Skip to main content

Ladon Little Island - Tempat Asyik Melupakan Mantan

Yeayy ..., tibalah waktunya di penghujung musim kemarau kali ini aku pergi liburan bersenang - senang bermain pasir dan menyusuri indahnya bentangan pasir putih berada di Ladon little island. 


Ladon, begitulah sebutan nama singkat lokasi wisata yang saat ini sedang populer dibicarakan oleh banyak orang di kotaku tinggal, Magelang dan di kota - kota sekitarnya.


Sejak diperkenalkan sebagai tujuan lokasi wisata pada bulan Juli 2020 lalu, kebetulan waktunya bersamaan dengan situasi masa pandemi, keunikan dan keindahan pemandangan alam yang dimiliki Ladon little island langsung mempopulerkan namanya di sosial media. 


"ladon little island - tempat asyik melupakan mantan"


Tengok saja instagram, atau di browser dan kemudian cobalah ketik di kolom pencarian menggunakan hashtag ladon, ladon little island magelang, ladon little island borobudur, maka akan terlihat deretan foto pemandangan memikat di halaman beranda. Termasuk muncul terlihat juga fotoku saat beradegan kakiku mengayun dan terlihat pasir terbang berhamburan di sekitar kakiku, *eh ..., promosi foto diri nih namanya, ha ha ha. Maaf. 


Tak begitu jauh jarak tempuh lokasinya dari lokasi candi Borobudur, candi Buddha terbesar dan terkenal di dunia, seringkali lantas orang menyebut Ladon sebagai Ladon little island Borobudur. 


Untuk kesana pun aku tak menemui kesulitan berarti saat mencari keberadaan lokasinya yang berada di tepi Kali Progo. 


Persisnya alamat Ladon little island berada di Dusun Sangen, Desa Candirejo, Kecamatan Borobudur, Kabupaten Magelang, Jawa - Tengah. 


Mungkin untuk sebagian orang dari luar kota akan mengalami sedikit kesulitan menentukan arah menuju ke Ladon yang sebenarnya bukanlah sebuah pulau seperti nama penyertanya dalam bahasa Inggris ..., melainkan tepi Kali Progo yang sangat mirip dengan bentuk sebuah pulau. 


"ladon little island - tempat asyik melupakan mantan"


Arahkan perjalanan menuju ke jalan alternatif ke arah Yogyakarta dari kawasan wisata candi Borobudur, ikuti jalan melewati jalan depan lokasi wisata Junkyard Autopark & cafe , lurus saja sampai bertemu dengan lokasi Balai Ekonomi Desa atau Balkondes Wanurejo berhiaskan patung gunungan wayang berukuran besar di tepi jalan. 


Masuklah ke jalan desa tepat di pinggir Balkondes Wanurejo tersebut, ikuti  arah papan petunjuk jalan dan bertemu satu Balkondes lain bernama Balkondes Candirejo. 


Nah, dari lokasi dekat Balkondes Candirejo berkonsep bangunan pendopo Jawa itu telah dipersiapkan oleh pengelola wisata berupa layanan jasa ojek dengan harga 5K yang telah ditetapkan melalui tulisan spanduk untuk pengunjung yang tidak membawa kendaraan pribadi untuk menuju ke lokasi Ladon melewati perkebunan desa.


"ladon little island - tempat asyik melupakan mantan"


Kemiripan bentuknya dengan pulau, terutama dilihat dengan peralatan kamera drone, dan adanya material alami pasir berwarna putih bersih hasil dari bentukan endapan material Gunung Merapi yang mengendap kemudian terbawa oleh angin membentuk gundukan alami membuat tampilan alam Ladon tampak sangat mirip sebuah pulau berada di tepian sungai. 


Keeksotikan alamnya semakin terlihat menawan dengan latar belakang pemandangan perbukitan Menoreh yang tampak menjulang dari kejauhan. 


"ladon little island - tempat asyik melupakan mantan"


Di Ladon little island, aku tak hanya bersenang - senang menghabiskan waktu refreshing diri sejenak dari kepenatan rutinitas kerja dengan bermain pasir membentuk gundukan atau menuliskan nama mantan di pasir putih di tepi Kali Progo kemudian riak airnya yang tenang menyapunya secara perlahan ..., tetapi juga mencoba sarana berkuda menyusuri sepanjang tepian sungai. 


Kulihat di salah satu tebing menjulang tinggi terdapat semacam saluran air membentuk air terjun mini jatuh ke aliran Kali Progo yang berwarna kehijauan. 


Dan juga di atas ketinggian tebing sana, berada di dekat lokasi keberadaan saluran air terjun mini terlihat sedang berlangsung proses pembuatan tahap akhir satu spot selfie berbentuk perahu dari rangkaian bambu berukuran cukup besar. 


Sepertinya area Ladon nantinya akan memiliki dua area, satu berada di tepi sungai dan satu area lainnya nangkring berada di atas ketinggian tebing.


"ladon little island - tempat asyik melupakan mantan"



Selain sarana berkuda dengan tarif 20K, di Ladon little island terdapat sarana berfoto dengan kuda jika tak berkeinginan menunggangi kuda menyusuri tepi sungai, cukup merogoh kocek 5K kamu, aku dan kita sudah bisa berfoto bergaya ala nyengir kuda bareng kuda. 


"ladon little island - tempat asyik melupakan mantan "


Rafting dengan jalur mini bisa dijajal di Ladon little island. Sarana berbayar murmer alias murah meriah berperahu karet maksimal 5 orang dalam satu perahu berikut satu instruktur tersebut, hanya dibanderol 40K. 


Sarana lainnya seperti bersenang - senang bermain di permainan tradional jungkat - jungkit terbuat dari papan kayu, ayunan yang juga terbuat dari kayu, berfoto di spot selfie berbentuk perahu rakit dan menara panggung dari rangkaian bambu yang menjorok ke tepi Kali Progo ..., semuanya dapat digunakan pengunjung secara gratis, tanpa adanya beaya tambahan.


"ladon little island - tempat asyik melupakan mantan"


Kalau soal makanan dan minuman, tersedia tidaknya di 'pulau' Ladon little island, aku juga tak menemui kendala mencarinya karena mudah didapat dan banyak sekali jenis makanan yang dijajakan pedagang berasal dari penduduk setempat melalui beberapa deretan lapak berbentuk gubug beratap jerami di satu tepi Kali Progo, seperti bakso, sosis, es kelapa muda dan makanan kekinian lainnya. 


