Skip to main content

Menikmati Apel Segar dari Wisata Petik Apel KTMA Malang

Ketika berada di Kota Malang , provinsi Jawa Timur liburan terasa belumlah lengkap apabila tak sekalian memilih mengikuti wisata petik apel Malang.  Kota Malang terletak berada pada ketinggian sekitar 500 mdpl  dan memiliki udara yang sejuk memang telah lama dikenal sebagai Kota Apel, tepatnya penghasil buah apel berkualitas.  Bahkan sebelum adanya pendirian sejumlah wahana permainan dan edukasi kekinian dalam naungan Jatim Park group, Kota Malang telah lama dikenal oleh kalangan luas sebagai penghasil apel dan wisata petik apel.  Tetapi sebenarnya, ini pun barulah kuketahui setelah aku berkesempatan berlibur kesana beberapa waktu lalu, jika wisata petik apel bukanlah berada di Kota Malang, loh  ..., tetapi berada di Kota Batu.  Kira - kira berjarak tempuh sekitar 15 Kilometer dari Kota Malang menuju dan dari ke Kota Batu dan udara sejuk cenderung dingin yang melingkupi keseharian Kota Batu sangatlah cocok sebagai lahan tumbuhnya tanaman apel dengan kualitas baik.  Terdapat 5 jenis var

Pengalaman Serunya Snorkling di Pantai Nglambor

Perjalanan selama tiga jam lebih untuk tiba di Pantai Nglambor, ditempuh dari pusat kota Yogyakarta dengan estimasi waktu sekitar 29 km ke arah kota Wonosari, dan dari kota Wonosari berlanjut sejauh 34 kilometer ke Kelurahan Purwodadi, Kecamatan Tepus, Gunung Kidul dengan melewati kontur jalan beraspal berkelok dan naik turun, juga sempat mengalami kemacetan di tengah jalan, tak lantas membuat semangatku mengendor untuk tetap melakukan ..., snorkling

Ya, Pantai Nglambor memiliki kontur alam eksotis berbukit batuan koral dan berdinding tebing tinggi, memang salah satu pantai di Gunung Kidul yang memiliki daya tarik utama untuk aktivitas snorkling

Alasan itulah yang membuatku antusias telah lama mengimpikan dapat bersnorkling di Pantai Nglambor.

Dan sebelum aku berlibur ke Pantai Nglambor Gunung Kidul Jogja ini beberapakali aku sempat membayangkan bagaimana rasa sensasinya snorkling berada di pantai selatan yang terkenal memiliki arus kuat. 

Kalau bersnorkling di suatu lokasi kolam atau juga snorkling di pantai yang berair tenang seperti di pulau Tidung, Kepulauan Seribu, sih aku juga pernah lakukan. Tapi, ini berada di pantai selatan, loh say .., gelombang arusnya kan kuat, juga ombak tinggi bergulung - gulung. 

Akh, halu seperti ini terus menerus datang di pikiranku sebelum aku akhirnya memiliki waktu yang tepat pergi liburan bersnorkling ria di Pantai Nglambor.

Lokasi keberadaan Pantai Nglambor telah lama dikenal sebagai destinasi bawah laut yang  memiliki berbagai ragam ikan dan biota laut mengesankan ini persis berada di sebelah timur Pantai Jogan dan di sebelah barat Pantai Siung. 

 

"pengalaman serunya snorkling di pantai nglambor"

Eh, iya ..., kalian masih ingat kan, ya kalau di pos sebelum ini aku telling my vacation's story at Pantai Siung, guys 😊?. 

Nah, ini cerita kelanjutannya. 

After exploring on Siung Beach, i continued to Pantai Nglambor. 

Cuma memerlukan jarak tempuh waktu 4 menitan atau sekitaran 1, 4 kilometer dari Pantai Siung ke Pantai Nglambor. Piye, opo ora cedak 😊? [Bahasa Jawa : Gimana, apa ngga dekat?]. 

Baca juga: Pantai Siung 


Karena letak posisi Pantai Nglambor 'tersembunyi' tak terlihat dari jalanan, untuk tiba berada di tepi bibir pantai, sebelumnya kami harus menuruni jalan setapak sejauh sekitar 1 kilometer dengan kecuraman cukup tinggi untuk tiba di atas tebing yang terdapat beberapa warung makanan yang menyajikan hidangan laut seperti ikan bakar dan ikan goreng. 

Dari atas tebing terbentang pemandangan luas Samudera Hindia.

Jalan setapak tersebut hanya khusus dilalui untuk para pejalan kaki dan kendaraan beroda dua. Untuk parkir kendaraan beroda empat berada di tepi jalan. Ada sarana ojek warga yang melayani naik turun pengunjung.  

Berbeda cuaca cerah yang kutemui saat berada di Pantai Siung, di Pantai Nglambor tiba - tiba cuaca saat itu berubah mendung gelap dan turun hujan besar ..., sehingga memantulkan permukaan air laut berubah warna jadi tampak hitam pekat . 

Terkesan menakutkan dan misterius !. 

Seumur - umur, dan memang domisiliku jauh dari pantai ..., baru kali pertama itulah di Pantai Nglambor aku melihat tampilan permukaan air laut tampak menghitam akibat pantulan awan gelap.  Kami ternganga memandang air laut dari ketinggian tebing ... . 

Beruntung, berselang tak lama kemudian langit kembali cerah memayungi  kawasan Pantai Nglambor. 

Pesona keindahan pantai selatan Samudera Hindia kembali tersaji di depan mata, permukaan air laut Pantai Nglambor terlihat kembali biru jernih memikat. 

Pantai Nglambor meskipun berada di kawasan pantai selatan yang terkenal dengan gelombang ombak besarnya, namun relatif aman digunakan untuk spot snorkling, karena di pantai ini terdapat 2 batu karang besar, Watu Kuntul dan Watu Kalong yang berada di kiri dan kanan mulut pantai yang memecah ombak sehingga gelombang ombak tidak begitu besar. 

"pengalaman serunya snorkling di pantai nglambor"

Lansekap pantai Nglambor unik, terlihat seperti sebuah laguna kecil dengan arus gelombang relatif lebih tenang, meskipun tetap harus hati - hati karena arus bawah pantai selatan terkenal memiliki arus kuat.

Kami kemudian menuruni undakan anak tangga dan tiba di tepi pantai untuk selanjutmya berjalan menuju ke kios kecil tempat penyewaan peralatan snorkling

Penyewaan peralatan snorkling lengkap di Pantai Nglambor dibanderol harga ekonomis, saat itu kami sewa dengan harga 50K. 

