Skip to main content

Pesona Grojogan Watu Purbo Tanggul Air Terjun Berundak

Mendung langit pagi di kotaku di satu pagi hari itu, dan beberapakali sempat hujan gerimis dalam perjalanan tak mengurungkan niatanku untuk tetap bepergian ke lokasi wisata Grojogan Watu Purbo yang berada di perbatasan antara wilayah Daerah Istimewa Yogyakarta dan wilayah Jawa - Tengah. 

Lokasi tepatnya di Dukuh Bangunrejo, Desa Merdikorejo, terletak di Kecamatan Tempel, Kabupaten Sleman, Daerah Istimewa Yogyakarta.

Sebenarnya mudah saja menemukan lokasi keberadaan air terjun Grojogan Watu Purbo yang beberapa waktu lalu namanya sempat viral di media sosial karena keindahan dan keunikannya yang menyerupai air terjun berundak, cukup berpedoman menemukan letak lokasi aliran kali Krasak yang besar dan dilengkapi jembatan besi dua arah.

Kali Krasak membatasi wilayah Jawa Tengah dan wilayah Daerah Istimewa Yogyakarta. Terdapat gapura besar nama perbatasan wilayah melintang di atas badan jalan utama Yogyakarta - Magelang. 

Di aliran sungai Krasak itulah air dari pertemuan dua sungai di lereng gunung Merapi, Kali Krasak dan Kali Bebeng melintasi lokasi Grojogan Watu Purbo. 

Hanya saja, di jalan utama jalur wilayah Daerah Istimewa Yogyakarta dan wilayah Jawa Tengah ini tak terdapat adanya papan nama ataupun baliho petunjuk arah ke lokasi Grojogan Watu Purbo. 


"pesona grojogan watu purbo tanggul air terjun berundak"


Ini yang sempat membuatku mampir bertanya ke arah mana rute menuju ke lokasi Grojogan Watu Purbo ke seorang bapak muda yang terlihat sedang sibuk menyapu halaman depan rumahnya. Dengan ramah dan beliau sempat mengajakku mampir dirumahnya, dijelaskan jika rute yang kulalui memanglah telah benar, tinggal mengikuti jalan dan bertemu dengan perempatan jalan traffic lights kemudian beberapa meter setelahnya bertemu lokasi gapura dusun Bangunrejo.


"pesona grojogan watu purbo tanggul air terjun berundak"


Setelah menemukan dan memasuki lokasi gapura dusun Bangunrejo yang merupakan salah satu desa sentra perkebunan salak pondoh di wilayah Tempel, perjalanan kulanjutnya rutenya melintasi jalan desa yang kiri dan kanan disuguhi pemandangan hijaunya persawahan dan suburnya perkebunan palawija milik warga sebelum tiba di lokasi.  


"pesona grojogan watu purbo tanggul air terjun berundak"


Awalnya aku sempat ragu untuk ikutan menuruni undakan anak tangga di tepi aliran Grojogan Watu Purbo dan berfoto - foto di tiap tanggul dibawah aliran airnya yang membentuk layaknya tirai air terjun, seperti yang tampak sedang dilakukan oleh beberapa wisatawan disana. 

Tapi setelah aku berbincang dengan salah seorang pria petugas pengelola wisata warga asli desa Gudik, desa yang dahulu letaknya tepat berada di tepi tanggul aliran Grojogan Watu Purbo, aku lantas memberanikan diri menuruni undakan anak tangga, meniti jembatan bambu penghubung dan beberapakali berdiri di atas aliran air berpijak di bebatuan untuk membidik gambar lokasinya setelah dipastikan aman. 


"pesona grojogan watu purbo tanggul air terjun berundak"


Dijelaskan juga oleh beliau di tepi tanggul pertama terdapat menara sensor otomatis pemantau kenaikan debit air dan dilengkapi pengeras suara tanda peringatan berbahaya jika banjir datang dari dataran yang lebih tinggi. Menandakan untuk siapapun segera menyingkir dari area aliran Grojogan Watu Purbo. 

Sejatinya Grojogan Watu Purbo bukanlah aliran air terjun dan bukanlah air terjun alami, melainkan berupa undakan tanggul penahan laju banjir. 

Baik penahan laju banjir dari Kali Bebeng dan penahan laju banjir lahar dingin kiriman dari erupsi gunung Merapi ke Kali Krasak.


"pesona grojogan watu purbo tanggul air terjun berundak"


Karena pesona keunikan bentuk tanggulnya yang berundak atau bertingkat sebanyak 6 tingkat dan menciptakan pemandangan jatuhnya laju air terlihat seperti air terjun, foto lokasi ini beberapa waktu lalu sempat viral di instagram dan setelahnya disebut dengan air terjun atau Grojogan Watu Purbo. 

Seperti yang diceritakan oleh bapak pengelola wisata yang kuajak berbincang di tepi aliran tanggul kedua, tanggul Grojogan Watu Purbo dibangun pada tahun 1975 sebanyak 5 undakan tanggul. 


"pesona grojogan watu purbo tanggul air terjun berundak"


Pada tahun 1978 lokasi direhabilitasi dan dibuat tambahan 1 undakan tanggul melengkapi 5 undakan tanggul sebelumnya untuk lebih menahan kecepatan laju banjir.

 

"pesona grojogan watu purbo tanggul air terjun berundak"


Dijelaskan panjang lebar kali luas sejarah pembangunan tanggul di lokasi yang sekarang ini areanya sedang dipersiapkan jadi salah satu lokasi wisata unggulan di Yogyakarta ini membuatku manggut - manggut dan kepolah saiaaaa selanjutnya ..., tetiba saja aku tercetus sebuah pertanyaan dari bibirku yang seksi ini ..., "Pernah ngga sih, pak lokasi ini banjir ?".  

