Skip to main content

Tubuh Pria pun Perlu Tampil Segar dan Wangi

 Di jaman milenial sekarang ini, di semua negara - negara maju, di negara - negara berkembang, juga di negara - negara yang tingkat perekonomiannya masih dikategotikan rendah pun ..., produk wewangian tubuh pria dan wanita diantaranya produk berupa soap, deodorant, body butter, body mist, eau de cologne, perfume dan beberapa produk wewangian tubuh lainnya hampir bisa dipastikan mudah sekali diketemukan dan dibeli di toko fisik maupun dipesan dari toko online.

Tetapi faktanya, dengan segala cara kemudahannya memperoleh produk wewangian tubuh tersebut, ternyata sampai saat ini masih seringkali ditemui dalam keseharian pergaulan, seseorang terutama pria yang aroma tubuhnya kurang sedap.

Hal ini bisa jadi pertanda kesadaran diri untuk lebih memperhatikan kesehatan tubuhnya dan pengetahuan bagaimana cara mengatasi aroma tubuhnya yang tidak sedap, masih terbilang minim. 

Selain dipengaruhi dari faktor kesehatan, seperti terjadinya gangguan fungsi ginjal dan hati, aroma tubuh yang kurang sedap seseorang dipengaruhi beberapa faktor lainnya, diantaranya :


  • Mengkonsumsi makanan tertentu. Kegemaran menyantap makanan beraroma kuat seperti durian, petai, jengkol, bawang putih akan memicu kalenjar keringat memproduksi keringat yang beraroma kuat.
  • Stress. Tekanan pikiran yang tinggi akan meningkatkan produksi kalenjar keringat secara berlebih. Kalenjar ekrin dan apokrin menjadi lebih aktif memproduksi keringat.



Mengulang membaca kembali pelajaran biologi semasa sekolah dan menuliskannya di artikel lifestyle ini, aku akan menjelaskan apa yang dimaksudkan dengan kalenjar ekrin dan kalenjar apokrin. 

Dalam sistem tubuh manusia ada dua jenis kalenjar yang memproduksi keringat, yaitu : kalenjar ekrin dan kalenjar apokrin. 

Kalenjar ekrin sifat karakteristiknya encer, kaya akan mineral dan hanya sedikit protein. Terdapat di semua jaringan tubuh dalam jumlah yang banyak. 

Kalenjar apokrin sifat karakteristiknya kental, mengandung banyak protein dan mineral. Tidak terdapat di semua jaringan tubuh, hanya di daerah tertentu, seperti : lipatan ketiak atau di bawah lengan dan lipatan jari - jari kaki.

Nah, adanya keberadaan kalenjar apokrin inilah jika bagian lipatan - lipatan tubuh tidak dijaga dengan benar, maka akan menjadi media perkembangbiakan bakteri yang kemudian akan menghasilkan aroma tubuh yang tidak sedap. 

Berdasarkan pengalamanku dalam pergaulan yang masih seringkali menemui seseorang yang aroma tubuhnya tidak wangi atau kurang sedap, disini aku bermaksud menceritakan bagaimana caraku merawat dan menjaga agar aroma tubuh selalu segar dan wangi, bebas dari aroma tidak sedap.



Berikut kebiasaan yang kujalankan untuk menjaga tubuh selalu wangi dan segar :

🔹Internal


  • Membiasakan diri, setidaknya seminggu sekali minum ramuan traditional Jawa, Jamu. Jamu seperti beras kencur dan kunyit asam mampu mengharumkan aroma keringat.
  • Mengurangi makanan pedas, panas dan beraroma kuat. Makanan pedas dan panas tentu saja akan merangsang produksi keringat secara berlebihan yang kemungkinan juga akan menyebabkan dehidrasi.

🔹 Eksternal


  • Membiasakan diri mandi 2 kali sehari, pagi dan sore hari.
  • Menggunakan sabun antiseptik untuk daerah lipatan tubuh.
  • Menggunakan deodorant di bawah lipatan lengan.
  • Menggunakan body butter di seluruh permukaan kulit tubuh.
  • Mengenakan pakaian yang tidak terlalu ketat menempel di tubuh. Bertujuan untuk menjaga agar sirkulasi udara dapat mengalir lebih baik di tubuh dan tidak menghasilkan keringat berlebih.



Ritual mandi


"tubuh pria pun perlu tampil segar dan wangi"



Kegiatan mandi merupakan suatu keharusan harian yang wajib dijalankan oleh seseorang dan merupakan cara tersederhana untuk memperoleh kesegaran aroma tubuh. 

Saat ini di pasaran, banyak produsen kosmetik perawatan tubuh pria dan wanita memproduksi serangkaian kosmetik yang dapat dipilih konsumen berdasarkan sesuai jenis kulit dan selera personal. 

Jenis sabun mandi pun dibuat dalam bentuk batangan dan liquid, berupa bath foam atau juga fragrant bath oil dengan aroma yang banyak pilihannya. 

Aroma tubuh yang segar dan wangi tertentu didapat melalui pemilihan penggunaan sabun. 

"Ritual Mandi adalah cara paling sederhana dan mudah, diantara cara lain untuk mendapatkan aroma tubuh yang selalu wangi juga segar"


Akhir - akhir ini, seiring semakin menjamurnya layanan jasa spa treatmen di banyak kota, mata jeli produsen ikut memproduksi produk essential oil yang biasanya hanya dipergunakan di layanan spa, kini minyak terapi aroma tersebut dapat mudah ditemui di gerai kosmetik dept. store dan dipergunakan untuk kelengkapan keperluan ritual mandi di rumah.  

Dengan sedikit tambahan memasukkan minyak essential oil ke dalam air mandi hangat dapat berfungsi meralaksasikan tubuh dan pikiran, juga bersifat antibiotik dan antibakteri.  

Dari keempat varian essential oil yang ada di pasaran saat ini, entah di lain kota mungkin sudah ada pilihan varian aroma lainnya, biasanya aku memilih menggunakan varian lavender yang kemampuannya berfungsi meralaksasikan tubuh dan pikiran. 

