Skip to main content

Endeus-nya Rasa Bakso Kerikil Pak Tarno Taman Badaan

Dalam keseharian, hidup terasa akan  lebih nikmat dan berwarna jika tak mengenal istilah kata gengsi. Demikian juga dalam hal memilih jenis makanan dan lokasi tempat keberadaannya. Bukankah yang terutama memilih lokasi kuliner adalah kebersihan yang kita cari, guys... .


Nah, di kota Magelang tepatnya di sebelah barat bersisian dengan ruang area terbuka hijau Taman Badaan terdapat pusat kuliner sederhana tetapi cukup rapi penataannya. 


Pusat kuliner yang terletak berada di wilayah Magelang utara ini bukanlah penataan ruangnya apik sekelas kafetaria kekinian dan berbanderol cukup mahal tarif tiap menu yang disajikan, tetapi hanyalah berupa lajur deretan meja dan bangku sederhana dari pelengkap tiap gerobak pedagang, dan tentunya dengan kisaran harga menu yang terjangkau.


Dan uniknya, sekumpulan para pedagang di pusat kuliner Taman Badaan ini menjajakan hidangan yang nyaris semuanya sama antara satu pedagang dengan pedagang yang lainnya, yaitu ..., bakso. 


Hmm, lagi - lagi kali ini tetap yang unik juga kan cerita kuliner yang ditampilkan disini, guys 😉. 


Nama bakso yang dijajakan pun bukan nama bakso biasa. 


Dan pasti akan terdengar aneh, nyeleneh, juga terkesan unik untuk siapapun yang pertamakali mendengar namanya. Bakso kerikil, say ..., dinamakannya begitu. 


"endeus-nya rasa bakso kerikil pak tarno taman badaan"


Yups, di Taman Badaan Magelang inilah memang tempat 'markas' berkumpulnya para pedagang bakso kerikil rame - rame tumplek blek tumpah ruah jadi satu menempati satu lokasi siap melayani konsumen dengan ciri cita rasa khas masing - masing hidangan bakso yang disajikan.


Eits, tapi ..., jangan lantas kalian jadi halu alias berhalusinasi yang engga - engga dulu, ya ..., kalau yang disebut dengan bakso kerikil di Taman Badaan itu bukanlah bakso sungguhan yang terbuat berbahan dasar dari ..., batu kerikil ..., ha ha ha 😅!. Memang gigimu siap jadi ompong setelah makan bakso terbuat dari batu kerikil ?, ..., wwkkkkk wadidaaw #lol 😂.  


Bakso terbuat dari daging sapi dinamakan dengan istilah kerikil tersebut karena perbiji satuannya, baik warna, ukuran dan bentuknya memang nyaris mirip mendekati tampilan bebatuan kerikil asli. 

Bentuk fisik baksonya dibuat berukuran kecil - kecil dan kasar, tak dibuat dicetak bulat halus seperti bentuk bakso pada umumnya. 


Nah, untuk melengkapi cerita liburanku bareng salah satu keponakanku, Stephanie di Taman Badaan beberapa waktu lalu, kali ini kuceritakan kulineranku njajan ngiras bakso kerikil di taman bermain dan edukasi anak - anak tersebut.


Dari belasan pedagang bakso kerikil yang berada di pusat kuliner Badaan, di siang hari itu aku melipir ke satu gerobak bakso kerikil yang letaknya tepat berseberangan jalan dengan letak gedung Museum Sudirman di Jalan Ade Irma Suryani no C. 7 Magelang. 


"endeus-nya rasa bakso kerikil pak tarno taman badaan"


Bukan dengan sengaja telah direncanakan sebelumnya, aku memilih melipir untuk makan bakso kerikil di gerobak warna biru Pak Tarno yang posisi jualan gerobaknya berada di urutan pertama dilihat dari jalan raya satu jalur.  


"endeus-nya rasa bakso kerikil pak tarno taman badaan"


Siang itu tampak beberapa pengunjung sedang menikmati hidangan bakso kerikil yang mereka pesan di deretan meja yang disediakan. Kulihat mereka menikmati hidangan dengan menerapkan protokol kesehatan secara maksimal, mengatur jarak antar tempat duduknya. Aku pun begitu, memilih tempat duduk yang cukup berjarak jauh dengan pengunjung lain.



Di spanduk bertuliskan daftar menu makanan dan minuman yang digantungkan di salah satu tiang besi penyangga kanopi, kulihat menu bakso kerikil Pak Tarno yang asli kelahiran kota Wonogiri ini menyajikan menu pilihan yang ada berikut keterangan harganya :

▫️ Bakso tenis dan bakso kerikil [lengkap dengan mie kuning, mie putih, irisan tahu, sawi hijau] 12K

▫️ Bakso kerikil 10K

▫️ Bakso tenis 10K

▫️ Mie ayam 8K

▫️ Mie ayam bakso  15K


Nah, tuh ..., betulan murah meriah kan harga menu makanannya ?. Terus harga menu minumannya, apa iya juga murah ... ?, biasanya tuh di suatu kafe kekinian atau di suatu tempat nongki harga menu minuman kan dibanderol lebih tinggi atau setaralah dengan harga menu makanannya. Tetap murah harga menu minunannya disini kok, say ..., meski tak banyak jenis pilihannya. 

Untuk menu minumannya cuma tersedia :

▫️  Teh panas, jeruk panas, es teh dan es jeruk yang dibanderol 3K pergelasnya.


Dan sebagai teman pelengkap sajian hidangan disediakan juga beberapa aneka gorengan, diantaranya tempe tepung goreng berukuran cukup lebar.


"endeus-nya rasa bakso kerikil pak tarno taman badaan"


Yups, karena perutku saat itu sudah 'bersenandung keroncongan ria' menandakan usus dua belas jariku mulai meronta meminta segera diisi, tak pakai acara berlama waktu kupesan satu porsi bakso kerikil.


Eits, tapiii ...., kok yang dianterin pak Tarno didepanku lah kok ..., seporsi bakso komplit alias gabungan terdiri dari bakso tenis dan bakso kerikil, ha ha ha 😆. Ya sudahlah, ngga apa - apa. Kayaknya pak Tarno tau nih kalau aku kelaparan, perlu dipadetin lambungku dengan porsi jumbo ..., Wadaaaw wwkkkk 😂 #lol. Atau juga, hmm ..., pak Tarno kelupaan begitu karena tersepona, *eh terpesona melihat diriku seolah bidadara berdiri di depan matanya.., ha ha ha [< toyor pala *@:!]. 


Alhasil, hidangan yang tersaji di depanku bukanlah seporsi bakso kerikil, tetapi semangkuk penuh bakso kerikil dan 'konco - konconya' yang rame memenuhi mangkuk dengan kuah panasnya. 


"endeus-nya rasa bakso kerikil pak tarno taman badaan"


Ketika suapan pertama, setelah sebelumnya kutambahkan sesendok sambal dan sedikit kecap kutuangkan di mangkuk bakso, kucicipin ..., huwaaaah ...., ini endeus !. Betulan enak. 