Menurut penuturannya, lokasi aliran Grojogan Watu Purbo pernah mengalami banjir besar sebanyak 2 kali di tahun yang berbeda di saat lokasi ini belum dibuat tanggul seperti yang terlihat sekarang ini.

Banjir terbesar terjadi pada tahun 1965 saat ia berusia masih belia dan beliau menceritakan masih teringat betul hingga sekarang saat bagaimana ia dan keluarganya beserta seluruh warga desa yang lain mengungsi ke desa yang lain dengan membawa ternak dan harta benda yang bisa dibawa. 

Sayangnya saat aku kesana kondisi aliran air terlihat butek keruh kecokelatan, tak terlihat bening seperti di hari biasanya seperti yang dijelaskan oleh bapak petugas yang murah senyum itu. 

Keruhnya air disebabkan adanya proses penambangan pasir yang kemungkinan sedang berlangsung di dataran yang lebih tinggi, dan memang beberapakali kulihat truk bermuatan pasir terlihat melaju melintasi aliran sungai di atas tanggul pertama.


"pesona grojogan watu purbo tanggul air terjun berundak"
Eh, ada truk penambang pasir lewat ...


Sekarang ini, terutama setelah nama Grojogan Watu Purbo dikenal banyak orang melalui sosial media, areanya tak pernah sepi jadi tujuan lokasi berlibur wisatawan.

Perekonomian warga ikut terdongkrak naik dengan menyediakan aneka jajanan yang tersedia di warung - warung sederhana, penyediaan lahan parkir area, bahkan juga tersedia penyedia jasa pijat ditempat.  

Tak terasa sudah lebih dari satu jam aku menghabiskan waktu berada disana. 


"pesona grojogan watu purbo tanggul air terjun berundak"


Kepulanganku dari area parkir Grojogan Watu Purbo kembali melewati jalur pos penjagaan restribusi tiket dan mengembalikan dua kartu nomor tanda kunjungan yang dipasang di kaca spion kendaraan dan kartu satunya disimpan sebagai bukti nomor kartu tersebut sesuai dengan nomor kartu satunya. 

Restribusi di lokasi wisata Grojogan Watu Purbo tiket masuk berlaku berikut beaya parkir menetapkan harga cukup terjangkau, lima ribu rupiah perorangnya. 

Menurut penjelasan warga yang bertugas di pos penjagaan restribusi tiket tersebut digunakan untuk mendanai pembangunan jalan yang saat ini kondisi sebagian jalur jalannya menuju ke dan dari area parkir Grojogan Watu Purbo masih berupa bebatuan, belum diaspal secara keseluruhan.



Lokasi: 

Grojogan Watu Purbo 

Dukuh Bangunrejo, Desa Merdikorejo, Kecamatan Tempel, Kabupaten Sleman, Daerah Istimewa Yogyakarta.


Jam Operasional:

06. 00 - 18. 00

Comments

  1. Cikbunga suka baca dan tgk picture 👍👍
    Banyak tempat history dan misteri serta alami yang sungguh cantik untuk di jelajahi
    Teruskan menulis, bagi inspire 🌹🌹

    ReplyDelete
    Replies
    1. Terimakasih apresiasi dan penyemangatnya cikbunga 🙏

      Delete
  2. Oh ternyata Grojogan Watu Purbo itu aslinya tanggul buat penahan air sungai ya mas, cuma karena berundak dan juga ada lima maka mirip air terjun bertingkat. Fungsi utamanya untuk menahan air agar tidak banjir ya, dan juga sudah ada alat otomatis yang memberi tahu jika aliran air banyak dan terjadi banjir.

    Sayangnya airnya agak keruh ya, mungkin karena lagi ada yang nambang pasir jadinya airnya teraduk aduk dan jadi keruh berwarna coklat.

    Murah juga ya mas, tiketnya cuma lima ribu saja, daerah Jogja mah gudangnya tempat rekreasi murah ya.😊

    ReplyDelete
    Replies
    1. Begitulah, mas. Jadinya aman saja main2 juga berfoto karena dilengkapi sensor otomatis yg bisa membaca debit air beberapa meter jauhnya dari situ.
      Murahnya harga tiket semoga jadi contoh untuk lokasi daerah yang lain 😊.

      Delete
    2. Padahal lumayan juga kalo airnya banyak ya mas, apalagi pas malam hari siapa tahu ada putri duyung nyasar kesana karena ingin ketemu mas Hino.��

      Delete
    3. Kenapa akhir akhir ini kalo komentar di blog orang pakai emot kok jadi tanda tanya begitu ya.😂😂😂

      Delete
  3. Replies
    1. Dzień dobry. Dziękuję za polubienie zdjęć tej lokalizacji.

      Delete
  4. Wow amazing places, I'd like to see it with my own eyes :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hopefully someday your wish will be granted to see this location directly, my friend.

      Delete
  5. Bardzo ciekawe miejsce, śliczny wodospad ;)

    ReplyDelete
    Replies
    1. Tak, lokalizacja tego sztucznego wodospadu jest dość interesująca do odwiedzenia :)

      Delete
  6. Nice views, you don't have views like theses in Poland

    ReplyDelete
    Replies
    1. Oh really ?. I was curious and hopefully I can see first hand the scenery in Poland.

      Delete
  7. C'est vrai que cela ressemble à une cascade naturelle, le site est joli.
    Il y'a de la végétation. Une belle sortie.
    Bonne journée

    ReplyDelete
    Replies
    1. Bonne journée à vous aussi. Oui, le débit d'eau ressemble à une cascade naturelle.

      Delete
  8. Cantiknya view dekat situ. Teringin pergi...

    ReplyDelete
    Replies
    1. Kudoakan kelak Zumal terlaksana datang ke lokasi ini.

      Delete
  9. Preciosas imágenes amigo muchas gracias por tus entradas tan lindas.
    Abrazos!!