Keempat varian essential oil, biasanya dijual dalam kemasan wadah botol berukuran kecil memiliki fungsi yang berlainan, yaitu :

💠 Lavender : relaksasi

💠 Camomile : anti depresan

💠 Bergamot : anti stress

💠 Geranium : menyeimbangkan pikiran



"tubuh pria pun perlu tampil segar dan wangi"


Ritual mandi sebaiknya diparipurnakan dengan pemakaian deodorant di lipatan bawah lengan, tujuannya untuk mencegah bakteri tidak berkembang biak yang menghasilkan aroma keringat yang tidak sedap dan berfungsi mengurangi kalenjar keringat memproduksi keringat berlebih.


Sempurnakan dengan wewangian

Siapa diantara pembaca semua disini, yang tak ingin tubuhnya 'tercium' selalu wangi saat berada di sekitaran banyak orang ?. 
Eh, kamu tidak ingin wangi, ya 😱?. 

Wangi tidaknya tubuh seseorang akan meninggalkan image kepada lawan bicara dan orang disekitaran. 
Dan tentu juga akan mencerminkan kepribadiannya.

Di pasaran sekarang ini semakin banyak pilihan jenis aroma parfum yang diproduksi brand lokal dan mancanegara. 

Untuk harga yang terjangkau, cukup ramah di kantung bisa memilih parfum brand lokal. 
Dan untuk konsumen yang punya dana lebih dapat memilih parfum keluaran brand ternama seperti Etienne Aigner Perfume.

Ada baiknya buat yang keuangannya pas - pasan, jangan coba memaksakan diri harus beli, punya dan kudu pakai parfum branded, ya ... . Kecuali kamu itu pinter nabung dan memang punya dana lebih.

Kalau ngga, tetap memaksakan diri tabunganmu bakalan terkuras habis, karena parfum branded seperti itu rata - rata harganya ju - jut - juta... aan !.

Ketahanan atau keawetan aromanya pun dibuat tak sama, dibedakan berdasarkan jenisnya, seperti : eau de cologne, eau de toillete dan body mist. 


"tubuh pria pun perlu tampil segar dan wangi"


Perlu diperhatikan juga, jika ketahanan awet tidaknya aroma wewangian dapat melekat lama tidaknya di tubuh tergantung dari jenis kulit seseorang.

Kulit kering, aroma parfum tidak akan sanggup bertahan lama melekat lama di tubuh. 
Penggunaan parfumnya harus dilakukan secara berulang setelah sekian waktu.

Jika kulit berminyak, wewangian akan mampu bertahan lama keharumannya melekat di tubuh.  

Banyak manfaat baik yang didapat, jika dalam keseharian kita selalu berpenampilan segar dan wangi, diantaranya : meningkatkan rasa percaya diri dalam pergaulan.










Comments

  1. I agree and I have a post to write in the future about body hair and smelly bits. In our cooler climate we only shower once a day but when I was young it was twice a day for certain reasons, cleaning internally and externally.

    However, I like the smell of men,
    just not too strong.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Thank you very much for your appreciation, Andrew.
      I appreciate 🙏.

      I will look forward to writing about hair and body scents on your blog.

      Yes, the climate in your country is cooler than in my tropical country.
      Especially in your country there is winter which makes it impossible to shower twice a day.

      Just like you, i also like the scent of perfume that is not too sharp.
      I love the smell of wood.

      Delete
    2. Thanks a lot, Hanna 🙂🙏

      Happy Easter also

      Delete

  2. Bau farfumnya pek sini lho? Mang mahu kemana mas bro, mahu mejeng ya ma ponakan cantik apa ma ceweknya hayo?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Seriusan aroma parfumku kecium sampai siti, kaaaak .. ?, hahaha 😄.

      Hayo ...kalo iya, coba tebak aroma apakah parfum yang kupakai 😉 ?

      Ngga mau kemana - mana kak sist Tari, pakai parfum tiap hari biar wangi .., hehehe

      Delete
  3. Kalau aku punya kulit kering, mas. Cuma gampang keringatan. Jadi baunya wow, kecut bingits. Pakai parfum berkali-kali pun masih belum terlalu efektif. Jadinya lebih nyaman kalau mandi aja. Karena gampang keringatan, jadi sehari bisa mandi sampai empat kali. Hehehe. Mungkin harus banyak-banyak minum jamu ya, biar keringatnya gak kecut-kecut banget. 😅

    ReplyDelete
    Replies
    1. Kulit kering atau cenderung kering memang tak bisa bikin awet aroma parfum menempel lama di tubuh, kak.

      Satu cara yang bisa diambil, coba minum ramuan jamu Kunyit Asam.
      Baik kemasan sachet yang diproduksi perusahaan jamu instan, atau ramuan jamu di pedagang jamu di pasar.
      Atau juga sesekali coba mengunyah daun mint.

      Delete
    2. Mint juga bisa bikin bau badan wangi ya, mas? Wah, baru tau aku.😁

      Delete
    3. Bisa, kak Roem.
      Zat yang ada di dalam daun mint bisa menyegarkan nafas juga keringat.

      Cuma menurut informasi yang pernah aku baca, daun mint tak boleh terlalu sering dikonsumsi oleh pria karena mempengaruhi kesuburan.

      Delete
  4. Replies
    1. Let's, for that try bathing 2 times a day with antiseptic soap, Antonella.

      But if in the winter, just take a shower once a day to not get sick easily because it is very cold.

      Delete
  5. Kalau mandi mah mungkin saya bisa lebih dari tiga kali
    Tapi ya itu tetap gimana gitu bahunya, mungkin dari sananya sudah begitu
    Walau pakai itu obat ketek tetap saja, pengap keringatnya :D

    ReplyDelete
    Replies
    1. Coba dibantu rutin minum jamu kunyit asam atau beras kencur, mas.

      Untuk bagian lipatan bawah lengan, coba dipakai bubuk tawas [dijual di apotek].

      Delete
  6. Replies
    1. Silahkan dicoba, mr. Tanza.

      Terimakasih kunjungannya, ya.

      Delete
  7. Kalau saya dirumah saja wangi mas....Apa lagi diluaran. Karena kalau keluar rumah ada beberapa parfum atau sejenisnya yang saya bawa.😊😊

    Intinya ingin wangi sepanjang hari harus rajin2 mandi dengan yang harum2....Kalau perlu pake kembang 7 rupa mas.🤣🤣


    Eehh tapi si Agus nggak mandi dan langsung mangkal dilampu merah tetap wangi. Nggak tahu Azimat siapa yang dipakainya.🤣🤣🤣🤣🏃🏃🏃🏃

    ReplyDelete
    Replies
    1. Aku percaya itu, mas Satria ... 😁

      Aroma tubuhmu itu sudah kutebak dari awal kalo .. , wanginya pasti nyebar kemana-mana.
      Bikin para gadis terhipnotis keblinger gegara wangi aroma abrakadrabra muuu .. , wwwwkkk 😅!

