Skip to main content

Cara Simpel Untuk Lelaki Zaman Now Merawat Kulit Wajah


"cara simpel untuk lelaki zaman now merawat kulit wajah"


Kebersihan dan tampilan kesehatan kulit wajah, sangatlah penting. 

Harus diperhatikan bagaimana cara penanganan perawatan kulit hariannya dan pemilihan jenis kosmetik pembersih wajah yang tepat, sesuai dengan jenis kulit. 

Mengingat tak semua orang memiliki type atau jenis kulit yang berbeda, bukan ?. 

Faktanya tak bisa dipungkiri, jika tampilan kulit wajah tampak sehat merupakan salah satu faktor penting dalam hubungan sosialisasi dan pergaulan. 

Memiliki tampilan kulit wajah yang sehat tampak cerah, tidak terlihat kusam dan minim munculnya gangguan di kulit wajah, seperti : jerawat dan flek hitam, akan meningkatkan rasa percaya diri dalam diri kita, juga begitupun efek sebaliknya, lawan bicara kita pun akan lebih nyaman berhadapan lama dengan kita. 

Perawatan kulit secara rutin atau harian untuk menjaga kebersihan dan kesehatan kulit serta terbukti mampu bersifat menunda munculnya kerutan tanda - tanda penuaan diri di wajah ..., alangkah baiknya tak hanya dilakukan oleh para wanita, tapi juga oleh para lelaki . 

Juga dilakukan tak memandang berdasarkan dari warna genetik kulit. 

Genetik berkulit putih khas Eropa, berkulit kuning khas Oriental, gelap atau dark skin khas Africa, atau juga berkulit sawo matang khas Indonesia seperti kulitku.

Kesemuanya itu, seharusnya kesadaran diri melakukan rutinitas perawatan kebersihan wajah dimulai dari sejak muda usia, saat mulai menginjak usia akil balik.

Nah, dalam artikel lifestyle ini penulis atau aku Himawan Sant si blogger bertopi dan blogger terfotomodel ..., ha ha ha ..., dua gelar 'penobatan' buatku yang mantul cihuyy dari teman - teman blogger senior ya, pemirsaaah ..., yuhuuu 🤩 [Oops. Maaf, interupsi 🤭], akan menceritakan bagaimana cara melakukan rutinitas perawatan untuk menjaga tampilan kulit wajah selalu terjaga kesehatannya. 

Cukup ..., zeet ..., zeeet ..., tak sampai waktu 10 menit proses dikerjakan, asalkan rutin dilakukan sehari - harinya, kulit jadi sehat dan manfaatnya pun kelak akan didapat.

Okay, terus ikuti kisahku, ya ... .

Ditulis dan diceritakan berdasarkan pengalaman pribadi.



Awal Mula Mengenal Kosmetik Pembersih Wajah

Kesadaranku, tepatnya  niatanku, sih, tergerak untuk mulai rajin membersihkan wajah saat aku mulai memasuki usia ..., 15 tahun !.


Saat itu aku masih ingat, melihat mamaku memilki sepasang wadah kemasan bertuliskan keterangan menggunakan bahasa Inggris diletakkan di meja rias, tapi saat itu aku tidak 'ngeh' sebenarnya wadah kemasan apakah itu. 

Mengartikan ke dalam bahasa Inggris juga saat itu ilmu bahasa Inggrisku masih cekak

Mau mencoba iseng menanyakan langsung ke mama tidak punya keberanian, takut nanti dikiranya kepo akut. 

Sampai suatu ketika tanpa sengaja aku melihat mamaku mengoleskan lotion ke wajahnya yang diambil dari wadah kemasan yang sempat jadi keingintahuanku itu, kemudian mengoleskannya secara merata, setelahnya dihapus menggunakan kapas. 
Seketika kulit wajah mamaku terlihat lebih bersih setelah pemakaianya. 

Dari situlah, aku mengerti jika isi dalam wadah kemasan lumayan mewah bentuknya itu kegunaannya adalah krim pembersih wajah. 

Dan sejak saat itu pula, aku terniatkan untuk ikut melakukan rutinitas pembersihan wajah, meski kulakukan secara diam - diam tanpa sepengetahuan kedua orangtuaku, terutama papa.

Maklum, pada era tahun 80an sampai awal 90an masih sangat banyak lelaki di Indonesia menganggap tabu untuk mengenal dan menggunakan kosmetik, terkecuali hanya kosmetik rambut pomade yang kesehariannya digunakan untuk merapikan rambutnya, biasanya ditata ke atas membentuk jambul kakatua 😆.

Kosmetik berupa Cleansing Milk dan pasangannya, Toner, juga kapas wajah tak ketinggalan kubeli dari uang jajan yang kukumpulkan. 

Belanja kosmetik kulakukan sepulang sekolah, dan tentu saja kusembunyikan penempatannya di lemari terkunci rapat agar tak ketahuan oleh kedua orangtuaku. 

Suatu hari aku kepergok oleh papaku, aku sedang ..., mengoleskan lotion cleansing milk yang terlanjur teroles merata ke wajahku. Wow,kebayang dong, yaa ..., gimana tampilan wajahku saat itu penuh dengan lotion 😆 ?.

Seketika marah besarlah papaku lihat anak lelakinya ganteng kayak sekoteng satu ini 'bermain - main' dengan kosmetik. 

"Buang !. Apa - apaan kamu pakai kosmetik begitu !". 

Dihardik kencang dengan suara stereo menggelegar bak suara 12 speaker bluetooth disetel bersamaan dalam satu ruangan, aku mengkeret dan berjanji akan membuangnya, tak mempergunakannya lagi ..., padahaaal kenyataannya ..., tidak. 
Hahaha !. 

Tetap saja kemasan cleansing milk dan toner yang kubeli dari hasil jerih payah mengumpulkan uang jajanku yang cekak itu kusimpan diam - diam lagi dan lebih rapat kusembunyikan penyimpanannya 😅. 

Dan kebiasaanku membersihkan wajah itu terus berlanjut hingga sekarang 😛.

Percaya tak percaya, kemudian memasuki era pertengahan tahun 90an para produsen kosmetik wanita mulai terlihat saling gencar adu bersaing di media elektronik dan media cetak memasarkan rangkaian produk perawatan kulit untuk pria.

Nah, loh.

Jadi ..., niatanku untuk tetap rutin menggunakan pembersih wajah dan penyegarnya, Cleansing milk dan Toner untuk membersihkan kotoran dan debu yang menempel di kulit wajahku terbukti bukanlah hal yang salah kulakukan, bukan ?.  

Tapi sampai sekarang, masih ada juga, sih stereotype yang menganggap lelaki rajin menggunakan pembersih wajah cleansing milk dan toner itu kesannya ..., ribet, ngabisin waktu daaan ..., kurang jantan ..., gitu katanya, pemirsaaah !.

Sampai situ rasanya yang ngomong seperti begitu pengin kuketapel ubun ubunnya, wwwkkk ..., kuedukasi 'Halo, situ miss queen pengetahuan, ya ?!' ,😅.

Tapi aku tak memperdulikan ucapan yang kuterima bernada 'miring - miring ngga penting' begitu.

Buatku, melakukan perawatan kebersihan dan kesehatan wajah adalah suatu keharusan.

Dan hasilnya terbukti, kok ..., di usiaku sekarang yang tak lagi muda belia kinyis - kinyis ini, garis kerutan tanda penuaan dini di wajah tidak, tepatnya belum muncul di wajah. 

Yah, semoga saja, ya ..., selamanya wajahku tetap begini, still looking forever young 🤭.




Kosmetik Pembersih Wajah Apa Yang Sebaiknya Dipergunakan 


Saat ini di pasaran memang banyak sekali jenis pilihan kosmetik pembersih wajah yang diproduksi oleh beberapa produsen. 

Pilihannya pun beragam, mulai dari jenis : pembersih wajah All in One, Face soap, Gel Soap, dan tentu saja masih tetap diproduksi berupa krim Cleansing Milk dan Toner. 
Itupun juga masih dibedakan berdasarkan jenis kulit : kulit normal, kulit normal - kering, kulit kering dan kulit berminyak.

Untuk keperluan strategi pemasaran, jenis pilihan kosmetik pembersih wajah dibuat berdasarkan jenis gender, pria dan wanita.

Menurut analisa para ahli, tekstur kulit antara kulit pria dan wanita memang terlihat ada perbedaan. 

Jenis kulit pria lebih tebal, untuk itu dibutuhkan kadar kandungan formula kosmetik pembersih wajah yang lebih tinggi untuk mampu mengangkat kotoran di wajah, dibandingkan dengan jenis kulit wanita yang cenderung lebih tipis, maka kadar kandungan formula kosmetik pembersih wajah dibuat lebih ringan. 

Berdasarkan pemakaian kosmetik pembersih wajah yang telah jadi rutinitasku sekian lama, bertahun - tahun lamanya, diantara banyak jenis pilihan di pasaran sekarang ini, aku masih mempergunakan rangkaian pembersih wajah ala tempoe doloe, berupa pasangan jenis Cleansing Milk dan Toner. 