Yang cukup mengejutkan buatku ketika tiba berada di lokasi Ladon yang namanya diambil dari kata ladu, lendut [Bahasa Jawa : tanah berpasir dari sisa air banjir] ini penetapan tarif tiket masuknya yang super duper murah, cuma 2K perpengunjungnya!.


"ladon little island - tempat asyik melupakan mantan"


Gimana, asyik banget kaa ... aan, ya pemirsaah ..., liburan di lokasi  Ladon little island yang punya view alam seketjeh ini cuma berbekal duit receh segitu. Jadi, bener apa tulisan kata slogan yang terpasang di satu tonggak spot selfie disana bertuliskan 'Tempat Asyik Melupakan Mantan''. *Eh, lagi - lagi mantan disebut. Ha ha ha



Lokasi : 

Ladon little island 

Margonodadi, Dusun Sangen, Desa Candirejo, Kecamatan Borobudur, Kabupaten Magelang, Jawa - Tengah.

Jam operasional :

07. 00 - 17. 00






Comments

  1. Ouw... ada lokasi wisata baru muncul.. Ladon little island..🙂
    Kepo juga saia.. ternyata ada little islan di dekat wisata candi Borobudur,.
    Oh disebut little island itu karena di tepi kali Progo (yang agak mirip danau ya?) ini terdapat area gundukan pasir seperti pulau kecil... so nice...👌
    Nemu u...ajaa...tempat oke begini..😀
    Tiket masuknya murah euy...
    Begitu juga kalau mau naik kuda 20 K atau foto barebg kuda...only 5K harga tiketnya terjangkau sekali buat pengunjung.
    Mantap dech wisata Ladon little island ini... recommended banget.. buat ngelupain mantan ya? Wkwkwkw😂
    Aku dulu punya foto naik kuda di bon bin tapi udah hilang nggak nemu.
    Sekarang kalau mau naik kuda udag nggak berani ...wkwkwk😅
    Btw. picture pertama itu oke banget gayanya lagi main pasir tepatnya sich lempar pasir 😅 Nice style..👌

    ReplyDelete
    Replies
    1. Gimana, ketjeh beuud ngga viewnya 'pulau' Ladon ini ?. Ngga nyangka ya tepi kali bisa ada gundukan pasir seputih itu.
      Wuah makasih fotoku pertama disebut nice style 🙏.
      Kenapa tuh kok takut naik kuda 🤔🐎 ?, takut nyelonong ya larinya, hahaha

      Delete
    2. Sama-sama... Iya picture pertama gayanya oke extraordinary. ..👌Kalau dilihat Itu kira-kira lagi masang kuda-kuda jurus pasir ya? wkwkwk😅
      Iya kerje view Ladon little island ini👌
      Kali Progo ini kok lebih mirip danau ya? airnya hijau menenangkan nggak seperti aliran arus sungai.
      Aku dulu saat masih TK naik kuda di Bon Bin bareng kakaku satu kuda, itu pun digiring sama penjaga yang nuntun kuda yang jalan. Lah kalau sekarang aku naik kuda lagi nggak berani..
      Alasannya benar takut kalau lagi nunggang kuda, tengah-tengah kudanya kumat terus lari kencang kan berabe?.😅
      Secara nunggang kuda kan nggak gampang harus punya ilmu dan tekhnik menakhlukan kuda... hehehe😀

      Delete
    3. Hahaha, kalau aku menamakannya seperti komentar dibawah dari Andrew from Australia yaitu gaya menari salsa.
      So, namanya 'Dancing salsa on white sand' 😀.
      Tuh kaan bener tebakanku...,takut kuda tetiba kehilangan kendali lari kencaang 🐎😅

      Delete
    4. Ouw menari🕺 salsa ? Asyik..😅
      Salsa Dancing🕺💃 on white sand? Oke juga namanya..😂
      Iya bener alasannya itu aku takut nunggang kuda . Kalau nggak salah aku baca brad Him juga sempat nunggang kuda ya di wisata ini? lah kok nggak posting ?malu ya? Kan keren naik 🐎kuda..😅
      Aku baca juga di wisata Ladon little island ini ada air terjun mini ya.di dekat tebing?
      Terus ada wahana jungkat jungkitya juga ... sempat naik nggak jungkat jungkitnya?😄

      Delete
    5. Ngga nyangka juga sih pose dadakanku itu tetiba hasilnya kelihatan kayak lagi dancing 😄.
      Fotoku berkuda ngga kusertain daripada kena bully karena ngga 'dapet' ekspresinya, haha 🤭.
      Sempat dong nyobain jungkat jungkit tradional tapi ya itu sebelum naik duduk kusemprot dulu pakai disinfektan, biar safety.

      Delete
    6. Iya picture pertama nya gaya nya udah seperti penari white sand.., tapi.. untung lho nggak ada orang yang dekat -dekat kalau nggak bisa ikut kelempar semburan pasir..wkwkwk😅
      Oouw begitu jadi foto berkuda nya memang disembunyikan to? I see... Misalnya nich kalau foto berkuda nya diposting dikasih judul "Ekspresinya mana..?" 😅
      Ouw sempat juga ya naik jungkat jungkit ? Siip..👍memang harus disemprot disinkfektan dulu sebelum dinaikin..👌
      Aku baru ngeh lho di picture terakhir itu ternyata memang yang ngasih moto " Tempat melupakan mantan " itu motto dari tempat wisata nya itu serndiri ya? Wkwkwk😂
      Bisaaa aja strategi pengelola wisata untuk menarik perhatian pengunjung 👌😀

      Delete
    7. Iya, haha .. sengaja judul post ini kuambil dari kata slogan di papan arah spot selfie di Ladon.
      Memanglah asyik buat melupakan mantan 😂

      Delete
    8. Iya..Inilah lokasi wisata yang tepat ... tempat melupakan mantan.. 👌😅
      Dijamin selama wisata bisa amnesia soal mantan ya? Wkwkwk😂
      Becanda... kali.. hihihi..😅
      Oh ya picture ke 4 itu brad Him foto di atas rakit, apa itu fasilitas yang bisa dipakai pengunjung untuk keliling sungai ? Atau rakit nya itu hanya sekedar spot selfie saja?