    ReplyDelete
    Replies
    1. Gracias también por su agradecimiento y amabilidad. Te envío un abrazo de vuelta.

      Delete
  10. Nice place, I love waterfalls!!
    xoxo

    marisasclosetblog.com

    ReplyDelete
    Replies
    1. I'm glad to know that you love to take a vacation to the waterfall. Regards

      Delete
  11. air terjun ini indah 😍
    pasti indah di sana pada hari-hari cerah 🙂
    ada baiknya semuanya dibangun kembali setelah banjir
    salam Hormat

    ReplyDelete
    Replies
    1. Benar pendapat dari anda, Lili 😄. Salam hormat kembali

      Delete
  12. Keren air terjunnya sampai bertingkat gt. Ternyata itu buatan. Hehehe.. Bagus nih selain berfungsi buat penahan banjir bs buat wisata juga ya 😁

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hehehe ngga nyangka ya kalau ini 'air terjun' buatan. Kalau kita berdiri tepat dibawah tanggul aliran air, viewnya persis seperti dibawah kucuran air terjun 😁

      Delete
  13. Nice pictures :) beatiful places :)

    ReplyDelete
  14. That's a lovely landscape. Thanks. :-)

    Greetings from London.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Your welcome, friend. I agree with your opinion. Greetings back from Indonesia.

      Delete
  15. Everything is so green. And the waterfall is beautiful.
    I am not scared off by the rain, either. :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. Yeah, we are the same .. not afraid of the rain, we often play in the rain :)

      Delete
  16. Nice view... 👌 🤩 berada di lokasi ini pasti mata terasa sejuk dan adem ngelihat pemandangan sawah hijau, air terjun buatan yang bertingkat-tingkat.
    Jadi ini waduk atau tanggul yang dibangun berundak-undak untuk menahan laju banjir, sehingga aliran air yang jatuh tampak sedemikian rupa mirip seperti air terjun .
    Kreatif selain bisa sebagai taggul juga bisa dijadikan sebagai lokasi wisata.👌

    ReplyDelete
    Replies
    1. Tepatnya pas nglewatin jalur ketemu view sawahnya hehehe .., kalau disekitaran ngga ada sawah :). Unik juga ya aliran kali dibuat tanggul berundak seperti itu, jadinya kayak air terjun ;)

      Delete
    2. Iya maksudkusebelum ke lokasi ini ada view sawahnya... hehehe
      Unik emang kalau waduk atau tanggul dibuat berundak jadi saat air nya jatuh mirip air terjun mini bertingkat.
      Coba di wilayah atau daerah lain yang langganan banjir itu dibuat tanggul berundak seperti ini, mungkin bisa sekalian untuk nambah lokasi wisata.. hehehe

      Delete
  17. Nice place.

    www.paginasempreto.blogspot.com.br

    ReplyDelete
  18. Wah ini yang banyak dipost di instagram yo mas, apalagi ada view pegunungan gitu. makin makjosss :D

    ReplyDelete
    Replies
    1. Betul, mas lokasi ini yang fotonya lagi banyak nongol di ig :).

      Delete
  19. The man made waterfall to mitigate floods is very interesting. Thanks for showing us.

    ReplyDelete
    Replies
    1. You're welcome, Andrew.
      Thank you also for your willingness to stop by and comment on the location of this artificial waterfall.

      Delete
  20. Hermosa cascada, adore el lugar. siempre me gusta conocer más de tu país. Te mando un beso y buen fin de semana

    ReplyDelete
    Replies
    1. Ore por mí para poder presentar muchos lugares más para que los conozca a usted y a sus amigos.
      También mando besos. Feliz fin de semana, JP.

      Delete
  21. What A Beautiful Location - So Lush - So Inviting - Thanx For The Journey

    Cheers

    ReplyDelete
    Replies
    1. Gracias por tu opinión, Padre, que tengas un buen fin de semana allí.
      Cheers.

      Delete
  22. Lama ga kesini.. kayaknya makin ganteng aja mas HIm.. Pekabar nih?

    Rupanya sudah mulai aktif kembali kelayapan kesana kemari.. Hahaha. Stay safe ya mas..

    Bangunan bersejarah berarti nih yah.. umurnya lumayan juga ternyata

    Saat begini kangen ngeliat suasana hijau seperti ini..

    ReplyDelete
    Replies
    1. Wuah ge-erlah saiaa ... dibilang makin ganteng sama si mas ganteng blogger senior Anton Ardyanto, wwkkk :D

      Stay safe and stay healthy also, mas.
      Meski keluyuran kita tetap kudu ketat patuh protokol kesehatan ;)

      Delete
  23. Preciosas fotos,. Un hermoso recorrido por tus letras me a llevado hasta ahí. Saludos amigo.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hola, Sandra. Me alegra saber que mi texto puede llevar su imaginación a bordo. Saludos de amistad.

      Delete
  24. Betapa indahnya tanah Anda, Sahabat Himawan, bahkan di hari-hari yang tidak menyenangkan, dan hasrat Anda untuk menunjukkan sifatnya dan menyebarkan budaya dan tradisi Anda melalui ulasan dan deskripsi terperinci ini membuatnya lebih menarik, misterius, dan menarik.

    Peluk teman.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Halo sahabat Carlos.
      Terimakasih besar teks saya dinilai menarik untuk dibaca.
      Pelukan besar saya kirimkan untuk anda.

      Delete
  25. tempatnya ciamik banget mas him, masih asri suasana kali nya itu, mirip seperti kali di sesa tempur di jepara :D... btw gw seperti dejavu baca postingan ini mas him, sepertinya dulu pernah share tempat ini di blog yg dulu, kali ga salah :D

    ReplyDelete
    Replies
    1. Ayook ayok ..diulas mas lokasi desa Tempur .. mau ya, yaa .. aku pengin lihat suasananya ;).