Kedua pasangan pembersih wajah, Cleansing Milk dan Toner ini, biasanya tidak dipasarkan  pemakaiannya berdasarkan segmentasi gender.

Tapi aku menceritakan begini tak ada maksud dan tujuan untuk sengaja mengajak pembaca, terutama lelaki, untuk tergerak mengikutiku beralih ke pembersih wajah jenis Cleansing Milk dan Toner loh, ya.

Kesemua pilihan jenis produk kosmetik pembersih wajah kembali ke selera, reaksi kecocokan dan ketidakcocokkan penggunaannya di kulit dan juga sesuai dengan kebutuhan masing - masing. 


"cara simpel untuk lelaki zaman now merawat kulit wajah"
Cleansing Milk, toner, moisturizer dan kapas wajah


Kosmetik pembersih wajah harian yang kugunakan : 

  1. Cleansing Milk, atau lotion susu pembersih
  2. Toner, atau penyegar
  3. Moisturizer, atau pelembab 

Ketiga jenis kosmetik tersebut kugunakan untuk pemakaian harian.

Ritual pembersihan wajah kulakukan sebanyak 2 kali dalam sehari, pagi hari dan sore hari.


"cara simpel untuk lwlaki zaman now merawat kulit wajah"
Proses pengaplikasian cleansing milk



"cara simpel untuk lwlaki zaman now merawat kulit wajah"
Proses pengangkatan cleansing milk



"cara simpel untuk lelaki zaman now merawat kulit wajah"
Proses pengaplikasian toner


Pengaplikasiannya pun mudah dikerjakan, begini caranya :

  • Pastikan kondisi tangan telah bersih sebelum mengoleskan lotion ke wajah. Alangkah baiknya tangan dicuci memakai sabun agar kebersihan tangan telah steril dari kuman ataupun kotoran.
  • Tuangkan sedikit atau seperlunya lotion pembersih wajah ke telapak tangan kiri.
  • Oleskan lotion merata ke seluruh wajah dan leher dengan tangan kanan.
  • Lakukan membersihkan wajah dan leher dengan gerakan rotasi dan ringan ke arah luar menggunakan 2 atau 3 jari.
  • Setelah merata, ambil dan usapkan kapas ke arah luar untuk mengangkat kotoran, debu ataupun kosmetik yang menempel di wajah dan leher. 
  • Tuang sedikit toner ke kapas, kemudian lakukan dengan gerakan tepuk - tepuk ringan ke wajah dan leher.
  • Oleskan pelembab secara tipis dan merata. Saat ini dipasaran banyak pilihan pelembab tersedia, diantaranya berfungsi sebagai : tabir surya, mengurangi munculnya pigmentasi kulit, mencerahkan wajah. Pilih sesuai kebutuhan dan keinginan.
  • Selesai



Lakukan hal yang sama di sore hari sebelum mandi, atau juga dapat dilakukan di malam hari menjelang tidur. 

Namun, di malam hari tanpa dilengkapi dengan tambahan penggunaan moisturizer. 
Sebagai gantinya, jika perlu menggunakan kosmetik night cream, atau krim malam.


"cara simpel untuk lelaki zaman now merawat kulit wajah"
Proses pengaplikasian moisturizer


Benar mudah dan simpel penggunaannya, kan ?. 

Nah, itu tadi kosmetik pembersih wajah dan cara yang kulakukan kesehariannya.

Sekarang kujelaskan jenis kosmetik dan cara yang kugunakan dalam rentang waktu per satu minggu atau kadang per dua minggu sekali, sesuai kebutuhan.


Kosmetik pembersih wajah mingguan yang kugunakan :


  • Scrub Face, atau scrub wajah berupa kosmetik berupa lotion yang mengandung bahan ekstrak biji tumbuhan dan digunakan untuk mengangkat kotoran yang menyumbat pori - pori kulit  terdalam dan mengangkat kulit ari mati.
  • Facial Soap, atau sabun wajah. Ada beberapa pilihan, diantaranya : liquid atau cairan, lotion atau krim dan batangan. Fungsinya untuk memaksimalkan pembersihan wajah.
  • Mask Face, atau masker wajah. Pilihannya pun beragam berupa : gel, lotion, dan tehnologi kosmetik terbaru berupa 'topeng' sekali pakai, cukup buka kemasan dan tempelkan di wajah yang telah bersih.




Kedua kosmetik, scrub face dan facial soap ini, tidak kupergunakan sebagai pelengkap rangkaian perawatan kebersihan harian dikarenakan kulitku termasuk kulit jenis normal cenderung kering.


Kulit normal cenderung kering jika sering menggunakan kosmetik pembersih wajah yang mengandung bahan pembuatan sabun atau soda akan membuat kulit cenderung kering akan tampak semakin kering. 

Untuk penggunaan mask face, atau masker wajah aku tak selalu ajeg pemakaiannya. Hanya sesekali, sesuai kebutuhan. 

Jika kulit wajah mulai terasa 'berat' ketiga rangkaian kosmetik terakhir kusebutkan diatas barulah kupergunakan untuk totalitas ritual membersihkan wajah. 



Tips Kulit Wajah Sehat Terawat


  • Pilih jenis kosmetik pembersih wajah yang sesuai jenis kulit. Tidak menimbulkan reaksi alergi di kulit.
  • Lakukan ritual pembersihan wajah secara rutin.
  • Hindari tangan dalam keadaan kotor menyentuh kulit wajah.
  • Perbanyak mengkonsumsi sayur, buah dan air putih.
  • Kurangi beraktivitas dibawah terik matahari secara langsung. Jika tidak memungkinkan menghindari aktivitas di bawah terik matahari, pergunakan Sun Block lotion atau cairan tabir surya. 




Comments


  1. Wah? Ternyata tak cuma Tari aja yang suka bersihin wajah , mas Hino juga rajin bersihin wajah. Kalau saya sun block jarang pakai mas, soalnya kalau kena sinar matahari wajah jadi gosong terutama kalau wajahnya sensitif kayak wajahku.



    ReplyDelete
    Replies
    1. Hehehe ..., Iya, aku dari usia belia tak pernah absen membersihkan wajah tiap harinya, kak😁.

      Kak Tari juga pasti ngerasain gimana terasa 'berat' & dekilnya wajah kalo kita cuma bersihinnya pakai air doang.
      Kotoran di wajah ngga sempurna bersihnya🙂

      Betul, pemilihan kosmetik untuk kulit sensitif seperti jenis kulitnya kak Tari, harus ekstra hati-hati pilih kosmetiknya.
      Kalau perlu, dikonsultasikan lebih dulu ke dokter spesialis kulit.

      Delete
  2. Agree kebersihan dan perawatan kulit itu mutlak sangat diperlukan baik untuk wanita maupun pria.

    Baca asal mula brad Him mulai menggunakan pembersih wajah di usia 15 tahun. awalnya secara sembunyi-sembunyi jadi sudah sejak abg ya kalau begitu?😃
    Aku baca saat itu lagi gunain lotion pembersih wajah dan ketahuan papa nya brader Him. Tiba-tiba ada suara papanya marah menggelegar menyuruh membuah lotion pembersih wajah tsb. Aku bayangin pasti brad Him kaget jumbul setengah mati, keder mengkeret ketakutan, tapi apa sempat digebukin nggak sama papanya ?
    Akhirnya mengiyakan untuk dibuang tapi ternyata nggak dibuang lotion pembersihnya.
    Brad Him nakal ya? Wkwkwkwk 😂
    Hari-hari berikutnya apa nggak pernah kepergok lsama papanya dan melarang lagi gunain lotion pembersih?

    Aku dulu mulai perawatan membersihkan wajah dengan milk cleanser dan toner juga sejak SMP iru juga karena sudah mulai muncul jerawat-jerawat usia remaja yang mengganggu. Jerawatan memang bikin ngggak pede. Bahkan aku smp dulu pernah dijuluki kerupuk udang karena wajahku yang memerah bekas jerawat.
    Salahnya aku dulu saat membersihkan wajah dengan milk cleanser kapasnya aku sapu ke wajah dengan gerakan agak menekan kuat ke wajah dan hasilnya wajahku saat itu penuh bekas merah-merah jerawat.

    Seharusnya kalau membersihkan wajah saat gunain kapas nggak boleh dengan gerakan menekan kan ya?
    Dulu juga masih sering gunain sabun facial scrub.
    Kalau sekarang jarang pakai scrub lagi.
    Jenis kulitku normal cenderung kering jadi untuk perawatan wajah cukup gunain cleansing milk dan toner.
    Ngomong-ngomong produk pembersih wajah yang dipakai brad Him di foto ini sama dengan produk yang aku pakai.😄.
    Hanya mosturizer pelembabnya yang nggak sama dengan aku. Hehehe..