"endeus-nya rasa bakso kerikil pak tarno taman badaan"



Kuah kaldu daging sapinya terasa tak berlemak, gurih dengan bumbu yang pas dan samar tercium aroma rempah ketumbar dari kuah panasnya. 


Satu persatu bakso kerikil sengaja ku santap tak menggunakan sendok, tetapi ku tusuk pakai garpu untuk merasakan bumbu yang meresap di dagingnya.  


"endeus-nya rasa bakso kerikil pak tarno taman badaan"


Kalau bakso tenisnya yang berukuran bola tenis segenggaman tangan orang dewasa dan dibentuk berbelah di tengah seperti bentuk bunga, ku santap sedikit demi sedikit menggunakan sendok. 

Sama sedap gurih rasanya, sih antara bakso kerikil dan bakso tenisnya.


Dari keterangan dari pak Tarno yang kuajak berbincang sewaktu aku membayar menu yang kupesan, warung bakso kerikil miliknya di Taman Badaan ini buka dari 07. 00 pagi hingga jam 23. 00 malam. 

Dan masih menurut penuturan lelaki setengah baya bertutur kata halus tersebut, jika datang dalam rombongan diatas jam 23. 00 pembelian tetap akan dilayani. 


Akhir berpamitan, pak Tarno mengucapkan sampai bertemu kembali, kubalas dengan anggukan dan senyum sok dimanis - manisin [kecap kaliii akh manis] dan dalam hati ku jawab ..., baik, bidadara tanpa swiwi [bahasa Jawa : sayap] akan kembali nge-bakso kerikil suatu hari nanti ..., bhwua ..aahahaa, #lol😂 ketigakalinya.  


Setelah aku bersiap melangkah menuju ke parkiran kendaraanku di tepi trotoar, aku tak sengaja sempat menoleh ke salah satu spanduk kecil bakso kerikil miliknya yang tertempel di dekat gerobaknya, ternyata usaha bakso kerikip miliknya ini pernah diliput oleh komedian ternama Indonesia yang terkenal dengan gaya tangkupan tepuk tangan lebarnya menirukan gaya khas orang hutan. Siapa lagi kalau bukan komedian ..., Tukul Arwana.



Lokasi : 

Mie ayam bakso kerikil & urat Pak Tarno 

Pusat Kuliner Taman Badaan 

Jalan Pahlawan No. 190 Potrobangsan, Kecamatan Magelang Utara, Kota Magelang, Jawa Tengah

Comments

  1. Yeah akhirnya bisa di klik ..tapi judul artikelnya kalau di klik tetap nggak bisa kebuka . sich.. jadi aku nyoba klik tulsan berbagi di samping kiri tulisan komentar... Dan link nya bisa kebuka.. hehehe..
    Leres... eh benar dalam hidup nggak perlu ada kata gengsi kulineran murmer yang penting dan utama adalah kebersihan dan kenyaman .
    Oouw... bakso kerikil .. unik ya? Bayangin bakso nya segede lerikil atau cilok ? tapi tetap empuk ya?
    Ini pujasera tapi termasuk sentra kuliner bakso juga ya?
    Kira-kira ciri khas apa yang dimiliki bakso pak Tarno (pesulap ) ini..🤭.xixixi sehingga memutuskan jajan bakso kerikil pak Tarno (pesulap) ini ? 😅
    Murah ya harga nya aku juga pesan seporsi pak Tarno..☝️ ntar kalau mantap aku traktir....traktir sopo?? Wkwkwkwk😂
    Btw... mana di mana si cantik Fanny kok nggak ikut ke foto?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Oh, akhirnya keremu caranya, ya buat ngebuka artikel.
      Kucatet caranya ya & juga berharap selanjutnya mudah membuka artikel seperti sebelumnya.
      Entah nih kok kadang mudah kadang ngga bisa langsung kebuka.
      Ada apa dengan google ?, why ☹️..
      Tooos, kita samaan ngga perlu gengsian kudu makan di tempat yang mewah terus 👐, di tempat makan biasa juga ngga apa-apa, yang terpenting kebersihannya 👌.
      Oh, pak Tarno pedagang bakso bukanlah pesulap itu loh 😊.
      Kali ini Fany ngga ikut njajan bakso 😁

      Delete
    2. Kirain aku saja, ternyata mbak Fidy juga susah ngebuka blognya mas Hino ya.

      Coba tanya kang Satria mas Himawan, biasanya dia pintar dan punya solusi untuk masalah template.😃

      Delete
    3. Aku juga termasuk yang bingung karena artikel lama ngga bisa ku klik.
      Tapi kalau dilihatin dari komentar yang masuk ke artikel lama pada bisa.
      Coba ya nanti aku tanyakan ke mas Satria.
      Matur nuwun sarannya ya 🙏

      Delete
    4. Kalo seingat ku mas, biasanya kalo tidak bisa di klik itu karena ada iklan otomatisnya. Kalo pakai template bawaan blogger maka susah di klik, jadi harus ganti template selain bawaan. Bisa pakai template gratis lain atau lebih baik lagi pakai template premium.

      Itu hanya dugaan saya saja sih, soalnya dulu aku juga pernah ngalamin, akhirnya aku ganti template gratis lainnya. Kalo tetap mau pakai template bawaan coba iklan otomatisnya dimatikan saja.

      Ini hanya dugaan saja sih.

      Delete
    5. Nah, berarti dugaanku juga sama seperti dugaan dari mas Agus, adanya iklan otomatis berimbas ke artikel terkadang bisa tidaknya dibuka.
      Denger2 sekarang berganti template setelah ada tayangan iklan, riskan kena banned.
      Coba ya nanti kupelajari ulang penyettingannya, mas.
      Matur nuwun nggih.

      Delete
    6. Wah sudah ganti template, sekarang jadi gampang di klik, cuma iklannya belum nongol.

      Mungkin harus sabar, biasanya kalo habis ganti template iklannya nongol setelah sehari.😂😂😂

      Delete
    7. Iya silahkan kalau mau dicatat. Ternyata nggak sulit di bawah judul artikel ada tulisan berbagi di sebelah kiri nya tulisan komentar tinggal di klik tulisan berbagi dan ada pilihannya simpan linknya dann klik bisa kebuka artikelnya.
      Ooh.. ada yang baru nich.. tampilan blog ini udah ganti template ya?
      Oouw... aku pikir jajan bakso di taman Badaan ini bareng Fanny. ternyata itu dulu ya yang ada Fanny, sekarang dia nggak ikut😀
      Ouw kalau misalnya pak Tarno yang pesulap itu bisnis bakso kan juga pasti bakal laris ya karena dia udah punya nama .. ntar bisa kasih nama bakso pak Tarno...😅
      Oh ya katanya brad Him pesan bakso kerikil tapi pesanan yang datang ada bakso tenes nya juga ya?
      Itu maksudnya apa dikasih gratis sama pak Tarno? nggak ya? atau mungkin itu suatu trik melariskan bakso tenes nya ya? Hehehe..

