Skip to main content

Menikmati Apel Segar dari Wisata Petik Apel KTMA Malang

Ketika berada di Kota Malang , provinsi Jawa Timur liburan terasa belumlah lengkap apabila tak sekalian memilih mengikuti wisata petik apel Malang.  Kota Malang terletak berada pada ketinggian sekitar 500 mdpl  dan memiliki udara yang sejuk memang telah lama dikenal sebagai Kota Apel, tepatnya penghasil buah apel berkualitas.  Bahkan sebelum adanya pendirian sejumlah wahana permainan dan edukasi kekinian dalam naungan Jatim Park group, Kota Malang telah lama dikenal oleh kalangan luas sebagai penghasil apel dan wisata petik apel.  Tetapi sebenarnya, ini pun barulah kuketahui setelah aku berkesempatan berlibur kesana beberapa waktu lalu, jika wisata petik apel bukanlah berada di Kota Malang, loh  ..., tetapi berada di Kota Batu.  Kira - kira berjarak tempuh sekitar 15 Kilometer dari Kota Malang menuju dan dari ke Kota Batu dan udara sejuk cenderung dingin yang melingkupi keseharian Kota Batu sangatlah cocok sebagai lahan tumbuhnya tanaman apel dengan kualitas baik.  Terdapat 5 jenis var

Pantai Siung, Surganya Pecinta Adrenalin Panjat Tebing

Pesona pantai memang selalu menggoda. 

Apalagi pantai - pantai yang berada di daerah Gunung Kidul dengan ciri khas memiliki hamparan berpasir putih dan gulungan ombak besar khas pantai selatan Samudera Hindia.

Meski tak ada sarana hiburan seperti yang terdapat di perkotaan, bioskop dan pusat perbelanjaan mewah, kawasan Gunung Kidul, Daerah Istimewa Yogyakarta memiliki sederetan pantai dengan banyak daya tarik memikat dengan keunikan dan kelebihan masing - masing. 

Ada 102 nama pantai cantik dan eksotik tercatat berada di Gunung Kidul, bahkan akhir - akhir ini ada beberapa lokasi pantai baru lainnya 'diketemukan', dapat dikunjungi sekaligus dalam satu kunjungan, salah satunya Pantai Siung, sebagai tujuan wisata keluarga. 


"pantai siung, surganya pecinta adrenalin panjat tebing"


Pantai Siung Jogja berada di Dusun Duwet, Kelurahan Purwodadi, Kecamatan Tepus, Kabupaten Gunung Kidul, provinsi Daerah Istimewa Yogyakarta. 


Untuk tiba berlibur berada di Pantai Siung, setiap pengunjung dikenai restribusi tiket seharga 10K dan serunya, satu tiket tersebut berlaku juga untuk kunjungan ke dua pantai tetangganya, Pantai Jogan dan  Pantai Nglambor.


Kedatangan liburanku di Pantai Siung Gunung Kidul di suatu hari itu disambut oleh langit cerah, nyaris tanpa terlihat adanya awan putih membayangi. 

Benar - benar saat itu alam sedang menyuguhkan pemandangan istimewa, langit tampak biru sempurna, selaras dengan biru jernihnya air laut kawasan pantai - pantai di Gunung Kidul.

Suasana yang kudapatkan disana sangat berbeda suasana dengan keseharian di kota tempatku tinggal karena letak kotaku berada jauh dari pantai. 


Di Pantai Siung ini, saat itu terlihat ada anak - anak yang berteriak senang, saat ombak pecah di kaki mereka. Segerombol remaja tampak sibuk berfoto di pinggir pantai dalam berbagai gaya, sambil tertawa - tawa bahagia. Ada pula yang terlihat sibuk dengan wajah antusias membangun kembali istana pasir, yang sempat rusak diterjang deburan ombak. 

Pasirnya putih sekali. 


"pantai siung, surganya pecinta adrenalin panjat tebing"

 

Beberapa lama waktu aku menyusuri sepanjang tepi pantai, membiarkan air laut yang saat itu terasa hangat terpanggang oleh matahari, membasuh kaki dan membasahi sebagian celanaku.

Tak ingin melewatkan kesempatan ketika berada disana, aku ikut menikmati panorama lautan luas berwarna biru dari ketinggian bukit karang di sebelah timur pantai melalui jalur pendakian tangga berundak yang telah disediakan untuk tiba di hamparan hijau di atas bukit. 

Terdapat beberapa jembatan bambu penghubung dari satu bongkahan karang satu ke bongkahan karang lainnya. Jembatan bambu diantaranya berada di sela - sela suburnya rerimbunan tinggi pohon pandan laut. 


"pantai siung, surganya pecinta adrenalin panjat tebing"


Seperti yang telah kuceritakan di awal, jika pantai - pantai di Gunung Kidul memiliki kelebihan berbeda satu sama lain, kawasan Pantai Siung Jogja memilki kelebihan sebagai lokasi olah raga ekstrim pemicu adrenalin panjat tebing. 

Dikelilingi oleh gugusan tebing batu karang tinggi menjulang nan perkasa dan membentang dari arah barat hingga ke timur yang tampak seakan membentengi Pantai Siung, medan tebingnya sesuai dengan jalur olah raga ekstrim panjat tebing bertaraf International. 


"pantai siung, surganya pecinta adrenalin panjat tebing"


Di Pantai Siung Gunung Kidul terdapat sebanyak 250 jalur panjat tebing untuk digunakan oleh para pecinta adrenalin pemanjat tebing pemula dan pemanjat tebing profesional. 


Lantas, beranikah aku menjajal kemampuan panjat tebing di Pantai Siung, meski untuk kelas pemula dipandu oleh pemandu terlatih dan dibekali dengan perlengkapan peralatan panjat tebing yang dijamin safety, seperti : Kernmantle Rope, Carabiner dan Hammer and Hanger ?.  

Jawabannya adalah ..., tidak sodara - sodaraa ... aaa, ha ha ha ..., parah😅!. Dasar pecundang 🤭.

Rasanya auto mendadak gamang ciut nyali saja melihat beberapa pemanjat tebing sedang bergelantungan merambat di ketinggian batu karang dan tepat berada di bawah mereka  tampak gulungan ombak besar datang silih berganti menghantam batu karang seakan terlihat siap menerkam tubuh mereka

Sebagai gantinya kali ini aku gagal mencoba memberanikan diri bergelayutan memanjat tebing ala - ala mister Sylvester Stallone dalam film Hollywood 'Cliffhanger' yang cukup memicu adrenalin, ... eh* itu kok aku bilang gagal kali ini 🤔?. Berarti lain kali aku punya niatan betulan berani nekad njajal panjat tebing di Pantai Siung ya ..., ho ho ho ..., lihat nanti ya, pemirsah 😉. aku kemudian mendaki gugusan batu karang dan berfoto disana.

