru kunci setempat terlebih dahulu. 

Lokasi Umbul Senjoyo ini, selain masih sebagai tempat untuk melakukan tirakat, keeksotisan alamnya juga diperuntukkan sebagai lokasi wisata. 

"umbul senjoyo - pemandian eksotis di lereng gunung merbabu"



Pengunjung diperbolehkan untuk berenang di sendang atau bermain - main di aliran air sungai yang airnya berasal dari sumber mata air dan uniknya, aliran sungai tersebut dilengkapi properti beberapa meja dan kursi terbuat dari ban bekas, juga terdapat perosotan dan ayunan bermain.

"umbul senjoyo - pemandian eksotis di lereng gunung merbabu"




Atau juga ..., hmmm mencoba ikutan mencuci pakaian atau mencuci apapun di beberapa aliran anak sungai yang lokasinya terpisah seperti yang dilakukan oleh keseharian penduduk setempat disana ..., boleh - boleh saja. 

"umbul senjoyo - pemandian eksotis di lereng gunung merbabu"




Asalkan tidak disengaja ataupun dengan sengaja berani mengambil atau membawa pulang benda apapun yang terdapat di lokasi wisata Umbul Senjoyo. 
Berani melanggar ..., entahlah apa akibatnya dan apa yang akan terjadi di kemudian hari setelah sepulang dari lokasi yang sebenarnya masih dikeramatkan ini.

Larangan tegas tersebut kulihat tercantum di papan peraturan tata tertib Patilasan Kasultanan Keraton Pajang.

"umbuo senjoyo - pemandian eksotis di lereng gunung merbabu"


Nama wisata Umbul Senjoyo beberapa waktu lalu sempat viral di media sosial instagram. 
Lihat saja, saat itu banyaknya beredar foto - foto pengunjung saat berdiri di tengah sendang dikelilingi ratusan ikan mas. 

Saat aku datang di lokasi wisata Umbul Senjoyo ini, ikan - ikan mas berukuran besar yang memang dibudidayakan warga setempat itu dan keindahan warna warni mereka secara tak sengaja jadi obyek pelengkap obyek foto yang menarik di Umbul Senjoyo, kini hanya tersisa tak begitu banyak jumlah ikan yang dapat terlihat  sangat jelas berenang hilir mudik menemani pengunjung yang berenang. 

"umbul senjoyo - pemandian eksotis di lereng gunung merbabu"


Dalam waktu dekat, menurut keterangan yang kuperoleh, bibit - bibit ikan mas akan dikembangbiakkan kembali dan bersiap jadi pelengkap obyek foto yang menawan di lokasi eksotis wisata Umbul Senjoyo.



Lokasi:
Pemandian Umbul Senjoyo
Jalan Raden Sanjaya / Jalan Makam Kebo Kanigoro.
Desa Jubug, Kecamatan Tengaran, Kelurahan Tegalwaton, kota Salatiga.
Jawa - Tengah

Comments

  1. I love water photos, I take pictures of ech and every stream, brook, river I meet on my trekking. So naturalny I am delighted with your photos today. :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. Wow, I am very happy to know you liked the photos in this post and it turns out that you love photographing water locations.
      That's cool, friend!

      Delete
  2. Wouw ... Wisata pemandian Umbul Senjoyo ini airnya jernih sekali... 🤩
    Mantap banget apalagi di musim panas begini ngelihat air sungai dan mata air yang jernih bikin seger dan adem 👌🙂
    Nama-nama sendang nya bagus. Boleh nanya nich sendang itu sendiri artinya apa ya? di Jatim ada laut selatan yang namanya Sendang Biru.
    Jadi di Umbul Senjoyo ini tempat Joko Tingkir mandi dan bertapa.
    Hebat ya wisata Umbul Senjoyo ini pernah viral di Instagram gegara foto ratusan 🐟🐠 🐟 ikan mas warna warni mengelilingi pengunjung?
    Wouw .. keren banget itu..👌👍
    Secara aku penggemar ikan mas.. jadi pingin nyantap ikan mas 😋😋
    Wah mantap mata air di Umbul Senjoyo ini nggak pernah habis ya meski saat musim kemarau...

    ReplyDelete
    Replies
    1. Seriusan aku yakin sista Fidy pasti berani nyemplung di sendang (mata air berukuran luas) Umbul Senjoyo ini, meski sista tak mahir berenang 😁.
      Kedalamannya tak seberapa.
      Lihat tuh di foto kelihatan para bocah pada berani ciblon 🤩

      Delete
    2. Oh iya so pasti itu..👌 aku berani kok nyemplung di sendang Umbul Senjoyo yang bersih super bening ini.. 🙂
      Apalagi ntar pas nyemplung aku dikelilingi ratusan ikan mas warna warni yang meloncat-loncat...🤩
      Wouw... fotonya bisa viral wkwkwkwk...😅

      Delete
    3. Wouw mantul tuh .. akhirnya bakalan berani nyemplung main-main air & bikin foto dikelilingi ratusan ikan mas 😄!.
      Hopefully someday it will come true ya ..

      Delete
    4. Yes I hope someday it will come true.. bisa nyemplung dan main air ditemani 🐟🐠🐟ikan-ikan mas yang eksotis.🤩
      Btw... yang kemarin itu ratusan ikan mas nya pada ke mana ya? apakah memang dibudidaya sampai besar dan dijual ?
      Aku itu heran banget 🤔 plus sedih kenapa di Jatim khususnya di kota ku itu ikan mas nggak di budidayakan. Padahal ikan air tawar lain dibudidayakan.