      Delete
    8. @ Agus :

      Terimakasih rekomendasinya untuk mencoba menanyakan tentang template ke mas Satria, ya ... , mas Agus.

      Dan berkat saran dari mas Agus yang tjakep juga panduan dari mas Satria yang tamVan akhirnyaaaa ..., setelah berganti template dan kuutak - atik sampai aku muzmet, ha ha ha ... sekarang jadi lancar jayaaa ... 😄🙏❣️

      Delete
    9. @ Fidy :

      Iyupz, sekarang blogku berganti tampilan 'wajah' kayak film 'Face Off' [eh, pernah nonton ngga ya ?], dan berkat saran dari mas Agus dan panduan cucok dari si idola rongdo, eh* 😆hahaha ..., maaf, mas Satria akhirnya responsif.
      Horaaa macet-macet leleut kayak siput 🐌.

      Maaf, sementara balas commentnya out of topic dolo he he he 😁
      #*efek girang

      Delete
    10. Ooo padan lah aku lagi masuk dan klik entrinya mau dibaca gak bisa ^_^

      Delete
    11. @Himawan Sant =
      Ooh iya.. template nya sudah "face off " berganti wajah.. jadi tampil beda.😀
      Ooh tahu dong.. film "Face off " yang peran utama nya Nicholas Cage dan John Travolta.. Aku suka cerita filmnya menyentuh bikin terharu.. aku jadi gemas sama peran John Travolta yang jadi antagonis di "Face off". Jahat banget perannya . Terus ada lagu sountracknya juga ya ? Aku suka sama lagunya "How do I live" by Trisha Yearwood. Liriknya juga bagus..
      Syukurlah sudah dibantu sama mas Satria..
      Semoga template yang baru ini responsif ya..
      Aku jadi ikut deg-degan takut kalau ntar template ku juga ntar malah nggak bisa kebuka. hehehe..😀

      Delete
    12. @ Shida :

      Iyups, kemarin di template lama blogku sempat ngalami kesulitan dibuka, seperti yang kak Shida lakukan.
      Dan beruntung sekarang sudah mudah diakses kembali 😊

      Delete
    13. @ Fidy :

      Oh, nonton juga film keren itu tow ..., bagus ya ide story-nya.
      Ngga kebayang kalau di dunia nyata ada oplas tukeran wajah gitu ..., syereeem adanya 😱.
      Bisa-bisa dari yang bermula ngga demen ngebakso, eh* setelah oplas ... doyan tenan kui ngiras bakso, wwwwk 😂

      Iya, baik banget dan sabar tuch mas Satria ngasi panduan ..., sementara aku karena baru pertamakalinya ngoding jadilah aku nervous sampai kerasa perut jadi mules hahaha 😂, ooops 🤭!

      Delete
  2. wuiiiih pak tarno sudah alih profesikah? eh ini tentu pak tarno yang lain dari pak tarno artis itu kan mas him?


    wadidawwww tumbenan gw bisa nangkring di nomor kalih komentare hahahhahah, ini smeua karena kawit wingi mau ke sini kok ketutypan iklan dan angel diklik ya mas him, apa hapeku sing error hahahhahaha

    oh tak terbayang jika baksonya dari kerikil beneran, pasti sudah remuk redam rompal itu gigi saat ngegeletakinnya wkwkwkkw

    anjriiit ngguya ngguyu ngakak maneh kan moco tekan senyum dimanis manisin kayak kecap dan widodaro tanpa swiwi wkwkkwk

    tapi warbiasah sekali ini bakso bukanya tekan mbengi euy...

    dan dari fotone sik paling bikin cleguk cleguk air liur meronta ronta adalah bakso tenis dikuahin kecap sinambi saos dan sambel dengan takaran tertentu...endeus surendes terkendes endes wkwkkwkw

    ReplyDelete
    Replies
    1. Xixixi pak Tarno-nya bukan yang profesinya itu, tuh 😁.
      Samaan nama doang yeii 😆.
      Ho'oh iki kak, aku yo ndak mudeng kok saiki kadang gampil dibuka kadang juga angel dibuka artikel'e 😬.

      Wwkk .. kaget tenan aku baca komennya kak Mbul ada kata anjriiit ..😂.
      Anjriit ntuh sepupuan sama anjaayyyy .. , betul ndak kui, kak ... ?, Wwwkkk 🤣

      Delete
    2. alhamdulilaaah uda bisa diklik ni templatnya mas him

      tumpengaaaaaaaan

      ahahhahah

      duh malam begini mampir ke sindang lagi jadi pengen nyruput bakso hoahahha

      Delete
    3. Ayoook. kita tumpengan bakso, kaaaak ..
      Gaya baru kan tumpeng terbuat dari susunan bakso, hahaha .. 😄.

      Yuk, kapan kita-kita podo ketemuan terus njajan bakso 😉

      Delete
    4. Berarti mbak mbul sebelumnya juga agak sulit buat komentar ya? 😂

      Delete
    5. hu um kakak aguuuss...susah kemaren padahal dah bulak balik, eh sekarang uda isa klik lagi soalnya iklannya ga sebandel kemaren hihi

      Delete
    6. hiyaaaa langsung kebayang bakso jadi tumpeng wkwkwkkw

      Delete
  3. This comment has been removed by the author.

    ReplyDelete
  4. Mereka jualan menu sama berjejer?? Kalau saya datang kesana pasti bingung mau makan yang mana?? heheh.. Apa semua baksonya satu racikan dari sumber yang sama mas Hima??

    Seperti biasa postingannya selalu bikin ngidam. nih langsung scroll via gojek buat jajan bakso beranak biar porsinya jumbo.

    Bapaknya luar biasa yah. Jualannya dari pagi sampe hampir tengah malam.

    Saya baca akhirannya sempet mikir yang pernah dateng itu pak tarno pesulap. Makanya baksonya dinamain Pak Tarno ehh ternyata yng pernah dateng Pak Tukul.. hehehe

    ReplyDelete
    Replies
    1. Awal duluuu banget tadinya aku juga sempat bingung milih pedagang yang mana, mas .
      Laah podo kabeh jualannya 😄.
      Tiap pedagang berbeda racikan bumbu, mas.
      Satu sama lain rasanya tak sama.

      Maapkeun yeiii .. lantas post ini bikin mas mochi jadi ter-niat order by gojek 😆.
      Met makan bakso, maas ...

      Delete
  5. Kalo mangkal satu tempat jadinya rame rame ya mas, orang jadi tertarik mampir biasanya karena rame.

    Kirain baksonya dari bahan kerikil gunung mas, biar yang makan giginya pada ompong.🤣

    Rasanya enak ya, padahal harganya murah meriah 10k ya, 12k kalo paket komplit, tapi kalo aku milihnya mie ayam bakso saja deh, soalnya lebih suka mie ayam, kan ada baksonya juga.