Sementara ini aku kumpulin dulu saja nyali keberanianku memanjat tebing,  sambil berlatih memanjat di tempat yang ngga begitu ekstrim. Memanjat pohon pisang misalnya, eh*. 


Seperti kebanyakan destinasi wisata alam lainnya, Pantai Siung tak memberlakukan jam kunjungan yang mengikat. 

Pengunjung diberikan kebebasan jam datang berkunjung di lokasi, terlebih pantai yang tak kalah eksotik dengan pantai - pantai lainnya di Gunung Kidul ini seringkali digunakan untuk lokasi berkemah untuk melihat fenomena panorama matahari terbit atau sunrise dan panorama sunset atau matahari terbenam perlahan tenggelam di batas cakrawala. 

Saat senja perlahan turun, pemandangan sunset-nya luar biasa indah. Ada siluet pohon dan tebing yang seolah menghias langit. 

Karena rasanya tak cukup waktu dalam satu hari untuk mengesksplore ke tiga area nama pantai yang tercatat dalam lembar tiket restribusi : Pantai Siung, Pantai Jogan dan Pantai Nglambor, aku sengaja memilih bermalam di salah satu homestay murah dengan kisaran harga 75K permalamnya yang cukup banyak bertebaran tak begitu jauh ditempuh dari ketiga deretan pantai. 


"pantai siung, surganya pecinta adrenalin panjat tebing"


Diberi nama demikian, karena terdapat bongkahan batu karang yang jika diperhatikan bentuknya memang menyerupai bentuk sebuah gigi kera [Dalam bahasa Jawa, gigi kera disebut Siung Wanara]. Penamaan tersebut berdasarkan mitos yang berkembang di Pantai Siung.  

Satu hari telah kuhabiskan waktu bersenang - senang berlibur di Pantai Siung, kedua pantai lainnya seakan memanggil - manggil mengingatkanku untuk tak ketinggalan juga untuk dieksplore keindahan dan keunikannya ... .



Lokasi: 

Pantai Siung  

Dusun Duwet, Kelurahan Purwodadi, Kecamatan Tepus, Kabupaten Gunung Kidul, Daerah Istimewa Yogyakarta.

Comments

  1. Trzeba mieć odwagę by się wspinać :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. Później przyzwyczaię się do wspinaczki skałkowej 😄

      Delete
    2. tak,trzeba czasu :) Dziękuję za odwiedziny :)
      Czarny ptak miał zimno , było : - 15 stopni Celsjusza

      Delete
    3. Nie ma za co, dziękujemy za odwiedzenie, przyjaciele.
      Nie wyobrażam sobie, jak zimno osiąga -15 stopni Celsjusza 😱

      Delete
  2. Wonderful place to visit :-D

    ReplyDelete
    Replies
    1. One day i hope you can come to this beach ⛱️😄

      Delete
  3. Hola, que preciosidad de lugares nos enseñas , la verdad que para tener un año sabático y pelas ajjaja y ir a visitarlas . Gracias .
    Un fuerte abrazo con todo cariño.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Jajaja ... tu opinión es correcta, Campirela. Venir de vacaciones desde tu país aquí requiere una larga licencia 😆.
      Gracias por detenerte.
      Saludos abrazo beso amistad de nuevo.

      Delete

  4. OMG cantik, saya bisa melihat diri saya menyelam, memanjat (tapi bukan gaya Stallone 😆) menikmati panorama yang indah itu, iri apa (yang bagus, eh?) Dan makanan laut? Saya suka seafood! Terima kasih atas informasinya, saya akan mengingatnya!
    Pelukan dan semoga harimu indah!

    ReplyDelete
    Replies
    1. Wow, kamu keren, Yessy .. punya keberanian menyelam juga mendaki.
      Saya tertawa membaca komentar anda nama Stallone disebut 😆.
      Bisa jadi gaya memanjat anda mirip dengan Angelina Jolie dalam film Tomb Rider 👌.
      Sama-sama, saya juga berterimakasih anda telah meluangkan waktumu datang disini 🙏.

      Salam peluk persahabatan, que tengas un buen día con los fideos también!.

      Delete
  5. Absolute paradise for me, Himawan! WOW!!! Such utter beauty😊😊
    You have given me a fantastic virtual holiday today...oh thank you so much, my friend!!

    Stay safe and have a super day 🙏🙏🙏

    ReplyDelete
    Replies
    1. Stay safe and have a super day also dear friend YGraine 🙏🙏.

      I'm happy you like the beauty of the beach for this rock climbing location.

      Thank you for taking your time to come to visit here 😊🙏

      Delete
    2. It is always a huge privilege to visit your fantastic blog, my friend...😊😊

      Delete
    3. Oh, really Big Thanks my dear friend YGraine 🙏🙏.

      Delete
  6. Pięknie tam. Tyle wysp tyle tras wycieczkowych :).

    Ja mam lęk wysokości więc wybrałabym tylko bezpieczne drogi hihi :).

    ReplyDelete
    Replies
    1. Tak, w tej okolicy jest wielu przyjaciół na plaży. Jeśli zbadamy wszystkie istniejące plaże, może nie wystarczyć czasu w tygodniu.

      W porządku, jeśli tak, po prostu przejdź się po piasku 😊

      Delete
  7. What a beautiful beach with white sand! I also like those small wooden bridges. You always give us the opportunity to know your marvelous country through your reports.
    It's really a special place of your country!

    Best Regard, Himawan

    ReplyDelete
    Replies
    1. Thank you for appreciating my story report from this location, Giorgio.
      I never thought before that you would like a simple bamboo bridge circuit like that.

      Best regards also, Giorgio.

      Delete
  8. hati-hati jika sedang climbing
    harus konsentrasi penuh
    biar selamat

    ReplyDelete
    Replies
    1. Betul banget, mas.
      Salah dikit bisa-bisa nyawa jadi taruhannya.

      Delete
  9. Io in Italia sono quasi chiuso in casa per covid19, qui è pieno inverno e mi piacerebbe trovarmi in quei luoghi.
    Ciao buona giornata
    enrico

    ReplyDelete
    Replies
    1. Ciao Enrico in Italia. Grazie per aver visitato qui.

      Capisco la tua noia stare a casa a causa della situazione covid19 e della stagione invernale. Prenditi cura della tua salute, spero che questo post possa intrattenerti. Saluti di amicizia.