      Masa sich si Agus ngga pernah mandi, tapiii ... , tubuhnya selalu wangi 😱🤔 ?.
      Laaaah ...., jangan - jang ... aaan ..., si Agus termasuk ...., hiiii syereem 🏃🏃🤸

      Delete
    2. Gak nyangka aku kalau mas Agus itu ternyata.... Lari ah, sereeeeem.. 🏃🏃🏃

      Delete
  8. We all have our little rituals that help us take care of ourselves and thanks to which, we feel better and relaxed :) Very nice post, thank you for sharing.

    ReplyDelete
    Replies
    1. I am glad you are pleased to visit this article and thank you very much 🙏.

      Let's all take care of our health for our appearance and also as an example for others as well.

      Take care of your health, friend.
      Safety life

      Delete
  9. Oouw.. lagi mandi di bathup .. 😀
    Memang enak ya berendam berlama-lama di bathup ? Lebih enak ya daripada pakai shower atau gayung? Hehehe..

    Untuk kesehatan dan kesegaran tubuh harus dilakukan 2 cara ya internal dan eksternal.
    Kalau eksternal semua sudah pada tahu yaitu mandi dengan sabun sesering mungkin. Sedang faktor internal antara lain harus banyak minum jamu.
    Kalau aku suka itu jamu kunir asem. Segar rasanya.👍
    Kalau beras kencur suka tapi nggak banyak soalnya ada yang bilang beras kencur itu penambah nafsu makan. Apa benar begitu?

    Body butter itu dipakai setelah mandi

    ReplyDelete
    Replies
    1. Ada kelebihan dan kekurangan kenyamanan masing-masing,sih menurutku ...antara mandi di bathup 🛁 dan pakai shower 🚿 atau juga gayung 😁.

      Malah bathup dirumahku jarang dipergunakan, sista.
      Mungkin dasarnya orang Jowo yang dari dulu sukanya byar byur pakai gayung, yaa .. jadi merasanya lebih bersih mandi pakai gayung.
      Padahal ya sama saja 😀

      Aku juga sependapat dengan banyak pembicaraan orang kalau jamu beras kencur itu kemampuannya selain membuat aroma keringat jadi wangi, juga dapat menambah selera makan.
      Aku prrnah nyobain soalnya, waktu saat itu tubuhku kurus slim kayak batang lidi 🤭

      Lah, betul kan kutulis diatas kalau body butter digunakan setelah mandi ..., hayooo ... lagi sambil mikirin apa tuuh bacanya tadi 🤔😀 ?

      Delete
    2. Begitu ya, oke jadi ada kelebihan kekurangan masing-masing kenyamanan nya beda-beda antara mandi bathup mandi shower dan mandi gayung.
      Aku suka kalau mandi shower, tapi berhubung showernya rusak jadi mandi gayung lagi.😂
      Iya dulu aku juga berpikiran sama ala orang Jawa kalau mandi gayung itu lebih bersih😂, gebyur.. gebyur .. lebih mantap karena gayung kan muat banyak air. Padahal sama saja bersihnya. Bahkan kalau pakai shower sebenarnya bisa lebih menghemat air ketimbang pakai gayung.
      Shower di rumah juga bisanya air dingin. Jadi kalau mau mandi air hangat harus rebus dulu air panas. Ya sekalian aja pakai gayung mandi air hangat.😀

      Jadi benar ya kalau minum beras kencur itu bisa menambah selera nafsu makan. Kalau begitu aku nggak minum banyak-banyak beras kencurnya ntar nafsu makanku jadi bertambah kan berabe bisa ndut nanti..😂🤣
      Aku minum kunir asem aja.
      Ooh serius? dulu brad Him tubuhnya pernah kurus seperti batang lidi?😱 Oh saat kecil usia berapa?
      Kenapa karena sakit ya? Terus dminumi beras kencur dan berat badan bisa normal kembali ya?

      Ouw..wkwkwkwk... jadi malu aku.., nggak lagi mikirin apa-apa.. aku nulis body butter setelah mandi itu sebenarnya kalimatku belum selesai ditulis sudah terposting duluan, jadi ya begitulah wkwkwkwk😂🤣
      Maksudku mau nanya setelah mandi pemakaian body butter itu fungsi nya untuk apa? Apakah sama dengan body lotion?
      Dinamain body butter itu karena teksturnya aja yang seperti "butter" atau emang mengandung butter?

      Delete
  10. Syukur sy juga ga punya bau badan, soalnya senantiasa merawat diri wk wk, sy juga sehari" selalu pake deodorant dan bodylotion sehabis mandi... Biar tambah harum, tapi kalo keluar pasti pake dan bawa parfum, apalagi baunya yg lembut gitu... Si kang Satria pake kembang 7 rupa? Duuh serem amat yak kayak wangi kembang dikuburan 😱

    ReplyDelete
    Replies
    1. Mantuul kak Nita ini ..., kemana-mana selalu bawa parfum.
      Biar terus wangi maksimal ya, kaak ..😀👌

      Eh, kak Nita ikut baca komentar dari kang Satria 😀 ...,
      iya ya kok ... mandinya pakai kembang 7 rupa yaaa ?.
      Biar apa sih itu 🤔 ?

      Delete

    2. Bunga 7 rupa itu buat mandi tiap hari khusus buat laki single dan gadis single agar tak sial Mulu + buat bisa cepat dapet jodoh yang diinginkan. Itu mandinya harus jam 9 malam ku dah buktikan.

      Delete
    3. Seriusan begitu ..., kegunaannya mandi kembang 7 rupa dilakukan, kak ... 😱🤔 ?

      Aku baru tau infonya kali ini.

      Kirain kembang 7 rupa itu merupakan bagian dari prosesi siraman pengantin adat traditional Jawa ..., bukan untuk keperluan mencari jodoh.