      Delete
    9. Auto lupa soalnya tulisan nama mantan di pasir dah hanyut kebawa air & langsung digigitin iwak lele, wwwkk 🤣.
      Oh, that's just photo's property. Can't using floating in the river 🏞️

      Delete
  2. Oh tempatnya dekat dengan candi Borobudur ya, jadi kalo kesana enaknya sekalian mampir ke Ladon Little Island, mana tarifnya murah sekali ya mas.

    Pemandangan alamnya sangat bagus ya soalnya dekat pegunungan bukit menoreh. Pasir putihnya juga ketje abis.

    Biaya naik kuda cukup murah, soalnya kalo di tempat wisata sini kalo naik kuda 30 k. Tapi saya takut naik kuda, mendingan selfie saja.��

    ReplyDelete
    Replies
    1. Wwwkk, satu lagi nih selain Fidy ternyata mas Agus juga takuut naik kuda 🐎 ..
      Wadaaawww 😅

      Delete
    2. Pernah sekali naik kuda mas, rasanya gimana gitu, takut gelundung jatuh kebawah, padahal kuda kan tinggi.😱

      Delete
    3. Woahahaa .., kalo gitu dipeluk erat aja leher kudanya saat ditunggangi.
      Kayak meluk mantan, *eh salah ..meluk yayang gitu looh 😂

      Delete
  3. It looks like an interesting place. Lol at you writing the name of your ex. You look like you are dancing in the first photo.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Ha ha ha ..., let the former's name drift away, Andrew.
      You are right, my photo movement is similar to dancing. Salsa dance maybe ..., so it looks like the photo title is 'Dancing Salsa on White Sand' 😁

      Delete
  4. Wah saya setuju dengan judulnya.. Keindahannya benar-benar membuat terlena sampai melupakan mantan...

    ReplyDelete
    Replies
    1. Toos kita, bang Ancis 🙌. View ketjehnya betulan sanggup ngelupain sang mantan hahaha 😄

      Delete
  5. Buen paseo te has dado por la isla y has captado muy bellas fotografías.

    Que tengas una buena semana

    ReplyDelete
    Replies
    1. Muchas gracias por tu aprecio por mis fotos. Oro para que tu vida diaria esté llena de alegría.

      Delete
  6. Hello Himawan,
    What a nice place to be. It's great to go out and enjoy of this area.
    Enough to see or to do. Wonderful.

    Greetings, Marco

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hello Marco. I hope that someday you will have the opportunity to see first hand the location of the riverbank which is similar to this island. Thank you for your appreciation, Marco. Greetings.

      Delete
  7. Cakep tempatnya Mas, airnya keliatan jernih dan pemandangan sekitanya juga alami banget.

    Apalagi harga tiketnya juga murah banget, keren abis lah.

    Btw, kalo di Sumatera Utara, daratan berpasir di pinggir sungai atau danau gitu disebut pantai sih Mas, kalo di sana disebut pulau ya, unik juga.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Oh, unik ya sebutan di SumUt untuk gundukan berpasir di tepi sungai dan danau disebutnya Pantai.
      Itulah salah satu keunikan yang dimilki masing2 daerah.

      Delete
    2. Bener banget tuh Mas, saya dulu sering bingung saat lagi di dataran tinggi dan temen malah ngajakin ke pantai. Aku sih mikir, laut aja jauh banget dari sini, mana ada pantainya.

      Ternyata yang dimaksud pantai ama ama si kawan itu daratan berpasir di tepi sungai. 🤣

      Delete
    3. Haha .., bener-bener unik pengistilahan lokasinya 😂.
      Kuingat2 akh nama penyebutannya buat bekal barangkali aku ntar kapan kesampaian ke wilayah SumUt ...

      Delete
  8. Replies
    1. Big thanks, Rajani.
      I immediately came to your blog.

      Delete
  9. Como te lo pasas de bien ajjaj, vamos que disfrutas como un niño pequeño , eso está muy bien . Gracias por ofrecernos estos paisajes tan naturales y bellos . Y desde luego ir allí de vacaciones debe ser toda una gozada aunque no vayas a olvidad a tu ex jjaja. Un fuerte abrazo y sigue disfrutando .

    ReplyDelete
    Replies
    1. Ja, ja, ja ... Me río cuando mencionas la palabra ex. También es poderoso venir al lugar para olvidarte de tu ex jugando con la arena como un niño, Campirela ... olvidémonos de ex ja ja ja 😂

      Delete
  10. Foto-foto indah dari tempat yang indah. Saya dikejutkan oleh begitu banyak pasir di daerah itu sehingga sepertinya tidak ada erosi oleh laut atau bebatuan.
    Pelukan erat dari Spanyol

    ReplyDelete
    Replies
    1. Saya juga sempat keheranan melihat adanya gundukan pasir putih dari material gunung berapi berada di tepi sungai ini, Gumer.
      Saya mengirimkan juga pelukan erat untuk anda di Spanyol dari saya di Indonesia.

      Delete
  11. Nice and funny photos dear!Love them!!!

    ReplyDelete
    Replies
    1. Oh, thank you so much dear Saruski 😊🙏.
      Cheers.

      Delete
  12. This sounds like a wonderful and rejuvenating adventure! Great pictures. :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. Your opinion about this location is correct, friends. Especially locations when there are fewer visitors.
      Thank you very much for appreciating my photos 😊🙏

      Delete
  13. Very Nice Island, Seam to Be a fantastic Place . . . Nice the picture too.
    Have a good october month

    ReplyDelete
    Replies
    1. Oh, big thanks for all, Arwen.
      Have a good Oktober month also 😊

      Delete
  14. Hello ,

    What a beautiful place. You find all the great places to visit. Wonderful series of photos. Have a happy day and a great week ahead.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Thanks for everything, Eileen. I will try to introduce unique locations on this blog.
      Have a nice moments on Oktober month.