      Delete
  10. Thanks so much for the visit and comment. You have a beautiful place to to walk around. Best wishes and keep safe, Diane

    ReplyDelete
    Replies
    1. Your welcome, Diane.
      I also thank you for coming and your appreciation for my country.
      Best whises and keep safe.

      Delete
  11. Beautiful beach and place. I wouldn't dare climb that high up.

    ReplyDelete
    Replies
    1. I agree that this beach is beautiful.
      One day when you go to this beach you have to climb like I did 😊

      Delete
  12. Es un lugar por lo que nos muestras precioso, en cuanto a la escalada vertical en una ocasión me encontré con gente practicando pero les dije que yo subía por lo mas largo.

    Saludos.

    ReplyDelete
    Replies
    1. ¡Oh, GUAU ... resultó ser un escalador consumado !. Es tan genial que te encanta este deporte lleno de adrenalina. Saludo 👍.
      En su opinión, esta playa es hermosa y los acantilados de coral son difíciles de escalar.

      Saludos.

      Delete
  13. The beach is wonderful, but the rocks are even more gorgeous!

    ReplyDelete
    Replies
    1. Wow, you seem to like the rock climbing challenge ...

      Delete
  14. Le tue immagini e le tue descrizioni mi fanno desiderare di essere in quei luoghi da favola.
    sinforosa

    ReplyDelete
    Replies
    1. Spero che la mia descrizione possa essere una disposizione per farti venire su questa spiaggia, anche se è molto lontana dal tuo paese.
      Grazie Sinforosa.
      Saluti di amicizia.

      Delete
  15. Omg so pretty! <3

    www.pimentamaisdoce.blogspot.com

    ReplyDelete
    Replies
    1. That's the atmosphere of this beach ⛱️😊

      Delete
  16. so pretty places:) and wonderful landscapes:)

    ReplyDelete
  17. Pintu masuk yang luar biasa. Saya pikir tempat itu lebih menarik saya karena tidak ada bioskop, pusat perbelanjaan, atau restoran di sekitar. Fakta memiliki kemungkinan menjadi alami menarik saya lebih dari apa pun. Seperti berada di film tentang orang yang karam atau Di Caprio. Negaramu memang tiada habisnya tawaran wisata, sobat Himawan. Sangat disayangkan bahwa pandemi tidak memungkinkan untuk bermimpi berada di sana. Tapi betapa indahnya Anda menyebarkan surga ini. Di waktu yang tepat !!

    Pelukan erat.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Halo sobatku Carlos.
      Saya lantas teringat tentang film Leonardo Dicaprio yang anda maksudkan ..., Film 'The Beach'.
      Nah, sedikit banyak pantai Siung ini ada kemiripan lansekap dengan lokasi shooting film tersebut yang berada di Thailand.
      Terimakasih besar untuk apresiasi anda, semoga pos ini dapat menghibur kekecewaan siapapun yang belum memungkinkan datang kesana karena pandemi atau kondisi yang lain.

      Pelukan erat!

      Delete
  18. Bardzo ładne plaże, z chęcią bym się na takich poopalała;)

    ReplyDelete
    Replies
    1. Fajnie się opalać na plaży… skóra zbrązowieje, a potem będzie zdrowsza 😊⛱️.
      Miejmy nadzieję, że to się spełni.

      Delete
  19. You have a beautiful place to to walk around. Absolute paradise

    ReplyDelete
    Replies
    1. Thank you very much for seeing that, Basia.
      Your country also has many beautiful places.

      Delete
  20. This is where I would like to get lost... so beautiful! Love the tropical vibes.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Wow, your wish is cool, Radi !.
      It would be a memorable experience to get lost on a beach.

      Delete
  21. memang pantai yang ada di daerah gunung kidul keren-keren banget ya mas, ga kalah keren dengan pantai yang ada di ujung utara pulau jawa hahaha :D.. sebetulnya gw suka wisata pantai, melihat air yang begitu banyaknya dan warnanya biru bener-bener bagus, di tambah pasirnya yang berwarna putih.. sayang di jepara cuma beberapa aja pantai yang mempunyai pasir putih.. hmm gw jadi langsung pengen ke jogja mas, pake pintu kemana sajanya doraemon hahaha :D

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hahahaha .. kemana sih ya doraemon .. ditunggu2 ngga muncul2 jugaaak.
      Dah lama bangrtbaku juga nunggu buat nganterin aku ke Karimunjawa secara gretongan alias gratisan 😆!

      Delete
  22. Bellas playas me gustaría mucho conocerlas . Te mando un beso

    ReplyDelete
    Replies
    1. Rezo por tus deseos, J.P. Saludos, beso de mi parte.

      Delete
  23. Banyak pantainya berarti banyak yang bisa dieksplorasi nih..

    ReplyDelete
    Replies
    1. Yuhuu, mas ...
      Ambil saja liburan dua mnggu full di kawasan sana, hasilnya bisa dapat banyak info buat konten, wwkkk.

      Delete
  24. Indah sekali permandangan pantai nya.
    Aduh.. aku lihat tangga tu terus terasa capek!!

    ReplyDelete
    Replies
    1. Biar tidak capek, bentar2 istirahat duduk di tangga, kak :)

      Delete
  25. Looks an attractive beach.
    Don't think I would walk along that path in the last photo :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. Oh, it looks like you are afraid of heights ..., but that's okay because walking on the sand is no less fun 😉

      Delete
  26. Dari dulu memang terkenal indah pantai-pantai di daerah ini.. Thanks. Dengan jarak yang jauh, biar kami mengenalnya lewat tulisan di blog ini...

    ReplyDelete
    Replies
    1. Ur welcome, bang.
      Aku juga senang hasil blusukanku datang jauh ke pantai ini (dari rumahku hampir 4 jam!) diapresiasi baik oleh semua pengomentar 😊

      Delete
  27. gunung kidul memang surganya pantai ya mas himaa.. aku baru pernah berkunjung ke indrayani ajaa. maksud hati tahun 2020 mau eksplor lagi pantai di gunung kidul, tapi apa daya masih ada covid..

    ReplyDelete
    Replies
    1. Karena kak Thya takut terpapar covid19 tunda saja ... duluuu pergi ke pantainya ..., ho ho ho .

      Kecuali, berani diri saja bepergian tapi di lokasi tetap lakukan prokes maksimal.