      Tunggu kushare di post berikutnya ya mas lokasi yang nyaris hampir mirip dengan lokasi ini.
      Kalau lokasi air terjun ini baru di hari rabu kemarin aku kesitu.

      Delete
    2. sebenernya dulu udah gw share wisata desa tempur, cuman belum komplit foto2nya, nanyi dah kapan2 :D

      Delete
    3. Oh begindang, *eh begitu yo mas ..
      Baiqlah, kutunggu pelengkap foto2nya buat dipublish ;)

      Delete
    4. Wah ada desa namanya desa tempur. Apa karena orangnya pada suka berantem mas?

      Delete
    5. haha iya doaian aja mas him, soalnya ahir ini gw udah ada kerjaan, jadi mulai sibuk, tau nih masih sempetin buka blog :D

      Delete
    6. ada mas agus di daerah pegunungna muria, tapi kalo sejarah nama desa tempur gw gak terlalu ngerti :D

      Delete
    7. Apa mungkin karena bertempur rebutan rongdo ya.😂😂😂

      Delete
    8. @ Khanif :

      Wah, pf ya udah dapet kerjaan. Semoga diberi kelancaran mencari rejeki, mas.

      @ Agus :

      Siapa tau nama desanya dulu berasal dari tempat latihan perang2 an tuh, mas 😁.
      Eh, tapii .. , auto keingetan di kabupaten kotaku juga ada nama desa Tempuran 😄

      Delete
    9. Oh mas khanif udah dapat pekerjaan ya, selamat ya mas, jangan lupa traktirannya.😀

      Delete
  26. very beautiful photos, I really liked the waterfall and the nature of course
    http://www.mosaictrends.com/

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hello. Glad to know you also like to vacation to the waterfall location. Big thanks for your opinion myphotos.

      Delete
  27. Bałabym się przejść przez taki most obok wodospadu. Widzę, że rysunki uliczne są nie tylko w miastach Polski. :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. Aha, boicie się wysokości hę ... okazuje się, że w Polsce są też nieutwardzone wiejskie drogi. Ciekawe, przyjacielu :)

      Delete
  28. menarik tempatnya...boleh bersantai sambil tenangkan fikiran... tampak lokasinya agak jauh sedikit dari bandar ya, mas?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Lokasi ini letaknya jauh dari bandara, kak.
      Rute dari bandara harus lebih dulu mengarah ke jalur utama menuju ke Magelang.

      Delete
    2. kalau dekat dengan town / pasti pasti lebih ramai akan datang melawat tempat ini dan sekaligus menjadi lokasi tarikan ramai...

      Delete
  29. Replies
    1. Looks like a natural waterfall flow, right :) ?

      Delete
  30. Lah ini dekat toko material sepupuku
    deket lapangan gimberan

    sebelum corona mulai rame tempat ini mas beberapa waktu lalu bagus memang dan seger
    sayang aku belum balik tau gitu bisa maen bareng mas hehehe

    ReplyDelete
    Replies
    1. Oh, iya tow ..., lokasinya dekat sama rumah sodaranya mas Ikrom.
      Jangan2 orang yang kutanyain rutenya itu sepupunya sampeyan hehehe ....
      Hayok mas kapan kita janjian dolan bareng :)

      Delete
  31. ow ini yang lagi dibicarain ibuk-ibuk perumahan ini katanya mau wisata ke grojogan yang susun susun... namanya watu purbo ? oke biar nanti saya sampaikan tiketnya murah kan ya ...

    ReplyDelete
    Replies
    1. Yoii,sampaikan infonya ke bu ibuk ya, kak..
      Moga jadi panduan info yang kutulis disini :)

      Delete
    2. ok siap .... ada info lagi ternyata ada tetangga yang sudah kesana dan nambah2 in ceritanya hehehe, lebih detail jaraknya dari tempat kami lewat e mana saja di gamblangke malah

      Delete
  32. Cakep mas fotonya, hehehehehe.

    Itu air terjunnya nggak seperti air terjun biasa yang saya lihat, terus modelannya rapi banget macam air terjun buatan yang biasa ada di dinding restoran atau hotel besar :)) tapi kalau yang ini versi aslinya hehehehehe ~

    By the way, harga tiketnya as usual murah meriah, nggak heran kalau semakin banyak yang main ke sana. Mungkin jadi tempat pelarian untuk hilangkan penat. Semoga protokol kesehatan tetap dijalankan, biar sama-sama tenang dan aman ~ :D

    ReplyDelete
    Replies
    1. Terimakasih kak Eno :).
      Yups, awal pertama aku lihat bentuk dinding tanggul aliran airnya juga nyaris mirip dinding saluran air yang ada di taman hotel.
      Bedanya ini ukurannya tinggi dan lebar banget juga aliran air kali asli :)

      Delete
  33. Un estupendo paseo amigo. y si es al lado del agua mejor. Oirla calma. Buen septiembre Himawan . Cuídate.
    Un abrazo.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hola y que tengas un buen día en septiembre también, Laura.
      Que todos estemos siempre bien. Eso es lo que dijiste, justo en el borde del flujo de agua para escuchar el sonido si te preocupa estar debajo del flujo del dique.
      Un abrazo.

      Delete
  34. Interesante tu publicación, las imágenes se ven muy bonitas!! Un saludo desde el Delta del Ebro, Cataluña.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Muchas gracias, Herminia. Un saludo de amistad desde Indonesia para ti en el Delta del Ebro, Cataluña.

      Delete
  35. Hola Himawan!! Me encantan las fotos que sacas de estos lugares tan preciosos. ¡Estupendo post! Saludos!!

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hola Ana también, muchas gracias por gustarme las fotos que he incluido en este post Saludos de mi parte nuevamente.