      Delete
  15. Fantástico, mesmo, o lugar! Cada vez mais me apaixono pelo teu belo país, meu amigo! Oxalá ainda o possa visitar! Meu abraço, boa semana.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Rezo por você para que seu desejo seja atendido, árabe. Um dia poderemos ver em primeira mão o que há na Indonésia. Um forte abraço de amizade.

      Delete
  16. Tempat alam yang indah, teman Himawan. Itu mengingatkan saya di mana saya dilahirkan 63 tahun yang lalu, di kota Goya saat ini (sebelumnya hanya sebuah kota yang berkembang tetapi sebuah kota), di provinsi Corrientes, di barat laut Argentina, di tepi salah satu lengan Sungai Paraná yang panjang yang melintasi bahkan perbatasan negaraku dengan negara saudara lainnya. Perairan dan vegetasi, putihnya pasir di tepian, bahkan fauna hutan atau rimba pun harus serupa. Indah sekali, temanku. Sangat berterima kasih atas perjalanan ini.

    Pelukan erat.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Terimakasih untuk cerita kota Goya tempat kelahiran anda dan pemandangan serupa di Corrientes & Ladon ini, sobat Carlos.
      Saya membayangkan keindahannya melalui cerita anda.
      Terimakasih juga aoresiasi besar anda, sobat.
      Pelukan erat.

      Delete
  17. C'est joli, un endroit resté naturel et "sauvage", de belles balades tranquilles.
    Bonne soirée :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. C'est vrai comme vous l'avez dit, l'emplacement est calme et magnifique. Merci pour la visite. Bonjour les amis.

      Delete

  18. Oh wow that looks amazing and so pretty :-D Great photos :-D

    ReplyDelete
    Replies
    1. Yeaah .., thank you very much your appreciation for my photo, Ananka 😊🙏. Cheers

      Delete
  19. Ini pertama kalinya aku mendengar tentang tempat ini. Tak heran jika tempat ini menjadi daya tarik wisata baru. Indah disana! Bagaimana dengan basis hotel? Apakah ada tempat untuk menginap?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Di dekat lokasi ini terdapat Balkondes yang dilengkapi sarana penginapan, Rodzina.
      Senang sekali dapat mengenalkan lokasi ini untuk anda dan semuanya 😊

      Delete
  20. So far away, but the sun still shines! Thanks for sharing the photos.

    ReplyDelete
    Replies
    1. It's okay the location is far away, hopefully one day you can visit there one day. Thank you very much for your appreciation.

      Delete
  21. No se si lograste olvidar a tu ex pero lo que si creo que no olvidaras el tiempo que pasaste en la isla.

    Saludos.

    ReplyDelete
    Replies
    1. 😅 jajaja .. para ser honesto, me olvidé de mi ex, Thomas.
      Da la casualidad de que en este lugar hay un lugar para fotos con las palabras ex en él.
      Un abrazo de amistad te mando.

      Delete
  22. Waah, itu tempatnya baru buka di tahun ini ya mas pas lagi corona gini? 😅
    Btw itu rame ga, atau malah sepi ya?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Menurut info yang kuperoleh di lokasi, tiap harinya rame pengunjung. Terutama weekend & Minggu, mas 😊

      Delete
    2. Semogaa bisa jaga jarak agar terhindar dari corona, yaa

      Delete
  23. Me encanto Ladon es una pequeña isla muy hermosa me gusto verte jugando con la arena. Te mando un beso

    ReplyDelete
    Replies
    1. Gracias por el beso de amistad enviado por ti, JP. Le devuelvo el beso de saludos de amistad. Me alegro de que te haya gustado la 'isla' de Ladon.

      Delete
  24. iyaa ya sekilas mirip pulau, terutama karena ada pasir putihnya dan warna sungainya juga cukup ciamik dari bayangan pohon-pohon.. tempatnya juga cocok untuk hunting foto sih menurutku..

    ReplyDelete
    Replies
    1. Betuuul, mas Bara.
      Terutama sudut yang berlatar belakang perbukitan Menoreh paling ketjeh buat background fefotoan.

      Delete
  25. Lovely photos :) Have a great day :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. Thank you so much, Iwona 🙏. Have a nice week 😊!.

      Delete
  26. Senang rasanya Anda memberi tahu tentang negara Anda bahkan dengan foto-foto indah ini!
    fiftyshadesfashion.com

    ReplyDelete
    Replies
    1. Terimakasih banyak, sobat. Saya juga sangat senang anda menyukai lokasi dan foto-foto yang saya perkenalkan disini.
      Saya mengirimkan salam persahabatan.

      Delete
  27. wah ini dekat borobudur ya mas
    seger banget dan yang kusuka adalah sepi
    bisa menarik napas sejenak dan ternutnya berfoto
    sementara pergi ke tempat kayak gini gamasalah si mas
    asal tetap jaga jarak ya...

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya, mas Ikrom. Alangkah baiknya kita selalu disiplin jaga jarak dilokasi manapun, juga ngga menyentuh benda apapun di lokasi buat jaga diri kesehatan kita di masa pandemi ini.

      Delete
  28. Unas fotografías preciosas en la que se ve que disfrutaste de buen tiempo y de toda la visión de esta bella isla.
    De todo lo que has escrito no he podido disfrutar de ello, ya que no encontré traductor de idiomas, y yo solo se el mío, :)))
    De todas las formas me encantó ver lo bien que parece lo pasaste.
    Un abrazo y que sigas disfrutando.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Aunque el traductor no es efectivo para tu blog, estoy muy agradecido y contento de que hayas dejado comentarios y me hayan gustado mis fotos. Saludos de amistad, Elda.

      Delete
  29. Que lindo lugar e foto! Gostei de ver! abraços, tudo de bom,chica

    ReplyDelete
    Replies
    1. Muito obrigado pelo seu apreço, Chica. Estou enviando um abraço de volta.

      Delete
  30. Kak Himawan, fotonya yang pertama lucu banget 🤭 ada efek pasir terbangnya, lucu hahaha.
    Unik banget ada tempat seperti ini. Aku kira beneran pulau, di pinggir laut gitu, ternyata ini di pinggir sungai. Tiket masuknya juga murah banget! Cocok lah sebagai tempat melupakan mantan yang ramah di kantong huahaha

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hahaha .., kayak adegan bocah lagi kegitangan banget ketemu pasir ya, kaak 😆.
      Tandas bablas lenyap ingatan sang mantan, wwkk!

