Langsung ke konten utama

Bentangan Formasi Bebatuan Eksotik Kali Bogowonto Purworejo

Aku merekomendasikan jika kalian berkeinginan datang berlibur melihat dari dekat bentangan formasi unik bebatuan alam purba berusia ribuan, mungkin juga jutaan tahun silam yang terbentuk secara alami di tepi Kali Bogowonto Purworejo ini, sebaiknya datang di saat musim kemarau, bukan di musim penghujan. Terlebih dengan intensitas kondisi curah hujan yang tinggi. Jika di musim penghujan tiba seperti sekarang ini, permukaan bentangan bebatuan yang terbentuk proses secara alami sejak ribuan tahun silam tersebut tak akan terlihat, tertutup oleh laju derasnya permukaan debit arus air sungai yang meninggi.  Karena pada dasarnya bebatuan alam tersebut merupakan bagian dari dasar sungai.  Datang berlibur di saat musim kemarau di tepi Kali Bogowonto Purworejo merupakan waktu yang tepat karena permukaan air sungai jadi surut yang menyebabkan tampaklah bentangan formasi bebatuan alam unik dan eksotik tersebut, bahkan ..., tak cuma dapat dilihat dari dekat, tetapi juga dapat berjalan - jalan dan be

Bentangan Formasi Bebatuan Eksotik Kali Bogowonto Purworejo

Aku merekomendasikan jika kalian berkeinginan datang berlibur melihat dari dekat bentangan formasi unik bebatuan alam purba berusia ribuan, mungkin juga jutaan tahun silam yang terbentuk secara alami di tepi Kali Bogowonto Purworejo ini, sebaiknya datang di saat musim kemarau, bukan di musim penghujan. Terlebih dengan intensitas kondisi curah hujan yang tinggi.


Jika di musim penghujan tiba seperti sekarang ini, permukaan bentangan bebatuan yang terbentuk proses secara alami sejak ribuan tahun silam tersebut tak akan terlihat, tertutup oleh laju derasnya permukaan debit arus air sungai yang meninggi. 

Karena pada dasarnya bebatuan alam tersebut merupakan bagian dari dasar sungai. 


"bentangan formasi bebatuan eksotik kali bogowonto purworejo"


Datang berlibur di saat musim kemarau di tepi Kali Bogowonto Purworejo merupakan waktu yang tepat karena permukaan air sungai jadi surut yang menyebabkan tampaklah bentangan formasi bebatuan alam unik dan eksotik tersebut, bahkan ..., tak cuma dapat dilihat dari dekat, tetapi juga dapat berjalan - jalan dan berfoto di atas bebatuannya !. 


"bentangan formasi bebatuan eksotik kali bogowonto purworejo"


Acap kali disebut oleh banyak orang jenis bentuk dan formasi bebatuan purba wisata Kali Bogowonto Purworejo terdapat kemiripan dengan jenis dan bentuk batuan yang terdapat di air terjun spektakuler Grand Canyon di Arizona ..., Amrik sana, bo!

Tapi benar tidaknya, aku juga tak mengerti kebenarannya karena sejauh ini aku cuma sebatas melihat [dan berkhayal, haha] air terjun Grand Canyon dari foto dan dari media televisi. 


Alih - alih datang liburan betulan ke Amerika, lah wong  ..., sudah bercapek - capek ria wara - wiri memperpanjang masa berlakunya paspor di kantor imigrasi saja, eh* sampai sekarang lembar perlembar halaman pasporku masih kosong ... ha ha ha. Curhat online auto menyala📌🤭. 


Eiiits, tapiiii ...., boleh dong, ya namanya ngayal halu bermimpi yang indah - indah, say ... . 


Ceritanya tuh gegara sepulang dari liburan di Kali Bogowonto Purworejo, beberapa hari kemudian aku teringat jika lokasinya disebut oleh banyak orang mirip Grand Canyon 'mini' ..., malamnya aku bermimpi berada di Grand Canyon, loh !.  

Duh, perasaan saat itu tuh bawaannya seneee ...eeng banget!. 

Sudah lembar paspor ngga terlihat kosong lagi, ada stempel - stempelnya gitu, eh ..., oh aku tetiba saja sudah sampai berada di Grand Canyon. 

Berdiri di tepi pagar pembatas tebing Grand Canyon kecipratan hembusan air yang terbawa angin kenceng rasanya  bikin hati jadi  ..., dag dig dug seeer ..., ngga taunya lagi enak - enaknya kegirangan tau - tau kedengaran suara kucing rame berantem bikin aku kaget dan terbangun. Oh! ... auto sedih dong seketika. 

Kirain betulan, deh sudah sampai di benua America, ternyata cuma ... , mimpi halu kelas dewaaa ... ah. Ha ha ha ... , sungguh terlalu 😆. 


Baiklah, kembali cerita liburan ke Kali Bogowonto Purworejo saja, daripada berkhayal ketinggian ntar malah kesamber pesawat terbang liburan berada di benua Paman Sam, negara asalnya idolaku si aktor kenamaan Hollywood berwajah tampan om Richard Gere itu, he he he. 

Hai, om Richard Gere. Kalau anda ikutan baca pos ini jangan cuma pamer pasang senyam - senyum saja disana, ya. Kirimlah email say hello buatku, biar aku senang. 

Ha ha ha ..., mulai ngaco lagi 😅. 


Akh dah next lanjut. 


Jadi, karena aku tahu jika di musim penghujan aliran Kali Bogowonto Purworejo akan meluap dan menutup sebagian besar permukaan dasar sungai bentangan bebatuan purba eksotis tersebut, aku datang berlibur disana di saat musim kemarau tahun lalu. 


Perlu kamu ketahui, aliran Kali Bogowonto merupakan sungai terbesar dan terpanjang di Purworejo.


"bentangan formasi bebatuan eksotik kali bogowonto purworejo"


Lokasi keberadaan bentangan ukiran batu terbentuk alami, berlapis - lapis unik dan menakjubkan ini berada di Kelurahan Pangenrejo, RT. 02/ RW. 07, Kecamatan Purworejo.  


Sesampai disana, dengan bantuan GPS di layar smartphone yang memudahkan untuk pencarian lokasi, aku tak menemui kesulitan berarti. 

Meski awalnya sempat dibuat keheranan ketika melewati jalur lokasinya di tengah perkampungan warga, melewati pinggir kompleks pemakaman umum dan lahan kosong pepohonan lebat di kiri kanan jalan kecil yang sepi. 

Dari jalur ini sesekali terlihat luasnya aliran sungai Bogowonto, tertutup tingginya pepohonan di sekitarnya.