      Delete
    5. Amin kelak terlaksana 😊.
      Ikan-ikan mas sebelumnya udah dipanen, nah tuh di foto terakhir kelihatan kan ya bibit bayik anak2 ikan mas pada renang2 😁.
      Mungkin apa pengaruh dari jenis air di daerah Malang ya yang kurang cocok untuk budidaya ikan mas, atau karena disana minimnya selera pasar ikan mas untuk menu makanan 🤔?

      Delete
    6. Amin. Makasih doanya.🙏😊
      Oh iya di foto terakhir kelihatan banget ada bibit-bibit🐟🐠 ikan mas yang lagi berenang..😃
      Enak ya dibudidayakan terus👌
      Iya bisa jadi pengaruh jenis air mungkin juga kurang cocok untuk budidaya ikan mas dan benar sedikitnya selera pasar untuk menu makan ikan mas.
      Oh iya ada satu lagi.. . aku pernah iseng nanya katanya sich karena berkaitan dengan mitos dan legenda ikan mas. Lah emangnya menurut mereka itu ikan mas itu jadi-jadian apa ya? Mitos kok ya dipercaya gitu. #geleng- geleng.🤔
      Aku pernah ngerasain ikan mas saat ke Jkrt, Jabar dulu.. menurutku 🐟🐠 ikan mas itu enak banget karena tekstur daging ikannya lebih lembut dibandingkan ikan air tawar lainnya👌👍

      Delete
    7. Kurasa memang benar adanya 2 faktor itu ngga semua lokasi ada budidaya ikan mas ya.
      Eits, siapa tau ntar sista jadi istri cukong perikanan ikan mas, jadi terpuaskan deh maem ikan mas teruus..hihi 😁.
      Tentang mitos, sebetulnya antara percaya & tidak sih. Tapi kalau ngga percaya kok ya sudah banyak bukti & saksi mata 😱

      Delete
    8. Bisa jadi begitu ya ada beberapa faktor yang nggak memungkinkan budidaya ikan mas.
      Wkwkwkkw....What ? nunggu jadi istri cukong ikan mas ? ngakak asli wkwkwkw ..😂😂
      Nggak ngarep nunggu gitu... aku sendiri aja dech yang jadi cukongnya..wkwkwk😂

      Ooh ya ? jadi benar ya mitos tentang ikan mas?😱
      Penasaran bagaimana ceritanya dari bukti dan saksi mata nya?

      Delete
    9. Wwkkk laah capa tau loh ya tetiba ada pembaca juragan ikan mas polin in lov sama sista Fidy. Puaas deh nyantap ikan mas tiap harinya 😅.
      Ingat ngga berita sebelum kejadian di danau Toba beberapa waktu lalu ?.

      Delete
    10. Wkwkwkn...juragan ikan mas yang ekspor impor ya?😅
      Ntar makan ikan mas sampai klenger klempoken wkwk😂
      Berita kejadian di danau Toba?
      wah nyesel aku nggak ngikuti beritanya.
      Please tell me the story..

      Delete
    11. After kena efek kLempokan gegara ikan mas 💤😆 .. minumnya jangan lupa tuh nyeruput air tuak kelapa alias badeg.
      Hmm, enak loh kuyyy 😋.
      Kisah musibah di danau Toba setelah tertangkapnya tanpa sengaja ikan mas yang ukurannya sebesar perahu, lalu nelayan
      & keluarganya dimimpiin agar ikan tersebut dicebur dikembalikan ke danau tapi justru dimasak.

      Delete
    12. Wkwkwkwk.. setelah klempoken makan ikan mas trus minum nya tuak kelapa? degan bakar maksudnya?
      Beres👌 aku suka minum degan🙂😋
      What di danau toba nemu ikan mas segede perahu? 😱
      Lah nelayannya sudah diimpiiin disuruh ngembalikan ke danau tapi justru kok malah dimasak dan dimakan ? Astaga.. kok kolu ya ikan segede perahu gitu??
      Padahal bisa jadi ikan mas raksasa itu ikan jelmaan jin alias ikan mas jadi-jadian..Hiii...😱

      Delete
  3. Отличный пост

    http://evgenijamir.blogspot.com/

    ReplyDelete
  4. Replies
    1. Yes, I also think so after throwing myself in there. The body feels relaxed afterwards.

      Delete
  5. Bonito lugar, para descansar y relajarse.
    Saludos

    ReplyDelete
    Replies
    1. Es exactamente lo que puedes ver.
      Enviar de vuelta Saludos.

      Delete
  6. Reading about spring waters soothes my mind, but a handsome bachelor rather stimulates my mind.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hehehe ... it seems you are curious about the handsome face typical of Javanese Joko Tingkir 😁.
      Slightly similar to my face 😅🤭

      Delete
  7. Gerçekten harika mekanlar gezip görmüşsünüz :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. Fikrin için teşekkür ederim. Umarım siz de aynı fırsata sahipsiniz.

      Delete
  8. Ini tempat yg waktu itu diadain lomba foto kan ya kalo ga salah. Aku udh tertarik Ama tempatnya mas, Krn ga jauh Ama solo. Sbnrnya kan Minggu ini aku hrsnya ke solo, tp Krn ada musibah keluarga, jd batal

    Udh aku masukin ke list utk DTG ke umbul ini, Krn tertarik liat airnya yg jernih :). Selama ini anak2 ga prnh main air di tempat semacam umbul, taunya kolam renang. Pasti seneng mereka mandi di tempat yg berbau tradisional gini :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. Ikut prihatin dengan adanya musibah keluarga kak Fanny. Semoga cepat baik kesemua hal.

      Aku menebak ntar anak2 kak Fanny pasti seneng banget main2 air di umbul senjoyo ini.
      Jernih, airnya seger, ngga dalem & ada penyewaan ban pelampung berukuran besar yang juga tjakep buat properti fefotoan 😁!