    Kalau mosturizernya aku pilih yang mengandung suncream SPF🌞.🙂

    ReplyDelete
    Replies
    1. Yups, toss kalau begituuuu 🙌 ...
      Kita sependapat kalau perawatan untuk kulit sehat bukan cuma untuk wanita aja, tapi juga buat lelaki 👌

      Sumpaaah ...aku reflek ngakak kenceeeng baca tulisan jumbul ... , Bhuahahaha 😂😂!.
      Dipikiranku tuh langsung kebayang aku remaja kepergok papaku ...,aku jumbul sampai kayak manuk kuntul kaget dibentak sama petani 🤸🤣

      Untungnya saat dulu kepergok, aku cuma 'dihiadiahi' suara keras bin menggelegar.
      Ngga pakai turun tangan gerakan katak ahli kungfu, hahhaa 😅

      Hari-hari berikutnya, ngga lagi ada kejadian kepergok ngoles-ngoles krim pembersih wajah ...,soalnya kulakukan ...di dalam kamar mandi 😛

      Oh iya tow ..., dulu wajah sista Fidy pernah jerawatan cukup banyak 😱🤔 ?.
      Lalu disembuhkan gunain obat jerawat medis ya ?, atau gunain bahan herbal ?.
      Untungnya sekarang tampilan kulitnya sista udah bersih kinclong, ya 🙂

      Betul, sapuan kapas diwajah jangan terlalu ditekan.
      Cukup mengambang dan ada sefikit penekanan ringan, fungsinya sekalian untuk melancarkan peredaran darah di wajah.
      Jika kita terlalu keras menyapukan kapas justru membuat kulit iritasi.

      Wuih kita samaan lagi, sama-sama gunain cleansing milk & toner dari brand yang sama 🙂

      Aku sesekali juga gunain moisturizer yang ada formula suncreen-nya, terutama pas akan aktivitas di luar rumah 🙂

      Delete
    2. Yes.. Toss..🙌
      Yups siapa saja pria wanita perlu rajin rutin membersihkan wajah untuk kebersihan dan kesehatan kulit.

      What..?? 😱 Begitu baca tulisan Jumbul kenapa kok ngakak kenncceeenngg.. banget ..?? Suaranya memantul jauh kedengaran sampai di sini😂
      Apa karena istilah jambul itu lucu ya dan sudah jarang digunakan sekarang? Hehehe.
      Wkwkwkwk.. ganti aku yang ngakak baca tulisan🐦🦅 manuk kuntul lucu namanya😂
      Aku jadi ikut bayangin brad Him remaja dulu kaget jumbul manuk kuntul dibentak petani.. Wkwkwkwk 🤣🤣..

      Ooh syukurlah meski kaget kena teriakan tapi papanya nggak sampai turun tangan.
      Dan setelah itu nggak pernah kepergok lagi ya?
      Karena bersihin wajahnya ngumpet-ngumpet di kamar mandi.


      Iya dulu saat kelas 1 - 3 SMP wajahku memerah karena banyak jerawat kecil-kecil. Saat teman-temanku belum banyak yang jerawat. 😢😩Sedih juga karena sering ditertawain dan dikatain kerupuk udang karena merahnya wajahku. Untuk ngobati nya aku hanya membubuhkan obat jerawat cair produk kosmetik tradisional. Tapi belum hilang juga bekas jerawat yang memerah di wajahku. Tapi aku telateni aja pakai obat jerawat tsb.
      Terus saat aku pindah ke malang yang kotanya masih dingin saat itu. Berangsur-angsur merah-merah bekas jerawat di wajahku menghilang dan mulus kembali. Alhamdulillah. Padahal aku nggak ada perawatan khusus. Hanya pakai facial foam saat mandi. Ngurangi camilan berlemak seperti coklat dan kacang makan buah dan banyak minum air putih .
      Aku nggak pakai obat medis sama sekali. Mungkin karena faktor hormonal saat remaja abg dulu yang buat wajahku berjerawat. Seiring waktu berjalan jerawat-jerawat tsb dan bekas-bekasnya menghilang dengan sendirinya. 🤩Juga karena cocok dengan iklim dingin kota malang jadi wajahku bisa pulih normal kembali.😊

      Dan saat menginjak SMA aku sudah terbebas dari jerawat. Gantian teman-temanku yang pada mulai jerawatan.
      Setiap orang waktu remaja berbeda-beda ya saat ngalam masai puber wajah jerawatan.Hehehe..
      Brad Him dulu pertama kali ngalami ada jerawat saat SMP atau SMA?

      Iya kita gunain produk pembersih wajah yang sama . Aku sudah lama gunain milk cleanser produk ini karena meski murah tapi cocok untuk wajah.

      Kalau aku jarang pakai maker wajah dan krim malam.
      Pernah aku beli krim malam tapi sering lupa pakai krim keburu tidur. 😃
      Kadang-kadang aku pakai olive oil minyak zaitun untuk pelembab wajah karena cocok untuk wajahku normal cenderung kering.











      Delete
    3. Toss ulang 🙌🙌😁

      Kedengaran lucu soalnya kata 'Jumbul' makanya aku reflek kebayang hal yang bikin ketawa ngakak 😂.
      Manuk kuntul (sejenis burung bangau) itu kan punya jambul kecil dikepalanya.
      Naaah, saat dia kaget jambulnya reflek jumbul ...,naik tegas keatas 🤣.

      Kalau dikotaku, kaget loncat dalam bahasa Jawanya disebut Mumbul.
      Hampir mirip, sih sebenarnya, ya 😁 ..,cuma berbeda huruf J dan M.


      Oh, berarti saat wajahnya sista 'berhiaskan' butiran2 jerawat di usia itu bisa dikategorikan akibat faktor perubahan hormonal.
      Perubahan hormon dari gadis cilik ke gadis remaja 🙂.
      Tapi bisa juga dikarenakan faktor iklim seperti yang sista jelaskan.

      Aku juga pernah mengalami kemunculan 'aksesoris' jerawat di wajah saat usia remaja juga.
      Tapi beruntungnya cuma sebentar singgahnya.

      Betul, kosmetik pembersih wajah dari brand satu ini tak dibandrol harga tinggi.
      Dan cukup lama juga awal produksinya.

      Betul juga kalau kandungan olive oil bagus untuk menutrisi kulit cenderung kering 👌

      Delete
    4. Ooh baru tahu kalau manuk kuntul itu sejenis dengan burung 🦅bangau ya?
      Dan manuk kuntul itu punya jambul, kalau kaget banget jambulnya bisa berdiri tegak?😅 l pasti ucu ya ekspresi nya. Mungkin manuk kuntul itu seperti tokoh kartun si "Woody Pecker " ya? 😅

      Ooh jadi ngakak kenceng karena kedengarannya lucu ya istilah "jumbul" itu? 😅Wkwkwkwk... Aku pikir istilah tsb sama dipakai juga di Jateng. Ternyata sedikit beda ya? di Jateng nyebutnya "Mumbul" yang artinya sama kaget loncat. Iya hampir sama beda huruf depannya aja. 😃
      Kalau istilah "Mumbul" di isini artinya mengembang , naik.
      Kalau istilah "Njebobok " "Bungkring"" "Endel" juga ada nggak ya di kota brad Him? Hehehe.😃

      Iya benar jerawat-jerawat kecil yang tumbuh saat aku masih remaja abg bisa jadi karena 2 hal : faktor hormonal dan faktor iklim .
      Aku ngalamin jerawatan mulai dari kelas 1 - 3 SMP. Lama juga ya j erawatanku? Untungnya naik kelas 3 SMP aku pindah ke kota malang jadi jerawat bisa teratasi dan bisa sembuh total 😃.
      Wah beruntung ya kalau brad Him ngalamin wajah berjerawat hanya sebentar saja.🙂

      Iya milk cleanser plus toner priduk ini termasuk produk yang legendaris sejak dulu. Aku suka produk ini karena harganya terjangkau. 😃

      Oh iya aku mau nanya nich kalau kita sehabis gunain milk cleanser tapi basuh wajahnya nya pakai air bersih saja dan nggak pakai toner penyegar kira-kira baik nggak ya? Apa sebaiknya milk cleanser + toner ?

      Iya setuju kandungan olive oil begus dan bermanfaat untuk kulit normal cenderung kering.
      Yaa namanya juga usaha boleh dong? pakai olive oil biar nantinya nggak gampang keriput. Biar awet enom... wkwkwkwk 😊
      Sama seperti kata brad Him di atas pinginnya " forever young" kayak judul lagu ya? Hehehe..😅



      Delete
    5. Kalau diperhatiin tampilan fisiknya sih memang iyaa .., si Woody woodpecker itu si manuk kuntul 😄.
      Punya jambul ketjeh imut dikepalanya yang bisa naik turun 😄

      Ternyata lama juga ya rentang waktu wajahnya sista Fidy 'dihiasi' jerawat pengganggu. Beruntungnya sekarang sudah hilang total tanpa jejak 😄👌.