Harga tersebut merupakan harga paket , sudah termasuk : kacamata dan snorkel, rompi pelampung, sepatu karet,  

Selain itu masih terdapat lagi fasilitas tambahan dari harga paket tersebut, berupa : penitipan barang, pemakaian ruang bilas, foto underwater dan jasa guide atau pemandu yang juga memotret melalui action camera.  

Setelah perlengkapan snorkling kami kenakan dan diberi pengarahan oleh pemandu tentang cara menyelam yang benar, kami segera berjalan menuju ke pantai. 

Ada sensasi rasa senang juga deg - degan saat kaki mulai tenggelam berada di air dan melangkah dengan perlahan menuju ke tengah laut. Langkah tubuh terasa berat menahan kuatnya gelombang arus bawah. Kemudian dengan aba - aba dari pemandu, aku menyelam untuk diambil gambarnya melalui beberapakali pengambilan gambar kamera.

Ternyata tidaklah mudah, loh ... berfoto snorkling di arus bawah Pantai Nglambor yang terasa kuat. 

Beberapakali aku gagal menenggelamkan tubuh dapat bertahan cukup lama waktu di dalam air, lagi - lagi tubuhku kembali mengambang ke permukaan. Sampai - sampai dengan sabarnya pemandu mengulang kembali mengarahkan dan memberikan contoh menyelam ..., ha ha ha 😂. 

"pengalaman serunya snorkling di pantai nglambor"

Entah karena pengaruh aku terpikat dengan banyaknya ikan - ikan cantik bersileweran di depan mataku ..., atau juga akibat aku terpengaruh dari perasaan campur aduk bahagia dan surprising karena kesampaian menyelam di Pantai Nglambor yang kekayaan biota lautnya memang memesona. 

Adegan pengambilan gambar underwater dan didampingi pemandu berlangsung sekitar 30 menit, kemudian kami dipersilahkan melanjutkan kembali bersenang - senang bermain - main air dan berenang mengamati ikan berwarna - warni ..., sepuasnya !. 

 

"pengalaman serunya snorkling di pantai nglambor"

Sederetan foto hasil pemotretan underwater dapat dilihat dari layar monitor komputer di kios penyewaan peralatan snorkling dan pilihan foto yang disukai ditransfer melalui kabel data ke perangkat ponsel. 

Sesekali kami tertawa seru terbahak - bahak melihat foto - foto yang terpampang di layar monitor, teringat beberapakali kami tanpa sengaja tersedak air saat adegan pengambilan gambar berlangsung. 

Sambil memilih satu persatu dokumentasi foto, pemandu menjelaskan jika kegiatan snorkling disesuaikan kondisi dengan pasang surut gelombang laut yang sedang berlangsung, karena lokasi Pantai Nglambor merupakan kawasan pasang surut. 

Ideal dan amannya, snorkling di pantai Nglambor dilakukan di saat gelombang akan surut dan gelombang akan pasang atau naik. 

Saat air surut, kedalamannya kurang ideal untuk bersnorkling dan demikian juga sebaliknya, ketika air laut sedang pasang atau tinggi kondisinya membahayakan untuk snorkling



Lokasi: 

Pantai Nglambor

Kelurahan Purwodadi, Kecamatan Tepus, Kabupaten Gunung Kidul, Daerah Istimewa Yogyakarta

Comments

  1. Seronok rasanya dapat menikmati keindahan pantai dengan air lautnya yang bersih dan jernih tak tercemar. Kalau sudah bersnorkeling itu, rasanya tak mahu naik ke darat!

    ReplyDelete
    Replies
    1. Betul itu, kak .., seru banget!.
      Rasanya betah ngga ingin naik darat untuk terus berenang dengan bermacam jenis ikan
      🐠🐡🌊

      Delete
  2. Lucky You !! I'm in the middle of snowy winter hehe 🤍🤍

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hehehe .. thank you 😁🙏.
      Next it is your turn to snorkel 🏝️😉

      Delete
  3. Que lindo debe ser el fondo del mar ...Pareces un pescaito ajaj . Gracias por estas fotos tan lindas . Un abrazo grande.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Jajaja .., cierto ... parezco una sirena o una pequeña anchoa 😆.
      Gracias nuevamente por tu gran agradecimiento, Campirela.
      Saludos beso amistad.

      Delete
  4. C'est une activité amusante et où l'on peut voir de beaux poissons!
    Bonne journée

    ReplyDelete
    Replies
    1. Très vrai, mon pote!. C'était merveilleux de plonger entouré de nombreux poissons colorés ... comme un rêve. Merci pour ta belle appréciation 🙏.
      Bonne journée à vous aussi.

      Delete
  5. It's so pretty! Omg thanks for sharing! <3

    www.pimentamaisdoce.blogspot.com

    ReplyDelete
    Replies
    1. Your welcome, Pimenta.
      Thank you for your appreciation, hopefully it will inspire your next holiday :).
      Regards

      Delete
  6. Oh how stunning! I am bewitched by such beauty!!
    And here I am, stuck in the middle of a cold, wet, English winter! Lol
    Really, really wish I were there...😊😊

    Take care and stay safe, my good friend Himawan🙏🙏

    A Hug.

    ReplyDelete
    Replies
    1. I'm from here to pray that next summer, you can take a vacation to the beach and snorkel there, YGraine 🏝️.
      And like I do .. swim with the beautiful fish 🐠🐡😁.

      Take care of your health in this winter that is unfolding in your country, YGraine.
      A Hug.

      Delete
  7. Wouw...wouw..!! ada yang snorkling..! asyiik banget sich?
    Ooh pantesan jarak pantai Siung sama pantai Nglambor dekat bamget makanya kok mantai-mantai 🏖🏝terus?.😅
    Awalnya I'm so ccrious... sipa yang take gambar saat snorkling di bawah permukaan laut... ternyata.. memang tersedia guide.. pemandu khusus ngejepret kamera.. dan hasilnya.. picture pertama itu..keyeenn...!!looks so cool..👌
    Aku jadi pingin diambil fotonya juga saat snorkling... halu banget aku.?? padahal aku kan nggak bisa berenang🏊‍♂️ ..wkwkwk.😂
    Oh kenapa saat mau diambil gambarnya di bawah permukaan laut, kok tubuhnya brad Him mumbul terapung terus? Lalu bagaiman rasanya saat snorkling di dalam air menahan arus bawah yang kuat🌊? Rasanya itu apa.. serem atau serem sedap? 😅

    ReplyDelete
    Replies
    1. Wouw ..sampai 2x bilang wou-nya. Pengin snorkling yaaa 😆 ?.
      Kudu dicobain loh gimana serunya snorkling dikelilingi ikan2 cantik 🐡🐠🐟 ..., mgga bisa renang ggp, kok. Kan ada rompi pelampungnya 😊.