      Delete
  9. Hola Ami, que lindas fotos nos dejas y ese agua es que se nota que está fresquita ajja. Es muy lindo todo lo que nos dejas, tienes un país precioso con una naturaleza realmente bonita.
    Y esas leyendas de los sultanes están bien conocerlas.
    Gracias y hasta la próxima .Beso y abrazo.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Saludos beso y abrazo a mi amiga Campirela. Me alegra que describas muy bien mi publicación sobre esta primavera, indica un traductor de idiomas eficaz.
      Gracias por todo, amiga.

      Delete
  10. My friend that looks super relaxing! It is a very beautiful place to relax and enjoy especially during the hot summers.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hello my friend Stevenson.
      It's true, as you said, if this location is right to be an option during the hot dry season.

      Delete
  11. Un paisatge preciós m'agradaria passejar-mi amb una barqueta per aquest llac...
    Petonets.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Espero que algun dia pugueu anar de vacances allà. Estic contenta que hagis visitat aquesta publicació sobre la primavera.

      Delete
  12. Fajna lokalizacja i bardzo interesujące miejsce :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. Dziękuję za opinię o lokalizacji tej wiosny :)

      Delete
  13. I would like to be there because I like to swim :D

    ReplyDelete
  14. Para los días calurosos un buen lugar que aun sin meterse en el agua entre los arboles y la humedad la temperatura sera grata.
    Por la manía que tenemos de coger recuerdos de los lugares que visitamos lo destrozamos todo.

    Saludos.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Estoy de acuerdo con tu opinión, al estar debajo de una arboleda sin necesidad de zambullirte en el agua, el cuerpo se siente fresco.
      Saludos.

      Delete
  15. Entri baru yang menarik, teman Himawan. Pilihan wisata lain yang negara Anda miliki untuk berlibur atau menghabiskan beberapa hari. Anda menghirup kedamaian alami yang segar, di antara rerumputan dan mata air yang jernih ...

    Mungkin suatu saat aku bisa bertemu. Terima kasih banyak telah berbagi.

    Pelukan erat.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Semoga kelak jadi kenyataan kita bisa bertemu dan berlibur bersama, Carlos.

      Terimakasih banyak untuk apresiasi besar anda.
      Pelukan erat.

      Delete
  16. What a beautiful place, love it.

    ReplyDelete
    Replies
    1. My opinion is the same as yours, this location is beautiful.

      Delete
  17. Beautiful captures. Thanks.

    Greetings from London.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Thank you also for your visit, friend. Greetings from Indonesia.

      Delete
  18. asri lingkungannya, jernih tempat pemandian....
    informatif tentang lokasinya ....mantap

    ReplyDelete
    Replies
    1. Wah terimakasih apresiasi besarmu, mr. Tanza.
      Have a nice weekend.

      Delete
  19. Me encanto Umbul Senjoyo, con sus aguas cristalinas y su vegetación. Esperó que ese lugar se cuide y conserve para la posteridad. Te mando un beso y adore las fotografías. Ten un buen fin de semana

    ReplyDelete
    Replies
    1. Como esperas, también espero que el manantial de Umbul Senjoyo siga protegido por su entorno natural. Gracias, besos y abrazos de vuelta, JP

      Delete
  20. waaw air nya terlihat jernih banget mas, enak banget sepertinya di buat mandi, menurut gw seperti air kali di pedesaan gitu, cuma ini lebih jernih dan bersih, kalo di desa gw mah isinya sampah semua :D

    tempatnya cukup menatik ya karna terbilang masih alami, gw lebih suka dateng ke tempat seperti daripada wisata perkotaan yang panas hehe :D

    ReplyDelete
    Replies
    1. Masa sih kali di tempat mas Khanif banyak sampahnya ?.
      Wuah harus ada gerakan sosialisasi dilarang membuang sampah kalau gitu, mas.

      Betul, mas lokasi ini termasuk rekomen banget buat didatangi.
      Airnya jernih dan bebas buat mandi & main2 air cukup bayar parkir, free tiket masuk.

      Delete
  21. Saya ingin menguji apakah Anda memposting komentar kepada saya karena saya memiliki masalah dengan postingan lain. Saya harap saya bisa kali ini ...

    ReplyDelete
    Replies
    1. Bagus! Saya membaca seluruh entri itu dan saya memberi tahu Anda pendapat saya tentang dia, salam

      Delete
    2. Halo, JLO.
      Saya senang anda berhasil membaca kesemua entri saya ini.

      Entah penyebabnya apa yang terkadang penerjemah bahasa tidak efektif di beberapa blog.
      Semoga selanjutnya lancar selalu.

      Delete
  22. Tempat yang indah untuk beristirahat. Dan masuk ke danau itu dengan ban pasti sangat menyenangkan.

    Yang paling saya sukai adalah tidak begitu terisolasi tetapi memiliki toko untuk membeli barang-barang dan membuat masa tinggal lebih indah. Ada baiknya Anda bisa mengunjungi semua tempat indah ini. Memeluk!

    ReplyDelete
    Replies
    1. Ya, sayapun disana juga ikut menyewa ban. Ternyata menyenangkan sekali bermain air menggunakan pelampung.

      Betul apa yang dikatakan, adanya kedai disana memudahkan kita membeli keperluan & bisa lama berada disana.
      Salam peluk kembali!

      Delete
  23. kalau udah ada cerita legendanya, bisa percaya bisa tidak. tapi seru untuk disimak ceritanya
    aku baru tau kalau joko tingkir yang terkenal itu pernah berendam disini, pantesan rame pengunjungnya
    dannnnn areanya luas juga, aku kira umbul ya cuman 1 area aja untuk pengunjung, ternyata disisi lainnya masih ada aliran sungainya dan spot warga buat cuci cuci juga

    ReplyDelete
    Replies
    1. Apalagi pas malam Suro, kak.
      Menurut pedagang yang kuajak ngobrol saat itu kalau malam Suro areanya penuh sesak orang untuk tirakat.