Tak begitu lama kemudian, bangunan rumah joglo yang ternyata rumah makan tradisional Jawa dan papan penunjuk nama lokasi wisata Kali Bogowonto Purworejo terlihat di persimpangan jalan desa, menandakan aku yang berlibur seorang diri saat itu, telah tiba berada di lokasi. 

Capek dalam perjalanan?, iya dong, tapi senang😊. 

Sebenarnya tak cuma terasa capek, tapi juga deg - degan ketar ketir saat perjalanan mengemudi kendaraan seorang diri melewati jalur Purworejo - Magelang, tepatnya di jalur tengkorak Desa Kalijambe yang dulu pernah hampir merenggut nyawa keluargaku dalam kecelakaan tunggal, jeep yang kami tumpangi saat itu tiba - tiba mengalami rem blong dan masuk ke jurang!. Musibah itu dulu terjadi saat aku lulus sekolah dasar dan keluarga berencana mencari menyekolahkan asrama buatku 😓. 


Setelah aku memarkirkan kendaraanku di lahan di sebelah rumah makan tradisional Jawa, aku sempat berbincang menanyakan ke petugas parkir apakah betul lokasi ini merupakan keberadaan lokasi bentangan batuan purba Kali Bogowonto Purworejo.

Pemuda ramah berkulit legam, mungkin akibat sering terpaparnya sengatan sinar ultra violet matahari langit Purworejo yang memang terasa panas di kulit, menjelaskan jika lokasi ini memang benar yang kumaksudkan. 


Diberi penjelasan olehnya dari tepi ketinggian dataran yang lebih tinggi dari sungai, bentangan batuan purba Kali Bogowonto Purworejo terbentuk secara proses alami berlapis - lapis juga memiliki cekungan palung - palung kecil yang tak diketahui kedalamannya ini kira - kira terbentang sepanjang 1 kilometer. 


"bentangan formasi bebatuan eksotik kali bogowonto purworejo"


Dan benar saja, menurut penjelasannya bebatuan ini akan tak tampak di musim penghujan, tertutup oleh tingginya aliran sungai.


Untuk melihat keeksotisan panorama wisata alam Kali Bogowonto Purworejo ini, pengunjung tak dikenai beaya tiket masuk area. Hanya cukup membayar restribusi parkir. Besarnya beaya parkir hanya 2K untuk kendaraan roda dua dan 4K untuk kendaraan roda empat. 


"bentangan formasi bebatuan eksotik kali bogowonto purworejo"


Masih menurut penjelasan dari petugas parkir yang kutemui ulang setelah aku berfoto - foto di bebatuan dan mengamati formasi unik bebatuannya, di hari akhir pekan lokasi satu ini jumlah kunjungan wisatawan dapat berkali lipat jumlahnya naik pesat dibandingkan jumlah kunjungan di hari biasa.  


Seperti saat itu yang kulihat di hari kedatanganku di Kali Bogowonto Purworejo ini areanya dipenuhi pengunjung. 

Tampak pria, wanita dari berbagai kalangan usia terlihat saling bergantian berfoto, dan ada juga yang terlihat sibuk memainkan ponselnya mengatur timer kamera ponsel untuk selanjutnya pasang gaya berselfie.  



Lokasi: 

Kali Bogowonto Purworejo 

Kelurahan Pangenrejo, RT. 02/RW. 07, Kecamatan Purworejo, Kabupaten Purworejo

Komentar

  1. The river and the rocks look gorgeous. Nice trip. :)

    BalasHapus
    Balasan
    1. Big thanks I convey for your appreciation about the location of this river rock, friend.

      Hapus
  2. Bersukacitalah dengan keindahan alam tanah airmu, sahabat Himawan. Bebatuan di mana Anda dapat melihat kerja keras waktu yang lambat dan elemen alam, memahat batu dan meninggalkan jejak dan rahasianya ... Saya sepertinya mengerti bahwa ini bukan saat yang tepat untuk mengunjungi tempat itu. Saya mengerti bahwa hujan membuat akses dan kontemplasi menjadi sulit. Entri hebat lainnya, sobat. Sekali lagi sangat berterima kasih.

    Pelukan erat.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Terimakasih sobat Carlos dari negara Spanyol yang juga indah dan menawan.
      Saya bahagia sepertinya anda mengenal dengan baik iklim yang saat ini sedang berlangsung di Indonesia yang tidak tepat berlibur melihat bebatuan purba.

      Pelukan erat untuk anda dari saya di Indonesia.

      Hapus
  3. Parece-me um lugar muito especial. A propósito, também sou fã de Richrd Gere! :)

    Coisas de Feltro

    BalasHapus
    Balasan
    1. Vaya, me alegra que te guste la ubicación turística de las rocas del río y también idolatra al actor Richard Gere 😊

      Hapus
  4. it seems like a moon landscape

    BalasHapus
    Balasan
    1. The first time I saw these rocks, I also thought so.

      Hapus
  5. GARA-GARA JARANG NGEBLOG JADI NGGAK BACA-BACA PETUALANGAN LAGI, SEKARANG MULAI BACA LAGI DEH. OYA MAS, DI DESAKU SUNGAINYA JUGA BEBATUAN BEGITU, CUMA NGGAK LUAS. DULU BAGUS WAKTU SAYA KECIL, SEKARANG CENDERUNG SERAM KARENA KANAN KIRINYA RIMBUN DAN BATUANNYA DIANGKUTI WARGA

    BalasHapus
    Balasan
    1. Lagi sibukkah akhir2 ini tak bisa ngeblog, mas ?.
      Sayang banget ya bebatuan unik seperti ini di desa mas A Vip tinggal malah diangkuti warga , padahal potensial untuk lokasi wisata tuh.

      Hapus

  6. Wow mirip di canyon ya, batunya yg agak putih itu kan.. sungainya juga keren beda dgn sungai pada umumnya, dan kelihatannya sungainya tak terlalu dalam, ada ikannya gak ya kira2 disana. 😆

    BalasHapus
    Balasan
    1. Buanyaak ikannya 🐟, maas ..
      Mau mancing kesana ya 😁 ?

      Hapus
    2. Kok nanya nya malah ikan kang, kirain nanya buat tempat mangkal.😂

      Hapus
    3. Wah kalau soal mangkal saya serahkan pada kedua suhu diatas saja 🤣

      Hapus
    4. Ih dasar, maunya enaknya saja tinggal mangkal.😂

      Hapus
  7. Bardzo ciekawe miejsce, świetne zdjęcia :)

    BalasHapus
    Balasan
    1. Dziękuję za polubienie odwiedzonej przeze mnie lokalizacji, a także za zdjęcia.
      Pozdrowienia 😊

      Hapus
  8. Como nos dices si tienen un parecido con las americanas, aunque quizás un tamaño menor me da la impresión. Bonito reportaje.