      Hayooo, siapa disini ..., yang mau nyoba ikutan mandi kembang 7 rupa seperti kak Tari yang dulu lakukan 😉 ?.
      Cuuuuss .. , angkat tangannya manaa ...

      Delete
    4. Kembang 7 rupa hanya boleh dipakai buat acara cari jodoh, berarti ngga bisa buat mangkal dong. Kasihan tetangga sebelah yang suka mangkal di lampu merah.😅

      Delete
    5. Lhaaa itu mah luh kalee yang hobi mangkal...😊😊


      Boleh kembang 7 rupa...kembang 9 rupa apa lagi bisa semakin anteng dah mangkalnya.😊😊

      Delete
    6. @ Agus =

      Benar juga, yaaak ..
      Terus, gimana dong dia ?.
      Lalu pakai kembang apa mandinya .... 🤔,
      Masa ya mandinya pakai kuntum bunga bangkai 😂😂 ??


      @ Satria =

      Kembang 9 rupa ternyata ada juga, tow 😱 ?.
      Kembang apa saja tuh kira-kira campurannya ?

      Delete
    7. This comment has been removed by the author.

      Delete
    8. Biar lebih mantap lagi jangan cuma pakai kembang 7 rupa tapi pakai kembang 7 taman.. wkwkwk

      Delete
    9. Sekalian juga kembang 7 samudra dong suhu Herman.😔

      Delete
    10. Jangan, ntar digondol nyi Roro kidul..hihihi

      Delete
  11. Asik bener mandi dengan busa yang melimpah gitu.
    Saya juga, kalo udah mandi dan kasih pewangi, pede banget...

    ReplyDelete
    Replies
    1. Lembut berendam dalam busa sebanyak ini, kak ..
      Berasanya kayak lagi nyemplung di adonan arum manis , wwwkkk 😂😂

      Sesekali cobain deh, kak ..
      Tuang bath foam di bathup, terus dishower pakai air hangat agak kencang tekanannya ..., gelembung2 busa langsung jadi gedeee , nyaman banget buat main busa, haha😀

      Delete
  12. Kereeennn ini mah, perasaan saya jarang loh nemu blogger laki membahas tentang perawatan.
    Ini jadi panutan banget gaya hidup sehat dan bersihnya.

    Udah bersih, terawat, wangi pula, terus kenapa pula kudu nongkrong di pohon sama Mbak Kunti coba? hahahaha

    Btw, betah banget berendam, saya selalu agak serem kalau berendam, takut ada tangan dan yang muncul di busa-busa hahahaha

    ReplyDelete
    Replies
    1. 🙈 jadi malu saiaaa ..... 😀

      Ya semoga saja ya, kak artikel perawatan untuk pria ini dapat menginspirasi banyak pria diluaran sana untuk ikut memperhatikan penampilannya.

      Betah nongki di atas pohon jambu soalnya terinspirasi oleh kang Satria yang sukanya nangkring di atas pohon buat godain hantu lewat ..., hahaa 😀

      Itu cuma ada di adegan film horror kok, kak 😆

      Kalau tetiba ada sepotong tangan muncul dari dalam busa ...ya diajak salaman saja ..., terus cepat-cepat kabur setelahnya 🤸 wwkkkk

      Delete
    2. Hahahaha iya kalau bisa kabur, kalau langsung ditarik diajak menyelam di dalam bathup gimana?

      Kok jadi membayangkan adegan film horor di bathup ya? :D

      Delete
  13. Tiba2 auto mringis inget abis masuk RS kmrin 7 hari nggak mandii. Iya 7 hari cuma diseka ibu tp tetap aja risik kan rasaya. Wkwkwk
    Skrg jg baru boleh mandi sekali sehari karena badan masih demam2 huhu

    ReplyDelete
    Replies
    1. Cepat membaik kesehatanya kak Ella.
      Ikut kudoakan dari sini.

      Ada baiknya sementara ini mandi pakai air hangat agak panas dulu saja biar suhu tubuh cepat netral, kak.

      Delete
  14. Keren mas him pengetahuan kosmetika dan perawatan termasuk jempol untuk blogger laki

    Ohya beydewey, itu body butternya podo dong ma punyaku, rasa kopi, wanginya malah pingin takcongkelin serasa makan selai, ealaaaa, becanda ding

    Kalau wewangian essensial oil yang aku suka itu lavender dan chamomile, selain efeknya membuat rekax dia juga bisa mencegah nyamuk mendekat

    Klo berendam terus di sekitare ada aromaterapi essensial 2 itu serasa ogah cepet cepet mentas

    ReplyDelete
    Replies
    1. Wuah, tersanjung sayaa .. xixixi 😁🤭
      Eh#, kok tetiba jadi nulis sebutan saya, bukan aku 😅
      Gegara rfek Ge-eR mode:ON nih 😂

      Toooss .., kita samaan gunain body butter varian kopi 🙌
      Aroma kopinya enak yaa ..., bikin laper kayak kata kak Gustyanita 😆

      Eh, samaan lagi aku juga suka lavender.
      Aromanya bikin tenang pikiran.
      Selain itu nyamuk juga ngga berani mendekat.

      Hu'um, berendam dikelilingi wangi lilin aromatherapy ..., tambah bikin males mentas.
      Penginnya berendam mulu biar kosmetik meresap maksimal di kulit 😁

      Delete
  15. sangat bermanfaat dan pemaparan nya juga sgt jelas jap

    ReplyDelete
  16. siapapun dia pasti harus bersih dan wangi, jika tidak hmmm, pasti kita dijauhi kayak corona

    ReplyDelete
    Replies
    1. Betuuul ..., Hahaha .. bisa saja mas Ibrahim mengaitkan dengan corona 😆

      Delete
  17. segar dan wangi imbasnya menjadi nyaman, dari dulu saya cuek, sekarang mulai memperhatikan itu

    ReplyDelete
    Replies
    1. Bagus, mas Agoes👌
      Ku support mulai lebih memperhatikan kesehatan dan penampilan diri.

      Delete
  18. wah, baru tau aku kalo minum jamu bisa bikin aroma tubuh lebih wangi.

    dan jaga kebersihan tubuh emang penting sih. selain karena wangi, juga lebih sehat ya kan.. kuman2 ditubuh jadi kabur semua. Apalagi ditengah wabah kayak sekarng, wajib banget jaga kebersihan tubuh

    ReplyDelete
    Replies
    1. Betul banget, kak.
      Kalau tubuh kita selalu terjaga kebersihannya sedikit banyak pasti kesehatan kita juga ikut terjaga.