      Delete
  31. Belle foto e interessanti descrizioni, soprattutto per me , che vivo molto lontana da quei luoghi. Li visito attraverso il tuo blog. Saluti e grazie per essere passato da me. Ciao

    ReplyDelete
    Replies
    1. Ciao Mirtillo in Italia. Sono molto felice che tu sia passato a vedere il panorama che sono venuto e commentato qui. Mando cordiali saluti da lontano.

      Delete
  32. Lovely pictures and beautiful place... thanks for sharing dear :-)
    Beauty and Fashion/Rampdiary/Glamansion

    ReplyDelete
    Replies
    1. Your welcome, Jo Rashi.
      Thank you also for stopping by.

      Delete
  33. Replies
    1. Thanks for your opinion, Pathy. And I saw it too, this location is beautiful. Cheers

      Delete
  34. I'd like to go running along the bank of that river. Beautiful place to tour.
    Thanks for reading my last post about Tuscany's old villages and leaving a comment.
    I look forward to visiting your surroundings through your blog.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hello, Giorgio. I am happy to know your desire to try running on this sand. Hopefully someday it will come true. You're welcome, Giorgio ..., I also thank you for your visit and gracious welcome. Greetings.

      Delete
  35. ternyata dekat borobudur ada tempat ini...wow

    ReplyDelete
    Replies
    1. Wow emijing kaan .., yuk kapan ada waktu main di mari, kak

      Delete
  36. Udara disitu memang sejuk, jadinya dibuat wisata apa saja asik. tapi lewatnya kok perkebunan warga ..... ada yang ambil cabai petani gak tuh

    ReplyDelete
    Replies
    1. Yang berani jahil ambil cabai & hasil kebun lainnya, dihukum saja makan cabai sebanyak2nya, haha.
      Moga aja ngga ada pengunjung yang jahil, kak.

      Delete
  37. I love the fact that you always taking us your readers to this all amazing places. This time you show us again another incredible place. I hope to be there one day xx

    ReplyDelete
    Replies
    1. Thank you very much, Carolyna.
      I always try to present information from tourist locations that I have visited so that information is more accurate and can be used as a provision for all of your vacation information. I pray that one day you come to Indonesia

      Delete
  38. Beautiful Island and the fotos are very pretty.
    You are an amazing man. Congratulations!
    Good october and happy days.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Oh, really big thanks for your kindly comment, Ceu.
      Great October also.

      Delete
  39. mas que fotos lindas adoro foto estas estam lindas bravo bjs

    ReplyDelete
    Replies
    1. Ha ha ha ..., meu estilo de foto é parecido com o comportamento de uma criança, hein .., obrigado por ter vindo e seu agradecimento. Saudações.

      Delete
    2. Suee pke bahasa apa kalian ini 😆😆

      Delete
  40. Que lugares maravilhoso!
    As fotos ficaram ótimas!
    Beijos.
    https://vinteedoisdemaio.blogspot.com/

    ReplyDelete
    Replies
    1. Obrigado por sua apreciação da minha foto, Gabriele. Saudações.

      Delete
  41. Hola, Himawan.
    Un bonito lugar para olvidar a las ex🤣😉🤣. Un gusto leer una entrada tan personal y aventurera. Cada vez conoces más lugares para llevar a tus próximas novias ;)
    Un abrazo desde España!

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hola Miguel.
      Oh jajaja .. Yo también me reí a carcajadas, recordando haber pintado el nombre de mi ex en la arena para que se alejara de las corrientes de agua. Quizás el nombre se asiente en el fondo bajo el agua, jajaja .. 🤣🤣

      Delete
  42. Eres buen embajador de tu tierra. Lo muestran tus magníficas fotografías. Es un lugar paradisíaco. Gracias por compartir.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Oh, wow ... No esperaba que me hicieras una valoración tan grande. Realmente agradezco y aprecio eso, Maripaz.
      Saludos de amistad para ti.

      Delete
  43. ohhh jadi ini tempat yang bisa ngebantu ngilangin memori sang mantan, ehh
    aku mau juga dong kesana kak, duhh kapan ya ke jogya hahaha
    tiketnya super duper murah ini namanya, beli cilok mayan lah, setara kayak beli cilok :D
    waktu kak hima kesana emang lagi sepi banget ya? foto fotonya terlihat nggak terlalu banyak pengunjung

    nah tuh sungai berarti nggak boleh dipakai berenang ya kak?
    aku kok takut kalau nyebur disana ya

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hayook datang ke lokasi ini buat ngelupain sang mantan, kak hahaha 😂.
      Seperti biasanya aku kalau bikin foto selalu kelihatan lagi sepi, kak 😊.
      Jangan buat berenang, takutnya daleem sungainya.

      Delete
  44. ¡Hola!
    Me gustan tus fotos, pero lo que más me gusta es la alegría que desprendes.
    Un abrazo.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Gracias, Eowyn. Se siente muy bien que mi felicidad que muestro en la foto pueda transmitir felicidad a los demás. Saludos de amistad.

      Delete
  45. very beautiful island, thank you for the post
    http://www.mosaictrends.com/

    ReplyDelete
    Replies
    1. Your welcome, friend. Thanks for stop stopping by.

      Delete
  46. Bardzo ładne i ciekawe miejsce ;)

    ReplyDelete
  47. Murah bangetttttt hahahahaha. Duuuh daerah sana bnayak wisata asik2 ya mas. Tadi aku pikir ini juga beneran island, ternyata sbnrnya ga yaaa. Tp gpp, toh dr foto2 memang mirip pulau gitu :D.

    Moga2 aja kalo ntr makin terkenal ttp dijaga tempatnya jd ga rusak dan kotor. Pasirnya terutama :).

    Kalo kesana anakku pasti seneng naik kuda :D.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hahaa .. keren & bikin asyiiik banget kan dolan di lokasi kethjeh begini ngga nguras isi dompet 😄.
      Moga ntar kak Fanny & keluarga juga kesampaian liburan ke lokasi ini.

      Delete
  48. Ladon Little Island looks like a fun place to explore. It looks like you had a good time on the beach there!

    ReplyDelete
    Replies
    1. Yes, as you said, the location is very similar to an island and beach, but it is not :).