    Saludos.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Oh, la forma de las rocas es similar a una cascada en Estados Unidos. Creo que los indonesios son más parecidos a los brasileños.

      Muchas gracias por tu agradecimiento, Thomas. Saludos

      Hapus
  9. Boa tarde meu querido amigo, parabéns pela maravilhosa matéria.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Boa tarde, hora da Indonésia, meu caro amigo do Brasil.
      Obrigado pelo seu apreço.

      Hapus
  10. It looks super amazing :-D

    BalasHapus
  11. Very interesting river bed and I guess quite ancient, like Mr Gere.

    BalasHapus
    Balasan
    1. I agree that the riverbed has interesting streaks to observe.
      Yes, now mr. Richard Gere is no longer young, maybe you are too.
      But someone who gets older will have more charisma 😊

      Hapus
  12. ¡Hola, Himawan!
    Fantásticas las formaciones rocosas milenarias. Me parece un aliciente tremendo para visitar esa zona geográfica tan impresionante. Ojalá algún día pudiera conocer esos lugares en directo. Muchas gracias por tu trabajo y por mostrarlo al mundo.
    Un abrazo desde España.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Hola mi querido Miguel. Definitivamente rezaré para que su deseo de ver lugares exóticos como este se haga realidad.
      Me alegro que tenga interés en ver el encanto natural de las piedras antiguas.
      Muchas gracias por tu agradecimiento.
      Un abrazo desde Indonesia.

      Hapus
  13. Me encanta el lugar, como quisiera conocerlo. Te mando un beso y ten una buena semana

    BalasHapus
    Balasan
    1. Me alegro que tenga interés en ver formaciones rocosas antiguas como esta.
      Te envío el beso de la amistad saludos.

      Hapus
  14. XWah ada bebatuan sungai yang bentuknya lain daripada yang lain.
    Ada yang berupa lempengan juga dan bisa diduduki.. sungguh unik dan eksotik..!👌
    Karena biasanya di tepi sungai ada pasir dan batu-batuan gede ya?
    Ternyata aslinya bebatuan purba ini letaknya di dasar sungai ya? dan hanya bisa dilihat kalau air sungai surut saat musim kemarau.. Pantes aja bentuknya uniik banget..🙂
    Eh tapi asyik ya kalau beneran bentuk batuan purba ini mirip debgan yang ada di Grand Canyon Amrik sana😅
    Wah.. asyik-asyik mimpi indah lagi di Gran Canyon sono malah kebangun oleh suara kucing kucing yang berantem ..wlwkwkwk.😂
    Untung aja malam kalau siang disiram aja tuch kucing-kucing yang mengganggu ketentraman orang..
    Meski belum sempat melancong travelling ke mancanegara.. tapi bagus lho paspornya diperpanjang terus..👌
    Kalau pasporku dari tahun 2015 sudah habis masa berlaku nya April 2020 kemarin. Maunya memperpanjang tapi karena ada wabah pandemi ini jadi nggak berani riwa riwi ke kantor imigrasi.
    Oh iya ..brad Him ini termasuk berani menyusuri jalan ke daerah Purwerejo melewati tempat yang dulu pernah membuat trauma karena kecelakaan yang dialami bersama keluarga. Oh ternyata jalur tersebut termasuk daerah jalur tengkorak ya? harus ekstra hati-hati..
    Kira-kira butuh waktu berapa jam dari Magelang sampai ke Purwerejo?

    BalasHapus
    Balasan
    1. Tapi sekarang ngga pakai acara sulit kok memperpanjang masa paspor yang sudah kadaluarsa, sista Fidy.
      Iya, sebelum mau berangkat ke Purworejo yang harusnya sekitar 1 jam setengah buat sampai ke lokasi ini, jadi ..hampir 3 jam , hahaha!., soalnya aku kebayang2 kejadian menakutkan, jadinya pelan2 nyetir kendaraan.
      Jalur tersebut sering banget ada kecelakaan, harus super ekstra hati2.

      Hapus
    2. Oooh ya? Jadi nggak pakai lama ya ngurusin memperpanjang paspor yang sudah kadaluwarsa tahun kemarin?
      Okelah kalau begitu ntar aku nyoba lagi memperpanjang paspor siapa tahu bisa mudah.. Makasih ya infonya.
      Ooh ternyata jarak ke Magelang Purwerejo nggak lama ya memakan waktu 1 jam.. Ooh perjalanannya jadi almost 3 jam ? wkwkwk... tapi nggak apa juga, kalau ngendarai nya pelan-pelan..kan enak juga bisa sambil nyantai menikmati pemandangan..
      Oh jalur tsb memang rawan kecelakaan ya? Serem juga ya harus super hati-hati
      Salut dech bisa menghilangkan trauma kejadian kecelakaan di masa lalu.
      Btw.. batuan purba ini ketje juga ya dibuat foto-fotoan .. unik dan instagenic..👌
      Nggak semua sungai yang mempunyai kelebihan bebatuan purba seperti ini.. 🙂

      Hapus
    3. Sudah punya planning going to a board ke beberapa negara ya buat memperpanjang paspor ?
      Waah asyiik tuh ..., ajak-ajak napaa... barengan gitu travellingannya 😊.

      Sependapat, bentuk formasi bentangan bebatuan purba ini terlihat instagenic, tjakep buat lokasi fefotoan.

      Hapus
    4. Hihihi... belum sich☺️ belum ada planning going abroad .. cuma buat pegangan jaga-jaga aja siapa tahu ada rezeki atau ada yang ngajak plesiran ke mancanegara.. Amin.😊
      ponakan aku barusan ada yang sekolah di Turkey, who knows ya mungkin someday aku diajak kakaku nengok ke sana..?ngarep.. wkwkwkwk.😂
      Iya doakan saja kalau ada rezeki brad Him ntar akan aku ajak travelling..around the world.. naik balon udara .. or by plane ?☺️
      Supaya ntar buku paspornya penuh dengan stempel dari imigrasi.
      Sementara kita mengeksplore wisata di tanah air dulu.. siapa tahu bakal dapat sponsor ya.? Hehehe..
      Iya bebatuan purba ini dibuat foto didudukin kok apik.. keren juga👌🙂


      Hapus
  15. kalu ke tempat tempat gini, berfoto itu harus.. untuk uploading ke sns hahaha

    BalasHapus
    Balasan
    1. Hahaha ..betul betul betuuuulll ....
      [Menirukan suara Upin Ipin] 😆

      Hapus
  16. Beautiful rock formations! I've never been to the Grand Canyon either, so I have nothing to compare it to. That's a funny story about your dream, though. Fighting cats spoil everything! Also, I like to think that somewhere out there, Richard Gere is reading this post. :)

    BalasHapus
    Balasan
    1. Ha ha ha ... Hope it really is mr. Richard Gere read this post and understands that his name is called the most idol actor 😆.
      Oh, we both ... haven't been to the Grand Canyon.
      It must be very expensive to get there right?