      Iya, khasiat jamu Beras Kencur & Kunyit Asam dapat mengharumkan aroma tubuh.
      Yuk, kita semua mulai rajin minum jamu ..., sayang juga warisan leluhur ngga kita lestarikan.

      Delete
  19. Wah bener juga mas.. Ramu ramuan seperti jamu bisa membantu mengobati sampai sel yg terdalam..

    Perlu dicoba juga nih tipsnya, biar meski sdh kerja seharian selalu nyaman sama tubuh sendiri

    ReplyDelete
    Replies
    1. Profesi mas Heri di bidang medis pasti bikin mengenal dengan baik manfaat jamu ya, mas .. hehehe 😁

      Siap diterapkan, mas Heri agar aroma tubuh selalu 'tercium' wangi buat orang disekitaran 👌

      Delete
  20. komplit sekali mas penjelasannya, sayang kalau saya gak pernah minum jamu dan juga malah hobi sama makanan pedas, mulai sekarang harus rajin minum jamu minimal seminggu sekali ya

    ReplyDelete
    Replies
    1. Terimakasih apresiasinya, kak Devina 🙂🙏

      Yuk, mulai sekarang rajin minum jamu, kak.
      Sudah terbukti kalau jamu banyak manfaatnya 🙂

      Delete
  21. Aku tersentil bagian ini nih. 'Hal ini bisa jadi pertanda kesadaran diri untuk lebih memperhatikan kesehatan tubuhnya dan pengetahuan bagaimana cara mengatasi aroma tubuhnya yang tidak sedap, masih terbilang minim.'

    Karena aku memang orangnya ngga pernah merawat badan biar wangi. Bahkan kalo habis kuli, dibandingkan langsung mandi, aku malah seringnya main hape lalu ninggalin jejak komentar di blognya teman.

    Entah kenapa, aku masih malas kalo soal wangi wangi gitu, kecuali kalo mau kondangan saja sih.😅

    ReplyDelete
    Replies
    1. Ohh 😱
      Hahahahaa 😆
      Mangap, eh# salah .. , maksudku, maaf.
      Aku ngga sengaja telah menyentil dirimu loh, maaaas ..., Wkkkkk 😂 !

      Yok, mulai sekarang membiasakan diri untuk cuci tangan duluan setelah sampai dirumah sebelum ..., utak-atik megang apapun 😁👌

      Lebih suka wangi 'alami' ya, mas hehehe ...

      Delete

    2. Aahhh ente wangi kalau mau mangkal doang kali Guss...

      Perasaan kemarin waktu di lampu merah ente bawa2 sabun sama sisaan kembang 19 rupa.🤣🤣🤣

      Delete
    3. Oh, jadi kembang 19 rupa itu sisa bekas sampean ya kang, pantesan kok banyak sisa kembang di lampu merah. Pasti sampean dapat banyak pelanggan soalnya banyak kembangnya.😅

      Delete
  22. bisa aja deh, si om. lagi social distancing nggak bisa traveling, jadinya memanjakan diri aja, ya, dengan perawatan tubuh.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hehehe begitulah, kak 😁

      Memanjakan perawatan diri biar tetep seger dan wangi, meski lagi ngga bisa dolan piknikan

      Delete
  23. wah komplit nih. dari sabun nya keliatan enak hehe

    ReplyDelete
  24. Wah, menarik sekali. Kemudian melihat perawatan suami saya, hehehe. Ternyata nggak selengkap punya Mas Himawan.hehehe.

    Tapi emang sih bau badan baik cewek atau cowok memang mengganggu.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Ceritanya jadi tergerak buat ngintip perlengkapan perawatan milik suami ya, kak 😆

      Betul banget apa yang dikatakan kak Pipit kalo aroma tubuh kurang sedap dapat mengganggu orang yang ada di sekitaran.

      Delete
  25. Kayaknya enak tuh wangi parfumnya. Bisa nanti dipake saat traveling.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Siiip 👌
      Mantul acara travelling selalu bawa parfum ... , biar aroma tubuh selalu wangi 😉

      Delete
  26. meski cwo tetep harus wangi dan perawatan ya, biar gak bau badan.. kalo buat gw cukup mandi saja mas, dan pake parfum, meski jarang pakenya :D

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya, mas.
      Ntar kalo badan kerasa kurang sedap aromanya, bisa bikin confident diri kita sendiri berkurang, juga bikin orang sekitaran nahan nafas atau juga .. , nutup hidung 😅

      Delete
    2. nah itu yang bikin malu mas, apalagi kalo lagi di tempat umum, atau ketemu pacar bisa ilfil nanti ya :D

      Delete
  27. aku setuju banget kalau mandi itu paling gampang buat me time mas. apalagi sabunnya wangi banget. udah deh betah banget mandinya haha

    btw aku perlu tutup mata ga sih pas baca artikelnya karena masih mandi? tp klo ditutup gimana bacanya. haha

    ReplyDelete
    Replies

    1. Nggak usah ditutup nggun ....Tapi jangan diKhayalin ..🤣🤣🤣🤣🤣

      Delete
    2. Kok yang lain ngga dibalas juga kang, itu mas khanif, bang Rudi, sama mbak Pipit juga lho, arena publik juga ya. 😊

      Kenapa ya? 😁

      Delete
    3. @ Anggun =

      Wuahahaha .. kenapa musti pakai acara tutup mata, kaak 😆 ?.
      Ntar baca tulisannya jadi kayak lagi ngintip sesuatoh looh 😅

      @ Satria =

      Wwkkk ..
      Bisaan aja neeh mas Satria 😆

      @ Agus =

      Mungkin, tapi mungkin loh yaaa ..., kang Anggun tuh belum balesin komentar satu persatu, tuh tanganya lagi sibuk ngitung keuntungan bejibun hasil jual beli dolar 😁

      Delete
  28. Sepertinya saya kalah loh kalau soal perawatan sama mas himawan hahaha.walau saya cewek tapi ya gt deh, kadang gak smpet kalau terlalu ribet .maklum banyak krucilnya hahaha.tks ya ceritanya, paling gak bisa buat pedoman buat suami saya juga nihhh..