    Eh, ngga nyangka Tukul arwana pernah kesana juga ya.😃

    ReplyDelete
    Replies
    1. Wadidaaaw .. wwkkk ..
      Kayak gimana rupa dan berapa mehong-nya yach bakso terbuat dari batuan kerikil gunung Mas 😆 ?.
      Baiqlah, ntar kalo mas Agus plesiran ke Magelang kutraktirin wis semangkuk mie ayam bakso 😊

      Delete
    2. Mungkin rupanya seperti batu kerikil buat ngecor jalan beton mas.😁

      Namanya pak Tarno ya, disini ada tetanggaku namanya pak Tarno tapi seorang guru mas.😄

      Delete
    3. Wkkk .. itu berarti bati cor dipoles warna cat kuning keemasan yeiii 😆.
      Aku juga ada tetangga namanya pak Tarno, tapi dia guru aerobik.
      Nah looh 😅

      Delete
  6. kebersihan tempat kuliner memang sangat diperlukan. Misalnya saja kotor, akibatnya pasti akan dijauhi pembeli. Pembeli makin pandai mas boz dalam hal memilih.

    Bukan main rajinnya Pak Tarno ini. Pembeli hadir di atas jam 11 malam tetap saja dilayani.
    Apa tidak mengantuk to Pak?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Yups, betul tuh mas Tomo.
      Sekarang pembeli makin selektif dan pinter [kayak saya, #lol 😆] menentukan lokasi kuliner yang kebersihannya terjaga.

      Mungkin pak Tarno minum madu hitam khas Papua kali yaa .. kok ora kroso ngantuk, xixixi 😁🤭

      Delete
  7. Haha, this receipe exists in Spain too, but is cooked quite diferent, but also delicious!!!

    ReplyDelete
    Replies
    1. Oh, wow .. I'm surprised to read your comments, in Spain meatballs are also popular,
      although it's a little different how to cook it.

      This is the beauty of information from blogs, so we know anything from different countries.
      Thank you very much for your story, dear Saruski.
      Greetings.

      Delete
  8. Looks really yummy! Are they similar to meatballs?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Yes, that's corret. They are similiar meatballs 😊. Only maybe the use of the ingredients is different from in your country, friend.

      Delete
  9. Dengan adanya kerkil-kerikil di permukaan bakso, pasti mantap banget rasanya di lidah. Enak enak enak

    ReplyDelete
  10. I rather like meatballs.
    Take care.

    ReplyDelete
    Replies
    1. That's right, Margaret 😊.
      It's just that the type of seasoning used is different from the type of meatball seasoning in your country.
      Take care also.

      Delete
  11. It doesn't have to be luxurious and elegant, but the food should be tasty. And the place clean. These are the most importantthings.

    ReplyDelete
    Replies
    1. It is very appropriate and an obligation that we carry out, my frien 👍

      Delete
  12. Te dania na zdjęciach wyglądają bardzo smacznie, z chęcią bym je spróbowała ;)

    ReplyDelete
    Replies
    1. Tak, twoje serce musi spróbować tego spróbować, Martyna 😊.

      Delete
  13. A chaque visite sur ce blog, j'ai faim :D
    Bonne soirée

    ReplyDelete
    Replies
    1. C'est parce que je t'ai fait faim exprès ha ha ha 😅.
      Bonjour d'Indonésie aujourd'hui, mon ami.

      Delete
  14. Las albóndigas tienen buena pinta aunque están preparadas de distinta forma a como se preparan aquí.

    Saludos.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Tengo curiosidad sobre cómo procesar y servir platos de albóndigas en su país, Thomas. Si lo desea, su reseña se mostrará en su próxima publicación. Estaré encantado de comentar estas críticas.
      Saludos de amistad.

      Delete
  15. Hola amigo , tengo problemas con tu blog hay demasiada publicidad que impide abrirlo algunas veces. Por fin he podido entrar y que ricas esas albóndigas, cuidate bien ajja, Un abrazo

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hola también, amiga Campirela.
      Por favor, perdone las dificultades que encontró y ahora que el problema se ha resuelto con éxito, mi blog es fácil de abrir nuevamente. Muchas gracias por su atención y aprecio.
      Te mando un abrazo de amistad.

      Delete
  16. Looks like a great place to go :-D

    ReplyDelete
    Replies
    1. I'm surprised you have the interest to eat at a place like this 😄

      Delete

  17. Kuliner baru masuk sobat Himawan, tapi menurut saya juga tradisi kuliner negara dan budaya anda pasti milenary. Saya membayangkan itu untuk masalah bumbu yang digunakan dan rahasia tentang waktu memasak, misalnya. Nah, untuk bakso yang saya suka (saya sudah mencoba semua jenis: daging sapi, babi, ayam, ikan dan vegan) saya belum pernah mencoba yang kerikil (jika saya mengerti dengan benar) yang tidak berarti saya tidak didorong untuk melakukannya. mencobanya ketika saya pernah pergi ke tanah Anda ...

    Peluk erat teman Himawan !!

    ReplyDelete
    Replies
    1. Halo sobat Carlos.
      Mohon dimaafkan atas keterlambatan saya membalas komentar dari anda karena mengatasi template lama yang tak responsif.
      Dan sekarang tampilan kinerja blog telah bekerja efektif setelah berganti template baru.

      Saya senang membaca cerita anda telah mencoba beraneka rasa olahan daging bakso dan vegan.

      Sebuah pelukan erat!

      Delete
  18. Me parece simpáticas las albóndigas y esos harina frita . Te mando un beso y buen provecho.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hola, JP.
      Tal vez las albóndigas ya te sean familiares, así que te recomiendo la harina frita. También te mando saludos con beso de amistad.

      Delete
  19. Hi!
    Taman Badaan sounds like a very interesting place, and the food looks very good *u* Greetings from Mexico

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hello, Nancy.
      Sorry for the delay I replied to comments. Correct in your opinion, this Badaan park is quite good and also free. The 'kerikil' meatballs are also cheap and delicious. Greetings back from me to you in Mexico.

      Delete
  20. sepertinya nikmat disantap pas malam hari sembari ditemani gorengan kriuk krenyes krenyes hot jeletot maknyos

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya, mas Sudibjo.
      Kalau malam dingin-dingin makin enak nyantap baksonya, hmm ..., jadi lapar lageee 😄

      Delete
    2. betul mas, makan bakso itu lebih terasa kalo malem hari. tapi siang juga boleh sih asalkan ditemani es botol haha

      Delete
    3. Weuw ..., bukan mau bilang minumnya teh botol sxxxxro, kaan ... ?, hahaha

      Delete
  21. Hello Himawan,
    What a lovely food. So delicious.

    Greetings, Marco

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hello also Marco.
      Bedankt voor uw interesse in dit voer met 'grindgehaktbal'.
      Groeten van vriendschap, Himawan.

      Delete
  22. Oh this looks so delicious. I like meatballs, but ours here look much more plain than these. I would love to try your version!😊😊

    Have a super weekend, my friend, and stay safe! 🙏🙏🙏

    A hug.

    ReplyDelete
    Replies
    1. taste the real meatballs here, because impossible to forget. u will try to eat and eat again

      Delete
    2. @ YGraine :

      Oh, it is interesting and also happy for me to know that you tried the taste of my country's version of meatballs .... and I am also curious to know many types of food from your country..