      Hapus
  17. Thank you for your lovely comments in my blogs!

    BalasHapus
  18. kalo air sungai surut begitu biasanya di kampung saya suka dimanfaatkan buat cari ikan mas, warga ramai ramai ke sungai

    BalasHapus
    Balasan
    1. Di kotaku juga iya, mas.
      Ngga cuma buat mancing, tapi juga pada mandi2 karena airnya jernih.
      Banyak mata airmya 😊.

      Hapus
    2. bagus kalo airnya jernih mas.. sayangnya di kampung ku airnya coklat, jadi kalo surut malah makin kotor haha

      Hapus
  19. cantik tempatnya... cuma harus berhati-hati kalau ada batuan licin... kalau tersalah langkah.... mungkin boleh cedera

    BalasHapus
    Balasan
    1. hmm sepertinya yg komentar lebih cantik dari batu tersebut ahaha

      Hapus
    2. Kebetulan bebatuan ini permukaannya kasar, tidak licin kak.
      By the way, terimakasih perhatiannya, ya 🙏.

      Hapus
  20. p/s mas, boleh adjust sedikit header blog ini? saya rasa seperti terganggu kerana ia kerap appear ketika scroll...

    BalasHapus
    Balasan
    1. Boleh, kak Anies 😊.
      Header dan tata letak bawaan dari tempatenya memang seperti begitu, kak.

      Hapus
  21. I would totally enjoy this place. Rain season is one of my favorites!

    BalasHapus
    Balasan
    1. My prediction is correct if you will definitely like a location like this to take pictures 😊.
      Like the location of the rocks I've seen on your blog.

      Wow, you like the rainy season ..., every rainy season here is almost always accompanied by strong winds, so it looks scary and you have to be very careful with your activities.

      Hapus
  22. What a beautiful place! That seems so calm...Thank you for sharing<3

    akiko

    BalasHapus
    Balasan
    1. You're welcome, Akiko. Yes, the location looks calm because it is summer.

      Hapus
  23. Wah keren ya.. seperti hasil pahat.. Apakah bebatuan ini termasuk jenis batuan sedimen? Yang kadang ditemui di muara 2 sungai?

    BalasHapus
    Balasan
    1. Jenis batuan di sungai ini berbeda dengan batuan sedimen, bang.
      Terbentuknya dari gabungan lahar dingin gunung api.
      Hanya sungai tertentu yang ada bebatuan seperti ini.

      Hapus
    2. wah obrolannya udah nyerempet nyerempet ke sebelah nih topiknya, kayak geolog nih haha

      Hapus
  24. Doğa ne kadar güzel değil mi bazen size hayranlık duyuyoruz . çok güzel yerlere gidiyorsunuz bizi de bu güzelliklerden mahrum bırakmıyorsunuz çok teşekkür ederiz.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Oh, senden minnettar olduğun için çok teşekkür ederim dostum.
      Eşsiz ve egzotik bir yere tatile gitmeniz için size ilham vermeyi umuyoruz. Saygılarımızla

      Hapus
  25. Beneran cantik nan eksotis banget bebatuannya, Kak Him 😍. Beneran mirip Grand Canyon versi mini hahaha.
    kalau lagi musim penghujan, semuanya ini benar-benar tertutup ya? Berarti dataran ini rendah banget dong.

    Kak Him, Kakak hebat banget berani melewati jalur "traumatik" sendirian 😥. Mental Kakak kuat sekaliii.

    Oya, semoga Kakak bisa beneran ke Grand Canyon soon! Biar paspornya jadi ada isinya 😁

    BalasHapus
    Balasan
    1. Ayoook kita doa sama-sama, Lia ...agar kesampaian ke Grand Canyon, hahaha 😄!.

      Iya, betul kalau musim penghujan bebatuan kuno ini 'sembunyi' di bawah air.

      Hapus
  26. Acap kali dan alih-alih,, mantap Om Bro

    BalasHapus
    Balasan
    1. Wwwkkwkk, kok hafalnya malah dua kata itu, seeeh 😆 ?.
      Acap kali dan alih - alih!.

      Hapus
  27. Hola Himawan. No conozco esa zona aunque la he podido ver muchas veces por televisión debido a las noticias que se publican con motivo de las lluvias tan fuertes que se producen.
    Esa zona es una formación muy curiosa. Se nota la erosión producida por el paso de los años.
    Gracias a ti conocemos gran parte de esos lugares por tus estupendos reportajes.
    Ahora aquí nos ha cogido de pleno una profunda borrasca que ha dejado a casi toda España cubierta de nieve creando muchas dificultades en las comunicaciones, especialmente en la capital, Madrid y por todo el centro de la península.
    Un abrazo.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Hola Juan.
      Muchas gracias por tu agradecimiento.
      Tus predicciones sobre la ubicación de estas rocas realmente no aparecen en las noticias porque su apariencia se pierde oculta por el gran desbordamiento de agua y mudim oenghukan ahora hay inundaciones en muchos ríos.

      Lamento el clima que está pasando en su país, espero que la ventisca termine pronto.

      Cuida siempre tu salud del clima, Juan.
      Un abrazo.

      Hapus
  28. How beautiful is nature, these erosions in the rocks are well worth visiting, they form a very curious landscape! thanks for the photo report
    Greetings!

    BalasHapus
    Balasan
    1. You are welcome, Esther. That's right, as you said, these rock formations are very unique and interesting to visit. Greetings

      Hapus
  29. Hai Himawan!
    Bentang alam spektakuler dan formasi batuan seribu tahun mereka pasti memegang kunci berharga untuk masa lalu dan masa kini planet ini. Terima kasih atas informasi dan gambarnya. Semoga harimu menyenangkan!
    Sebuah pelukan.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Hai juga Yessy!.
      Sangat betul pendapat anda, jejak masa silam terukir di bebatuan tersebut dan di masa sekarang kita dapat melihatnya.
      Terimakasih atas doa darimu.
      Semoga harimu juga banyak sukacita!.
      Sebuah pelukan.

      Hapus
  30. Olá, meu amigo!

    Que bonitas fotos e tu estás muito bem nelas. A very modern and beautiful man.
    Que terrenos interessantes e com formações rochosas, que nunca vi em nenhum lugar.
    Grata pela tua informação.

    Greetings and a good New Year.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Olá também, Ceu. Desculpe pela demora em responder seus comentários.
      Agradeço muito a sua opinião, mas na verdade eu sou apenas uma pessoa simples. Sinto-me lisonjeado com isso.

      Saudações e um bom ano novo.