    ReplyDelete
    Replies
    1. ☺️ masa sih, kak ?.
      Jadi malu saya hehehe 😁

      Iya juga sih kalo udah jadi ibu rumah tangga dan anak-anak masih kecil, seringkali me time kayak melakukan perawatan diri waktunya jadi berkurang.

      Terimakasih ya, kak artikel ini jadi referensi buat suami kak Enny 🙂🙏

      Delete
    2. Nggak perlu malu. sebenarnya jaman sekarang mau cewek or cowok punya kesempatan yang sama .termasuk juga soal perawatan hahaha..

      Delete
  29. We all need to take care of our bodies and souls. Valerie

    ReplyDelete
    Replies
    1. That's right your opinion, Valerie.

      Hopefully this article will make all of us aware of our health and our appearance.

      Delete
  30. Menurut saya menjaga wangi tubuh itu perlu bangettt mas baik untuk pria maupun wanita, hehehe, soalnya kalau kita lewat meski hanya sekilas, baunya itu bisa lho kecium sama orang :)) makanya saya sangat concern dengan wangi tubuh saya dan beberapa perawatan yang saya lakukan hampir sama seperti mas :D

    Yang pasti parfum nggak pernah lupa, dan lotion tangan yang sesekali harus digunakan ulang (soalnya kalau lotion tubuh kan nggak bisa) hehe. By the way, saya juga pakai essential oil untuk di rumah, dan favorit saya itu lavender plus greentea :D

    Dan satu lagi yang penting, perawatan baju karena pengaruh juga ke wangi tubuh. Kalau laundry bajunya nggak benar, atau nggak menggunakan wangi yang enak, kadang mengganggu juga itu bau baju ke tubuh kita :""")))

    ReplyDelete
    Replies
    1. Nah, itu dia kak ..., tepat.
      Aroma tubuh seseorang harum tidaknya tercium sekilas itulah yang akan jadi image yang akan melekat lama di benak orang lain 😁.

      Salut dengan kepedulian diri yang kakak terapkan untuk selalu tampil wangi.

      Aku jadi pengin sekali waktu nyobain essential aromatherapy oil varian greentea..., sepertinya itu aromanya bikin fresh.

      Eh, betul juga itu kalo baju kita ngga dicuci atau juga ngga kering maksimal dijemurnya, akan bikin pakaian yang kita kenakan tercium bau apek 😁

      Delete
  31. proper sekali ya peralatan mandinya :D

    nyenengin sih emang kalau mandi mah :D

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hehehe ..., lumayan mas Febri 😁.
      Biasanya perlengkapan mandi kutambahi juga dengan salt bath buat ngilangin pegel badan.

      Delete
  32. I like organising a bit of a home-spa for myself. Cosmetic rituals are very important.
    I also sweat, unfortunately. And it's not a pleasant smell. :/

    ReplyDelete
    Replies
    1. The steps you have taken are right, friend. 👌

      For bodies that sweat easily, bathing twice a day should be done and use a deodorant that contains antiseptic ingredients to reduce sweat that comes out.

      Delete
  33. Wow, set mustika ratu tu memang ada dalam market ye? Macam tak pernah nampak di Malaysia. Cantik packaging dia..

    ReplyDelete
    Replies
    1. Oh, di Malaysia body butter dari brand mustika ratu ini belum tersedia disana ...
      Semoga saja nanti beredar di market negara kak Nurzarini, ya.

      Menurutku pribadi, body butter ini aromanya yummy 😁

      Delete
  34. Interesting, have a lovely weekend!

    ReplyDelete
  35. Seumur hidup belum pernah saya mandi spa dengan aroma rempah2 dan berendam dengan waktu yang cukup lama. Mandi paling 5 menit beres hehe... Mungkin kalau istilah milenial, ya inilah mandi sambil rebahan hehe...

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hehehe aku juga gitu kok, kadang mandi cukup 5 menit , mas Vicky.
      Sesekali saja dalam satu bulan ngelakuin ritual 'mandi besar' macam begini, tujuannya buat relaksasi ...

      Delete
  36. Great tips here, Himawan! I have a lot of favourite fragranced products that keep me feeling fresh and clean...and I'm sure you guys feel the same.
    Well done, this is a great post...many thanks for sharing!👍👍

    Have a great day...and stay safe...😊😊

    ReplyDelete
    Replies
    1. I am also thankful that you came here, Ygraine 🙏.

      And i feeling happy because it turns out you also have several essential oil treatment products with many types of scents. Hopefully this article inspires many people to be more diligent in doing personal hygiene.

      Have a great day and stay safe also 🙂

      Delete
  37. I don't understand the language on your blog, but I really like the picture of the
    candle and the coffee beans - two of my favorite things. Thank you for visiting
    us,, and for your very nice comment.

    ~Sheri

    ReplyDelete
    Replies
    1. Actually my blog has been equipped with a language translator application, maybe you do not find the location of the application.
      But never mind, I'm happy because you've been coming back here, Sheri 🙏.

      Yes, we both like the aroma therapy candle and the aroma of coffee 🙂

      Delete
  38. I do enjoy a relaxing bath with essential oils added in for extra relaxation :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. That's good, Theresa 🙂👌

      Have a nice days and stay safe

      Delete
  39. Kalau mau wangi tapi malas mandi bisa gak mas, hehe

    ReplyDelete
    Replies
    1. Bisa.
      Bisaaa ..., mas Rustam 😁.
      Caranya : nguyah kemenyan ...

      Wwwkkkk 🤣🤣🤣
      Ooops 🤭

      Delete
  40. Bang radit pernah bilang,, "Mandi hanya untuk orang-orang yang merasa kotor" wkwk

    Yak tapi kitakan emang butuh mandi walau seharian mendep di rumah, secara logika pastikan gak kotor haha.

    Boleh tuh kalo mau harum pakek Etienne Aigner Perfume, mahal tapi haha

    ReplyDelete
    Replies
    1. Yaambrrruuukkk ...
      Wwwkkk 😂
      Bang Radit nunggu dakinya ngumpul banyak dulu baru mandi, yaa .. 😅
      Awetlah sabun kalo gitu, yaaa ...hahaha

      Bener, kita cuma aktivitas di dalam rumah saja ternyata badan kita juga bisa kotor.