      Gimana rasanya snorkling di pantai Nglambor, jawabannya adalah
      .. ama .. zz .. iiing 😅!.

      Delete
    2. Wkwkwkwk... 😅komen wouw sampai 2X karena pingin snorkling juga pingin sekali diambil gambarnya saat ada di bawah permukaan laut.. kan keren ntar fotonya dikelilingi ikan-ikan warna warni.. cantik.👌🤩
      Oh beneran nich aku nggak bisa berenang🏊‍♂️ tapi masih bisa di foto kayak lagi snorkling begini?
      Oh iya ada pelampungnya.. . Apa guide pemandu nya juga masih mau memandu orang yang nggak bisa berenang ? ntar kerepotan guide nya pas mau take kamera ..aba-aba 1..2..3... aku nya malah blep.. blep.. blep ke dasar laut?? Hadeuh😱
      Oh begini ntar aku snorkling nya di laut yang dangkal di kedalaman 1 ,5 meter aja .. kan cuma buat ambil gambar aja? 😊
      Kan aku masih bisa ngerasain tuch sensasi snorkling ala-ala.. wkwkwk😅

      Delete
    3. Tuh kaaan ... ketebak kalo pengin snorkling juga punya foto bareng para iwak 🐡🐟🐠 hahaaha 😆!.
      Pokoke ntar kalo sista Fidy kelaksana snorkling di pantai Nglambor ini bikin foto sebanyak mungkin yaa 👌.
      Guide-nya kulihatin pada baik kok, mereka sabar membidik foto meski jujur arus bawah kenceng bikin tubuh kayak keseret tapi ...seruuu 😆!

      Delete
    4. Wkwkwk... iya aku pingin punya foto snorkling bareng ikan-ikan🐡🐟🐠🦈🐬 cantik yang bernang mengelilingi dan biota laut lain nya juga.. wah. pasti.. keren kalau bisa punya foto kayak begitu👌😅
      Yes pastinya kalau kesampaian aku akan bikin foto sebanyak mungkin... asal nggak foto bareng ikan hiu aja.. masih mending sama ikan duyung..wkwkwk😂
      Ooh guide nya sabar ya mengarahkan kita yang akan di ambil gambarnya. Ooh arus bawah laut itu kalau kita nggak bisa menahan sekuat tenaga apa bisa keseret terbawa arus laut ya? Kok serem dengarnya? Jadi kebayang pusaran air? Buat yang sudah pintar dan handal dalam snorkling pasti nggak masalh ya denganarus bawah laut? Malah seru. 😅

      Delete
    5. Tenang saja meski arus bawah kuat, kan pakai pelampung tuh .., so setelah badan keseret akan balik lagi karena ada dorongan arus yang datang selanjutnya. Berasa kayak diayun2 gitu tubuh kita 😁.

      Delete
    6. Iya berasa di ayun - ayun oleh arus...
      Tetap tetap harus latihan dulu di kolam supaya berani.. hehehe...
      Oh iya kalau pas lagi renang atau lagi snorkling..terus pingin pipis bagaimana? Apa boleh ya pipis di laut? Wkwkwk..🤭😂 #becanda

      Delete
    7. WhatZ 😱, wadidaaaw ..., pipis di lautan ?.
      Hadeuuh kebelet pipis gegara gemas lihat ikan gitu kah ?, Wwwkkk 🤣.
      Kasihan ikan-ikannya ntar pada mabok deh ... lol*

      Delete
  8. Bom dia meu querido amigo, que vontade de mergulhar ai com vocês. Parabéns pela matéria.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Bom dia meu caro amigo, Luiz.
      Claro, se nos encontrarmos no mundo real ... faremos alguns mergulhos juntos.
      Com certeza vai ser divertido!.
      Obrigado pelo seu apreço. Saudações de amizade.

      Delete
  9. Replies
    1. O que você diz é verdade. Saudações de volta de mim.

      Delete
  10. Very nice. It's fantastic that you have photos of yourself snorkeling. :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. I should thank the guide who took pictures of me nicely.
      Thank you for your appreciation.

      Delete
  11. Enjoy and have fun, the water looks wonderful

    ReplyDelete
    Replies
    1. Thanks, Frederique.
      I agree that this sea is beautiful and the water is clear and clean.

      Delete
  12. Oh wow that looks super amazing :-D

    ReplyDelete
  13. I admire, I probably would never dare to dive
    greetings

    ReplyDelete
    Replies
    1. Thank you very much. Lili.
      One day you have to try the sensation because it's so much fun .. .
      Greetings.

      Delete
  14. Snorkling is so fun. I did it once in Mexico and it was absolutely magical.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Wow, it must be amazing snorkeling in the Mexican sea ... .
      That's right what you say snorkeling is great fun.

      Delete
  15. Parece un lugar genial y me alegro que te divirtieras. Te mando un beso

    ReplyDelete
    Replies
    1. Sí, esta playa es fresca y divertida para chapotear y bucear.
      También mando saludos beso amistad.

      Delete
  16. Wowwww, luces muy lindo debajo
    del agua mi amigo, se nota que lo
    pasaste divino, un placer visitarte.

    Besitos dulces

    Siby

    ReplyDelete
    Replies
    1. Parezco una sirena eh ... ja ja ja 😅.
      Gracias por tu visita, amiga Siby.
      Saludos beso amistad.

      Delete

  17. Senang sekali bisa snorkeling, kawan Himawan. Ketika saya masih sangat muda, saya biasa melakukannya di mana pun laut berada, baik di negara liburan saya, di Brasil, atau di Uruguay. Snorkeling adalah dimensi lain, pikiran mempersepsikan berbeda, bukan? Saya ingat bahwa saya sangat gembira, melayang dalam suara keheningan ... Seorang pacar yang telah saya ajarkan kepada saya dan sebenarnya sekarang kebangkitan waktu itu datang kepada saya ...

    Pelukan terima kasih, teman !!