      Awal sebelum datang ke Umbul Senjoyo ini aku ngertinya juga cuma ada 1 umbul 😁

      Delete
  24. Tadi lewat minuman kekinain tak disebutkan namanya ya. Saya kan jadi penasaran, apa yang lagi tren minuman disana
    Airnya jernih banget
    Kalau saya kesana bisa mandi sepuasnya nih

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hayok biar ngga penasaran dengan minuman apa yang lagi tren di kafe kekinian yang kulewati dan pengin mandi lama-lama .. segera meluncur ke Umbul Senjoyo, maas hehehe :)

      Delete
  25. Great photos! Unfortunately I can't understand Indonesian, but I enjoyed the pictures. It's a place far from where I live (Southern tip of South America.)
    Thanks for dropping by my blog!

    ReplyDelete
    Replies
    1. Your welcome, Nocturno.
      Please forgive language translators who are sometimes ineffective on some blogs, including my blog. Thank you very much for the appreciation of my photo.

      Delete
  26. Air yang murni dan menakjubkan sekarang jarang ditemukan. Senang Anda menunjukkan tempat ini kepada kami.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Terimakasih untuk kunjungan dan apresiasi anda, Mamelkowo.
      Lokasi mata air ini dapat menjadi contoh untuk lokasi lain juga agar dapat terawat lingkungan.

      Delete
  27. oh deket terminal bus salatiga ya
    dulu pernah ngetem bus lama di sana haha
    tapi ada angkot ga ya mas apa ngojek aja
    pengen si ini seger banget liatnya
    aku malah suka foto foto di jembatan gitu
    tapi ada tempat buat tirakatnya juga
    salatiga emag ga bisa jauh jauh dari tokoh joko tingkir ya

    ReplyDelete
    Replies
    1. Laah, tau gitu dulu mas Ikrom bisa mampir ke lokasi Umbul Senjoyo ini ya ...
      Dijalur jalan Umbul Senjoyo ini ngga dilewati angkot, mas. Jadi kalau ngga bawa kendaraan pribadi, mau ngga mau naik ojol soalnya kalau jalan kaki ya jauuh hehehe ..

      Delete
  28. Hola, Himawan... Este viaje que nos has descrito con palabras y fotografías es, en realidad, la aventura perfecta para unas vacaciones ideales
    Me encantan los manantiales , las montañas, los peces de colores, las leyendas...
    Besos

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hola tambien Mela ...
      Me alegra que esta publicación haya sido entretenida e informativa para ti. Ojalá algún día tengas la oportunidad de venir allí. Gracias a todos por su agradecimiento. Besos

      Delete
  29. Oh baru tahu kalo Salatiga itu termasuk wilayah kabupaten Semarang, kirain aku kabupaten atau kotamadya sendiri.

    Berarti Sendang disana aslinya ada tujuh buah cuma yang terlihat cuma lima ya mas. Sepertinya yang dua itu menyatu sama sendang lainnya kali ya.

    Airnya bening sekali ya jadinya memang paling pas itu buat kumkum atau bertapa di dalam air ya mas. Jangan jangan mas Himawan datang kesana mau kumkum biar blognya ramai, eh tapi kan sudah ramai sekali blognya. Kalo biar ganteng rasanya ngga ya, kan sudah ganteng dari sananya seperti kang satria atau mas khanif.🤣

    Enak mas, tiketnya cuma bayar parkir saja, masuk sendangnya gratis kan. Btw, kok ngomong ngomong ngga ada foto cewek lagi kumkum mas, atau sebenarnya ada cuma buat koleksi pribadi ya.🤭

    ReplyDelete
    Replies
    1. Aku kungkum disana biaar ..,uhuk .. kepilih jadi aktor pemeran the next James Bond, maas .. wwkkkk😂, eh* ndaK ding 🤭.

      Sebetulnya di salah satu foto kalau di zoom ada loh foto para cewek lagi ikutan berendam 😁.

      Delete
    2. Biasanya sendang seperti ini ramai kalo ada hari spesial ya mas, misalnya satu suro kemarin. Biasanya pada kumkum biar jodohnya lancar terutama berjodoh jadi pemeran the next don Juan.😄

      Delete
    3. Hahaha .. berarti mas Satria dulunya sering tuh tapa kungkum.
      Cita2nya jadi don juan akhirnya terkabuul 😅

      Delete
    4. Si Agus yang pernah kungkum disana mas Hino katanya buka Aura biar Rongdo pada lengket sama dirinya..🤣🤣🤣

      Delete
    5. Ketauwan cekarang kalau pesona mas Agus didapat dari rajin kungkum ...ku mau ikutan aaakh 😆

      Delete
    6. Dulu aku kumkum bukan karena pengin aura nya mempesona tapi biar gemuk kang, kan biasanya kalo direndam jadi melar gitu.😂

      Delete
    7. Daan ..setelah kungkum, eh* yang melar itunya 😄.
      Jempol kaki maksudku loh wwkk 😅

      Delete
  30. Hello Himawan,
    What a wonderful post.
    Great to follow your trip along these nice places.
    Great to see that swimming pole where much human have fun.
    Nice pictures!!

    Greetings, Marco

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hello also Marco.
      I thank you very much for your great appreciation and I am very happy this post was able to entertain you.
      Have a nice weekend to you too, have a lot of fun. Greetings.