      Delete
  36. ¡Hola Himawan! Hermosas fotografías. No conocía esta terraza de cascadas, es única. Es muy agradable ir conociendo estos hermosos paisajes a través de tu blog. ¡Un abrazo!

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hola mi amigo tambien Me alegro de que las fotos de esta publicación sean bastante entretenidas. Muchas gracias. Saludos de amistad.

      Delete
  37. salah satu spot yang sya catat mas himawan, dulu sempat kuliah di jogja lama 7 tahun tapi ga pernah jalan-jalan....karena anak rumahan..hahaha....

    ini lokasi nya dkt dengan perbatasan muntilan ya mas??

    ReplyDelete
    Replies
    1. Ciyeee ...yang anak rumahan. Alim bingits dong yaa :D.

      Jauh lokasinya dengan perbatasan Muntilan, mas.

      Delete
  38. Hermosos lugares y muy lindas las imagenes!! Es interesante tu blog. Beso.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Oh, muchas gracias por todo, Hanna. Saludos beso amistad de nuevo.

      Delete
  39. Air terjun yang perlu dicari ya kalau tidak ditanya pada orang lain.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Yups, semoga saja nantinya ada papan petunjuk arah ke lokasi terpasang di pinggir jalan utama.

      Delete
  40. walaupun baru viral kemarin2, ternyata tanggul ini udah dibuat sejak puluhan tahun lalu yaa... mungkin karena dulu blm "zaman instagram" jadi belum banyak diketahui orang-orang..

    cantik yaa,, kaya niagara mini :D .. di Padang juga ada yg mirip begini, tapi undakannya cuma 2..

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hahaha betuul .. bet..uul .. waktu itu instagram belum brojol alias nongol di muka bumi, jadi lokasi ini dulu terabaikan buat fefotoan 😆.

      Ayok undakan air terjun di Padang juga dikenalkan ke kita, mas Bara ..

      Delete
  41. What lovely photos, especially with the waterfall! looks like a nice place to visit :)

    Hope that you are having a lovely weekend :)

    Away From Blue

    ReplyDelete
    Replies
    1. Oh, it's great that you liked my photo under the waterfall, thanks for that, Mica.
      Hopefully one day you can visit this location. Happy Sunday too, have a good time.

      Delete
  42. Sudah ada taman mininya mas, semoga kedepannya memang dibuat untuk objek wisata. Tapi sayang juga kalau diatasnya masih ada aktivitas berat yg mempengaruhi kualitas air

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya juga sih, tapi dibagian atas memang lokasi penambangan pasir resmi seijin pemkot Yogyakarta.

      Delete
  43. B uen recorrido, hasta llegar a la cascada, que pone el broche final a las bellas imágenes.

    Que tengas un buen fin de semana.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Si amigo. Un viaje agradable puede llegar al lugar.
      Ten un buen fin de semana también.

      Delete
  44. Mas him deneng ga mampir suwe yang di sentra salak tempel? Tapi yang bar gapura bangunrejo lebar kui ada jalan pinggire sawah kok kayak desaku ya suasananya #jadi kangen omah hihi

    Seger banget mas, pemandangannya, jadi relaks mata ngliatnya
    Sayangnya pas nyampe di tanggulnya malah banyune agak butek ya amarga ada penambangan pasir, coba kalau bening pesti lebih joss lagi 😄

    ReplyDelete
    Replies
    1. Ora mampir soale malah lali njajal tuku salak ning kebone langsung 🤭.

      Wuaah jadi dejavu sama kampung halaman yo ..

      Delete
  45. Preciosa cascada artificial amigo, el día que estén todas la obras finalizadas será precioso, aunque en este momento ya de por si me parece un lugar muy hermosos a tener en cuenta y visitar.
    Buena semana de paz amigo.
    Un abrazo.

    ReplyDelete
    Replies
    1. La buena semana también es amigo. Ojalá lleno de felicidad. Gracias por su opinión sobre la ubicación de este terraplén de cascada.
      Un abrazo.

      Delete
  46. Hello,
    It is a beautiful place, it looks like a natural terraced waterfall. Lovely views and photos! Have a great day and happy weekend!

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hello also Eileen . Thank you for stopping by to comment on this artificial waterfall. I wish you this Sunday also full of happiness.

      Delete
  47. what a great place to visit! The waterfalls are amazing. I love the forest as well. Great place to hang out in. Nature is always relaxing. Thank you for sharing.

    ReplyDelete
    Replies
    1. I'm glad that you also like the rural and forest atmosphere. Thank you for stopping by. Greetings.

      Delete
  48. Piękne zdjęcia i ciekawa podróż :)
    Pozdrowienia z Polski 🇵🇱

    ReplyDelete
    Replies
    1. Bardzo dziękuję za opinię. Pozdrowienia ode mnie w Indonezji 🇲🇨

      Delete
  49. Beautiful place to visit and explore nature. Thanks for sharing!

    ReplyDelete
    Replies
    1. Your welcome, Bill. Thank you for liking the photos of the natural scenery in this post.

      Delete
  50. Ja richtig cool, da können sich auch Männer über ein paar Produkte freuen. Die Produkte haben auch alle einen guten Preis falls man sie nachkaufen will =)

    A really nice post again =) I love nature, especially waterfalls and so this would be perfect for me =)

    ReplyDelete
    Replies
    1. Vielen Dank für Ihre Eingabe, mein Freund. Ich liebe Hautpflegeprodukte..

      Gerne lese ich auch Ihren Lieblingsurlaub in Wald- und Wasserfallgebieten. Hoffentlich können wir oft an einen Ort wie diesen reisen.

      Delete
  51. Cool post!

    https://www.biigthais.com/

    Kisses ;*

    ReplyDelete
  52. Walopun "hanya" sekedaer tanggul. Tmpat ini sngat indah yaa nampaknya

    ReplyDelete
    Replies
    1. Yoi, mas. Lokasinya asik buat ngadem, keren juga buat fefotoan.