      Nabung dolooo setahun yuuk buat beli parfum asli branded, kak 😆 ..

      Delete
    2. Wkwk untung istrinya bang radit bisa tahan gitu.

      Saya pernah nonton drakor sih kak, mereka jarang mandi lho tetap kinclong gitu. Kadang kalo mandi cuman rambutnya aja di mandiin (keramas doang). eh tapi kan disana dingin, gak sepanas endonesea😆

      Delete
  41. Aku klo udah jut-jut an...pasti mundur... Wis yang ramah kantong aja. Yang penting wangi...:-D

    ReplyDelete
    Replies
    1. Gerakan mundurnya kayak lagu Jawa itu ya, kak ... mundur alon~alon .. , xi xi xi 😁

      Kalo mundurnya cepet-cepet ntar takutnya kepleset 😀

      Delete
  42. Karena ada covid-19 gini, hampir semua yang biasanya nggak seneng mandi mau nggak mau jadi rajin mandi terutama setelah keluar rumah....hihi

    ReplyDelete
    Replies
    1. Egh, bener juga tuh, kak 😀 ...
      Ada epidemi begini, kita seperti disadarkan untuk selalu wajib jaga kebersihan.

      Delete
  43. Dari dulu suka banget sama yg namanya mandi.. smpe ngebela2in beli heater pasang di kamar mandi super mini.. hehehe biar nggak perlu ngerebus air lagi.. #boros gas.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Wuah itu menginspirasi banyak orang, mas .., keren idenya 👌

      Delete
  44. well, not always changing diet / reducing or reducing stress help - sometimes sweating heralds health problems e.g. with hormones
    greetings
    Lili

    ReplyDelete
    Replies
    1. That's right what you write, Lili 👌.
      And I have also explained in the article if the scent of a person's body is also affected by the health of the function of his organs such as diabetes or kidney failure.

      Greetings back, Lili.
      Stay safe

      Delete
  45. Replies
    1. Evet, doğru Esra. Vücudumuz her zaman iyi kokuyorsa kendiniz için de güzel 🙂

      Delete
  46. bener banget sih, kalo gue sendiri kadang kalo keringetan dikit aja udah risih gitu pengen buru-buru bersih-bersih wkwk

    ReplyDelete
    Replies
    1. Mantaap, mas Rizki ... 👌

      Pantesan wanginya kecium sampai kesini
      Tadi sempet kucari-cari, loh kira-kira aroma sedap ini darimana datangnya .., eeh .. ternyata wanginya mas Rizki 😁

      Delete
  47. Baca artikelnya saja sudah bikin seger padahal belum mandi ini.. wuiih apalagi menggunakan Lavender, Camomile, Bergamot, Geranium yang tidak pernah saya gunakan, hanya pake sabun giv atau lifebuoy saja

    ReplyDelete
    Replies
    1. Mandi pakai sabun mandi biasa yang banyak beredar di pasaran seperti kedua merk sabun yang disebutkan mas Roni juga cukup, kok.
      Yang terpenting, aroma tubuh selalu sedap 😁

      Delete
  48. Shower twice a day is very good :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. Thank you also agree with my review, Hanna 🙂🙏

      Delete
  49. tul butul butul, kalau kita wangi, orang yang lagi berdekatan sama kita jadi betah, bisa bisa ngintil terus hahaha
    aroma kopi biasanya enak, ternyata kaka himawan pakai aroma kopi ya
    sayang dirumahku ga pake bath tub, seandainya ada bisa buat berendem plus ditambahi essential oil gitu, biar kayak di spa spa
    ehh tapi kalau ada duit lebih ya milih pergi ke spa aja ya, ga mahal juga di jember kayaknya

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hahaha ..., bisa betul banget tuh gegara aroma wangi bisa bikin orang terkintil~kintil kayak di iklan tivi 😅!

      Meski ngga ada sarana bathup, bisa diakali dengan meneteskan sedikit essential oil di wadah yang berisikan air hangat, kak Ainun.
      Kemudian airnya tersebut digunain buat basuhan akhir 🙂.

      Betul, kalau uang kita lagi berlebih bisa sesekali nyobain relaksasi spa treatmen di spa center 😉

      Delete
    2. nah iya kannn jadinya terkintil kintil gitu hahaha

      ehhiya bisa dijadiin bilasan terakhir ya, masuk pak ekooo

      sampe sekarang aku blom nyobain yang ditempat relaksasi itu, kalo ada duit kadang kok eman ya haha, kalo ga ada duit kok pengen, duhhh

      Delete
  50. I agree:) I take shower twice a day too! I like good smells.

    Happy EASTER:)

    ReplyDelete
    Replies
    1. Thank you also agree with me, bathing twice a day is good for the health and freshness of the scent of the body 🙏

      Happy Easter, Mamelkowo

      Delete
  51. aku biasanya mandi sehari 2x,, tapi masa2 wfh ini jadi sehari sekali wkwk,, maafkeun :D ..

    eh, aku semprot parfum biasanya ke baju, salah ya? :D

    -Traveler Paruh Waktu

    ReplyDelete
    Replies
    1. Gpp, mandi sekali di masa wfh ...., yang pasti ngga bau kecut, wwwkkk 😀

      Pengaplikasian parfum ke baju sih bagus juga, tapi kurang maksimal ya, mas.
      Aroma parfum akan bertambah wangi jika mengenai nadi pembuluh darah :)

      Delete
  52. Saya gak pengen wangi mas, ntar banyak yang naksir dan istri jadi cemburu :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. Silahkan pelihara aroma asli tubuh anda ... Eh# wwkkkkk 😅

      Cie cie cieee ...
      Yang takut ditaksir banyak orang
      Sampai pakai parfum saja ngga punya nyali 😄

      Delete
  53. ini yang menjadi masalah aku kayaknya, kulitku kering, dan aroma parfum cepet ilang. aku kira karna parfumnya yang murahan. eh tapi ada gak sih parfum yang tahan lama di kulit yang kering

    ReplyDelete
    Replies
    1. Solusinya pemakaian parfum mengenai kulit dilakukan secara berulang ya, mas.

      Karena kulit kering memang tak bisa awet bertahan lama aroma parfum yang dipakai.

      Delete
  54. YAK TUL!! Dari judul aja aku udah setuju.