      Have a super week also my friend YGraine 🙏🤗

      @ Sudibjo :

      Really ?.
      Susah dilupakan rasanya ?.
      Oh, woouw ..., kayak perasaan jatuh cintrong pertamakalinya, yaa ..., ha ha ha😆

      Delete
    3. ceritanya lagi promosi mas, siapa tahu beneran datang ke mari wkwkwk

      Delete
    4. Wwwwkk ..
      Ternyata anda cocok sebagai spoken person, maaas .. 😅.
      That's great 👍

      Delete
    5. kebetulan pernah jadi marketing jadi kebiasaan buat nawarin sesuatu ke orang haha

      Delete
    6. Keren, euy ...
      Pantesan canggih mengajak orang jadi tertarik 👌

      Delete

  23. Unik juga nama bakso milik Pak Tarno ini yaa mas Baso kerikil...Kenapa nggak batu Kolar sekalian..🤣🤣

    Ehh tapi benaran menggugah selera lho menurutku karena bentuk baksonya mirip batu kerikil gitu...Dan serasa ingin makan bakso terus..🤣🤣 Karena aku juga hobi bakso mas..🤣🤣

    ReplyDelete
    Replies
    1. Maaf terlambat balas komennya, mas Satria 🙏.
      Maklum kemarin hahaha ..., abis dipandu mas Satria buat nyetting kode itu tuh, ilang deg-degannya kok ...., lamaa ...
      Lebay ngga seeh 🤣!.

      Besok - besok kalau kita pada joinan punya usaha bakso, dikasi namanya bakso Koral ..., wwkk ..
      Atau yang lebih gahar lagi namanya, bakso Cadas 😂

      Delete
  24. Tot aquest menjar fa molt bona pinta, sort que aquí encara no és hora de sopar...
    Bon profit!!! Petons.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Ah, gràcies amic. Gaudiu també del vostre menjar. Disculpeu la demora en respondre els comentaris. Petóns.

      Delete
  25. Por fin pude entrar en tu blog y leerte, pues lo intenté en varias ocasiones y días y no hubo forma. Te deje un mensaje en Facebook, para comentarte que tu blog no funcionaba por lo menos a mí. Veo que se solucionó el problema.
    Un bonito post muy a degustar amigo.
    Un abrazo y buen fin de semana.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hola amigo.
      Muchas gracias por la atención y cuidado que le dan a mi blog. Lo siento, todavía no he abierto Facebook. Ahora mi blog, después de cambiar a una nueva plantilla, se puede volver a abrir fácilmente. Perdone las molestias de ayer. Envío saludos de amistad. Te deseamos una feliz semana.

      Delete
  26. Hola Himawan. Aquí es muy frecuente preparar albóndigas, las hay de muchas clases, tanto de carne como de pescado. Me ha llamado la atención, según el traductor, que esas albóndigas lleven miel, o que se llamen así, la verdad es que deben ser muy originales.
    Hace tiempo que no he podido entrar en tu blog, hoy me he decidido y ya veo que se pueden dejar comentarios, cosa que me alegro.
    Espero que todos os encontréis perfectamente.
    Un abrazo desde Castellón.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hola Juan.
      Estoy muy feliz de ver que puedes comentar aquí nuevamente. Perdone la plantilla de blog antes de que fallara. Ahora cambio a otra plantilla y responde. También me alegra que me cuente sobre las albóndigas procesadas en su país. Muchas gracias por sus oraciones por mí. También te deseo salud y felicidad.
      Saludos desde la hermandad de Indonesia para ti en Castellón.

      Delete
  27. Terkadang di tempat-tempat yang tampaknya tidak elegan ini, kesenangan sejati menanti kita.
    Salam dari Spanyol

    ReplyDelete
    Replies
    1. Sangat betul yang anda katakan dan saya sependapat, Trecce.
      Salam kembali dari saya di Indonesia untuk anda di Spanyol.

      Delete
  28. The meatballs and soup look very good to me, now I need to eat. :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. Let's eat together, Bill 😊. Sorry I'm late replying to your comments. Greetings

      Delete
  29. wah harganya bersahabat banget mas, sama selerti di desa gw rata-rata harganya memang kisaran sepuluh ribuan :D... yang bikin gw ngerasa unik baksonya beda dari lain jadi daya tarik pembeli pengen nyobain hehe :D

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya, mas Khanif. Rata-rata kisaran harga bakso gerobag memang segitu, ya.
      Pan kapan kalau sampeyan ke Magelang, bida dicobain tuh rndeus-nya rasa bakso kerikil imut-imut 😀

      Delete
    2. Ayo mas khanif ke Magelang juga biar bisa nyobain batu kerikil.🤣

      Delete
    3. kalo batu krikil di tempat gw juga banyak mas.. yg pengen nyobain baksonya hahaha.. btw gw pengen banget ke jogja liburan gtu, tapi gak ada temen ..

      Delete
    4. Hayoo mas Agus tanggung jawab tuuh ..., mas Khanif jadi pengin ke Jogja.
      Temenin mas Khanif dolan ning Ngaoigyakarta 😄

      Delete
  30. Big fan of meatballs! Your dish photos always look delicious.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Yeah, meatball fans came to comment 😃!.
      I am glad to hear that. Thank you very much, my friend Radi.

      Delete
  31. siang siang baca beginian dan bakso pula, omaigoddd kakkkkk
    bakso plus sambel yang pedes, haduhhh enak dahhhh
    sekarang nama bakso unik unik kak, ini yang bikin banyak orang mampir pengen ngerasin
    kerikil kesannya kecil kecil, pasti pertama kali orang mikir baksonya cilik cilik kayak cilok

    ReplyDelete
    Replies
    1. Wwwkk maafkeun ya udah mengggoda kak Ainun dengan semangkuk bakso tenis & bakso kerikil 😆.

      Ukuran aslinya bakso kerikil lebih cilik dibandingin dengan ukuran cilok, kak.
      Kalau pesan full bakso kerikil .. wuaah bakalan surprise lihat banyaknya bakso di mangkuk 😋

      Delete
    2. oohh ini deng komenku hahahaha
      wuihh lebih cilik maneh kak,waduhhh bisa bisa sak mangkok uakehhh gitu ya "cilok" nya

      Delete
  32. Menarik nama bakso kerikil tersebut. Kerikil kerana bentuk fiziknya kecil seperti Batu kerikil.
    Sedap di makan panas-panas semasa musim hujan di sini.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Oh, berarti saat ini di negara kita sama sedang terjadi musim hujan, ya ..

      Nah, musim hujan dingin-dingin begini nih makin kerasa endeus-nya makan bakso dengan kuah panasnya 😋

      Delete
  33. Wah, klo dari Wonogiri biasanya yaaaaa memang enak. Pas aku ke Jakarta, ngebakso, selalunya ya cari yang dari Wonogiri, pas di Jogja juga acap kali sengaja cari yang ala Wonogiri.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Oh, ho'oh gitu tow, kak ...
      Aku malah baru ngeh sekarang tau dari kak Tina kalau bakso dari Wonogiri lebih terasa enak dari daerah lain.