      Delete
  28. Le sable est vraiment bien blanc!
    Les ponts en bambous sont jolis mais ça fait un peu peur quand même :D
    Bonne journée

    ReplyDelete
    Replies
    1. Oui, mon pote. Pour ceux qui n'ont pas l'habitude de traverser un pont en bambou, ils auront certainement peur car lorsqu'ils seront piétinés, il rebondira.
      Merci pour votre appréciation et prenez le temps de visiter ici.
      Bon weekend.

      Delete
  29. Wouuw... wonderful beach......
    Sukaa.. ngelihat indahnya pantai.. laut yang biru dengan deburan ombak nya..
    Rasanya ..pingin lari- lari terus kalau di pantai... seperti anak kecil wkwkwk...
    Wah... ternyata daerah Gunung Kidul ini punya sumber daya alam yang luar biasa.. bayangin ada 102 nama pantai...!! wuaah .. asyiikk..🤩
    Rata-rata orang bule di atas ngomong kalau pantai Siung ini surga..😅
    Memang sich pantai Siung tampak eksotis .👌
    Oh ada fasilitas panjat tebing juga..
    Coba ya waktu kecil dulu aku belajar panjat tebing..hihihi😂
    Picture pertama baru nyadar .. eh ternyata brad Him it berdiri di atas karang guede... .keyen.. euy eksotis 👌👍
    Terus yang ngejepret kameranya siapa ya??😅



    ReplyDelete
    Replies
    1. Berani panjat tebing juga kan akuuu ....tuch ada bukti fotonya. Hahahaha 😆!.
      Keren ya angle pengambilan fotoku itu.
      Fotografernya sodaraku sambil kuarahin komposisi foto yang kuinginkan 😊.

      Seriusan, aku yakin sista Fidy sebagai beach's lover amat sangat 🏖️ ...bakalan betah dan puas diri datang ke kawasan pantai GunKid ini ..., seminggu pun berada disana bakalan kerasa kurang waktu, eaaaa ...aaa 🤩

      Delete
    2. Oouw.. panjat tebing di tebing batu karang?wkwkwk.😅
      Ada jembatannya kan ya menuju jalur ke batu karang tsb? Jembatan bambu itu kan?
      Wah pinter juga ya saudara nya yang motretin objek dan pas angle nya.. jadi keren hasilnya .. tapi atas arahan juga dari sang suhu..😅
      Ouw iyaa bangett..
      I am a beach's lover.... so pasti love these beaches in GunKid..🤩
      Aku bakalan betah selama seminggu or sebulan berjemur, main -main dan stay di satu pantai ke pantai lainnya di Gun Kid... ntar jadi anak pantai dong?? Ntar bawa Sun Cream berbotol botol..😂
      I feel like in a paradise island...🏖🏝
      Asal kalau ke sana nya pas musim panas kali aja ya?
      Kalau pas musim hujan... kurang nyaman..

      Btw... kalau kita bisa panjat tebing ..wouw bisa panjat apa aja dan menclok dari satu gedung ke gedung pencakar langit lainnya..wouw kayak spider man🕷..asyik ya? 👌😂😆

      Delete
    3. Meski foto terlihat keren tapii .. sebenarnya cukup perjuangan juga berdiri nangkring di atas batu karang begitu, loh ...
      Tajem batu karangnya 😄.
      Salah pijak dikit bisa tergelincir dan siap2 kulit pada lecet2, jugaa .. siap digulung ombak 🌊🤭.
      Egh, tuh memang sista Fidy ngga takut kulit jadi gosong stay vacation lama di pantai 😁 ?.
      Kulitku saja selama 2 hari disana kelihatan berubah lebih gelap daripada kulit yang tertutup pakaian hohoho ..

      Delete
    4. Waah...yernyata perlu perjuangan juga ya mencapai batu karang , di samping licin juga tajam kan? Iya kalau salah pijak.. bahaya.. bisa tergelincir ... 😱
      Aku dulu saat naik ke batu karang itu nggak terjal seperti dalam foto ini. Batu karang nya memanjang dan menjorok ke tengah laut.. Jadi nggak takut kalau dibuat berfoto di sana..
      Jadi ingat masa liburan kuliah bareng teman-teman ke pantai Grajagan di Banyuwangi..🏝 .😊
      Itu aja minta ijin ke ortu sulit tapi dengan memelas akhirnya dikasih ijin wkwkwkwk..😂
      Ooh... sebenarnya mikir juga kalau kulit jdi gosong kalau stay vacation lama di pantai... tapi berhubung keinginanku lebih kuat..untuk stay longer on the beach🏖🏝 ljadi.. nggak apa-apa lah kulit jadi gelap sementara ntar lama kelamaan kan bisa balik ke warna kulit asli😅
      Pernah loh saat masih kecil masih SD dulu aku pakai baju renang.. bikin rumah dari pasir pantai .. nggak gunain sun block cream.. dan punggunggku sampai terkelupas merah terbakar matahari
      Tapi lama kelamaan bisa normal kembali.😅

      Delete
    5. Kenapa tetiba aku jadi ngakak kebayang gimana sista Fidy pasang wajah akting memelas ke ibunya, yaa .. hahaha 😂!.
      Apa ngga tambah kena omelan tuch setelah lihat kulit gosong sekembalinya dari pantai ..

      Delete
    6. Wkwkwkwk.... iya minta ijin nya harus pakai ekspreai memelas dulu.. merengek sedikit.. aku bilang semua teman ikut masa aku nggak ikut ? Akhirnya diijinkan.. liburan saat itu aku bareng teman-teman banyak naik kereta api belum ada patas jadi KA ekonomi jurusan Malang -Banyuwangi... bayangin 6 jam karena berhenti di stasiun tiap kota.. luamanya sampai bosan.. untungnya barengannya banyak jadi enjoy seru-seru aja. Pantai di Banyuwangi bagus-bagus. Kita semua nginap di penginapan pantai Grajagan. Pulang-ke Malang memang kulit rada coklat tapi nggak diomelin kok .. itu pengalaman ke pantai 🏝bareng teman-teman dan nggak terlupakan..
      Itu jamannya lagunya sheila on 7..wkwkwk😅

      Delete
  30. Hello Himawan,
    What a great place to be. Wonderful that beach. So nice!!
    And great to go to the rocks and climb the cliffs. Not easy and very dangerous. Take care!!

    Greetings, Marco

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hello, Marco too.
      Yes, because I didn't have the guts yet, I finally gave up trying to climb a high cliff, just climbing a medium-sized rock hill.
      Thank you for your attention.

      Greetings, Himawan.

      Delete
  31. ...on this cold winter day the beach looks wonderful, thanks for warming me up.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Thanks this sunny beach post is able to warm you up in the ongoing winter in your country., Tom.
      Take care always.