      Hapus
  31. Beautiful place have a great new year

    BalasHapus
    Balasan
    1. Have a great New Year for you also, Steve.
      Thank you for stopping by.

      Hapus
  32. Oh very nice place
    Great shots
    xx

    BalasHapus
  33. Hermoso recorrido por tus letras, bello lugar que invita a conocerlo. Saludos amigo.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Gracias por tu agradecimiento, mi amiga Sandra.
      Saludos de amistad.

      Hapus
  34. Ce sont de jolis paysages à observer, c'est vrai que le cela peut faire penser aux canyons, mais en mini :D
    Bonne journée

    BalasHapus
    Balasan
    1. D'accord, mon ami. S'il est observé, il ressemble à un canyon.
      Merci pour vos prières. Que votre journée soit toujours pleine de bonheur.

      Hapus
  35. This places, this all rocks, wild nature looks awesome. You always take us to many great and totally new for me places :-)

    BalasHapus
    Balasan
    1. I also agree these rocks are awesome.
      Thank you very much for your opinion and aoresiasi, Carolyna.

      Hapus
  36. Waaah jd datangnya bagus pada saat surut ya mas, biar kliatan jelas dan bisa berfoto di atas batunya :D.

    Batuan purba, denger namanya udh ngerasa kayak balik ke zaman batu :D. Malah jd ngebayangin gimana bentuk sungainya ini di zaman dulu.

    Karena kamu datangnya pas musim kemarau THN lalu, berarti hrsnya bulan2 ini sungainya meluap dong yaaa Krn sedang hujan

    BalasHapus
    Balasan
    1. Yups, betul.
      Kalau musim penghujan kali ini sering meluap dan pernah banjir, kak.

      Sejarah sungai ini ada kaitan erat dengan Mataram Hindu.
      Berselang ratusan tahun kemudian, sejarah perjuangan pangeran Diponegoro juga tercatat di kali ini.

      Hapus
  37. Muy bellas fotos. Un reportaje magnífico.
    Un abrazo.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Oh, muchas gracias por el gran agradecimiento de tu parte, Amalia.
      Un abrazo.

      Hapus
  38. Incredible. I'm very impressed. Greetings. ;)

    BalasHapus
    Balasan
    1. Thank you very much, your appreciation, friend.
      Greetings :)

      Hapus
  39. Absolutely stunning! Wonderful river of that special part of your country.
    Great post, as usual!

    Regards,

    Giorgio
    https://giorgiorusso2.blogspot.com

    BalasHapus
    Balasan
    1. Oh, thanks a lot for all, Giorgio.
      I really appreciate.
      Greetings.

      Hapus
  40. Beautiful and very special landscapes. The Google translation translated the text a little funny, but I still understood something.
    Have a nice day.
    Hugs

    BalasHapus
    Balasan
    1. I am happy that you can understand the performance of Google's language translator which is sometimes less accurate 😊.
      Thank you for your time for taking the time to comment and for all of your appreciation.
      Have a good weekend, friend.
      Hugs.

      Hapus
  41. Muy lindo recorrido el que nos das con tus palabras . Gracias y muy feliz jueves.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Muchas gracias, Campirela.
      Me alegro que esté entretenido con la historia que inserto aquí.
      Que tengas un buen fin de semana, que tengas mucha felicidad.

      Hapus
  42. what a beautiful place 😍
    I also like Richard Gere very much 😊
    greetings

    BalasHapus
    Balasan
    1. Yes, this location is beautiful as a photo location 📸.
      Wow, it turns out that you also idolize Richard Gere ..
      That's an interesting thing 😊

      Hapus
  43. Semoga segera diberi kesempatan utk Jalan2 ke luar negeri Ko Himawan.

    Saya penasaran sama Grand Canyon eh ternyata ada yg Deket ya di Purworejo.

    Jd ini kokoh datangnya kapan ? Cukup surut utk Jalan2 diatasnya lho

    BalasHapus
    Balasan
    1. Amin, terimakasih buat doanya kak Annisa.
      Semoga kak Annisa juga dapat sering plesiran going a board ..., haaalah gayaaa .. pakai bahasa Inggris segala balas komentar dari kak Annisa, hahaha 😆.

      Datang ke lokasi ini pas tengah musim kemarau, kak.
      Kalau musim penghujan begini, serem 😊.

      Hapus
  44. Balasan
    1. Yes, i think so.
      The shape of these rocks seems mysterious.

      Hapus

  45. Apa kabar teman Saya harap tidak apa-apa.
    Saya menonton berita dan tampaknya masalah dengan perpecahan itu sulit di sana.
    Saya harap Anda baik-baik saja .
    Pelukan raksasa

    BalasHapus
    Balasan
    1. Kabarku baik, Frodo.
      Terimakasih perhatian dari anda.
      Saya berharap anda juga baik.
      Di Indonesia saat ini sedang banyak terjadi bencana alam karena pengaruh dari musim hujan disertai angin besar.
      Semoga tak terulang kembali.

      Pelukan besar.

      Hapus
  46. wisata dalam negeri berasa luar negeri hohoho, memang kalo cuma sekedar wisata indonesia ga kalah bagus dari negara lain, cuma ya kadang heranya orang indonesia selalu bangga kalo udah wisata ke luar negeri, ah jadi ngelantur :D..

    tempat ini memang lebih cocok di kunjungi pas musim kemarau ya mas him, karna yang jadi view nya bebatuanya, berarti harus nunggu beberapa bulan lagi dong ya, karna sekarang lagi musim hujan-hujanya heheheh

    BalasHapus
    Balasan
    1. Hehehe, ngga apa2 ngelantur begitu, mas Khanif.
      Bisa jadi orang dari negara lain juga bangga kalau berkesempatan liburan ke Indonesia 😊.

      Yups, lebih jelas lihay bebatuan ini dan amannya jauh lebih baik datang kesana pas musim kemarau.
      Kali ini sering meluap besar.

      Hapus
    2. Benar mas, orang Jepang juga bangga pada ke Bali. Kalo orang kita kebanyakan Cina Taipai, Cinta iya, nikah ngga sampai.😂

      Hapus
  47. Oh WOW, this is absolutely stunning!! Isn't it amazing how Nature has sculpted such incredible beauty from the movement of water?!
    You do have so many fantastic areas of outstanding beauty in your country, Himawan...I am in total awe.😊😊

    Have a great weekend, my dear friend...and stay safe! 🙏🙏🙏

    A hug from England!

    BalasHapus
    Balasan
    1. Yes, I agree with your thoughts on how the water process can form layered strokes and basins that are so exotic.
      It's mysterious and amazing!.

      Have a nice weekend too, best friend YGraine. Happy always comes 😊🙏

      Hapus
  48. Agak beda ya tempat wisata yang satu ini karena harus datang pada musim kemarau, kalo musim hujan banjir jadinya ngga keliatan.