      Delete
  49. ...I seem to have a problem translating your blog, once in a while I see a translator and now today I can't. Thanks for visiting my blog.

    ReplyDelete
    Replies
    1. I am sorry to hear that the translator back was not effective for you this time. Excuse me, Tom. Thank you for visiting too. Regards

      Delete
  50. Wow you looked like you had a great time! Great snaps too!

    Allie of
    www.allienyc.com

    ReplyDelete
    Replies
    1. Thank you so much for your opinion, Allie :). Cheers.

      Delete

  51. Hai!
    Karena saya selalu tidak tahu tempat ini, terlihat indah, saya senang Anda bisa berlibur di sana.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Adorei as fotos. Que maravilha de lugar!
      Venha conhecer o Brasil, aqui tudo é lindo!
      Ótimo dia para você.
      Abraços
      Lua Singular

      Delete
    2. @ Sakuya :
      Terimakasih kunjunganmu dan aoresiasimu, Sakuya.

      @ Lua Singular :
      Ore por mim para que se possa ver a beleza do Brasil em primeira mão. Obrigado pela sua visita e muito apreço. Saudações de amizade.

      Delete
  52. wow que genial lugar *-* muy bueno.

    Un saludo enorme desde Plegarias en las Noche.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Obrigado, sua saudação por este local, Tiffany .

      Delete
  53. Spot fotonya banyak sekali ya mas Him, fasilitas nya juga dengan tarif yang sangat murah. Pasirnya juga bersih, Mudah-mudahan menjadi destinasi yang bisa dilihat di mata dunia.

    Oh iya, Expresi mas Him asyik banget kayak nya, seasyik melupakan mantan. 😁😁😁
    Kalo mantan baik mungkin terhapus oleh air secara perlahan, tapi kalo mantannya jahat langsung tu diserang ombak tulisan pasir mantannya. Wkwkwk.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Bwahaha kalo mantannya jahat namanya yang dipasir belum juga hanyut kebawa aulir, eh udah langsung digigitin sama ikan cupang 😂🤭

      Delete
  54. Me parece un slogan perfecto, ojalá existieran más lugares así jeje Me gusta tu alegría, nos contagias a todos, pero es algo positivo. Un abrazo desde Chile, Sudamérica.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Felicidades novamente para você no Chile. Obrigado por concordar com o slogan.

      Delete
  55. Un muy bonito lugar Ladon, no lo conocía, muy buenas fotos gracias por compartir.
    Saludos

    ReplyDelete
    Replies
    1. Estoy muy contento de haber presentado esta ubicación y muchas gracias por su apreciación de mi foto. Saludos de amistad.

      Delete
  56. Hi, Himawan! How are you? As I understand you are well, and how good to know that. You have been in beautiful places! Um abraço daqui do Brasil.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Olá meu amigo na Espanha também. Obrigado por perguntar como estou indo. Eu estou bem. Eu desejo você bem. Eu te envio um abraço amigável.

      Delete
  57. foto mas him yang pertama kayak mau terbang dengan pasir jadi kayak gara di naruto, tanganya bisa keluar pasir hehe :D

    tempatnya oke sih mas, menurut gw kayak suasana asri di pedesaan malah :D

    ReplyDelete
    Replies
    1. AseeK gaya fotoku dinilai kayak gaya komik Naruto, haha 😆.
      Besok2 ku mau nyoba gaya foto salto akh 🤸, wwkk.
      Nih memang pedesaan kok, mas.

      Delete
  58. Pantai baru di dekat kuil Buddha paling terkenal? Aneh sekali kedengarannya. Saya kagum dengan begitu banyak tumbuhan di pinggir pantai.

    Kapal, kuda, memiliki semua tempat itu! ha ha. Aku menyukai perjalananmu, salam dari musim semi selatan sekarang.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Oh, tidak .., di dekat candi Borobudur tidak ada pulau dan pantai nyata,sobat JLO.
      This in only sebuah julukan saja 😊.
      Terimakasih besar anda menyukai cerita perjalananku, JLO.
      Salam untukmu di musim semi yang indah.

      Delete
  59. Serius Kak, 2k aja? Murmer dong...
    Terus airnya kelihatannya tenang, eh bisa rafting juga. Aku pengen nyobain rafting dari dulu, btw... Tapi takut. Wkwkwk... rempong yak?

    Tapi, aku suka bayangin aku duduk-duduk manis di atas pasir sambil baca buku menikmati pemandangan dan melihat orang-orang yang menikmati pemandangan juga.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Wwwkk, kalau gitu cukup foto ala2 lagi rafting aja di dekat perahu karetnya aja, kaaak 😄.
      Nah aktivitas asik kuy nyantai diatas pasir ⛱️

      Delete
  60. asoy geboy mas him foto sesuai hestek wisata kekinian ladon yang nyepak pasir ᐠ( ᐛ )ᐟ #emotikon lagi kena chapta mas tak nggo ngene iki dulu ya hahha


    wisata dekat kali progo masih dekat dengan area merapi karena pasire putih mirip pasir pantai, sembari ngebakso makan sosis panggang n ndegan manteb nih, save dulu ah siapa tau kelak ku bisa ke magelang yekan :D

    ReplyDelete
    Replies
    1. Wwkkk keren banget sih itu istilahnya asoy geboy .., auto keingetan satu lagu dari naif.
      Yeii benul, *eh betul lokasinya di noted dulu biar ngga kelupaan dolan di mari pas ke Magelang (✯ᴗ✯)

      Delete
  61. Beautiful place! I want to visit this island in the future.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Amen, will be come true. I wish for you, Clovdi.

      Delete
  62. A beautiful "island".
    And a good idea with your Ex´s name in the sand being washed away. Hope you still can keep some good memories, though.
    Oh, I love those food stands! Now I´m not only hungry for sun and warmth and beautiful sights.... and sand!, but also for something yummy!
    Glad you still have your humor!

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hello, my dear Iris Flavia. I am amused reading your comments on the idea of ​​ignorance. I wrote the name of my ex in the sand and it was carried away by the water ... I hope that my idea will inspire many people to do it ha ha ha 😅.
      Hello, my dear Iris Flavia. I am amused reading your comments on the idea of ​​ignorance. I wrote the name of my ex in the sand and carried away by the water ... I hope my idea will inspire many people to do it ha ha ha 😂! .
      That's right, you said, it's nice to taste a variety of snacks in a certain location.