    Oh, essential oil itu bisa dimasukin ke tub toh? Aku pikir cuma untuk wangi-wangi ruangan aja, pake diffuser. Oalah, ternyata bisa juga dicampur air ke tub untuk berendam ya, mas. Ih, aku kampungan hahahah. Pingin coba... tapi gak punya tub... adanya bak mandi, hehehe. Doain aku mas.. haha semoga bisa nabung untuk nyicil rumah atau apartemen gitu.. hehe. Kepinginnya apartemen supaya gak was-was kalo keluar kota udah ada satpam, tapi.... katanya lebih baik punya rumah karena ya punya sendiri gak kayak apartemen segedung rame-rame. Ealah ini anak malah curhat.

    ReplyDelete
  55. Blog yang sangat menarik. Terima kasih banyak telah mengunjungi tambang. Saya mengikuti Anda mulai sekarang. Saya dapat membaca blog Anda dengan penerjemah google. Terima kasih banyak lagi

    Peluk teman.

    ReplyDelete
  56. Kalau saya mandinya pake kembang tujuh rupa mas, badan terasa segar dan lebih wangi :)

    ReplyDelete
  57. Shower is so good! :D
    Really a relaxing moment!

    ReplyDelete
  58. Buatku, cowo mah wajiiib hukumnya wangi :D. Jd mau seganteng apapun dia, kalo bdnnya bau, udah pasti aku hindarin :p.

    Sbnrnya sih ga harus wangi parfum ya. Asalkan dia bersih dan rutin pake Deo, pasti ga tercium bau jg. Jd nilai plus kalo dia mau pake parfum.

    Pak suami dulu masa pacaran
    rajin pake parfum selalu :p. Setelah nikah msh pake sih, tp cm pas ada acara formal hahahahah. Yg ptg pokoknya Deo wajib sehabis mandi :D.

    ReplyDelete
  59. mari gabung bersama kami di Aj0QQ*c0M
    BONUS CASHBACK 0.3% setiap senin
    BONUS REFERAL 20% seumur hidup.

    ReplyDelete
  60. body butter apaan sih mas?
    mas tipe pake parfum di badan apa di baju...

    djangki.wordpress.com

    ReplyDelete
  61. ayo segera bergabung dengan saya di D3W4PK
    hanya dengan minimal deposit 10.000 kalian bisa menangkan uang jutaan rupiah
    ditunggu apa lagi ayo segera bergabung, dan di coba keberuntungannya
    untuk info lebih jelas silahkan di add Whatshapp : +8558778142
    terimakasih ya waktunya ^.^

    ReplyDelete

Post a Comment

Popular posts from this blog

Intip Begini Instagenicnya Warung Layar Sentuh 2.0 Magelang

Ketika awal pertamakali dibuka pada 31 Desember 2020 silam, nama Warung Layar Sentuh 2.0 saat itu mendadak hits ramai dibicarakan oleh banyak kalangan dan para milenials kawula muda sebagai pilihan baru lokasi nongki  [nongkrong kekinian] yang ada di Magelang. Bukan saja karena namanya terkesan unik, layar sentuh dan namanya terkesan sedikit berbeda dengan nama-nama kafe lain pada umumnya karena adanya penambahan bilangan angka 2.0 dibelakangnya, tetapi kafe, tepatnya Warung Layar Sentuh ini berkonsep bersantap hidangan berada di tengah hamparan perkebunan ladang tebu dan persawahan bernuansa alam pedesaan dikitari oleh indahnya pemandangan gunung yang mengelilinginya.  Area luasnya terbagi dua pilihan  indoor  dan  outdoor  berdinding kaca tempat makan Warung Layar Sentuh 2.0 yang buka setiap harinya mulai dari jam 07. 00 pagi hingga mendekati tengah malam jam 23. 00 tersebut dilengkapi dengan dekorasi cantik dan penataan ruang bergaya vintage  dan bohemian  yang tampak instagenic ,

Pengalaman Mistis di Mata Air Tuk Umbul Windusari

Boleh percaya atau tidak, ada pengalaman mistis aku temui saat berada di lokasi mata air Tuk Umbul Windusari, tapi ini aku kembalikan ke pembaca untuk mempercayainya atau tidak ceritaku.  Dan yang pasti tujuanku menceritakan pengalaman gaib yang kutemui di Tuk Umbul Windusari bukan bertujuan untuk mencari sensasi, sama sekali tidak ada maksud dan tujuan demikian.  Tujuanku untuk sekedar mengingatkan ke pembaca, dimanapun lokasi yang kita kunjungi sewajibnya memberikan salam dan permisi terlebih dahulu kepada penghuni dari dimensi lain sebelum memasuki lokasi. Demikian juga seperti yang telah kulakukan saat aku tiba di Tuk Umbul. Kata salam dan permisi cukup kuucapkan di dalam hati.  Nama Tuk Umbul dari bahasa Jawa, Tuk : mata air  dan Umbul  : dari kata mumbul, menyembul atau memancar keluar. Cerita bermula saat aku  melangkah mendekat ke letak mata air Tuk Umbul  tiba-tiba kepekaan bawaan indra keenamku memberikan signal  jika lokasi ini ada 'penunggunya'.  Aroma wangi semerb

Perkenalanku

Halo. Teman dan para pembaca semua, apa kabar ?. Perkenalkan kembali, namaku Himawan Sant. Perkenalkan kembali ?. Loh, kok ..., hmm ..., memang sebelumnya pernah aktif jadi seorang penulis blog atau blogger ?. Yups, benar. Mungkin diantara kalian pembaca masih teringat namaku dan nama blog lamaku tema travelling yang sekarang keberadaanya sudah tak lagi aktif. Sekarang aku aktif ngeblog lagi, dengan niche berbeda dari blog sebelumnya. Lebih variatif kontennya, tak hanya satu niche. Dan punya blog niche variatif yang kata orang disebutnya 'blog gado - gado', sekaligus juga kujadikan sebagai wadah penyaluran kreativitasku dalam hal tulis menulis. Masih tetap dengan gaya kepenulisanku, ringan dan mudah dibaca, aku berharap artikel - artikel yang berada di dalam blog ini punya banyak manfaat baik dan dapat menginspirasi para pembaca semuanya. Salam, Himawan Sant