      Delete
  31. wah pasti rame nih cuma parkir aja soalnya, di sini ada umbul brintik awalnya juga gitu parkir aja seiring berkembangnya tempat dan pembangunan BUMDES akhirnya dikenakan biaya masuk untuk perawatan

    ReplyDelete
    Replies
    1. Sebenarnya disayangkan juga ya Umbul Brintik dikomersialkan, tapi gimana lagi kalau tujuannya untuk perawatan area. Asalkan saja tiketnya ngga dibanderol mahal.

      Delete
    2. tiket tergolong murah, karena pembangunan gak semua dari tiket, tapi dari pemerintah untuk pengembangan, mungkin tiket untuk perawatan dan para penjaga, dan sekarang masyarakat sekitar diberikan satu petak tempat usaha jadi benar-benar untuk masyarakat sekitar agar dapat berjualan rame di tempat sendiri

      Delete
    3. Ouhwouu, kalau konsepnya seperti itu keren juga. Aku setuju.
      Tapi di Umbul Senjoyo ini kerennya areanya udah bagus & warga diperbolehkan berjualan berjualan loh tanpa perlu adanya Bumdes 😊👍

      Delete
  32. I'd love to visit such a source.
    Greetings from Poland :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hopefully one day your wishes come true, I pray for you. Greetings back to you in Poland from Indonesia.

      Delete
  33. Enak nih mas di musim panas seperti sekarang ini berwisata ke Umbul Senjoyo .😊😊

    Dikelilingi dengan rimbunan pohon yang membikin nuansa menjadi sejuk ternyata wisata atau pemandian Umbul Senjoyo punya sejarah menarik dengan 7 sendangnya yang mempunyai nama yang berbeda-beda.😊😊

    ReplyDelete
    Replies
    1. What a beautiful place , peaceful and relaxing. Thanks for sharing and have a wonderful weekend.

      Delete
    2. @ Satria :

      Adem plus segeeer ya mas mandi-mandi kungkum di mata air alami begini ..
      Pikiran penat langsung ploong 😁


      @ Bill :

      Your welcome and thanks for visiting and appreciation, Bill.
      Have a nice weekend also.

      Delete
    3. Betul mas Hino apa lagi kalau ditemanin Rongdo muda Wuuheeehee..🤣🤣🤣

      Delete
    4. Rongdo melulu yang diomongin, tuh anak minta jajan ngga digubris.😂

      Delete
  34. Maaf mas ralat, meski berlokasi tak jauh dari kota salatiga, umbul senjoyo masuk wilayah administrasi kab. semarang :-) Salam

    ReplyDelete
    Replies
    1. Keterangan berada di kabupaten Semarang memang sudah kutulis diatas kan , kak .. memang sengaja tidak secara detil kusebutkan juga wilayah administrasinya segala.
      Salam kembali.

      Delete
  35. The springs look refreshing and inviting. That's nice that you don't have to worry about the possibility of flash flooding and the dangers it can bring while lounging in the springs.

    ReplyDelete
    Replies
    1. That's right, Theresa. We don't need to worry about playing in the river flow because it is always safe and there is never a flash flood.

      Delete
  36. Tapi cantik di sana! Airnya sangat jernih, jadi Anda ingin membenamkan diri di dalamnya :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya, Rodzina. Sangat menyenangkan berenang dan bermain air disana. Airnya sejuk sekali 😊

      Delete
  37. Hola!! Son unas fotografías preciosas de un lugar espectacular. ¡Genial post! Saludos!!

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hola también, Ana.
      Un gran agradecimiento por su agradecimiento y me alegro de que esta publicación entretenga sus corazones.
      Saludos.

      Delete
  38. Que hermosura todas tus
    fotografiás mi amigo, no me
    canso de volverlas a disfrutar,
    lindo fin de semana.

    Besitos dulces
    Siby

    ReplyDelete
    Replies
    1. Que tengas un buen fin de semana, Siby. Mantener el espíritu. Muchas gracias por tu agradecimiento. Saludos.

      Delete
  39. Waah, wisata pemandiannya keren mas. Sampe ada yang nyuci baju juga di sana yaa 😅

    ReplyDelete
    Replies
    1. 😁 itu karena saking luas areanya, mas.
      Dan karena banyaknya aliran kali dari mata airnya bisa atau boleh buat nyuci karpet, baju, dllnya mas.

      Delete
  40. Wah.. Saya fokus sama airnya yang bening banget. Padahal itu di sungai dan dijadikan tempat wisata tapi airnya bisa tetap sejernih itu bahkan bebatuannya juga kelihatan. Membuktikan kalau daerah tersebut istimewa dan masyarakatnya nggak suka buang sampah sembarangan.
    Dan lagi cerita dibaliknya menarik ya. Pernah jadi tempat semedinya joko tingkir. Setiap tempat keramat pasti punya cerita yang menarik untuk dibahas.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Ya, kak.. aliran air yang disungainya saja sejernih itu, air di sendangnya lebih jernih lagi 😊

      Delete
  41. jadi pengen suasana seger setelah lihat postingan mas himawan ini..

    ReplyDelete
    Replies
    1. Aku juga pengiin lagi nyari suasana seger nih, mas .. , cuaca lagi kerasa panas banget sekarang.

      Delete
  42. Pemandangannya sangat cantik..Sekelilingnya penuh dengan pokok-pokok yang menghijau..sejuk mata memandangnya..