      Delete
  34. Namanya unik juga, bakso kerikil.
    Tapi tampilannya cukup menggoda, bikin perut jadi laper.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya, mas unik penamaannya.
      Yuk mari kita makaaaan , hahaha 😄

      Delete
  35. Bakso itu makanan yg ga akan bisa ditolak sih :p. Memang ga semua penjual enak, tapi kalo sedang di Jawa, ntah kenapa yaaa rasa baksonya jauuuuh LBH enak drpd di pulau lain :D.

    Aku barusan makan bakso pas nyampe solo, skr LG di solo soalnya. Tapi baca ini, tetep aja jd kepengn bakso lagi hahahaha. Menarik nih bakso kerikil. Jd kecil2 ya mas, cocok utk anak2 juga. Ga usah di potong baksonya, tinggal hap. Secara kalo anakku yg bungsu, msh hrs dipotongin baksonya biar ga kesedak :p

    ReplyDelete
    Replies
    1. Wah, udah ke Solo lago nih kak Fanny ..., met puas2in diri makan bakso ya 😄.
      Iya nih ukuran bakso kerikilnya yang imut kecil begitu cocok juga buay anak-anak, seklai makan langsung ... , haap, kunyah dan masuk ke pencernaan 😊

      Delete
  36. De comida sin dudas a mi me gusta mucho comer...y las albóndigas también son preferidas!

    Bien que se pudo abrir este blog ya que hace rato era imposible entrar...
    Lindo finde

    ReplyDelete
    Replies
    1. Me alegro de que finalmente mi blog funcionara sin problemas y de que lograras ingresar un comentario aquí sobre la albóndiga que también te gusta.
      Perdón por el problema que ingresó aquí hace un tiempo porque la plantilla no respondió.
      Saludos de amistad a Meulen.

      Delete
  37. As usual your travels look so fun and inspiring. And that soup looks soooooooo good. Now I want that for lunch!

    Allie of
    www.allienyc.com

    ReplyDelete
    Replies
    1. Thank you very much for your appreciation, Allie.
      I will always try to introduce you something unique here.
      Let's eat together 😊

      Delete
  38. bakso nampak seperti sup meatball ya! ermm yummiess :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. @ Shida :

      That's right, kak Shida.
      Very delicious meatball like this.

      Delete
  39. Holaaa
    Las albóndigas con salsa son de mis platos preferidos!!!
    Qué suerte tienes! Aquí aún no podemos ir a restaurantes... ¡lo hecho de menos!
    Un abrazo~

    ReplyDelete
    Replies
    1. Oh, sorpresa me enteré si también te gustan los platos de albóndigas .... delicioso 😋.
      Quizás puedas pedir albóndigas por teléfono. Ojalá que sí ..., para que puedas tratar la falta de comer albóndigas.
      Un abrazo, Shine .

      Delete
  40. Boa noite meu querido amigo. Essa matéria me deu uma vontade de estar ao pessoalmente. Um excelente domingo.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Boa noite, amigo do Luiz. Perdoe-me pela demora em responder aos comentários devido à redefinição do novo tema do blog e também por minha ocupação diária. Obrigado, minha história sobre comer almôndegas neste lugar humilde inspira você.
      Um abraço.

      Delete
  41. keren lo ini baksonya ya mas
    sampe didatengi tukul arwana berarti emang enak
    iya si aku sempat tanda tanya namanya unik juga kerikil dan emang ukurannya kecil
    yang penting endes ya mas tempatnya nyaman juga
    kuy jadi pengen cobain nih

    ReplyDelete
    Replies
    1. Ho'oh mas sing penting resik dan endeus.
      Sesekali saja makan di tempat wah menyesuaikan takaran isi kantung 😄.
      Yuk monggo dinoted lokasi pusat kulinernya, mas Ikrom.

      Delete
  42. Good food I guess you must know something very delicious to eat by looking at it from far away 😀

    ReplyDelete
    Replies
    1. Ha ha ha ..., that might be true, Steve.
      My feeling of playing determines the taste of a place to eat 😆

      Delete
  43. Hola amigo, albóndigas deliciosas que se antojan. Un gusto leerte. Saludos a la distancia.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hola también, amiga Sandra ... guau, de verdad te apetecen las albóndigas 😄.
      Con suerte, pronto encontrará un puesto de albóndigas en la ciudad en la que vive.
      Un abrazo desde la distancia también de mí.

      Delete
  44. Dania na zdjęciach wyglądają przepysznie. Z przyjemnością bym je zjadła.
    Życzę miłego dnia :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. Dzięki, Hanna.
      Życzę również miłego dnia i wkrótce znajdź stoisko z klopsikami w mieście, w którym mieszkasz.
      Pozdrowienia.

      Delete
  45. I am very interested in what these meatballs taste like.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hopefully you will soon find the version of my country meatball in your country, friend.
      Or maybe you will try to cook it yourself 😊.
      Have a super week.

      Delete
  46. the soup looks so nice, actually I'd love to try all these dishes

    ReplyDelete
    Replies
    1. Yes, i support your desire to try different flavors of different cuisines from other countries.
      I want that too 😊

      Delete
  47. Replies
    1. And it's delicious, Sunika. One day you must try my country's version of the meatball taste 😉

      Delete
  48. Se ve un rico menú amigo. Me gustan las albóndigas.
    Y lo mejor es comer cuando tenemos hambre y las tripas nos rugen🤣
    Te deseo un buen domingo Himawan . Cuídate.
    Have a nice Sunday Himawan. Beware.
    Un abrazo

    ReplyDelete
    Replies
    1. Ja, ja, ja .. y tu comentario es muy acertado, Laura. Cuando tengamos hambre, comeremos cualquier cosa 😆. Gracias por su atención hacia mí.
      Espero que tú también siempre cuides tu salud y tengas cuidado.
      Un abrazo.

      Delete
  49. Ah kenapa juga harus gengsi yg penting rasa makanannya enak. Yg dipinggir jalan gini emang harga nya pun masih terjangkau banget ya..

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iyups, kan ada sebagian orang yang merasa gengsi makan di pinggir jalan& di tempat sederhana.
      Tapi kalau aku ..., ngga 😊.
      Rugi diri sendiri ya kalau kegedean gengsi 😁.
      Ngga bisa ngerasain njajan enak bin murah meriah 😛

      Delete
  50. Hello, my dear friend!

    I prefer fish, but I like meat too.
    Let'go to eat!

    Hugs.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hello Ceu there.
      Fish is also delicious and I love fish balls like your favorite.
      Let's eat together!

      Hugs.

      Delete
  51. Hola! disfrutaste de una rica comida en tu paseo. Abrazos.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hola, Hanna.
      Tu opinión es absolutamente correcta. Gracias por detenerte. Saludos de amistad.