      Delete
  63. Halo,
    Ay yay, sungguh tempat yang indah, saya sudah mendengar tentang pulau kecil Ladon ini, dan sebenarnya dengan tur virtual yang pernah Anda lakukan ini, pasti saya mencari tahu apa yang saya butuhkan.
    Betapa damai dan tenangnya, untuk hari berkemah atau trekking.
    Naik perahu itu terlihat luar biasa! Tempat yang menyenangkan untuk melupakan mantan? Wah, apakah mereka pintar, ya? Saya suka surga itu, terima kasih telah berbagi!
    Sebuah pelukan!

    ReplyDelete
    Replies
    1. Halo sobat Yessy.
      Rasanya memang tepat keindahan lokasi ini sanggup melupakan mantan, hahaha 😂.
      Semoga ya kelak sunggih akan terlaksana dapat berada di Indonesia, tepatnya di Pulau Jawa bagian tengah ini.
      Sebuah pelukan untukmu!.

      Delete
  64. I thought you were doing a sand dance in the first picture. Lovely place for outing or holiday.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Yes right, the first photo scene did look like I was dancing 🕺😆.

      Delete
  65. Aku pas liat judulnya td mikir loh, kok ada pulau di deket Borobudur. Pantainya sebelah mana. Eh ternyata justru dipinggir kali yaa.. hehehe.. Aku sampe kepo jg di instagram nyari kaya kata Mas Himawan, bener ternyata rame jg ya, bagus2 lg fotonya..

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hahahyy kak Thessa sempat keheranan juga ya kok tetiba ada 'pulau' di deket Borobudur, di buku geografi pun dicari ngga bakalan ketemu 'pulau dekat pantai' ini 😄

      Delete
  66. Cie nama mantan siapa tuh yang ditulis?? wkwkwk
    Tak sangka pantai, karena pas awal baca ada tulisan bentangan pasir putih. kwkwkwk Ternyata yg ini beda. Bagus ya mas.. Walaupun airnya agak hijau tapi instagrammable banget. Biaya masuknya juga murmer.. Itu di ujungnya hutan mas atau apa??

    ReplyDelete
    Replies
    1. Nama mantanku .., haha ..udah lupa tuuuh, udah kebawa arus Kali Progo soalnya, wwwkk 😅!.
      Ya, mas ujung ke ujung berupa hutan tepi desa.

      Delete
  67. Wuuuhaaahaaa Ladon little island tempat paling asik untuk melupakan mantan..🤣🤣🤣

    Justru menurut saya tempat ini lebih asik untuk clbk kembali dengan mantan dan kembali mencari kekasih baru. Hoooohooooooo...🤣🤣🤣


    Karena melihat dari gambar2 diatas tentang Ladon little island sepertinya nyaman juga untuk memadu kasih.🤣🤣🤣

    ReplyDelete
    Replies
    1. Oh, wokokokok .. maunyaaa mas Satria tuuh 😂.
      Seneng ya dirimu nemu lokasi berpasir ini buat acara paduan suara, *eh paduan berkasih mesraah dengan rongdo .. 🤭

      Delete
    2. Haahaaa!...Si Agus juga betah pastinya kalau kesitu mas Hino....Ia bakalan mangkal sejadi-jadinya di Ladon little island.🤣🤣🤣🤣

      Delete
  68. I can see why it's such a popular Instagram destination. It looks so serene there. Definitely a great place to relax after work week routines!

    ReplyDelete
    Replies
    1. You are correct, Theresa. The uniqueness of nature and the cheapness of tickets have made many people come to take pictures and then upload them on Instagram.

      Delete
  69. Replies
    1. Thank you for sending us a positive vibe from you, Padre. I also send positive vibes to you. Cheers.

      Delete
  70. Me daría miedo estar cerca de ese río, siendo honesto. Me imagino que hay lagartos.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Oh, le tienes miedo a las lagartijas. Le tengo mucho miedo a las serpientes. Que cada uno de nosotros no se encuentre con el animal al que tememos.

      Delete
  71. Cantiknyeee..
    Asik klo tinggal di dekat tempat wisata sprti itu jadi bisa wisata terus hihi

    ReplyDelete
    Replies
    1. Seriusan nih mas Jaey ngga bosen kalau wisatanya kesitu2 mulu ? 🤭

      Delete
  72. Klo mantan...ga usah dilupakan..di simpan dalam kenangan aja😀😀
    Makin beragam aja sekarang wisata Magelang yaa... Bisa jadi pelengkap setelah main ke candi ini yaa.. masuk obyeknya masih murah meriah lagi..

    ReplyDelete
    Replies
    1. Oh gitu, disave di kenangan aja 😁.
      Iya, kak sekarang jenis pilihan wisata di Magelang bertambah lagi.

      Delete
  73. Amboi seronok main pasir yer🌹🌹
    Staysafe 💪💪

    ReplyDelete
  74. Espetaculares fotos! Dá para ver que é um país lindíssimo.
    Bjs

    ReplyDelete
    Replies
    1. Oh, estou muito impressionado ao ler seu grande apreço. Muito obrigado, Amelia. Saudações de amizade para você.

      Delete
  75. Estimado amigo, seguimos sin poder traducir, pero todo lo que nos muestras es muy bello. Bonitas fotos.
    Un abrazo y buena semana.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Gracias por visitarnos y tu agradecimiento, mi querido amigo. Por favor, comprenda que los traductores a menudo no son lo más eficaces posible.
      Un abrazo y burna semana.

      Delete
  76. Bellas imagenes, que despiden optimismo
    Un saludo

    ReplyDelete
    Replies
    1. Muchas gracias por tu agradecimiento, amigo. Saludos de amistad.

      Delete
  77. Whoa, you do travel a lot! Isn't it movement restricted in your area? I like the rivers and the bamboo rafts. Went on one and it was quite scary as the raft sinks into the water

    ReplyDelete
  78. WOW, this looks a fabulous place to visit, and you appear to be really enjoying yourself there...I love the first photo, it's like you are literally jumping for joy!😉
    I like that idea of writing the name of your ex...and then just letting it drift away. Think I'll try that too!😂😂

    Do hope you are staying safe and happy, my good friend!