      Betul, kosmetik pembersih wajah ini terjangkau harganya.
      Semoga tetap dipasarkan dengan harga demikian.

      Sebaiknya dilengkapi toner sebagai pelengkapnya karena kandungan toner berfungsi meringkas pori-pori kembali setelah kulit terbuka sewaktu dibersihkan.

      Biasanya olive yang dipergunakan berupa krim atau oil, ya ?.

      Aku pernah nyobain pakai butter body cream olive dari brand lokal buat kulit badan, tapi sekarang tak lagi karena harganya nambah mahal.

      Delete
    6. Ouw jadi aku benar ya bisa disamakan antara manuk kunthul itu sama dengan si tokoh kartun berjambul ketje "Woody Pecker"👍 😅

      Iya saat abg aku jerawatan rentang waktu cukup lama. Saat saat di SMP dulu.
      Iya syukur Alhamdulillah sekarang sudah hilang total tanpak jejak. 😀

      Oh begitu ya jadi sebaiknya gunain milk cleanser pembersih wajah bareng dengan toner nya sekalian.
      Karena toner fungsinya meringkaskan mengecilkan pori-pori kembali.
      Siip jadi begitu manfaat toner.
      Makasih banyak infonya
      brad Him 🙏👌

      Kalau aku biasa gunain olive oil bukan berupa cream tapi minyaknya .
      Aku beli minyak zaitun saat di Mekkah. Karena di sana kan penghasil olive oil jadi lebih murah dibanding di negara kita.
      Aku punya yang jenis extra virgin olive oil.
      Tadinya 2 botol sekarang tinggal 1 botol yang aku oleskan di bagian-bagian tertentu yang dirasa kering di wajah.

      Ooh brad Him pernah gunain butter body cream olive? Iya meski brand lokal olahan olive oil ini termasuk agak mahal di kantong.

      Delete
  3. Wah penggemar Viva Queen juga ya mas, tos yuk :) Memang jaga penampilan muka itu kudu banget, biar muka tetep awet muda walau usia tak lagi muda. Btw tipsnya mantull!

    ReplyDelete
    Replies
    1. Yuuuk toss kita, kaak 🙌😄

      Ckeansing milk & toner dari brand itu udah kugunain sekitar 6 bulanan ini, kak.
      Awalnya coba-coba sebagai pengganti kosmetik dari brand lain yang harganya jauh lebih mahal.

      Awal penggunaannya kerasa panas di wajah sih, kak.
      Tapi setelahnya ngga lagi.

      Samakah pengalaman kak Iid dengan pengalamanku gunain cleansing milk dan toner dari brand satu itu 🤔 ?

      Sependapat, wajah dirawat selain jadi bersih juga bikin awet muda 👌.

      Terimakasih opininya kak Iid 🙂🙏

      Delete
  4. Wow mas Himawan tahun 90an udah umur 15 tahun dan mulai pakai pembersih wajah ya biar kinclong, kalo aku tahun segitu masih kinclong biarpun tidak pakai pembersih wajah soalnya baru lahir, masih unyu unyu banget.😂

    Iya mas, sekarang iklan produk kecantikan dan kegantengan di tv sudah mulai bersaing baik untuk wanita maupun pria, kalo dulu kan kayaknya hanya untuk perempuan saja ya.

    Mungkin sekarang produsen kosmetik sudah sadar kalo pria juga pengin ganteng dan awet muda supaya bisa punya bini dua bahkan tiga.🤣

    ReplyDelete
    Replies
    1. Wuaah ketahuaan deh sekaraaang ..., ketebak kira-kira usiaku sekarang ini di kisaran angka berapaa .., hahahaa 😀🤭

      Apa sekarang mas Agus juga rutin membersihkan wajah pakai kosmetik 🤔 ?.
      Ini udah tahun 2020, loh ..., berarti kan usia mas Agus udah mulai dewasa 😁.
      Biar tampilan kulit tetep kinclong, yuk mulai rajin gunain pembersih wajah hehehe ..

      Betuuul, sekarang produsen kosmetik strategi pemasarannya ngga cuma menyasar ke segmen wanita konsumenya, tapi juga lelaki.

      Bisa dikatakan, produsen telat start, kalah duluan sama tahun kesadaranku mulai rajin membersihkan wajah 😁


      Delete
    2. Bohong mas Agus lahir zaman Kompeni mas..🤣🤣🤣

      Dulunya dia juga sama suka ngumpet2 pake kosmetik ....Bahkan terkadang pake rok juga..

      Jadi berawal dari ngumpet2 hingga sekarang hobi mangkal di lampu merah.🤣🤣🤣😋

      Delete
    3. Lah .., mas Agus lahir di tahun kompeni 😱 ?.

      Berarti ..., seunuran kakek buyut saya dong yaaa 😀.
      Waah, keren pisan euyy udah usia uzur tapi tetap pinter tulis menulis 😂!

      Oh, biasanya mangkal di lampu merah mana sih 🚦 ?.
      Ntar coba kucari 🕵️, eh# 😅

      Delete
    4. Masih mending, kalo atasnya mas Himawan itu lahirnya malah saat Firaun masih berkuasa, luar biasa ya.😁

      Kasihan, dia kemarin dikejar-kejar satpol PP lalu kepalanya kebentur tiang listrik, jadinya komentarnya agak ngaco, jadi kalo misalnya dia komentar yang aneh-aneh lagi ngga usah dianggap ya mas, harap maklum.😊

      Delete
    5. Bwuahahahaha ...,semacam mumi dong saiaaaaa 🤣🤣.
      Luar binasa benar kalo aku lahir seangkatan sama Firaun 🤣

      Waduh, kok tetiba aku jadi trenyuh muncul belas iba kasihan gundah gulana yaaa ... , kalo ternyata ..., mas Satria itu ..., abis kejedot tiang listrik 😱😓

      Kasihan benjolannya 😰

      Delete
    6. Wkwkwk bukan mas Himawan tapi atasnya yaitu orang yang hurufnya S itu.😁

      Delete
    7. Eh, iya diiing ..., sosok yang dimaksud mas Agus itu berinisial S 🤭.
      Aku salfok soalnya gegara ketawa ngakak baca kalimat 'lahir di jaman Firaun' ....,bhuuwahaha 🤣

      Delete
    8. Begitulah, tadinya sih orang huruf S itu udah jadi mumi, terus ada orang yang baca mantra, kebetulan dia punya ajian rawa rontek, eh rawa buaya, jadinya dia buaya darat yang menggoda para janda lewat.😁

      Delete
    9. Diceritain kisah hidup si S yang penuh keajaiban ..., mendadak auto mode:ON aku langsung kebayang gimana prosesnya si S berganti rupa mulai dari ..., mumi, lalu ke makhluk hidup dan, eeeh .. , sekarang jadi lelaki penggoda ...
      Hahhahaha 😂

      Delete
  5. Sepertinya saia harus membersihkan wajah saia wokwokowkokwokw

    ReplyDelete
    Replies
    1. Halooo, Mike 🙌
      Hayoook dimulai dari hari ini, sebelum terlanjur muncul tanda penuaan dini dikulitmu ... heuheuhehu 😁

      Delete
  6. Grooming utk laki2 masih belum begitu populer di Indoensia ya.
    Suami saya juga begitu, baru kenal sama moisturizer beberapa bulan ke belakang, wkwkwk.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Kalo begitu, kucapkan selamat atas keberhasilan membujuk suami bersedia gunain moisturizer, kaaak ... ,Wwwkkk 😄

      Iya sih, sampai sekarang ini di Indonesia masih cukup banyak lelaki yang enggan melakukan perawatan kebersihan wajah, apalagi peraatan badan seperti body spa ...,padahal kita kalau iklim negara tropis seperti di negara kita ini paparan ultraviolet sinar matahari cukup tinggi dan iklim tropis bisa bikin kulit jadi kurang sehat, jika tak dirawat.

      Delete
  7. Saya dulu termasuk yang rajin menggunakan 2 langkah pembersih wajah ini juga.
    Sekarang menggunakan sabun pembersih wajah aja, pembersih sapu jagat di wajah. Padahal, itu termasuk yang kurang baik ya. Idealnya, membersihkan wajah seperti yg kakak Himawan lakukan ini.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Menurut pengalamanku pribadi sebaiknya penggunaan sabun wajah ada baiknya tidak dilakukan harian, kak Salma.
      Karena kandungan soda sabun dapat mengurangi kadar minyak alami di wajah.
      Terutama untuk penggunaan di kulit jenis normal - kering dan jenis kering.
      Nanti efeknya akan justru mempercepat tanda kerutan atau keriput di wajah.

      Delete
    2. Makasih banget infonya, kak.
      Sifat malas membersihkan wajah dengan minimal dua tahap harus disingkirkan ini.
      Kan mau juga wajahnya tetap awet meski umur terus bertambah ya.

      Delete
    3. Terimakasih kembali, kak Salma 🙏.