      Delete
  32. Ja is echt schade, dass die Hose so schnell gerissen is. Denke nicht, dass New Yorker meinen Post liest :D Liebe Grüße

    Great post, I love adventures like this =) It's so beautiful if you hike somewhere and see the beautiful view =)

    ReplyDelete
    Replies
    1. Es ist nicht unmöglich, dass Ihr Beitrag von New Yorkern auch aus der ganzen Welt gelesen wird 😊

      Cool, you like a location that challenges adrenaline like on this beach 👍

      Delete
  33. Essa praia tem um aspecto maravilhoso, gostaria de conhecer.
    saudações
    Coisas de Feltro

    ReplyDelete
    Replies
    1. Esperamos que um dia a sua curiosidade por esta praia seja satisfeita, você tenha a oportunidade de estar lá.
      Saudações

      Delete
  34. I discovered your blog by accident. I followed you. I expect you to my page too. :)
    https://bahardantavsiyesi.blogspot.com/

    ReplyDelete
    Replies
    1. Oh, thanks a lot for all my new friend.Soon I will follow you too.
      Stay in touch.

      Delete
  35. Gusta ver estas imágenes ahora amigo . Sería bueno estar en esa playa asi pasamos mejor el frío que tenemos.
    Gracias por compartir tus buenos paseos.
    Buen jueves. Cuídate.
    Un abrazo.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Cuida bien tu salud durante el invierno que se vive en tu país, amiga.
      Me alegra que esta imagen de playa pueda brindarle calidez.
      Feliz domingo saludos.
      Un abrazo.

      Delete
  36. Mas, kamu ga fotoin tebing2 yg dijadiin arena panjat tebingnya yaaa? Penasaran mau liat seextreme apa. Tapi rasanya aku juga g berani sih, Krn panjat tebing butuh skill dan kekuatan lengan Ama tubuh bagian atas. Dan aku cukup tau diri ga ada skill itu hahahaha

    Kec dibikin kegiatan extreme bungy jumping dr atas tebing, naaaah aku ikutan ituuuu hahahaha

    Tumben fotomu ga banyaaak :D

    ReplyDelete
    Replies
    1. Sengaja foto tebingnya ngga kuupload biar kak Fanny penasaran terus ... Cuuuz berangkat mantai kesana, hahaha 😄.

      Wiiiih, memang benar bernyali besar kak Fanny ini ..berani beneeer kalau ada bungge jumping di pantai GunKid bakalan dicobain 😱!

      Delete
  37. Encantador lugar amigo para pasar uno o varios días disfrutando de sus playas y de ese bello entorno acantilado. La arena de la playa se ve maravillosamente bien así como sus cristalinas aguas.
    Un fuerte abrazo amigo.

    ReplyDelete
    Replies
    1. La descripción imaginada de esta playa es acertada, amigo Juan.
      El agua en esta playa es clara y rueda grande.
      El abrazo de un amigo.

      Delete
  38. Un lugar paradisíaco ... belleza en estado puro... disfrutalos..
    Saludos

    ReplyDelete
    Replies
    1. Gracias por tu opinión sobre esta playa, amiga Esmeralda.
      Saludos

      Delete
  39. A big WOW!
    What a gorgeous looking beach.
    I enjoyed reading your post and seeing the photographs.

    All the best Jan

    ReplyDelete
    Replies
    1. Big Thanks for all, Jan.
      I really appreciate your opinion.
      Hug

      Delete
  40. sekali tengok macam private beach pun ya... kawasan pun cantik lagi mendamaikan

    ReplyDelete
    Replies
    1. Sebetulmya tidak seperti private beach, tapi ramai pengunjung, kak.
      Hanya aku saja yang memang sengaja nunggu waktu memotret lokasi terlihat sedang sepi 😄

      Delete
    2. ooo ya ke? sekadar selingan... salah satu dialek negeri di malaysia, siung (siong) bermaksud taring (gigi tajam) adakah di situ pernah terjumpa taring? hahaha

      Delete

  41. wonderful post, very beautiful photos
    have a nice day!
    http://www.mosaictrends.com/

    ReplyDelete
  42. Uwww jadi kangen jalan2 ke Jogja deh. Waktu itu pantai yang saya kunjungi di Gunung Kidul itu baru Pantai Indrayanti. Eh bener kan ya di Gunung Kidul? Kalau Pantai Siung itu terkenal dg panjat tebingnya ya. Moga saya ada kesempatan untuk mengunjunginya nanti2 :D

    ReplyDelete
    Replies
    1. Bener banget pantai Indrayanti letaknya di GunKid, kak.
      Siaap .. , pantai Siung udah nunggu dikunjungi kak Nita, tuh 😁

      Delete
  43. Che bei luoghi !!!Io qui, chiusa in casa, vorrei esserelì!! Saluti.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Prego che la situazione nel vostro paese venga presto liberata dalla chiusura a casa a causa di Covid, in modo che possiate fare una vacanza al mare.
      Saluti.

      Delete
  44. Oh banyak juga ya pantai indah di gunung kidul, kemarin pantai ngrumput, sekarang pantai siung. Tebakanku selanjutnya adalah pantai Jogan nih.

    Kenapa daerah gunung kidul tidak ada bioskop atau pusat perbelanjaan mewah mas, padahal lokasinya tidak jauh dari Jogja ya?

    Murah juga tiketnya ya mas, cuma 10 ribu, mana tiket tersebut bisa untuk masuk pantai lainnya yang berdekatan. Homestay nya juga cukup murah cuma 75k semalam.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Tebak2 buah manggis, ya maas .. yang salah nebak postingan berikutnya adalah pantai Jogan, wajib mangkal ...eh, salah .. hahaha 😅, maap 🙏.

      Lokasi pantai2 ini jauuuuh ... dari pusat kota Jogja, mas.
      Pantai Siung ini termasuk lokasi pantai terjauh ditempuh waktunya, hampir 3 jam lebih, mas.

      Delete
  45. Such a beautiful place to see and visit. Thanks for sharing !

    ReplyDelete
    Replies
    1. Your welcome, Bill.
      Thanks for stopping by and love this beach look.

      Delete
  46. This beach is so beautiful :)

    ReplyDelete
  47. Thank you for stopping by my blog lovely! I appreciate your comment!
    I'm here to share some positivity!
    Greetings from Italy,
    Sonia Verardo
    http://www.soniaverardo.com/

    ReplyDelete
    Replies
    1. Your welcome, Sonia.
      Thank you also for your return visit and appreciation.
      Saluti da me in Indonesia a te in Italia.