    ReplyDelete
    Replies
    1. Luar biasa pengalaman snorkling anda di banyak negara sobat Carlos.
      Itu akan menjadi kenangan yang sulit untuk dilupakan.
      Terlebih terdapat
      cerita kenangan anda dan pacar anda 😊.

      Pelukan terimakasih juga saya kirimkan untuk anda, Carlos!

      Delete
  18. Wow! Your snorkling trip was really fun. The water looks clear like crystal. I must go there to swim someday.
    My last trip to Pulau Belitung was fantastic as I saw millions of fishes underwater. Indonesia has many exotic beaches and islands for divers.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Wow, I am amazed you have ever dived in the waters of Bangka Belitung island ..., , i have never been there, ha ha ha 😄.
      The problem is that from where I live to come there requires a high cost.

      I feel happy that you are fascinated by the beauty of the beaches in my country.
      Hopefully this beach will become your next snorkeling location.

      Delete
  19. Certainly looks delightful there and nice to see you are having fun.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Thank you very much for your appreciation, Margaret.

      Delete
  20. snorkling di kolam renang atau pantai tenang sama pantai selatan yang ombaknya kuat memang beda ya mas. pengalaman yang sangat menarik dan luar biasa, berbeda dengan saya yang cuma bisa snorkling di bak mandi doang

    ReplyDelete
    Replies
    1. Tekanan arusnya beda, masbro.
      Di laut lebih kerasa berat karena pengaruh kuatnya arus.
      Next, mas Sudibjo juga bakalan punya kesempatan nyobain snorkling di laut ..., Semangaaat 💪!

      Delete
    2. Mudah-mudahan ada rezekinya ombro.. terima kasih saya mau ngayal dulu buat latihan snorkling haha

      Delete
  21. wow, sepertinya liburannya sangat asyik ya bro?

    Btw, pantai selatan bukannya terkenal dengan Nyi Roro Kidulnya, atau tempat nya beda ini ya?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Sangat asyik, masbro!.
      Hayoook ... dicobain .... .
      Berani kan ya snorkling di lautan 😊?.

      Betul, pantai selatan mitos kuatnya disebut-sebut sebagai wilayah kekuasan Nyi Roro Kidul, mas.

      Delete
    2. awas mas katanya jangan pake baju hijau biar ga disangka culik

      eh gitu ga sih mitos nya haha

      Delete
  22. iya yah, snorkeling di pantai selatan cuy, ngeri sih kalau menurutku. mungkin nantinya akan terbayang2 terus ratu kidul T_T..

    tapi lumayan juga dalamnya, banyak ikan berpunggung kuning, yang mudah dijumpai di mana-mana di perairan indonesia.

    ReplyDelete
    Replies
    1. 😄ngga kebayang-bayang sosok gaib itu, kok mas.
      Seriusan begitu pulang dari snorkling baeaannya malah pengin lagi nyebur kesana .. .
      Sebenarnya disana banyak ikan jenis lain, mas tapi pada gesit renangnya, yang agak kalem gerakannya & mudah difoto ikan si punggung warna kuning itu 🐠

      Delete
    2. kalau udah nyebur dan liat ikan-ikan kayanya bakal lupa ya sama mistisnya haha..

      Delete
  23. this is so fun!! i really wanna try snorkeling

    ReplyDelete
    Replies
    1. Yes, there is really so fun for snorkling. One day you need to try it.

      Delete
  24. Snorkeling is not my thing ... but I have to admit that swimming with the beautiful fish is very beautiful!
    Thanks for sharing!

    ReplyDelete
    Replies
    1. Yes, i understand that you don't like swimming and it's true that you take a picture with a fish is an interesting thing.
      Your welcome, Ella.

      Delete
  25. wih seru banget ya mas him snorklingnya,a hw sih banget dengan air mas, apalagi yang di pantai gitu, cuma sayang gw ga busa renang :D

    ReplyDelete
    Replies
    1. Tetapa aman meski ngga bisa berenang kok, mas Khanif.
      Ada pelengkap rompi pelampungnya buat mengambang 😊

      Delete
  26. Que mergulho maravilhoso!
    Ótimas fotos!
    Beijos.
    http://vinteedoisdemaio.blogspot.com

    ReplyDelete
    Replies
    1. Muito obrigado, Gabriele. Rezo para que algum dia eu também tenha a experiência de mergulhar no oceano.

      Delete

  27. gorgeous photos and fish are very cute
    have a nice day!☺
    http://www.mosaictrends.com/

    ReplyDelete
    Replies
    1. Oh, really thanks for all friend.
      Have a nice day too.

      Delete
  28. Luar biasa! Saya hanya tahu cara berenang di bawah air, tetapi saya tidak menyelam.
    Saya suka kejernihan airnya.
    Semua yang terbaik!

    ReplyDelete
    Replies
    1. Anda telah memiliki tehnik berenang, maka akan lebih mudah untuk menyelam.
      Terimakasih besar untuk kesemua apresiasi dari anda, Diana.

      Delete
  29. I love snorkeling and diving too!
    So lucky to have the chance of exploring such nice place!
    Here are in the middle of winter, I'd love to enjoy sun & sea instead! ^^
    XO
    S
    https://s-fashion-avenue.blogspot.com

    ReplyDelete
    Replies
    1. I'm glad to know you love swimming and diving too. Hopefully in the next summer with warm sunshine you will be able to check out your favorite sea diving
      ✧◝(⁰▿⁰)◜✧

      Delete
  30. que bonito, me ha encantado estas fotos, seguro que lo pasaste genial, yo algun dia quiero animarme con el snorkel, estuve a punto pero no me atreví al final.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Muchas gracias por que te gusten mis fotos aquí e inspirarte a hacer snorkel también ... y tienes que ser valiente para hacerlo 😁

      Delete

  31. Que incrível é uma aventura boa, sobre a sua pergunta o óleo de Argan pode ser usado por homens também, obrigada pela sua visita abraços.
    http://www.lucimarmoreira.com/

    ReplyDelete
    Replies
    1. Sim, o charme desta praia é encantador. Obrigado por sua explicação sobre o óleo de argão.
      Saudações.

      Delete
  32. What a wonderful and enjoyable time you had snorkeling. Glad you had photos taken of your experience. You look extremely happy underwater with the beautiful colourful fish. Thanks for sharing. Our weather is depressing right now, raining hard. Take care and have a good day.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Yes, Bill. I was at this location looking very happy because my desire to snorkel to see the fish finally came true.
      Take good care of your health in the cold winter that is going on in your country.
      Havr a great days!