      Senang rasanya bisa menularkan ilmu manfaat dan cara merawat kulit wajah.

      Yok, disemangatin lagi rajin membersihkan wajah dua langkahnya 💪

      Delete
  8. Wah rajin perawatan juga mas, pantes awet muda ya & bersih wajahnya hehe... Tinggal diendorse produk sabun muka ini mah

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hehehe iya, mas Vicky 😁
      Kalau wajah ngga dibersihin pakai kosmetik pembersih wajah,rasanya kulit wajah jadi 'berat' dan kelihatan kucel.

      Kuamini ya doa dari mas Vicky kelak betulan ada produsen tertarik ngajakin endorse 😉
      Terimakasih, mas Vicky 🙏

      Delete
  9. Naah2...Mulai nih ketularan mas Agus yang hobi meck-up buat mangkal di lampu merah..🤣🤣🤣

    Yaa kalau untuk kebersihan wajah bolehlah mas, Asal jangan Mangkal yaa kaya mas Agus.🤣🤣🤣


    Dulu aku kurang suka yang namanya bersih wajah...Tapi pas banyak gadis2 melirik yaa rajin juga beli Parfum dan sejenisnya... Biar fresh kalau lagi dikelilingi sama Anu2..._🤣🤣🤣😋😋

    ReplyDelete
    Replies
    1. Wuahahahaaa ..., ngga loh yaaa 😂. Biar mas Agus saja yang mangkal di lampu merah🚦, eh# 😆.
      Kalo aku mangkalnya cukup di lampu ijo .., wwwkkk 😂

      ciyeeee ciyeeee ...
      Dilirikin dan dikelilingi banyak gadis-gadis nih yaaa ... swuit swuiit .., soalnya pemain band sih ya 🎸🎶😀

      Delete
    2. Huuss!! Jangan mangkal dilampu hijau juga mas..Itu juga tempat Agus kalau lagi ganti lipstik sama meck-up..

      Mas mangkalnya di taman saja yaa....Biar bisa dapat gadis murni mas.😊😊🤣🤣

      Delete
    3. Taman takutnya lagi banyak virusnya ...🤔

      Yowislah, aku nongki di depan kompor saja, itung-itung lagi sauna 🛢️

      Delete
    4. Haaahaaa Nongki cantik apa, Nongki Ganteng...🤣🤣

      Kalau Nongki cantik diajak mas Agus mending nggak usah mas. Ntar dipakein Lipstik disuruh mangkal lho di lampu merah.🤣🤣🤣🏃🏃🏃

      Delete
    5. Kalo atas saya malah pake rok dan kebaya kalo nongki di lampu merah 🏃🏃🏃

      Delete
    6. Bhwuahaahahaha ...,seriusan 🤣🤣🤣 ?

      Kayak sinden dong yaaa ...😅

      Delete
  10. Lama nggak mampir, ternyata postingan teratasnya tentang perawatan muka, bukan wisata...
    Sudah ada genre baru sepertiny

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iyups, mas Heri 👌

      Blog baruku ini konten artikelnya ngga cuma travelling, tapi banyak konten lainnya 🙂

      Terimakasih ya, mas sudah main kesini 🙏

      Delete
  11. menurut gw sah sah aja mas cwo pake perawatan wajah, asal gak berlebihan :D ... kebetulan gw itu termasuk cwo yang gak pernah ngerawat kulit wajah, agak ribet sih sebenernya, dan gw males, moga aja sih meski jarang di rawat kulit wajahnya tetep bersih kinclong wkwkwk :D

    ReplyDelete
    Replies
    1. Yups, sependapat cowok ada baiknya ngga berlebihan menggunakan kosmetik, cukup gunain rangkaian pembersih wajah harian.

      Tapi itu pendapat dari kita, loh.
      Tiap orang kan punya opini dan keinginan tak sama satu sama lainnya, ya kan ?.

      Mungkin, diantara pembaca pria ada yang suka gunakan bedak di kesehariannya atau juga para pria yang bekerja di entertainment yang mengharuskan mereka gunain bedak untuk tampilan wajahnya ngga kelihatan berminyak saat mereka perform.
      Kesemuanya tergantung selera dan kebutuhan masing-masing 🙂

      Yok mulai dicobain rajin merawat kulit wajah, mas Khanif.
      Ntar selang berapa tahun nyesel loh tau2 udah mulai muncul keriput sebelum waktunya 😁🤭

      Delete
    2. bener juga sih mas, beberapa terahir ini gw juga kepikiran untuk ngerawat kulit wajah, tapi cuma kepikran aja belum sempet di lakuin :D

      Delete
    3. Ya gpp mas khanif, yang penting udah dipikirkan, soal dilakukan mah kapan kapan aja.😂

      Delete
  12. Awalnya saya cuek dengan kulit wajah, ternyata makin kesini sering berkumpul jadi risih dan membuat tidak percaya diri, sekarang ini menyempatkan membersihkan wajah setiap hari.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Salut buat kesadaraan diri mas Agoes untuk rajin membersihkan wajah 👌.

      Kalau wajah kita terawat bersih, confident kita juga bertambah.

      Delete
  13. Mantap banget skin care routine nya....
    Kalo mbak Meta Ursula selalu share yang dia pake, mas kenapa sih ditutupin gitu ;), penasaran brand apa yang bikin kulit wajah mas Hino yang awet dan halus mulus :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. Terimakasih, kak Lantana 🙏

      Eh, iya ..., aku jadi keingetan sama kak Meta Ursula yang rajin mereview produk kosmetik.
      Apa kabarnya kak Meta sekarang, ya 🤔 ?.

      Lainkali produknya kutampilin penampakannya, kak.
      Kali ini produknya masih malu-malu ditampilin gitu katanyaaa 😀🤭

      Kak Lantana juga pasti mengenal baik kalau kita rajin membersihkan wajah gunain jenis kosmetik pembersih wajah yang sesuai dengan jenis kulit, tampilan kulit kita akan jadi halus dan dapat memperlambat tanda penuaan dini atau anti aging.
      Betu, kan 🙂 ?

      Delete
  14. Wahhh mantep nih mas sering membersihkan wajah agar bisa terlihat lebih kinclong dan terawat, apalagi lagi momentnya #DirumahAja harus sering sering bersihin wajah nih hehehe.. Kalau saya menggunakan pembersih wajah biasa aja sih mas, buat menghilangkan minyak di wajah agar tidak timbul jerawat kecil kecil yang sangat mengganggu itu.. Kapan kapan ak coba pake lotion susunya ah hehe

    ReplyDelete
    Replies
    1. Mariii ..., kita ikut aktif menyuarakan anjuran gerakan #DirumahAja sementara waktu sampai epidemi covid-19 berhenti total.

      Cukup dua kali sehari penggunaan kosmetik pembersih wajah ya, mas Andrie.
      Pagi dan sore hari (atau bisa juga malam hari sebelum tidur)

      Delete
  15. Makin glowing nih mas Hima. Kalo saya udah mentok, diapain juga gak bakal ganteng

    ReplyDelete
    Replies
    1. Terimakasih opininya bang Day 🙏

      Siapa yang bilang, tuh kalau bang Day ngga ganteng 🤔 ?.

      Bang Day tuh ganteng, loh ..., buktinya udah 'laku' .., ada yang mau sama bang Day, kan 😁 ?.

      Ngga kayak saiaaaa ..., ngga ada yang mau.
      Duh, bisa-bisa saiaa jadi jomblo permanent nih kayaknya, oops 🤭

      Delete
  16. intinya cuci tangan bersih dan jangan pegang-pegang muka kalau tangan kotor.. bisa timbul jerawat

    ReplyDelete
    Replies
    1. Itu salahsatu cara pencegahannya, mas Ipung👌

      Kotoran seperti debu yang menempel di wajah tak akan bisa terangkat sempurna jika tak dibantu menggunakan kosmetik pembersih wajah.
      Cuma basuh muka saja, tak akan maksimal.

      Delete
  17. bapak saya yang cukup peduli penampilan., beliau juga pakek milk cleanser, dan sabun cuci muka khsus berbanding kebalik dengan adik jadi, sampai skrg masih suka pakek sabun badan di wajah suka kesal tapi begitulah kehidupan ckckc

    ReplyDelete
    Replies
    1. Saluuut buat bapaknya kak Inia memperhatikan betul kesehatan dan kebersihan wajahnya 👋👋👌

      Semoga komentar dari kak Inia sedikit banyak dapat mengubah mindset stereotype rata2 pria Indonesia yang malu atau gengsi melakukan rutinitas kebersihan wajahnya.

      Sabun wajah digunain buat muka bikin cepat rusak elastisitas kulit wajah loh, kak.
      Mungkin adiknya kak Inia belum tau hal ini.

      Delete
  18. wididwaa... mukanya bening hahahhaa.. bagus nih skarang gak cwek doank.. cowok juga wajib merawat kulit ya ka

    ReplyDelete
    Replies
    1. Busyeeet ...,kaget aku denger teriakanmu kak Vikaaaaa ..., Hahahahaa 😂😂😂

      Apa kabar nih, kak ?.
      Udah lama banget ya kita ngga saling kunjung.