      Delete
  48. Amei as fotos

    http://juliamodelodemodelo.blogspot.com/

    ReplyDelete
  49. Mas Him jago eu dalam mendeskripsikan suasana pantai Siung. Saya seperti berada di sana saat membaca deskripsi mas Him ini

    Di Pantai Siung ini, saat itu terlihat ada anak - anak yang berteriak senang, saat ombak pecah di kaki mereka. Segerombol remaja tampak sibuk berfoto di pinggir pantai dalam berbagai gaya, sambil tertawa - tawa bahagia. Ada pula yang terlihat sibuk dengan wajah antusias membangun kembali istana pasir, yang sempat rusak diterjang deburan ombak.

    Pembaca (saya) seperti berada di tempat itu, keren sekali mas. Jauh lebih baik kalau disertai dengan video dalam postingan blognya mas hehehe (hanya usul mas, jangan marah), salam hangat dan terus berkarya, saudaraku...

    ReplyDelete
    Replies
    1. Wuaah apa hiyaa tow, maas ..., hahahahs jadi malu dipuji begitu 😄.
      Lah wong aku cuma menuliskan suasana lokasi yang kulihat pada saat itu kok, mas Martin 🤭.

      Pengin sih ada cuplikan video di artikel ini.
      Tapiii ...meski file sudah dikompres tetap gede ukuran file-nya, mas.
      Bikin loading blig jadi lama 😕

      Delete
  50. harga tiketnya sangat murah ya, cukup 10ribu rupiah saja, sudah bisa nikmati dua pantai. kalo saya dekat sana mungkin sering ke sana, haha

    ReplyDelete
    Replies
    1. Mantul akh keinginanmya sering mantai ...
      Domisilinya pindah kesana aja kalau gitu, mas 😁

      Delete
    2. hmmm... sayangnya ga punya kerabat di sana

      sebenarnya saya tertarik liat karang sama pantai gitu walaupun ga bisa renang hahhaa

      Delete
  51. Such a beautiful place. I'll need to add it to my must-see list xx

    ReplyDelete
    Replies
    1. good choice, we Indonesian waiting for u to visit :)

      Delete
    2. @ Della :

      Amen, I hope that someday you will be able to visit the beach that has been included in your list of vacation locations.

      @ Intan :

      Terimakasih mister Ju-bir Juru Bibir ...., Eh* salah .. wwkkk .
      Juru bicara maksudlu 😆

      Delete
  52. You are brave with this rock climbing. Love foto

    ReplyDelete
    Replies
    1. I tried to be brave, even though I was afraid too. Thank you for your appreciation.

      Delete
  53. Bom dia meu querido amigo, parabéns pela matéria.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Boa noite meu querido amigo.
      Desculpe pelo atraso em responder aos comentários.
      Obrigado pelo seu apreço.

      Delete
  54. Oh sow ionderful place, the photos are stunning, so adventure!
    xx

    ReplyDelete
    Replies
    1. yes, the photographer is very good to catch them

      Delete
    2. @ Sakuranko & @ Intan Sudibjo :

      Thanks a lot, hatur nuhun 😊🙏

      Delete
  55. Lugar paradisíaco. Praias calmas e maravilhosas. Fiquei com ciúme dessas suas férias, mlol
    .
    Feliz fim de semana
    Cuide-se
    .
    Pensamentos e Devaneios Poéticos
    .

    ReplyDelete
    Replies
    1. Espero que você também possa sair de férias em breve, Rykardo.
      Obrigado pela sua atenção.
      Sempre tome cuidado, amigo.

      Delete
  56. Kakkk beneran lho pemandangan pantainya bagus banget! Langitnya cerah dan bersih nggak ada awan, cakep banget di foto 😍. Aku jadi membayangkan diriku sedang ngaso di pantai sambil minum air kelapa, enak banget kayaknya 🤣.
    Btw, panjat tebingnya extreme sekali ya, langsung di pinggir laut 😂. Aku juga mikir-mikir lagi kalau situasinya seperti itu wkwkwk. Semoga lain kali Kakak udah punya keberanian yang full untuk mencoba panjat tebingnya 🤭

    ReplyDelete
    Replies
    1. saya gapapa deh jadi tukang kelapa nya yang penting masuk dalam khayalannya wkwkwk

      Delete
    2. @ Lia :

      Wwwkkk ...
      Idem kita, Lia ...
      Mikir dua kali dulu dobel nyali ngga-nya nyobain gelantungan panjat tebing tepat di atas gelombang besar 🌊😅

      Tuh , ada yang nyodorin jadi pemetik kelapa .. , hahahayyy 😂

      Delete
  57. Explore semua Bro,
    Apakah dirimu butuh ditemani untuk mengeksplore itu semua?,, sabarrr, akan tiba waktunya kita bersama menelusuri alam raya ini, hiahahaha

    ketawa ala Wiro Sableng dot kom

    ReplyDelete
    Replies
    1. Aseeek ..
      Merdu sekaleee ketawa ngakak mu ala wiro sableng, masbroooo .. , hahaha 😂!.

      Akhziyaap ..
      Kutunggu waktunya kita travelling barengan 🕵️

      Delete

  58. Panjat aja mas kalau jatuh ada kang satria yang menyabut dari bawah 🤣 😛😛🏃‍♂️🏃‍♂️

    ReplyDelete
    Replies
    1. Akh apa hiyaa .., kok dolo aku pernah jatoh bukannya disambut kang Satria ...tapii ...malah mas Satria ngaciiir ...
      Hahaha .., jadinya bonyoklah saiaaa waktu itu 😂

      Delete
  59. Ada 102 pantai di gunung kidul. Cukup banyak yaa kang. Udah kunjungi berapa pantai nih ehehee

    ReplyDelete
    Replies
    1. Berapa pantai yang udah kudatengin ... Raatusaaan .., tapi bo'ong, hahahaha 😂
      Soalnya waktunya belum memungkinkan mengeksplore kesemuanya, mas 🤭

      Delete
  60. saya jago berenang alami karena tinggal di kota seribu sungai...tapi kalau panjat panjat sih kurang...berani sih berani, tapi tebingnya itu lho yang ga ada di kampung he he he...kalau ada pingin nyoba eh

    ReplyDelete
    Replies
    1. Aku nebaknya mas Sofyan tinggalnya .. di Kalimantan !. Bener ngga yaa .. .
      Wuidiih seriusan nih brani nyobain panjat tebing 🤔 ?