      Delete
  53. Boa noite meu querido amigo. Parabéns pelas fotos e post maravilhoso. Dá aquela vontade de conhecer mais do seu país e da cultura. Tenho aprendido sempre com você.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Bom dia da Indonésia meu amigo Luiz. Obrigado por parar e comentar sobre este local. É ótimo podermos aprender a conhecer nosso país uns dos outros. Abraços.

      Delete
  54. While it seems that they took lots of safety precautions, I still would not be comfortable going there. My luck, it would overflow viciously and I'd be swept away by water. LOL I'll just have to enjoy the beautiful scenery from your post.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Ha ha ha ... I understand if you don't have the courage to be under the embankment of water flow. You only need to see the location from the photo here 😀.

      Delete
  55. photo bapak yang lagi nyapu tadi kok tak ada
    Saya kan jadi penasaran dengan profil keramahannya
    Wah kapan bisa kesana ya
    Bosan di rumah terus nih

    ReplyDelete
    Replies
    1. Ntar mas DB kuanterin kerumahnya & kukenalin bapak itu :D.
      Gpp keluar rumah, kok, mas... Asalkan menerapkan protokol kesehatan

      Delete
  56. Coś co lubię i cos co nawet na zdjęciu sprawia mi radość:)

    ReplyDelete
    Replies
    1. Dziękuję, Wosdan. Bardzo się cieszę, że podobał Ci się ten obraz lokalizacji :)

      Delete
  57. Berganti bulan sempatkan berkunjung ke blog Mas Himawan yang semakin ramai pengunjung dan komentar karena walau topiknya ringan tentang traveling tapi disajikan dengan sangat rinci. Btw, itu tempat wisatanya benar-benar asri jauh dari perkotaan, air terjunnya juga khas. Sukses selalu untuk blog ini

    ReplyDelete
    Replies
    1. Amin, terimakasih mas Vicky. Kudoakan juga sebaliknya untuk blog mas Vicky.
      Karena liburanku juga untuk membagikan informasi detil ke pembaca, jadinya aku rempong sibuk nanya2 banyak info di lokasi, haha .. padahal kalau ngga, cukup santai2 saja nikmatin liburan buat diri sendiri :D

      Delete
  58. Ternyata masih dalam proses persiapan utk jd tempat wisata unggulan ya. Tp emang berpotensi banget nih mas tempatnya. Tanggulnya unik

    ReplyDelete
    Replies
    1. Ya, mas aku ke lokasi ini rabu kemarin dan kulihat areanya masih digarap, belum rampung total.

      Delete
  59. Love that violet colour on you and those waterfalls look gorgeous.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Yeah, my purple t-shirt looks like an eggplant color, Dezmond 🍆😄.
      Unfortunately the flow of the waterfall at that time was murky.

      Delete
  60. Looks like a waterfall. Beautiful.

    ReplyDelete
  61. kak hima, setelah ku melihat foto air terjun grojogan ini, langsung mengingatkanku sama bendungan di Kabupaten bondowoso sini, bentuknya juga berundak seperti itu, tapi aliran sungainya lebih deras. dan bahkan bagi yang bisa ambil angle foto dengan baik, terlihat cakep banget di fotonya

    ini sepi banget ya kak hima, apa waktu ke sana cuman kak hima aja yang datang?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Wow, pasti bendungan di kabupaten Bondowoso itu kelak bakal viral juga tuh kak .., ayook segera diulas lokasinya kak Ainun.

      Biasaa kak .. aku kalau motret suatu lokasi maunya kan keliatan sepi hehehe 😊.
      Kurang suka foto lokasi yang kelihatan lagi rame, kayak penampakan cendol dawet soalnya 🤭

      Delete

  62. Pemandangan indah, konstruksi indah. Dan terima kasih telah memberi tahu kami bagaimana penanganannya dalam hal keamanan, periode konstruksi, dan berbagai wilayah di negara Anda.
    Kami di sini memiliki Air Terjun Iguazú, yang alami (meskipun mereka memiliki banyak konstruksi di sekitarnya agar dapat menikmatinya).
    Terkadang alirannya sangat besar, saya tidak tahu apakah Anda melihat apa itu La Garganta del Diablo? Airnya turun dari Brasil

    Indahnya tempat itu, yang kau tunjukkan pada kami!
    Memeluk!

    ReplyDelete
    Replies
    1. Oh, terimakasih besar untuk apresiasi anda yang begitu mendetil, Frodo. Saya sungguh menghargai apresiasi besar dari anda.

      Saya langsung mencari gambar air terjun Iguazu daan .. WOW .. itu luar biasa indah. Sangat mengagumkan, fantastis!.
      Terimakasih banyak anda telah mengenalkannya kepada saya, Prodo.
      Memeluk!.

      Delete
  63. Beautiful green place!Must be wonderful to live there


    Happy sunday to you!

    ReplyDelete
    Replies
    1. It seems so because the many plants make the air feel cool.
      Happy nice week, Anita!

      Delete
  64. Ini deket rumahku..berjarak sekitar 3 kiloan lah. Klo Sabtu-Minggu rame, pada nyepeda ke sini..

    Baru sekali aku ke sini, itu juga udah ada Corona. Pagi2 banget biar ga gitu bnyk ketemu pengunjung/menghindari kerumunan

    ReplyDelete
    Replies
    1. Aseek ..., ternyata yang rumahnya dekat dengan grojogan ini mampir main ke pos sini niih .. :).

      Waktu itu hari rabu kemarin aku juga datangnya pagi tiba di lokasi, kak.
      Jadi di lokasi cuma ada sekitar 5 pengunjung & 1 goweser hehehe

      Delete
  65. Foto yang bagus. Vegetasi menakjubkan berbeda dari di Polandia. Air terjun yang bagus. Tempat bagus lainnya.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Terimakasih apresiasi anda, Mamelkowo. Saya juga senang dapat mengenal vegetasi di Polandia melalui blog anda.