      Yups, cowok jaman now ada baiknya juga rajin merawat kulit biar nambah confident.

      Delete
  19. Mas Himawan, bagaimana ceritanya ne? dari traveling, penjelasan tentang objek wisata, gandeng kamera, kok sekarang jadi make up mas?

    Mas gimana ceritanya ne, maaf lama tak berkunjung, Trip Of Mine ke mana mas?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Halooo, kakakku mas Martin 🙌
      Yeiii .. , ngaku-ngaku sendiri ya aku sebagai sodaranya mas Martin, hahaaha 😄!

      Sebelumnya, kuucapin selamat datang di blig baruku ya, mas ... 🙂
      Juga terimakasih buat kunjungannya 🙏

      Blog lamaku Trip Of Mine yang cukup pop*** , eh# alarm sensor berbunyi ngga jadi diterusin 🔕😀 .. , sudah non aktif total, mas.
      Karena kesulitan atur waktu untuk terus hunting lokasi wisata dari satu kota ke kota lain.

      Sekarang berganti blog niche variatif.

      Delete
    2. Oh ya wuss ga papa mas, sing penting nulis ya mas. Nulis yang ringan - ringan saja yang penting ada usaha untuk melawan lupa dan memupuk pertemanan via dumay, sukses selalu mas Him, Tuhan berkati.

      Iya dong kita saudara seiman, saudara sebangsa dan setanah air kwkwk. Semangat

      Delete
    3. Iya, betul mas Martin. Aktif ngeblog lagi banyak manfaatnya yang bisa diambil.

      Terimakasih buat supportnya dan kudoakan balik mas Martin juga selalu sukses.
      Tuhan berkati 😇

      Delete
  20. Ternyata Mas Himawan lebih pro dalam dunia perawatan wajah dari pada saya. Aku baru sadar pentingnya membersihkan wajah baru satu tahun terakhir ini, sedangkan Mas Himawan sudah sejak usia 15 tahun. Yaampun, kok aku kalah sama laki-laki. Hehehe.

    Saat ngomongin milk cleanser dan toner, aku sudah mbatin. 'wah, pasti pake merk legendaris itu nih'. Dan ternyata setelah dipampang fotonya, tuh bener kan merk legendaris itu. Milk cleanser dan toner itu juga sudah dipake ibuku saat ibuku masih gadis dulu (ngakunya ibu). Sampai sekarang pun milk cleanser dan toner ini masih eksis, dan aku juga pakai dua produk ini sampai sekarang. Begitu legendaris nya merk ini. 😆

    ReplyDelete
    Replies
    1. Wuaahhh aku jadi eheum ..., malu dibilang lebih pro dibandingin sama kak Roem soal perawatan wajah 😁😊.

      Berarti tebak-tebak buah manggis berbuah manis ya, kak .. tebakan mbatin dalam hati kak Roem benar adanya kalau pembersih wajah adalah dari brand itu .., benar adanya 😄

      Yuk, kesehariannya terus dirajinin bersihin wajah, kak 👌

      Delete
    2. Iya nih, mas. Aku sekarang sudah mulai rajin membersihkan wajah nih, supaya jerawat gak datang lagi 🤭

      Delete
  21. Halo, kak. Salam kenal ya. Aku juga pakai toner dan milk cleanser untuk membersihkan kulit wajah karena harganya murah dan mudah dibeli.


    Kalau untuk menghapus make up maka biasanya aku pakai micellar water dan clean sponge make up removal towel.


    https://sinokfarida.blogspot.com

    ReplyDelete
    Replies
    1. Halo juga, kak Siti 🙌.
      Terimakasih sudah berkunjung meninggalkan jejak berkomentar disini, salam kembali dari saya, kak 🙏

      Bagus, kak sudah rajin melakukan rutinitas pembersihan wajah. Terus dilakukan ya, meski sedang secapek apapun sebaiknya pembersihan wajah tetap dilakukan 👌.

      Sependapat dengan pengalaman kak Siti, asalkan kulit kita memang cocok dengan formula kosmetik tak mahal harganya, buat apa kita memaksakan diri harus menggunakan kosmetik yang mahal.
      Kesemuanya kembali ke pilihan diri kita, ya.

      Delete
  22. This was a much needed post...there is so little information on skin care for men.
    Great work!
    Many thanks 😊😊

    Stay safe...

    ReplyDelete
    Replies
    1. Thank you very much for your opinion, Ygraine 🙏
      I'm honored to read it. 😊.

      As your comments, I hope this post can inspire many men to also be diligent in their facial treatments.

      Stay safe and have a nice days ...

      Delete
  23. Wah, gue jadi malu. Yang cewek gini aja nggak pakai produk pembersih muka. Kalau pulang kantor, cuma cuci muka pakai sabun muka saja. Ahaha, ternyata banyak ya macamnya pembersih muka.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Ayook mulai rutin gunain pembersih wajah, kak Dyah 👌.
      Sebelum nantinya nyesel lihat tanda-tanda penuaan dini muncul sebelum waktunya 😁

      Delete
  24. Ya ampun telaten juga dirimu olehe perawatan Mas him, aku kayaknya kalah ini hahhha
    Melipir cantik dulu ah, udah lama ga skincarean daku hahah

    Kalau viva ini kosmetik andalan ibuku dari jaman baheula, tapi kalau aku jujur kurang cocok di kulitku sih, soalnya agak sensi kulitnya huahhahahah
    Aku paling bersiin muka pakai ponds yang warna item aja
    Uda gitu ga pernah atau jarang bianget pake make up xixiixix

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hahahaaa .. , melipirnya kudu ngga cuma bentaran, yaaa 😄.., tapi juga kudu mulai ikutan rajin gunain pembersih wajah 😁.
      Pilih kosmetik yang sesuai jenis kulit kak Gustyanita yang sensitif.

      Betul, brand satu ini memang sudah cukup lama awal produksinya dan eksis sampai sekarang.

      Delete
    2. Kaaann...kaann..kaann... banyak ternyata mamak-mamak yang juga nggak sempat skinkeran hahaha

      Delete

    3. Naahh betul kan mak Rey...Cewek aja nggak gitu2 juga yaa....😊😊

      Mungkin mas blogger bertopi terinspirasi mas Agus, Saat melihat beliau Mangkal dilampu merah.🚦🚦🚦🤣🤣🤣


      Jadi makin hobi deh perawatan kulit.🤣🤣🤣🤣🏃🏃🏃🏃

      Delete
    4. Dari pada atas saya, suka pakai rok dan lipstik kalo mangkal.😁

      Delete
  25. Bagus ya rajin jaga kulit muka. Sesetengah lelaki bab jaga muka ni ada pencuci muka pun dah memadai.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Semoga saja, kak artikel ini nantinya menginspirasi banyak lelaki untuk lebih memperhatikan kebersihan kulit wajahnya.

      Delete
  26. Jarang-jarang ketemu cowok yang begini. Keren lah pemaparannya. Gokil gaya nulisnya. Pasti ketawa di bagian yang dicoret hi hi hi. Btw, aku pengen nebak, pake vi*a kan? Soalnya, dulu aku cocok pake itu juga. Skg udah gak pernah bersih2 lagi.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hehehe terimakasih opininya, kak 😁🙏
      Semoga ulasan rutinitasku membersihkan wajah ini dapat menginspirasi banyak orang untuk ikut rutin juga.

      Tebakannya kak Deris, betuuul 😁.

      Yok, mulai dirutinin lagi bersihin wajahnya, kak ...

      Delete
  27. ehh itu moisturizer yang dipegang sama kayak punyaku hehe
    pokoknya intinya adalah katakan "menolak tua" . Jaman sekarang umur berapapun, emak emak kayak temenku aja dia "menolak tua", perawatan oke, gaya anak mudah kekinian, ya jadinya emak emak gaul kekinian, nggak ketinggalan juga sama anak mudanya

    kulit muka kak himawan nggak berjerawat ya? waduh kulitku rentan jerawat jadi perawatannya ya agak pilih pilih juga untuk kandungannya, malah kalo udah ga tahan liat beberapa jerawat muncul, pingin disuntik aja

    ReplyDelete
    Replies
    1. Wuihh ...., tanpa direncanain sebelumnya tau-tau kita sama-sama gunain moisturizer dari satu brand, kak 😁

      Aku setuju banget dengan kesadaran prinsip 'menolak tua' 👍.
      Sebisa mungkin kita-kita ini selalu punya semangat muda ..., berpikir muda agar selalu seneng pembawaannya juga berpikiran modern.

      Sebaiknya penanganan kulit wajah jenis sensitif, kosmetik yang akan digunakan dikonsultasikan ke dokter kulit dulu, kak.
      Memang bukan hal yang mudah pilih kosmetiknya.