      Delete
  33. Entiendo que es emocionante para quien bucea
    por mi parte de niña iba a río y lagos a nadar y después de casi ahogarme
    nunca más metí mi cabeza bajo el agua, me encanta nadar eso si
    siempre es emocionante estar en el agua ,donde vivo hay mucho donde visitar.
    Lindos momentos!

    ReplyDelete
    Replies
    1. Oh, parece que has quedado traumatizado en el agua.
      Lamento lo que te pasó en el pasado. Espero que mi publicación de esnórquel pueda ayudarte a dejar de tener fobias.
      Gracias por tu agradecimiento, Meulen

      Delete
  34. Piękna plaża, świetne zdjęcia ;) Pozdrawiam ;)

    ReplyDelete
    Replies
    1. Bardzo dziękuję za uznanie, Martyna. Pozdrawiam was ponownie w Polsce.

      Delete
  35. Una actividad que no practique nunca, no se si seria capad, aunque con mis habilidades natatorias igual no se me daba mal al nadar como decimos aquí solo la mitad que los peces ellos suben u bajan yo solo bajo.
    Algo me defiendo pero no soy un nadador muy bueno.

    Saludos.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Un día, debes intentar atreverte a hacer snorkel, Thomas. Especialmente si ya tienes la habilidad de nadar, será más fácil. Saludos.

      Delete
  36. Hola, Himawan!
    Oh wow! ¡Qué paraíso más encantador! Se ve un excelente enclave para bucear entre corales y ver peces, snorkel es una de mis actividades favoritas. Me parece que son más cómodas las típicas gafas con tubo que la máscara, cierto?
    Que bien que te hayas divertido, se te ve de lo más refrescante debajo del agua.
    Un abrazo y disfruta mucho!

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hola Yessy!.

      Estoy muy feliz de saber que a ti también te gusta el snorkel ... wow si estamos en el mismo país, podemos hacer snorkel juntos. Así es, dijiste, los vasos de tubo son más cómodos de usar que las máscaras comunes.
      Muchas gracias por tu agradecimiento, Yessy. Un fuerte abrazo de amistad.

      Delete
  37. I've snorkelled once on the Great Barrier Reef and it was magical.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Wow, the snorkling experience on the Great Barrier Reef must be an unforgettable moment ..., I want to go there too 😊!

      Delete
  38. We've had another rainy day so it was wonderful to see these beautiful photographs.
    Fabulous.

    All the best Jan

    ReplyDelete
    Replies
    1. Big thanks, Jan. Take good care of your health in the rainy season that is going on in your country.

      All the best.

      Delete
  39. Genial amigo, poco a poco vamos conociendo las bellezas de tu país.
    Tuvo que ser un gran placer nadar en esas aguas limpias rodeado de bellos peces de colores.
    Gracias por mostrarlas.
    Un abrazo y buena semana.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Gracias querido amigo Juan. En la medida de lo posible y con la mayor cantidad de tiempo y energía posibles, presentaré lugares interesantes que se introducirán en este blog.
      Un abrazo y buena semana.

      Delete
  40. Replies
    1. Muchas gracias por tu agradecimiento..
      Saludos.

      Delete
  41. Nice, I was supposed to go Yogja in 2020, then Covid happened.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Oh, you've come to Yogyakarta, hopefully it will be a good memory for you.

      Delete

  42. Wah asiknya bisa menyelam sambil lihat ikan2 hias, kalau biasanya Mas Him posting makanan saya jadi ngiler dan untuk snorkling ini juga saya jadi berasa ngiler, hihi.. ingin mencoba menyelam juga.

    Tapi deras kah Mas air dibawah laut, padahal kelihatannya airnya tenang?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Deras alias kencang arus bawahnya, mas tapii .. seru!.
      Mas Jaey pan kapan kalau ada waktu wajib nyobain snorkling disana. Minimal sekali seumur hidup hehehe 😁

      Delete
  43. My first time knowing Nglambor beach, I have sort of phobia with water but snorkeling would be so much fun!

    |CHELSHEAFLO|

    NEW POST :
    https://www.chelsheaflo.com/2021/01/review-looke-cosmetics-holy-flawless-bb.html

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hopefully this snorkeling post on Nglambor beach will make you no longer phobic in the water, my friend.

      Delete
  44. Kak Him udah pernah snorkling di Pulau Tidung? Wahhh! Kapan itu?!
    Paling nggak enak saat keminum banyak air laut sih soalnya asin banget 🤣 aku pernah coba snorkling di Pulau Tidung juga, tapi baru sebentar udah nggak kuat karena keminum air terus gara-gara nggak terbiasa pakai alat bantu pernafasannya 🤣 terus aku takut digigitin ikan, padahal mah ini cuma dibayangan aja 🤣

    ReplyDelete
    Replies
    1. Aku ke pulau Tidung kira-kira 6 tahun lalu, Lia.
      Nekad berangkat seorang diri dari pelabuhan Muara Angke.
      Keren juga pantainya, cuma gelombangnya kecil.
      Wwwkk .. kok kebayangnya digigitin ikan siih 😂 ?.
      Waktu aku snorkling di Pulau Tidung malah ketemu ular laut, untung ngga digigit. Katanya bisa ular laut juga berbahaya.

      Delete
  45. I veeery jealous, because in my country we havent beautiful and clear wather like u... and i cant sweem :x

    ReplyDelete
    Replies
    1. Oh, is it true that the seawater in your country is not as clean as on the beach I visited? ...
      Hopefully there will be a marine cleanliness & ecosystem campaign in the future.

      It's okay, snorkling can't swim, friends 😊.
      There are life vests to help us float.

      Delete
  46. ¡Hola, Himawan!
    La experiencia del buceo en esas aguas cristalinas tiene que ser efectivamente muy emocionante. He disfrutado mucho con las fotografías así como con el texto narrado. Un viaje espectacular 🙂.
    Muchas gracias por compartirlo con tus lectores.
    Un fuerte abrazo desde España.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hola Miguel.
      Muchas gracias por tu agradecimiento.
      Parece divertido si algún día todos podemos hacer snorkel juntos en una playa ..., ojalá se haga realidad y se convierta en una experiencia inolvidable.

      Un gran abrazo desde Indonesia para ti en España

      Delete
  47. Lucky you! Last time I saw the sea was 4 years ago :((
    fiftyshadesfashion.com

    ReplyDelete
    Replies
    1. Oh, thanks my friend. Hopefully in the near future you will be able to see the sea again, or also play snorkeling on the beach.