    ReplyDelete
    Replies
    1. Sependapat, mas ..., areanya yang asri bikin betah berlama-lama disana 😊

      Delete
  43. such a nice view n place to go, hope i manage to go there someday
    btw, thanks for dropping in my blog, nice to know u^^

    ReplyDelete
    Replies
    1. I join in praying your wish will come true. You are welcome, Litah. I also thank you for leaving a comment here. Greetings :)

      Delete
  44. I realy like yr posts 🙂 great place and trip. Have a nice weekend

    ReplyDelete
    Replies
    1. Have a nice weekend also, Wosdan 😊.
      Thanks for all 🙏

      Delete
  45. Hello,

    What a beautiful place to visit. The water looks so inviting. Wonderful post and photos. Enjoy your day, happy weekend!

    ReplyDelete
    Replies
    1. Have a nice wekend also, Eileen 😊.
      Thank you so much for all 🙏.

      Delete
  46. I need holiday! I'm very tired now, and this photos ale so sanny :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. Oh, I hope that in the near future you will have the opportunity to take a vacation. Come to the location of the water to relax your mind 😊

      Delete
  47. Is it in the middle of a jungle? Love those little bowers in the middle of the river.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Not in the middle of the forest, but in the middle of the countryside, Dezmond.

      Delete
  48. Salam, blogwalking here. wah, kolamnya jernih sekali ya. nice place. :)

    ReplyDelete
  49. But it's beautiful there!
    I would like to visit this place someday :)
    Have a nice day! :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. Have a nice day also, Kasia :).
      Hope will be come true to go there :)

      Delete
  50. ¡Hola, hola!

    Un lugar precioso y las fotos son preciosas por como la luz se refleja en el agua.

    Mil besos,
    Celia | 1000 LIBROS blog.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hola!.
      Al igual que tu opinión, también me gusta ver el reflejo de la luz en el agua refrescando los ojos. Saludos mil besos de vuelta, Celia.

      Delete
  51. Endonezyaya gidersem ugrayacagim yerlerden biri ilk senin yanin olacak 🤣🤣

    ReplyDelete
    Replies
    1. Vay canına, dileğini okuduğuma şaşırdım 😱😄. Umarım bir gün Endonezya'yı ziyaret edebilirsiniz. Dostluktan selamlar 🤗

      Delete
  52. Salam, how stunning your country is. Indonesia penuh dengan tempat wisata yang menarik. Keep it up. War-warkan keseluruh nusantara dan dunia ttg keindahan tempatmu.
    Nowdays due to pendamic...people in Malaysia yang biasa travel luar negara juga sudah mula explore negara sendiri juga.
    Hujan emas negara orang..hujan batu negara sendiri..lebih baik di negara sendiri ..

    ReplyDelete
    Replies
    1. Itu bagus, teman. People di negara anda mulai mengeksplore lokasi wisata dalam negeri & mengenalkannya juga ke media.
      Terimakasih ya for your appreciation about this location.
      Regards for fiendship :)

      Delete
  53. Looks like the kind of place I would love to visit. The water is so clear, I can see the fishes. Cool and refreshing, thanks for bring me there even if only in your lovely photos

    ReplyDelete
    Replies
    1. Thank you also for your visit and appreciation, Kestrel. I am happy to have introduced this location to all of you and made you want to go there one day on vacation. I pray for you 😊.

      Delete
  54. Tempat yang indah untuk bersantai di antara alam. Anda bisa menghabiskan sepanjang hari di sana :)

    ReplyDelete
  55. Cudowne miejsce stworzone przede wszystkim przez naturę. Człowiek to wykorzystał i powstało eldorado wypoczynkowe.
    Pięknie oprowadzasz. Chcę się tam być.
    Dobrych dni!

    ReplyDelete
    Replies
    1. Zgadzam się z Twoją opinią o naturalnym pięknie tego miejsca. Bardzo dziękuję za uznanie.
      Mam nadzieję, że Twój dzień jest zawsze dobry i szczęśliwy 😊

      Delete
  56. Banyak ikan emas. Rasanya tidak boleh ditangkapkan?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Tidak diperbolehkan ditangkap, kak.
      Memancing juga tidak diinjinkan di lokasi ini :)

      Delete
  57. Klik dobry:)
    Serdeczne pozdrowienia z Polski. :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. Dziękuję Ci bardzo. Serdecznie pozdrawiam Was w Indonezji w Polski :)

      Delete
  58. Airnya jernih banget enak tuh buat berenang dan masuknya juga gratis ditambah dulunya sendang ini tempat berendamnya Joko Tingkir atau sultan Hadiwijaya pastinya sendang ini rame terus dengan pengunjung.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Menurut petugas parkir & pedagang warung sih iya, mas. Lokasinya ngga pernah sepi kunjungan tiap harinya.
      Malam juga iya 😊

      Delete
  59. Güzel bir köy keşif etmişsiniz gezmek için teşekkür ederiz bilgi sahibi olsuk saygılar.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Ziyaretiniz için tekrar teşekkürler dostum. Ayrıca takdir için teşekkürler. Saygılarımızla

      Delete
  60. Mas, kok pinter banget bahasa luarnya.. ehehe
    Umbulnya keren, sneng banget kalau masih kentel sama budaya sama kepercayaan gtu. Jadi orang bisa jauh lebih respect. Percaya deh orang Indo skrang aja masih banyak yang takut sama hal-hal begituan. Tapi dengan begitu pengrusakan atau tindakan yang nggak-nggak bisa di minimalisir jadi bisa lebih tahan lama.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Itu berkat kungkum di Umbul Senjoyo, maas .. wwkk 😅.
      Betul kata mas mochi, adanya legenda di suatu lokasi membuat pengunjung siapapun tidak berani sembrono.

      Delete
  61. legenda yang sangat menarik
    Tempatnya juga indah - cocok untuk cuaca panas 😉
    salam Hormat

    ReplyDelete
    Replies
    1. Salam hormat kembali, Lili. Sangat tepat deskripsi anda 😊.