      Delete
  61. Que maravillosos paisaje, que playa mas idílica y bonita, una delicia poder disfrutar de ella.
    Gracias por compartirla.
    Saludos. amigo.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Gracias también por la visita y agradecimiento de ti, mi amigo José.
      Es de esperar que en un futuro próximo puedas tomarte unas vacaciones en la playa.
      Saludos.

      Delete
  62. pantai di GN Kidul khas banget ya mas sama tebingnya
    aku juga gaberani kalau panjat tebing gitu
    cuma kadang penasaran apalagi kalau denger suara ombaknya
    dih pengen foto di karang karang itu
    sambil pakai baju renang ala ala Miss Universe wkwkw

    ReplyDelete
    Replies
    1. Wwwkkk .., bisaaa ajaa mas Ikrom celetukannya bikin ngakak tanpa sadar😂!.

      Delete
  63. Pernah ke siung ini sekali...sekalian ke nglambor waktu itu. Masih enaknya, masih sepi.. nggak kayak Indrayanti yang terlalu rame klo menurutku.

    Btw, semenjak Corona aku blm pernah ke pantai GK lho... Tertib banget ya aku😀 kemaren pengen, cuma psbb ini katanya harus pke hasil rapid antibodi. Akhire ga jadi. Di rumah aja, ngedrakor

    ReplyDelete
    Replies
    1. Persis seperti pendapat kak Sulis, p. Indrayanti cuma bagus deretan kiosnya yang sekilas mirip Kuta.
      Dulu aku malah ngga foto2 di p. Indrayanti, eh skr nyesel jugaak.
      Kan bisa sekalian buat postingan ya 🤭.

      Met ngedrakor, kak . tapi lantas ngga baper, kaan .. 😁hehehe

      Delete
  64. Replies
    1. Patiently waiting for the right time to go to the beach, friend ...

      Delete
  65. Gunung kidul wisata pantainya banyak memang ya dan banyak yg baru terekspos. Aku sering banget lihat ulasan ttg pantai disana. Kelihatan pengunjungnya belum banyak dan pemandangannya keren.

    Penginapannya murah ya mas, 75k semalam. Bahas juga ttg penginapannya itu dong mas Hima hehe

    ReplyDelete
    Replies
    1. Selama ini malah ngga kepikiran buat ngulas penginapan, kak ...hahahaa, payah ya !.
      Sebenarnya manyan juga buat nambah2 jumlah postingan 🤭

      Delete
  66. Thank you. That looks very, very special and a wonderful place to rest and relax and savour the beauty.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Your welcome, friend.
      Thanks a lot for visiting from you and love this sea view.

      Delete
  67. Immagini incantevoli! Una natura in cui liberare la mente e cimentarsi in sport che appagano spirito e corpo. Complimenti!

    ReplyDelete
    Replies
    1. Oh, che grande apprezzamento da parte tua per le foto qui.
      Grazie mille amico mio.
      Saluti dall'Indonesia a te in Italia.

      Delete
  68. Saluti ! Grazie per essere passato. Ciao

    ReplyDelete
    Replies
    1. Ciao Mirtillo.
      Prego, ringrazio anche te della visita.
      Saluti di amicizia.

      Delete
  69. Tylko żebyś nie spadł ze skały! :) zachwycam się zdjęciami.

    ReplyDelete
    Replies
    1. I dzięki Bogu, że nie upadłem, kiedy tam byłem.
      Bardzo dziękuję za uznanie.

      Delete
  70. saya juga suka pantai.. tapi kita di KL tak ada pantai hehe

    ReplyDelete
    Replies
    1. Oh, iyakah tak ada pantai di KL ..
      Aku baru mengetahui informasinya dari kamu.

      Delete
  71. Pantai Siung dan deretan pantai gunung kidul lainnya emang the best sih. Indahnya dapet, murahnya dapet, aksesibilitasnya juga dapet.

    ReplyDelete
  72. Adoro praias, amigo; e, pelas fotos são muito lindas as praias do teu país! Deve ter sido maravilhoso, esse passeio! Meu abraço, boa semana.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Bom saber que você também gosta de praia, cara.
      Na Indonésia, existem várias praias bonitas, mas também existem praias menos bonitas.
      Abraço de boa semana também, Amigo árabe.

      Delete
  73. I am impressed. Incredible.

    ReplyDelete
  74. Replies
    1. Tak przyjacielu. Piękne krajobrazy naturalne. Zgadzam się z Tobą.

      Delete
  75. Wah aku udah nungguin foto Mas Himawant manjat tebingnya loh, eh tau2 ga ada 😅 Ayp lain kali dicoba mas. Hehehe..
    Ternyata banyak jg ya pantai di gunung kidul, sampe 102. Pasirnya juga putih baaguus.. Aku klo ke Jogja blm pernh nih k pantai2, biasanya cma ke Candi n Malioboro aja 😅 mainstream bgd ya 😂😂

    ReplyDelete
    Replies
    1. Kak Thessa dulu yuk yang panjat tebing ..., hahaha ..
      Hayoook braniii nggaa 😄?.

      Delete
  76. Wow wonderfull. This place is very nice, I like there:)

    ReplyDelete
    Replies
    1. I see it that way too, friend. The view is impressive.
      Hopefully someday it will be your turn to go there 😊

      Delete
  77. wow, the place is beautiful, but the price of the ticket - a bit too expensive ...
    greetings

    ReplyDelete
    Replies
    1. Ticket prices are not expensive, Lili.
      But very affordable.
      Only 10 thousand rupiah to come to the three beaches [Approximately 1.5 US dollars].
      Greetings

      Delete

  78. Bagus ulasannya, rumahfiksi.com hadir

    ReplyDelete
  79. belum komen udh ngos2an dulu nih mas, berasa seperti panjat tebing beneran (pdhl sih blm ngalamin panjat tebing), ngos2an narik komennya udah byk banget... hehe.... keren... pemandangannya juga keren, sayangnya saya gak terlalu hobi panjat tebing tuh mas... org panjat pohon jambu aja udh gemetaran, apalagi tebing... bisa2 nemplok doank kayak cicak... :D

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hahaha ..
      Tuh kaan bisaan deh komentar kayak gitu , bikin jadi ngakak bacanya 😄.
      Kalau capek, yuk di urut.
      Eh* ... wwkk!.

      Delete
  80. Keren Mas..jadi pingin main-main kesana

    ReplyDelete
    Replies
    1. Yok di noted lokasi pantainya, mas.
      Ntar pan kapan didatengin.

      Delete
  81. The beaches are so pristine and I do love that white sand! That's great that you had the courage to try rock climbing. I could not brave it, but I would gladly watch others try!