      Delete
  48. Hello, Himawan!

    Thank you for your visit to my blog and for your nice words!
    Great pictures you have here!

    Regards
    Liliana
    Ideias Recicladas e... não só!

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hello Liliana.
      You're welcome, i
      'm also glad you made a return visit to my blog. Thank you very much for your appreciation. Regards.

      Delete
  49. Una playa seductora, cuyas aguas invitan a sumergirse en sus aguas, con ese placer sibarítico tuyo que revelan las fotos. Con el calor que está azotando pof estos lugares donde vivo, lamentablemente lejos de mar, se desea estar en el flanco del aire y el sol y las aguas marinas. MI aprecio, Himawan.
    Carlos

    ReplyDelete
    Replies
    1. Me imagino la ubicación donde vives como la ubicación de mi casa que está lejos de la playa.
      De vez en cuando nos vamos de vacaciones a la playa debido a la distancia.
      Gracias por tu agradecimiento, Carlos.

      Delete
  50. It must be a really cool feeling! I've never snorkel but really want to try sometime.

    ReplyDelete
    Replies
    1. And it's true that it's really cool snorkeling surrounded by fish.
      One day you must try it, i pray that it is done.

      Delete
  51. Cool ❤❤❤ great place
    Pozdrawiam

    ReplyDelete
    Replies
    1. Big thanks, mój przyjacielu 🙏, Pozdrowienia

      Delete
  52. It is easy to see there are beautiful places to go snorkeling in your country, considering those colorful fishes I can see in the picture 🐠 🐠 🐠 Great post, my friend!
    Thanks for sharing another wonderful report of that special part of the world 🌞
    Have a nice weekend!

    ReplyDelete
    Replies
    1. Big thanks, Giorgio. There are several coastal locations in my country that can easily see fish 🐠🐠🐠, but there are also beaches that are not clean enough. In your country there are also many clean beaches and easy to see fish.
      Have a suoer weeks!

      Delete
  53. Snorkling sounds like a fun activity

    ReplyDelete
    Replies
    1. And that is true, snorkeling is very fun because you can play with fish and see marine life.

      Delete
  54. waaaaahhh template ganti maneh xixixiix

    pantai nglambor ombake gede...nyilem ketemy iwan warna wani jepret jepret asyikkkk...sungguh seger serasa membuatku kangen pantaiiiii...tapi aku ra biso nyilem wkwkwkw

    yang ada ntar gaya batu mas hum alias kendang tenggelam seperti kapal titanic wkwkwkkw

    asyik ah save dulu nek oas mampir gunung kidul 😃

    ReplyDelete
    Replies
    1. Wwwkk .. bisa aja deh kak Mbul ngistilahin kendang tenggelam 😂.
      Ngga bisa nglangi tetap safety kok snorklingmya kak Mbul ...because ono rompi pelampunge 🤩

      Delete
    2. kan aku meou melu dirimu mas him

      takngoleksi istilah istilah sek antimenstrim ben olahraga perut amarga kesayahan ngguyu 😂🤣

      Delete
  55. mas aku pingin banget snorkling
    apalagi air lautnya jernih dan bisa deket sama ikan ikana lucu
    argggggggggggg jadi mupeng
    belum lagi sensasi pantai selatan ya mas
    memang gunung kidul sensasinya luar biasa

    ReplyDelete
    Replies
    1. Kapan-kapan cobain yo, mas ...pokoke bakalan berkesan banget sensasinya diayun2 arus bawah sambil dikerumuni ratusan ikan kece 🐠🐟🐡🦐

      Delete
  56. Ale fajnie! Umiesz nurkować! :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. Bardzo dziękuję 🙏. Mam nadzieję, że zainspiruje Cię 😊

      Delete
  57. Wah masih bening segar ya alam bawah laut di sana...

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya, bang pantai2 di GunKid airnya bersih dan jernih

      Delete
    2. Yahhh sepintas mirip2 dengan pantai2ku di sini.. Mungkin karena belum atau jarang digerayangi ya? Hahahaaaa...

      Delete
  58. im verry jealous , becauce in my country, we havent beautiful wather like u... and i cant sweeming ;d

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hopefully in your country there will be a movement to watch over ecosystems so that sea water will be clean again.
      Maybe someday you will have the opportunity to come on vacation to this Nglambor beach.

      Delete
  59. The water looks so clear. It seems like you're having a great time. Scuba diving is always fun.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Yes, this sea water is very clear, like water in a giant aquarium.
      I agree eith you snorkeling is very fun activity.

      Delete
  60. Ini adalah postingan yang sangat bagus.
    Anda telah menulis dengan baik apa yang Anda alami dalam pengalaman menyelam di pantai Nglamber. Itu adalah posting yang informatif. Menyelam harus menyenangkan berenang dengan ikan. Foto-fotomu bagus .. :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. Terimakasih besar saya sampaikan atas apresiasi dari anda, teman.
      Saya sangat menghargai komentar anda.
      Dari Indonesia saya mengirimkan salam persahabatan untuk anda.
      Salam.

      Delete
  61. Tus experiencias , tus paseos son realmente magníficos. Disfrútalos !! un abrazo

    ReplyDelete
    Replies
    1. Oh, muchas gracias por tu agradecimiento, amigo. Me conmueve que los lugares que he visitado sean considerados extraordinarios por usted. Ojalá la información que he escrito no solo sea entretenida sino también útil para ti.
      Un abrazo amistoso.

      Delete
  62. Ketika seseorang pergi ke suatu tempat yang indah, tidak ada jarak yang begitu jauh hingga membuat kita menyesalinya. Sungguh tempat yang indah, di foto-fotonya laut terlihat sangat jernih dan biru.

    Anda tidak menghitung apakah airnya panas atau dingin. Senang mampir ke blog Anda setelah beberapa saat dan melihat bahwa Anda menikmati hidup, saya sangat senang tentang itu! Pelukan erat dari Argentina ...

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hola, sobat JLO.
      Mohon maaf keterlambatan waktu saya membalas komentar bagus dari anda.
      Saya senang sekali setelah sekian waktu kita tak saling berkomentar, akhirnya anda datang disini.

      Sangat benar yang dikatakan oleh anda, jarak lokasi yang jauh tapi indah tak membuat kita menyesali bepergian kesana.