      Delete
  62. What beautiful photos, I loved the vibe of this place.
    It must be incredible to be able to enjoy the time and swim.
    xo
    http://www.dearlytay.com.br/

    ReplyDelete
    Replies
    1. Yes, it feels great to bathe in such an outdoor location. Thanks a lot, Tayane.

      Delete
  63. Hola, el lugar se ve hermoso y las fotos aún más !

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hola. Gracias por todo su agradecimiento. Saludos.

      Delete
  64. kalau datang masa musim panas, memang seronok ni bermandi manda.... badan pun sejuk je ;-)... tampak tenang tempatnya...

    ReplyDelete
    Replies
    1. Ya, kak. Asiknya kita sambil berenang didengerin lagu2 yang diputerin pake loudspeaker 🎶🏊😁

      Delete
  65. Very interesting photos, but I would like to read something in English, if it possible, I don't know your language :-(
    Have a nice day!

    ReplyDelete
    Replies
    1. Oh please forgive the language translator is not effective for your country's language. Thank you for appreciating my photo. Regards :)

      Delete
  66. What an absolutely beautiful area. Thank you for showing it to us.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Your welcome, friend. I am happy to have introduced this location.

      Delete
  67. Menarik sekali tempatnya....mesti cantik photo nya dikelilingi ikan mas berwarna-warni..

    ReplyDelete
    Replies
    1. Ya, kak. Semoga kelak kak Nohas ke lokasi ini ikan mas nya sudah pada gede ukurannya 😁

      Delete
  68. Saya hendak bertanya apakah di sana musim panas atau musim dingin, tetapi melihat peta saya menyadari bahwa mereka sangat dekat dengan ekuator, yang membuat saya berpikir bahwa pertanyaan saya tidak masuk akal. Benar?
    Saya suka kombinasi alam dengan kesederhanaan tempat itu.
    Peluk teman

    ReplyDelete
    Replies
    1. Halo Frodo.
      Saat ini di Indonesia sedang berlangsung musim panas [disebutnya musim kemarau].
      Anda dan saya sama-sama menyukai hal yang sama 😊.
      Peluk kembali teman.

      Delete
  69. This place is great and the photos are beautiful :) Best regards :)

    ReplyDelete
  70. Replies
    1. Yes, I also think that this location is fun for a vacation :)

      Delete
  71. Confesso: nem sempre, confesso que o tradutor me ajude com 100% do texto; hoje, mesmo, foi um destes dias. Mesmo assim, o que consigo entender e as suas fotos, amigo, sempre fazem valer a visita! Meu abraço, boa semana.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Qué feliz estoy de saber de usted que los traductores de idiomas rara vez experimentan reinterferencias. Muchas gracias a todos, eres mi amigo árabe. Saludos de amistad y buena semana.

      Delete
  72. Hi!
    What a beautiful place!
    Nice photos♥

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hi also Stefany.
      Thanks for your appreciate 🙏

      Delete
  73. WAh mantul bener mas.. nek siang ceburan disitu mantep kali yaa terus abis itu makan gendar pecel.. wkwkwk..
    Tapi nek isuk ora wani, mesti atis mbanget...
    .
    Kemarin juga ada temen posting umbul senjoyo ini, sayangnya aku ndak diajak, .. Huhuhu..

    ReplyDelete
    Replies
    1. Tenanan eunake maas .., abis nyemplung ceburan dilanjut pilah pilih seabrek jajanan.
      Jagung rebus yo ada juga😁.
      Kapan waktu mas Eksa kesana berangkat sendirian wae mas ..

      Delete
  74. Belum ada update terbaru nih, padahal pengin jadi komentar pertamak di blognya mas Himawan.😄

    Enak kali ya kalo jadi warga Umbul Senjoyo, soalnya kalo musim panas airnya tidak kering biarpun kemarau panjang. Mana airnya sangat bening lagi, makanya dijadikan air PDAM ya mas.

    Di daerah saya kalo musim kemarau agak ngenes mas, air jadi rebutan padahal airnya itu warnanya agak kuning cuma buat mandi sama cuci baju saja. Ngga bisa buat minum tapi tetap rebutan karena ngga ada air. PDAM juga belum kesini.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Ntar kukodein pakai angka pas aku akan update ya mas Agus biar jadi pengomentar pertama wwwkk .. jadi kayak nomor antrian bagi2 sembako 😆.

      Wuaaah yang pasti eunaak banget warga desa disana, mas .. bisa renang2 kapanpun. Malam juga bisa 😊.

      Kok bisa ya sampai sekarang PDAM belum juga sampai ke daerahnya mas Agus tinggal.
      Wah, semoga saja komentar mas Agus ikutan dibaca instansi PDAM dan segera direalisasikan.

      Delete
  75. Masyaallooh.. seperti air zam zam ya, meski kemarau panjang tapi tetap saja tidak surut

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya, kak Ami.
      Sebetulnya dikotaku sendiri juga ada beberapa lokasi mata air yang tak pernah surut airnya, loh.
      Debit airnya juga kencang seperti di Umbul Senjoyo ini.

      Delete
  76. Hola!!
    Me parece que haces unas fotos fantásticas , estoy deseandpo ver tus novedades, gracias

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hola Aure.
      Muchas gracias por tu gran agradecimiento y dispuesto a esperar mi próximo post. Saludos de amistad.

      Delete
  77. Que lindas fotos sempre por aqui! Bom dia! abraço,chica

    ReplyDelete
  78. Jernih bangetttt
    Jadi pen ikutan nyeburrrr

    ReplyDelete
  79. Tengo ganas de bañarme en esas aguas tan hermosas.

    Saludos.

    ReplyDelete
  80. Cantik bangat view nyer👍👆👆
    Teringin nak pergi tempat yang sama macam nie😎😎

    ReplyDelete
  81. ¡HOLA, HOLAAAAAAAAAAAAA ^-^!