      Kebetulan kulit wajahku ngga pernah berjerawat.
      Cuma sekali muncul jerawat pas di usia pubertas, setelah itu tak ada lagi jerawat nongol sampai sekarang ini.

      Delete
  28. Saya ngakak ga kebayang pas baca papahnya mas Hima masuk saat maa Hima lagi pake lotion diwajah 😂,menurut sy wajarlah cowok"pake perawatan kayak pembersih dan teman"nya itu, toh kita tujuannya buat merawat dan menjaga kebersihan saja, tpi kayaknya orang udah cari yg prsktis aja sekarang kayak langsung pake sabun pembersih wwjah dan pake pelembabnya aja, kebanyakan cowok" ogah ribet... Suami sy jg gitu koq, pake sabun pembersih wajah dah itu pake lotion atau pelembab wajah kayak ***tra.. 😂ga mau kalah dari bininya wk wk

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hahahaha 😂😂!.
      Jujur, sampai sekarang kalau tiba-tiba keingetan gimana ekspresi kagetnya wajahku sat dibentak gara-gara ketahuan papaku saja aku masih ketawa sendiri, kak ...
      Lucu banget sekaligus syok saat itu soalnya😁🤭.

      Tapi bukan aku, kalo ngga bandel. Toh bandelku terbukti bermanfaat sekarang 😄

      Senang ..., kak admin Santuyuks [Maaf, kusebutkan nama blog, bukan namanya kakak karena aku sudah terlanjur ngetik balasan komentar sebelum aku lihat nama yang tercantuk di profil blog 🤭], juga sependapat denganku kalau cowok tak perlu merasa tabu untuk lebih memperhatikan kebersihan dan melakukan perawatan kulitnya dengan jenis kosmetik yang tepat seperti yang dilakukan oleh suaminya kak admin Santuyuks 👌👍

      Delete
  29. Cowok-cowok sekarang harus perawatan biar gak kalah sama artis cowok korea karena takutnya nanti para istri malah ngelirik cowok-cowok korea hihihi ..

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hahahaaha 😄
      Refleks jadi auto kebayang mode:ON gimana kalauuu ..., tetiba saja ada blogger asal Korea melipir ke post ini, terus nyekrol layar kebawah daaan... , baca komentar kak Nurul ...,hahaha 😄

      Dia bakalan ge-er, tuh ... , dan bisa jadi ikutan komentar di postnya kak Nurul.
      Siapa tau, yaaa ... 😄

      Delete
  30. ooooohhh maiiii.... saya merasa tersisihkan baca ini.
    Udah kenal perawatan kulit wajah di usia 15 tahun?
    ini laki loh.
    Saya dong perempuan, baru ngeh pentingnya skincare setelah usia 30an ckckckckckck.

    Makanya kok kulitnya blogger bertopi ini selalu sehat, dan memang terlihat terawat banget.
    Bahkan saya cewek kalah huhuhu.

    Sebenarnya cewek cowok itu sama perlunya perawatan wajah, kan sama-sama punya wajah ye hahaha.

    Sayangnya, tidak semua laki bisa telaten, rata-rata malas ribet.
    Bahkan cewek yang malas ribet juga ada loh, saya misalnya dulu.

    nanti masuk usia 30an, baru panik liat wajah kusam dan kerutan mulai menghampiri hahaha

    Keren ih si blogger bertopi inih :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. Sik ..., siiik ..., mengko ndisik ..., biarkan aku berhenti menyelesaikan ketawa ngakakku dulu baca komentar ya, kak Reyyyy ...🤣🤣🤣

      Kak Rey itu paliiing bisaan bikin aku ketawa kege-eran ngga brenti2 😂!

      Herman saiaa ...., Kok pinter banget sih jari jemari lincah kak Rey nuangin apa yang ada di dalam pikiran ke rangkaian kata seperti itu ..., cckckkkk 😁



      Delete
    2. Herman lagi dibawa satria biar kalo mangkal ada yang nemenin mas.😁

      Delete
  31. Replies
    1. Thanks a lot for your opinion, Ray 🙏

      Greetings from Indonesia and have a nice days ...

      Delete
  32. Kalau saya biasanya hanya atau cukup menggunakan sabun saja.
    Maklum belum ada jatah uang jajan untuk membeli kosmestik tersebut :D

    ReplyDelete
    Replies
    1. Sebaiknya penggunaan sabun wajah diberi selang waktu atau hari pemakaiannya, mas Djangkaru.
      Kegunaannya agar minyak alami kulit tidak terkikis terus menerus.

      Delete
  33. Dulunya aku ga percaya perawatan bisa bikin ganteng. Setelah melakukannya. Rasanya muka ku udah kayak model aja wkwk

    ReplyDelete
    Replies
    1. That is the fact ... that happened to you, Kelvin 😄👌. Wajahmu sekarang lebih tampak kayak model betulan ..

      Delete
  34. Aku kalah saing sama kakak :(
    Bisa sepede itu ya memberanikan diri untuk nulis di blog kalo kakak hobi ngebersihin kulit dengan kosmetik yg biasanya identik kepunyaan cewek.

    Duh jadi kudu sering2 membersihkan kulit muka, masa kalah sama kk ganteng ini hehe

    ReplyDelete
    Replies
    1. Jangan sedih gitu, kak 😄.
      Tak ada istilah terlambat untuk memulai hal yang baik, kan ?. (Duh, soook bijak ya akuuu ... Wwwkk 😂]
      Yuk, mulai dirajinin bersihin wajah tiapharinya biar kulit awet muda 🙂

      Wuaaah .. baca kalimat akhir dari kakak .. geee eeer laaah saiaaaaa ...,
      Hahhaahaa 😄🤭

      Delete
  35. handsome juga model dalam gambar tu..

    pasri ramai cewek suka nie

    ReplyDelete
    Replies
    1. Tersanjunglah sayaaaaa dipuji begituuu ..., mr. Hanafi 😄🤭

      Terimakasih ya sudah berkunjung disini. Senanglah awak lihat ada komen datang dari teman lama blogger senior dari Malaysia 🙂🙏

      Delete
  36. Sampe sekarang masih make scrub yang buat cowok untuk ngangkat kotoran di wajah doang sih, dan syukurnya masih tetap unyu sampe sekarang. 😁

    ReplyDelete
    Replies
    1. Coba siniiii ... aku lihat wajah mas Rudi ..., oh iyaaa yaa ..., ternyata masih imut he he he😄

      Delete
  37. thank you for wonderful sharing and thank you for kind visit and words on my place
    stay well and healthy!

    ReplyDelete
    Replies
    1. Thank you so much, Baili 🙏
      I'm glad you have visited back to my blog.
      And Thank you also for your opinion regarding this article.

      Stay well and healty also, friend

      Delete
    2. Ini komentar apa sih mas Himawan, ngga paham bahasa Inggris soalnya.😂

      Delete
  38. kindly put translator so we can also read your blog

    ReplyDelete
    Replies
    1. Thank you your appreciation, Baili 🙏

      Greetings from Indonesia

      Delete
  39. Wah rajinnya jaga muka. Hehe saya seorang perempuan pun kurang teliti dan rajin.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hehehe ..., iya, kak.
      Biar terus punya kulit wajah yang sehat dan awet muda 🙂

      Yuk, mulai rajin melakukan perawatan wajah, kak ..

      Delete
  40. suami saya pun sejak-sejak ni dah rajin jaga kulit mukanya...

    ReplyDelete
    Replies
    1. Yes 👌!
      Saya ikut senang membacanya, kak.

      Semoga menginspirasi banyak orang lagi 😉

      Delete
  41. Saya perhatiin pose fotonya yang paling awal kok mirip Agus Kuncoro ya, aktor ternama Indonesia hehe.. Semoga saja rezekinya juga mirip. Aamiin

    ReplyDelete
    Replies
    1. Oh gitu, mas 😊
      Ada kemiripan sama aktor itu .. , he he he.

      Amiin dikabulkan doanya dari mas Vicky 😇

      Kudoakan juga mas Vicky ditambah rejekinya juga selalu diberi kesehatan, Amiin ... 😇

      Delete
  42. auto ngebayangin mas hima yang diem-diem skinkcare-an di kamar. hihi..

    gak salah sih cowok merawat wajah. bagus malah menurut ku. tapi masalahnya, aku yg cewek kayaknya kalah rajin nih dari mas hima.. huhu

    pakai skincare masih mood2an.. Apalagi kalo udah ngelonin bocah.. tau2 kebablasan tidur sampe pagi. muka belum dibersihkan.. wkwk..

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hehehe .., termasuk kilat waktunya kok aku bersihin wajah, kak Thya.
      Ngga pakai waktu berlama-lama 😁

      Laah ..., kok bisa sering ... tau-tau ikut kebablasan tidur saat ngelonin anak gitu sih, kaaak .. hahhaaa 😅

      Delete
  43. Kalau perawatan kulit muka saya cukup pakai sabun biasa hahaa

    ReplyDelete
    Replies
    1. Kalau jenis kulit wajah mas San cenderung berminyak, masih cukup aman gunain sabun sehari2nya, mas 😁.