      Pelukan erat kembali dari saya di Indonesia untuk anda di Argentina.

      Delete
  63. Aku tidak bisa berenang dan tidak bisa menyelam. Kalo mau snorkling gitu bisa ga yaa mas haaha

    ReplyDelete
    Replies
    1. Sangat bisa, mas Do 😊.
      Tenang saja, ada rompi pelampung safetynya kok.
      So, yang ngga hisa berenang tetep bisa nglangi karo iwak 🐠😄

      Delete
  64. aku pas baca di awal ikut deg-degan.. kok berani menyelam di laut bagian pantai selatan?? trus kebayang-bayang legenda ratu pantai selatan.. wkwkwk.. efek sering dengar cerita horror tentang kawasan ini sih ya.. Tapi ternyata view-nya bagus dan tiba-tiba inget aku pernah ke pantai Pok Tunggal di Yogyakarta yang rutenya masih bisa dijangkau dengan mobil. Ke Pok Tunggal aja rasanya udah kayak naik roller coaster, gimana kalo ke pantai Nglambor ini ya? langsung ciut rasanya.. hehehehe

    ReplyDelete
    Replies
    1. Wwkkk .. , aku jadi ikutan ketawa baca yang dibayangin kak Nala, kebayang sosok ratu lelembut penguasa pantai selatan 😅.
      Awalnya aku juga gitu sih [ngaku 😊] tapi yakin saja & ngga ngelakuin macem2 selama disana.

      Rute ke pantai Nglambor ini juga mirip dengan rute ke pantai Pok Tunggal, kak.
      Meliuk2 juga banyak kelokan.
      Siap2 saja ya yang suka mabuk darat kudu minum obat anti mabok dolooo ..., Hahaha.

      Delete
  65. Seketika jadi pengen nyebur dan ikutan snorkling huhuhu

    Tapi sayangnya aku takut kedalaman
    Takut tenggelammm

    ReplyDelete
    Replies
    1. Wiaah .. Aul kudu nyobain snorkling niih biar ngatasi fobia takut tenggelam , hihihi 😁.
      Safery karena ada rompi pelampungmya, kok.

      Delete
  66. What great photos! I would love to go snorkelling one day!

    Hope that you are having a good weekend :) Another hot one here, we had to leave the park as it was just too warm!

    Away From Blue

    ReplyDelete
    Replies
    1. Big thanks Mica.
      This post will inspire you to do snorkeling in the summer which is taking place in your country right now.
      Have a super week!.

      Delete
  67. Kirain sewa peralatannya mahal, sampai seratus ribu, ehh kok cuma setengahnya malahan.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Ekonomis kaan .., hayook nyebur nynorkling, kak.
      Sayang loh domisili kak Tina kan di Jogja tapi belum kesampaian snorkling di GunKid.

      Delete
  68. Adorei as imagens e a coragem de mergulhar, eu seria incapaz , não consigo estra debaixo de água. Mas admiraria as paisagens que são maravilhosas.
    Saudações de Portugal!

    ReplyDelete
    Replies
    1. Talvez, um dia, você tenha a coragem de mergulhar com um guia. Você ficará surpreso ao ver a vida marinha. Esperançosamente, isso se tornará realidade para você.
      Saudações de amizade.

      Delete
  69. Ainda quero viver a experiencia de mergulhar e ter contato com a beleza das criaturas marinhas
    Beijos ♡ Blog | Instagram | Youtube

    ReplyDelete
    Replies
    1. Espero que seus desejos sejam realizados em breve, meu amigo Ana. Beijos

      Delete
  70. Boa entrada de mês de fevereiro.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Obrigado pela sua opinião, amiga.
      Bem-vindo a fevereiro. Desejo a você muitas felicidades.
      Saudações.

      Delete
  71. I do like snorkeling and only have tried it twice. Good shot of underwater with the 2 fishes, very professional. Seems like you did enjoyed yourself very much.

    ReplyDelete
    Replies
    1. That's a cool moment, you've snorkled twice. Thank you for your appreciation.

      Delete
  72. O jejku jak pięknie. Możliwość obcowania z tak piękną naturą to coś wspaniałego! Te rybki jakie piękne. Jestem pod wrażeniem. Pozdrawiam

    ReplyDelete
    Replies
    1. Och, wielkie dzięki za wrażenie i uznanie od Ciebie, przyjacielu. Proponuję również spróbować snorkelingu i znaleźć rój pięknych ryb 🐠😊.
      Pozdrawiam.

      Delete
  73. Bikin ngiri aja kak, di Bali lagi hujan terus sepanjang hari, mau kemana-mana juga jadi nggak bisa

    ReplyDelete
    Replies
    1. Sementara waktu tur virtual saja sambil duduk manis saja disitu, bli 😁

      Delete
  74. Fantástico viaje y una experiencia maravillosa. Debe de ser algo fascinante sumergirse en esas aguas transparentes.
    Saludos.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Sí, Jorge, me siento fantástico en el agua cristalina rodeado de peces, Jorge. Algún día también intentarás bucear, sí.
      Saludos

      Delete
  75. I love snorkeling but have only done it once in Phuket, Thailand.

    Fabulous photos, Himawan!

    ReplyDelete
    Replies
    1. Wow, it must be beautiful to impress you snorkeling in Phuket. It's fun to imagine the excitement you have there.

      Thank you very much for your appreciation, Veronica.

      Delete
  76. Sungguh pengalaman yang indah, teman Himawan!
    Anda dapat melihat di foto bahwa Anda menikmatinya.
    Pasti sulit melakukannya di perairan yang sangat berarus.
    Satu-satunya waktu saya melakukan snorkeling adalah di perairan Kuba, di terumbu karang yang sangat indah. Dan saya ingat seorang pramusaji di pantai sering menceritakan lelucon bahwa hiu Kuba sangat menyukai daging Argentina hahaha

    Pelukan

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hahaha .. lucu sekali lelucon dari pramusaji yang anda temui, Frodo!.
      Tapi seram juga ya jika saat diving atau snorkling bertemu dengan ikan hiu 🦈😂.

      Pasti pemandangan bawah air di Perairan Kuba juga sangat menawan ..., anda beruntung pernah berada disana!.


      Delete
  77. Very interested post! Thanks for sharing! Have a great week! 🤗🤗🤗

    ReplyDelete
    Replies
    1. Your welcome, Carolina.
      Thanks also for stopping by.
      Have a super week 🤗!