    Unik mas batuannya, pasti usianya sudah ribuan tahun bahkan mungkin jutaan tahun, waktu dinosaurus hidup mungkin sudah ada kali ya.😆

    Ngga kalah dengan grand canyon.

    Berarti sungai bogowonto itu termasuk sungai purba ya.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Iyups, mas.
      Kali besar ini ada kaitan sejarah dengan Mataram Hindu, kemudian berselang ratusan tahun kemudian sejarah mencatat kali Bogowonto pernah digunakan untuk gerilya pangeran Diponegoro.

      Hapus
    2. Oh ada kaitannya dengan kerajaan Mataram kuno, coba mas Hino gali di sekitar kali, siapa tahu dapat peninggalan penting dari jaman lampau.

      Misalnya dapat lampu mas, setelah digosok-gosok jinnya keluar.😆

      Hapus
  49. Itu tempat yang sangat menakjubkan! Sangat menarik bahwa Anda hanya bisa melihatnya sebentar. Bebatuan ini terlihat mengesankan! :)

    BalasHapus
    Balasan
    1. Betul, Rodzina.
      Bebatuan eksotik ini hanya terlihat dalam musim kemarau saja.
      Di musim penghujan tenggelam di dalam air sungai.
      Terimakasih apresiasi dari anda.

      Hapus
  50. Hello Himawan,
    Nice to read your story. And I enjoy your pictures. They are very special of that area.
    Very nice!!

    Greetings, Marco

    BalasHapus
    Balasan
    1. Hello also Marco.
      I am happy that you are entertained reading my story which I have inserted a funny story.
      I agree with you, these rocks look special.
      Greetings from Indonesia.

      Hapus
  51. Ah yes what a wonderful place! And it is similar to the Grand Canyon. You got some great shots here. : )

    Allie of
    www.allienyc.com

    BalasHapus
    Balasan
    1. Wow, so it's true that these rocks are similar to the Grand Canyon !.
      It's great to know from you who are from America.
      Thank you very much for appreciating my photo 😊🙏

      Hapus
  52. Hello there, I've enjoyed my visit to your blog and will definitely visit again.
    Great photographs.

    Take Care.

    All the best Jan

    BalasHapus
    Balasan
    1. Hello also, friend.
      Thank you very much for visiting and liking my blog. I will also be happy to visit your blog again as often as possible.

      Take care also.
      Regards

      Hapus
  53. Espero que estes bien . Te mando un beso y buen fin de semana

    BalasHapus
    Balasan
    1. Gracias por tu atención, amigo JP.
      Estoy bien, también te deseo buena salud. Saludos besos abrazos de amistad de mi parte para ti.

      Hapus
  54. El tiempo ha realizado su trabajo...seguro las lluvias torrenciales más aún , que moldean la roca
    un paisaje muy bello que delata el paso de nuestra historia sobre su corteza que se agita en forma permanente.

    Muy bello lugar

    Desarte un mejor año por donde vayas y gracia spor seguir compartiendo!

    BalasHapus
    Balasan
    1. Gracias, los mejores deseos para mí, Meulen. Ojalá que esto suceda, puedo seguir presentando muchos otros lugares turísticos.
      También oro para que siempre se te dé felicidad y salud.
      Estoy de acuerdo contigo sobre esta ubicación, tan singular su formación.

      Saludos de amistad.

      Hapus
  55. Debe ser lindo lugar para conocer o desconectarse un poco. Rios, formaciones rocosas, montañas. Saludos

    BalasHapus
    Balasan
    1. Eso es, Gustavo. Bonita vista entre río, rocas y montañas.
      Saludos.

      Hapus
  56. yaallah kak aku sedih baca bagian kalau dulu keluarga kak hima pernah kecelakaan disana, pasti ninggalin trauma yang cukup berat ya kak.
    dan aku suka view nya ketika musim kemarau begini ya, batuannya terliat cantik gitu, buat poto poto ala kemarau boleh juga. terus pake dress yang ngawang ngawang gitu kak hehehe
    aku bayangin kalau air sunyai nya penuhhh, nggak bakalan terlihat secantik ini pasti, dan dalem juga ya kali nya

    BalasHapus
    Balasan
    1. Seram kalau teringat musibah itu, kak.
      Terlebih setiap kali lihat jahitan cukup panjang di dahi kananku akibat kecelakanaan itu.

      Oh, woouw ..
      Jadi auto kebayang kak Ainun berfoto di bebatuan ini pakai gaun ngawang-ngawang 😄!.
      Hasil fotonya pasti akan terlihat super eksotis tuh, kaak 🤩

      Hapus
  57. wah semoga tetap kuat ya mas memang sulit kalau mengenang masa lalu yang menyedihkan
    seperti itu

    btw bersih banget mas
    aku langsung ngebayangin pemotretan swimsuit competition di sana hehe
    suka banget sama bebatuannya
    kalau ga salah bogowonto jadi nama kereta juga mas
    memang legend sungai ini

    BalasHapus
    Balasan
    1. Ya, mas.
      Meski muncul rasa deg2an terus setiap kebayang musibah itu yang berujung ninggalin bekas jahitan cukup panjang di dahi kananku.

      Auu ..woouw ...
      Kini mas Ikrom ngebayangin area ini dijadikan lokasi kompetisi pemotretan swim suit .. 🤩
      Kenapa saat itu aku ngga kepikiran bikin dokumentasi foto pake swim wear ketat disana, ya ... ha ha ha 😄

      Yups, nama sungai ini dijadikan nama kereta.
      Karena sejarahnya yang punya kaitan dengan sejarah Mataram Hindu dan wilayah gerilya pangeran Diponegoro.

      Hapus
  58. Hola Himawan, muy hermosas esas formaciones rocosas del río, ha sido un espléndido paseo de tu mano, gracias.

    Un abrazo desde España.

    BalasHapus
    Balasan
    1. ¡Hola Conchi en español!. Me alegra que agradezca mucho esta ubicación.

      Gracias y saludos de amistad abrazos.

      Hapus
  59. Very intersting post. Great pictures :)

    BalasHapus
    Balasan
    1. Thank you very much for the appreciation from you, friend.
      Regards

      Hapus
  60. Dasar sungai yang indah. Saya bisa membayangkan bahwa berjalan ke sana sangat santai. Itu akan bagus untukku ... Aku suka formasi batuan. Terima kasih untuk gambarnya yang bagus.
    Salam bagimu

    BalasHapus
    Balasan
    1. Menyenangkan rasanya mengetahui anda juga menyukai formasi batuan.
      Ada rasa kagum ya melihat dari dekat bentuk batuannl alam yang unik.
      Terimakasih apresiasi anda, Barwitzki.
      Salam juga bagimu.