      Delete
  66. Me encanto conocer las casacadas de Grojogan Watu Purbo, esa pasarella o puente donde se puede observar mejor esas cascadas son geniales.
    Muchos besos Himawan

    ReplyDelete
    Replies
    1. No pensé que también te gustara esta ubicación. Me alegro de haberlo aclarado. Saludos beso amistad de nuevo, Gra.

      Delete
  67. What a nice green county side to visit, so peaceful and zen. Can hear the waters running down

    ReplyDelete
    Replies
    1. That's right, listening to the water gurgling from the edge of the embankment feels good.

      Delete
  68. These waterfalls and nature look amazing. Thank you for sharing.

    New Post - https://www.exclusivebeautydiary.com/2020/09/vichy-ideal-soleil-velvety-sun-cream.html

    ReplyDelete
    Replies
    1. Your welcome, friend. I'm glad you liked the location of this artificial waterfall.

      Delete
  69. Ternyata bukan air terjun alami tapi hanya air dari tanggul penahan air sungai, pantesan saya cari-cari fotonya kok ngga ada foto air terjunnya hanya ada foto air seperti air dari bendungan.

    Kalau di Jawa air terjun yang pernah saya kunjungi air terjun grojogan Sewu Tawangmangu sama yang di Baturaden Banyumas.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hehe iya ini air terjun made in tanggul namanya, tapi unik juga ya :).
      Keren 2 lokasi yang mas Kal pernah kunjungi itu .., aku juga pernah kesana tapi udah dulu banget.

      Delete
  70. Que bonitos reportajes nos regalas, asi conocemos un poco el mundo, gracias.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Gracias de nuevo, has pasado por aquí. Me alegro de haber informado a esta ubicación. Saludos de amistad.

      Delete
  71. Buen día Himawan.
    Espero que hayas tenido un verano estupendo. me alegra volver a encontrarme con tu blog y con tus aventuras viajeras. Además ahora se pueden ver los textos traducidos por lo que se entiende mucho mejor el contexto.
    Un fuerte abrazo desde España hasta Indonesia mi amigo.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Buenos días también mi querido amigo Miguel Pina.
      Muchas gracias por visitarnos y estoy muy feliz de que podamos encontrarnos de nuevo después de que tomó una pausa hace un tiempo. También estoy feliz de que el traductor de idiomas esté funcionando bien. Saludos beso de amistad para ti en España.

      Delete
  72. Replies
    1. Gracias mi agradecimiento mi amigo, Inma. Saludos

      Delete
  73. Replies
    1. Oh, gracias por tu opinión. Abrazos desde Indonesia.

      Delete
  74. Foto-foto indah dari tempat yang indah. Saya terkejut dengan fakta bahwa ada sensor dan alarm untuk kenaikan permukaan air.
    Spektakuler "tangga" air itu. Sungai Krasak sangat indah.
    Pelukan dari Spanyol

    ReplyDelete
    Replies
    1. Satu hal yang membahagiakan saya adalah penerjemah bahasa telah efektif maksimal sehingga anda dapat membaca dengan tepat apa yang saya informasikan.
      Terimakasih apresiasu dan komentar anda, temanku Gumer.
      Pelukan dari Indonesia.

      Delete
  75. Ndak licin ya kak tanggulnya itu? Disini ada juga tanggul di sungaissungai denganidengan 2 tingkatttingkat kondisinya agak licin. Biasanya dipake prewedding

    ReplyDelete
    Replies
    1. Tanggul di lokasi ini kebetulan dibuat kasar pijakannya, jadi ngga licin dipijak, bli.
      Keren tuh lokasinya dijadikan foto prewed, tapi harus hati2 juga karena licinya pijakan.

      Delete
  76. I loved the photos. The whole post gave me a feeling of having been in that place, and I never was.
    xo
    https://www.dearlytay.com.br/

    ReplyDelete
    Replies
    1. I'm glad to know that you feel you are in this location looking at the photos of the location. Thanks for stopping by, Tayane.

      Delete

  77. Halo,
    Tidak perlu berkecil hati! Anda benar-benar dapat menikmati berjalan di gerimis.
    Sungguh keajaiban air terjun, itu adalah tempat eksotis dengan keindahan yang tiada tara. Panorama persawahan dan perkebunan yang hijau sangat mempesona. Dan yah, bibir seksi Anda mengajukan pertanyaan cerdas 😃
    Itulah hal yang menarik untuk dibangun kembali, tempat dengan menjadi kawasan wisata membantu perekonomian warga. Sungguh sentuhan yang bagus tentang mengumpulkan biaya untuk pembangunan jalan.

    Terima kasih untuk tur virtual ini, saya menyukainya!
    Salam

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hahaha .. saya tertawa kencang anda membaca tulisan bibir seksi .. 😅.
      Membahagiakan jika penerjemah bahasa selalu efektif menterjemahkan kata demi kata dengan baik.

      Terimakasih besar apresiasimu sahabatku, Yessykan.
      Salam.

      Delete
  78. Confesso que não conhecia esse lugar, mas fiquei curiosa, é tão lindo!

    https://modoju.blogspot.com

    ReplyDelete
    Replies
    1. Realmente lo entiendo porque esta ubicación está muy lejos de su país. Me complace habérselo presentado :)

      Delete
  79. Thank you for taking us with you. I love that something beautiful has been made out of necessity.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Thank you for stopping by and commenting on the beauty and function of this embankment.

      Delete
  80. Meskipun tidak alami tetapi dibuat oleh tangan manusia sungguh tempat yang indah. Layak untuk dikunjungi.