    Hugs.

    ReplyDelete
  79. Ja die Getränke T-Shirts waren ja vor ein paar Jahren schon mal Trend, da habe ich mir Sprite geholt und diesmal Coca Cola :D Mag den Trend auch sehr gerne, denn es sieht einfach lässig aus.

    Wow beautiful pictures =) I love everything with water - the ocean, seas and so on. So that would be pretty perfect for me =)

    ReplyDelete
  80. Aquí estoy disfrutando de unas fotos hermosas de un lugar desconocido para mi.
    Saludos

    ReplyDelete
  81. Un lugar paradisiaco, que suerte poder pasar ahi unas vacaciones.Saludos

    ReplyDelete
  82. You seem to have alot of beautiful destinations nice little island

    ReplyDelete
  83. Looks good, but I need a translator!

    ReplyDelete
  84. What an amazing place, I loved the photos.
    xo
    https://www.dearlytay.com.br/

    ReplyDelete
  85. lama banget nggak main ke magelang. kapan2 wajib kesini nih. thanks reviewnya mas!

    ReplyDelete
  86. Ternyaa di tepi kali progo
    Indah banget, kini dimana-mana sadar akan tempat pariwisata
    Bisa menghidupkan perekonomian warga lokal

    ReplyDelete
  87. Interesting place. Thanks for sharing.
    Have a nice weekend!

    ReplyDelete
  88. pasirnya lumayan bersih.......asiik bermain kayak di pantai.
    suasana lingkungannya juga Indah.... mantap

    ReplyDelete
  89. Hello, what a lovely place and you are very happy, I think:-)

    ReplyDelete
  90. This is a wonderful post. Thank you for stopping by my blog.

    ReplyDelete
  91. That sure looks like a beautiful place!

    ReplyDelete
  92. Tidak perlu naik kapal laut kerana ia bukan pulau.

    ReplyDelete
  93. Wah, ini menipu banget namanya. Kukira berlokasi di manaa gitu. Pakai island. Hahaha ... BTW klo dari Jogja mending langsung aja menuju Balkondes Candirejo, ya. Kan dari situ dah deket dan ada pemandu yg siap anterin.

    ReplyDelete
  94. Beautiful photos. I wish Google Translate had kicked in here so that I could know what your words say.

    ReplyDelete
  95. You're welcome to follow me too, if you'd like. If not, that's okay.

    ReplyDelete

Post a Comment

Popular posts from this blog

Intip Begini Instagenicnya Warung Layar Sentuh 2.0 Magelang

Ketika awal pertamakali dibuka pada 31 Desember 2020 silam, nama Warung Layar Sentuh 2.0 saat itu mendadak hits ramai dibicarakan oleh banyak kalangan dan para milenials kawula muda sebagai pilihan baru lokasi nongki  [nongkrong kekinian] yang ada di Magelang. Bukan saja karena namanya terkesan unik, layar sentuh dan namanya terkesan sedikit berbeda dengan nama-nama kafe lain pada umumnya karena adanya penambahan bilangan angka 2.0 dibelakangnya, tetapi kafe, tepatnya Warung Layar Sentuh ini berkonsep bersantap hidangan berada di tengah hamparan perkebunan ladang tebu dan persawahan bernuansa alam pedesaan dikitari oleh indahnya pemandangan gunung yang mengelilinginya.  Area luasnya terbagi dua pilihan  indoor  dan  outdoor  berdinding kaca tempat makan Warung Layar Sentuh 2.0 yang buka setiap harinya mulai dari jam 07. 00 pagi hingga mendekati tengah malam jam 23. 00 tersebut dilengkapi dengan dekorasi cantik dan penataan ruang bergaya vintage  dan bohemian  yang tampak instagenic ,

Pengalaman Mistis di Mata Air Tuk Umbul Windusari

Boleh percaya atau tidak, ada pengalaman mistis aku temui saat berada di lokasi mata air Tuk Umbul Windusari, tapi ini aku kembalikan ke pembaca untuk mempercayainya atau tidak ceritaku.  Dan yang pasti tujuanku menceritakan pengalaman gaib yang kutemui di Tuk Umbul Windusari bukan bertujuan untuk mencari sensasi, sama sekali tidak ada maksud dan tujuan demikian.  Tujuanku untuk sekedar mengingatkan ke pembaca, dimanapun lokasi yang kita kunjungi sewajibnya memberikan salam dan permisi terlebih dahulu kepada penghuni dari dimensi lain sebelum memasuki lokasi. Demikian juga seperti yang telah kulakukan saat aku tiba di Tuk Umbul. Kata salam dan permisi cukup kuucapkan di dalam hati.  Nama Tuk Umbul dari bahasa Jawa, Tuk : mata air  dan Umbul  : dari kata mumbul, menyembul atau memancar keluar. Cerita bermula saat aku  melangkah mendekat ke letak mata air Tuk Umbul  tiba-tiba kepekaan bawaan indra keenamku memberikan signal  jika lokasi ini ada 'penunggunya'.  Aroma wangi semerb

Perkenalanku

Halo. Teman dan para pembaca semua, apa kabar ?. Perkenalkan kembali, namaku Himawan Sant. Perkenalkan kembali ?. Loh, kok ..., hmm ..., memang sebelumnya pernah aktif jadi seorang penulis blog atau blogger ?. Yups, benar. Mungkin diantara kalian pembaca masih teringat namaku dan nama blog lamaku tema travelling yang sekarang keberadaanya sudah tak lagi aktif. Sekarang aku aktif ngeblog lagi, dengan niche berbeda dari blog sebelumnya. Lebih variatif kontennya, tak hanya satu niche. Dan punya blog niche variatif yang kata orang disebutnya 'blog gado - gado', sekaligus juga kujadikan sebagai wadah penyaluran kreativitasku dalam hal tulis menulis. Masih tetap dengan gaya kepenulisanku, ringan dan mudah dibaca, aku berharap artikel - artikel yang berada di dalam blog ini punya banyak manfaat baik dan dapat menginspirasi para pembaca semuanya. Salam, Himawan Sant