      Tapi kalau kulit cenderung kering, sebaiknya dikurangi gunain sabun wajah.

      Delete
  44. Wuih, jadi beauty blogger juga nih keren Mas Himawan. memang kalau urusan kulit dan pemilihan skin care itu cocok-cocokan juga yah. yang penting prinsipnya satu, harus bersih tangan saat pengaplikasian.

    Mas sekadar saran, ini kontennya bagus banget loh, kalau Mas Himawan sebutin merk dari produknya menurutku nggak apa-apa banget. Karena biasanya di pencarian juga mencari penggunaan dari produk tertentu gitu biasanya. Siapa tahu nanti justru menerima tawaran kerja sama review produk. Apalagi Mas Himawan sudah praktikkan langsung begitu. Whuaaa kan asyik. Hehe... Gitu Mas, dari saya.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Oh, begitu ya, kak Ajeng 😁
      Terimakasih buat opini dan sarannya ya 🙏

      Artikel sudah dipublish begini, apa memungkinkan untuk ditambahi label dan ditambahi alamat web produk tersebut, kak ?

      Delete
    2. halo mas himawan, hehe. sangat memungkinkan kok mas himawan. kan bisa diedit. hehe. kalau misal pengen diedit ya diedit saja mas nggak apa-apa yang penting nggak ganggu waktu mas himawan.

      semangat mas!

      Delete
  45. Widiiiih, ga nyangka nih Mas Hino cakep juga jadi model face wash wakakakakakak :) Iya dong, pakai lotion lah dan pembersih wajah lainnya biar muka cling bersih dan menawan hati.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Wah, wouw ..., tersandunglah saiaa .., eh# tersanjung maksudnya, hahaha 😄

      Jago deh kak Nurul bikin orang jadi ke Ge-eRan hi hi hi 😁

      Delete
  46. dulu waktu belum kenal perempuan, saya enggan untuk merawat diri. Tapi setelah kenal dan ingin punya pasangan hidup, akhirnya merawat diri sendiri perlu. hehehe..

    Dulu jerawat banyak, skrg alhamdulillah sudah bersih. Terima kasih artikelnya mengingatkan masa lalu pernah jadi gembel hhehehe

    ReplyDelete

  47. Izin promo ya Admin^^
    bosan tidak ada yang mau di kerjakan, mau di rumah saja suntuk,
    mau keluar tidak tahu mesti kemana, dari pada bingung
    mari bergabung dengan kami di ionqq^^com, permainan yang menarik dan menguras emosi
    ayo ditunggu apa lagi.. segera bergabung ya dengan kami...
    add Whatshapp : +85515373217 ^_~

    ReplyDelete
  48. Apalah dayaku yang cuma pakai air wudhu (acieeelah)

    ReplyDelete
  49. Numpang promo ya Admin^^
    ajoqq^^com
    mau dapat penghasil4n dengan cara lebih mudah....
    mari segera bergabung dengan kami.....
    di ajopk.club....^_~
    segera di add Whatshapp : +855969190856

    ReplyDelete
  50. Pastikan produk terdaftar di BPOM untuk menghindari cream berbahaya

    ReplyDelete
  51. Ebobet merupakan situs slot online via deposit pulsa aman dan terpercaya, Dengan menggunakan Satu User ID bisa bermain semua game dari Bola, Live Casino, Slot online, tembak ikan, poker, domino dan masih banyak yang lain.

    Sangat banyak bonus yang tersedia di ebobet di antaranya :
    Bonus yang tersedia saat ini
    Bonus new member Sportbook 100%
    Bonus new member Slot 100%
    Bonus new member Slot 50%
    Bonus new member ALL Game 20%
    Bonus Setiap hari 10%
    Bonus Setiap kali 3%
    Bonus mingguan Cashback 5%-10%
    Bonus Mingguan Rollingan Live Casino 1%
    Bonus bulanan sampai Ratusan Juta
    Bonus Referral
    Minimal deposit hanya 10ribu

    EBOBET juga menyediakan berbagai layanan transaksi deposit dan withdraw Bank Lokal terlengkap Indonesia seperti Bank BCA - Bank BNI46 - Bank BRI - Bank Mandiri - Bank Danamon - Bank Cimb Niaga, OVO, Deposit via Ovo. Deposit via Dana, Deposit via Go Pay, Telkomsel dan XL.

    Situs :EBOBET
    WA : +855967598801

    ReplyDelete
  52. ayo menangkan uang setiap harinya di agen365*com
    WA : +85587781483

    ReplyDelete
  53. Numpang promo ya gan
    kami dari agen judi terpercaya, 100% tanpa robot, dengan bonus rollingan 0.3% dan refferal 10% segera di coba keberuntungan agan bersama dengan kami ditunggu ya di dewapk^^^ ;) ;) :*

    ReplyDelete
  54. Bagus perawatan wajahnya bisa glowing gitu, tp kalo aku biasa pake langsung muncul jerawat

    ReplyDelete

Post a Comment

Popular posts from this blog

Intip Begini Instagenicnya Warung Layar Sentuh 2.0 Magelang

Ketika awal pertamakali dibuka pada 31 Desember 2020 silam, nama Warung Layar Sentuh 2.0 saat itu mendadak hits ramai dibicarakan oleh banyak kalangan dan para milenials kawula muda sebagai pilihan baru lokasi nongki  [nongkrong kekinian] yang ada di Magelang. Bukan saja karena namanya terkesan unik, layar sentuh dan namanya terkesan sedikit berbeda dengan nama-nama kafe lain pada umumnya karena adanya penambahan bilangan angka 2.0 dibelakangnya, tetapi kafe, tepatnya Warung Layar Sentuh ini berkonsep bersantap hidangan berada di tengah hamparan perkebunan ladang tebu dan persawahan bernuansa alam pedesaan dikitari oleh indahnya pemandangan gunung yang mengelilinginya.  Area luasnya terbagi dua pilihan  indoor  dan  outdoor  berdinding kaca tempat makan Warung Layar Sentuh 2.0 yang buka setiap harinya mulai dari jam 07. 00 pagi hingga mendekati tengah malam jam 23. 00 tersebut dilengkapi dengan dekorasi cantik dan penataan ruang bergaya vintage  dan bohemian  yang tampak instagenic ,

Pengalaman Mistis di Mata Air Tuk Umbul Windusari

Boleh percaya atau tidak, ada pengalaman mistis aku temui saat berada di lokasi mata air Tuk Umbul Windusari, tapi ini aku kembalikan ke pembaca untuk mempercayainya atau tidak ceritaku.  Dan yang pasti tujuanku menceritakan pengalaman gaib yang kutemui di Tuk Umbul Windusari bukan bertujuan untuk mencari sensasi, sama sekali tidak ada maksud dan tujuan demikian.  Tujuanku untuk sekedar mengingatkan ke pembaca, dimanapun lokasi yang kita kunjungi sewajibnya memberikan salam dan permisi terlebih dahulu kepada penghuni dari dimensi lain sebelum memasuki lokasi. Demikian juga seperti yang telah kulakukan saat aku tiba di Tuk Umbul. Kata salam dan permisi cukup kuucapkan di dalam hati.  Nama Tuk Umbul dari bahasa Jawa, Tuk : mata air  dan Umbul  : dari kata mumbul, menyembul atau memancar keluar. Cerita bermula saat aku  melangkah mendekat ke letak mata air Tuk Umbul  tiba-tiba kepekaan bawaan indra keenamku memberikan signal  jika lokasi ini ada 'penunggunya'.  Aroma wangi semerb

Kampung Ulam Ngrajek - Tempat Makan Bernuansa Etnik Jawa

Kalian bingung memilih tempat makan selepas jalan - jalan mengelilingi kawasan wisata candi Borobudur, atau juga bingung menentukan tempat makan berkonsep tematik buat dijadikan lokasi ngumpul asyik bareng teman - teman, dan juga tentu saja lokasinya keren untuk fefotoan ?.  Kampung Ulam Ngrajek tempat makan dengan suasana tradional Jawa Tengah yang unik dan artsy  yang kudatangi ini mungkin nantinya bisa juga jadi rekomendasi tujuan liburan untuk kalian.  Mengusung tema tradisional dan artistik, Kampung Ulam Ngrajek dengan luas areanya terdiri dari tiga bangunan Limasan berukuran besar berhiaskan beberapa lampu gantung antik terlihat mewah, dan terdapat tiga bangunan Joglo rumah tradional Jawa tempo dulu yang mengingatkanku tentang suasana pedesaan tempat rumah nenek buyutku dulu tinggal.  Terletak berada di tepi jalan dan dikitari oleh hamparan lahan persawahan, udara disana tetap terasa sejuk meskipun keseluruhan ruang Limasan dan Joglo di Kampung Ulam Ngrajek tidak ber-AC karena se