    Saya terkejut bahwa sesuatu yang keluar "lima ribu" dapat diakses ha. Saya harus melihat apa itu perubahan Rupee. Peso Argentina saat ini tidak ada artinya.

    Hanya sedikit orang yang terlihat di foto, mungkin hari itu mendung, tempat itu pantas untuk sukses. Saya ingin bepergian, berikan saya tiket Anda ... Salam

    ReplyDelete
    Replies
    1. Saya harap apa yang saya katakan dengan penerjemah dipahami. Tampaknya merupakan hal yang tepat untuk menulis kepada Anda dalam bahasa Indonesia. Salam lagi!

      Delete
    2. Oh, 'lima rupiah' itu nominal rupiah, JLO.
      Nominal mata uang negara saya juga termasuk kecil jika dibandingkan mata uang negara2 Eropa.

      Jika anda datang ke Indonesia, saya akan mendampingi anda untuk bepergian bersama.

      Penerjemah bahasa kali ini bekerja sangat baik, JLO.
      Saya sangat senang dengan hal ini.

      Salam peluk persahabatan.

      Delete
  81. 😍😍😍Aku hadirrrrr. Selalu bikin pengin ikutan😭liat airnya aja dha seger. Serba hijau pula tuh lingkungannya. Seger banget... Jalan2 lebh seger sih hehe

    ReplyDelete
    Replies
    1. Haloo Bintang ...,
      Weiii udah satu abad ya ngga saling mampir.
      Ngga kerasa tau2 aja udah berganti abad lagi hehe .. ,*lebay dikit gpp yoyoy 😆.
      Ayook ngetrip barengan yook ..

      Delete
    2. Dua abad kayaknya deh🤣🤣🤣tau² postingan abang dh banjir lagi.

      Hohoy😍😍😍buleh tuh, tapi nunggu suatu saat yg tepat😂😂

      Delete
  82. So beautiful views. The rainfall is amazing :)

    ReplyDelete

Post a Comment

Popular posts from this blog

Intip Begini Instagenicnya Warung Layar Sentuh 2.0 Magelang

Ketika awal pertamakali dibuka pada 31 Desember 2020 silam, nama Warung Layar Sentuh 2.0 saat itu mendadak hits ramai dibicarakan oleh banyak kalangan dan para milenials kawula muda sebagai pilihan baru lokasi nongki  [nongkrong kekinian] yang ada di Magelang. Bukan saja karena namanya terkesan unik, layar sentuh dan namanya terkesan sedikit berbeda dengan nama-nama kafe lain pada umumnya karena adanya penambahan bilangan angka 2.0 dibelakangnya, tetapi kafe, tepatnya Warung Layar Sentuh ini berkonsep bersantap hidangan berada di tengah hamparan perkebunan ladang tebu dan persawahan bernuansa alam pedesaan dikitari oleh indahnya pemandangan gunung yang mengelilinginya.  Area luasnya terbagi dua pilihan  indoor  dan  outdoor  berdinding kaca tempat makan Warung Layar Sentuh 2.0 yang buka setiap harinya mulai dari jam 07. 00 pagi hingga mendekati tengah malam jam 23. 00 tersebut dilengkapi dengan dekorasi cantik dan penataan ruang bergaya vintage  dan bohemian  yang tampak instagenic ,

Candi Selogriyo Terpencil Menyendiri di Hutan Windusari

Terletak di lereng kaki Gunung Sumbing dengan panorama alam yang menawan dan udara yang sejuk, tepatnya di Dukuh Campurrejo, Desa Kembang Kuning, Kecamatan Windusari, Kabupaten Magelang terdapat sebuah situs purbakala Candi Selogriyo. Persisnya letak candi kuno bercorak Hindu Candi Selogriyo yang telah berusia ribuan tahun silam terpencil menyendiri jauh dari pemukiman penduduk dan berada di lereng bukit kecil ini terletak di hutan Windusari, diantara kumpulan tiga bukit : Bukit Gili, Bukit Condong dan Bukit Giyanti.  Letak Candi Selogriyo sekitar 13,1 Kilometer aku tempuh dari pusat Kota Magelang dengan estimasi waktu tempuh sekitar 33 menit dengan menggunakan kendaraan pribadi melalui rute Bandongan. Sekarang ini hutan tempat keberadaan Candi Selogriyo telah ditetapkan sebagai hutan wisata alam Windusari sejak tahun 2019 silam, seiring waktu selesainya pemugaran candi terakhir dilakukan.  Sejak hutan Windusari ditetapkan sebagai hutan wisata, area sekitar candi Selogriyo pun dipercan

Kampung Ulam Ngrajek - Tempat Makan Bernuansa Etnik Jawa

Kalian bingung memilih tempat makan selepas jalan - jalan mengelilingi kawasan wisata candi Borobudur, atau juga bingung menentukan tempat makan berkonsep tematik buat dijadikan lokasi ngumpul asyik bareng teman - teman, dan juga tentu saja lokasinya keren untuk fefotoan ?.  Kampung Ulam Ngrajek tempat makan dengan suasana tradional Jawa Tengah yang unik dan artsy  yang kudatangi ini mungkin nantinya bisa juga jadi rekomendasi tujuan liburan untuk kalian.  Mengusung tema tradisional dan artistik, Kampung Ulam Ngrajek dengan luas areanya terdiri dari tiga bangunan Limasan berukuran besar berhiaskan beberapa lampu gantung antik terlihat mewah, dan terdapat tiga bangunan Joglo rumah tradional Jawa tempo dulu yang mengingatkanku tentang suasana pedesaan tempat rumah nenek buyutku dulu tinggal.  Terletak berada di tepi jalan dan dikitari oleh hamparan lahan persawahan, udara disana tetap terasa sejuk meskipun keseluruhan ruang Limasan dan Joglo di Kampung Ulam Ngrajek tidak ber-AC karena se