    Parece un lugar mágico.

    ¡SE MUUUY FELIIIIIIIIIIIIIIIIIIIIIIIIIIIIIIIIZ 🥰!

    ReplyDelete
  82. Que lugar maravilhoso, amei conhecer em fotos!
    Beijos. 
    Diário da Lady

    ReplyDelete
  83. This looks absolutely beautiful, sounds like a wonderful spot to visit x

    Sophie
    www.glowsteady.co.uk

    ReplyDelete
  84. I am drawn to water too! (Attracted by it ) ... my favorite place to hike is to a waterfall. But rivers, streams, lakes, canals and the ocean will also make me happy ))). Thank you for sharing your watery scenes.

    ReplyDelete

  85. (ノ ◕ ヮ ◕) ノ *: ・ ゚ ✧ Halo!
    Saya tidak tahu tempat ini, sebenarnya saya tidak tahu hampir semua hal di dunia ini hahaha, saya bukan gadis travel yang sebenarnya hahaha.

    Foto-fotonya indah, terutama yang dari air dan ikan-ikan itu juga berharga, saya senang Anda dapat mengunjungi tempat yang indah ini

    Kunjungi blog saya ♥ 穛 S4Ku SEK4i®

    ReplyDelete
  86. It looks like a lovely place to visit!

    ReplyDelete
  87. I enjoyed reading about Umbul Senjoyo. Thank goodness for Google translator. I am not as talented with languages as you. I also enjoyed your photographs. Mount Merbabu is beautiful, and the city of Salatiga looks like a great place to visit. I'm sure the pools are lovely to swim in on a hot day. Thanks for sharing your beautiful island.

    ReplyDelete

Post a Comment

Popular posts from this blog

Intip Begini Instagenicnya Warung Layar Sentuh 2.0 Magelang

Ketika awal pertamakali dibuka pada 31 Desember 2020 silam, nama Warung Layar Sentuh 2.0 saat itu mendadak hits ramai dibicarakan oleh banyak kalangan dan para milenials kawula muda sebagai pilihan baru lokasi nongki  [nongkrong kekinian] yang ada di Magelang. Bukan saja karena namanya terkesan unik, layar sentuh dan namanya terkesan sedikit berbeda dengan nama-nama kafe lain pada umumnya karena adanya penambahan bilangan angka 2.0 dibelakangnya, tetapi kafe, tepatnya Warung Layar Sentuh ini berkonsep bersantap hidangan berada di tengah hamparan perkebunan ladang tebu dan persawahan bernuansa alam pedesaan dikitari oleh indahnya pemandangan gunung yang mengelilinginya.  Area luasnya terbagi dua pilihan  indoor  dan  outdoor  berdinding kaca tempat makan Warung Layar Sentuh 2.0 yang buka setiap harinya mulai dari jam 07. 00 pagi hingga mendekati tengah malam jam 23. 00 tersebut dilengkapi dengan dekorasi cantik dan penataan ruang bergaya vintage  dan bohemian  yang tampak instagenic ,

Kampung Ulam Ngrajek - Tempat Makan Bernuansa Etnik Jawa

Kalian bingung memilih tempat makan selepas jalan - jalan mengelilingi kawasan wisata candi Borobudur, atau juga bingung menentukan tempat makan berkonsep tematik buat dijadikan lokasi ngumpul asyik bareng teman - teman, dan juga tentu saja lokasinya keren untuk fefotoan ?.  Kampung Ulam Ngrajek tempat makan dengan suasana tradional Jawa Tengah yang unik dan artsy  yang kudatangi ini mungkin nantinya bisa juga jadi rekomendasi tujuan liburan untuk kalian.  Mengusung tema tradisional dan artistik, Kampung Ulam Ngrajek dengan luas areanya terdiri dari tiga bangunan Limasan berukuran besar berhiaskan beberapa lampu gantung antik terlihat mewah, dan terdapat tiga bangunan Joglo rumah tradional Jawa tempo dulu yang mengingatkanku tentang suasana pedesaan tempat rumah nenek buyutku dulu tinggal.  Terletak berada di tepi jalan dan dikitari oleh hamparan lahan persawahan, udara disana tetap terasa sejuk meskipun keseluruhan ruang Limasan dan Joglo di Kampung Ulam Ngrajek tidak ber-AC karena se

Candi Selogriyo Terpencil Menyendiri di Hutan Windusari

Terletak di lereng kaki Gunung Sumbing dengan panorama alam yang menawan dan udara yang sejuk, tepatnya di Dukuh Campurrejo, Desa Kembang Kuning, Kecamatan Windusari, Kabupaten Magelang terdapat sebuah situs purbakala Candi Selogriyo. Persisnya letak candi kuno bercorak Hindu Candi Selogriyo yang telah berusia ribuan tahun silam terpencil menyendiri jauh dari pemukiman penduduk dan berada di lereng bukit kecil ini terletak di hutan Windusari, diantara kumpulan tiga bukit : Bukit Gili, Bukit Condong dan Bukit Giyanti.  Letak Candi Selogriyo sekitar 13,1 Kilometer aku tempuh dari pusat Kota Magelang dengan estimasi waktu tempuh sekitar 33 menit dengan menggunakan kendaraan pribadi melalui rute Bandongan. Sekarang ini hutan tempat keberadaan Candi Selogriyo telah ditetapkan sebagai hutan wisata alam Windusari sejak tahun 2019 silam, seiring waktu selesainya pemugaran candi terakhir dilakukan.  Sejak hutan Windusari ditetapkan sebagai hutan wisata, area sekitar candi Selogriyo pun dipercan