      Delete
  52. Gak nyeleneh, kok. Di Batam ada bakso rudal, bakso pecah, bakso pekpk rasanya semua sama. Namanya doang yang aneh

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iyes, buat mas Sofyan nama bakso ini sudah ngga nyeleneh karena sudah familiar 😊.
      Tapi sebagian orang, terutama dari luar negri pasti kedengaran nyleneh 😄

      Delete
  53. Que delicia esa comida meu amigo. Adorei as almondegas e o caldo. O carrinho de vendas de comida é otimo. E o amigo comediante, deve fazer belos shows de humor.
    Comida ótima e lugar agradável.

    Passa lá no blog! Estou esperando sua visita. Bom começo de semana.
    Beijos,
    Paloma Viricio❤❤

    ReplyDelete
    Replies
    1. Obrigado por sua visita e bons comentários, camarada Paloma. Estou feliz ao ler seus comentários emocionantes 😄.

      Espere, vou visitá-lo imediatamente.
      Um ótimo começo de semana também.
      Um abraço 🤗

      Delete
  54. buset, bakso sebanyak itu... cuma 10k doang mas? murah banget deh hehe

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hehehe ..., mantul ya maas ..., , udah enak ngga bikin kantong jebol.pulaak 😊

      Delete
  55. wah kok banya k yang nulis tentang kuliner Magelang ya mas, oh iya bakso i Jawa murah ya kalau di Sulawesi paling murah 20K

    ReplyDelete
    Replies
    1. Oh, iyakah banyak yang nulis kuliner Magelang, mas ?.
      Jadi penasaran pengin kihat juga, nih ..

      Wuah, kok mihils gitu bakso di Sulawesi, mas 😱 ?.

      Delete
  56. wah sedap! disajikan bakso panas. harga nya pon murah

    ReplyDelete
    Replies
    1. Waah, auto kebayang lagi panasnya kuah pas hujan dingin begini ...
      Ayok kita ngebakso, anakdenesor di Malaysia 😃

      Delete
  57. halo teman lagi!
    Saya perhatikan bahwa desain blog berbeda dari sebelumnya :) Kelihatannya sangat keren! postingan bagus dan foto menarik. Saya ingin mengalami petualangan seperti itu suatu hari nanti :) Sup ini terlihat menarik: D
    Benar benar hebat! Salam dari Polandia!

    ReplyDelete
    Replies
    1. Halo sobat Ayuna disana ...,

      Wuaah, terimakasih besar ya untuk komentar anda mengenai tampilan baru blog saya ini 🙏.

      Juga terimakasih untuk apresiasi anda tentunya 😊🙏.

      Saya terharu anda menulis bahasa Indonesia dengan sangat baik 👍.
      Saya sangat mengahargainya 🙏.

      Salam persahabatan untuk anda di Polandia dari saya di Indonesia!

      Delete
  58. Replies
    1. Hola Alexander. Thanks for stopping by.
      Saludos de amistad.

      Delete
  59. Jadi pengen jajan bakso aku mas haha
    Apalagi lihat gorengan tempenya itu. Enak banget dicelup dikuahnya.. duhh ngelap iler :D

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hahaha ngelap ilernya jangan keras-keras gosoknya ya, kak Anggun ..., ntar kulit jadi lecet 😄.
      Mumpung musim juhan nih, makan bakso + gorengan makin kerasa eunaknya ..

      Delete
  60. Nah saya lebih suka ke mi baksonya aja
    Lebih puas dan lebih cepat kenyang, harga juga tergolong standar

    ReplyDelete
    Replies
    1. Bisa dikatakan lebih nampol ya, mas ...
      Sekali makan mie bakso, langsung lengkap kenyangnya 😊

      Delete
  61. Tahu g sih Mas, dari kemarin malam ya, pas aku pantengin instagram tuh yang muncul bakso semua coba? Yaudah dengan sabar aku tontonin sambil ngebayangin kuah beningnya yang sedep itu.

    Loh loh, main kesini kok Mas Himawan update-annya bakso juga? Fix, aku yakin ini adalah pertanda dari semesta, bahwa aku harus membeli bakso secepatnya!

    ReplyDelete
    Replies
    1. Lah kok ..., bisa bersamaan waktunya, yaa ..
      Wuah, kalau itu berarti ..., heumm pertanda kak Pipit diwajibkan segera buat ngebakso 😄.
      Hayooook ... , segera makan ...

      Delete
  62. Gemes banget ngliat bakso krikilnya mas, kecil2 kaya cilok hihihi, di kampungku Purwokerto bakso krikil ini sempat hits thn 2005an kayaknya, aku inget banget waktu itu aku SMA, upa jadi ketahuan deh kalo udah tua hahahhaha

    ReplyDelete
  63. Gracias por visitar mi utopía, cuídate mucho y vamos a por diciembre que ya va quedando menos para el final de este dichoso 2020

    Abrazote utópico.-

    ReplyDelete
    Replies
    1. De nada, Utopía Irma. Gracias también por su visita de regreso. Sí, no parece que sea diciembre y pronto será un año más. Cuida tu salud y tú también.

      Saludos de amistad.

      Delete

  64. Oh bakso kerikil karena kecil2 bentuknya, saya lihat di TV jaman skrg bakso punya banyak nama dan ada juga bakso yg lebih besar dari mangkoknya haha..

    Btw Pak Tarno selain main sulap jualan bakso juga ya? 🤣🤣👍

    Dan baso kerikil pernah diliput juga sama Om Tukul, keren dan seperti biasa habis baca saya jadi ikut laper 🤣🤣🏃‍♂️🏃‍♂️

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hahaha larinya nyari bakso jangan buru-buru, yaa ..., ntar malah jatuh gelinding, loh 😅.

      Iya, betul tuh mas Jaey sekarang inovasi orang makin kreatif ..., aku juga pernah lihat ada bakso yang guedee banget 😄.
      Harganya juga sampai ratusan ribu ckckck

      Delete
  65. Hola, Himawan!
    Vine varias veces a visitarte y las puertas de tu casa virtual no me dejaban entrar. Veo que cambiaste el look de tu web, te quedo muy bonito. Me encanta esta entrada culinaria. Esos meatballs se ven deliciosos, y me los comería con espagueti blanco! Muy bien que dejas la explicación del porqué se llaman ‘albóndigas de grava’
    Te mando mi más cariñoso abrazo de amistad.


    ReplyDelete
    Replies
    1. Hola también, amable amiga de Yessy!.

      Sí, hace algún tiempo la plantilla de mi blog no respondía, lo que dificultaba su apertura. Ahora cambié a una nueva plantilla y es fácil de abrir. Por favor perdóname por eso. Me alegra que también te gusten los platos de albóndigas.

      Desde lejos también os envío un cordial saludo de amistad.

      Delete
  66. Everything looks really delicious! Yummy ;)
    Have a nice day ;)

    ReplyDelete
    Replies
    1. It's nice to know that you're interested in trying a dish like this.
      Thank you, Jaglam.
      Have a super week :)

      Delete
  67. Begitu bakso lariis yang ditampilkan saya sudah curiga, ini pasti baksonya wong wonogiri wkwk
    Walopun bakso krikil belum ngetrend disini malahan. Pinter itu bapaknya bikin inovasi, tapi tetep endeeus
    Monggo mas kalo ke wonogiri pinarak, nanti kita jajali bakso dan miayam disini ya juga endeeus 😊

    ReplyDelete
    Replies
    1. Oh, kak Dewi domisilinya di kota Wonogirikah ?.
      Wah, pasti enak semua ya rasa bakso yang dijajakan disana ... 😋.
      Jujur bikin penasaran juga pakai bumbu rahasia apakah yang digunakan kok bisa beda rasa dengan bakso dari kota lain..