      Delete
  78. Şinorkel ile yüzmek ve deniz altındaki yaşamı keşfetmek çok güzel :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. Ve bu çok doğru dostum.
      Doğrudan deniz yaşamını ve balıkları görmek inanılmaz derecede güzel.
      Umarım sende vardır. Mutlu selamlar.

      Delete
  79. ...I haven't snorkeled in years, but was fun when I did.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Amazing place.Due to this large number of ads, it's hard to read.

      Delete
    2. @ Tom :
      .It's really fun snorkeling right, Tom. Hopefully we can all do it again one day.

      @ Venus :

      oh, hope it doesn't disppointed you. That's for information.

      Delete
  80. Veo que te pasas la vida en grande. Las fotos son preciosas.

    Un abrazo.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Oh, en realidad no, amiga.
      Mi vida en este momento es simplemente normal, solo trato de ser feliz. Gracias por visitarnos y su agradecimiento. Saludos de mi parte amistad.

      Delete
  81. Fantásticas fotos, meu amigo! E como deve ter sido bela essa viagem! Aqui, também, temos algumas praias com essas águas transparentes e cheia de vida, com peixinhos e corais preciosos. Confesso: bateu inveja. Mas uma inveja boa, acredite! :) Meu abraço, boa semana.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Muito obrigado, meu caro amigo árabe.
      É bom saber que seu país também possui uma série de belas praias de águas límpidas e uma rica vida marinha encantadora. Esperançosamente, em um futuro próximo, você terá férias na praia e mergulhará lá.
      Abraço meu amigo forte.

      Delete
  82. I wish it was summer where I am and I could go to the beach. Your pics look great. Take care

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hopefully, your wish to the beach next summer will come true.
      Big Thanks, Victoria.
      Take care.

      Delete
  83. Pengalaman snorkeling, menyaksikan ikan warna-warni harus menjadi hal yang luar biasa. Salam dari Turki

    ReplyDelete
    Replies
    1. Itu benar, teman.
      Pengalaman snorkling tak akan terlupakan keseruannya.
      Salam kembali dari saya di Indonesia untuk anda di Turki.

      Delete
  84. The water looks nice and it looks like you are having a wonderful time!

    ReplyDelete
    Replies
    1. It is true as you say. I am happy to have fun there.
      Hopefully inspire you too :)

      Delete
  85. Looks great but I don't like swimming :) Have a great day :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. I know, but you should try at least once in life. Later, you will be happy playing with water :)

      Delete
  86. Great photos. I've dived only a few times in my life (I'm not a good swimmer). every time I've loved it. Thanks.

    Greetings from London.

    ReplyDelete

Post a comment

Popular posts from this blog

Kampung Ulam Ngrajek - Tempat Makan Bernuansa Etnik Jawa

Kalian bingung memilih tempat makan selepas jalan - jalan mengelilingi kawasan wisata candi Borobudur, atau juga bingung menentukan tempat makan berkonsep tematik buat dijadikan lokasi ngumpul asyik bareng teman - teman, dan juga tentu saja lokasinya keren untuk fefotoan ?.  Kampung Ulam Ngrajek tempat makan dengan suasana tradional Jawa Tengah yang unik dan artsy  yang kudatangi ini mungkin nantinya bisa juga jadi rekomendasi tujuan liburan untuk kalian.  Mengusung tema tradisional dan artistik, Kampung Ulam Ngrajek dengan luas areanya terdiri dari tiga bangunan Limasan berukuran besar berhiaskan beberapa lampu gantung antik terlihat mewah, dan terdapat tiga bangunan Joglo rumah tradional Jawa tempo dulu yang mengingatkanku tentang suasana pedesaan tempat rumah nenek buyutku dulu tinggal.  Terletak berada di tepi jalan dan dikitari oleh hamparan lahan persawahan, udara disana tetap terasa sejuk meskipun keseluruhan ruang Limasan dan Joglo di Kampung Ulam Ngrajek tidak ber-AC karena se

Umbul Senjoyo - Pemandian Eksotis di Lereng Gunung Merbabu

Terpaan sinar cahaya matahari pagi yang melimpah menjelang siang tengah hari saat itu, terasa cukup menyilaukan pandangan mata namun udara tetap terasa semilir sejuk menerpa permukaan kulit, mengiringi perjalananku memasuki kota Salatiga dan selanjutnya mengarah ke arah kota Boyolali untuk menuju lokasi liburan yang berada di lereng gunung Merbabu, Umbul Senjoyo .  Wisata Umbul Senjoyo terletak berada di desa Jubug, kecamatan Tengaran, kelurahan Tegalwaton, kota Salatiga, kabupaten Semarang. Untuk mencari dan menemukan keberadaan letak lokasi pemandian umum Umbul Senjoyo yang dua dari lima bentuk kolam besarnya memiliki bentuk lebih menyerupai sendang alami dan berair sangat jernih ini, tidaklah menemukan kesulitan berarti dalam mencarinya.  Lokasinya cukuplah mudah untuk diketemukan.  Rute ke arah lokasi patokan termudahnya adalah terminal bus Tingkir kota Salatiga.  Tak begitu jauh jaraknya dari Terminal Tingkir, di lampu traffic light belokan pertama perjalanan dilanjutkan berbelok

Candi Mendut Peninggalan Dinasti Syailendra yang Memesona

Menempuh jalan pintas dengan cara melewati beberapa pedesaan perkampungan warga sengaja kupilih untuk menuju ke candi Mendut sebagai jalur keberangkatan tiba di lokasi dan jalur kepulangan yang berbeda setelah liburanku di candi peninggalan ribuan tahun silam yang dihiasi arca singa yang berada di Kecamatan Muntilan.  Sengaja kupilih jalur yang berbeda, tak lagi melewati jalur kedatangan dari desa Gunung Pring ke candi Ngawen, tapi blusukan  melewati beberapa pedesaan untuk sampai di lokasi candi Mendut terletak di desa Mendut, Kecamatan Mungkid, Kabupaten Magelang. Relief indah Hariti  dipenuhi ukiran bunga dan suluran di dinding bilik penampil.  Candi Mendut bercorak Buddha ini sebenarnya letak lokasinya sangatlah mudah ditempuh dan mudah diketemukan karena lokasinya berada tepat di pinggir jalan besar menuju ke lokasi candi Borobudur, jika ditempuh dengan cara tak melewati rute jalur pintas seperti yang kulakukan sepulang dari candi Ngawen.  Pun adanya ketersediaan tra