      Hapus
  61. Photos of the area are absolutely beautiful. I also would love to walk along the river bed, it is quite different but very pretty to see. Thank you for writing and sharing this post, it's always nice to read about different experiences.

    BalasHapus
    Balasan
    1. I agree that the location of this rock is interesting to observe and take a walk on it.
      There is a mysterious impression as well as being amazed at its unusual shape.
      Thanks for your appreciation, Bill.

      Hapus
  62. Foto-foto indah dan alam yang luar biasa. Terima kasih sudah berbagi, sobat.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Sama-sama, sobat Meral.
      Saya juga mengucapkan terimakasih untuk anda telah meluangkan waktu melihat batuan alam yang eksotik ini.
      Salam persahabatan.

      Hapus
  63. Himawan! Hai! Saya berharap suatu hari saya dapat mengunjungi tempat-tempat indah ini! Saya jauh, tetapi saya masih bisa merasakan sedikit bepergian dengan Anda melalui foto-foto indah Anda. Dan saya mengirim Anda pelukan dari sini di Brasil selatan.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Hai Ulisses disana!.
      Dengan pasti saya mendoakan dari sini untuk anda agar kelak kesampaian datang berlibur ke lokasi-lokasi yang saya pernah kunjungi.

      Terimakasih besar kiriman salam pelukan dari Brasil Selatan.
      Salam peluk persahabatan kembali dari saya Jawa Tengah, provinsi Indonesia.

      Hapus
  64. Lokasinya keren sekali yaa kang, foto-fotonnya kayak di Luar Negeri. Menurutku yaa itu bentuknya seperti salju, tapi dengan kearifan lokal hahaa

    BalasHapus
    Balasan
    1. Hehehe, salju rasa lokal kalau gitu ini namanya 🤭

      Hapus
  65. Un exótico y bello lugar muy documentado en tu relato.
    Parece un típico paisaje de otro mundo.
    Hermosas fotografías amigo Himawan
    Que tengas un feliz fin de semana.
    Un fuerte abrazo amigo.

    BalasHapus
    Balasan
    1. ¡Hola amigo Juan !.

      Estoy de acuerdo con su opinión si la ubicación de esta roca parece ser similar a la superficie del mundo [planeta] ganar, aparte de la tierra.
      Podría parecerse a la superficie de Marte.

      Muchas gracias por su gran agradecimiento de y, mi amigo.
      Abraza la amistad con fuerza.

      Hapus
  66. Semua berawal dari mimpi kang, jadi nikmati aja dulu mimpi jalan-jalan ke luar negerinya, sapa tahu suatu saat benar-benar jadi kenyataan, hehee...

    BalasHapus
    Balasan
    1. Amiiin ..., hehehe :).
      Semoga will be come true.
      Mari kita banyak bermimpi yang indah2 , kang 😊

      Hapus
  67. I liked the new design of your blog.
    Thanks for the interesting and detailed story. And the photos are great.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Thanks a lotbhave loved the new look of my blog, Oksana.
      Also, thank you very much for your appreciation for the location of this natural rock.
      Greetings.

      Hapus
  68. Cakep dan unik ya Mas bentangan dasar sungainya. Apalagi cuma bisa terlihat saat musim kemarau aja, jadi terasa lebih berkelas.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Yups, mas Rudi.
      Terkesannya jadi kelihatan ekslusif karena cuma muncul atau kelihatan pas di musim kemarau.

      Hapus
  69. ...the forces of nature have sculptured the rocks like a skilled artist.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Your opinion is very correct, Tom.
      Nature's works can form in such a way with a pattern that makes us flabbergasted and amazed.

      Hapus
  70. kalo musim kemarau..lebih aman juga pastinya. Batu2an nya bagus ya,, kakakku yang anak geologi, kayaknya dulu pernah deh field trip ke situ. Aku klo liat sungai yang airnya dikit gitu, bawaannya pengen main air sama nyari ikan.. he..he. Btw, ada ikannya ndak? ikan yang keliatan pada lari2an gitu...

    BalasHapus
    Balasan
    1. Pastinya itu, kak.
      Jauh lebih aman datang kesana pas musim kemarau.
      Kali besar ini sering mbludak banyune.
      Eh* kok jawabnya pakai bahasa Jawa, wwkkk 😆.

      Coba deh kak tanya ke kakaknya sudah pernah belumnya field tripnke kali ini, kalau iya nantinya bisa buat panduan kak Tri datang kesana 😊.

      Saat itu sih ngga kelihatan ada ikan-ikan, kak.
      Mungkin malu kali dilihatin aku, hahhaa .. 😆

      Hapus

  71. Mas Him, padahal dulu aku udah berkali-kali ke purworejo, tapi gak pernah ke sungai ini.

    Aku juga gak pernah dengar orang rumah [tempat aku tinggal] mbicarakan tentang sungai ini. Ya mungkin karena air sungainya suka mluber kali iya 😊

    Bagus banget kalo lagi surut airnya.. susunan benatuannya itu loh,...
    iya, brasa kayak di luar Indonesia😆
    Dan baru tau juga sungai ini ada hubungannya dengan kerajaan Mataram kuno. Wah keren iya....

    BalasHapus
    Balasan
    1. Lah loh, ternyata kak Ike punya sodara di Purworejo tow ..., , wah udah ngga jauh-jauh amat sama kotaku, loh.
      Ntar pan kapan kalau kak Ike ke Purworejo lagi, yuk kita plesiran bareng 😁.

      Coba deh kak Ike tanya ke orang rumah tentang Kali Bogowonto di saat musim penghujan itu seperti apa kondisinya, pasti mereka telah hafal jawabannya, hehehe ...

      Hapus
  72. Se observa que al retirarse el río, en la temporada seca, las rocas forman como pozos de agua, similar a una población cercana, Guadalupe, que los aprovecha, estos pozos, para el turismo y un buen baño. Si Estados Unidos tiene el Gran cañón Colorado, Colombia tiene otra belleza mundial, El cañón del Chicamocha, cercano a donde vivo. UN abrazo. Desde mi cubil colombiano. Carlos

    BalasHapus
  73. I Just Love Dry River Rock Like Those There - Sending Positive Vibes My Man - Be Well

    Cheers

    BalasHapus
  74. saya cuba comment di posting lain tapi tak boleh... i don't know why.... ;-(

    BalasHapus
  75. Beautiful art by the work of nature. Thanks for sharing.

    BalasHapus
  76. Muy buen reportaje, las rocas se ven preciosas y con formas muy originales.
    Gracias por acercarnos a estos lugares privilegiados.
    Saludos:-)

    BalasHapus
  77. Unique rock and sand (?) structures. The whiteness of the landscape is very unusual

    BalasHapus
  78. Realmente, uma paisagem impressionante; a estrutura rochosa chega a sugerir um cenário de ficção científica, de outro planeta! Quanto a sonhar com o Grande Canyon... acredite, muitos o fazemos! Meu abraço, amigo; boa semana.