      So, pasti kalau kelak aku ke Wonogiri kupuas-puasin ngebakso 😁

      Delete
  68. Great food tour! It sounds delicious!
    Have a nice time!

    ReplyDelete
    Replies
    1. Right, this tastes good. Maybe if one day you taste my country's version of meatballs, you will be quite surprised because the taste of meatballs in your country is different 😊.
      Have a super week!

      Delete
  69. Un lugar encantador para comer albóndigas y te. Saludos

    ReplyDelete
    Replies
    1. Gracias amiga.
      Me alegra que te guste un comedor sencillo como este.
      Saludos

      Delete
  70. Meatballs the size of a tennis ball? My husband would love that! I would surely love to visit for the delicious and inexpensive food offered here.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Oh, I did not think that you and your husband would be interested in knowing the taste of meatballs the size of a tennis ball,
      I feel also amazed that you are willing to eat at a restaurant with an inexpensive price like this.

      Delete
  71. Tukang bakso kabeh Mas??? Wah pembelinya akan kebingungan milih Kang bakso ya. Tapi mungkin masing-masing Kang bakso punya cita rasa tersendiri ya, sehingga punya pelanggannya masing-masing.

    Kalo bagi saya, rupane ora penting, sing paling penting rasane uenakkkk, hahahaha...

    Meski bentuknya ora karuan, kan yang penting rasanya nikmat joss bakso nya

    ReplyDelete
    Replies
    1. Wwwkk jadinya aku auto ngakak kebayang bentuk baksonya yang ngga karuan gegara mas Suhendra komentar kek gitu 😂!

      Delete
  72. lahh komenku kok ilang ya ehmmm

    ReplyDelete
  73. I don't know why - technical problems, probably - but today I can't translate automatically.
    I looked at the photos. I'm pretty sure I've never eaten what you present so beautifully.
    The place is interesting. The client can see the whole "operation". 😊
    I wish you a beautiful week!

    ReplyDelete
    Replies
    1. Oh, please excuse this, Diana.
      Somehow i also don't understand why google language translator is sometimes still not perfectly effective. Thank you for visiting and your hopes for me. I also wish you a happy and healthy life. Regards

      Delete
  74. Dari kemarin aku emang udah ada niatan si mau ngebakso cuma belum sempet, eh mampir kesini liat bakso malah jadi laper hehe
    Apa lagi ni baksonya agak berbeda sama bakso biasa yang sering aku beli, ini bakso kerikil bikin penasaran sama rasanya haha

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hahaha ..., moga saja saat kubalas komentar ini mas Mayuf udah terlaksana ngebakso 😄

      Delete
  75. melihatnya saja jadi pengen nyicip, apalagi udah makan, bisa nambah beberapa porsi enak, nama penjual baksoanya mirip pesulap yang kece badai itu ya mas, wkwkckk

    ReplyDelete
  76. the last time i ate bakso was 5 years ago in bali... omg craving

    ReplyDelete

Post a Comment

Popular posts from this blog

Intip Begini Instagenicnya Warung Layar Sentuh 2.0 Magelang

Ketika awal pertamakali dibuka pada 31 Desember 2020 silam, nama Warung Layar Sentuh 2.0 saat itu mendadak hits ramai dibicarakan oleh banyak kalangan dan para milenials kawula muda sebagai pilihan baru lokasi nongki  [nongkrong kekinian] yang ada di Magelang. Bukan saja karena namanya terkesan unik, layar sentuh dan namanya terkesan sedikit berbeda dengan nama-nama kafe lain pada umumnya karena adanya penambahan bilangan angka 2.0 dibelakangnya, tetapi kafe, tepatnya Warung Layar Sentuh ini berkonsep bersantap hidangan berada di tengah hamparan perkebunan ladang tebu dan persawahan bernuansa alam pedesaan dikitari oleh indahnya pemandangan gunung yang mengelilinginya.  Area luasnya terbagi dua pilihan  indoor  dan  outdoor  berdinding kaca tempat makan Warung Layar Sentuh 2.0 yang buka setiap harinya mulai dari jam 07. 00 pagi hingga mendekati tengah malam jam 23. 00 tersebut dilengkapi dengan dekorasi cantik dan penataan ruang bergaya vintage  dan bohemian  yang tampak instagenic ,

Pengalaman Mistis di Mata Air Tuk Umbul Windusari

Boleh percaya atau tidak, ada pengalaman mistis aku temui saat berada di lokasi mata air Tuk Umbul Windusari, tapi ini aku kembalikan ke pembaca untuk mempercayainya atau tidak ceritaku.  Dan yang pasti tujuanku menceritakan pengalaman gaib yang kutemui di Tuk Umbul Windusari bukan bertujuan untuk mencari sensasi, sama sekali tidak ada maksud dan tujuan demikian.  Tujuanku untuk sekedar mengingatkan ke pembaca, dimanapun lokasi yang kita kunjungi sewajibnya memberikan salam dan permisi terlebih dahulu kepada penghuni dari dimensi lain sebelum memasuki lokasi. Demikian juga seperti yang telah kulakukan saat aku tiba di Tuk Umbul. Kata salam dan permisi cukup kuucapkan di dalam hati.  Nama Tuk Umbul dari bahasa Jawa, Tuk : mata air  dan Umbul  : dari kata mumbul, menyembul atau memancar keluar. Cerita bermula saat aku  melangkah mendekat ke letak mata air Tuk Umbul  tiba-tiba kepekaan bawaan indra keenamku memberikan signal  jika lokasi ini ada 'penunggunya'.  Aroma wangi semerb

Perkenalanku

Halo. Teman dan para pembaca semua, apa kabar ?. Perkenalkan kembali, namaku Himawan Sant. Perkenalkan kembali ?. Loh, kok ..., hmm ..., memang sebelumnya pernah aktif jadi seorang penulis blog atau blogger ?. Yups, benar. Mungkin diantara kalian pembaca masih teringat namaku dan nama blog lamaku tema travelling yang sekarang keberadaanya sudah tak lagi aktif. Sekarang aku aktif ngeblog lagi, dengan niche berbeda dari blog sebelumnya. Lebih variatif kontennya, tak hanya satu niche. Dan punya blog niche variatif yang kata orang disebutnya 'blog gado - gado', sekaligus juga kujadikan sebagai wadah penyaluran kreativitasku dalam hal tulis menulis. Masih tetap dengan gaya kepenulisanku, ringan dan mudah dibaca, aku berharap artikel - artikel yang berada di dalam blog ini punya banyak manfaat baik dan dapat menginspirasi para pembaca semuanya. Salam, Himawan Sant