    ReplyDelete
    Replies
    1. I was desperate to climb a cliff for the sake of a photo for the article 😊, luckily I am fine.

      Thank you very much for your appreciation, Theresa.

      Delete
  82. the sky, the sun, the sea, the sand...nice view..

    suka bahasa nya pak..begitu puitis..

    ReplyDelete
  83. Halo Teman! entri yang bagus. dibutuhkan banyak keberanian untuk memanjat batu. Saya tidak tahu apakah saya bisa melakukannya. Saya suka olahraga ekstrim. Saya suka melihatnya: D
    foto yang indah. Saya suka laut.
    Saya harap saya menulis dengan baik. lidahmu keras tapi indah.
    Salam dari Polandia!

    ReplyDelete
  84. What an amazing and beautiful place! I'm afraid of heights, but I enjoyed seeing<3

    akiko
    www.akikohiramatsu.com

    ReplyDelete
  85. Thank you very much for your visit to my blog and very glad for your kind comment. a beautiful travel blog I will follow you now Even if we are in very far parts of the world; blog friendships are priceless.
    Best wishes from Turkey/İzmir
    Ps. You should see the Turkey absolutely

    Bigudili Anne

    ReplyDelete
  86. Cantiknya keindahan alam..tak pernah lagi pergi kesana..harap suatu hari nanti boleh ke sana

    ReplyDelete
  87. luar biasa pantainya...pasir putih....ombak....sangat indah.
    Thank you for sharing photos and story

    ReplyDelete
  88. Wowww langitnya sempurnya ya mas, seolah bener2 menyambut kedatangan mas Hima hihihi, untuk 10K dapat 3 pantai sekaligus ini sih murah banget, meskipun sebenernya pantai2 di jogja memang terjangkau.

    Dannn homestaynya itu kaya apa penampakannya mas? review dong, kok bisa semurah itu sih, bisa buat bertiga ga sama anak gitu, kalau semurah itu kan mau nginep juga ga pake mikir, daripada ga kejamah semua pantainya mending nginep kan

    ReplyDelete
  89. Lebih sering menulis dengan gaya berima, ya, Mas Hino. Cara bertuturnya bikiin saya seakan turut terlibat
    Pantai Siung itu cocok baget bagi para pencinta alam, sekali masuk bisa pilih beragam hal menyenangkan. Saya penggemar film "Cliffhanger", jadi pengen nonton filmnya lagi.

    Urusan memanjat tebing itu sungguh menguji nyali tetapi asyik banget karena merangsang adrenalin berpacu kencang. Olahraga ekstrem yang pernah ingin saya jajal sayang tidak kesampaian juga.

    ReplyDelete

Post a comment

Popular posts from this blog

Kampung Ulam Ngrajek - Tempat Makan Bernuansa Etnik Jawa

Kalian bingung memilih tempat makan selepas jalan - jalan mengelilingi kawasan wisata candi Borobudur, atau juga bingung menentukan tempat makan berkonsep tematik buat dijadikan lokasi ngumpul asyik bareng teman - teman, dan juga tentu saja lokasinya keren untuk fefotoan ?.  Kampung Ulam Ngrajek tempat makan dengan suasana tradional Jawa Tengah yang unik dan artsy  yang kudatangi ini mungkin nantinya bisa juga jadi rekomendasi tujuan liburan untuk kalian.  Mengusung tema tradisional dan artistik, Kampung Ulam Ngrajek dengan luas areanya terdiri dari tiga bangunan Limasan berukuran besar berhiaskan beberapa lampu gantung antik terlihat mewah, dan terdapat tiga bangunan Joglo rumah tradional Jawa tempo dulu yang mengingatkanku tentang suasana pedesaan tempat rumah nenek buyutku dulu tinggal.  Terletak berada di tepi jalan dan dikitari oleh hamparan lahan persawahan, udara disana tetap terasa sejuk meskipun keseluruhan ruang Limasan dan Joglo di Kampung Ulam Ngrajek tidak ber-AC karena se

Umbul Senjoyo - Pemandian Eksotis di Lereng Gunung Merbabu

Terpaan sinar cahaya matahari pagi yang melimpah menjelang siang tengah hari saat itu, terasa cukup menyilaukan pandangan mata namun udara tetap terasa semilir sejuk menerpa permukaan kulit, mengiringi perjalananku memasuki kota Salatiga dan selanjutnya mengarah ke arah kota Boyolali untuk menuju lokasi liburan yang berada di lereng gunung Merbabu, Umbul Senjoyo .  Wisata Umbul Senjoyo terletak berada di desa Jubug, kecamatan Tengaran, kelurahan Tegalwaton, kota Salatiga, kabupaten Semarang. Untuk mencari dan menemukan keberadaan letak lokasi pemandian umum Umbul Senjoyo yang dua dari lima bentuk kolam besarnya memiliki bentuk lebih menyerupai sendang alami dan berair sangat jernih ini, tidaklah menemukan kesulitan berarti dalam mencarinya.  Lokasinya cukuplah mudah untuk diketemukan.  Rute ke arah lokasi patokan termudahnya adalah terminal bus Tingkir kota Salatiga.  Tak begitu jauh jaraknya dari Terminal Tingkir, di lampu traffic light belokan pertama perjalanan dilanjutkan berbelok

Candi Mendut Peninggalan Dinasti Syailendra yang Memesona

Menempuh jalan pintas dengan cara melewati beberapa pedesaan perkampungan warga sengaja kupilih untuk menuju ke candi Mendut sebagai jalur keberangkatan tiba di lokasi dan jalur kepulangan yang berbeda setelah liburanku di candi peninggalan ribuan tahun silam yang dihiasi arca singa yang berada di Kecamatan Muntilan.  Sengaja kupilih jalur yang berbeda, tak lagi melewati jalur kedatangan dari desa Gunung Pring ke candi Ngawen, tapi blusukan  melewati beberapa pedesaan untuk sampai di lokasi candi Mendut terletak di desa Mendut, Kecamatan Mungkid, Kabupaten Magelang. Relief indah Hariti  dipenuhi ukiran bunga dan suluran di dinding bilik penampil.  Candi Mendut bercorak Buddha ini sebenarnya letak lokasinya sangatlah mudah ditempuh dan mudah diketemukan karena lokasinya berada tepat di pinggir jalan besar menuju ke lokasi candi Borobudur, jika ditempuh dengan cara tak melewati rute jalur pintas seperti yang kulakukan sepulang dari candi Ngawen.  Pun adanya ketersediaan tra