    BalasHapus
  79. Always discovering very unique and interesting places!
    Great photos!
    XO
    S
    https://s-fashion-avenue.blogspot.com

    BalasHapus
  80. Mas Himawan, salam dr Richard Gere nih.. hehehe.. 😁😁 kmren dia kirim salam pas ketemu aku.. (jd ikutan ngimpi kaya Mas himawan nih 🤣🤣)

    Eh aku baru tau loh sungai batuan fosil kaya gini. Bagus yaaa. Tp klo lg musim ujan jd ga terlalu jelas ya. Klo di kampung kundi bukittinggi jg ada batuan fosil gini, di Ngarai Sianok namanya..

    BalasHapus
  81. Mas Hima kok aku kaget.. Lagi baca asik2, terus ada kisah traumatik dulu pas SD.. Ya Ampunn mas..

    btw tempatnya keren banget, itu batuannya lohh.. WOW... Purworejo itu sebelah mananya yah mas?? hahah Saya selama tinggal d Semarang. Nggak pernah main ke purworejo soalnya.. wkwk

    BalasHapus
  82. i adore your photos:) in Poland we have cold winter and snow:)

    BalasHapus
  83. Realmente es una entrada muy bella, con tanta historia de este lugar y la posibilidad cuando retrocede el caudal del rio de poder apreciar tanta belleza natural.. por diossssss...lo que son esas rocas!!!!Es un paisaje verdaderamente increible y que bueno que tengas la suerte de estar alli de paseo!
    Me haces reir con tus ocurrencias de correos con algunos actores como Richard Gere jajajjaja y es verdad que este lugar pareciera tener alguna similitud con algunos de America como el desierto de Arizona..Creo que estos lugares sencillamente son fantasticos..
    Por lo menos esta vez no te ha ocurrido ningún accidente como en la infancia y has podido disfrutar de todo.. Gracias por un post PERFECTO!!! Saludos y abrazos para ti y tu familia y que comience un 2021 próspero y con salud para todos

    BalasHapus
  84. Increible esas formaciones milenarias. El tiempo es un buen arquitecto y diseña perfecto. Al ver las fotos pensé que era nieve y me extrañó verte tan ligero de ropa😁 Me encantó colocerlo Himawan.
    Buena semana amigo. Y cuídate.
    Un abrazo.

    BalasHapus
  85. Olá amigo! Como está?
    Adorei esse lugar de paisagens lindas. Você sempre nos presenteando com lugares magníficos.
    Eu adoro o ator Richard Gere, grandes filmes. Quero muito visitar esse Grand Canyon.
    Tenha um Feliz Ano Novo cheio de amor, felicidade e saúde.
    Beijos,
    Paloma Viricio

    BalasHapus

Posting Komentar

Postingan populer dari blog ini

Kampung Ulam Ngrajek - Tempat Makan Bernuansa Etnik Jawa

Kalian bingung memilih tempat makan selepas jalan - jalan mengelilingi kawasan wisata candi Borobudur, atau juga bingung menentukan tempat makan berkonsep tematik buat dijadikan lokasi ngumpul asyik bareng teman - teman, dan juga tentu saja lokasinya keren untuk fefotoan ?.  Kampung Ulam Ngrajek tempat makan dengan suasana tradional Jawa Tengah yang unik dan artsy  yang kudatangi ini mungkin nantinya bisa juga jadi rekomendasi tujuan liburan untuk kalian.  Mengusung tema tradisional dan artistik, Kampung Ulam Ngrajek dengan luas areanya terdiri dari tiga bangunan Limasan berukuran besar berhiaskan beberapa lampu gantung antik terlihat mewah, dan terdapat tiga bangunan Joglo rumah tradional Jawa tempo dulu yang mengingatkanku tentang suasana pedesaan tempat rumah nenek buyutku dulu tinggal.  Terletak berada di tepi jalan dan dikitari oleh hamparan lahan persawahan, udara disana tetap terasa sejuk meskipun keseluruhan ruang Limasan dan Joglo di Kampung Ulam Ngrajek tidak ber-AC karena se

Umbul Senjoyo - Pemandian Eksotis di Lereng Gunung Merbabu

Terpaan sinar cahaya matahari pagi yang melimpah menjelang siang tengah hari saat itu, terasa cukup menyilaukan pandangan mata namun udara tetap terasa semilir sejuk menerpa permukaan kulit, mengiringi perjalananku memasuki kota Salatiga dan selanjutnya mengarah ke arah kota Boyolali untuk menuju lokasi liburan yang berada di lereng gunung Merbabu, Umbul Senjoyo .  Wisata Umbul Senjoyo terletak berada di desa Jubug, kecamatan Tengaran, kelurahan Tegalwaton, kota Salatiga, kabupaten Semarang. Untuk mencari dan menemukan keberadaan letak lokasi pemandian umum Umbul Senjoyo yang dua dari lima bentuk kolam besarnya memiliki bentuk lebih menyerupai sendang alami dan berair sangat jernih ini, tidaklah menemukan kesulitan berarti dalam mencarinya.  Lokasinya cukuplah mudah untuk diketemukan.  Rute ke arah lokasi patokan termudahnya adalah terminal bus Tingkir kota Salatiga.  Tak begitu jauh jaraknya dari Terminal Tingkir, di lampu traffic light belokan pertama perjalanan dilanjutkan berbelok

Mengenal Peradaban Jawa di Museum Sonobudoyo

Disodori selembar kertas tebal berwarna hitam dan sebagian berwarna cokelat muda oleh salah satu petugas saat aku memasuki pintu sensor otomatis ruangan pertama Museum Sonobudoyo, dan kulihat dalam sekejapan mata kertas tersebut bergambar blencong , lampu penerangan dalam pertunjukan wayang berbahan bakar minyak tanah, refleks aku menanyakan ke petugas. "Apa ini, mbak ?", tanyaku. "Pembatas buku, mas", jawab petugas ramah sambil menebarkan senyumnya.  Sejurus kemudian kulihat lagi kertas mengilap tersebut, tercantum tulisan harga Rp. 3. 000,_. berada dbawah sebelah kiri. "Baik, mbak", jawabku sembari mengeluarkan selembar uang dari tas pinggangku. "Oh, ini gratis, mas. Silahkan dibawa", kata si petugas dengan senyum yang masih tetap menghiasi wajah khas Jawanya.  Sambil jalan melangkah meninggalkan meja resepsionis yang letaknya berhadapan dengan seperangkat alat musik traditional gamelan Slendro - Pelog Kyai - Ny a i R